Map Editor Tutorial ETS2 Part6 : Mengenal Replacement Tool

Salam! Kini saatnya penulis bagi tips yang mungkin jarang diketahui kalian maupun orang-orang.

Kalian pasti merasa frustasi dengan berbagai masalah di map editor. Misalnya seperti masalah yang di-keluh-kesah-kan oleh tipikal orang berikut ini:

  • Orang 1 : Saya penat harus atur jarak pandang (Distance Setting) pada setiap objek model map satu per satu, manual lagi... (baik itu tipenya model, building, mover, road, prefab, terrain, dll.) Harus select objek map, buka map Properties, select lagi, edit Properties lagi... Apa enggak ada cara lebih praktis selain seperti itu?
  • Orang 2 : Aku juga lelah harus gonta-ganti tekstur terrain (tanah) satu per satu termasuk pada setiap jalan (road maupun prefab). Sama seperti si Orang 1 : Select - Edit Properties - Select lagi - Edit Properties lagi. Apa enggak ada cara lebih praktis selain seperti itu?
  • Orang 3 : Jangankan kalian, gue juga capek nge-klik berbagai menu fitur dan pengaturan di map editor satu-satu lewat map Properties: seperti Show in UI Map, No Boundary, No Traffic, Left-side Traffic, dll. Masalahnya kurang lebih sama dengan kalian berdua (Orang 1 & Orang 2). Apa enggak ada cara lebih praktis selain seperti itu?

Iya, dari semua ragam keluh-kesah dari mereka... pertanyaan yang timbul hanya ada satu : Apa enggak ada cara lebih praktis selain seperti itu?

Pasti yang sering kalian lakukan adalah dengan select - blok semua item yang mau dipilih, lalu edit lewat item Properties. Aduh, memang cepat sih tapi... tidak efektif. Karena terkadang kalau ada satu atau dua objek map yang kelewat atau belum sesuai, harus pilih lagi, atur lagi, cek lagi, adah... lama sekali! (>_<’)

Tampilan memakai Replacement Tool (F3) di Map Editor ETS2 - 1.46

#6 Memakai Map Replacement Tool (F3) : Satu Tool Mengubah Segalanya di Map Editor ETS2/ATS

Diperbarui pada : Maret 2023
Alasan : REVISI 

Inilah saatnya penulis memperkenalkan fitur/tool map editor yang satu ini, namanya Material/Distance Replacement, lebih enaknya disebut Replacement Tool. Awalnya tool ini hanya untuk mengganti data material (tekstur terrain) sama jarak pandang (Distance Setting) pada objek map. Namun di ETS2/ATS versi baru fungsinya lebih dari sekadar itu, makanya penulis lebih suka sebut "Replacement Tool".

Ini sangat membantu dalam mengatasi semua masalah diatas, dan bisa mempersingkat waktu pengerjaan map. Penasaran seperti apa caranya? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Tampilan Dialog dan Penjelasan Menu & Fungsinya

Sekarang mari penulis pertemukan kalian pada pandangan pertama, dengan tool "istimewa" ini. Sekalian akan dijelaskan menu dan fungsi-fungsinya.

Cara memunculkan nya gimana? Cukup tekan tombol F3 keyboard

Ada 3 Tab menu utama ketika membuka tampilan dialog dari Replacement Tool :

Tab 1 : Material

Ini isinya meliputi menu yang berfungsi untuk me-replace segala macam tekstur (mat) terrain, Namun disini juga terdapat menu tambahan untuk replace/ganti fitur yang tidak berhubungan dengan material. Berikut contohnya di bawah:


