Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.
Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.
Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.
Kali
ini item properties selanjutnya yang saya sampaikan ialah Mover Item Properties. Yang satu ini
terdiri dari semua model animasi (yang bisa bergerak) seperti model manusia
(orang) baik orang biasa maupun pekerja, adapun model bendera, hewan, pesawat
terbang, kereta api, dan sebagainya. Pilihan dan bentuk di item properties
berbeda dengan item jenis yang lain.
Satu catatan untuk ETS2 versi 1.35 keatas. Item “Walker” kini sudah digabung jadi satu bersama
“Mover” ini sehingga ada penambahan tool dan setting pada item properties.
Berikut saya perkenalkan Mover Item Properties.
|
Tampilan Mover Item Properties (ETS2 1.46) |
Tentu
saja, baik pada ETS2 Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama
fungsinya.
Sekarang berikut adalah keseluruhan menu, fitur, dan fungsinya yang sudah diberikan tanda penomoran.
No. | Nama | (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi |
1 | ID (Identifier) | Input/Tampil - Kode item Mover pada titik/node yang dipilih (ini cuma bisa menampilkan, tidak untuk diedit angkanya) |
2 | (mover) Tag | Input - Parameter atau kode tambahan untuk jenis Mover tertentu (gabungan dari item “Walker”) |
3 | (mover) Model | Pilih - Memilih item/jenis mover yang tersedia |
4 | (mover) Look | Pilih - Memilih tekstur pada suatu mover Model yang sudah dipilih |
5 | (mover) Look |
Pilih - Memilih varian bentuk lain pada suatu mover Model yang sudah dipilih |
6 | (mover) Speed | Input - Menentukan besar kecepatan mover berjalan (biasanya untuk mover kendaraan seperti kereta api atau pesawat terbang). |
7 | (mover) Width | Input - Menentukan luas sebaran item mover yang ditambahkan. Misalnya, membuat kerumunan sapi di suatu ladang yang luas (Gabungan dari item “Walker”) |
8 | Delay at End | Input - Menentukan lama mover berhenti (jeda) pada titik ujung (biasanya untuk mover kendaraan seperti kereta api atau pesawat terbang). |
9 | (mover) Count | Input - Menentukan jumlah item mover yang ditambahkan. Misalnya, membuat kerumunan sapi di suatu ladang dengan jumlah 10 ekor (Gabungan dari item “Walker”) |
10 | Active during day | Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada siang hari. Pada malam hari ia akan menghilang |
11 | Active during night | Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada malam hari. Pada siang hari ia akan menghilang |
12 | Active during nice weather | Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada saat cuaca cerah. Kalau cuaca buruk atau hujan ia akan menghilang |
13 | Active during bad weather | Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada saat cuaca buruk atau lagi hujan. Kalau cuaca cerah ia akan menghilang |
14 | Bounce at end | Ceklis - Membuat mover bergerak bolak-balik (sesuai jalur) terutama ketika sudah di ujung mau ke ujung lain. |
15 | Follow dir | Ceklis - Membuat posisi objek mover bergerak mengikuti arah garis. |
16 | Use curved path | Ceklis - Membuat garis melengkung untuk tiga node/titik atau lebih. |
17 | Water reflection | Ceklis – Menambah efek bayangan objek mover pada air. |
18 | Don't use sound | Ceklis – Menghilangkan/mematikan efek suara pada mover |
19 | Keep orientation on bounce | Ceklis - Menjaga posisi objek mover saat bounce agar tidak bolak-balik (jadi terlihat seperti gerakan maju-mundur...cantik...xD) |
20 | Ignore cut planes | Ceklis - Mengabaikan pandangan item yang terhalang oleh cut planes |
21 | Prefer non-movable item | Ceklis - Membuat objek mover jadi berbentuk statis, nggak ada animasi gerak-geraknya |
22 | Uniform item placement | Ceklis - Membuat objek mover bentuknya sama semua (jika jumlah/count movernya lebih dari 2) |
23 | Append node | Pilih - Menambah jalur atau titik/node baru pada item mover |
24 | Remove last node | Pilih - Mengurangi jalur atau titik/node baru pada item mover |
25 | View distance | Input/Pilih - Mengatur jarak pandang objek item mover, mulai dari default, ext. short,, short, close, middle, far, dan ext. far |
Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?
Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).
Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.
Masih
ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus
perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu
update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi).
Semoga bermanfaat!
Lihat Tutorial Sebelumnya :
## Part 5) Kenal Item Properties - Terrain ##
Lihat Tutorial Selanjutnya :
## (Part 7) Kenal Item Properties - Map Overlay ##