Mengenal Map Item Properties : Bezier Patches

Kenal Map Item Properties #10 : Bezier Patch

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Sekarang item properties selanjutnya yang mungkin perlu dikenali ialah Bezier Patches Item Properties. Item ini memiliki fungsi serupa dengan terrain tetapi memiliki bentuk yang tak biasa seperti item yang lain, jadi pada item properties pun juga berbeda. Item ini bisa berguna dalam menutup sisa-sisa terrain yang masih terbuka (gap atau hole) sebelum adanya fitur "Vertex" dan dapat membuat variasi kontur tanah yang lebih bebas dan sesuka hati apabila pilihan kontur dari item terrain sendiri tidak tersedia.

Berikut saya perkenalkan Bezier Patches Item Properties

Tampilan Bezier Patches Properties (ETS2 1.46)


Tentu saja, baik pada ETS2 Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Agar lebih mudah, sudah saya tandai dalam penomoran agar lebih mudah menemukan bagian menu dan fitur mana yang dimaksud.


No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

(bezier) Material

Pilih - tekstur terrain (tanah) tipe Bezier yang akan digunakan.

2

(bezier) Material colour

Pilih - Memilih variasi warna pada suatu tekstur terrain material diatas, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang.

3

X Tesselation

Input Mengatur kerapatan terrain berdasarkan sumbu X (serupa dengan "step size terrain" dan konsep ‘high-poly road")

4

Z Tesselation

Input Mengatur kerapatan terrain berdasarkan sumbu Z (serupa dengan "step size terrain" dan konsep ‘high-poly road")

5

(bezier) UV rotation

Input Memutar posisi tekstur terrain (bisa terlihat lebih jelas pada terrain field)

6

(bezier) Noise Power

Pilih Mengatur rata atau bergelombang dari terrain (tanah) tipe bezier. Ada tiga pilihan, mulai dari 0% (datar), 50% (setengah bergelombang) sampai 100% (bergelombang penuh)

7

Rnd seed

Input - Membuat berbagai variasi vegetasi/pepohonan pada terrain tipe bezier dengan cara mengubah angkanya.

8

Water reflection

Ceklis – Menambah efek bayangan objek terrain tipe Bezier pada air.

9

Ignore cut planes

Ceklis Mengabaikan pandangan objek item yang terhalang oleh cut planes

10

Low-poly veg.

Ceklis - Membuat model vegetasi kedalam versi LOD (tidak mendetail/bidang lebih sedikit). Biasanya digunakan pada jarak pandang yang jauh dari jalanan

11

No detail veg.

Ceklis Membuat terrain (tanah) tidak memiliki tetumbuhan detail (tidak ada rerumputan)

12

No collision

Ceklis - Membuat objek bidang terrain tipe Bezier tanpa tubrukan (dapat menembus seperti hantu/jin fiksi yang bisa menembus tembok)

13

Terrain shadow

Ceklis - Membuat efek bayangan pada tanah tipe Bezier

14

Smooth detail veg.

Ceklis - Membuat detail rumput tetumbuhan lebih mulus. Biasanya hanya pada jarak dekat dari jalan.

15

Veg. collision

Ceklis Menambah kolisi (padatan) pada batang pohon/tetumbuhan agar tidak tembus.

16

View distance type

Input/Pilih - Mengatur jarak pandang objek item mover, mulai dari default, ext. short,, short, close, middle, far, dan ext. far

17

Veget.

Pilih - menambah jenis pepohonan yang akan ditambahkan pada bidang terrain tipe Bezier

18

Sparsity

Input – Mengatur kepadatan atau banyak sedikitnya pepohonan. (sama seperti veg. density)

19

Scale

Pilih Mengatur besar kecilnya pepohonan (dalam persen)

20

Inner vegetation sphere space

Ceklis Membuat pepohonan hanya menyebar di dalam satu sphere (jaring lingkaran) dengan syarat menambahkan “Add veg. sphere”

21

X scale

Input/Pilih - Mengatur besar kecilnya luas bidang item bezier patches dalam sumbu X

22

Y scale

Input/Pilih - Mengatur besar kecilnya luas bidang item bezier patches dalam sumbu Y

23

Flip X & Flip Y

Pilih - Membalikkan besaran X maupun Y diatas

24

Local Scaling

Ceklis Mengatur besar kecilnya item bezier patches hanya  berdasarkan satu garis tampil (local)

25

Local Flipping

Ceklis Mengatur bidang yang dibuat terbalik pada item bezier patches hanya berdasarkan satu tampilan (local)


Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?


Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.


Tombol lain

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan default (sudah di set lebih dahulu)

Remove brushes : Menghapus semua tekstur tambahan pada terrain secara instan. (Ingat: Stamp (versi lawas); Brushes (versi baru))

Add veg. sphere : Menambah variasi vegetasi dengan ruang berbentuk sphere (Akan dijelaskan kemudian)

Recompute center : Menaruh induk dari setiap titik node bezier patches di posisi tengah (soal titik/node induk maupun anakan yang banyak pada item ini akan dijelaskan di lain tempat)

Reset : Mengatur ulang semua perubahan atau pengaturan hingga kembali seperti semula

Reset Height : Mengatur ulang khusus perubahan posisi titik anakan bezier patches agar tinggi kembali sama atau datar.

Saya tidak perlu menjelaskan lagi soal fungsi ‘OK’ dan ‘Cancel’.


Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 9) Kenal Item Properties - Ferry ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 11) Kenal Item Properties - Curve ##

0 Komentar:

Post a Comment