Map Editor Tutorial ETS2 Part2 : Persiapan & Cara Buka Map Editor

Salam! Pada kesempatan kali ini saya akan ajarkan satu panduan/tutorial paling dasar untuk memakai program khusus yang disebut Map editor, dari cara persiapan memulai bikin mod map hingga membuka map editor (khususnya) untuk game Euro Truck Simulator 2 (ETS2).  Sebenarnya bisa juga buat game American Truck Simulator (ATS) karena secara garis besar isi program dan cara pakainya sama. Pastinya bisa dipakai buat game Steam maupun Legacy atau Cr*ck atau Tani.

Tutorial bagaimana cara membuka map editor ETS2? 

Alah… banyak kok di luar sana yang punya tutorial kek gini. Terus apa bedanya kalau disini?

Sotoy lu! Di blog Pejindo ini jauh lebih lengkap, tutorial paling update ikut game versi baru, terus pakai game ori juga. Napa? Ga seneng?

Dahlah…gak usah bacot...

Awas kau ya... dasar penulis/author sombong!

Udah-udah, ntar nambah drama jadinya...

#2 Persiapan + Cara Membuka Map Editor ETS2

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : REVISI

Tampilan kosong (New Map) pada Map Editor ETS2 - 1.46

Persiapan Membuat Map

Sebelum membuat mod map baru ETS2 tentunya harus ada persiapan. Ada banyak aspek yang harus dipersiapkan untuk membuat map.

Syarat awal buat map di ETS2 :

  1. Berakal sehat, tidak memandang umur maupun status “baligh” (jadi bagi anak kecil pun selama tidak gila boleh bikin mod map)
  2. Cek perangkat hardware / spek PC (Komputer atau Laptop) yang dimiliki. Terserah mau bagaimana spek nya asalkan bisa pakai buat main game ETS2)
  3. Siapkan modal awal bikin mod map (mulai dari aset dan model map, riset lokasi, dan skill membuat map). Blog Pejindo sudah punya aset map sendiri, cari saja DISINI
  4. Kembangkan... (saya bahas di lain topik aja)
  5. Rekomendasi versi game ETS2 yang akan dipakai untuk membuat mod map, karena seiring berjalan waktu pasti fitur dan menu di program makin bagus. Minimal versi 1.36 sampai seterusnya (boleh 1.40, 1.44, atau yang terbaru sekalipun.

Program yang Diperlukan untuk bikin Mod Map ETS2 :

  1. Yang pasti ya... Game Euro Truck Simulator 2Lebih bagus lagi jika beli game ori-nya di Steam atau di situs game resmi lainnya.
  2. SCS Extractor, langsung download DISINI.
  3. WinRAR atau 7-Zip (kalau penulis lebih suka pakai 7-Zip), langsung download DISINI.
  4. Notepad++, langsung download DISINI. (sangat direkomendasikan karena jauh lebih baik ketimbang pakai Notepad biasa bawaan Windows, terutama kalau gak mau pusing karena tulisannya hitam-putih atau ribet edit script data DEF)

Setting Ulang ETS2

Bagi yang sudah punya game ETS2 atau ATS, langkah selanjutnya adalah konfigurasi game itu sendiri, tapi tidak secara keseluruhan. Tujuannya supaya map editor bisa dibuka. Caranya sebagai berikut.

Mengganti paramater di file config.cfg ETS2 -  1.46

1) Cari dan buka folder Homedir (home directory) = <User_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2\. Lalu buka file teks bernama config.cfg menggunakan Notepad.

2) Carilah kata dibawah ini kemudian ganti sesuai yang dibawah ini (perhatikan yang digaris warna merah dan kuning pada gambar diatas)

  • uset g_developer “0”  menjadi  uset g_developer “1”
  • uset g_console “0”  menjadi  uset g_console “1”
Sebagai penunjang, kalian bisa melihat fps dan deretan log dengan mengubah ini.
  • uset g_fps “0” menjadi uset g_fps “1”
  • uset g_minicon “0”  menjadi  uset g_minicon “1”

3) Simpan atau save file. Lalu tutup filenya. Sudah begitu saja.

