Map Editor Tutorial ETS2 Part5 : Cara Upgrade & Convert Mod Map Buat Game Versi Baru

#5 Tips Upgrade dan Convert Mod Map Agar Kompatibel di ETS2/ATS Versi Baru

Diperbarui pada : Februari 2023
Alasan : REVISI


Salam! Sampai sekarang kalian masih semangat berkarya? Bagaimana kemajuannya? Apakah sudah mulai jago bikin mod map sendiri? Atau justru berhenti di tengah jalan karena setiap mau upgrade mod ke versi baru ETS2 atau ATS selalu saja ada masalah?

Tampilan Map Editor ETS2 - 1.43

Berbicara soal upgrade mod map, setiap versi baru ETS2 rilis sudah pasti mendapat sekian permasalahan. Pastinya ada beberapa mod yang tidak bisa dipakai pada versi terbaru. Alasannya macam-macam, baik karena data script DEF harus diperbarui, maupun karena model yang harus di-upgrade atau di-convert.

Awalnya di game akan muncul beragam warning (warna kuning) maupun error (warna merah). Mod map mana pun termasuk map Eropa populer juga sempat punya masalah ini. Tetapi setelah sedikit perbaikan dan usaha, mod tersebut akhirnya bisa dipakai dan beradaptasi dengan versi baru ETS2, walaupun harus menghabiskan waktu yang tak sedikit.

Dari sinilah saya mencoba berbagi tips di sini supaya kalian bisa memperbaiki semua masalah model yang error di game ETS2, dan pastinya kalian bisa terus berkarya. Dari SCS sendiri sudah kasih kemudahan dalam upgrade atau konversi model baik melalui game ETS2 maupun program SCS Blender Tools.


1) Telusuri Error di Game Log

Ini hal yang sangat penting sebelum kalian mencoba meng-upgrade, convert, atau fix mod map yang masih tidak bisa dipakai di ETS2 atau ATS versi baru. Jika terjadi game crash atau ada objek map yang hilang, langsung periksa data log di game terlebih dahulu. Jangan asal menebak solusi karena bisa saja yang harusnya jadi solusi malah menambah masalah baru.

Begitu juga berlaku ketika ada user yang komplain "kenapa mod nya crash", "kenapa gamenya nggak bisa work", dan sebagainya. Kita semua (bahkan penulis ini sendiri) tidak bisa bantu jawab apa solusi dari masalah yang dihadapi kalau tidak menunjukkan masalah yang dimaksud dengan jelas disertai bukti yang relevan. Di dunia game atau modding kurang lebih sama (agak beda dikit sih) dengan dunia pemrograman, kalau ada masalah atau bug, akan lebih baik kalau sertakan bukti maupun data log yang muncul saat masalah itu terjadi. 

Lantas dimana file log buat game ETS2/ATS? 

Cari di folder : <This_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2/  Ada dua file utama yang bisa ditelusuri, yakni:

  • "game.log.txt" : dipakai ketika menjalankan game ETS2/ATS seperti biasa (lewat game profil). 
  • "editor.log.txt" : dipakai ketika menjalankan khusus program Map Editor di game ETS2/ATS.

Ketika dibuka isinya adalah sederet log history (riwayat) proses dan tahap game itu work dari awal buka game sampai game nya di-close. Memang ada banyak sekali datanya tapi untuk kali ini, kita fokuskan untuk cari solusi dari masalah "mod map error" atau "game crash".

Lokasi file game.log.txt di Folder Homedir ETS2

Silakan fokuskan untuk cari yang bertuliskan "ERROR" dan "WARNING" dengan membuka tool Find (ctrl + F) di Notepad tersebut dan langsung ketik "error". Nanti bisa kelihatan mana masalah yang harus diatasi.

Memang semua log yang muncul berbahasa Inggris. Kalau enggak bisa bahasa Inggris, bisa terjemahkan pakai Google Translate. Kapan-kapan penulis buatkan topik khusus deskripsi dan penjelasan setiap bagian dan baris log di dalam game.log.txt atau editor.log.txt.

2) Update Script DEF yang Tidak Kompatibel

Ketika kalian melakukan poin ke-1 diatas, jika menemukan error yang berhubungan dengan data def (biasanya nemu tulisan "def/.../.....sii") maka biasanya harus diatasi dengan update isi script DEF yang bermasalah itu. Tentunya masalah DEF bermacam-macam, sesuai fitur dan konten yang diperbarui setiap kali update game ETS2 atau ATS. 

Yang jelas penulis tidak mungkin jelaskan semua satu-satu di topik ini karena bakal panjang lebar tinggi dan berderet-deret isinya. Tapi penulis sudah siapkan kumpulan topik Modding Guide yang bisa dicari dalam mengatasi masalah ini. Untuk referensi awal / original ada di situs SCS Modding Wiki. Tapi di blog ini di-bikin dalam bahasa Indonesia.

