Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Mengenal Map Item Properties : Prefab

Kenal Map Item Properties #2 : Prefab 

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami fungsi dan mengatur suatu bentuk dan variasi item jalan, prefab, building, model, rambu sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian.

Disini saya bahas tentang Prefab Item Properties. Prefab adalah salah satu item yang biasa digunakan pada persimpangan (pertigaan, perempatan, bundaran), company (tempat perusahaan/pabrik yang biasanya untuk ambil kargo/kontainer), hotel, rest area, pengisian BBM (SPBU atau POM Bensin), dll.

Ini juga merupakan elemen utama dan sangat krusial setara dengan road (jalan). Pilihan dan fungsi dari item properties ini hampir sama seperti sebelumnya hanya bentuk dan posisinya saja yang berbeda.

Berikut saya perkenalkan Prefab Item Properties

Tampilan Prefab Item Properties : ETS2 1.46

Tentu saja, baik pada game ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Catatan : Foto diatas diambil dari map editor ETS2 1.46. Apabila pakai versi lama pastinya ada sejumlah menu tidak sama dengan foto tersebut.

Kolom atas (1)

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

(prefab) Model 

Pilih - jenis prefab yang akan ditambahkan, termasuk banyak lajur, lebar jalan, hingga tipe sesuai negara atau map DLC mana pun

2

(select) All

Ceklis – agar dapat memilih dan mengganti (prefab) model yang lain (poin no.1)

3

(prefab) Look

Pilih - tekstur (aspal) utama untuk model/tipe prefab yang dipilih

4

(prefab) Variant

Pilih - varian bentuk pada model/tipe prefab yang dipilih

5

(prefab) Semaphores

Pilih - jenis semaphore (palang tol, lampu lalu lintas, dll.) yang sesuai dengan jenis prefab

6

View Distance (bar geser + menu angka)

Input/Pilih - Mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far

7

Y Rotation

Input – memutar posisi hadap model prefab pada sumbu Y (horizontal)


Kolom atas (2)

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

(central) Prefab vegetation name

Pilih – opsi menambah vegetation (pohon) baru sesuai prefab yang tersedia

2

(central) Assigned vegetation

Pilih – tambahan vegetation (pohon) baru pada bagian prefab yang ada terrain-nya

3

(central) Sparsity

Input – mengatur kepadatan atau sebaran vegetation (pohon) pada terrain prefab di bagian tengah

4

(central) Scale

Pilih - mengatur besar-kecil ukuran vegetation (pohon) dalam persen, pada terrain prefab di bagian tengah

5

Additional parts

Pilih/Ceklis - variasi bentuk dan tekstur model prefab. Hampir sama dengan menu variant tapi hanya untuk variasi tertentu (biasanya memilih garis/marka jalan)

6

DLC Guard

Pilih - Membuat item terlindungi dengan Peta DLC (Going East, Scandinavia, France, dll.) dengan tujuan hanya kompatibel dengan map DLC tersebut.

7

Merge road*

Ceklis – Membuat sambungan prefab menyatu membentuk jalan (?)

* masih belum diketahui oleh saya sendiri.


Kolom atas (3)

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

No boundary

Ceklis - Menghilangkan tembok penghalang transparan (invisible wall) pada pinggir prefab

2

No activation

Ceklis - Menghilangkan aktivasi (trigger) prefab
Biasanya berlaku untuk jenis prefab gas station (SPBU), hotel, atau company (-job-) yang tidak digunakan

3

Ferry Entrance

Ceklis - Penghubung jalur ferry. Sangat diperlukan jika ingin membuat jalur laut (ferry), tetapi hanya berfungsi pada prefab jenis persimpangan (cross atau fork)
Jika ini tidak diaktifkan, maka jalur ferry tidak bisa terhubung dan akan muncul error ‘map is discontinuous’ atau koneksi jalan error.

4

Show in UI map

Ceklis - Membuat prefab ditampilkan di UI map (world map)

5

Left-hand traffic

Ceklis - Membuat jalur prefab untuk lajur kiri jalan (setir kanan).  Selalu digunakan pada negara berlalu lintas kiri jalan seperti Inggris, Irlandia, dan Indonesia

6

Ignore cut planes

Ceklis - Mengabaikan pandangan objek yang terhalang oleh item Cut planes (jadi kelihatan terus)

7

State border*

Pembuat batas (*sudah tidak digunakan lagi)

8

Water reflection

Ceklis - Menambah efek bayangan item pada air

9

No AI vehicles

Ceklis - Menghilangkan(nonaktif) munculnya kendaraan di jalur prefab

10

No detail vegetation

Cekllis – Menghilangkan detail pada terrain atau tanah (maksudnya tidak ada rumput, batu kerikil, dll.)

11

Low-poly veg.

Ceklis - Membuat model vegetasi kedalam versi LOD (tidak detail atau burik). Biasanya digunakan pada jarak pandang yang jauh dari jalan

12

Tunnel

Ceklis – Membuat efek redam suara dan cahaya lampu sorot pada traffic AI menjadi redup saat lewat jalan terowongan (ternyata baru berguna pada ETS2 bersi terbaru ToT)

13

Terrain shadow

Ceklis - Membuat efek bayangan pada tanah/jalan. Jangan aktifkan pada obyek/item jarak jauh

14

Custom semaphore

Ceklis - Mengaktifkan kustomisasi semaphore (lampu lalu lintas) sehingga dapat dihapus/sembunyikan modelnya dengan bantuan item “traffic area”

15

No collision

Ceklis - Membuat jalan tanpa padatan atau tabrakan (dapat menembus seperti hantu/jin)

16

Secret Prefab

Ceklis - Mengaktifkan fitur eksplorasi Unmarked Road (syarat : Show UI Map tetap dicentang)


Kolom Tengah

Terdiri dari beberapa kelompok yang terbagi berdasarkan posisi node(titik) pada prefab, dan masing-masing punya fungsi yang sama. Serupa dengan road item properties yang punya 2 kelompok : Left & Right.Tapi untuk prefab nama dan posisinya agak berbeda : Node 1, Node 2, Node 3, dst.

