ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Prefab + Road Template Jalan dan Tol Indonesia

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Versi Baru Aset Jalan & Persimpangan (Road & Prefab)

Usai menyambut anniversary map JRR (Java Road Revolution) yang ke-3 pada 15 Januari 2024Pejindo Project masih menciptakan karya baru yang cukup diminati kalangan modder/mapper khususnya komunitas asal Indonesia. Salah satunya yakni aset map jalan & persimpangan khusus lalu lintas (traffic) kiri jalan, yang mana bisa dibilang ini satu-satunya aset map khusus "versi spek SCS-DLC" yang sudah dibagikan (share) secara terbuka sejak tahun lalu. 

Yang dimaksud bukan aset map buatan FLD karena bentunya beda sendiri sama versi SCS-DLC spec. Selain itu... ada sih map besar (Eropa populer) yang juga punya aset map serupa tapi itu untuk kalangan mereka sendiri & tidak boleh di-share secara bebas...

Penjelasan Aset Map Item "Template"

Mulai sekarang, di game versi baru (baik ETS2 maupun ATS) sudah memkai aset map jalan dan persimpangan bertipe "Template". Sejak rilisnya map DLC Scandinavia di ETS2 yang mulai pertama kali memakai tipe template ini, maka di update selanjutnya termasuk di rilisan map DLC terbaru, hampir semua model atau aset map yang dibuat juga memakai template. Bahkan project rework base map yang lama seperti Jerman dan Austria juga sudah pakai tipe template, jadi ada kemungkinan bahwa aset road dan prefab yang lama bakal dihapus untuk selamanya suatu saat nanti.

Lantas, apa bedanya memakai tipe "template" dibanding tipe lama?

Pertama, kita bebas memilih tepi jalan atau trotoar yang lebih beragam, bisa dari dua sisi maupun hanya satu sisi. Mulai dari bentuk shoulder, curb, sidewalk, dan masih banyak macamnya.

Kedua, setiap jenis template pada item jalan (roadbisa memilih berbagai macam marka/garis jalan, untuk situasi di Indonesia saat ini ada marka garus kuning di tengah jalan, dan ada marka kuning di sisi tepi jalan, misalnya. 

Ketiga, kita bisa memakai template ini untuk membuat persimpangan yang lebih kustom. Terlebih lagi model prefab saat ini ada opsi model khusus bernama 'corner' yang bisa pilih macam-macam tepi jalan secara kustom. 

Berikut ini contoh aset map yang berupa tipe "Template". Terlihat cakep nggak nih?


Prefab Map Item : Persimpangan (Cross) & Exit Road (Fork)

Sudah banyak bentuk prefab yang dibuat oleh Pejindo Project, mulai dari simpang pertigaan, perempatan, bundaran, exit jalan tol, percabangan jalur, penyempitan jalan, dan lain sebagainya. Kini koleksi yang terkumpul sudah mencapai 70 buah tipe cross ditambah 126 buah tipe fork. dengan sejumlah model baru yang bisa saja... tidak dimiliki SCS sampai sekarang. Misal persimpangan dengan tiga lajur berbagai bentuk, atau persimpangan yang punya jarak median (pembatas tengah jalan) khusus 2m, atau exit road berukuran minimalis yang sudah 3 lajur (beda sih ama FLD yang... gimana menjelaskannya)





Road Map Item : Jalan Raya & Jalan Tol

Tidak hanya itu, Pejindo Project juga mempersiapkan aset map lainnya untuk tipe (road) atau jalan yang kini mengalami perombakan massal. Meskipun tidak ada model baru (berarti jumlah bentuk yang tersedia kurang lebih 38 buah), tapi tampilan-nya jadi makin berkilau berkat hadirnya tekstur aspal terbaru. Bahkan dari yang mulanya menyediakan 3 macam tekstur aspal, sekarang sudah bertambah jadi 5 tekstur. Tentu saja ada yang berupa aspal, beton, dan yang pasti ada efek retak-retaknya. 

