Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Mengenal Map Item Properties : Road

Kenal Map Item Properties #1 : Road (Jalan)

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Disini saya jelaskan lebih dulu tentang Road Item Properties. Fungsinya mengatur rupa dan fitur jalan seperti tipe-nya, kontur tanahnya, vegetasi (pepohonan) nya, dan fitur lainnya. Map item jalan (road) merupakan elemen paling utama dan sangat krusial di game simulator ini. Kalau mau menyetir truk atau bus, dimana lagi kalau bukan di jalan.

Berikut saya perkenalkan Road Item Properties.

Tampilan Road Item Properties ETS2 1.46

Tentu saja, baik pada game ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Catatan : Foto diatas diambil dari Map Editor ETS2 1.46. Apabila pakai versi lama pastinya ada sejumlah menu tidak sama dengan foto tersebut.

Komponen Utama

Kalau digambarkan di map editor, item road/jalan terdiri dari 1 trek jalan yang dilintasi kendaraan (atau player). Bisa berupa jalan aspal, beton, atau tanah. 

Dari 1 trek itu terdapat dua “sayap” kontur tanah atau terrain (kanan – kiri). Apabila disandingkan dengan road item properties maka akan ada pengelompokan kanan dan kiri.

Baris atas

Pada bagian ini terbagi menjadi 2 bagian lain, yaitu bagian kanan dan bagian kiri.

Bagian kanan di bawah ini diperuntukkan memilih bentuk jalan/road dan menambah item pelengkap untuk bagian tengah jalan (biasanya yang ada tulisan "_m offset")

No.

Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Road Type

Pilih - jenis/tipe jalan yang akan digunakan, termasuk banyak lajur, lebar jalan, hingga tipe sesuai negara atau map DLC manapun

2

Road material

[Tipe lama – non Template] Pilih - tekstur jalan yang akan digunakan, berupa jalan aspal (asphalt) maupun tanah (ground)

3

(Center) Material

Pilih - tekstur utama tanah/terrain khusus di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2-4 atau lebih)

4

(Center) Terrain Material Color

Pilih - varian warna pada tekstur tanah/terrain, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2-4 atau lebih)

5

(Center) Texture Rotation

Input - varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2-4 atau lebih)

6

(Center) Load-UV Rotation – Icon Pipet Tinta

Tool – copy paste data input varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain secara langsung (fungsi sama seperti Picker tool)

7

(Center) No DV

Ceklis - untuk hilangkan detail vegetation (khusus grass/rumput)

8

(Center) Vegetation

Pilih - vegetation (pohon) yang bisa ditambahkan pada bagian tengah jalan (pada jalan berlajur 2 atau lebih)

9

(Center) Vegetation Scale

Pilih – besar ukuran vegetation (pohon) dalam persen, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih)

10

(Center) Vegetation Amoount

Input - jumlah sebaran titik vegetation (pohon) yang ditanam, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih)

11

(Center) Vegetation Offset

Input - lebar pergeseran posisi vegetation (pohon), di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih)

Bagian kiri di gambar bawah ini berupa pilihan fitur yang akan diaktifkan atau dimatikan saat dites dalam game.

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Opsi Bulat :
- Road
- Cityroad

[Tipe lama – non Template] Pilih - 2 pilihan yaitu Road (jalan biasa) dan Cityroad (jalan perkotaan) yang nantinya akan muncul menu baru tambahan di kolom tengah properties

2

Rnd seed (Rnd = Random)

Input - variasi sebaran vegetasi (pohon) pada terrain kanan-kiri jalan dengan cara ganti angka

3

View Distance

Input/Pilih - Mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari : default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far

4

High-poly road

Ceklis - Membuat garis tepi jalan lebih mulus (smooth) tidak terlihat patah-patah. Paling banyak digunakan pada jalan yang melengkung (tikungan tajam)

5

No collision

Ceklis - Membuat jalan tanpa padatan atau tabrakan (dapat menembus seperti hantu/jin)

6

Show in UI map

Ceklis - Membuat jalan ditampilkan di UI map (world map)

7

No AI vehicles

Ceklis - Menghilangkan(nonaktif) munculnya kendaraan di jalan

8

No Boundary

Ceklis - Menghilangkan tembok penghalang transparan (invisible wall) pada sisi jalan

9

Low-poly veg.

