Salam! Akhirnya bisa menyambut tutorial baru dari Blog Pejindo.
Kalau biasanya blog ini banyak menyajikan tutor bikin map, bagaimana kalau coba menyajikan tutorial bikin model? Sebenarnya sudah banyak tutor serupa dari sumber-sumber lain. Jadi di blog sini bisa menjadi pelengkap + koreksi dari tutor yang sudah dibuat oleh yang lain.
#1 Pembuatan Model Aset Game ETS2 dan ATS dengan SCS Blender Tools - Download dan Instal
Pasti banyak yang sudah tahu bahwa program aplikasi yang paling cocok untuk buat model game ETS2 maupun ATS ialah Blender. Eh, tapi ini bukan blender yang biasa dipakai membuat jus buah atau pop ice.
Blender yang dimaksud disini adalah program aplikasi untuk membuat berbagai kreasi model 3D (tiga dimensi). Sebenarnya program itu sudah multi-fungsi juga, bisa buat model 3D, animasi, video-editing, sampai bikin program (tapi hanya support Python kalau enggak salah).
Program itu termasuk open source dan bisa diunduh secara gratis tanpa harus cr*ck seperti game yang… oke baiknya lanjut.
Informasi lebih detail tentang program aplikasi itu, kunjungi saja tautan ini : https://www.blender.org/
Seperti yang mungkin juga banyak orang diketahui, SCS sebagai pembuat game ETS2 dan ATS sempat memakai program Blender diatas untuk membuat berbagai model, baik model truk, model map, dan sebagainya, walaupun sekarang mereka sudah beralih memakai software berbayar (Maya). Untuk para modder seperti kita sebenarnya juga sudah diberi fasilitas dengan program add-on khusus yang dijalankan dengan Blender. Namanya SCS Blender Tools, yang kini menjadi satu-satunya akses tool untuk mengedit/modifikasi berbagai model atau aset game dari base game mereka (sayangnya itu program tool sudah seperti ditinggalkan sejak beberapa tahun terakhir).
Jadi bagi kalian para modder yang sebelumnya masih pakai Blender2SCS, ayo segera beralih dan ganti dengan SCS Blender Tool. Bisa ya? Dan itu sebabnya saya buat tutorial ini agar kalian mau beralih dengan program baru itu. Oke lanjut.
Sekarang kita lihat dulu apa fitur yang bisa dipakai dengan SCS Blender Tools.
- Impor–Ekspor file dengan tipe format menengah SCS (pim, pit, pic, …., akan dijelaskan di bawah)
- Fitur Multi-object
- Fitur Part/Varian pada suatu Object atau Model
- Meneydiakan locator khusus (Model, Prefab, Anim, dll.)
- Tekstur dan Material versi SCS (menggunakan setting menu preset/material shader)
- Berbagai tool penunjang yang lebih praktis

Oke, sekarang waktunya menginstal!
Blender 3D Editor
Versi terbaru bisa didapat berikut ini (pastikan sesuai spek PC yang direkomendasikan) DOWNLOAD
Kalau menurut informasi dari SCS Modding Wiki, versi Blender yang (sepertinya) disarankan pakai yang v3.3, v3.4, v3.5, dan v3.6. Berikut daftarnya, tapi harus pilih salah satu versi ya.
Pasti pada bingung ya kenapa tampilan web nya kayak polos dan seolah mencurigakan. Namanya juga kumpulan versi lama (backup), jadi si pemilik/pengembang program lebih mementingkan versi terbaru dari programnya ketimbang mempertahankan versi lama. Jadi buat apa mikirin versi lama itu, iya 'kan?
Yang teliti lihat tautan/link yang diunduh. Kalau OS yang dipakai pada PC/Laptop adalah Windows, maka cari link yang ada tulisan "windows". Begitu juga kalau pakai OS Linux maupun MacOS.
