Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Mengenal Map Item Properties : Cut Plane

Kenal Map Item Properties #12 : Cut Plane

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : (Pakai ETS2 versi 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Setelah sekian banyak menu map item properties yang diperkenalkan, masih ada lagi item map editor yang belum saya sebut di blog ini sampai sekarang. Salah satunya ialah Cut plane Item PropertiesIni bukan yang artinya "memotong/potongan/pemotong pesawat". Tapi “pesawat” yang dimaksud disini ialah tampilan/pemandangan pada map. Dengan menambahkan cut plane kalian bisa mengatur sisi pemandangan mana pun yang tidak ingin ditampakkan/dilihat si player, dengan begitu juga akan banyak membantu meringankan map (kalau ditata pada posisi yang tepat). 

Item ini memiliki 3 garis, dimana satu garis utama warna kuning berfungsi sebagai pembatas utama yang menjadi pemotong tampilan/pemandangan pada peta dengan dua node kotak kuning di kedua ujungnya. Masing-masing kedua ujung tersebut ada satu garis putih atau merah-putih sebagai batas jangkauan/jarak yang akan dipakai untuk memotong atau membuat sisi pemandangan yang tidak ingin ditampakkan/dilihat.

Berikut saya perkenalkan Cut plane Item Properties.

Cut plane Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Cut plane.


No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Append node

Pilih - Menambah titik/node panjang garis cut plane (yang warna kuning)

2

Remove last node

Pilih - Menghapus atau mengurangi titik/node panjang garis cut plane (yang warna kuning)

3

One side only

Ceklis Mengatur posisi cut plane agar hanya berfungsi di 1 bidang (yang warna putih : aktif, kalau merah dimatikan)

4

Rotated limits

Ceklis Mengaktifkan fungsi agar sisi bidang cut plane diatur makin luas secara kustom sesuai derajat (yang warna putih)

5

Start node angle

Input Mengatur sudut awal (garis putih) agar memperluas bidang cut plane - berfungsi jika pilih centang poin no. 4 diatas

6

End node angle

Input Mengatur sudut akhir (garis putih) agar memperluas bidang cut plane  - berfungsi jika pilih centang poin no. 4 diatas

7

Temporary disable

Ceklis - Mematikan (sementara) fungsi cut plane yang dipilih (jadi cut plane lain yang dipakai - pun kalau ada)

Oke begitu saja, singkat sekali ternyata hehe....

Tapi masih ada item lain yang belum dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 10) Kenal Item Properties - Curve ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 12) Kenal Item Properties - Trajectory ##

Mengenal Map Item Properties : Curve

Kenal Map Item Properties #11 : Curves

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 versi 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Kali ini item properties selanjutnya yang saya sampaikan ialah Curve Item PropertiesIni merupakan item baru yang baru muncul di ETS2/ATS versi 1.35 keatas. Sekilas fisiknya mirip sama item Buiding yang sudah kita kenal selama ini. Bedanya item Curve memiliki variasi yang lebih kustom dan bermacam-macam dibanding Building. 

Selain itu ada beberapa setting/properties di item Curve yang mustahil dimiliki oleh item Building. Bahkan kedepan karyawan SCS lebih suka memakai Curve ketimbang Building, karena itu sudah banyak ditemukan sejumlah model building yang ada tulisan **Do Not Use** karena semua model itu akan dijadikan item Curve dan yang lama akan dihapus selamanya ha-ha-ha-ha.

Item “Curve” lebih cocok dipakai untuk tipe tiang listrik, sutet, atau jalan trotoar karena kita bisa mengubah lebih dari dua bentuk dalam satu garis item.

Curve Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Curve.


No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

Category

Pilih - Memilih kelompok buildings yang akan digunakan. Kalau tidak ada kategori tertentu termasuk kelompok –all— yang mencakup semua tipe yang ada.

2

(curve) Model

Pilih - Memilih item/jenis Curve berdasarkan kategori. Kalau tidak ada berarti sudah termasuk kelompok “-all-”

3

(curve) First part

Pilih Memilih bentuk ujung awal (start) item curve

4

(curve) Center part

Pilih Memilih bentuk badan atau tengah item curve

5

(curve) End part

Pilih Memilih bentuk ujung akhir (end) item curve

6

(curve) Look

Pilih Memilih ragam tekstur pada item curve.

