Mengenal Map Item Properties : Trajectory

Kenal Map Item Properties #13 : Trajectory

Diperbarui pada : Maret 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 versi 1.46)

Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Sudah makin banyak yang kenal sama berbagai macam item properties di map editor ETS2 maupun ATS. Selanjutnya ialah Trajectory Item Properties. Sebagai pengenalan, trajectory merupakan salah satu jenis "Map item" yang pertama kali muncul di game sejak ETS2/ATS versi 1.30. Item satu ini bentuknya menyerupai garis, mirip seperti item 'Mover' yang sudah ada sebelumnya, tetapi ini berfungsi sebagai jalur kendaraan. Trajectory ini kerap menjadi alternatif untuk membuat jalur persimpangan khusus traffic AI tanpa harus mengedit di program 3D model editor (misal Blender) atau membutuhkan sambungan prefab khusus persimpangan (cross atau fork). Jadi, lumayan cocok sekali bagi kalian yang tidak punya kemampuan (skill) bikin model map, atau memang malas bikin prefab lewat program Blender. Bagaimanapun, program 3D-model editor tetap dibutuhkan sih, khususnya untuk mengatur jalur navigasi/GPS dan mengedit tekstur aspal dan marka jalan. Karena item Trajectory ini tidak menghitung rute navigasi GPS jadi pengaruhnya cuma pada traffic AI-nya.

Trajectory Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Trajectory (penomoran pada gambar diatas akan diberikan lain waktu).

No. Nama (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi
1 Access rule Pilih - Memilih opsi fitur jalur kendaraan/traffic AI yang boleh dilewati pada garis jalur Trajectory tersebut. (pilihan menu drop-down di dalamnya akan dijelaskan di bawah)
2 Blinker Pilih - Memilih opsi fitur menyalakan lampu sein (reteng) kendaraan/traffic AI pada garis jalur Trajectory tersebut (dipakai pada jalur yang menikung atau ketika belok kanan atau kiri)
3 Priority Modifier Pilih - Memilih urutan angka garis jalur Trajectory yang paling diprioritaskan/didahulukan untuk dilewati si traffic AI. Makin tinggi angkanya maka jalur itu makin diutamakan. (misal ada penyempitan jalan dari 3 lajur jadi 1 lajur, dan dari 3 itu harus diurutkan mana yang boleh masuk duluan dan mana yang paling terakhir)
4 Public Ceklis - Mengatur agar garis jalur Trajectory tersebut dibuat publik (mungkin maksudnya bisa dilewati semua tipe traffic AI(?))
5 Force this way Ceklis - Mengatur agar traffic AI dipaksa melintasi garis jalur Trajectory yang dipilih
6 Low probability Ceklis - Mengatur agar traffic AI tidak banyak (dikurangi) melintasi garis jalur Trajectory yang dipilih
7 Limit displacement Ceklis - (...um, ini saya masih kurang tahu...)
8 Parking spot Ceklis - Mengatur agar traffic AI yang melintasi garis jalur Trajectory yang dipilih dijadikan titik parkir (traffic nya berhenti sendiri pada tempatnya)

Lantas bagaimana dengan tiga menu ini?

Add: Menambah menu yang dipilih dari menu Route/Checkpoint token ke dalam tampilan Route checkpoint atau dari menu Order dkk ke Trajectory rules

Set: Memodifikasi atau mengganti menu yang dipilih sebelumnya dari menu Route/Checkpoint token ke dalam tampilan Route checkpoint atau dari menu Order dkk ke Trajectory rules

Remove: Menghapus menu yang dipilih dari dalam tampilan Route checkpoint atau Trajectory rules

Oke sampai disini dulu ya. Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

0 Komentar:

Post a Comment