Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Daftar Command (Perintah) di Log Console + Kode CVAR di Game ETS2 dan ATS

Kumpulan Daftar Command (Perintah)  & Kode CVAR 

Via Console Log : Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Berbagai Versi

Salam! Berikut ini dibahas berbagai kode dan perintah di log console beserta fungsinya untuk game ETS2 maupun ATS. Berikut disertakan pula kode CVAR yang terdaftar untuk ETS2 dan ATS. Variabel-variabel tersebut bertujuan dalam konfigurasi berbagai fitur di game.

Perlu diketahui, game ETS2 maupun ATS punya fitur console. Agar bisa berfungsi dan mengikuti tutorial ini, kalian perlu mengaktifkannya dengan buka file Documents/Euro Truck Simulator 2/config.cfg pakai aplikasi Notepad. Kemudian cari baris script bertuliskan g_console dan g_developer dan ganti masing-masing angka di belakang dari 0 menjadi 1 (ingat cara membuka map editor, kan?). Kalian dapat mengakses console menggunakan tombol tilde “~” di keyboard secara default.

Kalau belum paham langsung simak ke Tutorial Map Editor (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Ada pembahasan khusus tentang file config.cfg di SCS Modding Wiki BERIKUT INI

Adapun shortcut yang bisa kalian gunakan saat menggunakan console :

  • Tombol Ctrl + Shift : Ubah mode tampilan log, baik berupa pesan—error & warning, atau pun all (semua).
  • PageUp atau PageDown : Scroll isi log console ke atas / bawah.
  • Shift + PageUp atau Shift + PageDown : Scroll isi log console lebih cepat ke atas / bawah.
  • Ctrl + PageUp atau Ctrl +PageDown : Scroll isi log console lebih lambat ke atas / bawah

Daftar Command (Kode Perintah) Console di Game ETS2/ATS

Nama

Parameter

Deskripsi

check

<_apa yang dicek_>

Periksa apakah suatu data dinyatakan benar. Saat ini parameter <_apa yang dicek_> hanya berlaku untuk "company", kemudian perintah ini akan memvalidasi jika semua koneksi antara company/perusahaan tiap kota di game sudah tersambung benar.

cs_export

<nama_cutscene>

Ekspor cutscene (disingkat cs) berdasarkan nama.

dispatch

-

Mengarah untuk memasuki kondisi awal setelah membuka game.

echo

<message>

Mencetak pesan ke konsol.

edit

<nama_map>

Membuka map editor.
Parameter <nama_map> adalah nama file map .mbd yang akan diedit.

edit_build

-

Me-Rebuild map editor.

edit_build_spawns

-

Me-Rebuild semua titik spawn di map editor.

edit_mark

Lihat deskripsi untuk parameter

Menandai atau menghapus tanda sektor.

  • edit_mark [set_filtered (base|dlc_foo|any) (dev|rel|any) [hexacolor]]
  • edit_mark [set sector_files [hexacolor]]
  • edit_mark [set_all hexacolor]
  • edit_mark [intersect first_file second_file [hexacolor]]
  • edit_mark [clear_all]
  • edit_mark [lock [sector_files]]
  • edit_mark [unlock [sector_files]]

edit_save

-

Menyimpan peta di map editor untuk dimuat/load dalam game.

edit_save_text

-

Simpan map/peta dalam bentuk teks untuk tujuan debugging (periksa bug).

exec

<nama file skrip>

Memuat dan menyalakan skrip perintah yang berbeda.
Misalnya jika kalian memasukkan skrip ini ke dalam My Documents / Euro Truck Simulator 2:
# P3D Screenshot script.
echo "Taking screenshot.."
screenshot
echo "Screenshot has been taken"
Jalankan game dan tulis di konsol "exec/home/<script_file_name>" yang akan dieksekusi.

exit

<alasan>

Keluar dari perintah game jika terjadi kesalahan. (unload profil)

g_colbox

<mode>

Menampilkan kotak tabrakan/colision saat dalam editor. 1: tampil dan 0: tidak tampak

g_delete_idx

<kode_indeks>

Hapus item dengan indeks yang diberikan di editor

g_delete_uid

<kode_uid>

Hapus item dengan diberi indeks unik di editor peta

g_dump

[ekstensi aset]

Membuang komponen map yang nggak dipakai

g_dump_signs

-

Membuang komponen rambu lalu lintas.

g_find_prefab

<nama prefab> [nama prefab] [nama prefab] ...

Temukan prefab dengan nama belakang unitnya dan dimasukkan ke file bug.

g_info

-

Mencetak info aplikasi. Output tergantung apakah Kalian di dalam game atau menggunakan map editor.

g_item_count

(model, prefab, builidng, anim, mover)

Tampilan jumlah item yang ada. Jika tidak ada parameter yang diberikan fungsi ini mencetak ringkasan tentang semua item.

g_mode

g_mode <driver> <device> <resolution> <fullscreen> [msaa]

Ubah mode grafis.

g_msaa

<sample_count>

Ubah jumlah sampel msaa .

g_next_border_node

-

Menemukan titik border/perbatasan berikutnya di editor.

g_replace_prefab

<old_token> <new_token>

Ganti prefab lama dengan prefab baru. Token adalah nama satuan tanpa nama awalan "prefab”

g_save_curve_as_text

<file_name>

Simpan kurva/curve kedalam file teks.

g_sel_dist

(short, close, medium, far),

Tambahkan untuk memilih semua item dari jenis jarak yang diberikan.

g_sel_item

<indeks>

Pilih item berdasarkan indeks.

g_sel_type

(Terrain, Buildings, Road, Prefab, Model, Company, Services, Cut plane, Mover, No weather area, City, Hinge, Parking, Animated Model, Map Overlay, Ferry, Sound, Garage, Camera point, Walker, Trigger, Services, Sign, bus_stop, Traffic area, Bezier Patch, Compound Model)

Pilih item berdasarkan jenis di samping.

g_sel_uid

<uid>

Pilih item dengan indeks unik.

g_set_skybox

<skybox_idx>

Mengatur skybox yang diinginkan menurut indeks.

g_set_climate

<nama iklim> [i | f]

Mengatur iklim.
Penjelasan parameter:

  • i - perubahan yang diinterpolasi,
  • f - perubahan paksa

g_set_weather

<weather_index> [i | f]

Mengatur cuaca di game.
Penjelasan parameter:

  • indeks cuaca
  • 0 – cerah/baik
  • 1 - buruk
  • i - perubahan yang diinterpolasi,
  • f - perubahan paksa

g_set_time

<jam> [menit] [remove_traffic]

Mengatur waktu di game.
Penjelasan parameter:

  • remove_traffic
  • 0 - tidak
  • 1 - ya

g_ui_recache

-

Re-cache ui draw buffer.

g_wander_output

[fps/vm/sb/dc [error limit][warning limit][far plane]]

Mengatur output pengembaraan yang akan ditampilkan.

game

<save_slot>

Memulai permainan.

goto

<x; y; z> atau <nama_kota>

Teleportasi dengan mode debug kamera untuk ditempatkan di peta. Tekan <F9> untuk menempatkan truk tepat di lokasi kamera.

mark_country

<country_id>

Tandai jalan dan prefab dari negara yang ditentukan.

mm_check

-

Periksa integritas sistem manajer sumber daya.

mm_defrag

-

Jalankan defragmentasi manajer memori.

mm_dump

[? bim] (bantuan, balok, barang, mlru) [c] (anak-anak)

Konten pengelola memori dump.

mm_flush

-

Jalankan pengumpul sampah pengelola memori.

mm_flush_repeatedly

-

Jalankan pengumpul sampah pengelola memori.

multimon

<operasi> <mixed>

Mengizinkan konfigurasi dukungan multi-monitor (kalau punya 2 monitor atau lebih)

pause

-

Menjeda game

phys_info

-

Tampilkan informasi tentang subsistem fisik.

preview

<map_name> <preview_editor> <profile_to_load>

Mulai game dalam mode pratinjau
Parameter:

  • map_name - Nama peta yang akan dilihat
  • preview_editor - editor = start editor, game = start game
  • profile_to_load - Nama profil yang akan dimuat

quit

-

Keluar dari game

route

<start company name> <end company name>

Perintah menjalankan navigasi antara dua titik copany yang diberikan dan tanda jaringan jalan diperiksa untuk pratinjau visual

s_info

-

Melaporkan informasi tentang subsistem suara

save

-

Menyimpan game

screenshot

<custom_name>

Membuat tangkapan layar.
Parameter <custom_name> menetapkan nama tambahan untuk file tangkapan layar. Parameter ini opsional.

SDK

<operasi>

Lakukan operasi SDK
Parameter <operation> dapat berupa:

  • reinit - menginisialisasi ulang SDK
  • bongkar - bongkar semua plugin
  • reload - memuat ulang semua plugin

spawn

<object_type>

Munculkan objek traffic
Jenis objek yang diizinkan:

  • kendaraan - kendaraan AI standar
  • vehicle_forced – pemunculan paksa kendaraan AI (mengabaikan asal dan kepadatan lalu lintas)

test

-

Tidak tersedia dalam versi final

uset

<cvar> <value>

Tetapkan nilai  dengan nama sesuai cvar - jika tidak ditemukan, buat yang baru.

validate

-

Mulai validasi

warp

<kecepatan>

Atur kecepatan gameplay. Nilai dari parameter ini adalah angka floating point dalam rentang 0,0001 hingga 60,0

ui

<command[[:flags] name[:class] ["parameters"]]>

Perintah operasi ui internal.