Ceklis - Membuat model vegetasi kedalam versi LOD (tidak detail atau burik). Biasanya digunakan pada jarak pandang yang jauh dari jalan

10

Ignore cut planes

Ceklis - Mengabaikan pandangan objek yang terhalang oleh item Cut planes (jadi kelihatan terus)

11

Water reflection

Ceklis - Menambah efek bayangan item pada air

12

Left-hand traffic

Ceklis - Membuat jalan untuk lajur kiri jalan (setir kanan).  Selalu digunakan pada negara berlalu lintas kiri jalan seperti Inggris, Irlandia, dan Indonesia

13

Stretch terrain

Ceklis - Membuat kontur terrain (tanah) lebih ramping dan renggang (catatan : sekarang sudah tidak dipakai lagi jadi menu itu akan dihapus)

14

Superfine

[Tipe lama – non Template] Ceklis - Membuat garis tepi jalan paling mulus (smooth) dan tidak terlihat patah-patah (lebih mulus dibandingkan high-poly road). Digunakan pada jalan yang lebih melengkung (tikungan paling tajam/jalan zig-zag)

15

Terrain shadow

Ceklis - Membuat efek bayangan pada tanah/jalan. Jangan aktifkan pada obyek/item jarak jauh

16

Smooth detail veg.

Ceklis - Membuat detail rerumputan lebih mulus. Biasanya hanya pada jarak dekat dari jalan

17

GPS Avoid

Ceklis – Menghalang rute GPS agar tidak dilewati atau dihitung saat loading game

18

Secret Road

Ceklis – Mengaktifkan fitur eksplorasi Unmarked Road Exploration (syarat : Show UI Map tetap dicentang)

19

Tunnel

Ceklis - Membuat efek redam suara lingkungan dan mengatur pantulan cahaya terutama ketika masuk terowongan jalan (ternyata baru bisa berguna di game versi baru ToT)

20

DLC Guard

Pilih - Membuat item terlindungi dengan Peta DLC (Going East, Scandinavia, France, dll.) dengan tujuan hanya kompatibel dengan map DLC tersebut.

21

Road Overlay

Pilih - Menambah variasi tambahan untuk permukaan jalan, seperti adanya retakan, jalan berlubang, atau jalan berdebu

Baris Tengah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada 2 bagian (sayap) kiri dan kanan.

Tapi fungsinya sama pada masing-masing bagian. Ini dimaksud untuk sisi jalan manakah yang akan diubah.

No.
Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Terrain size

Input - Mengatur besar/jarak terrain (tanah) dari jalan. (Diusahakan maksimal jangan lebih dari 500)

2

Road heigh off. (offset)

Input - Membuat satu sisi jalan lebih tinggi atau rendah dengan sisi yang lain. (hanya berlaku pada jalan lajur 4 atau lebih)

3

Shoulder blocked

Ceklis - Dibuat agar tidak muncul obyek di pinggir jalan seperti tempat sampah, benda proyek bangunan, dll. (berhubungan dengan Random Events)

4

Remove Brush (icon kuas di-silang)

Tool – Opsi menghapus semua varian brush (dulu namanya stamp) yang ditambahkan pada terrain sampai bersih

5

Reset Terrain Vertex Offsets (icon silang polos)

Tool - Reset (mengatur ulang) editan kontur terrain yang sebelumnya memakai Vertex tool agar kembali lurus

6

Terrain material

Pilih – copy paste data input varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain secara langsung (fungsi sama seperti Picker tool) Memilih tekstur terrain (tanah) yang akan digunakan

7

Terrain material colour

Pilih - variasi warna pada suatu tekstur terrain, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang

8

Texture Rotation

Input - varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih)

9

Load-UV Rotation (icon Pipet Tinta)