  1. Kolom Kiri : Deretan tekstur (mat) terrain objek map yang sudah di-select atau di-blok sebelumnya. Tidak usah diganti maupun utak-atik apapun karena itu cuma buat mendeteksi. Menu yang ditampilkan di setiap baris adalah : Nama Material, Material Color, dan Material/Texture Rotation (Baca Tutorial Map Item Properties : Terrain)
  2. Kolom Kanan : Deretan tekstur (mat) terrain objek map yang akan diganti atau di-replace. Meskipun di awal datanya sama di kiri maupun kanan, tapi kalian bisa ganti/tekstur sesuai keinginan pada kolom Kanan ini (akan dijelaskan lebih lanjut di bawah)
  3. Distance Setting : Ini menu buat ganti/replace jarak pandang objek map. Secara umum terbagi menjadi level short, close, medium, hingga far. Kalau sudah dipilih tinggal klik tombol "Set" di sebelah (akan dijelaskan lebih lanjut di bawah)
  4. Show in UI Map : Sama seperti di Item Properties - Menampilkan jalan/road yang dipilih di GPS (UI Map)
  5. No Traffic : Sama seperti "No AI Traffic" di Item Properties - Mematikan akses traffic AI agar tidak lewat jalan yang dipilih
  6. Half road-step : Sama seperti "High-poly road" di Item Properties - Membuat garis tepi jalan lebih mulus + vertex/bidang terrain lebih rapat.
  7. No Boundary : Sama seperti di Item Properties - Menghilangkan tembok penghalang transparan di sisi objek map
  8. Left-hand traffic : Sama seperti di Item Properties - Membuat lajur traffic jadi kiri jalan (setir kanan) seperti di Indonesia dan Inggris.
  9. Batch Replace : Mengaktifkan mode replace objek map "khusus" dengan mengandalkan bantuan "script batch" tiap data objek map (akan dijelaskan lebih lanjut di bawah)
  10. Prefab node correction : Memeriksa sekaligus replace (fix) posisi node prefab yang tidak pas (terutama setelah diedit lewat program Blender3D)
  11. Reset vertex offsets : Me-reset semua editan vertex atau jaring bidang terrain agar kembali normal dan lurus
  12. Reset brush rotations : Me-reset semua arah hadap tekstur terran agar kembali ke posisi putaran semula (0 derajat)

Tab 2 : Look

Bagian ini berfungsi terutama untuk me-replace semua jenis tekstur "Look" pada objek map. Bukan hanya tekstur aspal jalan, melainkan tekstur gedung, rumah, kendaraan, atau apapun yang disediakan pilihan menu "Look" di Item Properties.

Sama dengan yang ada di tab "Material", terbagi menjadi Kolom Kiri dan Kolom Kanan yang dibatasi oleh tanda "-->"

Kolom Kiri : Deretan tekstur "Look" dari objek map yang sudah di-select atau di-blok sebelumnya. Tidak usah diganti maupun utak-atik apapun karena itu cuma buat mendeteksi.

Kolom Kanan : Deretan tekstur "Look" dari objek map yang akan diganti atau di-replace. Meskipun di awal datanya sama di kiri maupun kanan, tapi kalian bisa ganti/tekstur sesuai keinginan pada kolom kanan ini (akan dijelaskan lebih lanjut di bawah)

Tab 3 : Buildings

Kalau satu ini agak beda dengan dua lainnya diatas. Ini fungsinya me-replace objek map item "Building" langsung jadi item baru "Curve".  Perlu diingat, item Curve punya keistimewaan yang lebih baik dibanding Building, bahkan SCS (pembuat game) udah pelan-pelan replace semua item Building jadi item Curve jadi suatu saat kelak item Building akan DIHAPUS untuk selamanya (sama seperti item Walker terhadap Mover)

Baca lebih lengkap di Tutorial Map Item Properties : Curve

Masih sama dengan yang ada di tab "Material" maupun "Look", terbagi menjadi Kolom Kiri dan Kolom Kanan yang dibatasi oleh tanda "-->". Kiri untuk data/objek sebelum replace, yang Kanan untuk data/objek setelah di-replace.

Bedanya, yang kolom kiri ini Harus berupa item "Building" jadi kalaupun kalian blok semua objek map maka yang detect dan masuk dalam daftar tab ini hanya berjenis "Building". 

Kalau di kolom kanan memang kosong di awal, tapi kalian bisa pilih objek yang di-replace untuk jadi item "Curve". Contoh seperti gambar di atas. + Ada kolom "Variation" yang hanya bisa dipilih setelah memilih item "Curve" yang jadi hasil replace-nya.