  • perintah
  • 's' (how) - menunjukkan jendela. Parameter [ui_script [kiri = 0 ; bawah = 0]]
  • 'h' (ide) - menyembunyikan jendela
  • 't' (oggle) - matikan jendela. Untuk parameter lihat 's'
  • 'i' (nsert) - menyisipkan jendela. Untuk parameter lihat 's'
  • 'r' (emove) - menghapus jendela
  • 'c' (ommand) - memerintahkan komponen ui. Parameter [parameter nama komponen]
  • flag
  • 'v' (iew) - menyembunyikan pointer di atas jendela ini
  • 'l' (ock 0) - tidak mengunci input saat menampilkan jendela ini
  • 'm' (odular) - membuat jendela modular
  • 'f' (ocus 0) - tidak mengambil fokus saat menampilkan jendela ini
  • 'e' (vfiltr) - buat sebagai eventfilter
  • 't' (opmost) - buat sebagai paling atas
  • 'b' (ottomm) - buat sebagai bottommost

Cara Penulisan

Dari semua tabel Command Log Console diatas, perhatikan penulisan/pengisian parameter dalam tanda kurung bawah ini :

  • Parameter dengan tanda <……> berarti harus diisi. Kalau tidak command-nya tidak jalan
  • Contoh : g_delete_uid <...>  = g_delete_uid 0xdaf34ufn422 ; goto <...> = goto jakarta
  • Parameter dengan tanda [……] berarti menunjukkan opsional/kustom (tidak diisi pun boleh)
  • Contoh : g_set_time <jam> [menit] [kosongkan_traffic] = g_set_time 12 20 1
  • Parameter dengan tanda (……) merupakan nilai yang digunakan sebagai parameter ini—nilai lainnya berpengaruh tergantung perintahnya.
  • Contoh : g_sel_dist (...) = g_sel_dist (far)

Kode CVAR (Configuration VARiables)

Untuk kode CVAR ini di antaranya (yang setting game secara umum) diambil dari data config.cfg namun ada juga yang lain (dikaitkan dengan save-game profil si player) yang disimpan di folder masing-masing profil (misal "<game_user_path>/profiles/<profile_id>").

Kebanyakan setting kode ini bisa diatur saat di mode game profil pakai console. Caranya, masukkan nama variabel, diikuti dengan nilai yang diinginkan, dan tekan Enter. 

Selain itu, perintah uset dapat digunakan sebelum nama cvar, tetapi itu dirasa tidak perlu (katanya...) Untuk menentukan nilai default maupun nilai variabel saat ini, cukup masukkan aja namanya.

Contoh:

  • g_police 0  : (mematikan fitur kena denda lalu lintas)
  • g_colbox 1 : (menampilkan kotak garis tabrakan/collision)
  • r_mirror_view_distance :(kemungkinan akan mengembalikan yang dibawah ini)
  • "r_mirror_view_distance" dibuat: "400" default : "80.0".

