Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Mengenal Map Item Properties : Mover

Kenal Map Item Properties #6 : Mover

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 versi 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Kali ini item properties selanjutnya yang saya sampaikan ialah Mover Item Properties. Yang satu ini terdiri dari semua model animasi (yang bisa bergerak) seperti model manusia (orang) baik orang biasa maupun pekerja, adapun model bendera, hewan, pesawat terbang, kereta api, dan sebagainya. Pilihan dan bentuk di item properties berbeda dengan item jenis yang lain.

Satu catatan untuk ETS2 versi 1.35 keatas. Item “Walker” kini sudah digabung jadi satu bersama “Mover” ini sehingga ada penambahan tool dan setting pada item properties.

Berikut saya perkenalkan Mover Item Properties.

Tampilan Mover Item Properties (ETS2 1.46)


Tentu saja, baik pada ETS2 Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Sekarang berikut adalah keseluruhan menu, fitur, dan fungsinya yang sudah diberikan tanda penomoran.


No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

ID (Identifier)

Input/Tampil - Kode item Mover pada titik/node yang dipilih (ini cuma bisa menampilkan, tidak untuk diedit angkanya)

2

(mover) Tag

Input - Parameter atau kode tambahan untuk jenis Mover tertentu (gabungan dari item “Walker”)

3

(mover) Model

Pilih - Memilih item/jenis mover yang tersedia

4

(mover) Look

Pilih Memilih tekstur pada suatu mover Model yang sudah dipilih

5

(mover) Look

Pilih Memilih varian bentuk lain pada suatu mover Model yang sudah dipilih

6

(mover) Speed

Input Menentukan besar kecepatan mover berjalan (biasanya untuk mover kendaraan seperti kereta api atau pesawat terbang).

7

(mover) Width

Input - Menentukan luas sebaran item mover yang ditambahkan. Misalnya, membuat kerumunan sapi di suatu ladang yang luas (Gabungan dari item “Walker”)

8

Delay at End

Input Menentukan lama mover berhenti (jeda) pada titik ujung (biasanya untuk mover kendaraan seperti kereta api atau pesawat terbang).

9

(mover) Count

Input - Menentukan jumlah item mover yang ditambahkan. Misalnya, membuat kerumunan sapi di suatu ladang dengan jumlah 10 ekor (Gabungan dari item “Walker”)

10

Active during day

Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada siang hari. Pada malam hari ia akan menghilang

11

Active during night

Ceklis Membuat mover muncul hanya pada malam hari. Pada siang hari ia akan menghilang

12

Active during nice weather

Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada saat cuaca cerah. Kalau cuaca buruk atau hujan ia akan menghilang

13

Active during bad weather

Ceklis - Membuat mover muncul hanya pada saat cuaca buruk atau lagi hujan. Kalau cuaca cerah ia akan menghilang

14

Bounce at end

Ceklis - Membuat mover bergerak bolak-balik (sesuai jalur) terutama ketika sudah di ujung mau ke ujung lain.

15

Follow dir

Ceklis Membuat posisi objek mover bergerak mengikuti arah garis.

16

Use curved path

Ceklis - Membuat garis melengkung untuk tiga node/titik atau lebih.

17

Water reflection

Ceklis – Menambah efek bayangan objek mover pada air.

18

Don't use sound

Ceklis – Menghilangkan/mematikan efek suara pada mover

19

Keep orientation on bounce

Ceklis Menjaga posisi objek mover saat bounce agar tidak bolak-balik (jadi terlihat seperti gerakan maju-mundur...cantik...xD)

20

Ignore cut planes

Ceklis Mengabaikan pandangan item yang terhalang oleh cut planes

21

Prefer non-movable item

Ceklis Membuat objek mover jadi berbentuk statis, nggak ada animasi gerak-geraknya

22

Uniform item placement

Ceklis - Membuat objek mover bentuknya sama semua (jika jumlah/count movernya lebih dari 2)

23

Append node

Pilih - Menambah jalur atau titik/node baru pada item mover

24

Remove last node

Pilih - Mengurangi jalur atau titik/node baru pada item mover

25

View distance

Input/Pilih - Mengatur jarak pandang objek item mover, mulai dari default, ext. short,, short, close, middle, far, dan ext. far

Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?


Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.


Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## Part 5) Kenal Item Properties - Terrain ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 7) Kenal Item Properties - Map Overlay ##

Mengenal Map Item Properties : Terrain

Kenal Map Item Properties #5 : Terrain

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 1.46)

Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami fungsi dan mengatur suatu bentuk dan variasi item jalan, prefab, building, model, rambu sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian.

Untuk menu item properties yang saya jelaskan berikutnya yaitu terrain. Item ini sebelumnya masih menjadi satu item dengan road (jalan). Namun sejak ETS2 versi 1.23 keatas item ini sudah berdiri sendiri. Bentuk dan pilihannya pada item properties serupa dengan item properties road, hanya berbeda bentuk dan susunannya saja.

Berikut saya perkenalkan Terrain Item Properties

Tampilan Terrain Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada game ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Catatan : Foto diatas diambil dari map editor ETS2 1.46. Apabila pakai versi lama pastinya ada sejumlah menu tidak sama dengan foto tersebut.

Kolom Atas

Ini mencakup menu dan fitur umum yang sering dipakai seperti pada item lainnya.

