Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.36 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.36

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

Entah ini kabar baik atau buruk bagi kita semua, mulai versi 1.36 game ini HANYA support untuk OS yang mendukung DirectX 11(.1)

Waduh, bagi PC atau laptop kalian yang masih pakai Windows XP atau Vista, let’s say goodbye and leave this game forever! Ah, namanya teknologi kita tidak bisa menghindar dari paksaan untuk terus upgrade perangkat kita sendiri.

Nggak hanya itu... ketika rilis Peta DLC Baru, maka item, aset, model, tekstur, fungsi, sistem, bahkan tool apapun juga baru, semua serba baru. Terus lagi... aduh, harus upgrade spek komputer/laptop karena semua sistem dan program di game dirombak besar-besaran, sampai ada percobaan untuk DirectX 11sampai akhirnya... full DirectX 11 only! Adapun banyak fitur dan item baru adaptasi dari ATS, tentu saja aset dan model baru karena adanya peta DLC terbaru.

Mungkin sebaiknya kita sebagai modder dan mapper menyerah saja dan berdoa semoga diberikan kemudahan… Woy, bisa diem gak seeh??

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.36

MAP

  1. Map DLC Baru : Road to the Black Sea (RttBS – blke)
  2. Pulau baru Corsica, Perancis (Vive la France! DLC)

FEATURES

  1. DirectX 11 / DX11 full support (DX9 sudah dihapus mentah-mentah)
  2. Menerapkan Detours – Penutupan Jalan Dadakan (Bagian dari Random Events)
  3. Tambahan pin khusus “Avoidance navigation” di GPS (jalur map yang tidak ingin dilewati)
  4. Banyak sekali traffic AI mobil baru
  5. Drivers / Trucks / Trailer bisa terlihat posisinya di bagian “manager maps”
  6. Chinese and other non-Latin character input (IME)
  7. Anti-aliasing improvements (SMAA, electrical wires)
  8. Improved Tobii support and configuration page

MOD

  1. Sun profile (HDR) berubah
  2. Plat nomor/LP untuk tipe AI berubah (data-driven types, background texture data)
  3. Elemen baru untuk Dash display UI (digital gauges, fuel consumption bar)
  4. Data map editor “history” (undo/redo)
  5. Seleksi nodes yang bersambung terus-menerus (map editor)

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Ini mencakup semua perubahan penting yang harus diketahui para mapper sebelum mencoba up-date mod map ke versi terbaru ini. Kalau bingung, baca saja tulisan yang bercetak tebal.

Kini item Walker sudah tidak bisa dipakai lagi di map editor maupun di game versi 1.36 (harus diganti dengan item "Mover"). Bagi yang masih bingung bagaimana cara menghapusnya dengan cepat/singkat silakan download file WALKER CONVERSION FIX sebagai percontohan saja (Sumber : SCS Modding Wiki)

Ada parameter baris perintah baru yang memungkinkan konversi otomatis item walker menjadi item mover menggunakan model mover yang ada. Cara manual nya sebagai berikut :

  • Buat file format teks (.txt) dengan aturan konversi (conversion_rule)
  • Setiap baris adalah aturan dalam format di bawah :
  • (source_walker_prefix),(target_mover_model)[,non - jika flag 'prefer non movable anim' dipakai] misal mover angry_man,m_angry01 atau foto,foto_man_01,non
  • Buka map editor dengan parameter -conversion_walker_path (conversion_file), di mana conversion_file adalah jalur ufs ke file yang berisi aturan konversi yang dibuat
  • Cara tambahkan parameter sama seperti saat menggunakan "-edit" ketika buka map editor di 1.36 di tutor (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor.

Cara konvensional jika semua masalah diatas sudah teratasi :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Map Editor

Mulai saat ini, Editor sudah berfungsi sebagai program terpisah yang dimulai dengan menjalankan game dengan opsi parameter perintah berbaris. Untuk data log khusus program editor juga disimpan secara terpisah di editor.log.txt, sehingga di game.log.txt hanya dijalankan saat mode game profil dan mode preview (Run Map).

Nah, cara mengoperasikan nya bisa dibaca di (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor tentang cara membuka editor (bisa lewat Steam maupun Legacy atau baj*k*n)

Weather/Lighting

Dari profil matahari telah dihapus semua peng-kali-an HDR. Diharapkan semua itu sekarang termasuk dalam pengaturan intensitas dan warna masing-masing. Jika format profil matahari yang lebih lama (dengan pengaturan HDR terpisah) dimuat, format tersebut diterapkan dan dihapus. Dengan demikian menyimpan kembali data weather di editor akan memperbarui profil matahari ke format baru.

Triggers

Karena adanya revisi dalam item trigger pada game, maka ada pembersihan/penghapusan script kode di /def/world/trigger_action.sii. Adapun beberapa perintah yang berganti nama. Sehingga agar tetap bisa dipakai dan tidak menjadi error maka semua script dan kode yang sudah dihapus sementara dipindahkan ke /def/world/trigger_action.compatibility.sii.

City data

Atribut city_name_sort telah dihapus. Maka pengelompokan berdasarkan nama kota (city) sekarang dilakukan oleh nama kota itu sendiri yang ditunjukkan dalam pilihan localisation dan/atau visualisasi yang dipilih.

Traffic data

Perubahan Format pada License Plate Generation Templates

Kini sudah lebih banyak data sistem plat nomor untuk kendaraan AI.

Atribut lp_variant_front dan lp_variant_rear dari unit traffic_vehicle telah dihapus.

Unit license_plate_data memiliki atribut baru : background_front, background_rear.  Keduanya berjenis string (hingga 32 karakter), nilai default masing-masing adalah "front" dan "rear" (maksudnya depan atau belakang). 

Tekstur kostum plat nomor dengan nama yang diberikan dapat dicari sebagai file /material/ui/lp/<nama_negara>/*.mat. 

Penggunaan yang tepat untuk variasi background tekstur untuk kendaraan AI sekarang dimuat per license_plate_type di traffic_vehicle class seperti teks pada pelat.  Jika tidak ada tipe yang ditentukan, game mencoba menebak dari speed_class kendaraan (seperti mobil, truk atau bus). Semua kelas kendaraan lain harus didefinisikan secara eksplisit atau mereka mendapatkan beberapa standar (baik mobil atau jenis plat nomor pertama yang ditentukan).

Karena interaksi dengan kendaraan yang dimiliki si player (truk dan trailer yang dibagi secara proporsional di AS), tekstur seperti itu masih harus dinamai "truck_front", "truck_rear" atau "trailer" (seperti versi sebelumnya). Seandainya gagal menggunakan nama-nama ini dalam definisi plat, maka akan berakhir dengan background plat yang tidak sesuai untuk kendaraan si player.

Vehicles data

Chasis data

Ada atribut nominal_voltage (tipe float, default 24.0V) yang digunakan untuk rentang dan tampilan simulasi tegangan baterai.

Dashboard computer display elements (IDs)

Elemen dasbor ui_gauge telah mengubah atribut, alih-alih atribut rentang tunggal yang menetapkan rentang selalu dari 0 yang sekarang digunakan value_min dan value_max untuk skala nilai input yang tepat. Nilai-nilai tersebut secara langsung dipetakan ke atribut min and max lama yang menggambarkan sudut ukur(gauges).

ID baru ditambahkan:

  • 1320 - battery voltage
  • 1330 – pengukur battery voltage, diharapkan menjadi elemen ui_gauge type
  • 1340 - pengukur suhu oli, diharapkan menjadi elemen ui_gauge type
  • 1350 - ui :: teks untuk bilah hemat bahan bakar instan, teks dipotong menurut nilai saat ini
  • 1355 - ui :: text  yang menentukan ukuran, orientasi, dan kisaran bilah hemat bahan bakar instan (data tipikal "H ~~ 0 ~~ 5", rentang horizontal 0 hingga 5 km / l)
  • 1360 - ui :: teks untuk bilah hemat bahan bakar rata-rata, teks dipotong  menurut nilai saat ini
  • 1365 - ui :: teks yang menentukan ukuran, orientasi dan kisaran bilah ekonomi bahan bakar rata-rata (data tipikal "H ~~ 0 ~~ 5", rentang horisontal 0 hingga 5 km / l)

 Jika dari semua informasi diatas masih belum menemukan solusi yang sesuai. itu berarti ada yang belum teratasi di perubahan versi game lebih lawas lagi (1.35, 1.30, ..., dst.)

Baca saja Modding Guides ETS2 1.35+ untuk mencari tahu. 


Sudah selesai. Pastikan kalian mempelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.

Selain itu, saya ingatkan… untuk perangkat keras dan sistem operasi kalian harus bisa mendukung DirectX-11(.1) (awas loh, ada embel-embel 1 di belakang).

Yang masih pakai Windows XP dan Vista, silahkan ditanggung sendiri. Bye-bye...

Kalau Windows 7, pastikan update hingga versi terkini karena ada sebagian sistem yang tidak kompatibel.

Sedangkan Windows 8 hingga 10 yah… aman-aman saja, asalkan spek PC-nya oke.

Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

6 comments:

  1. Mas.. tolong ulas bagian ini https://modding.scssoft.com/wiki/Games/ETS2/Modding_guides/1.36 pas bagian Automatic Walker->Mover Conversion

    Itu saya coba nambah parameter -conversion_walker_path (conversion_file)]
    tapi bingung hasilnya dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, ini berarti ada cara khusus buat ganti item "Walker" menjadi "Mover". Sejak 1.36 item Walker sendiri sudah jadi satu sama item Mover, jadi bakal ada error kalau masih ada item lama tersebut.

      Sama seperti memakai parameter "-edit" saat buka map editor 1.36 (lihat tutorial map editor part2 berikut : https://pejindo.blogspot.com/2017/04/map-editor-tutorial-euro-2.html)

      Bedanya untuk yang ini pakai parameter -conversion_walker_path (file.txt) File txt tersebut bisa di-download disini : https://modding.scssoft.com/wiki/File:Walker_conversion.zip
      Kalau pakai ets2 ketik --> -edit -conversion_walker_path(walker2mover-ets.txt)

      Sudah tinggal simpan saja di map editor, otomatis itemnya berubah sendiri disana.

      Terima kasih buat info pentingnya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Ohya mas... Ternyata setelah saya coba, masih ga ada efek apa2. Sudah saya save dan recompute, cuman peringatan item walker masih muncul. apa caranya masih salah ya?

      Delete
    4. Mungkin tergantung lokasi direktori game ETS2 sendiri, biasanya kalau gamenya ditaruh di C: bisa work untuk parameter apapun.

      Tapi kalau masih ada errornya, pakai cara manual dengan hapus satu-satu. Tinggal lihat di gamelog buat cari dan copy uid nya lalu hapus itemnya.

      Delete