Tool – copy paste data input varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain secara langsung (fungsi sama seperti Picker tool)

10

Terrain (Profil Contour)

Pilih - bentuk kontur terrain (tanah) yang akan digunakan

11

Terrain Scale Coefition

Input - Mengatur besar kecilnya kontur terrain (tanah) tersebut

12

Terrain Noise Power

Pilih - Mengatur kasar halus (bergelombang atau datar) permukaan terrain (tanah). Dimulai dari 0% (datar) sampai 100% (bergelombang)

13

Terrain Transition Length

Pilih - Mengatur pergantian kontur antar terrain (tanah) suatu jalan. Mulai dari 4, 8, 16 dan 32

14

Sidewalk

[Tipe lama – non Template] Pilih - Memilih tekstur pada trotoar yang akan digunakan

15

Sidewalk Size

[Tipe lama – non Template] Pilih - Mengatur lebar trotoar. Mulai dari 0m, 2m, 4m, dan 8m

16

Road Look

Pilih - tekstur aspal jalan yang akan digunakan. (khusus jalan/road template)

17

Road Variant

Pilih - variasi jalan yang akan digunakan. Biasanya berupa pilihan garis jalan seperti garis putih/kuning atau garis tersebut putus-putus (broken), garis lurus (single), atau garis double (ganda) seperti jalan pada umumnya (khusus jalan/road template)

18 & 19

Left - Right Edge

Pilih - tambah variasi tepi jalan yang akan digunakan. Bisa berupa trotoar (sidewalk/curb), tanah biasa (shoulder), atau lainnya (drain, decal)

Lalu apa fungsinya terhadap menu pilihan kotak-kotak ini?

Kotak panah kiri : Menyamakan pengaturan yang telah dipilih sebelumnya dengan bagian kirinya

Kotak panah kiri-kanan : Memutar-balikkan pengaturan yang telah dipilih antara yang kiri maupun kanan

Kotak panah kanan : Menyamakan pengaturan yang telah dipilih sebelumnya dengan bagian kanannya

Fungsi ini sangat membantu, memudahkan, dan mempercepat dalam memilih pengaturan item properties.

Baris Bawah

Di bagian ini dipecah jadi beberapa halaman / bagian, yaitu Vegetation, Model, Railing, Misc, dan Override.

Masing-masing bagian terbagi menjadi 2 yaitu bagian kiri dan kanan, keduanya mempunyai pengaturan dan fungsi yang sama.

Menu vegetation

Ini khusus untuk menempatkan pepohonan mulai dari jenis pohonnya, kepadatan/kerapatan tiap pohon, jarak atau luas pohon di sisi jalan, juga besar-kecilnya pepohonan. 

No.

Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

No detail veg.

Ceklis - Membuat terrain (tanah) tidak memiliki detail vegetation (tidak ada rumput).

2

(Bar geser) From & To

Tool - Scroll bar untuk mengatur batas jarak bagian terrain yang tidak ada rumput nya

3

Veg. collision

Ceklis - Menambah kolisi (padatan atau tabrakan) pada pohon/tetumbuhan agar tidak tembus

4

Vegetation (Type)

Pilih - Memilih jenis tetumbuhan/pepohonan yang akan digunakan

5

Sparsity (amount)

Input- Mengatur kepadatan atau banyak sedikitnya vegetasi tersebut. (sama seperti veg. density)

6

(Vegetation area) From

Input - Titik/garis awal jarak vegetasi dengan terrain/jalan

7

(Vegetation area) To

Input - Titik/garis akhir jarak vegetasi dengan terrain/jalan

8

(Center) Vegetation Scale

Pilih – besar ukuran vegetation (pohon) dalam persen

9

Hi-poly models

Ceklis - Mengatur batas antara vegetasi yang lebih detail (high-poly) dan vegetasi LOD (kurang detail/low-poly). Disarankan jarak maksimal 50m (default)

Adapun menu kotak ber-panah dengan fungsi yang sama seperti saya jelaskan di atas.

Iya, scroll ke atas lagi buat keterangan-nya.