4) Sekarang buka folder path/lokasi instalan game Euro Truck Simulator 2 (ETS2). Pastikan kalian ingat dimana tempatnya

  • Versi Steam : C:/Program Files (x...)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2
  • Versi Retail/Legacy :  C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2
  • Kalau bukan di tempat itu maka... penulis gak mau tau... para user game cr*ck!

5) Bikin folder baru bernama "base". Habis itu, buka folder baru itu tadi lalu... bikin folder baru lagi bernama "map"

Catatan : 

  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39. Ganti nama folder baru "base" tadi menjadi "base_map" (beda nama soalnya)
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.43, 1.44, dan seterusnya, sebenarnya langkah nomor 4 & 5 tidak perlu karena ketika "Save Map" nanti otomatis akan muncul folder baru bernama "user_map" yang ditaruh di folder Homedir ETS2 (folder Document maksudnya). Tapi folder baru "base" ini tetap ada gunanya untuk tutorial bikin "Sign Template" di map editor di tutorial selanjutnya.

Buat folder baru di tempat instalan ETS2 - sumber : SCS Modding Wiki


Membuka Program Map Editor ETS2

Sekedar basa-basi, awalnya sebelum membuka map editor harus mematikan mode fullscreen saat membuka game supaya map editor bisa digunakan dengan baik dan optimal (window mode). Namun sejak versi 1.19 map editor sudah bisa dibuka tanpa harus mengatur fullscreennya layaknya aplikasi biasanya.

Dari situ pula sempat beberapa kali mengalami perubahan cara membuka map editor. Tapi mengikuti perkembangan jaman dan sudah banyak versi ETS2 yang diupdate sampai sekarang. Maka penulis harus membatasi tutorial ini hanya khusus pemakai atau yang punya ETS2 1.36 ke atas. Jadi... maaf yang pakai 1.35, 1.30 sudah harus di-drop dan dibuang selama-lama-lama-lama-lama-lama--eh sudah kebanyakan tuh :v

a. Game versi Steam

1) Buka program aplikasi "Steam" masing-masing (jangan langsung buka game-nya dulu). Terserah mau mode online atau offline gak masalah.

2) Pilih game Euro Truck Simulator 2 di menu 'Library' Steam. Klik kanan tulisan Euro Truck Simulator 2 itu lalu pilih "Properties"

3) Pilih menu "General" lalu arahkan ke bagian “Launch Option” dan akhirnya tambahkan parameter baru : -edit

Opsi untuk menambah parameter agar membuka Map Editor ETS2 - 1.46

4) Oke, kalau sudah langsung tutup menu Properties itu dan langsung buka game ETS2 seperti biasa. Nah, otomatis langsung muncul tampilan map editor alih-alih buka intro logo SCS dan ETS2 seperti yang biasa tampil waktu main ETS2.

5) Oke sudah selesai. Tampilan akhir menjadi seperti ini.

Tampilan pertama saat membuka Map Editor ETS2 -  1.46

5) Opsi parameter lain yang bisa dipakai di Launch Option (dari poin 3 sebelumnya diatas)

  • -edit : membuka map editor kosongan (New Map), belum edit apa-apa
  • -edit europe : membuka map eropa (map orian SCS) langsung di map editor 
  • -edit <nama_file_mbd> : membuka map yang sudah diedit, (syarat : harus sudah save map lebih dulu sampai muncul file format .mbd)
  • -edit <nama_file_mbd> -force_mods : untuk membuka map yang sudah diedit + mengabaikan fitur mod yang terpengaruh agar tetap jalan di map editor (khusus untuk mengatasi background map editor tidak muncul)
  • -edit <nama_file_mbd> -sound : untuk membuka map yang sudah diedit + masuk mode khusus fitur "Edit Sound" (akan dijelaskan di lain topik)

b. Game versi Retail/Legacy (atau cr*ck)

1) Pastikan sudah buat "Shortcut" untuk game ETS2. Caranya klik kanan file .EXE dari game itu > Send to > Desktop (create shortcut)

2) Dari shortcut yang sudah dibuat (lihat gambar dibawah), klik kanan shortcut itu > Properties.

