Kenal Map Item Properties #3 : Building & Model
Diperbarui pada : Agustus 2022Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami fungsi dan mengatur suatu bentuk dan variasi item jalan, prefab, building, model, rambu sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.
Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.
Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian.
Disini saya kembali bahas tentang Item Properties yakni untuk Buildings dan Models. Bukan berarti keduanya merupakan satu item yang sama sehingga pilihan item propertiesnya menjadi satu. Meski buildings dan model merupakan item berdiri sendiri, tapi pilihan item properties lebih ringkas sehingga bisa saya jadikan satu pada post ini.
Building item properties
Buildings yang dimaksud disini bukan yang berupa
gedung, rumah, kantor, dll yang justru termasuk model. Buildings disini
maksudnya model yang bisa memanjang seperti pohon, pagar, tembok, sutet,
vegetasi, dll.
No. | Nama | (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi |
1 | Category | Pilih - kelompok buildings yang akan digunakan. Kalau tidak ada kategori tertentu maka termasuk kelompok –all- yang mencakup semua building scheme yang ada |
2 | Scheme | Pilih - item/jenis buildings berdasarkan kategori. Kalau tidak masuk kategori berarti sudah jadi kelompok “all” |
3 | Rnd. (random) seed | Input - mengganti berbagai variasi bentuk vegetasi buildings dengan cara mengubah angkanya |
4 | Stretch | Input - mengatur renggang & rapat buildings. Lebih sering digunakan pada jenis vegetasi (tree avenue, shrubs, dll.) |
5 | No acc. (accessories) | Ceklis – mematikan semua model-model kecil (aksesoris) di setiap objek building |
6 | Look | Pilih - ragam tekstur pada setiap objek building |
7 | View Distance | Pilih/Input - mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far |
8 | Water reflection | Ceklis - Menambah efek bayangan item pada air |
9 | Ignore cut planes | Ceklis - Mengabaikan pandangan objek yang terhalang oleh item Cut planes (jadi kelihatan terus) |
10 | No collision | Ceklis - Membuat item tanpa tubrukan (dapat menembus objek seperti hantu/jin fiksi yang bisa menembus tembok) |
11 | No shadow | Ceklis - Menghilangkan bayangan pada objek (membantu agar game tidak berat) |
12 | No mirror reflection |
Ceklis - Menghilangkan refleksi bayangan cermin pada objek, biasanya pada semacam kaca atau jendela (membantu agar game tidak berat) |
13 | DLC Guard | Pilih - |
14 | Color | Pilih - Merubah warna dari satu tekstur objek building |
Opsi/Pengaturan Tambahan (Paling Bawah)
OK : Untuk menyelesaikan/melakukan perubahan setelah melakukan pengaturan pada item properties.
Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.
Use default : Menggunakan pengaturan yang sudah di set lebih dahulu.
Reset offsets : Mereset (set ulang) bentuk item building yang terlihat patah-patah agar kembali mulus.
Cancel : Membatalkan pengaturan item properties, seperti selalu...
Model Item Properties
Kalau yang ini pasti sudah tahu, berupa satu objek “tunggal”. Bisa berupa bangunan atau benda-benda yang biasa dibuat.
No. | Nama | (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi |
1 | Model | Pilih - item/jenis objek model map berdasarkan kategori. Kalau tidak ada berarti sudah termasuk kelompok “all” |
2 | Look |
Pilih - ragam tekstur pada setiap objek model |
3 | Variant | Pilih - variasi bentuk dan tekstur suatu model |
4 | LOD (low object distance) | Pilih - tipe model jenis LOD (model kurang detail) untuk jarak pandang yang jauh dari jalan. Bisa dengan cara statis (satu jarak per meter) atau dynamic (berubah otomatis) |
5 | Color variant | Pilih - Memilih warna dari setiap tekstur model |
6 | Terrain material | Pilih - tekstur terrain/tanah yang disediakan pada model (jika ada, biasanya pada model batu atau gunung) |
7 | Terrain material color | Pilih - warna pada suatu tekstur terrain, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang |
8 | Terrain material rotation | Pilih - varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih) |
9 | Hide terrain | Ceklis - hapus/sembunyikan bagian objek model yang ada dan bisa ganti tekstur tanah/terrain (biasanya ada di model batu atau gunung) |
10 | Scale (uniform) | Ceklis - |
11 | Scale (manual) | Input - |
12 | Reset (scale atau rotation) | Pilih - kembalikan input editan angka scale atau rotation biar kembali normal (1, 1, 1) |
13 | Rotation | Input - |
14 | Position | Input - Mengatur posisi model. Terbagi menjadi 3 kotak mulai dari sebelah kiri untuk sumbu X, tengah untuk sumbu Y, dan paling kanan untuk sumbu Z. (sebaiknya tidak perlu diedit manual karena saat kita geser langsung lewat node suatu model nanti angkanya berubah sendiri) |
15 | Closest road | Input - menampilkan posisi/jarak terakhir objek dari tepi jalan (itu sudah otomatis sendiri pas geser, jadi tidak bisa diedit) |
16 | Refresh | Pilih - Memperbarui otomatis posisi ‘closest road’ tadi |
17 | Left-hand traffic | Ceklis – buat jalan untuk traffic lajur kiri jalan (setir kanan). Selalu digunakan pada negara berlalu lintas kiri jalan seperti Inggris, Irlandia, dan Indonesia (catatan : hanya berlaku pada objek model ‘dynamic’ AI traffic (mobil, bis, truk, dll.) yang biasa muncul gonta-ganti otomatis) |
18 | Water reflection | Ceklis – Menambah efek bayangan item pada air |
19 | Ignore cut planes | Ceklis - |
20 | No model hookup | Ceklis - Menghilangkan tambahan hookup (cahaya lampu, spawn kendaraan, dll.) pada objek (jika ada) |
21 | Detail vegetation | Ceklis - Menambah detail (rerumputan, bebatuan, dll.) pada terrain yang terdapat dalam model (jika ada) |
22 | No collision | Ceklis - Membuat item tanpa tubrukan (dapat menembus seperti hantu/jin fiksi yang bisa menembus tembok) |
23 | No shadow | Ceklis - Menghilangkan bayangan pada objek (membantu agar game tidak berat) |
24 | No mirror refl. | Ceklis - Menghilangkan refleksi bayangan cermin pada objek, biasanya pada semacam kaca atau jendela (membantu agar game tidak berat) |
25 | View Distance (bar geser + menu angka) | Pilih/Input - Mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far |
26 | Additional Part | Pilih/Ceklis- Memilih tambahan variasi bentuk dan aksesoris model. Hampir sama dengan menu variant. |
Category : Memilih kelompok objek model tunggal yang akan digunakan. Kalau tidak ada kategori tertentu termasuk kelompok –all- yang mencakup semua objek yang ada.
(enggak tahu kenapa, harusnya itu menu yang penting. Tapi kek nya para pekerja di SCS tidak merasa butuh menu itu sejak ada “Content Browser” jadinya itu dihapus)
Opsi/Pengaturan Tambahan (Paling Bawah)
OK : Untuk menyelesaikan/melakukan perubahan setelah melakukan pengaturan pada item properties.
Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.
Use default : Menggunakan pengaturan yang sudah diset lebih dahulu.
Cancel : Menunda pengaturan item properties, lagi...
Lantas bagaimana dengan dua ikon ini?
Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (F2)
Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.
Tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!
Lihat Tutorial Sebelumnya :
## (Part 2) Kenal Item Properties - Prefab ##
Lihat Tutorial Selanjutnya :
0 Komentar:
Post a Comment