[Post] Pejindo Project : Separuh Dekade Pertama (5 tahun) yang Tak Terduga

INFO : Ini postingan khusus dibuat sebagai rekapan - jejak sejarah perjalanan aktivitas modding dan mapping seumur hidup penulis. Nama "Pj Indo" diputuskan untuk diganti menjadi "Pejindo Project" dimulai sejak 2021.

Diperbarui : Desember 2022


Saya tidak tahu apakah saya harus menangis atau bahagia? Ada kabar baik, namun juga ada kabar buruk. Bagaimanapun, saya berusaha menagih janji dan tekad yang sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu.

PJ Indo Map Memulai Masa Separuh Dekade Pertama!

Ayo tahu tidak apa itu dekade? 1 abad = 100 tahun, 1/10 abad = 1 dekade, maka 1 dekade = 10 tahun.

Duh, mengapa tiba-tiba saya mengajar matematika? (-_-)

Berarti separuh/setengah dekade sama dengan 5 tahun. Yap, Pj Indo Map, mod fiksi dan imajinatif rasa Indonesia buatan pertama saya, sudah bertahan sekian tahun sejak 16 Agustus 2015.

Selama ini, peta/map ini sudah banyak berubah dan terus berkembang. Banyak pula pemain yang telah mencoba dan menikmati mod ini baik dari Indonesia maupun beberapa negara di dunia. Walaupun mod peta ini bukan merupakan representasi dari peta/map Indonesia sesungguhnya seperti pada mod lainnya. Tetapi berkat adanya aset dan model baru yang ditambahkan pada peta (map) ini menjadi terasa seperti sedang berada di Indonesia.

Sudah tahu apa saja keistimewaan dari PJ Indo Map?

  1. Menjadi (satu-satunya?) map add-on fiksi / imajinasi rasa “Indonesia” yang memiliki dua pulau atau daerah dengan tipe lajur jalan yang berbeda (utara untuk kiri jalan seperti di Indonesia, selatan untuk kanan jalan seperti di Eropa)
  2. Menjadi SATU dari sedikit mod map yang tidak membutuhkan segala macam DLC. Faktanya, HAMPIR SEMUA mod map ETS2 baik Indonesia maupun Dunia yang luas sekalipun harus menggunakan salah satu atau semua DLC (khususnya untuk map DLC). Dengan begitu, saya menjadi salah satu author/pembuat map ETS2 yang paling menyimpang dari orang kebanyakan (uhuk…uhuk... uhuk...)
  3. Menjadi SATU dari sedikit mod map lainnya dimana filenya sama sekali tidak pernah dikunci/locked. Dengan begitu, Anda bebas memodifikasi atau mengambil segala file aset atau model berharga dari Pj Indo Map. Dengan kata lain, mod map ini benar-benar free/bebas untuk PUBLIK. Setahu saya ada satu map yang menjiplak dan mengubah isi map buatan saya dengan versi berbeda (map Vanemap misal). Namun saya tidak mempersoalkan hal itu.

Namun sangat disayangkan kalau sampai sekarang peta/map ini masih tidak kunjung update sejak versi terkini (v2.65). Padahal terakhir kali rilis pada bulan Juni 2019 (satu tahun lalu). Ada banyak hal yang menghambat saya dalam melanjutkan pengembangan map ini.

Boleh saya curhat disini?

Pertama, saya mengakui lagi menghadapi masa kritis atau masa jatuh dalam menekuni dunia mapping khusus game ETS2. Ini mempengaruhi motivasi saya untuk kelanjutan pengembangan map. Belum lagi kecampur urusan di dunia nyata saat ini (omong-omong saya mahasiswa semester empat menuju lima). Puncaknya pada pertengahan tahun ini (antara Mei-Juli) mental saya nyaris down, gegara masalah campur-aduk yang tidak saya sampaikan terang-terangan disini.

Tetapi syukur, saya masih bisa sempatkan waktu untuk istirahat. Sesekali saya kembangkan skill lain selain membuat map, salah satunya buat model 3D (main pakai program Blender). Ya, meskipun blog ini maupun map buatan saya seolah mati suri, tetapi saya diam-diam menciptakan sesuatu yang mungkin saja mengejutkan Anda semua.

Eh, tapi kenyataannya itu sudah terbukti di Fanspage Facebook Blog Pejindo beberapa hari ke belakang... Apalagi awal bulan Agustus ini sebagian besar tanggungan saya sudah kelar dengan baik. Jadi, berharap motivasi saya kembali bangkit agar bebas dari masa kelam ini.

Jadi akhirnya, map Pj Indo Map ini dipersiapkan untuk rilis versi berikutnya (v2.71)

Anda sudah bosan menunggu map ini :’( ? Saya juga menyesal membiarkan map ini berdebu tak terawat… :’(

Saya mohon maaf bahwa saat ini tidak ada kemajuan terbaru dari map ini. Terakhir kali saya kembangkan map ini pada Maret lalu. Namun setelah itu map ini seolah mati suri. :’(

Alasannya bukan karena sudah tidak tertarik dengan map pertama saya, melainkan ada prioritas lain yang lebih utama. Dan saat ini juga map ini masih ditinggalkan sementara karena saya sedang mempersiapkan aset dan model baru. :’(

Hei, ini bukan hanya untuk kalian (mapper Indonesia) saja. Map buatan saya sendiri pun juga sangat butuh paket baru itu. :’(

Tentunya saya tidak ingin menyerah. Sudah banyak hal yang saya lalui selama 5 tahun. Kisah itu sudah terangkum dalam postingan di bawah ini:

  1. Pejindo Project - Perjalanan dari 1 Tahun Hingga ke 2 Tahun
  2. Pejindo Project - 3 Tahun Berkarya
  3. Pejindo Project - Masuk 4 Tahun

Saya ingatkan, jangan salah paham dengan istilah singkatan PJ karena pertimbangan di bawah ini.

  1. Huruf P (kapital) dan j (kecil) dipakai pada map Pj Indo Map. Singkatan dari "Penjelajah" atau "Penjelajers" (masih satu kata karena itu huruf dibuat kecil)
  2. Ada map lain yang memakai singkatan yang sama : Project Japan disingkat PJ (juga). Ini map realistic tipe Standalone skala 1:10 dengan konten map kota-kota di negara Jepang. Agar tidak salah sangka dengan map fiksi, maka itu saya mengalah dengan ganti huruf J menjadi lowercase.
  3. Yang jelas ini bukan PJ nya "Pajak Jadian" bagi orang yang baru pacaran -_-

Selamat ya bagi map Indo yang sukses dan bisa dipakai di game versi terbaru (1.37-1.38). Saya juga akan menyusul kalian nanti, sekaligus bisa membantu memberi semangat kepada semua mapper Indonesia. Ayo, semangat ‘45!

Sekian terima kasih