3) Di menu properties, isi kotak baris bagian "Target" dengan tambahkan parameter -edit. Sementara tulisan yang lain (path lokasi instalan ETS2) jangan dihapus. Kalau sudah, langsung pilih tombol "Apply" baru pilih "OK"

Menambah parameter via kolom "Target" di Sortcut ETS2 cr*ck

4) Ya sudah, setelah itu langsung buka game ETS2 seperti biasa. Dan otomatis langsung muncul tampilan map editor alih-alih buka intro logo SCS dan ETS2 seperti yang biasa tampil waktu main ETS2. (gambar sama dengan yang pakai Steam diatas)


(Tambahan) Mengekstrak file .scs ETS2

Sebenarnya map editor sudah bisa dibuka, tetapi masih tidak bisa menambah kota baru atau negara baru dengan nama sendiri, atau menambah perusahaan yang akan dimiliki di kota barumu itu. Jadi perlu file khusus untuk itu. 

File base.scs dan def.scs di lokasi/direktori instalasi ETS2

Dan semua itu ada di file format .scs di dalam folder ETS2. File tersebut hanya bisa diekstrak dengan program tersendiri namanya SCS Extractor.

Dengan program itu, file .scs nya bisa diekstrak, seperti file base.scs ,def.scs, dan berbagai file DLC. 

  • File def.scs berisi banyak folder dan file .sii (atau .sui) yang bisa dipakai untuk mengedit atau menambah kota, negara, ferry (jalur laut), company (tempat job perusahaan), bahkan data aset model map lainnya. 
  • Sementara file base.scs berisi keseluruhan dari model dan aset map termasuk fitur dan material interface yang disediakan di game.

Karena jumlah kapasitas file base lebih besar maka cukup file def yang diekstrak. Alasannya karena saat mengekstrak file .scs banyak sekali file dan folder yang muncul sehingga tampak lebih semrawut, dan sekaligus menghindari ukuran file yang terlalu besar (file base.scs saja sudah lebih dari 2GB). Tapi jika memang ingin memodifikasi/membuat model map atau prefab, file base tentunya bisa diekstrak. 

Langkah mengekstrak def.scs sesuai urutan angka

  1. Download SCS Extractor pada link yang sudah disebut di bagian awal postingan ini.
  2. Misalnya kalian ingin mengekstrak file def.scs. Pertama buat folder baru. Beri nama di folder itu bebas sesuai keinginan.
  3. Salin (copy) file scs_extractor.exe yang sudah diunduh (download) tadi beserta file def.scs ke folder baru tersebut.
  4. Klik file def, tahan dan geser file def.scs tadi ke scs_extractor.exe.
  5. Nantinya akan langsung muncul seperti program cmd (command promp). Biarkan saja sampai ia menghilang sendiri. (jangan ditutup paksa)
  6. Otomatis isi dari file def.scs tadi sudah diekstrak sempurna. Untuk file base juga dilakukan dengan cara yang sama, namun prosesnya jauh lebih lama. Ekstrak file base.scs memakan waktu kurang lebih 15-30 menit.

(Tambahan) Video Referensi

Kalau masih bingung dengan penjelasan penulis diatas. Silakan simak saja video pilihan ini. Atau... mungkin ada jawaban permasalahan kalian di tutorial selanjutnya DISINI


Itu saja tutorial cara membuka map editor. Baik pada ETS2 maupun ATS, cara membuka map editor semuanya sama. Kalau ada masalah dan map editor tidak bisa dibuka, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 1) Pendahuluan ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 3) Menyimpan Map + Tes Map di Editor ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

129 comments:

  1. terimakasih pak tutorialnya. semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas untuk ets2 punya saya kenapaya kok nggak bisa masuk ke map editor.walaupun sudah dilakukan langkah langkahnya

      Delete
    2. Tergantung cara melakukannya. Mungkin ada satu-dua step yang terlewat atau keliru. Terus itu pakai ETS2 versi berapa?

      Delete
  2. Replies
    1. setelah membuat folder base-map, trus yg telah terekstrak tadi yg perlu di pindahin ke flder map(baru) apa aja pak? semisal yg dipindah flder map(bawaan), brarti isinya map europe dong. apa bisa dihapus biar lembar kerja di map editor kosong?

      Delete
    2. Kalau ingin lembar kerjanya kosong tinggal ketik 'edit' saja di console game. Dibuatnya folder base/map fungsinya sebagai tempat menyimpan map yang sedang dibuat di map editor.