Silakan cari semuanya tentang atasi masalah Script DEF >> DISINI <<

3) Convert File Format .pmg dan .ppd

Sejak ETS2 versi 1.27 hingga versi terkini, setiap model apapun yang versi file .pmg selalu mengalami pembaruan/update versi setiap update game versi terbaru. Ini sesuai dengan pernyataan berikut di SCS Modding Wiki.

  • Model animasi (animated models) berformat .pma sekarang di-cover kedalam sistem GPU;
  • Model apapun berformat PMG diubah untuk memperbarui data yang akan langsung digunakan dalam proses rendering di game.

Misalnya kalian buat model map di 1.23, dan masih dipakai terus sampai 1.27 atau 1.30. Meskipun pada versi 1.30 modelnya masih bisa muncul tetapi nantinya akan muncul sekian banyak warning (berwarna kuning) di console. Berikut contoh log warning yang biasa muncul di console.

<WARNING> [model] Model geometry '/<path_lokasi_model>/<nama_model>.pmg' has incorrect file version 506d6714 - expected version 506d6715.

Bahkan kalau ada versi PMG pada model map yang tidak cocok sama versi game ETS2 tertentu maka dapat berpotensi crash/CTD atau Force Close.

<WARNING> [model] Model geometry '/<path_lokasi_model>/<nama_model>.pmg' has incorrect file version 506d6714 – its too old!

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan satu cara mudah. Yaitu langsung menggunakan parameter command “conversion_dump_path”

Cara Kerja

Lalu bagaimana caranya? Perhatikan di bawah ini!

A. Pengguna Steam (Ori)

  1. Buat folder baru (New Folder) terlebih dahulu di sembarang tempat untuk menempatkan file hasil konversi model di game. Misalnya saya buat folder bernama “new convert”
  2. Buka Aplikasi "Steam", masuk ke halaman Library, lalu pilih Euro Truck Simulator 2 dan klik kanan mouse untuk pilih Properties
  3. Pada halaman ‘General’ dalam menu Properties langsung pilih “Set Launch Option” (versi baru namanya cukup "Lanunch Option"). Lalu ketik seperti di bawah ini:

-conversion_dump_path "D:\new convert"

Kalau pakai 1.36 keatas jadinya seperti ini : 

-edit -conversion_dump_path "D:\new convert"


B. Pengguna Legacy (atau cr*ck) 

- catatan : Kadang versi ini tidak selalu work, solusinya haarus beli game ori di Steam dan update selalu game nya ke versi terbaru.

  1. Buat folder baru terlebih dahulu untuk menempatkan hasil konversi model di game. Misalnya saya buat folder bernama “new convert”.
  2. Klik kanan shortcut ikon ETS2 (baik langsung dari shortcut desktop maupun windows_start/program files). Lalu pilih Properties.
  3. Pada kolom target tambahkan teks -conversion_dump_path “<lokasi folder yang diinginkan>”

"C:\Program Files (x86)\Euro Truck Simulator 2\bin\win_x64\eurotrucks2.exe"
-conversion_dump_path “D:\new convert”

Kalau pakai ETS2 1.36 keatas tinggal tambahkan parameter "-edit" seperti berikut:

"C:\Program Files (x86)\Euro Truck Simulator 2\bin\win_x64\eurotrucks2.exe" -edit -conversion_dump_path “D:\new convert”

Catatan : Untuk game ETS2 yang diinstal di direktori D, E, F, dll. (selain direktori C) maka proses konversi biasanya tidak work (tidak berfungsi), biasanya karena masalah security di PC atau sistem bug (jelas lah pakai game bajakan....). Jadi sebaiknya harus install ETS2 di data C.

C. Proses Utama di Game (baik yang Ori apupun Legacy)

Setelah set parameter diatas dan penempatan folder nya, sekarang buka game ETS2 seperti biasa. Bisa langsung mainkan lewat save-profil atau lewat map editor. Untuk konversi model ada beberapa cara yang bisa dipilih sebagai berikut :

  1. Cari semua warning (berwarna kuning) yang muncul di console dengan berkeliling atau sekedar terbang di map itu sampai benar-benar yakin tidak muncul tulisan Warning lagi.
  2. Kalau bosan atau kelamaan, bisa buka Content browser dan scroll semua data didalamnya sampai muncul gambar obyek/item disana. 
  3. Atau bisa lakukan Recompute map dengan tombol keyboard F8.

Jika sudah, tutup (close) game tersebut. 

1) Lihat hasilnya di lokasi folder yang sudah ditentukan sebelumnya pada kolom target (disini saya buat folder new convert)

2) Setelah itu, pilih semua folder di dalamnya dan copas (copy-paste) atau gabungkan ke dalam file .scs atau. Zip yang berisi mod buatan kalian.