7

(curve) Color

Pilih - Memilih ragam warna pada tekstur “look” diatas

8

Terrain

Pilih Memilih tekstur tanah/terrain pada item curve

9

Terrain rotation

Input - Memutar alur atau rah pola tekstur terrain (bakal lebih kelihatan pada terrain "field"

10

Terrain color

Pilih Memilih ragam warna tekstur terrain pada objek Curve, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang.

11

Edit custom terrain color

Tool -  Memilih kustom warna yang mungkin tak tersedia pada terrain color diatas (sama seperti "color picker" pada menu Brush seperti halnya pula buka Photoshop)

12

Rnd. (random) seed

Input Membuat berbagai variasi bentuk vegetasi buildings dengan cara mengubah angkanya.

13

(curve) Strech

Input Mengatur renggang rapatnya objek curve. Jadi bisa dibuat high-poly

14

(curve) Scale

Input - Mengatur besar kecilnya objek curve, ini keunggulan yang tak ada di item "Building"

15

View Distance

Pilih/Input Mengatur jarak pandang objek Curve, mulai dari default, ext. short,, short, close, middle, far, dan ext. far

16

Water reflection

Ceklis - Menambah efek bayangan item pada air

17

Ignore cut planes

Ceklis – Mengabaikan pandangan item yang terhalang oleh cut planes

18

Low poly vegetation

Ceklis Menjaga posisi objek mover saat bounce agar tidak bolak-balik (jadi terlihat seperti gerakan maju-mundur...cantik...xD)

19

Stepped geometry

Ceklis Membuat objek curve lebih curam seperti bentuk tangga di tanah miring

20

Perlin noise

Ceklis Membuat efek-efek noise (tekstur kasar) pada objek curve biar terlihat agak detail

21

Invert geometry

Ceklis Mengatur otomatis posisi hadap objek item curve secara berlawanan (seperti dibikin mirror version)

22

No collision

Ceklis Menambah jalur atau titik/node baru pada item mover

23

No shadow

Ceklis Menghilangkan efek bayangan gelap pada objek curve (membantu meringankan grafik game)

24

No mirror refl.

Ceklis Menghilangkan efek bayang cermin pada objek curve - biasanya pada jendela atau kaca (membantu meringankan grafik game)

25

Use linear path

Ceklis - Menggunakan satu garis lurus saat menambah/menempatkan item curve

26

Detail vegetation

Ceklis - Menambah efek rumput detail pada item curve.

27

Fixed step

Input - Mengatur jarak posisi antar objek - terutama pada objek tiang listrik, sutet, atau kabel lainnya (dalam m)

Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?


Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.

Tombol lain

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan default (sudah di set lebih dahulu)

Reset : Mengatur ulang (reset) semua fitur item curve seperti semua (kembali ke model awal)

Reset Offset : Mengatur ulang (reset) penempatan item curve seperti semua (tidak patah-patah)

Saya tidak perlu menjelaskan lagi soal fungsi ‘OK’ dan ‘Cancel’.


Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 10) Kenal Item Properties - Bezier Patch ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 12) Kenal Item Properties - Cut plane ##

Mengenal Map Item Properties : Bezier Patches

Kenal Map Item Properties #10 : Bezier Patch

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi (Pakai ETS2 1.46)


Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Sekarang item properties selanjutnya yang mungkin perlu dikenali ialah Bezier Patches Item Properties. Item ini memiliki fungsi serupa dengan terrain tetapi memiliki bentuk yang tak biasa seperti item yang lain, jadi pada item properties pun juga berbeda. Item ini bisa berguna dalam menutup sisa-sisa terrain yang masih terbuka (gap atau hole) sebelum adanya fitur "Vertex" dan dapat membuat variasi kontur tanah yang lebih bebas dan sesuka hati apabila pilihan kontur dari item terrain sendiri tidak tersedia.

Berikut saya perkenalkan Bezier Patches Item Properties

Tampilan Bezier Patches Properties (ETS2 1.46)


Tentu saja, baik pada ETS2 Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Agar lebih mudah, sudah saya tandai dalam penomoran agar lebih mudah menemukan bagian menu dan fitur mana yang dimaksud.


No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi

1

(bezier) Material

Pilih - tekstur terrain (tanah) tipe Bezier yang akan digunakan.

2

(bezier) Material colour

Pilih - Memilih variasi warna pada suatu tekstur terrain material diatas, bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang.