      Delete
  3. Mas biar traffic nya di sebelah kiri gimana mas caranya........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu harus mengganti/menambah country border pada salah satu item di node properties dengan nama united kingdom (UK), atau bisa buat country def baru di folder def/country/.sii (tapi saat ini definisi tersebut masih tidak bisa digunakan).
      Semoga membantu.

      Delete
  4. Kalau mau memasukan bangunan editan kita sendiri gimana ya gan.contoh kaya map lainnya bangunan bisa ada bangunan Alfamart.

    ReplyDelete
  5. Untuk memasukkan bangunan editan sendiri harus dibuat atau diedit modelnya lewat program modelling seperti blender atau z modeler. Sama halnya dengan map lain yang punya bangunan seperti alfamart, yang sebelumnya juga diedit dengan program aplikasi tersebut.
    Tapi kalau gak punya skill di bidang modelling seperti itu, bisa memanfaatkan kreativitas dari aset dan model yang ada dengan merangkai atau menyusun menjadi bentuk baru di map editor seperti pada map ICRF, atau cukup ambil atau copy-paste model baru seperti alfamart dari map lain (kalau memang diperbolehkan dari pemilik map tersebut).
    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  6. gan waktu mau edit properties yg bagian vegetation kok ga bisa yah??
    mksdnya waktu ane pilih siprus1 atau 2 ga ngefek gt? ga ada tumbuhan siprus yg muncul
    solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya error. Itu ETS2 versi berapa? Sebelumnya pake mod lain apa nggak?

      Delete
  7. mas def.scs yg awal nya dari mna ya..mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. File def.scs biasanya ada di C:\Program Files\Euro Truck Simulator 2, atau untuk pengguna Steam biasanya ada pada file C:\Program Files\Steam\steamapps\common\EuroTruck Simulator 2. Setelah itu bisa diekstrak seperti petunjuk diatas.
      Semoga membantu

      Delete
  8. Mas teks consolenya udah muncul tapi setelah tulis edit map editornya gak muncul muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ets2 versi berapa? Mungkin coba cek gamelog.txt nya atau ada yang salah pada game tersebut.
      Semoga membantu.

      Delete
  9. Mas kok map editor ane malam ya? Bukan pagi? Gelap mas gak tau buat apa jadinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diubah jadi pagi atau siang dengan buka setting lalu pilih cuaca, atau untuk versi 1.30 bula weather editor dan geser pada garis merah atau hijau.
      Semoga membantu.

      Delete
  10. Replies
    1. Tambah item road atau building lalu pilih yang ada tulisan rail.
      Semoga membantu.

      Delete
  11. Mas mau nanya..kenapa iya pas mau buka mod map..udah ketik "edit (nama peta) malah jadi close program..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang error pada mod map tersebut. Cek gamelog.txt untuk mengetahui penyebabnya.
      Semoga membantu.

      Delete
  12. mas cara upgrade map ets2 v1.23 ke v1.28 gimana ?? m

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan tidak ada error yang muncul pada map. Selengkapnya bisa baca disini.
      http://pejindo.blogspot.com/2017/07/modding-guides-tips-modding-ets2-128.html

      Delete
  13. Nanya nih gan .. Cara buat jalan kecil gimana ya ? .. Dari bawaanya ada jalan kecil.. Cuma ndak ada trafik line nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memang dari bawaan begitu. Tapi untuk beberapa mod map ada jalan kecil yang ada trafficnya. Atau cari aja yang tidak ada tulisan no traffic.
      Semoga membantu.

      Delete
  14. Mas kalo mau ngubah bentuk peta nya gimana ya? Misal itu kan default nya bentuk benua eropa, trus mau diubah ke bentuk pulau2 di indonesia.

    Tolong jawabannya ya mas, rencana mau buat project besar nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dimaksud mengubah gambar peta yang dilihat pada UI Map (saat buka world map), maka harus buat tekstur/gambar peta baru lewat photoshop, corel, dll. Lalu disimpan dalam format dds. Contohnya bisa dilihat pada map Indonesia yang sudah ada (ICRF, Map Jowo, Map Sumatra, dll.) Filenya bisa dilihat pada folder material/ui/map.
      Semoga membantu.