Adapun salah satu bentuk road/jalan yang sengaja dikasi efek retak-retak khusus yang tidak satu tekstur dengan kelima diatas tadi, melainkan itu memakai efek model khusus bernama "overlay". Contohnya seperti berikut ini.

Untuk jumlah aset item road/jalan yang disediakan sekitar 38 buah. Sementara variasi tepi jalan khusus template masih sama seperti biasa, ada bentuk shoulder, curb, maupun sidewalk. Jumlahnya kurang hanya belasan buah. Kalau mungkin masih kurang cocok, bisa ditimpa pakai aset model map lain (misal yang tipe Building atau Curve).

Prefab Map Item : Gerbang Tol versi Traffic Kiri Jalan (Custom)

Inilah satu keistimewaan yang dimiliki Pejindo Project yakni aset prefab gerbang tol (tollgate) khusus lalu-lintas (traffic) kiri jalan. Meski bukan jadi yang pertama, namun yang satu ini menjadi aset map yang dibagikan secara terbuka atau free. Dengan begitu siapapun yang mau bikin mod map yang wilayahnya berlalu-lintas kiri jalan (bukan cuma Indonesia tapi buat negara-negara lain juga) bisa memakai aset map satu ini. Percaya atau tidak, SCS belum punya satupun prefab tollgate khusus traffic kiri jalan seperti UK (Inggris) atau Irlandia, apalagi si FLD juga tidak punya hehehe.

Tapi map populer seperti “PM” juga punya prefab tol kiri jalan? Nah maaf ya, soalnya prefab versi Pejindo ini sudah rilis lebih dulu sebelum map mereka tepatnya ketika map JRR rilis pertama kali tahun 2021 sedangkan di map PM baru muncul sekitar satu tahun setelahnya berkat update konten map baru mereka di Irlandia... (loh kok tau? iyalah owner project ini sendiri jadi 'mantan' tim sono)

Tetapi kalau di mod map Jepang atau map Cina (khususnya Hongkong atau Macau) yang juga berlalu-lintas kiri jalan di kehidupan nyata ada juga atau tidak? Nah itu... kurang tau sih.

Di versi sebelumnya model gerbang tol tersebut dibuat dari hasil perombakan langsung dari map DLC Vive la France dengan hilangkan semua atap dan loketnya, lalu jalur traffic-nya diputar balik (yang garis hijau) jadi dibuat lajur kiri + pindah posisi palang/gate. Begitu saja. Nah, untuk versi baru ini semuanya sudah dirombak lagi. Terima kasih aset map DLC West Balkan dari SCS sehingga dapat dijadikan model tollgate baru khusus traffic kiri jalan. Alasannya model tersebut jauh lebih minimalis, lebih simetris, dan pastinya bisa di-kustom dengan tepi jalan yang dipisah hingga dijadikan bentuk "corner". Inovatif bukan?

Terus mengapa semuanya sengaja dibuat tanpa atap? Karena dengan begitu kalian bisa tempatkan model terpisah untuk macam-macam bentuk gerbang tol (khususnya) di Indonesia, jadi tidak memakan ukuran/size file yang besar untuk satu prefab + gampang kalau ditempatkan secara kustom. Begitulah kiranya.

Saat ini disediakan sekitar 8 bentuk baik dua lajur, tiga lajur, bahkan empat lajur sekalipun. Sudah dikasih tau kok, SCS dan FLD masih belum punya seperti ini.