3) Buka kembali game ETS2 dan lihat hasilnya. Pastikan semua warning (berwarna kuning) tidak muncul kembali di log console.

4) Convert Model Map via Program Blender 3D

Apabila muncul error (berwarna merah) di map editor yang langsung berasal dari model hingga kena CTD (crash to Desktop), maka solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaikinya langsung di program Model 3D Editor : Blender (Hey, ini bukan lagi bikin jus buah atau sambal kacang), ZModeler, dll. 

Tapi kalian minimal harus menguasai teknik dasar dan cara pakai program tersebut. Lantas apakah ini harus menjadi akhir buat kalian? Eits… Tidak! Jangan putus asa dulu.

Bersyukurlah bahwa ada beberapa program yang membantu convert model map. Berikut alat dan bahan utama untuk memperbaiki model map (sama dengan mempersiapkan map editor) :

  • Blender 3D Editor, download langsung DISINI (versi 2.79 - rekomendasi) atau DISINI (versi Terbaru)
  • SCS Blender Tools, download langsung DISINI (harus SESUAI versi Program Blender yang sudah di-download di atas) 
  • Convertion Tools for SCS Blender Tools , download langsung sesuai versi ETS2 DISINI
  • Converter PIX untuk convert model pmd/ppd/pmg/pma/tobj agar bisa diedit di Blender. Langsung download DISINI (harus lewat browser desktop PC/Laptop)

Cara Kerja

Bagi yang baru kenal sama Program Blender, sebaiknya belajar dulu dasar-dasar pemakaiannya. Penulis sudah siapkan tutor Khusus "Model 3D" di bawah ini jadi tidak harus dijelaskan lagi satu-satu disini:

Tutorial pemakaian SCS Blender Tools juga bisa dilihat di SCS Modding Wiki lengkap dengan gambar dan videonya. Langsung saja klik DISINI

Mengedit suatu model menjadi tantangan tersendiri. Karena tergantung apa saja munculan error yang tertulis di console, sehingga caranya bisa berbeda-beda. Tapi kalau kalian mau mencobanya sedikit demi sedikit nanti pada akhirnya kalian bisa memahami semua penggunaan item dan tools pada program tersebut.

Disini saya tunjukkan gambar diatas salah satu model yaitu "kiosk", salah satu model dari mod map TSM yang sudah dipakai hampir semua mod map Indonesia. Model ini saya perbaiki di blender menggunakan program tambahan SCS Blender Tools dan sebelumnya saya konversi lewat Converter PIX.

Model ini sempat error karena ternyata model tersebut di-save berupa tipe "Animated Model" bukan "Rigid (static) Model". Sama halnya dengan model papan reklame (scania_board). Tapi setelah saya perbaiki akhirnya bisa bekerja lagi (work) di game dan map editor. Semoga saja tidak ada masalah lagi. 

5) Konversi File Tekstur .dds dan .tobj

Apabila muncul error yang berkaitan dengan versi TOBJ, cara yang bisa dilakukan dengan mengedit file TOBJ itu sendiri. Tapi masalahnya isi dan format tulisannya beda jauh. Salah sedikit, ambyar dah satu file utuh.

Cara 1 : Lewat Map Editor

Sama seperti saat meng-update file .pmg dan .ppd di map editor tadi, file TOBJ versi lama (harusnya) juga bisa. Caranya sama seperti yang sudah saya tulis di awal (capek tulis ulang :v)

Cara 2 : Lewat Program

Ada sih program pembantu yang bisa dipakai buat edit TOBJ, seperti

  • TOBJ Editoratau …
  • Mods2Studio (support ETS2 versi terbaru).

Tapi kalau penulis sih pakai trik sendiri. Karena... apa gunanya SCS Blender Tools sama Converter PIX tadi?

  1. Syarat : Kalian harus convert dulu semua file/folder yang ingin diperbaiki jadi format khusus (.pim, .pit, .pia, dll.) Baca lagi tutorial Part 2 : Tutorial Import Model SCS dengan SCS Blender Tools 
  2. Balik ke folder/pack model map hasil konversi pakai ConverterPIX tadi. Buka folder hasil export (yang ada imbuhan _exp) tadi dan arahkan ke tempat model .pim, pit, dkk. berada. Dan ternyata hasil convert dari format .tobj berubah jadi... ya, tetap .tobj.
  3. Tapi... langsung buka file tobj hasil convert-nya. Loh… kok… isinya sudah berubah ternyata
  1. Silakan ganti path lokasi file dds (di contoh pakai tekstur .tga) sesuai file tobj yang ditaruh di tempat yang sama (itu kalau ada yang error atau missing "texture")
  2. Buka program Blender, tanpa perlu buka model .pmd langsung arahkan ke SCS Base Path. Ganti sesuai path/lokasi folder_exp di poin 2 sebelumnya. Langsung deh scroll ke bawah dan mulai Convert file sama seperti cara-2 diatas.
  3. Pastikan di file zip hasil jadinya sudah terdapat file DDS dan TOBJ baru


Itu saja tips yang bisa penulis sampaikan. Kalau ada masalah terkait pembahasan di atas, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat! Tetap ikuti terus Blog Pejindo.