      Delete
  15. mas kok pas mau masuk ke dealer,hotel atau tempat2 lainyaa ga bisa masuk yaa... kyk kepentok dinding gaib hehe. mohon bantuannya... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dipilih ceklis 'No Boundary' pada item properties, khususnya pada setiap item road (jalan), prefab, dan terrain. Nanti penghalang/collision semacam dinding gaib akan hilang.
      Semoga membantu.

      Delete
    2. oke makasih ya mas... klau ngubah trafict di jembatan sama diperempatan,pertigaan,dll emg ga bisa ya mas. atau ada cara lain. biar kyk diindonesia klau ke dr surabaya ke jakarta biar berada dikiri.. klau dijalan udah bisa cara ngerubahnya mas. tpi yg jembatan ga bisa.

      Delete
    3. Semua item tersebut juga dipilih ceklis 'Left-hand traffic'. Kalau untuk item prefab seperti jembatan, pertigaan, perempatan, dll. Harus pilih yang tulisannya berakhiran 'UK'.
      Semoga membantu.

      Delete
    4. oke udah bisa mas. mksih infonya

      Delete
    5. mas pas di perempatan atau pas di semua icon prefeb. kok traffic kendaraan gak pada belok. kendaraan mlh hilang. mnta solusinya...

      Delete
    6. Mungkin karena icon titik/node prefab dengan road yang tidak tersambung. Atau jenis prefabnya yang beda, yang bisa dlintasi traffic kendaraan hanya untuk prefab persimpangan, bundaran, atau, SPBU (gas station).
      Semoga membantu.

      Delete
    7. oke mas. udah bisa skrg. mkasih

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. udh bisa mas. ternyata confignya ke 0 lgi. udah aq rubah

      Delete
  16. Mas, proses editing udah selesai, terus cara packing mapnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat disini.
      http://pejindo.blogspot.com/2017/05/map-editor-tutorial-3.html

      Delete
    2. Kalo test map di editor map udah bisa mas, tpi yg masih bingung cara menggunakan hasil map buatan kita di ets2(normal) bukan di editor map. Nah itu bagaimana caranya mas ya?

      Delete
    3. Caranya masih sama, bedanya setelah buka game Ets2 tinggal buat profil baru dan tambahkan map yang sudah dibuat sebelumbya di mod manager. Lalu mainkan seperti biasa.
      Tapi minimal harus ada 2 kota atau lebih, lengkap dengan garasi, definisi company/perusahaan di folder def untuk ambil job, recruitment agency, truck dealer, service, dan lain-lain.
      Suatu saat saya coba buatkan tutorialnya. Semoga membantu.

      Delete
    4. Iya buat aja tutorialnya mas, hitung amal jariyah hehehe

      Delete
  17. Cara test map di mao editor gimana mas soalnya saya ikut cara mas Adi Evergreen tapi mobil putihnya gx aa buat test map

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum menyimpan map, harus menambahkan mobil putih tersebut dengan pilih Start Place (ikonnya bergambar bendera merah) di toolbar. Tempatkan dengan klik mouse tepat di jalan. Lalu simpan map seperti biasa.
      Semoga membantu.

      Delete
    2. udh di simpan dan saya sudah run map untuk mengetes tetapi yang ada gk ada jalanannya atau truck nya melayang

      Delete
    3. Sebelum menyimpan map aktifkan start place yang berikon bendera merah di tollbar atas. Lalu klik/tempatkan di jalan sampai muncul mobil putih kecil. Usahakan posisinya pas dengan dasar jalan, biar lebih mudah aktifkan snap to ground (ikon magnet dan garis melengkung) supaya posisi mobil putihnya pas dengan tanah (drop to ground). Nanti ketika run map posisinya langsung di jalan itu.
      Semoga membantu.

      Delete
  18. mas saya udah mau edit nih.. terus close program.. kenapa ya? Saran nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada mod lain yang konflik. Coba cek gamelog.txt.
      Semoga membantu.

      Delete
  19. Mas pas di console, saya ngetik ~ lalu edit jowo, ko malah banyak tulisan kaya di cmd. gak bisa di klik buat jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekan tombol "~" lalu ketik edit jowo, bukan langsung ketik "~ edit jowo" (tanpa tanda kutip).
      Tinggal ditunggu saja sampai muncul program map editor. Kalau masih belum muncul, berarti crash dan ada mod yang konflik/error.
      Semoga membantu.