Prefab Map Item : 'Corner' Tepi Jalan Terpisah

Misalnya di setiap perempatan memiliki empat sisi tepi jalan dengan bentuk berbeda-beda. Sisi ke-1 berupa tanah/shoulder, sisi ke-2 berupa trotoar, dan sebagainya. Perbedaan lebih jelasnya bisa seperti gambar ini

Kadang yang satu ini punya kelemahan, yakni menu "Corner" di Item Properties yang sulit dimunculkan saat dibuka. Itu karena resolusi monitor PC/Laptop yang dipakai masih dianggap kecil, minimal harus punya layar dengan resolusi 1980 px (ingat loh, ini sudah lewat dari tahun 2020... kapan waktunya upgrade PC/Laptop baru nih?). Selain itu, aset prefab yang sebelumnya cuma disediakan 4 sisi tepi jalan (corner) sekarang sudah tambah jadi 6 sisi. Waduh, jadi gak senang kalau begini...

Perlu diakui bahwa jenis satu ini jadi yang paling ngeselin/menyebalkan dalam proses pembuatan aset map. Sudah diharuskan bikin berbagai macam bentuk dengan jumlah banyak, pun prosesnya butuh waktu lama sekali. Lihat saja ini, sekarang jumlah yang disediakan pada versi baru sudah tembus 610 buah. Serius ini!

Tapi mulai game versi 1.47 keatas sampai terbaru, sudah ada jalan tengah mengatasi hal itu dengan fitur baru istimewa yang mana 'corner' nya bisa otomatis menempel sendiri mengikuti bentuk tepi si prefab tanpa harus atur manual satu-satu seperti diatas. Tapi ya... kasihan mapper/modder lain yang versi gamenya masih mentok di 1.44, 1.40 apalagi di... 1.36. Yah.... gimana ya?

Prefab Item Map : "Invisible" Warehouse

Hohoho... apa lagi ini ?

Mungkin masih ingat (mungkin) ketika memakai mod map terdahulu (mapper sepuh seperti ICRF) yang mana memakai prefab betukan seperti ini. Kini Pejindo Project juga sudah menyiapkan prefab "transparan" serupa yang bisa dipakai di ETS2 versi terbaru. Jadi kalau misalnya bosan dengan prefab company (job) yang itu-itu saja, yang satu ini bisa jadi pilihan. Tinggal tambahkan banyak model bangunan di atasnya sesuai keinginan dan selesai. Barangkali... buat mod penumpang dengan prefab ini juga bisa hehehe....


Prefab Map Item : Perlintasan Kereta Api khusus Traffic Kiri Jalan

Loh masih ada lagi ? Astaga...

Entah di mod map lain inisial PM atau bahkan aset map buatan FLD punya atau tidak, Pejindo Project justru sudah menyiapkan prefab "level_crossing" versi Template... dan khusus lalu-lintas (traffic) kiri jalan. Lantas apa bedanya? 

Pertama, karena namanya template pastinya bisa di-kustom mulai dari pilihan tepi jalannya berupa "corner", pilihan marka jalannya, sampai pilihan tekstur aspal-nya. 

Kedua, ini tidak memakai "Mover" seperti di map ori kebanyakan. Jadi saat kereta api (train) melintas itu sudah berupa "AI Traffic" setara mobil, bis, dan truk (di game) yang lewat di jalan seperti biasanya. Perhatikan saja garis dan panah warna hijau di gambar ini.

Tentu saja itu tidak akan lengkap tanpa palang pintunya. Karena itu Pejindo Project sudah menyediakan model palang perlintasan kereta untuk prefab jenis tersebut. Dan sepertinya sudah dimasukkan efek suara ketika palang sedang menutup maupun membuka (semoga aja work beneran...)

Prefab Item Map : Gas Station & Parking

Masih ada lagi ternyata. Di versi sebelumnya sempat dibikin model gas_parking namun tidak bisa dipakai karena hasilnya belum jadi. Karena itu, di versi baru ini semua itu sudah siap dipakai sekarang ini. Bahkan ada varian transparan khusus jalur pengisian BBM seperti di map DLC lainnya (nantinya bisa disambung sama Trajectory).