Nama
Tipe
Nilai standar
Konfigurasi
Tujuan
g_additional_water_fov
float
20.0f
global
Dengan berapa banyak meningkatkan fov horizontal yang digunakan untuk membuat efek air.
g_adviser
integer
1
Profil
Mode pemberi saran: 0 = tersembunyi, 1 = ditampilkan, 2 = mode mini.
g_adviser_auto_parking
integer
1
Profil
Aktifkan / nonaktifkan fitur parkir otomatis.
g_adviser_keep_hidden
integer
0
Profil
Simpan penasihat dalam status tersembunyi (jangan tampilkan pesan apa pun).
g_artist_id
integer
0
global
Id khusus artistik. (Rentang 0-15)
g_auto_traffic_headlights
integer
1
global
Aktifkan / Nonaktifkan lampu depan dari lalu lintas otomatis.
g_autoload_ignore_autosave
integer
0
Profil
Haruskah memuat otomatis mengabaikan semua penyimpanan otomatis dan hanya menggunakan penyimpanan manual?
g_axle_drop_auto
integer
1
Profil
Apakah penurunan poros otomatis diaktifkan?
g_bad_weather_factor
float
0,07
Profil
Faktor cuaca buruk. Mempengaruhi kemungkinan cuaca hujan.
g_brake_intensity
float
1.0
Profil
Pengubah intensitas rem.
g_brake_light_all
integer
1
Profil
Tampilkan lampu rem untuk semua rem (nilai: 1) atau hanya rem servis, rem, dan rem Trailer (nilai: 0)?
g_cam_blinker
integer
0
Profil
Apakah pergerakan kamera interior berdasarkan aktivasi tkalian bahayanya diaktifkan.
g_cam_physics
integer
1
Profil
Apakah gerakan kamera interior berdasarkan pada gerakan fisika pengemudi diaktifkan?
g_cam_physics_value
float
1.0
Profil
Nilai pergerakan kamera interior berdasarkan pada gerakan fisika pengemudi.
g_cam_steering
integer
0
Profil
Apakah pergerakan kamera interior berdasarkan sudut kemudi diaktifkan?
integer
1.0
Profil
Gerakan kamera interior berdasarkan sudut kemudi, perilaku terbalik.
g_cam_steering_value
float
1.0
Profil
Penggkalian untuk pergerakan kamera interior berdasarkan sudut kemudi.
integer
0
global
Metode pengurutan kargo saat ini.
g_city_name_move
integer
0
global
Aktifkan kemampuan untuk memindahkan nama kota di peta.
g_clock_24
integer
1
Profil
Gunakan nilai 24 jam atau jam 12 jam (nilai 1 = 24 jam, nilai 0 = 12 jam)
g_console
integer
0
global
Apakah konsol diaktifkan?
g_cruise_control_grid
float
5.0
Profil
Langkah kisi kontrol pelayaran digital.
g_cruise_control_smart
float
0,0
Profil
Jendela kontrol jelajah pintar, jika Kalian ingin menonaktifkannya diatur ke nilai negatif.
integer
0
Profil
Mata uang yang digunakan dalam game.
g_cutscenes
integer
1
Profil
Aktifkan / nonaktifkan cutscene.
g_debug_interior_cam
integer
0
global
Memungkinkan penggambaran geometri truk bahkan dalam mode kamera interior.
g_debug_map_limits
integer
0
global
Aktifkan / Nonaktifkan debugging batas kecepatan peta.
g_desktop_fadeout
float
60
global
Tertunda dalam beberapa detik sebelum ui desktop akan pudar saat tidak digunakan.
g_desktop_tutorial
integer
1
Profil
Apakah tutorial desktop diaktifkan?
g_developer
integer
0
global
Apakah mode pengembang diaktifkan?
g_disable_hud_activation
integer
0
global
Apakah aktivasi khusus hud dinonaktifkan?
g_engine_start_auto
integer
1
Profil
Apakah engine start otomatis diaktifkan?
g_fahrenheit
integer
0
Profil
Haruskah game menampilkan suhu dalam fahrenheits (nilai: 1) atau derajat celsius (nilai: 0)?
g_fatigue
integer
1
Profil
Keadaan simulasi kelelahan
g_flyspeed
float
100.0
global
Kecepatan terbang kamera debug
g_force_economy_reset
integer
0
Profil
Nilai 1 memaksa reset ekonomi (menghasilkan daftar pekerjaan baru).
Pemain harus bebas berkeliaran saat mengeluarkan perintah, dan setelah itu masuk dan keluar dari Manajer Profil.
integer
0
Profil
Memaksa tampilan pemilih slot muatan.
g_force_online_lscrs
integer
0
global
Paksa memuat layar secara online. Jika tidak ada layar pemuatan yang ditentukan dalam kategori tertentu (feri, eurotunnel, normal) akan ditampilkan built-in.
g_fps
integer
0
global
Tampilkan FPS di konsol mini.
g_fuel_simulation
integer
0
Profil
Apakah konsumsi bahan bakar realistis diaktifkan?
g_gallon
integer
0
Profil
Haruskah game menampilkan volume sebagai galon (nilai: 1) atau liter (nilai: 0)?
g_gfx_advanced
integer
0
global
Pengaturan gambar yang terakhir digunakan (0 = sederhana, 1 = maju).
g_gfx_all_scales
integer
0
global
Memungkinkan pemilihan semua skala render di ui bahkan pada mesin dengan memori virtual kecil.
g_gfx_quality
integer
-1
global
Preset kualitas grafis. Ditautkan langsung ke quality_level_t enum, dengan "-1" sebagai status "kustom".
g_global_force_load_selector
integer
0
global
Memaksa tampilan pemilih slot pemuatan untuk semua profil. (Nilai yang benar adalah: 0, 1)
integer
2
global
Pengaturan kerapatan rumput.
g_hardcore_simulation
integer
0
Profil
Apakah simulasi rem udara diaktifkan?
g_hmd_no_3d_background
integer
0
Profil
Menonaktifkan penggunaan latar belakang 3d untuk menu.
g_hmd_no_artifical_movement
integer
0
Profil
Menonaktifkan gerakan artifisial berbasis sudut interior.
g_hmd_no_special_menu
integer
0
Profil
Menonaktifkan penggunaan varian khusus menu ui ketika HMD diaktifkan.
g_hmd_reduced_cabin_movement
integer
1
Profil
Mengurangi gerakan kabin dengan menonaktifkan gerakannya yang terpisah pada tingkat visual.
integer
0
Profil
Jenis tata letak hshifter.
g_hshifter_layout_shifting
integer
1
Profil
Layout dianalisis dan digunakan untuk suara pergeseran yang lebih realistis.
g_hshifter_synchronized
integer
1
Profil
Berperilaku / terdengar seperti transmisi tersinkronisasi.
integer
1
Profil
Status batas kecepatan pada penasihat.
g_ignore_low_fps
integer
0
global
Aktifkan / Nonaktifkan peringatan frame rate rendah.
g_income_factor
float
1.0
Profil
Faktor pendapatan (minimum 0,0 maksimum adalah 1,0). Melipatgkaliankan semua penghasilan.
g_input_configured
integer
0
Profil
Apakah input dikonfigurasi?
g_interior_camera_zero_pitch
integer
0
global
Apakah posisi mouse default diabaikan di interior truk? Ini harus ditetapkan ke 1 ketika Kalian menggunakan beberapa HMD seperti Oculus Rift.
g_job_distance_limit
float
-1.0
Profil
Batasi menghasilkan pekerjaan yang berada dalam kisaran yang ditentukan dari posisi pemain saat ini. Nilai negatif berarti tidak ada batasan untuk pembangkitan yang diterapkan.
g_kdop_preview
integer
0
global
Aktifkan / Nonaktifkan pratinjau k-DOP yang dihasilkan.
g_lang
string
en_gb
Profil
Bahasa saat ini digunakan oleh game.
g_lang_set
integer
1
Profil
Apakah bahasa diatur secara manual (1)?
g_light_distance_factor
float
1.0
global
Sumber cahaya mulai jarak pudar dikalikan dengan nilai ini.
g_light_span_factor
float
1.0
global
Rentang fade sumber cahaya dikalikan dengan nilai ini.
g_line_sort
integer
0
global
Kriteria pengurutan baris saat ini untuk pekerjaan.
g_lod_factor_parked
float
1.0
global
Jarak LOD untuk kendaraan yang parkir dikalikan dengan faktor ini.
g_lod_factor_pedestrian
float
1.0
global
Jarak LOD untuk pejalan kaki dikalikan dengan faktor ini.
g_lod_factor_traffic
float
1.0
global
Jarak LOD untuk kendaraan lalu lintas dikalikan dengan faktor ini.
g_menu_aa_limit
integer
8
global
Jumlah ubin di bawah ini yang kami aktifkan SSAA di adegan menu.
g_minicon
integer
0
global
Apakah konsol mini diaktifkan?
g_mm_help_shown
integer
0
global
Digunakan untuk indikasi jika pertama kali pemain memasukkan mod manager untuk menunjukkan layar selamat datang kepadanya.
g_motor_brake_auto
integer
0
Profil
Apakah penggunaan rem engine otomatis?
g_mph
integer
0
Profil
Gunakan mil (1) atau kilometer (0).
integer
-1
global
Apakah berita online diaktifkan?
integer
-1
global
Apakah layar memuat online diaktifkan?
integer
0
Profil
Kesulitan parkir
g_pedal_clutch_range
float
1.0
Profil
Rentang Cluch.
g_pedestrian
integer
1
global
Aktifkan / Nonaktifkan generasi pejalan kaki.
g_police
integer
1
Profil
Apakah simulasi polisi diaktifkan? Jika diatur ke 0 Kalian tidak akan mendapatkan penalti.
string
kg
Profil
Atur satuan berat
g_radio_mode
integer
1
global
Mode pemutar radio.
g_rain_reflect_actor
integer
1
global
Haruskah kita mencerminkan aktor game di tengah hujan?
g_rain_reflect_cache
integer
1
global
Haruskah kita mencerminkan cache geometri dalam hujan?
g_rain_reflect_hookups
integer
1
global
Haruskah kita mencerminkan kaitan yang terkait dengan item segmen (mis. Lampu menyala)?
g_rain_reflect_traffic
integer
1
global
Haruskah kita mencerminkan lalu lintas di tengah hujan?
integer
3
global
Kualitas refleksi hujan.
g_reflection
integer
3
global
Detail refleksi.
pengaturan g_reg_s
string
Tidak ada nilai default
Profil
Nama unit pengaturan regional. Secara default untuk ETS2 itu reg_setting.europe untuk ATS itu reg_setting.usa.
g_remove_missing_accessories
integer
0
Profil
Hapus semua aksesori yang tidak lagi tersedia dalam game dan gantilah dengan aksesoris cadangan jika memungkinkan.
g_retarder_auto
integer
0
Profil
Apakah penggunaan retarder otomatis diaktifkan?
integer
0
global
Format yang digunakan untuk menyimpan game save.
g_save_idx
integer
1
Profil
Indeks simpan profil saat ini. Digunakan untuk penamaan otomatis simpanan.
g_screenshot_on_bug
integer
0
global
Aktifkan / Nonaktifkan pembuatan tangkapan layar otomatis ketika bug dilaporkan bahkan jika kombinasi normal digunakan.
g_show_game_elements
integer
1
global
Apakah titik aktivasi diaktifkan?
g_start_in_truck
integer
0
Profil
Jika profil telah menetapkan truk, apakah sebaiknya kita lewati desktop dan memulainya?
g_steam_browser
integer
1
global
Haruskah game menggunakan peramban bawaan uap atau peramban default pengguna untuk membuka tautan eksternal?
g_steam_rich_presence
integer
1
global
Apakah kehadiran kaya uap diaktifkan?
g_steam_screenshots
integer
2
global
Cara di mana kita harus menangani tangkapan layar dalam versi uap.
g_steer_autocenter
integer
1
Profil
Apakah autocenter setir diaktifkan?
g_texture_usage_stats
integer
0
global
Cetak statistik penggunaan tekstur ke dalam konsol?
g_throttle_auto_shift
integer
0
Profil
Gearbox otomatis menggunakan throttle sebagai input untuk kebijakan perpindahan.
g_tooltip_delay
float
0,4
global
Keterlambatan yang ditentukan dalam detik menunjukkan kapan harus menampilkan tooltip sejak melayang item dengan tooltip.
g_toy_physics
integer
1
Profil
Apakah simulasi gerakan fisika mainan diaktifkan?
g_trackir
integer
1
global
Aktifkan / Nonaktifkan dukungan TrackIR.
g_traffic
float
1.0
global
Intensitas lalu lintas.
  • 0,0 - lalu lintas dinonaktifkan
  • 10.0 - intensitas lalu lintas maksimum
g_trailer_stability
float
0,5
Profil
Faktor stabilitas trailer.
integer
0
Profil
Jenis transmisi.
integer
1
global
Kualitas hasil lampu kepala.
g_truck_light_specular
integer
1
global
Mengaktifkan / menonaktifkan penggunaan specular selama perhitungan head light.
g_tutorial
integer
1
Profil
Apakah tutorial diaktifkan?
g_use_speed_limiter
integer
1
Profil
Apakah pembatas kecepatan diaktifkan?
g_veg_detail
integer
2
global
Pengaturan detail vegetasi. 0 - rendah, 1 - sedang, 2 - tinggi
g_vehicle_flare_lights
integer
1
global
Aktifkan / Nonaktifkan lampu yang terkait dengan suar kendaraan.
i_virtual_cursor_speed
float
500.0
global
Kecepatan pergerakan kursor saat menggunakan input seperti gamepad dalam piksel per detik.
Setel ke nol atau nilai negatif untuk menonaktifkan penggunaan gamepad dan joystick untuk pergerakan kursor.
p_profile_draws
integer
0
global
Panggilan profil menarik
r_anisotropy_factor
float
0,25
global
Faktor anistropi.
r_cloud_shadows
integer
1
global
Apakah cloud shadow diaktifkan?
integer
1
global
Keadaan koreksi warna.
r_color_cyan_red
float
0,0
global
Faktor sian-merah dari koreksi warna dalam kisaran -1 hingga 1.
r_color_magenta_green
float
0,0
global
Faktor magenta-hijau dari koreksi warna dalam kisaran -1 hingga 1.
r_color_saturation
float
1.0
global
Faktor saturasi warna 1.0 adalah netral.
r_color_yellow_blue
float
0,0
global
Faktor kuning-biru dari koreksi warna dalam kisaran -1 hingga 1.
r_deferred
integer
1
global
Apakah rendering yang ditangguhkan diaktifkan? Jika diatur ke 0, game menggunakan pipa render maju yang menonaktifkan bayangan, lampu, dan semua efek proses posting.
integer
0
global
Jika nilainya lebih besar dari 0 jalankan debug penunda yang ditangguhkan.
r_deferred_mirrors
integer
1
global
Gunakan pipa render yang ditangguhkan saat merender cermin?
r_device
string
dx9
global
Render perangkat (nilai yang benar: dx9, dx11, gl).
r_dof
integer
1
global
Apakah efek Depth Of Field diaktifkan?
r_dof_filter_size
float
0,5
global
Ukuran dari filter Depth Of Field.
r_dof_start
float
200.0
global
Mulai kisaran Depth Of Field
r_dof_transition
float
400.0
global
Panjang rentang antara blur Depth Of field minimal dan maksimal.
r_fake_shadows
integer
2
global
Keadaan bayangan palsu.
r_fullscreen
integer
1
global
Apakah layar penuh diaktifkan?
r_gamma
float
1.0
global
Faktor koreksi Gama (hanya berfungsi dalam mode layar penuh)
r_hdr
integer
1
global
Apakah HDR diaktifkan?
r_manual_stereo_buffer_scale
float
1.0
global
Faktor skala digunakan saat membuat buffer stereo.
r_manual_stereo_in_menu
integer
1
global
Apakah penggunaan stereo manual diaktifkan bahkan dalam menu?
r_manual_stereo_ui_dist
float
0.8
global
UI menggambar jarak pesawat saat menggunakan stereo.
r_manual_stereo_ui_dist_game
float
0,5
global
UI menggambar jarak pesawat saat menggunakan stereo.
r_manual_stereo_ui_fov
float
80
global
Bidang tampilan UI stereo manual saat menggunakan stereo.
r_manual_stereo_ui_fov_game
float
100
global
Bidang tampilan UI stereo manual saat menggunakan stereo.
r_minimal_unfinished_frames
integer
0
global
Simulasikan antrian yang lebih besar dalam melacak frame penyelesaian.
r_mirror_scale_x
float
1.0
global
Faktor penskalaan cermin render sumbu X.
r_mirror_scale_y
float
1.0
global
Faktor penskalaan cermin sumbu-Y.
r_mirror_view_distance
float
80.0
global
Lihat jarak cermin.
r_mlaa
integer
1
global
Apakah MLAA diaktifkan?
r_mlaa_threshold
float
1.0
global
Ambang batas digunakan untuk MLAA anti-aliasing
r_mode
string
Tidak ada nilai default
global
Resolusi saat ini dalam format: {screen_width} x {screen_height} x {color_depth} x {refresh_rate}
r_multimon_border_fov_left
float
0
global
Sudut tambahan ditambahkan untuk mengimbangi antara kamera untuk mewakili oblast yang disembunyikan oleh batas monitor.
r_multimon_border_fov_right
float
0
global
Sudut tambahan ditambahkan untuk mengimbangi antara kamera untuk mewakili oblast yang disembunyikan oleh batas monitor.
r_multimon_exterior_in_aux
integer
0
global
Haruskah kita membuat eksterior dalam tampilan tambahan.
r_multimon_fov_horizontal
float
50
global
Bidang pkalianng horizontal digunakan dengan konfigurasi multi monitor.
r_multimon_fov_vertical
float
0
global
Bidang pkalianng vertikal digunakan dengan konfigurasi multi monitor.
r_multimon_interior_in_main
integer
1
global
Haruskah kita membuat interior di dalam tampilan utama.
integer
0
global
Mengontrol mode multi-monitor.
r_multimon_rotation_aux
float
0
global
Gulungan monitor bantu.
r_multimon_rotation_center
float
0
global
Gulungan monitor tengah.
r_multimon_rotation_left
float
0
global
Gulung monitor kiri.
r_multimon_rotation_right
float
0
global
Gulung monitor yang tepat.
r_multimon_vert_offset_left
float
0
global
Penambahan vertikal tambahan dari monitor kiri.
r_multimon_vert_offset_right
float
0
global
Penambahan vertikal tambahan monitor kanan.
r_no_frame_tracking
integer
0
global
Nonaktifkan fitur pelacakan bingkai.
r_normal_maps
integer
1
global
Apakah pemetaan normal diaktifkan?
r_nowmi
integer
0
global
Nonaktifkan penggunaan WMI saat mendeteksi informasi memori kartu grafis.
integer
2
global
Bagaimana menangani mode stereo NV 3D vision.
r_path
string
Tidak ada nilai default
global
Render path.
r_scale_x
float
1.0
global
Faktor penskalaan render sumbu X.
r_scale_y
float
1.0
global
Faktor penskalaan render sumbu-Y.
r_segment_buffer_size
integer
128
global
Ukuran buffer segmen dalam MB
r_setup_done
integer
0
global
Apakah pengaturan pengaturan grafis stkalianr?
r_show_light_pixel_coverage
integer
0
global
Tampilkan bantuan lampu debugging?
kemajuan r_startup_
integer
0
global
Menunjukkan kemajuan permulaan game.
r_sun_shadow_quality
integer
4
global
Kualitas bayangan matahari.
r_sun_shadow_texture_size
integer
4096
global
Ukuran tekstur bayangan matahari. Angka lebih besar = visual yang lebih baik, fps lebih kecil
r_sunshafts
integer
1
global
Apakah sunshafts diaktifkan?
r_texture_detail
integer
0
global
Detail tekstur. Jumlah level mipmap terbesar untuk dilewati.
r_use_depth_bounds
integer
1
global
Haruskah game menggunakan batas kedalaman untuk mempercepat rendering lampu? (Hanya berfungsi pada perangkat keras yang didukung)
r_vsync
integer
1
global
Apakah sinkronisasi vertikal diaktifkan?
r_wireframe
integer
0
global
Mengaktifkan rendering bingkai gambar.
s_air_noise
float
1.0
Profil
Suara udara dengan kecepatan tinggi.
s_interior_volume
float
1.0
Profil
Penggkalian volume suara interior.
s_master_volume
float
1.0
Profil
Volume utama.
s_music_enabled
integer
1
Profil
Apakah musik diaktifkan?
s_music_volume
float
0.8
Profil
Volume musik.
s_radio_volume
float
1.0
Profil
Volume radio.
s_reverse_enabled
integer
1
Profil
Apakah suara terbalik diaktifkan?
s_reverse_stereo
int
0
Profil
Apakah stereo dibalik?
s_rumble_enabled
integer
1
Profil
Apakah suara gemuruh diaktifkan?
s_sfx_enabled
integer
1
Profil
Apakah sfx diaktifkan?
s_sfx_volume
float
1.0
Profil
Volume SFX.
s_wheel_noise
float
1.0
Profil
Suara roda dengan kecepatan tinggi.
sys_info
string
Tidak ada nilai default
global
Menyimpan informasi tentang sistem operasi Kalian
t_averaging_window_length
integer
20
global
Jumlah frame masa lalu yang digunakan untuk menghitung durasi frame saat ini.
vid_mem
string
Tidak ada nilai default
global
Menyimpan informasi tentang memori video kartu grafis yang saat ini digunakan.
vid_name
string
Tidak ada nilai default
global
Menyimpan informasi tentang kartu grafis yang saat ini digunakan.
vid_ver
string
Tidak ada nilai default
global
Menyimpan informasi tentang versi driver kartu grafis yang saat ini digunakan