      Delete
  20. mas apakah Versi Winrar Mempengaruhi Hasil .scs sehingga di Load Map Failed to Load

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung file winrar tersebut, apakah filenya rusak atau ada bagian yang tidak lengkap atau hilang. Kalau ukuran file .scs tidak wajar (kecil sekali), berarti file Winrarnya ada masalah. Solusinya download ulang file tersebut dan baca deskripsi/readme tentang cara penginstalan (kalau ada).
      Semoga membantu.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Ko saya gagal mengsave map nya mulu ya mas ? Padahal saat membuka game nya sudah run as administrator, ada solusi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah buat folder baru "base/map" di folder instalasi ETS2 atau belum? Itu game versi berapa? Atau adakah error di gamelog.txt saat save map?

      Delete
  23. Kalau mau bikin map mod kyk tutorial mas septian apa saja yg di persiapkan belajar2 bikin mod map versi 1.23

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah ditulis di atas. Siapkan SCS Extractor buat extract/buka file .scs, Notepad buat script/definisi di folder def (untuk nambah kota, negara, tempat perusahaan, dll.), juga WinRAR atau 7Zip. Terus buka map editor seperti yang tertulis di atas. Setelah itu tinggal prakteknya (nambah jalan/road, prefab, model, rambu/sign, dll.)
      Semua versi (termasuk 1.23) caranya kurang lebih sama.
      Semoga membantu.

      Delete
  24. udh di buat dan di save , pas saya load map yang tdi di save gk muncul atau ada bacaan file load error itu knp ya min ... ? itu doang si masalah saya
    trus klo mau masukin hasil editan tmpt yang kita bikin itu kmna ya kaya alfamart itu masukinnya kmna ya mas .. ?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. Mungkin ada file mod yang hilang, atau DLC-nya juga hilang. Coba cek error di gamelog.txt untuk mengetahui masalahnya.
      Semoga membantu.

      Delete
  26. mas mau nanya ni..
    klo pas mau edit trus muncul "base sector 4/5" tapi terus nggak masuk edit map gmana ya solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada mod yang konflik atau error. Coba cek gamelog.txt.

      Delete
  27. Mas kok tampilan map editornya jadi merah ya mobilnya jg gk ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin data mapnya kosong? Kalau masalah tampilan merah, tinggal tekan 'A' di keyboard sampai hitam. Kalau mobilnya masih belum muncul, cari dengan tombol 'F' di keyboard lalu pilih 'Start point/place' (kalau nggak salah).
      Dicek juga kalau ada mod lain yang error.
      Semoga membantu.

      Delete
    2. Oke, makasih mas sudah bisa.
      Sewaktu nambahin vegetation kok gk terjadi apa2 ya?

      Delete
    3. Itu pakai vegetasi yang lama (ada tulisan jumlah meter-nya) atau yang baru? Biasanya untuk yang versi baru sudah nggak ada jumlah meterannya.

      Setelah memilih vegetation, juga harus diatur density (idealnya 300-400) sama size tsb. Bisa dipelajari disini.
      https://pejindo.blogspot.com/2017/07/mengenal-map-item-properties-road.html

      Atau mungkin ada yang error pada mod yang sedang dipakai.
      Semoga membantu.

      Delete
    4. density udh sy atur 300/400, tapi tetep g bisa, sy gak pake mod apa2. Ets2 saya v1.34

      Delete
    5. Kalau begitu bisa tunjukkan foto/screenshot map editormu atau gamelog.txt disini? Nanti saya coba pantau masalah tersebut

      Delete
    6. Tunjukkan aja link fotonya disini. Terserah mau pakai imgur atau uploader foto lainnya. Untuk gamelog bisa lewat pastebin.com.

      Atau bisa lewat halaman Facebook blog pejindo disini.
      https://www.facebook.com/blogpejindo/

      Delete
    7. Sudah saya kirim lewat fb ya mas

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. Disini nggak ada. Coba cari di Google atau Youtube

      Delete
  30. mas gimana ya cara masuk map editor 1.36, saya kurang paham yg itu

    ReplyDelete
  31. keynya bagaimana cara penulisan untuk masuk map editor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekan tombol ~ di keyboard (biasanya di bawah tombol Esc). Kalau nggak muncul buka file config.cfg di My Document/Euro Truck Simulator 2/ dan ganti angka di script uset_g_developer sama uset_g_console jadi 1.

      Kalau sudah muncul log console silahkan ketik "edit" tanpa kutip dan tulisan huruf kecil.

      Semoga membantu.

      Delete
  32. Setelah ketik "~", nulis edit, edit europe tetep gak bisa ada cara lain (soalnya ETS2 v1.24.2.2s)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya dari situ nggak ada masalah. Kalau cuma ketik edit di console maka yang tampil hanya window/program map editor dengan layar hitam. (Ingat=yang diisi di console hanya kata edit, bukan ~edit)
      Kalau diisi edit europe (bukan ~edit europe) di console, maka yang tampil juga hampir sama. TAPI setelah itu langsung di-zoom (PgUp) sampai ada sesuatu yang muncul. Masih belum muncul, coba tekan A di keyboard sekali atau dua kali. Siapa tahu hanya ketutupan background.

      Yang penting kalau log console di game bisa muncul setelah game start dan bisa ngisi begitu sampai muncul program editornya, itu berarti memang tidak ada masalah. Sekalian coba belajar tutorial dari sini.
      https://pejindo.blogspot.com/2019/12/trik-dasar-mapping-ets2-part-1.html

      Delete
  33. Setelah tak coba, ada tulisan :[sys] vprocess [30] (__inp_proc) killed. Gimana penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan error, hanya pemberitahuan sistem biasanya.
      Kalau masih belum bisa mengatasi masalahnya, silahkan kirim lewat halaman FB berikut.
      https://www.facebook.com/blogpejindo/

      Delete
  34. Emang PgUp nya sampe berapa (antara 2 sampe 255 messages)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengapa harus lihat lihat messages? Kalau map editornya sudah jalan/muncul, tinggal tutup aja yang itu (si console atau message itu) dengan tekan tombol ~ di keyboard.
      Yang di PageUp atau di zoom (scroll mouse) layar hitam kosong itu.
      Semoga membantu.

      Delete
  35. Kalo Tekan PgUp itu keatas, emang PgUp apa ada yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. PgUp berarti memang ke atas atau menjauh (atau istilahnya zoom out=perkecil)

      Delete
  36. Kalo untuk pindah lajur dari kanan ke kiri dan membuat seperti tanjakan gimana.. Jelaskannya dipisah ya mana yg A dan B

    ReplyDelete
    Replies
    1. -- Lajur kanan ke kiri = buka Road item properties, centang ceklis Left-hand traffic. Untuk prefab cross/fork pilih yang ada tulisan (UK). Selesai.

      -- Buat tanjakan = pilih satu titik/node. Aktifkan tool Height (tombol H di keyboard) naikkan dengan tekan geser dan tahan mouse ke atas.

      Selengkapnya tolong baca tutorial dasar ini (buka link nya)

      http://pejindo.blogspot.com/2020/04/trik-dasar-mapping-ets2-part-2.html

      Delete
  37. Layar map editor merah, ada masalah kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, cukup tekan tombol A di keyboard sekali atau dua kali sampai warnanya hitam kembali. Selesai.

      Delete
  38. Kalo Road Look, Left Edge, Road Variant Right Edge tdk bisa digunakan (belum ada embel²) gimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti itu masih memilih item jalan/road biasa, bukan yang template. Menu seperti itu hanya muncul jika sebelumnya memilih jalan dengan awalan * atau akhiran sc

      Tolong baca ulang tutorial ini ya

      http://pejindo.blogspot.com/2020/04/trik-dasar-mapping-ets2-part-2.html

      Delete
  39. Tapi saat buat jalan kok ada cermin merah, knp itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada bagian yang belum kepilih, jadinya kosong (teksturnya). Biasanya pasti dari sidewalk, kan? Jadi pilih dulu teksturnya.

      Delete
  40. Tapi itu nyarinya yg awalanya */asteris....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau cari yang template, berarti iya.

      Misal nama Road Type = *road 1 lane narrow tmpl sc, * hw 2 lanes oneway sc, dll.

      Itu asteris apa ya?