Menu Model

Kalau ini untuk menambah model khusus "tunggal (dipasang satu-satu)" yang biasanya dipasang berjejer di setiap pinggir jalan, seperti pembatas jalan, lampu jalan, atau tiang jembatan.

No.

Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Model (Type)

Pilih - Memilih model yang akan digunakan. Tersedia seperti lampu jalan, reflective post, pilar jembatan, dll.

2

Distance

Input - Mengatur jarak pisah antara setiap model

3

Offset

Input - Mengatur jarak antara model dengan titik tengah jalan

4

Shift

Ceklis - Membuat model pada posisi berbeda dengan sisi yang lain (biasanya ditambah jarak setengahnya)

5

Flip

Ceklis - Membuat model berputar arah

Menu Railing

Sedangkan ini untuk menambah model khusus "memanjang" yang juga dipasang di setiap pinggir jalan, seperti beton jembatan, pagar, atau pembatas jalan .

No.

Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

6

Railing (Type)

Pilih - Memilih building/railing yang akan digunakan. Tersedia jembatan, terowongan, pembatas jalan, tembok, pagar, dll.

7

Offset

Input - Mengatur jarak antara railing dengan titik tengah jalan

8

Invert railing

Ceklis - Membuat railing pada posisi terbalik (berputar arah) sama halnya dengan ‘flip’ di menu model tadi

9

Double sides

Ceklis - Membuat ganda/salinan yang berhadapan langsung dari salah satu item railing (baik yang kiri saja, maupun yang kanan saja)

10

Center part only

Ceklis - Membuat railing hanya tampilkan part/bagian tengah dari objeknya sehingga ujungnya tidak kelihatan

Menu Override.

Kalau yang ini saya kurang paham. Dalam bahasa Inggris artinya (ke-geser atau ketimpa). Dibagi jadi Right dan Left yang masing-masing dibagi lagi jadi 2 : Edge dan Variant

No.
Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

(Edge) Offset

Input - Mengatur jarak pergeseran bagian tepi jalan tambahan dari aspal jalan

2

(Edge) Count

Input - Mengatur jumlah tepi jalan tambahan yang diperbanyak

3

Edge

Pilih- Memilih bentuk tepi jalan tambahan yang dimodifikasi (shoulder, curb, sidewalk)

4

(Variant) Offset

Input - Mengatur jarak pergeseran varian marka jalan tambahan

5

(Variant) Count

Input - Mengatur jumlah varian marka jalan tambahan

6

Variant

Input - Memilih bentuk varian marka jalan tambahan (garis putus-putus, garis lurus, garis kuning, dll.)

Tombol (+) di no.7 berfungsi untuk menambah baris baru untuk menambah bagian tepi jalan / varian marka jalan tambahan lagi.

Tombol (X) di no.8 berfungsi untuk menghapus baris baru yang sudah ditambah sebelumnya di poin no. 7

Menu Misc.

Kalau ini hanya ada satu menu...

No.
Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

9
(Left - Right) Additional Part
Ceklis - Memilih bagian "part - kustom" objek jalan apapun yang ingin ditambahkan, bisa berupa marka jalan atau benda-benda kecil apapun itu.

Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?


Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.

Opsi/Pilihan Tambahan (Paling Bawah)


OK : Jelas sekali, kan? Untuk menyelesaikan/melakukan perubahan setelah melakukan pengaturan pada item properties.

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan default (tapi harus sudah di set lewat "Set as default" lebih dahulu)

Load preset : Membuka/memuat pengaturan yang sudah di set (kalau ini dari file format .ini)

Save preset : Menyimpan pengaturan yang sudah di set lebih dahulu. (dalam format .ini)

Remove brushes : Menghapus semua tekstur tambahan pada terrain secara instan. (Ingat: Stamp (versi lawas); Brushes (versi baru))

Add veg. sphere : Menambah varian vegetasi dengan ruang berbentuk sphere (akan dijelaskan kemudian)

Cancel : Masa’ gak tau juga? Yang pasti fungsinya menunda /membatalkan editan.


Tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## ---- ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 2) Kenal Item Properties - Prefab ##