Atau malah enggak mau pasang versi yang penulis sebut diatas? Cari saja sendiri lewat sini ya
SCS Blender Tools
Untuk menginstal program tool ini harus sesuai dengan versi program Blender yang tadi sudah diinstal. Jadi jangan sampai salah pilih. Daftar paling lengkap ada di situs SCS Modding Wiki
Oh iya, barangkali ada yang kepikiran, kalau tidak pasang versi software Blender yang direkomendasikan di atas (misal pakai versi v4.4) apakah masih jalan dengan versi SCS Blender Tool yang terakhir kali di-update (v3.2.0)? Kemungkinan bisa-bisa saja selagi para modder juga tidak melaporkan keluhan serius atau masalah semacamnya. Tapi... mengingat versi game sekarang sudah banyak memakai format shader preset baru dan (yang jelas) tidak disediakan fiturnya di SCS Blender Tool yang resmi, gimana kalau coba yang versi modifikasi dari salah satu modder luar negeri yang memodifikasi program SCS Blender Tool (unofficial)?
Kalau penasaran, unduh di topik forum berikut:
SCS Conversion Tools
Kalau yang satu ini juga wajib dipasang, karena ini nanti berguna untuk meng-convert model yang sudah dibuat/diedit/dimodifikasi di program Blender SD tadi untuk diubah jadi file mod (pmd, pmg, pmc, dan sebagainya).
Silakan instal beberapa atau semua saja boleh. Pun bisa dipakai buat Blender berbagai versi dan SCS Blender Tools semua versi pula. Jadi jangan bingung kalau versi conversion tool ini harus pakai buat SCS Blender Tool versi berapa dan sebagainya.
Download Conversion Tools DI SINI
Converter PIX
Yang satu ini bukan program resmi bikinan SCS sih, melaikan dari salah satu modder. Dengan program ini jadi lebih enak memodifikasi base model dari orian game itu sendiri. Sebagai kreator model/aset map, ini WAJIB pasang.
Sebelum menjelaskan lebih jauh. Penulis kasih pengantar apa saja korelasi antara file format 'menegah' dengan file model versi SCS untuk bisa dibuka di software Blender dengan SCS Blender Tools.
- PIM (Prism intermediate model) = PMG (Prism model geometry) : Anggap itu data poly-modelnya
- PIT (Prism intermediate trait) = PMD (Prism model descriptor) : Anggap itu data definisi modelnya seperti look dan variant + PMC (Prism model collision : data collision model). Catatan: Bentuk collision yang dimaksud berupa objek model langsung
- PIC (Prism intermediate collision) = PMC (Prism model collision) : Data collision model. Catatan: Diperuntukkan collision khusus yang terpisah dari objek mesh pada umumnya, serta bentuknya kubus merah di Blender
- PIP (Prism intermediate prefab) = PPD (Prism prefab descriptor) : Data definisi prefab seperti jalur gps, titik node, dll.
- PIA (Prism intermediate animation) = PMA (Prism model animation) : Data animasi suatu model)/li>
Sudah ada penjelasan lebih lengkap DI SINI
Sejauh ini ada dua program Converter PIX yang punya fungsi kurang lebih sama: ConverterPIX dan ConverterPIXWrapper. Tapi penulis sendiri merekomendasikan pakai yang pertama, karena hanya itu tool yang paling sering update untuk bisa berfungsi buat versi ETS2 dan ATS terbaru. Jadi untuk tutorial yang penulis jelaskan disini, memakai ConverterPIX yang pertama (bukan yang 'wrapper'). Bisa ya?
Lanngsung unduh via Github (tidak perlu bikin akun baru, browsing di web langsung juga bisa).
Klik Link Berikut : https://github.com/mwl4/ConverterPIX
- Buka langsung lewat PC/Laptop (kalau di ponsel/smartphone lebih sulit). Buka browser pilihan masing-masing, lalu klik link Github diatas.
- Kemudian pilih tombol menu “Code” yang kotak warna hijau, lalu langsung pilih “Download ZIP”). Amati gambar di bawah.
- Sudah, otomatis file langsung diunduh/download sampai selesai.
Sudah siap dengan file yang diunduh bukan? Oke saatnya menginstal.
Instal Software Blender-nya dulu. Pastikan sesuai spek PC/Laptop dan juga versi yang didownload sudah benar. Banyak tutorial-nya jadi saya ambil video ini saja untuk kalian simak. (penulis pilih yang Blender v3.3)
Lanjut dengan menginstal SCS Blender Tools + Conversion Tools. Simak baik-baik caranya:
- Pastikan dua program tool diatas sudah diunduh (semua berupa file ZIP)
- Langsung buka software Blender yang tadi kalian instal. Lanjut arahkan mouse ke pojok kiri atas, klik tab menu "Edit", lalu pilih "Preference".