Teknik 1 : Mengganti (Replace) Tekstur MAT Terrain

Setelah kenalan sedikit sama menu-menu dan tiap fungsinya pada Replacement Tool, sekarang penulis kasih tips dan trik untuk menjalankan tool "istimewa" ini.

Cara ini bisa digunakan pada semua objek map dengan jenis item : road/jalan, prefab, terrain, maupun bezier patch.

1) Pertama, select atau blok beberapa item objek map yang ingin dipilih terserah dimanapun (tapi setelah itu jangan malah buka Item Properties... oke?)

2) Langsung saja buka dialog Replacement Tool dengan menekan tombol F3 di keyboard.

3) Setelah muncul (sesuai yang penulis tunjukkan di sub-topik diatas) terlihat sudah tertera daftar tekstur MAT apa saja sesuai objek map yang telah dipilih di poin 1. Bahkan tekstur MAT terrain yang diberikan dari tool Brush (bukan lewat Item Properties) juga dimasukkan sekaligus.

4) Biasanya di urutan paling atas adalah tekstur MAT dari terrain Base (yang muncul di item Properties) atau yang sebaran 'Brush' nya paling banyak. Disini penulis ingin ubah tekstur "grass_green_main_balt" menjadi "dirt_3_512" sepeti gambar. Lalu pilih tombol Replace.

5) Hasilnya seperti gambar berikut ini. Lebih cepat dan efektif, bukan? 

6) Kemudian kalau misalkan ganti semua tekstur MAT sisanya menjadi "field_corn", maka hasil akhirnya akan seperti gambar di bawah.

Kalian juga bisa ganti berbagai variasi tekstur MAT terrain lainnya pada item objek map yang dipilih bahkan bisa menjangkau lebih luas lagi, tentu saja... selama item objek map itu harus sudah di-select atau di-blok. Atau jika ingin ganti semua tekstur MAT yang sudah di-blok menjadi satu jenis tekstur saja, maka bisa dilakukan seperti gambar diatas. (tapi sebenarnya lebih baik hapus saja semua "brush" tekstur MAT tersebut dengan pilih "Remove brush" waktu buka "Item properties")

Tunggu sebentar, pada baris tertentu terdapat pilihan tekstur yang berbeda dari biasanya, yang satu ini semua pilihan tekstur nya berawalan ‘asphalt’. Sebenarnya ada yang salah apa tidak?

Tidak ada yang salah dan tidak masalah, itu memang ditujukan untuk tekstur "aspal jalan" versi lama (non-template). Jadi baris tersebut hanya dapat mengubah tekstur aspal jalan, tidak pada terrain. Di game versi baru ada keterangan tambahan “Road : <nama_tekstur>” agar memudahkan kita mengetahui bahwa tekstur MAT tersebut termasuk tekstur jalan OLD, bukan yang terrain.


Teknik 2 : Mengubah View Distance Type

Sebenarnya di game sudah support pengaturan jarak pandang atau View Distance berupa range atau besar-kecil yang kustom dari 0 sampai maksimal 1500. Jadi pada item objek map bisa dibikin jarak '300' atau '823' misalnya. Namun di map editor ini juga tersedia 5 pilihan dasar pengaturan jarak pandang (Distance). Secara urut mulai dari yang terpendek sampai yang terjauh adalah :

ext. short -> short -> close = default -> middle -> far -> ext. far

Buat yang mau tahu besaran nya seberapa pada tiap pilihan diatas :

  • ext. short : 120
  • short : 200
  • close : 400
  • middle : 600
  • far : 900
  • ext.far : 1400

Dengan Replacement tool ini, pengaturan Distance type bisa dilakukan pada semua item objek map maupun hanya pilihan item tertentu.

1) Pertama, pilih atau blok beberapa item yang ingin dipilih (tetap jangan buka item properties...)

2) Buka Replacement Tool lagi dengan menekan tombol F3 di keyboard.

3) Di bawah menu deretan tekstur MAT tadi ada kolom khusus jarak pandang "Distance" yang saya sebutkan tadi. Karena di ETS2 versi baru hanya berupa isian "Input" angka, maka kalian cukup ketika angka sesuai kelompok besaran diatas (short, middle, far).