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 4) Tampilan, Menu & Tool di Map Editor ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 6) Mengenal Replacement Tool di Map Editor ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

Share:

22 comments:

  1. Halo bro..
    Bro minta saran dong. Cara menambahkan misc item ( service point/ sleeping point tanpa menggunakan prefab) bagaimana ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sleeping point bisa langsung pakai item yang namanya "trigger". Nanti apa opsi semacam "hud parking" lewat item properties. Kalau service point seperti bensin atau tempat bengkel kelihatannya sudah berubah cara menambahkannya di map editor, beda dengan versi sebelumnya yang masih bisa menambah service point.

      Selengkapnya saya coba buat post baru di blog ini. Semoga membantu.

      Delete
    2. wah oke Bro, Thx.
      soalnya lagi belajar editing map di waktu senggang.
      saya bisa request model "jetbus" gak Bro.? biar bisa compatible dengan v 1.27.2.1.
      Thx before

      Delete
    3. Saya coba dulu ya. Terima kasih.

      Delete
    4. ada sedikit glitch saat respwan di port Labuan Marin bro, kalo lagi memakai trailer heavy cargo/ Long, trailernya kena pagar(bagian belakang trailer), otomatis truck + trailernya melompat dan terbang XD.
      mungkin titik respawn-nya bisa di pindahkan sedikit.
      Thx..

      Delete
    5. Terima kasih, akan saya perbaiki.

      Delete
  2. Masbro, sorry banyak tanya ... :3
    Cara memindahkan posisi Map bagaimana ya.?
    Map standalone. Thx before.. (lagi..hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya terlambat membalas. Tapi cara ini cukup menantang juga.

      Pertama simpan dulu map dalam format .sbd (bukan dalam format .mbd yang biasanya dipakai untuk simpan map), usahakan map tersebut dalam standalone. Lalu buat baru (new) dan import file .sbd yang sudah dibuat sebelumnya, setelah itu letakkan di tempat yang diinginkan.
      Cara alternatif lainnya tinggal blok/select all semua item di map lalu pindahkan secara manual atau tinggal copy-paste map, tapi resikonya bisa mudah crash (CTD) jika terlalu banyak item yang di blok/dipilih.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Siap Bro. Makasih ya Sangat membantu Pemula seperti saya. :)
      Bro sekalian mau share hasil kerja saya, kalau ada waktu, mohon di review ya.
      Link : https://mega.nz/#!6RdxiAQD!Y205aCCBb4fM6WGNZ8HArBq_pmMRyTD14sjUWFj0gcE

      SHARE MODS
      http://sharemods.com/qjw0oepr3pia/Map_NorthSulawesi_V._0.1_ETS2_1.27_Only.zip.html

      Delete
    3. OK, kalau ada waktu saya akan coba lihat. Terima kasih ;)

      Delete
    4. Maaf sebelumnya, tapi mungkin apakah link downloadnya bisa diganti lewat situs upload yang lain (seperti mediafire, zippyshare, atau google drive)??
      Karena saya coba download lewat sharemods atau mega.nz sering gagal dan lambat sekali untuk didownload. Jadi saya belum bisa review saat ini.

      Delete
  3. kiosk aslinya dari model extreme 2, bukan dari tsm

    ReplyDelete
  4. hallo mas,boleh mengambil base model kamu gak soalnya saya mau butuh ni,nanti saya sertakan credit nya

    ReplyDelete
  5. saya pakai nama credit nya "septianMR" boleh?

    ReplyDelete
  6. saya menggunakan conversion dump path di 1.34 kok gak muncul yak di new convert

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa, mungkin harus buat folder baru dengan nama 'new convert'. Dan pastikan lokasi folder tsb. sesuai saat nengisi conversion dump path tadi.
      Semoga membantu.

      Delete
  7. Mas, klo untuk versi 1.36 gmn? hrs ditambahin kata -edit kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, isinya pakai parameter seperti itu. Lihat penjelasannya disini
      https://pejindo.blogspot.com/2017/04/map-editor-tutorial-euro-2.html

      Delete

ETS2 Map Mod (1)

ETS2 Map Mod (1)
JRR (Java Road Revolution) - Pejindo Project

ETS2 Map Mod (2)

ETS2 Map Mod (2)
NIR (Northern Ireland Rebuilding) Map - Promods Addon

Facebook