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Rnd seed (Rnd : Random)

Input - variasi sebaran vegetasi (pohon) pada terrain kanan-kiri jalan dengan cara ganti angka

2

View Distance (+ bar geser dan menu angka)

Input/Pilih - Mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far

3

Terrain Step Size

Pilih - Mengatur kerapatan kontur antar terrain (tanah) – mirip seperti high-poly road. Mulai dari 2m, 4m, 12m dan 16m

4

No collision

Ceklis - Membuat jalan tanpa padatan atau tabrakan (dapat menembus seperti hantu/jin)

5

No Boundary

Ceklis - Menghilangkan tembok penghalang transparan (invisible wall) pada sisi jalan

6

Low-poly veg.

Ceklis - Membuat model vegetasi kedalam versi LOD (tidak detail atau burik). Biasanya digunakan pada jarak pandang yang jauh dari jalan

7

Ignore cut planes

Ceklis - Mengabaikan pandangan objek yang terhalang oleh item Cut planes (jadi kelihatan terus)

8

Water reflection

Ceklis - Menambah efek bayangan item pada air

9

Stretch terrain

Ceklis - Membuat kontur terrain (tanah) lebih ramping dan renggang (catatan : sekarang sudah tidak dipakai lagi jadi menu itu akan dihapus)

10

Terrain shadow

Ceklis - Membuat efek bayangan pada tanah/jalan. Jangan aktifkan pada obyek/item jarak jauh

11

Smooth detail veg.

Ceklis - Membuat detail rerumputan lebih mulus. Biasanya hanya pada jarak dekat dari jalan


Kolom Tengah

Ada 2 bagian lain, kiri dan kanan. Tapi fungsinya sama pada masing-masing bagian. Ini dimaksudkan untuk sisi jalan manakah yang akan diubah.

No.

Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Terrain size

Input - Mengatur besar/jarak terrain (tanah) dari jalan. (Diusahakan jangan lebih dari 500)

2

Terrain material

Pilih – copy paste data input varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain secara langsung (fungsi sama seperti Picker tool) Memilih tekstur terrain (tanah) yang akan digunakan

3

Terrain material colour

Pilih - variasi warna pada suatu tekstur terrain, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang

4

Texture Rotation

Input - varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih)

5

Terrain Profil (Contour)

Pilih - bentuk kontur terrain (tanah) yang akan digunakan

6

Terrain Scale (Contour) Coef.

Input - Mengatur besar kecilnya kontur terrain (tanah) tersebut

7

Terrain Noise Power

Pilih - Mengatur kasar halus (bergelombang atau datar) permukaan terrain (tanah). Dimulai dari 0% (datar) sampai 100% (bergelombang)

8

Terrain Transition Length

Pilih - Mengatur pergantian kontur antar terrain (tanah) suatu jalan. Mulai dari 4, 8, 16 dan 32

No.

Nama

(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

9

No detail veg.

Ceklis - Membuat terrain (tanah) tidak memiliki detail vegetation (tidak ada rumput).

10 & 11

(Bar geser) From & To

Tool - Scroll bar untuk mengatur batas jarak bagian terrain yang tidak ada rumput nya

12

Veg. collision

Ceklis - Menambah kolisi (padatan atau tabrakan) pada pohon/tetumbuhan agar tidak tembus

13

Reset Terrain Vertex Offsets (icon silang polos)

Tool - Reset (mengatur ulang) editan kontur terrain yang sebelumnya memakai Vertex tool agar kembali lurus

14

(vegetation) Type

Pilih - Memilih jenis tetumbuhan/pepohonan yang akan digunakan

15

(vegetation) Sparsity

Input- Mengatur kepadatan atau banyak sedikitnya vegetasi tersebut. (sama seperti veg. density)

16

(vegetation area) From

Input - Titik/garis awal jarak vegetasi dengan terrain/jalan

17

(vegetation area) To

Input - Titik/garis akhir jarak vegetasi dengan terrain/jalan

18

(vegetation) Scale

Pilih – besar ukuran vegetation (pohon) dalam persen

19

(vegetation) Hi-poly model

Ceklis - Mengatur batas antara vegetasi yang lebih detail (high-poly) dan vegetasi LOD (kurang detail/low-poly). Disarankan jarak maksimal 50m (default)


Kolom Bawah

Di bawah nya yaitu railing. Langsung 1 sisi saja

Railing

Pilih –building/railing yang akan digunakan. Tersedia jembatan, terowongan, pembatas jalan, tembok, pagar, dll.

Offset

Input – mengatur jarak antara railing dengan titik tengah jalan.

Invert railing

Ceklis – membuat railing pada posisi terbalik (berputar arah) sama halnya dengan ‘flip’ di menu model.

Lalu apa fungsinya terhadap menu pilihan kotak-kotak ini?

Kotak panah kiri : Menyamakan pengaturan yang telah dipilih sebelumnya dengan bagian kirinya

Kotak panah kiri-kanan : Memutar-balikkan pengaturan yang telah dipilih antara yang kiri maupun kanan

Kotak panah kanan : Menyamakan pengaturan yang telah dipilih sebelumnya dengan bagian kanannya

Fungsi ini sangat membantu, memudahkan, dan mempercepat dalam memilih pengaturan item properties.

Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?


Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.


Tombol lain (Paling Bawah)

OK dan Cancel tidak usah dijelaskan. Kalian semua sudah tau sendiri.

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan default (sudah di set lebih dahulu)

Remove stamps/brushes : Menghapus semua tekstur tambahan pada terrain secara instan. (Ingat: Stamp (versi lawas); Brushes (versi baru))

Add veg. sphere : Menambah variasi vegetasi dengan ruang berbentuk sphere (Akan dijelaskan kemudian)


Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 4) Kenal Item Properties - Sign ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 6) Kenal Item Properties - Mover ##