ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Sign Traffic + Papan Navigation Template

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Variasi Baru Traffic & Navigation Sign (Template) + Lamp Models

Dalam rangka menyambut anniversary map JRR (Java Road Revolution) yang ke-3 pada 15 Januari 2024, Pejindo Project memberikan hadiah khusus berupa satu update khusus aset map Indonesia tipe Traffic Sign & Navigation Template Sign. Total sudah ada lebih dari 250 buah model lengkap dengan versi tanpa tiang (pole) sekaligus. Selain itu, disediakan pula beberapa macam model lampu jalan yang bentuknya paling sering dipakai di Indonesia (dunia nyata).

Tak hanya itu, ada pula sejumlah model papan petunjuk arah yang baru dengan ukuran yang lebih presisi ditambah varian tiang "stand" yang jauh lebih lengkap dan sesuai model aslinya di Indonesia. Dan diantaranya juga ada format baru yang support untuk bikin sign_template dengan inovasi terbaru. Untuk macam-macam model baru yang disediakan bisa dilihat pada tool "Content Browser" langsung di map editor.







Papan Tarif SPBU "Totem" versi Sign_Template (Editable)

Semenjak tanggal 31 Maret 2023, ada satu tipikal model "istimewa" yang sepertinya belum pernah ada yang dibikin orang lain. Pasti sudah tahu dengan papan harga bensin di SPBU, sekarang tulisannya sudah bisa diedit! Loh... heh, kok bisa?



Meskipun tulisan nya bukan yang tipe bisa gerak (ada anim teks nya), ini saja sudah menjadi satu terobosan baru yang dapat memudahkan para mapper agar tidak selalu gonta-ganti tekstur DDS cuma demi ganti angka. Bahkan dari penampilannya aja, kualitasnya udah setingkat model DLC orian game ETS2. Patut dicoba.

Sayangnya model ini baru bisa pakai dari ETS2 1.40, 1.42, 1.43, 1.44, sampai versi terbaru. Pengguna ETS2 1.36... maaf tidak bisa lagi.


Oke, selain update baru diatas, berikut di bawah ini berbagai isi dari paket aset map yang disediakan versi Pejindo.

Navigation Sign Template

Pertama, rambu papan petunjuk arah (navigation signs) Indonesia yang hampir semuanya berupa “sign template”. Sehingga para mapper bisa bebas mengedit teks, nama tempat/kota, bahkan posisi stiker/gambar langsung di map editor, tanpa harus membuka aplikasi grafis seperti Ms.Paint atau Photoshop. Beberapa model papan navigasi tersebut sudah terpisah dengan tiangnya (pilar/gantry). Jadi bisa bebas dipasang dimana-mana sesuai kreativitas yang diinginkan.

Barangkali dengan modal dari model map ini saja, kalian bisa membuat papan baru yang mungkin tidak tersedia selain banyak varian sign di paket model map ini. 






Untuk yang mau belajar buat papan sign sendiri seperti diatas. Bisa menyimak tutor blog yang satu ini :

Traffic Sign (Static)

Kedua, rambu lalu lintas (traffic signs) Indonesia. Pastinya lengkap mulai rambu peringatan, rambu larangan, dan lain-lain. Model yang satu ini bisa dibilang lebih baru, lebih realistis, dan tentu saja lebih baik.

Dulunya sign tersebut tersedia lebih dari seratus enam puluh tujuh rambu/sign Indonesia. Semua rambu ini sudah saya jadikan satu paket termasuk script/def, jadi tidak dibagi kedalam bagian-bagian lagi. 

Dan info terbaru mengenai aset map ini sudah ditulis pada paragraf paling awal di postingan ini.

Indonesian Real-Company Sign Props

Ketiga, papan khusus real_company Indonesia. Kini dijadikan satu dengan paket sign (sebelumnya ada di package aset map Real Company Indonesia). Ada 22 company baru yang sudah ditambahkan, dimana masing-masing company punya 5 varian bentuk yang beragam. Kalau ditotal... hitung saja sendiri xD




Link Download

Oke deh, langsung saja ini dia link download yang saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 14 Januari 2024 [!!!]

Versi 3A - TERBARU - Langsung download disini : Support untuk ETS 1.40, 1,41, 1.42, 1.43, 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48 & 1.49 (Terbaru) - maaf kemungkinan ini tidak bisa buat ETS2 1.36 lagi!

DLC Indonesia - Sign Traffic & Navigation Template (Versi 3 - Terbaru)

Versi 3B - TERBARU (Bonus) - Khusus model Papan Harga SPBU Tipe "Sign Template" di-download terpisah disini (sudah dibilang diatas tadi, ETS2 1.36 tidak bisa pakai ini ya...):

DLC Indonesia - Gas Totem Editable (Versi 3 - Bonus)

Versi 2 - LAMA (Pelengkap) - Langsung download disini : Support untuk ETS 1.35, 1.36, 1.37, 1.38, 1.39, 1.40, 1,41, 1.42, 1.43, 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48 & 1.49 (Terbaru)

DLC Indonesia - Sign Traffic & Navigation Template (Versi 2)

PENTING!

Khusus tipe "Navigation", apabila masih memakai aset map lama atau rilisan kemarin, download juga link ini sebagai alternatif jika map editor alami error dan crash. Namun setelah itu harus di-REPLACE dengan yang model baru diatas karena bawah ini pun TIDAK AKAN DI-UPDATE lagi...

Alternatif (Versi 1 - OLD)

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect  hargai perjuangan di pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

Saya harap untuk Share postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

6 comments:

  1. Bang permisi, untuk salin nya ke folder mod yg def atau yg model bang ? Atau sesuaikan def aoutoma model ssuai folder modnya. Trims bang. Lagi lanjut buat map PJSe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan atur sesuai keinginan, boleh dijadikan satu (maksudnya pada satu file zip/scs) atau dipisah sesuai tipenya (def, automat, material, dll). Yang penting ketika dibuka di map editor tidak menjadi crash atau error.
      Semoga membantu.

      Delete
  2. bang kok udah lakuin semua tutorial sign kok ga berhasil ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau buat yg mana? Yg rambu lalu lintas atau petunjuk arah/navigation?

      Delete
    2. yang sign indonesia gak bisa dipakai

      Delete
    3. Yg traffic berarti? Pertama download lagi sign itu sesuai versi ets2 yg dipakai.

      Lalu cek gamelog/editorlog untuk memastikan masalahnya di bagian mana

      Delete