      Delete
  41. Yg tdk ada fdke semacamnya apa wajib/sunah muakkad pake awalan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. fdke? Yang saya tahu malah blke

      Semua pilihan jenis jalan adalah sunnah. Silahkan kembangkan kreativitas sendiri ;-)

      Delete
  42. Emang ith nyari di console ETS2 kah gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah cari di console, tapi lewat content browser (tekan F2 di keyboard)

      Delete
  43. Numpang tanya, saat masuk ETS2 mau edit map tiba² ada pilihan Allow Dan disable dan saya pilih disable tapi ternyata saat pencet ~ kok tidak bisa. Berikanlah penjelasannya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu allow dan disable apa? Tidak ada hubungannya. Mungkin lupa diset uset_g developer dan uset_g console di script config.cfg.

      Delete
  44. -edit kok onkwon comad bg v 1.36

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksd nya ketik edit malah ttp gak kebuka dan tulisannya comand unknow

      Delete
    2. Ketiknya tidak lewat console, tapi lewat game properties.
      Caranya klik kanan shortcut game ETS2 -> Properties (Jangan buka gamenya dulu). Lalu di box "Target" tambahin -edit di kalimat paling belakang. Setelah itu baru jalankan.

      Delete
  45. Apakah dari pejindo mempunyai channel YouTube !
    Cara membuat/update version mod map ets2 🙏🏿 ?
    Blogs ini sangat membantu untuk para mapper mod map ets2 🙏🏿

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara belum, tapi kalau semua tutorial di blog ini sudah lengkap baru saya buatkan versi video.
      Kalau update version mod bisa lihat di Tips Pembaruan Mod (Modding guides) di blog ini, bisa buat update map atau mod lainnya.

      Terima kasih (^_^) kalau mau lihat kumpulan tutorial modding/mapping di blog ini bisa buka di halaman "Sitemap" berikut
      (https://pejindo.blogspot.com/p/lists-of-new-content-from-pejindo.html)

      Delete
  46. Mas mau nanya, saya baru bljr buat map tapi kok pas di kasih city dan company, company-nya nggak ada logonya ya

    ReplyDelete
  47. Mas itu file def yg udah di ekstrak diapain ya? Buat apa? Dan di editornya gimana?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa isi data untuk masukkan kota baru, tempat pengiriman baru, model map baru, dll. Kapan-kapan saya jelasin detailnya satu-satu

      Delete
  48. gan itu kan buat folder extract isinya kan extract an def scs itu ditaruh dimana ya gan mohon solusinya ��

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Kalo cara copas item pombesin,tempat service gimana caranya bang soalnya gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. game versi sekarang memang tidak bisa langsung copas item "trigger" untuk pombensin, service, dll. gantinya dengan aset dari prefab (tambah prefab seperti biasa). Download modelnya dulu disini

      https://pejindo.blogspot.com/2020/08/aset-model-map-ets2-indo-prefab-tmpl.html

      Delete
    2. kalo cara copy item service gimana caranya?

      Delete
    3. Sekarang ETS2 versi terbaru item "service" tidak bisa dicopy langsung. Sudah jadi satu sama prefab. Download saja model prefabnya disini :

      https://www.mediafire.com/file/ms8pfpa922fku9s/Indonesia_New_Prefab_Part5_%25281.35-Up%2529.zip/file

      Delete
    4. Caranya sama seperti tambahkan prefab yg biasanya. Cari kata "service" di menu prefab dan selesai.........

      Delete
  51. Kok nggak bisa di ubah ya yang shorcut di target di paling ujung ku ketik -edit malah muncul peringatan ada solusi nggak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau tambah parameter jangan dikosongi kotak isian "Target". Path lokasi instalan ETS2 tidak dihapus, tapi di paling belakang kasih parameter -edit

      Contoh :
      "C:\Program Files (x86)\Euro Truck Simulator 2\bin\win_x64\eurotrucks2.exe" -edit

      pakai strip (-) bukan yg tilde (~) terus jarak spasi 1 kali
      Kalau tidak, buat shortcut ets2 lagi dan coba kasih parameter lagi

      Delete
  52. min saya sudah ketik map editor di console kenapa gak keluar map editor nya ya

    ReplyDelete
  53. Suwun mas, udah bisa save mapnya hehehe. Ternyata lupa gak buat folder base dan map heheheh.

    ReplyDelete