ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Variasi Model Map Indo

Salam! Disini saya akan bagikan (share) banyak aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia.

Info Update Terbaru (!)

Semenjak tanggal 31 Maret 2023, ada berpuluh-puluh model baru berbagai tipe siap pakai untuk map buatan kalian. Untuk penjelasan rinci terkait isinya apa saja masih sedang dalam pengetikan. Namun semua gambar-gambar dibawah sudah cukup menggambarkan apa yang sudah tergambar untuk kalian semua. Iya... gambar...







Selain update baru diatas, berikut di bawah ini berbagai isi dari paket aset map yang disediakan versi Pejindo.

Item Model (Kustom)

Pertama, ada tipe model-model baru hasil “Modifikasi” dari model bawaan game (+ map DLC). Mulai dari toko kecil, model gerbang tol (non-prefab), papan reklame, model "hijau-hijau alami yang menyejukkan udara" xD, dan masih banyak lagi.

Ada juga berbagai model jembatan yang sebenarnya sudah ada di game namun saya konversi kedalam item yang berbeda. 

Rasanya kangen bisa memakai model beginian. Ini adalah salah satu model lawas dari game sebelum ETS2, dan sempat dipakai pada beberapa map Indonesia (terutama untuk map extreme). Mulai versi 1.27, salah satu modelnya tidak bisa dipakai lagi karena suatu error. Dengan ini saya berkesempatan memperbaiki model tersebut dengan harapan bisa dipakai di versi terbaru ETS2.

Item Mover

Kedua, mungkin selama ini banyak mapper yang cukup mengubah tekstur dari mover flag yang sudah ada di game dan dibuat menjadi merah-putih. Lebih singkatnya lagi hanya dengan membalikkan bendera Polandia yang sebelumnya putih-merah xD. Tetapi ketika ditambahkan di add-on map, bendera yang sebenarnya juga ada di tempat yang tidak diharapkan malah turut berubah. 

Untuk itulah ada item Mover Bendera Indonesia baru dengan harapan bisa dipakai untuk jenis map apapun.

Selain itu, jarang sekali ada map Indonesia lain yang mempunyai bendera panjang seperti gambar di bawah. Kalaupun ada, hanya berupa model biasa dan bendera tersebut terliat statis dan tidak bergerak selayaknya bendera pada umumnya (anggap saja patung). 

Lalu bisakah bendera dibuat melengkung? Atau bendera berbentuk macam-macam seperti segitiga, setengah lingkaran, atau kombinasi berbagai bentuk? Atau bendera dengan gambar dan iklan tertentu? Ya.. sebenarnya bisa, tetapi bergantung pada tingkat kesulitan dan waktu. Maka dari itu, untuk saat ini hanya dibuat bendera panjang dengan warna polos terlebih dahulu.


Item Building

Ketiga, ada banyak macam pelengkap jalan di Indonesia. Seperti trotoar, pembatas jalan, maupun garis atau marka jalan itu sendiri. Trotoar sendiri juga bermacam-macam, ada strip hitam-putih, biru-putih, kuning-hitam, dan lain-lain. Adapun model garis marka jalan warna putih dan kuning, model pembatas jalan baik dari logam maupun beton warna-warni mulai dari merah-putih, kuning-hitam, biru-putih, hitam-putih, dan masih banyak lagi.

Selain itu bukan hanya tersedia dalam item building, tetapi beberapa model juga dijadikan sebagai “Railing” untuk tipe jalan/road, dengan begitu para modder dan mapper dapat menambahkannya di “Road item properties” di menu “Railing”.

Mungkin kalian pasti juga merasa kurang puas dengan item "Building" yang tersedia di bawaan atau base game. Pasti ujung-ujungnya pakai yang ada di map DLC. Kebetulan saya baik hati buat versi khusus dari kekurangan model map item Building tersebut.

Item Curve

Tapi selain berupa "Building" dan "Railing", ada beberapa model yang dibuat berupa tipe "Curve", mulai dari marka jalan sampai trotoar berbagai bentuk dan tekstur (btw ada varian semacam lekukan seperti di DLC Black Sea). Jadi makin kustom bukan?


Link Download

Langsung saja ini dia link unduhan/download untuk paket kali ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini. Download semua boleh, download salah satu juga boleh sesuka hati kalian.

Ini semua sudah dites di ETS2 1.40. Khusus link part 2 ada kemungkinan sejumlah model tidak bis dipakai di 1.36. Jadi perlu pastikan baik-baik agar tidak kena masalah serius.

Update : 31 Maret 2023 [TERBARU]

DLC Indonesia - Paket Variasi Model Indo - Part1

DLC Indonesia - Paket Variasi Model Indo - Part2

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Bisa dipakai pada berbagai versi ETS2 (dari 1.35, 1.36, 1.38, 1.40, 1.42, 1.43, 1.44 dst.)
  3. Mohon cantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' pada mod Anda apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  4. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt atau editorlog.txt
  5. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

Jangan lupa Share postingan ini ke berbagai media, dengan begitu akan menjangkau lebih banyak grup modder atau mapper dari seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

2 comments: