Mengenal Map Item Properties : Building dan Model

Kenal Map Item Properties #3 : Building & Model

Diperbarui pada : Agustus 2022
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 1.43)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami fungsi dan mengatur suatu bentuk dan variasi item jalan, prefab, building, model, rambu sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian.

Disini saya kembali bahas tentang Item Properties yakni untuk Buildings dan Models. Bukan berarti keduanya merupakan satu item yang sama sehingga pilihan item propertiesnya menjadi satu. Meski buildings dan model merupakan item berdiri sendiri, tapi pilihan item properties lebih ringkas sehingga bisa saya jadikan satu pada post ini.

Building item properties

Buildings yang dimaksud disini bukan yang berupa gedung, rumah, kantor, dll yang justru termasuk model. Buildings disini maksudnya model yang bisa memanjang seperti pohon, pagar, tembok, sutet, vegetasi, dll.

No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Category

Pilih - kelompok buildings yang akan digunakan. Kalau tidak ada kategori tertentu maka termasuk kelompok –all- yang mencakup semua building scheme yang ada

2

Scheme

Pilih - item/jenis buildings berdasarkan kategori. Kalau tidak masuk kategori berarti sudah jadi kelompok “all”

3

Rnd. (random) seed

Input - mengganti berbagai variasi bentuk vegetasi buildings dengan cara mengubah angkanya

4

Stretch

Input - mengatur renggang & rapat buildings. Lebih sering digunakan pada jenis vegetasi (tree avenue, shrubs, dll.)

5

No acc. (accessories)

Ceklis – mematikan semua model-model kecil (aksesoris) di setiap objek building

6

Look

Pilih - ragam tekstur pada setiap objek building

7

View Distance

Pilih/Input - mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far

8

Water reflection

Ceklis - Menambah efek bayangan item pada air

9

Ignore cut planes

Ceklis - Mengabaikan pandangan objek yang terhalang oleh item Cut planes (jadi kelihatan terus)

10

No collision

Ceklis - Membuat item tanpa tubrukan (dapat menembus objek seperti hantu/jin fiksi yang bisa menembus tembok)

11

No shadow

Ceklis - Menghilangkan bayangan pada objek (membantu agar game tidak berat)

12

No mirror reflection

Ceklis - Menghilangkan refleksi bayangan cermin pada objek, biasanya pada semacam kaca atau jendela (membantu agar game tidak berat)

13

DLC Guard

Pilih Membuat objek dipakai sesuai Peta DLC (Going East, Scandinavia, France, Italia, dll.) agar hanya kompatibel dengan DLC tersebut

14

Color

Pilih Merubah warna dari satu tekstur objek building


Opsi/Pengaturan Tambahan (Paling Bawah)

OK : Untuk menyelesaikan/melakukan perubahan setelah melakukan pengaturan pada item properties.

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan yang sudah di set lebih dahulu.

Reset offsets : Mereset (set ulang) bentuk item building yang terlihat patah-patah agar kembali mulus.

Cancel : Membatalkan pengaturan item properties, seperti selalu...


Model Item Properties

Kalau yang ini pasti sudah tahu, berupa satu objek “tunggal”. Bisa berupa bangunan atau benda-benda yang biasa dibuat.


No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Model

Pilih - item/jenis objek model map berdasarkan kategori. Kalau tidak ada berarti sudah termasuk kelompok “all”

2

Look

Pilih - ragam tekstur pada setiap objek model

3

Variant

Pilih - variasi bentuk dan tekstur suatu model

4

LOD (low object distance)

Pilih - tipe model jenis LOD (model kurang detail) untuk jarak pandang yang jauh dari jalan. Bisa dengan cara statis (satu jarak per meter) atau dynamic (berubah otomatis)

5

Color variant

Pilih - Memilih warna dari setiap tekstur model

6

Terrain material

Pilih - tekstur terrain/tanah yang disediakan pada model (jika ada, biasanya pada model batu atau gunung)

7

Terrain material color

Pilih - warna pada suatu tekstur terrain, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang

8

Terrain material rotation

Pilih - varian rotasi atau hadap putar tekstur tanah/terrain, di bagian tengah jalan (pada jalan lajur 2 atau lebih)

9

Hide terrain

Ceklis - hapus/sembunyikan bagian objek model yang ada dan bisa ganti tekstur tanah/terrain (biasanya ada di model batu atau gunung)

10

Scale (uniform)

Ceklis - dibuat angka input scale jadi sama semua sisi (biar simetris)

11

Scale (manual)

Input Mengatur besar kecilnya objek model. Terbagi menjadi 3 kotak mulai dari sebelah kiri untuk sumbu X, tengah untuk sumbu Y, dan paling kanan untuk sumbu Z

12

Reset (scale atau rotation)

Pilih - kembalikan input editan angka scale atau rotation biar kembali normal (1, 1, 1)

13

Rotation

Input Mengatur arah putar model. Terbagi menjadi 3 kotak mulai dari sebelah kiri untuk sumbu X, tengah untuk sumbu Y, dan paling kanan untuk sumbu Z

14

Position

Input - Mengatur posisi model. Terbagi menjadi 3 kotak mulai dari sebelah kiri untuk sumbu X, tengah untuk sumbu Y, dan paling kanan untuk sumbu Z. 
(sebaiknya tidak perlu diedit manual karena saat kita geser langsung lewat node suatu model nanti angkanya berubah sendiri)

15

Closest road

Input - menampilkan posisi/jarak terakhir objek dari tepi jalan (itu sudah otomatis sendiri pas geser, jadi tidak bisa diedit)

16

Refresh

Pilih - Memperbarui otomatis posisi ‘closest road’ tadi

17

Left-hand traffic

Ceklis – buat jalan untuk traffic lajur kiri jalan (setir kanan). Selalu digunakan pada negara berlalu lintas kiri jalan seperti Inggris, Irlandia, dan Indonesia
(catatan : hanya berlaku pada objek model ‘dynamic’ AI traffic (mobil, bis, truk, dll.) yang biasa muncul gonta-ganti otomatis)

18

Water reflection

Ceklis – Menambah efek bayangan item pada air

19

Ignore cut planes

Ceklis Mengabaikan pandangan item yang terhalang oleh cut planes

20

No model hookup

Ceklis - Menghilangkan tambahan hookup (cahaya lampu, spawn kendaraan, dll.) pada objek (jika ada)

21

Detail vegetation

Ceklis - Menambah detail (rerumputan, bebatuan, dll.) pada terrain yang terdapat dalam model (jika ada)

22

No collision

Ceklis - Membuat item tanpa tubrukan (dapat menembus seperti hantu/jin fiksi yang bisa menembus tembok)

23

No shadow

Ceklis - Menghilangkan bayangan pada objek (membantu agar game tidak berat)

24

No mirror refl.

Ceklis - Menghilangkan refleksi bayangan cermin pada objek, biasanya pada semacam kaca atau jendela (membantu agar game tidak berat)

25

View Distance (bar geser + menu angka)

Pilih/Input - Mengatur jarak pandang item dari sisi player, mulai dari default, ext. short, short, close, middle, far, hingga ext. far

26

Additional Part

Pilih/CeklisMemilih tambahan variasi bentuk dan aksesoris model. Hampir sama dengan menu variant.


Menu yang sudah dihilangkan/dihapus di ETS2 versi baru :

Category : Memilih kelompok objek model tunggal yang akan digunakan. Kalau tidak ada kategori tertentu termasuk kelompok –all- yang mencakup semua objek yang ada.

(enggak tahu kenapa, harusnya itu menu yang penting. Tapi kek nya para pekerja di SCS tidak merasa butuh menu itu sejak ada “Content Browser” jadinya itu dihapus)


Opsi/Pengaturan Tambahan (Paling Bawah)

OK : Untuk menyelesaikan/melakukan perubahan setelah melakukan pengaturan pada item properties.

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan yang sudah diset lebih dahulu.

Cancel : Menunda pengaturan item properties, lagi...

Lantas bagaimana dengan dua ikon ini?

Show in Content Browser (gambar  kaca pembesar/lup) : Menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (F2)

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.


Tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 2) Kenal Item Properties - Prefab ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 4) Kenal Item Properties - Sign ##

0 Komentar:

Post a Comment