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Pembuatan Model Aset Game ETS2 & ATS dengan SCS Blender Tools (Part 2) - Impor File

Salam! Masih berkesempatan menyambut tutorial baru dari blog Pejindo.

Di tutorial SCS Blender Tools (Part 1) sudah membahas cara download dan instal program untuk bersiap membuat model map atau aset game ETS2 & ATS. Sekarang kita siapkan model yang ingin dijadikan aset model game tersebut.

Ada tiga pilihan yang dihadapkan :

1) Membuat obyek sendiri di program blender. Dalam artian buat, rancang, bentuk model 3D secara manual dari awal sampai jadi… Skip ke tutorial Part Selanjutnya.

2) Import obyek model 3D di format lain, seperti obj, 3ds, dll. Oke bisa, caranya tinggal klik menu File -> Import -> (pilih_format) -> Pilih obyek atau model 3D nya -> Selesai. Baru bisa lanjut memasukkan data, setting, dan semacamnya agar bisa diconvert jadi model aset game ETS2 & ATS… Skip juga ke tutorial Part Selanjutnya.

3) Import model map / aset game ETS2 atau ATS langsung… Oke, itu perlu dibahas disini.


#2 Pembuatan Model Aset Game ETS2 & ATS dengan SCS Blender Tools - Cara Import SCS Model ke Blender

Untuk bisa import model map / aset game ETS2 ke dalam blender dan bisa diedit dengan fitur dari addon SCS Blender Tools, maka perlu di-convert terlebih dahulu kedalam format mid versi SCS (yang singkatan PIM, PIP, PIT, dll.). Untuk itu perlu memakai program tool bernama “Converter PIX”.

Nah, sekarang kita bisa memakai tool Converter PIX. Pastikan sudah download dan instal di PC/Laptop masing-masing. Cara pasangnya baca lagi di tutorial Part 1.

Kali ini saya gunakan Converter PIX rekomendasi yang dibuat oleh mwl4x, atau nama aslinya Michał Wójtowicz, yang didownload via Github. Hanya tool itu yang paling up-to-date menurut saya. Oke, saatnya memulai.

Tampilan hasil import model mover di Blender 2.79 (sumber : SCS Modding WIki)

Pertama-tama, bagaimana cara mengambil model map atau aset game ETS2 & ATS?

Benar juga. Masih ingat tutorial awal buat map (baik versi saya maupun dari sumber yang lain)? Ada yang menyebut bahwa “ekstrak file base.scs untuk mendapat semua data file model map atau aset game”.

Dan itu memang benar. Kita perlu extract file base.scs yang ada di folder instalan game ETS2/ATS masing-masing. (hayo… tahu lokasi folder-nya tidak? Jangan sampai saya jelasin lagi disini ya…)

Oh iya mas, sepertinya ada tool khusus yang bisa extract tanpa harus bongkar base—iya tahu. Nanti dijelaskan di belakangan.

Untuk bisa mengekstrak file :

1) Pindahkan / Move file base.scs ke folder baru sembarang (yang memang disediakan khusus buat model map). Misal saya namai foldernya “ets2_base”

2) Download dan extract tool khusus bernama “SCS ExtractorDISINI. Lalu taruh di folder pada letak dimana file base.scs tadi dipindahkan.

3) Drag (klik lalu tahan dan geser kursor mouse-nya) file base.scs ke arah file SCS Extractor tadi (sampai menempel). Dan tunggu prosesnya sampai selesai (biasanya memakan waktu sekitar 15-20 menit)

4) Selesai. Kalau masih kurang boleh juga lakukan hal sama dengan file lain. Seperti file game DLC (yang ada awalan ‘dlc’ seperti dlc_east, dlc_blke, dll.) dengan cara seperti diatas tadi.

Keterangan : Perhatikan penyimpanan partisi harddisk di PC/Laptop karena isi base game ETS2/ATS saja hampir 10 GB.

Tips agar menghemat penyimpanan harddisk setelah extract base :

a) Jika kalian adalah mapper (atau ingin belajar buat map saja), maka hapus folder “vehicle” dan semua isinya. Karena disitu sebagian besar isinya adalah segala macam file data model truk, trailer, dan acc-nya. Itu saja sudah memakan 60% dari total file base.scs

b) Jika kalian adalah modder truk, trailer, bis, traffic, dan semacamnya, maka hapus folder “model”, “model2”, “prefab”, “prefab2”, “road_template”, juga sejumlah isi dalam folder “material”. Setidaknya biar samaan dengan size folder vehicle yang tadi.


Oke sudah paham kan? Sekarang bisa memulai convert model dengan ConverterPIX.

>) Buka folder (sudah di-extract dari .zip) ConverterPIX yang sudah disiapkan. Lalu buka folder bin -> win x86 -> converter_pix.exe

Um, kalau di klik langsung memang tidak bisa dibuka. Ada caranya sendiri berikut ini.

Cara A : Simpel tetapi Ganas (loh kok ganas kenapa…?)

1) Tadi sudah extract file base.scs dengan SCS Extractor ‘kan? Folder baru isi hasil extract file base tadi di-drag (klik lalu tahan dan geser kursor mouse-nya) langsung ke file converter_pix.exe sampai menempel.

2) Sudah, otomatis program langsung jalan untuk extract—bukan, maksudnya di-convert—semua isi file base.scs yang diextract tadi. Lagi-lagi butuh waktu lama sampai setengah jam lebih.

3) Selesai, hasilnya muncul folder baru dengan imbuhan “_exp” dan isinya nanti sudah berubah dalam format file yang berbeda.

4) Mohon cek kapasitas penyimpanan partisi harddisk lagi ya… karena ini bagian ganasnya. Meskipun simpel, tapi ini langsung memakan banyak ruang/kapasitas sampai harddisk/memori penuh (kecuali kalau punya harddisk eksternal). File hasil convert ke format mid-SCS seperti PIM PIT, dll, jadi tambah besar. Jadi cara ini agak… kurang disarankan.

Cara B : Pakai CMD (Command Prompt)

Ini cara agak ribet-ribet sedikit, tapi lebih aman.

1) Pertama buka program CMD nya (iya seperti biasanya di Menu Windows Start, tidak perlu mode administrator)

2) Cari lokasi file converter_pix.exe tadi, lalu bisa drag (klik lalu tahan dan geser kursor mouse-nya) ke dalam program CMD tadi biar tidak capek-capek ngetik. Setelah itu tekan enter.

3) Keluar juga teks fitur dan kode parameter untuk mengconvert model pmd ke format mid-SCS. Sebelum pakai dan mencoba, simak dulu petunjuknya di bawah :

-h = menampilkan teks petunjuk pemakaian (help)

-m <model_path> = meng-convert file model dalam mode single and menempatkan path lokasi model (relatif terhadap folder base yang tersedia)

-t <tobj_path> = meng-convert file tobj dalam mode single and menempatkan path lokasi file tobj (relatif terhadap folder base yang tersedia)

-d <dds_path> = meng-convert file tobj dalam mode single dan mencetak info prosesnya (absolute path)

-b <base_path> = menempatkan path folder base

Sekarang kita praktekkan cara memakai untuk convert satu model…

4) Di program CMD tadi, ketik parameter berikut :

converter_pix -b C:\ets2_base -m /model/shape

Keterangan :

converter_pix : ini jelas file .exe yang di-drag tadi, jadi otomatis di program CMD akan muncul sendiri

-b C:\ets2_base : parameter lokasi folder hasil ekstrak file base.scs yang sizenya besar itu.

-m /model/shape : parameter untuk memilih/select model yang ingin di-convert. Misal saya ambil /model/shape.pmd (yang bangun ruang polos seperti kubus, tabung, kerucut, bola, dll.)

Kalau sudah hasimnya seperti di Cara A tadi, keluar folder baru dengan imbuhan “_exp”. Tapi isinya agak berkurang jadi hemat penyimpanan harddisk.

5) Masih ada lagi, coba dengan ketik parameter berikut ini di program CMD :

converter_pix C:\ets2_base

Kalau ini tanpa tambahan parameter –b atau –m dsb. Dengan begitu maka yang di-convert adalah semua folder base yang sudah diekstrak dengan SCS Extractor (lah… sama dong dengan Cara A tadi, haduh…)

6) Kalau mau convert teksturnya caranya bagaimana? Ketik parameter berikut di program CMD :

converter_pix-b C:\ets2_base -t /material/environment/vehicle_ reflection.tobj

Keterangan :

converter_pix : ini jelas file .exe yang di-drag tadi, jadi otomatis di program CMD akan muncul sendiri

-b C:\ets2_base : parameter lokasi folder hasil ekstrak file base.scs yang sizenya besar itu.

-t /material/environment/vehicle_reflection.tobj : parameter untuk memilih/select tekstur objek yang ingin di-convert. Misal saya ambil dari folder /material/enviroment/vehicle_reflection.tobj. Nantinya file DDS yang terkait sama TOBJ itu juga akan di-convert sekalian.

Kalau sudah hasilnya keluar folder baru dengan imbuhan “_exp”. Tapi isinya agak berkurang jadi hemat penyimpanan harddisk.

7) Terus lagi, caranya convert file animasi/anim (.pma) bagaimana? Ketik parameter berikut di program CMD :

converter_pix -b C:\ets2_base -m /model/mover/characters/models/generic/m_afam_01 /model/mover/characters/animations/man/walk/walk_01

Keterangan :

converter_pix : ini jelas file .exe yang di-drag tadi, jadi otomatis di program CMD akan muncul sendiri

-b C:\ets2_base : parameter lokasi folder hasil ekstrak file base.scs yang sizenya besar itu.

-m /model/mover/characters/models/generic/m_afam_01 : parameter untuk memilih/select model atau mover yang ingin di-convert. Misal saya ambil model orang-orangan yang terletak di path folder /model/mover/ characters/models/generic/m_afam_01.pmd

/model/mover/characters/animations/man/walk/walk_01 : path tambahan (tidak ada embel-embel –m seperti sebelahnya) untuk memilih/select file format animasi (.pma) dari satu model/mover yang diselect sebelumnya.

Kalau sudah hasilnya keluar folder baru dengan imbuhan “_exp”. Tapi isinya agak berkurang jadi hemat penyimpanan harddisk. Selain itu, animasinya juga bisa dimasukkan di blender setelah convert tadi.

Cara C : Memilah-milah file base model

Sebenarnya ini bisa dibilang ribet juga, tapi agak lebih enak karena hanya main drag-drag folder. Mirip dengan Cara A diatas tapi bedanya cuma memilih dulu file-folder yang ingin diconvert.

1) Sebelum memilih model yang di-convert, buka map editor lalu tampilkan “Content Browser” untuk melihat apa saja isi dari sebuah model yang ingin diconvert. Misal model prefab yang satu ini.

Perhatikan path lokasi tiap komponen file mulai automat (.mat), tekstur .dds atau .tobj, juga model .pmd, .pmg, dan sebagainya.

2) Selanjutnya buat folder base baru sebelum convert. Misal namanya “base_jalan”

3) Masukkan semua file yang ditunjukkan di content browser tadi. Biasanya komponen untuk satu model terdiri dari file .mat, .tobj, .dds, .pmd, .pmg, juga .pmc (kalau ada). Ada juga file tambahan untuk tipe model tertentu. Misal kalau item prefab ada tambahan file .ppd, item mover/anim ada file .pma, dan lain-lain.

Kalau tadi ingin convert sebuah model prefab, maka di folder base yang baru harus ada file mat, .tobj, .dds, .pmd, .pmg, .pmc & .ppd sesuai data di content browser.

4) Jika dirasa sudah lengkap (ini harus diperiksa dengan teliti, itu sebabnya cara ini dibilang agak ribet) foldernya langsung di-drag (klik lalu tahan dan geser kursor mouse-nya) langsung ke file converter_pix.exe sampai menempel.

5) Sudah, otomatis program langsung jalan untuk extract—bukan, maksudnya di-convert—semua isi folder base baru tadi. Hasilnya akan muncul folder baru dengan imbuhan “_exp” seperti biasa dan isinya nanti sudah berubah dalam format file yang berbeda.

Tips khusus kalau ingin convert model lebih dari satu (tidak harus mengikuti data Content Browser) – cara favorit saya xD

a) Misal ingin convert satu folder penuh, “/model2/bridge/”

b) Copas (copy-paste) folder yang diambil itu di folder base baru sama seperti cara sebelumnya (boleh pakai nama lain)

c) Copas satu folder “automat” dari hasil ekstrak base.scs di langkah awal (jangan khawatir, size-nya kecil tidak sampai 10 MB)

d) Copas sejumlah folder di dalam folder “material” (itu berarti buat folder material dulu di base baru tadi) Biasanya yang paling utama folder “tiled”, “special”. Tapi kalau dirasa ribet amat, copas saja semua isi folder material itu tapi buang folder “road” dan “terrain” (kecuali kalau mau convert prefab).

e) Kalau isi sudah meyakinkan (lagi-lagi harus diperiksa dengan teliti, itu sebabnya cara ini dibilang agak ribet) langsung saja folder base baru tadi di-drag (klik lalu tahan dan geser kursor mouse-nya) langsung ke file converter_pix.exe sampai menempel.

f) Sudah. Hasilnya akan muncul folder baru dengan imbuhan “_exp” seperti biasa.


Apabila masih kurang paham bisa simak video cara pakainya di bawah ini


Cara D : Pakai Converter PIX Wrapper

Oh masih ada lagi, ya? Tapi kali ini pakai tool berbeda. Namanya Converter PIX Wrapper. Dengan begitu kalian tidak harus buat folder base baru, memikirkan penempatan folder dan file yang dibutuhkan untuk convert model seperti di cara B dan C. Namun tidak semua tipe model bisa convert dengan Wrapper tersebut (terutama model map, karena sejatinya itu dikhususkan untuk model truk/bis dan acc-nya…paling xD)

Dan karena saya sendiri juga nggak bisa pakai tool Converter PIX Wrapper jadi saya kasih tutorial video yang ini saja.


Oke, itu tadi semuanya adalah cara convert model kedalam file format menengah versi SCS (PIX). Sekarang tinggal bagaimana memasukkan model itu ke Blender.

1)  Buka blender masing-masing (saya sendiri pakai blender 2.79 kebawah), pastikan sudah terinstal addon SCS Blender Tools dan Conversion Tools (dari tutorial Part 1)

2) Klik menu File -> Import -> SCS Format (.pim)

3) [PENTING] Sebelum pilih model, tentukan/set terlebih dulu SCS Project Base Path biar filenya yang dipilih nanti akan kebaca semua (tidak ada tekstur hilang dll.) Yang dipilih adalah folder hasil convert PIX barusan diatas yang ada akhiran “_exp”

4) Sudah, tinggal cari file .pim yang ingin dibuka atau di-import.

5) Yey, akhirnya muncul juga kan. Kalau tidak ada tanda log/tulisan Warning atau Error maka proses convert tadi sudah dilakukan dengan sempurna.


Setelah itu kalian bisa utak-atik model yang ingin dibuat, mau ganti tekstur, ganti warna, ganti bentuk dan lain-lain. Terus semua itu bisa di-export balik jadi format .pmd, .pmg, dll. Tapi tutorial tersebut dilanjut di bagian berikutnya saja.

Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin saja tidak ada satupun posting/artikel serupa di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya, Wassalam!


Lihat Tutorial Sebelumnya :

## --- ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## --- ##

 

Pembuatan Model Aset Game ETS2 & ATS dengan SCS Blender Tools (Part 1) - Download dan Instal

Salam! Akhirnya bisa menyambut tutorial baru dari Blog Pejindo.

Kalau biasanya blog ini banyak menyajikan tutor bikin map, bagaimana kalau coba menyajikan tutorial bikin model? Sebenarnya sudah banyak tutor serupa dari sumber-sumber lain. Jadi di blog sini bisa menjadi pelengkap + koreksi dari tutor yang sudah dibuat oleh yang lain.

#1 Pembuatan Model Aset Game ETS2 dan ATS dengan SCS Blender Tools - Download dan Instal

Pasti banyak yang sudah tahu bahwa program aplikasi yang paling cocok untuk buat model game ETS2 maupun ATS ialah Blender. Eh, tapi ini bukan blender yang biasa dipakai membuat jus buah atau pop ice.

Blender yang dimaksud disini adalah program aplikasi untuk membuat berbagai kreasi model 3D (tiga dimensi). Sebenarnya program itu sudah multi-fungsi juga, bisa buat model 3D, animasi, video-editing, sampai bikin program (tapi hanya support Python kalau enggak salah).

Program itu termasuk open source dan bisa diunduh secara gratis tanpa harus cr*ck seperti game yang… oke baiknya lanjut.

Informasi lebih detail tentang program aplikasi itu, kunjungi saja tautan ini : https://www.blender.org/

Seperti yang mungkin juga banyak orang diketahui, SCS sebagai pembuat game ETS2 dan ATS sempat memakai program Blender diatas untuk membuat berbagai model, baik model truk, model map, dan sebagainya, walaupun sekarang mereka sudah beralih memakai software berbayar (Maya). Untuk para modder seperti kita sebenarnya juga sudah diberi fasilitas dengan program add-on khusus yang dijalankan dengan Blender. Namanya SCS Blender Tools, yang kini menjadi satu-satunya akses tool untuk mengedit/modifikasi berbagai model atau aset game dari base game mereka (sayangnya itu program tool sudah seperti ditinggalkan sejak beberapa tahun terakhir).

Jadi bagi kalian para modder yang sebelumnya masih pakai Blender2SCS, ayo segera beralih dan ganti dengan SCS Blender Tool. Bisa ya? Dan itu sebabnya saya buat tutorial ini agar kalian mau beralih dengan program baru itu. Oke lanjut.

Sekarang kita lihat dulu apa fitur yang bisa dipakai dengan SCS Blender Tools.

  • Impor–Ekspor file dengan tipe format menengah SCS (pim, pit, pic, …., akan dijelaskan di bawah)
  • Fitur Multi-object
  • Fitur Part/Varian pada suatu Object atau Model
  • Meneydiakan locator khusus (Model, Prefab, Anim, dll.)
  • Tekstur dan Material versi SCS (menggunakan setting menu preset/material shader)
  • Berbagai tool penunjang yang lebih praktis
blender111

Oke, sekarang waktunya menginstal!

Blender 3D Editor

Versi terbaru bisa didapat berikut ini (pastikan sesuai spek PC yang direkomendasikan) DOWNLOAD

Kalau menurut informasi dari SCS Modding Wiki, versi Blender yang (sepertinya) disarankan pakai yang v3.3, v3.4, v3.5, dan v3.6. Berikut daftarnya, tapi harus pilih salah satu versi ya.

Pasti pada bingung ya kenapa tampilan web nya kayak polos dan seolah mencurigakan. Namanya juga kumpulan versi lama (backup), jadi si pemilik/pengembang program lebih mementingkan versi terbaru dari programnya ketimbang mempertahankan versi lama. Jadi buat apa mikirin versi lama itu, iya 'kan?

Yang teliti lihat tautan/link yang diunduh. Kalau OS yang dipakai pada PC/Laptop adalah Windows, maka cari link yang ada tulisan "windows". Begitu juga kalau pakai OS Linux maupun MacOS.

Atau malah enggak mau pasang versi yang penulis sebut diatas? Cari saja sendiri lewat sini ya

SCS Blender Tools

Untuk menginstal program tool ini harus sesuai dengan versi program Blender yang tadi sudah diinstal. Jadi jangan sampai salah pilih. Daftar paling lengkap ada di situs SCS Modding Wiki

Oh iya, barangkali ada yang kepikiran, kalau tidak pasang versi software Blender yang direkomendasikan di atas (misal pakai versi v4.4) apakah masih jalan dengan versi SCS Blender Tool yang terakhir kali di-update (v3.2.0)? Kemungkinan bisa-bisa saja selagi para modder juga tidak melaporkan keluhan serius atau masalah semacamnya. Tapi... mengingat versi game sekarang sudah banyak memakai format shader preset baru dan (yang jelas) tidak disediakan fiturnya di SCS Blender Tool yang resmi, gimana kalau coba yang versi modifikasi dari salah satu modder luar negeri yang memodifikasi program SCS Blender Tool (unofficial)?

Kalau penasaran, unduh di topik forum berikut:

SCS Conversion Tools

Kalau yang satu ini juga wajib dipasang, karena ini nanti berguna untuk meng-convert model yang sudah dibuat/diedit/dimodifikasi di program Blender SD tadi untuk diubah jadi file mod (pmd, pmg, pmc, dan sebagainya).

Silakan instal beberapa atau semua saja boleh. Pun bisa dipakai buat Blender berbagai versi dan SCS Blender Tools semua versi pula. Jadi jangan bingung kalau versi conversion tool ini harus pakai buat SCS Blender Tool versi berapa dan sebagainya.

Download Conversion Tools DI SINI

Converter PIX

Yang satu ini bukan program resmi bikinan SCS sih, melaikan dari salah satu modder. Dengan program ini jadi lebih enak memodifikasi base model dari orian game itu sendiri. Sebagai kreator model/aset map, ini WAJIB pasang.

Sebelum menjelaskan lebih jauh. Penulis kasih pengantar apa saja korelasi antara file format 'menegah' dengan file model versi SCS untuk bisa dibuka di software Blender dengan SCS Blender Tools.

  • PIM (Prism intermediate model) = PMG (Prism model geometry) : Anggap itu data poly-modelnya
  • PIT (Prism intermediate trait) = PMD (Prism model descriptor) : Anggap itu data definisi modelnya seperti look dan variant + PMC (Prism model collision : data collision model). Catatan: Bentuk collision yang dimaksud berupa objek model langsung
  • PIC (Prism intermediate collision) = PMC (Prism model collision) : Data collision model. Catatan: Diperuntukkan collision khusus yang terpisah dari objek mesh pada umumnya, serta bentuknya kubus merah di Blender
  • PIP (Prism intermediate prefab) = PPD (Prism prefab descriptor) : Data definisi prefab seperti jalur gps, titik node, dll.
  • PIA (Prism intermediate animation) = PMA (Prism model animation) : Data animasi suatu model)/li>

Sudah ada penjelasan lebih lengkap DI SINI

Sejauh ini ada dua program Converter PIX yang punya fungsi kurang lebih sama: ConverterPIX dan ConverterPIXWrapper. Tapi penulis sendiri merekomendasikan pakai yang pertama, karena hanya itu tool yang paling sering update untuk bisa berfungsi buat versi ETS2 dan ATS terbaru. Jadi untuk tutorial yang penulis jelaskan disini, memakai ConverterPIX yang pertama (bukan yang 'wrapper'). Bisa ya?

Lanngsung unduh via Github (tidak perlu bikin akun baru, browsing di web langsung juga bisa).

Klik Link Berikut : https://github.com/mwl4/ConverterPIX

  1. Buka langsung lewat PC/Laptop (kalau di ponsel/smartphone lebih sulit). Buka browser pilihan masing-masing, lalu klik link Github diatas.
  2. Kemudian pilih tombol menu “Code” yang kotak warna hijau, lalu langsung pilih “Download ZIP”). Amati gambar di bawah.
  3. Sudah, otomatis file langsung diunduh/download sampai selesai.
blender112

Sudah siap dengan file yang diunduh bukan? Oke saatnya menginstal.

Instal Software Blender-nya dulu. Pastikan sesuai spek PC/Laptop dan juga versi yang didownload sudah benar. Banyak tutorial-nya jadi saya ambil video ini saja untuk kalian simak. (penulis pilih yang Blender v3.3)

Lanjut dengan menginstal SCS Blender Tools + Conversion Tools. Simak baik-baik caranya:

  1. Pastikan dua program tool diatas sudah diunduh (semua berupa file ZIP)
  2. Langsung buka software Blender yang tadi kalian instal. Lanjut arahkan mouse ke pojok kiri atas, klik tab menu "Edit", lalu pilih "Preference".
  3. Muncul dialog menu baru, langsung lihat baris sisi kiri, pilih tulisan "Add-ons".
  4. Langsung arahkan ke pojok kanan atas dan pilih tombol "Install". Jika sudah, cari file "scs_blender_tools_addon.zip" yang tadi kalian unduh.
  5. Tunggu beberapa saat sampai add-on tersebut muncul dalam daftar, seperti gambar di bawah ini. Pastikan sudah harus dicentang.
  6. Tutup dialog preference tadi. Sekarang cek apakah SCS Blender Tools terpasang atau tidak. Caranya pilih tab menu "File" > "Import". Pastikan opsi format file baru muncul seperti gambar berikut.
  7. Kalau ternyata masih tidak muncul. Coba tekan tombol F8 keyboard agar semua daftar add-ons di-reload.
  8. Jika sudah, cek bagian option "Editor Type" yang biasanya di sisi kanan bawah untuk melihat setiap fitur atau setting yang disediakan.

Pastikan tampilan menu di halaman utama workspace di Blender berubah. Kalian juga bisa atur-atur penempatan menu disana sesuai kebiasaan kalian. Terakhir bisa pilih menu File > Defaults > Save Startup file. Contoh lebih detailnya bisa tiru video berikut (walaupun versi Blender yang dipakai jadul sekali)

Berikutnya yang Conversion Tools. Dari file yang sudah diunduh kedalam format zip. Ekstrak di folder yang sesuai keinginan. Misal yang dipakai “conversion_tool_2_13” Maka waktu extract nanti taruh di folder baru sembarang tempat, bernama conversion_tool_2_13 (atau nama sembarang asalkan path lokasi foldernya jelas dan mudah diingat)

Kembali buka software Blendder, sekarang arahkan mouse ke sisi kanan bawah, lalu pilih menu icon “Scene”. Terlihat bagian menu “SCS Tools” (ada logo cantik di sebelah) arahkan ke isian bertuliskan “Conversion Tools Path” dan browse/masukkan path folder instalan yang tadi.

Selesai, sekarang sudah siap membuat/mengedit model!

Tugas terakhir ialah menginstal ConverterPIX

Pastikan hasil unduhan (dari Github) tadi langsung berupa ZIP. Lalu extract kedalam folder baru dengan nama “Converter PIX” (atau nama sembarang asalkan path lokasi foldernya jelas dan mudah diingat)

Untuk membuka/mengaktifkan tool tersebut:

  1. Dari folder tempat ConverterPIX diinstal, buka folder "bin" > "win_64" (atau nama folder sesuai OS yang dipasang pada PC/Laptop masing-masing).
  2. Jangan klik file EXE disana. Pertama, buka dulu Command Prompt (CMD) mode biasa saja (jangan yang Administrator mode). Kedua, file EXE itu tadi diseret masuk ke dalam CMD nya itu, sampai muncul baris path file yang dimasukkan. Baru tekan tombol Enter (di keyboard)

Sudah selesai. Begitu saja caranya. Lah kok...

Sabar. Memang masih belum selesai sih. Tapi nanti akan dilanjut di bagian berikutnya saja. Jadi sampai sini dulu.

Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin saja tidak ada satupun posting/artikel serupa di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya. Wassalam!

[Post] Pejindo Project : 6 Years Pioneering, 6 Years Survival

INFO: This post is made specifically as a recap—a historical record of the author's lifelong journey in modding and mapping activities. The name "Pj Indo" was officially changed to "Pejindo Project" in 2021.

INFO: Postingan ini dibuat khusus sebagai rekapan - jejak sejarah perjalanan aktivitas modding dan mapping seumur hidup penulis. Nama "Pj Indo" diputuskan untuk diganti menjadi "Pejindo Project" sejak 2021.

Updated: December 2022

English Version

Greetings! Septian_MR here!

First, I want to recap what has happened in the last few years:

  1. Pejindo Project - Journey from 1 to 2 Years
  2. Pejindo Project - 3 Years of Creativity
  3. Pejindo Project - Entering Year 4
  4. Pejindo Project - An Unexpected First Half-Decade (5 Years)

After all that's happened, a bright new opportunity emerged that allowed me to keep going for 6 years in the world of ETS2 modding and mapping.

New Map Add-on - JRR (Java Road Revolution)

Honestly, I never imagined this idea. Initially, I wanted to continue the abandoned Pj Indo Map project. But a modder, who might be considered a pioneer of the "Global Background Map" mod, named BenganJ (unfortunately, he has passed away), suggested (more like an idea) that I create an add-on map of Indonesia with a specific location, exactly on the actual globe using his background map projection.

I was hesitant at first because... could an Indonesian map be placed in a specific location hundreds of thousands of kilometers from the original base map (Europe)? I feared that this location would mess up game features like weather, the day-night cycle, and time acceleration. But nothing is impossible, right? Finally, I agreed and started working on a genuine Indonesian map, especially since I had already created a large collection of new map assets and models.

That big day came, marked by the birth of a new add-on map called Java Road Revolution Map on January 15, 2021, abbreviated as JRR.

The name idea came from a Facebook user's comment (I forgot the name) who suggested calling it JORR Map, because the first version of this map only covered the JORR (Jakarta Outer Ring Road) toll road area. However, I took it further and coined the name JRR.

Why "revolution"? Because, indirectly, this map became a pioneer in various aspects for the entire Indonesian modding community, including:

  • Not the first add-on map, as predecessors existed, but it became the first "special" add-on map created at a specific position according to the actual globe projection (other add-on maps were positioned haphazardly, near the UK).
  • Not the first map with the concept of Indonesian toll roads, as predecessors existed (though imperfect), but it became the map with a complete and complex toll payment system like real Indonesian toll roads.
  • The first map with the most complex road connections and interchanges compared to many other Indonesian maps.
  • The first map that is 100% using dynamic map templates & models.
  • The most complex and best Jabodetabek map.
  • The map with the most complex level of difficulty (in terms of technical creation) and the implementation of the most advanced features compared to others.
  • It became a "benchmark" mod map for all other Indonesian mod maps.

Even though it hasn't been a year yet, as of August 16, 2021, it has already released two follow-up updates. It's still fresh and has caught the attention of many. This map is still ongoing with many more "surprise" content.

The Fate of Pj Indo Map Now

I will never forget that I, the author of this post, first pioneered the mod map project named Pj Indo Map, which was first released on August 16, 2015. Speaking of flashbacks, I first got to know ETS2 at the end of 2014. And I started creating mod maps (and learning to use the map editor) in mid-May 2015 (after the release of the Scandinavia DLC at that time).

This map might not represent Indonesia in the real world (because it's a fictional map). But some "Indonesian flavor" elements are already noticeable, although it still has many shortcomings. To this day, I am grateful for the positive feedback from many ETS2 players for this map.

So, what is the latest news about this map? The last release of this map was version 2.71 on April 16, 2021. Fortunately, this map can still be used until ETS2 version 1.40.

Is this map still continuing…?

Even if I am reluctant to close this map project, although the map has been abandoned multiple times (one, because of focusing on the JRR map, and two, because of the old map model assets in the PJ Indo map), I am in a dilemma about whether to continue or not. Let's hope there are no more obstacles until whenever that time may come.

According to my personal statistics, the progress of this map only reached 20% of the initial target, which was to rebuild all regions in the southern island or right-hand traffic areas, plus a new left-hand traffic island with more extreme roads. If I had spent more time working on this map, the process should have reached 90% and targeted for release in ETS2 version 1.37 (estimated around March-April next year).

However, this Pj Indo Map has already garnered many valuable stories. From the first release four and a half years ago (ETS2 version 1.19), which was still rough and strange, to the year 2020, this IMAGINARY MAP is still standing strong. This map CANNOT BE COMPARED to any other Indonesian map, as it is so ODD and DISCONNECTED.

That's why, eventually, Pj Indo Map v2.7 will continue the valuable story that has been ongoing for years. This mod map will continue to endure, following the progress of the game that supports it. As the creator of Pj Indo Map, I continue to strive to maintain the main characteristics of this map compared to any other map, "An imaginative Indonesian-flavored add-on map, free, without DLC, and open to all WITHOUT PASSWORD."

I remind you that there is no need to report minor bugs like vegetation or road connections between the original map and this one (because most of this map consists of the original Pj Indo Map). However, I am very open to suggestions regarding serious and fatal bugs, especially since this map must adapt to the game updates that come with each patch.

I hope this map will continue to survive forever, and I deeply appreciate the efforts of many who have contributed to the making of Pj Indo Map until now.

Personal Reflections

Honestly, I'm incredibly grateful to have stumbled upon this unexpected hobby. It has been a great way to fill my free time, overcome boredom, and channel my energy into something productive—creating these mod maps. As I mentioned in some previous posts summarizing my achievements over the years, I first became interested in modding maps back when I started high school in 2015, right after the release of the Scandinavia DLC. A few months later, I released my first map, named Pj Indo.

The following year, I honed my mapping skills in a European mapper group (I'm not naming names since I'm no longer a part of it). I actually achieved a few milestones during that time, though many people might not realize or know about them. For four years, I mainly relied on foreign communities (there were a few people from Indonesia, but very few knew me :v). I went through a tough period, especially during my college years (which only added to the stress :v). But thanks to my perseverance, I managed to release the JRR map, connect with more members of the Indonesian modding community, and slowly become a respected figure… well, not really. I still have plenty of areas to improve on, as you all know.

Even now, I keep all the feedback, suggestions, and sweet praises from all of you—whether you only know the name or have played the maps many times. The mods I've created have been used by people from all over the world, including Latin America, Europe, India, and even Russia.

Important Dates

Speaking of "important" days, here are the ones I always remember related to my modding projects:

August 16

The first release of the Pj Indo map, marking the beginning of my journey in modding and mapping with my very first creation.

March 27

The day the name “Pejindo” was coined, and the initial launch of this blog (which contains tutorials for the map editor and information about the development of my mod maps for ETS2).

Where did the name "Pejindo" come from? It’s derived from my first map "Pj Indo," by combining the pronunciation Pe-je In-do = Pe + (je - in) + do = Pe-jin-do

It's been three years since 2017, but I sometimes miss this anniversary (twice, including last year) due to various reasons. Once because the blog was undergoing a revision, and another time because I was busy with the release of JRR v0.2 at that time.

August 1

The first launch of the “Blog Pejindo” Facebook Page around 2019 (I also didn’t commemorate this due to relaxing after the release of JRR v0.3).

January 15

The first release of the JRR map aka Java Road Revolution (a realistic Indonesia-themed map add-on). This milestone is still less than a year old, fresh from early 2021. It has already been updated twice.

That’s it for my candid thoughts today. I hope the coming year will be better than this one. Thank you and greetings!

- Septian_MR

Versi Bahasa Indonesia

Salam! Septian_MR di sini!

Sebelumnya, saya ingin merekap apa saja yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir:

  1. Pejindo Project - Perjalanan dari 1 Tahun Hingga ke 2 Tahun
  2. Pejindo Project - 3 Tahun Berkarya
  3. Pejindo Project - Masuk 4 Tahun
  4. Pejindo Project - Separuh Dekade Pertama (5 Tahun) yang Tak Terduga

Setelah semua yang terjadi, terbitlah cerahnya kesempatan baru yang bisa saya lakukan demi bertahan selama 6 tahun di dunia modding dan mapping ETS2.