Update : Selama ini tiap prefab punya maksimal 4 Node jadi di Item Properties ada 4 kelompok menu. Namun sejak ETS2 1.40 sampai yang terbaru, itu ditambah lagi jadi 6 Node, jadi yang muncul di item properties ada 6 kelompok.

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

(terrain) Material

Pilih - tekstur .mat terrain (tanah) yang akan digunakan

2

(terrain) Material Color

Pilih - varian warna pada tekstur tanah/terrain lebih gelap atau terang

3

(terrain) Texture Rotation

Input - varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain

4

Remove Brush (gambar kuas di-silang)

Tool – untuk menghapus semua varian brush (dulu namanya stamp) yang ditambahkan pada terrain pada satu bidang/sisi Node

5

(terrain) Profile Contour

Pilih - bentuk kontur terrain (tanah) yang akan digunakan

6

(terrain) Scale Coef.

Input - Mengatur besar kecilnya kontur terrain (tanah) tersebut

7

(terrain) Prefab Size

Input - Mengatur besar/jarak terrain (tanah) dari prefab. (Diusahakan jangan lebih dari 500 karena akan mempengaruhi berat tidaknya game)

8

Reset Terrain Vertex Offsets (gambar silang polos)

Tool - mereset (mengatur ulang) editan kontur terrain yang sebelumnya memakai tool lain : Vertex tool , agar kembali lurus dan normal

9

Vegetation

Pilih - jenis tetumbuhan/pepohonan yang akan digunakan.

10

(vegetation area) From

Input - Titik/garis awal jarak vegetasi dengan terrain prefab

11

(vegetation area) To

Input - Titik/garis akhir jarak vegetasi dengan terrain prefab

12

(vegetation area) Scale

Pilih - Mengatur besar kecilnya pepohonan/vegetasi dalam persen

13

(vegetation area) Sparsity

Input - mengatur kepadatan atau banyak sedikitnya vegetasi tersebut. (sama seperti veg. density)

14

Hi-poly models

Input - Mengatur batas antara pepohonan/vegetasi yang lebih detail (high-poly) dan vegetasi versi LOD (yang kurang detail/low-poly).
(Disarankan jarak maksimal 50m (default) karena jika jaraknya lebih besar akan mempengaruhi beratnya game)

15 & 16

Detail veg. (from + to)

Pilih/Input - Scroll bar dengan fungsi membuat terrain (tanah) tidak memiliki tetumbuhan detail (tidak ada rerumputan). Ada dua bagian yaitu ‘from’ dan ‘to’ yang menjadi titik/garis jarak detail vegetasi dengan terrain.

17

Corner Type

Pilih - jenis corner (tepi jalan atau prefab) yang digunakan, baik berupa shoulder, curb, atau sidewalk.
(Catatan : Hanya bisa muncul untuk layar (display) monitor lebih besar)

18

Corner Look

Pilih - tampilan (tekstur aspal prefab) yang sesuai dengan jenis yang dipilih.
(Catatan : Hanya bisa muncul untuk layar (display) monitor lebih besar)

19

Corner Variant

Pilih - variasi berdasarkan model prefab yang disediakan di kolom paling atas.
(Catatan : Hanya bisa muncul untuk layar (display) monitor lebih besar)

Lantas bagaimana dengan dua ikon ini?

Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (F2)

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.


Kolom Bawah

Ini sama seperti opsi menu akhir ketika sudah mengedit dan mengatur prefab yang diinginkan. Namun sejak ETS2 1.40 tampilan ini sulit ditampilkan hanya jika monitor PC/Laptop kalian kurang besar (minimal 1980 px)

Add props (dulu namanya Add signs)
Menambah beragam sign (rambu/lampu) secara langsung yang telah di set pada prefab. Hanya untuk prefab jenis tertentu (company job, gas station, service, dll.).
Remove signs (dulu namanya Remove signs)
Menghapus semua sign yang ada pada satu prefab secara langsung.
Propagate change*
Ceklis - (belum diketahui fungsinya)
Add veg. sphere
Menambah variasi vegetasi dengan ruang berbentuk sphere (Akan dijelaskan kemudian)
Remove brushes (dulu disebut 'stamp')
Menghapus semua tekstur tambahan pada terrain secara instan. Untuk prefab, bisa dihapus tiap masing-masing node (angka 1,2,3, dst.) (Ingat: Stamp (versi lawas); Brushes (versi baru))
OK
Pastinya… untuk menyelesaikan atau melakukan perubahan setelah melakukan pengaturan pada item properties.
Set as default
Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.
Use default
Menggunakan pengaturan yang sudah diset lebih dahulu.
Reset
Mengembalikan (membersihkan) semua editan prefab properties menjadi kosongan lagi
Load preset
Membuka/memuat pengaturan yang sudah di set (dari file format .ini)
Save as preset
Menyimpan pengaturan yang sudah di set lebih dahulu. (Dalam format .ini)
Cancel
Masa’ gak tau juga?? Yang pasti fungsinya menunda.


Tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 1) Kenal Item Properties - Road ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 3) Kenal Item Properties - Building & Model ##