4) Setelah tekan tombol 'Set' di sebelah nya, maka hasilnya semua item yang dipilih diatur jarak pandang (View distance) menjadi short. Jadi makin jelas ketika bergerak menjauh, objek map yang dipilih langsung hilang karena jarak pandangnya begitu pendek.

Kalau nggak mau objek map gampang hilang seperti itu, ya diatur aja View Distance tadi menjadi 'far' semua. Tapi... resiko tanggung sendiri kalau map nya jadi berat dan gampang nge-lag.


Teknik 3 : Mengatur Cekbox Fitur Map di Game

Selain mengganti tekstur MAT terrain dan View Distance, di Replacement Tool ini juga terdapat beberapa pilihan cekbox buat fitur map paling umum dipakai di game ETS2 atau ATS, yakni sebagai berikut :

  • Show UI Map 
  • No Traffic
  • Half road step,
  • No Boundary
  • Left-hand traffic

Dengan begitu kalian tidak perlu repot-repot buka map properties hanya buat ganti fitur game seperti diatas

1) Pertama, pilih atau blok beberapa item (misal item : Road) yang ingin dipilih (tetap jangan buka item properties...)

2) Buka Replacement Tool lagi dengan menekan tombol F3 di keyboard.

3) Misal kalian mau bikin jalur Road yang di-select atau di-blok tadi enggak dilewati sama traffic AI apapun (mobil, bis, truk nggak akan lewat jalan itu). Jadi kita klik cekboks "No Traffic" sampai muncul centang di dalam kotaknya.

Berikut keterangan saat pilih cek-box. Perhatikan perbedaannya pada gambar ini:

  • Kotak isi biru strip (lihat 'No Boundary' pada gambar diatas) : Pengaturan awal sebelum di-replace, diasumsikan objek map yang di-select ada fitur yang aktif maupun enggak (misal satu titik/node ada 'Show UI Map' dan di titik yang lain enggak ada tapi tetap di-select juga)
  • Kotak kosong (lihat 'Half road step' pada gambar diatas) : Ya... berarti fiturnya dibuat tidak aktif (misal kotak Show UI Map kosong, maka jalan yang di-select tidak ditampilkan di GPS - UI Map)
  • Kotak isi centang (lihat 'Left-hand traffic' pada gambar diatas)  Ya... berarti fiturnya dibuat tidak aktif (misal kotak No Traffic dicentang, maka jalan yang di-select langsung berubah jadi gak ada yang dilewati sama traffic)

4) Hasil akhirnya langsung berubah bentuk titik/node jadi ada silang nya.

Teknik 4 : Select Satu atau Beberapa 'Jenis' Item sebelum di-Replace

Nah sekarang bagaimana jika kalian hanya ingin ganti/replace objek map pada satu 'jenis' item saja? Misal maunya hanya ingin replace item jenis "Sign" saja, enggak mau jenis atau tipe yang lain. Kan repot kalau waktu select atau blok item objek map harus manual dan pilih-pilih. Solusinya manfaatkan bantuan fitur tool bernama "Item Visibility".

Penjelasan lebih lengkap baca tutorial (Part 11) Fitur Item Visibility

1) Sebelum select objek map hingga buka Replacement tool, pertama-tama pilih menu View > Item visibility. Setelah muncul dialog baru, kosongkan semua ceklis pada kelompok "Pin" dan sisakan saja buat pilih item Sign pada ceklis tersebut.

2) Sudah, langsung pilih atau blok item objek map yang ditampakkan tersebut, buka Replacement Tool (F3)

3) Karena item "Sign" tidak ada data MAT terrain maupun menu ceklis khusus seperti "Show UI Map", "No Traffic", dkk. Maka kita hanya cukup melakukan replace View Distance seperti yang sudah diajarkan di Teknik 2 diatas.

4) Maka hasilnya semua jarak pandang (distance) pada item jalan berubah menjadi 'middle'.