Map Add-on Baru - JRR (Java Road Revolution)

Serius, saya tidak pernah membayangkan ide yang satu ini. Awalnya saya ingin melanjutkan project Pj Indo Map yang terbengkalai. Namun ada seorang modder, yang mungkin menjadi pelopor dari mod "Background Map Global" bernama BenganJ (sayangnya beliau sudah tiada), memberi saran (lebih ke ide) untuk meminta saya membuat map Indonesia versi addon namun dengan lokasi yang spesifik, persis di lokasi sebenarnya di bola dunia menggunakan proyeksi background map buatan beliau.

Sempat ragu di awal karena... apakah bisa map Indonesia jika ditempatkan di lokasi spesifik yang jaraknya ratusan ribu kilometer dari base map original (Eropa)? Takutnya, di posisi tersebut sudah membuat kacau sejumlah fitur game seperti cuaca, pergeseran siang-malam, dan percepatan laju waktu. Namun tak ada yang tidak mungkin, kan? Akhirnya saya sepakat dan mulai mencoba membuat map Indonesia yang sesungguhnya, terlebih lagi dengan kumpulan aset dan model map baru yang sudah saya buat banyak sekali.

Hari besar itu tiba, tanggal 15 Januari 2021 ditandai sebagai hari lahir map addon baru bernama Java Road Revolution Map (terjemahan: Map Revolusi Jalanan di Jawa), disingkat jadi JRR.

Ide nama diambil dari salah satu komentar user Facebook (lupa nama orangnya) yang sempat memberi saran dengan nama JORR Map, karena versi pertama dari map ini hanya ada kawasan tol lingkar JORR (Jakarta Outer Ring Road). Namun ide liar dari saya sendiri men-cocoklogi-kan dengan singkatan itu dan ditemukanlah nama JRR tersebut.

Mengapa disebut "revolusi"? Karena secara tidak langsung map ini menjadi pelopor dari berbagai aspek bagi seluruh komunitas modding Indonesia, meliputi:

  • Bukan map addon pertama karena map pendahulu sudah ada, namun menjadi map addon "khusus" pertama yang dibuat pada posisi spesifik sesuai proyeksi bola dunia sesungguhnya (map addon lain posisinya agak kacau, di sebelah Inggris/UK).
  • Bukan map pertama yang memiliki konsep tol Indonesia karena map pendahulu juga sudah ada (meski tidak sempurna), namun menjadi map yang memiliki sistem bayar tol lengkap dan kompleks seperti di tol Indonesia sesungguhnya.
  • Map pertama yang memiliki koneksi jalan dan simpang susun (interchange) terkompleks dan terumit dibandingkan dengan banyak map Indonesia lainnya.
  • Map pertama yang 100% memakai aset map template & model dinamis.
  • Map Jabodetabek paling kompleks dan terbaik.
  • Map dengan tingkat kerumitan paling kompleks (dari segi teknik pembuatan) dengan implementasi fitur paling canggih dibandingkan yang lain.
  • Menjadi mod map "percontohan" untuk semua mod map Indonesia lainnya.

Meski belum genap setahun hingga tanggal 16 Agustus 2021 ini sudah rilis update lanjutan 2 kali. Masih fresh dan sempat menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Map ini masih berlanjut dengan banyak konten "kaget" lainnya.

Nasib Pj Indo Map Kini

Tak pernah lupa, saya sebagai penulis postingan ini merintis project mod map pertama kali bernama Pj Indo Map, rilis pertama sejak 16 Agustus 2015. Bicara soal flashback, pertama kali kenal ETS2 justru di akhir tahun 2014. Dan awal bikin mod map (sekaligus belajar pakai map editor) dimulai sejak pertengahan Mei 2015 (setelah rilis DLC Scandinavia waktu itu).

Mungkin map ini tidak merepresentasikan Indonesia di dunia nyata (karena memang map fiksi). Tetapi sebagian “bumbu” rasa Indonesia yang masuk dalam map ini sudah cukup terlihat, meskipun masih banyak kekurangannya. Sampai sekarang saya bersyukur masih ada respon positif oleh banyak kalangan/pemain ETS2 untuk map satu ini.

Dan sekarang, bagaimana kabar terbaru dengan map ini? Terakhir kali rilis map ini di versi 2.71 pada 16 April 2021 lalu. Namun untungnya map tersebut bisa dipakai sampai ETS2 1.40.

Apakah map ini masih berlanjut…?

Kalaupun saya enggan menutup project map ini, meskipun map tersebut sudah berkali-kali ditinggalkan (satu karena fokus dengan map JRR, dua karena keberadaan aset model map yang lama di map PJ Indo), sampai saya dilema mau lanjut atau tidak. Doakan saja semoga tidak ada kendala lagi sampai entah kapan waktunya.

Menurut statistik pribadi saya, progress map tersebut hanya mencapai 20% dari target awal, yakni membangun ulang semua wilayah di pulau selatan atau wilayah trafik kanan, ditambah satu pulau baru ber-traffic kiri dengan jalanan lebih ekstrem. Seandainya saya lebih banyak menyempatkan waktu mengerjakan map ini, maka seharusnya prosesnya sudah tembus 90% dan ditargetkan rilis pada ETS2 versi 1.37 (perkiraan sekitar Maret-April mendatang).

Bagaimanapun, Pj Indo Map ini sudah mendapat banyak kisah berharga. Dari awal rilis empat setengah tahun lalu (versi ETS2 1.19) yang masih jelek dan aneh, sampai tahun 2020 pun MAP KHAYALAN ini masih terus bertahan. Map ini pun TIDAK BISA DISAMAKAN dengan map Indonesia manapun, saking ANEH dan NGGAK NYAMBUNG-nya map ini.

Sebab itulah, kelak Pj Indo Map v2.7 akan melanjutkan kisah berharga yang sudah berjalan bertahun-tahun. Mod map ini pun akan terus bertahan mengikuti kemajuan game yang menompangnya. Saya sebagai mapper pembuat Pj Indo Map terus berusaha mempertahankan ciri khas utama map ini dibanding map mana pun, “Mod map add-on imajinasi rasa Indonesia, versi gratis, tanpa DLC, dan terbuka untuk semua TANPA PASSWORD.”

Saya ingatkan bahwa tidak perlu melaporkan bugs minor seperti vegetasi, road connection antara map original dan map ini (karena sebagian besar map ini terdiri dari Pj Indo Map original). Namun, saya sangat terbuka dengan saran masukan terhadap bug yang serius dan fatal, terlebih lagi map ini harus menyesuaikan dengan update game yang selalu muncul dalam setiap patch-nya.

Saya doakan agar map ini tetap bertahan selama-lamanya, dan saya sangat menghargai usaha banyak pihak yang ikut andil dalam pembuatan Pj Indo Map ini hingga saat ini.

Curahan Hati Pribadi

Jujur, saya bersyukur sekali punya hobi tak terduga ini, demi mengisi waktu kosong, gabut, kebosanan dan sebagainya dengan cara membuat mod map ini. Seperti yang sudah saya tuliskan pada beberapa postingan daftar rekap pencapaian tahun-tahun sebelumnya pada poin di paling atas, dari saya awal masuk SMA, tepatnya pada 2015, atau setelah DLC Scandinavia rilis, saya tertarik belajar bikin mod map. Beberapa bulan berikutnya, rilis map pertama bernama Pj Indo.

Tahun berikutnya saya kembangkan skill mapping di grup mapper Eropa (maaf tidak saya sebut nama karena saya sudah jadi mantan) dan sebenarnya bisa membuahkan sedikit prestasi, cuma banyak orang-orang tidak sadar atau tidak tahu saja. Sampai 4 tahun berjalan dan cuma mengandalkan komunitas luar negri (ada yang dari Indonesia tapi masih sedikit sekali yang kenal :v) sempat menghadapi masa kritis sampai mental saya sangat terpuruk (apalagi di saat sibuk kuliah :v). Dan hasil kesabaran saya waktu itu ialah… rilis map JRR itu, kenal lebih banyak dengan komunitas modder/mapper Indonesia, dan pelan-pelan jadi sepuh.... Ah, enggak. Saya masih punya banyak kurang-nya kok… yah kalian semua tahu kan.

Dan sekarang pun saya masih menyimpan semua kritikan, saran, dan pujian manis dari kalian semua, baik orang-orang yang hanya tahu namanya saja maupun yang sudah memainkan nya berkali-kali. Padahal semua karya mod map yang saya bikin juga sudah dipakai oleh orang berbagai asal wilayah, mulai dari Amerika Latin, Eropa, India, bahkan Rusia.

Agenda Hari Besar

Bicara soal hari "besar", entah mengapa saya ingat aja hari-hari bikin project mod edisi saya sebagai berikut:

16 Agustus

Rilis pertama map Pj Indo, sekaligus merintis dunia modding dan mapping dengan karya mod pertama buatan saya.

27 Maret

Awal mula sebutan “Pejindo” sekaligus perilisan awal situs blog ini (kumpulan tutorial map editor dan informasi pengembangan mod map buatan diri sendiri, khusus game ETS2).

Kata "Pejindo" asalnya dari mana? Dari map pertama saya "Pj Indo" dibuat kombinasi istilah (lebih ke cara mengucap) menjadi Pe-je In-do = Pe + (je - in) + do = Pe-jin-do

Sudah lewat 3 tahun sejak 2017, namun peringatan satu ini kadang saya lewatkan (2 kali termasuk di tahun lalu) karena suatu hal. Yang satu karena blog tersebut sedang revisi, yang satu lagi disibukkan dengan perilisan map JRR v0.2 waktu itu.

1 Agustus

Pertama kali peluncuran Halaman Facebook “Blog Pejindo”, sejak sekitar tahun 2019 (tidak sempat diperingati juga karena proses relaksasi setelah JRR v0.3 rilis)

15 Januari

Rilis pertama map JRR aka Java Road Revolution (mod map add-on Indonesia yang realistis). Ini masih belum genap setahun, fresh dari awal tahun 2021 ini. Saat ini sudah update dua kali.

Oke sampai disini saya blak-blakan hari ini. Tahun mendatang harap menjadi lebih baik dari hari ini. Sekian terima kasih.

- Septian_MR