3

X Tesselation

Input Mengatur kerapatan terrain berdasarkan sumbu X (serupa dengan "step size terrain" dan konsep ‘high-poly road")

4

Z Tesselation

Input Mengatur kerapatan terrain berdasarkan sumbu Z (serupa dengan "step size terrain" dan konsep ‘high-poly road")

5

(bezier) UV rotation

Input Memutar posisi tekstur terrain (bisa terlihat lebih jelas pada terrain field)

6

(bezier) Noise Power

Pilih Mengatur rata atau bergelombang dari terrain (tanah) tipe bezier. Ada tiga pilihan, mulai dari 0% (datar), 50% (setengah bergelombang) sampai 100% (bergelombang penuh)

7

Rnd seed

Input - Membuat berbagai variasi vegetasi/pepohonan pada terrain tipe bezier dengan cara mengubah angkanya.

8

Water reflection

Ceklis – Menambah efek bayangan objek terrain tipe Bezier pada air.

9

Ignore cut planes

Ceklis Mengabaikan pandangan objek item yang terhalang oleh cut planes

10

Low-poly veg.

Ceklis - Membuat model vegetasi kedalam versi LOD (tidak mendetail/bidang lebih sedikit). Biasanya digunakan pada jarak pandang yang jauh dari jalanan

11

No detail veg.

Ceklis Membuat terrain (tanah) tidak memiliki tetumbuhan detail (tidak ada rerumputan)

12

No collision

Ceklis - Membuat objek bidang terrain tipe Bezier tanpa tubrukan (dapat menembus seperti hantu/jin fiksi yang bisa menembus tembok)

13

Terrain shadow

Ceklis - Membuat efek bayangan pada tanah tipe Bezier

14

Smooth detail veg.

Ceklis - Membuat detail rumput tetumbuhan lebih mulus. Biasanya hanya pada jarak dekat dari jalan.

15

Veg. collision

Ceklis Menambah kolisi (padatan) pada batang pohon/tetumbuhan agar tidak tembus.

16

View distance type

Input/Pilih - Mengatur jarak pandang objek item mover, mulai dari default, ext. short,, short, close, middle, far, dan ext. far

17

Veget.

Pilih - menambah jenis pepohonan yang akan ditambahkan pada bidang terrain tipe Bezier

18

Sparsity

Input – Mengatur kepadatan atau banyak sedikitnya pepohonan. (sama seperti veg. density)

19

Scale

Pilih Mengatur besar kecilnya pepohonan (dalam persen)

20

Inner vegetation sphere space

Ceklis Membuat pepohonan hanya menyebar di dalam satu sphere (jaring lingkaran) dengan syarat menambahkan “Add veg. sphere”

21

X scale

Input/Pilih - Mengatur besar kecilnya luas bidang item bezier patches dalam sumbu X

22

Y scale

Input/Pilih - Mengatur besar kecilnya luas bidang item bezier patches dalam sumbu Y

23

Flip X & Flip Y

Pilih - Membalikkan besaran X maupun Y diatas

24

Local Scaling

Ceklis Mengatur besar kecilnya item bezier patches hanya  berdasarkan satu garis tampil (local)

25

Local Flipping

Ceklis Mengatur bidang yang dibuat terbalik pada item bezier patches hanya berdasarkan satu tampilan (local)


Sekarang bagaimana dengan dua gambar di setiap baris menu dibawah ini?


Show in Content Browser (gambar kaca pembesar/lup) : Melihat / menampilkan setiap item yang dipilih dari Content Browser (membuka menu Content Browser - F2).

Select from Content Browser (gambar panah tebal) : Memilih item dari Content Browser.


Tombol lain

Set as default : Menggunakan/menyetel (set) pilihan yang sudah diubah sebagai default. Jadi tidak perlu susah payah mengatur lagi satu per satu.

Use default : Menggunakan pengaturan default (sudah di set lebih dahulu)

Remove brushes : Menghapus semua tekstur tambahan pada terrain secara instan. (Ingat: Stamp (versi lawas); Brushes (versi baru))

Add veg. sphere : Menambah variasi vegetasi dengan ruang berbentuk sphere (Akan dijelaskan kemudian)

Recompute center : Menaruh induk dari setiap titik node bezier patches di posisi tengah (soal titik/node induk maupun anakan yang banyak pada item ini akan dijelaskan di lain tempat)

Reset : Mengatur ulang semua perubahan atau pengaturan hingga kembali seperti semula

Reset Height : Mengatur ulang khusus perubahan posisi titik anakan bezier patches agar tinggi kembali sama atau datar.

Saya tidak perlu menjelaskan lagi soal fungsi ‘OK’ dan ‘Cancel’.


Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 9) Kenal Item Properties - Ferry ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 11) Kenal Item Properties - Curve ##