Terrain Item Map : Tekstur Baru & Tepi Jalan Kustom versi Terrain

Loh, masih belum habis lagi. Untuk pertama kali Pejindo Project  menyiapkan sejumlah tekstur khusus terrain baru yang gunanya untuk menyatukan tekstur aspal baru yang sudah ditunjukkan diatas, dengan begitu baik aspal maupun terlihat benar-benar telihat menyatu sekali. Cocok untuk bikin variasi persimpangan jalan kustom yang mengecoh player jadi tidak perlu bikin prefab manual di program Blender.

Selain itu, kalau bentuk tepi jalan bernama shoulder, curb, atau sidewalk selama ini hanya bisa dipilih lewat objek map item Road/jalan, sekarang juga bisa dipilih lewat Terrain. Nanti menunya ada di bagian bawah yang bertuliskan "Edge" tepat di bawah menu pilihan Vegetation (pepohonan).



Link Download

Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket aset map "istimewa". Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 24 Februari 2024 [!Tambahan!]

Versi 3A - Langsung download di bawah ini : Support untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48 & 1.49 (Terbaru) 

DLC Indo (versi 3) - Prefab & Road Template (ETS2 1.44-1.49)

Versi 3B - Jika sedang pakai ETS2 versi lama berikut : Support untuk ETS 1.36, 1.37, 1.38, 1.39, 1.40, 1.41, 1.42 & 1.43 (Maaf ya, versi 1.35 kebawah sudah tidak bisa lagi...)

DLC Indo (versi 3) - Prefab & Road Template (ETS2 1.36-1.42)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Back-up untuk sejumlah versi LAMA di bawah ini (Jangan download yang ini jika sudah pakai versi 3 diatas) :

DLC Indo (versi 2) - Prefab & Road Template (ETS2 1.35-1.39)

DLC Indo (versi 2) - Prefab & Road Template (ETS2 1.40-1.46)

Download FIX Prefab & Road (versi 2) untuk ETS2 versi 1.43, 1.44, dan terbaru. >> DISINI <<

PENTING! Apabila sebelumnya di map mod sudah telanjur pakai paket aset road & prefab versi paling awal, download juga link ini sebagai alternatif jika map editor alami error dan crash. Tetapi MOHON setelah itu harus di-REPLACE dengan yang model baru diatas karena bawah ini pun TIDAK AKAN DI-UPDATE lagi...

Alternatif (versi 1 - OLD)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Selain itu juga disediakan model lampu merah + palang tol + palang perlintasan kereta pada paket terpisah di bawah ini. Catatan : pilih sesuai versi ETS2 yang dipakai

  • dlc_indo_semaphores_136_140.zip untuk ETS2 1.36, 1.38, s.d. 1.40
  • dlc_indo_semaphores_141_143.zip untuk ETS2 1.41, 1.42, s.d. 1.43
  • dlc_indo_semaphores_144_147.zip untuk ETS2 1.44, 1.46, 1.47, sampai yang terbaru

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.36-1.40)

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.41-1.43)

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.44-1.49)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Menu "Corner" pada Prefab Item Properties tidak bisa dibuka? Pakai Mod Item Properties di bawah ini (credits : Muhamad Dyak)

  • Mod Item Properties 1.30 & 1.35 & 1.38 DISINI (Waktu Extract, pilih salah satu sesuai versi ETS2 yang dipakai!)
  • Mod Item Properties 1.36 DISINI
  • Mod Item Properties 1.39, 1.40, 1.41 dan seterusnya (langsung via RoEx forum) DISINI


Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect  hargai perjuangan di pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

Saya harap untuk Share postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

Post a Comment

44 Comments

  1. Link Di atas Sudah me u at semua yang Di gambar Ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semuanya kok. Itu link baru buat tahap ke-2

      Delete
  2. Mas, mungkin bisa di ajari cara membuat prefabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sempat (ada waktu) saya kan coba buatkan

      Delete
  3. bang yang foto pertama gimana cara copy item service kayak map orang ya?🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ETS2 versi terbaru item "service" tidak bisa dicopy langsung. Sudah jadi satu sama prefab. Download saja model prefabnya disini :

      https://www.mediafire.com/file/ms8pfpa922fku9s/Indonesia_New_Prefab_Part5_%25281.35-Up%2529.zip/file

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. ijin download mas. mau coba bikin map.