Sama seperti ketika kalian hanya mau select item objek map jenis "Road" saja, caranya dengan mengatur Item Visibility agar hanya titik.node Road yang tampil di map editor, jadi lumayan enak kalau mau select atau blok objek map yang diinginkan sebelum melakukan Replace.


Teknik 5 : Menu Lainnya pada Tab "Material

Batch Replace

Ini berfungsi untuk mengganti semua jenis item yang ada di map editor dengan item/model yang lain. Sebelumnya ini digunakan ketika mengganti semua vegetasi (pepohonan) setelah pembaruan ETS2 ke versi 1.22. tetapi sebenarnya semua item juga bisa diganti.
Tapi kesulitan disini harus menulis/mengedit definisi replace.sii satu per satu (kalau ada banyak item yang ingin diubah). Tutorialnya akan saya sampaikan di lain topik.
Kalau mau tahu file replace.sii bisa dapatkan di situs Modding Wiki DISINI

Prefab Node Correction

Ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan posisi node/titik pada prefab  (cross, company, fork, dll.). Jika setelah itu masalah posisi node tersebut juga masih muncul, diharuskan untuk me-Rebuilt/Recompute (F8) atau memang harus diperbaiki prefabnya di progam model editor seperti Blender atau Zmodeler.


Teknik 6 : Ganti Tekstur Jalan (Template) & Look Model

Seperti yang disampaikan sebelumnya, sekarang ada opsi tersendiri untuk memilih tekstur (look) untuk segala jenis item, baik itu road template, prefab, building, maupun model (bisa aset dari map Scandinavia, France, Italia, Germany Rebuilds, Baltic, Black Sea, dll.). 

Langsung saja ke cara memakainya :

  1. Pertama, pilih atau blok beberapa item yang ingin dipilih (terutama yang ada item 'Road' dan 'Prefab'. Tolong dengan sangat yaa... jangan pilih Item Properties!
  2. Buka Replacement Tool dengan menekan tombol F3 di keyboard.
  3. Daripada pusing langsung pilih Tab kolom Look di pojok atas.
  4. Tinggal pilih tekstur yang ingin diubah dengan tampilan seperti gambar. Lalu pilih tombol Replace. Selesai.


Teknik 7 : Ganti Objek "Building" jadi "Curve"

Terakhir adalah cara me-replace objek yang sebelumnya berjenis item 'Building' diganti menjadi item 'Curve'. Saya peringatkan lagi ya. Item Curve ini punya keistimewaan yang lebih baik dibanding Building.

SCS (pembuat game) sudah pelan-pelan ganti dan rombak semua item Building jadi item Curve sehingga suatu saat kelak item Building akan DIHAPUS untuk selamanya (sama seperti item Walker terhadap Mover)

Langsung saja ke cara memakainya :

  1. Pertama, pilih atau blok beberapa item yang ingin dipilih (terutama yang ada item 'Building'. Sekali lagi jangan pilih Item Properties!
  2. Buka Replacement Tool dengan menekan tombol F3 di keyboard.
  3. Daripada pusing langsung pilih Tab kolom Building di pojok atas.
  4. Tinggal pilih bentuk model dan varian 'Curve' yang ingin diubah dengan tampilan seperti gambar. Lalu pilih tombol Replace. Selesai.


Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, dan mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Sekian dari saya, Wassalam!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 5) Cara Upgrade & Convert Mod Map Buat Game Versi Baru ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 7) Traffic Tool dan Item Baru Trajectory (Bagian1) ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

6 comments:

  1. Yang ini saya ijin share ya Bro. :)
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Gan ada tutorial terbaru buat map seperti yg dibuat Evergreen dlu untuk ets2 v.1.30 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang saya siapkan beberapa tutorial baru yang akan saya posting di blog ini. Jadi, ditunggu saja ;)

      Delete
  3. mas kalo model prefab trafik stir kanan bisa nggak diubah ke kiri. .bagaimana caranya
    soalnya seperti pertigaan dll setir kiri semua nggak ada yg kanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih prefab yang berakhiran UK, khususnya untuk prefab cross, fork, roadwork, atau gas_station.
      Semoga membantu.

      Delete