- Muncul dialog menu baru, langsung lihat baris sisi kiri, pilih tulisan "Add-ons".
- Langsung arahkan ke pojok kanan atas dan pilih tombol "Install". Jika sudah, cari file "scs_blender_tools_addon.zip" yang tadi kalian unduh.
- Tunggu beberapa saat sampai add-on tersebut muncul dalam daftar, seperti gambar di bawah ini. Pastikan sudah harus dicentang.
- Tutup dialog preference tadi. Sekarang cek apakah SCS Blender Tools terpasang atau tidak. Caranya pilih tab menu "File" > "Import". Pastikan opsi format file baru muncul seperti gambar berikut.
- Kalau ternyata masih tidak muncul. Coba tekan tombol F8 keyboard agar semua daftar add-ons di-reload.
- Jika sudah, cek bagian option "Editor Type" yang biasanya di sisi kanan bawah untuk melihat setiap fitur atau setting yang disediakan.
Pastikan tampilan menu di halaman utama workspace di Blender berubah. Kalian juga bisa atur-atur penempatan menu disana sesuai kebiasaan kalian. Terakhir bisa pilih menu File > Defaults > Save Startup file. Contoh lebih detailnya bisa tiru video berikut (walaupun versi Blender yang dipakai jadul sekali)
Berikutnya yang Conversion Tools. Dari file yang sudah diunduh kedalam format zip. Ekstrak di folder yang sesuai keinginan. Misal yang dipakai “conversion_tool_2_13” Maka waktu extract nanti taruh di folder baru sembarang tempat, bernama conversion_tool_2_13 (atau nama sembarang asalkan path lokasi foldernya jelas dan mudah diingat)
Kembali buka software Blendder, sekarang arahkan mouse ke sisi kanan bawah, lalu pilih menu icon “Scene”. Terlihat bagian menu “SCS Tools” (ada logo cantik di sebelah) arahkan ke isian bertuliskan “Conversion Tools Path” dan browse/masukkan path folder instalan yang tadi.
Selesai, sekarang sudah siap membuat/mengedit model!
Tugas terakhir ialah menginstal ConverterPIX
Pastikan hasil unduhan (dari Github) tadi langsung berupa ZIP. Lalu extract kedalam folder baru dengan nama “Converter PIX” (atau nama sembarang asalkan path lokasi foldernya jelas dan mudah diingat)
Untuk membuka/mengaktifkan tool tersebut:
- Dari folder tempat ConverterPIX diinstal, buka folder "bin" > "win_64" (atau nama folder sesuai OS yang dipasang pada PC/Laptop masing-masing).
- Jangan klik file EXE disana. Pertama, buka dulu Command Prompt (CMD) mode biasa saja (jangan yang Administrator mode). Kedua, file EXE itu tadi diseret masuk ke dalam CMD nya itu, sampai muncul baris path file yang dimasukkan. Baru tekan tombol Enter (di keyboard)
Sudah selesai. Begitu saja caranya. Lah kok...
Sabar. Memang masih belum selesai sih. Tapi nanti akan dilanjut di bagian berikutnya saja. Jadi sampai sini dulu.
Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin saja tidak ada satupun posting/artikel serupa di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.
Sekian dari saya. Wassalam!
Mas Ridwan,
ReplyDeleteUntuk File .DDS di versi 1.50 sudah tidak bisa dibuka lewat DXTBmp kah?
This comment has been removed by the author.
DeleteOh saya sudah menemukan solusinya, musti diconvert dulu pakek converter pix baru bisa dibuka lewat DXTBmp.
DeleteBarangkali mas ridwan ada cara lain, bisa kasih tau juga, untuk tambahan informasi bagi saya.
Maaf baru balas sekarang. Di versi 1.50 untuk format file DDS (mungkin TOBJ juga) sudah berubah total jadi di DXTBmp tidak support format baru itu. Baiknya ganti pakai GIMP atau aplikasi terbaru yang memang support DDS format baru itu
Delete