    ReplyDelete
  5. Bagi model dong mas��

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Bang cara car crashed kok ilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang crashed model traffic-nya atau road/prefabnya?

      Delete
    2. event car crash,burning kok invisible

      Delete
    3. Itu problem dari map ori/bawaan. Gak pernah utak-utik yg itu.

      Delete
  8. bang cara mengatasi ngabisa disave gimana bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ETS2 versi berapa? Coba cek tutor disini

      http://pejindo.blogspot.com/2017/05/map-editor-tutorial-3.html

      Delete
    2. Tulisannya failed to create the output file - the map IS NOT saved,backups have been advanced.

      Delete
    3. Pakai ETS2 versi berapa??? Ini saja masih belum dijawab...

      Save map di tiap versi ets2 berbeda.
      -- 1.30 - 1.36 (folder instalan ets2 > base > map)
      -- 1.38 - 1.39 (folder instalan ets2 > base_map > map) *sama aja cuma beda nama folder
      -- 1.40 up (sudah otomatis di dalam folder "user_map" di lokasi mod biasanya ditaruh, jadi itu jangan dihapus)

      Delete
    4. nggak bang itu cuma tadi modelnya error jadi failed load map

      Delete
  9. mas ada jalan yg garis tengahnya kuning ga?

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. caranya pencet n terus pencet country border

      Delete
  11. gan item type sound kok gabisa dipakai ya gan? ets2 saya pakai 1.42 ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur nya sudah berubah sejak 1.40 malahan. Mau edit sound sudah dipindahkan pakai editor terpisah (imbas dari FMOD sepertinya)

      Delete
  12. gan pas aku pasang semaphore nya kok pada kebalik dah tiang tiangnya?


    ReplyDelete
    Replies
    1. Data def "country" nya disesuaikan dulu. Di map editor juga kasih "country border" pakai Node Properties

      Delete
    2. Country yang dipilih cari sesuai negara yang pakai traffic (harus yg UK) selain itu tidak bisa.
      Selain itu cek prefab yang dipakai apakah itu buat traffic kiri atau tidak. Disini work seperti biasa (kecuali simpang 3 lajur)

      Delete
  13. error ya mas pas update ke frepab baru posisi di 1.36 jdi error

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya Download dan pakai sekalian yg pack Alternatif (jadi satu sama yg pack baru). Tapi stelah itu yg lama/alternatif itu harus direplace sama yg baru

      Delete
  14. apakah bisa untuk versi 1.43?

    ReplyDelete
  15. Mas tolong map editor saya tidak bisa dibuka resolusi ukuran kecil 720x90 pas masuk putih doang ets2 1.45 beta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek instalan game. Sebaiknya download game ori via Steam

      Delete
  16. Izin download mas, mau coba belajar buat map

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. izin nanya mas cara ganti sign palang kereta yang indo rail 2 gmna yak
    ,trus kretanya gk muncul"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Set dulu "country border" di objek jalan/road pakai Node Properties. Habis itu bisa tes lagi

      Delete
    2. sudah mas keduanya dri jalan yg sblm prefabnya dan sesudah .trus coba pake traffic tool masukin trainnya ttp gak muncul garisnya kuning

      Delete
    3. Nambah contry node satu kali aja sudah cukup. Dan nggak semua def "country" punya traffic train jadi cek isinya juga. Kalau belum paham cara pakai Traffic tool baca tutor Part 7 ini : https://pejindo.blogspot.com/2017/12/map-editor-tutorial-euro-7.html

      Delete
  19. cara pasang nya gimana min, sudah saya taro di derectory dlc ets2 tpi ga muncul trus saya pasang di derectory mod nya juga ga muncul min

    ReplyDelete