Map Editor Tutorial ETS2 Part1 : Pendahuluan

Salam! Di blog ini, saya memulai seri tutorial tentang “Panduan Map Editor ETS2”. Seri tutorial ini menjelaskan banyak hal seputar map editor, baik teknik membuat map (peta), penggunaan menu, tool, dan fungsi pada map editor, berbagai pembaruan terakhir dari map editor, dan masih banyak lagi. Bagi para pemula wajib hukumnya untuk membaca post/artikel yang satu ini.

#1 Pendahuluan & Daftar Panduan Map Editor ETS2

Update pada :  Januari 2023
Alasan : REVISI

Pengertian Singkat ETS2

Sekedar pendahuluan, Euro Truck Simulator 2 atau disingkat ETS2 merupakan salah satu game atau permainan simulasi truk yang dibuat oleh tim SCS asal Republik Ceko. Permainan ini terbawa ke dunia kerja dalam jasa pengiriman barang. Pemainnya adalah seorang supir truk yang memulai usaha jasa pengiriman barang dengan modal awal € 2.000 (Dua ribu Euro) dan satu garasi kecilnya, bekerja mengangkut barang ke berbagai kota lalu mendapatkan uang dan kemampuan (skill) meningkat. Hal itu terus berulang hingga menjadi kaya dan mempunyai banyak garasi dan truk.

Banyaknya pendapatan dari hasil pengiriman barang tersebut tergantung pada jenis barang yang diangkut, jauh dekatnya kota tujuan yang akan dikirim, kemampuan yang dimiliki dan cara mengendarai truk. Bila barang yang diangkut (trailer atau kargo) ada yang mengalami kerusakan atau datang terlambat pendapatan akan berkurang (membayar denda). Begitu pula dengan menabrak kendaraan lain, atau melewati batas kecepatan yang ditentukan. Supaya bisa menjadi supir yang kaya raya dan terampil harus bisa mengatur strategi atau perencanaan yang baik, dan tentunya tertib berlalu lintas dan berkonsentrasi menjaga barang yang diangkut agar tidak rusak.

Tampilan Map Editor ETS2 - versi 1.46

Karena namanya Euro Truck Simulator maka permainan ini pastinya merupakan game simulasi truk di beberapa negara di Eropa. Ada banyak lokasi yang bisa dijelajahi. 

  • Pertama saya sebut BASE map (bisa disebut map vanilla atau map bawaan atau map orian game) dimana menjadi wilayah start-game atau lokasi awal game. Sebarannya meliputi Inggris (UK), Belanda, Jerman, Belgia, Luksemburg, Swiss, Rep. Ceko, Austria, serta sebagian Prancis, Italia, Polandia, dan Slowakia.
  • Lalu ada berbagai peta/map DLC yang dijabarkan sebagai berikut:
  • (1) DLC Going East (1.14) meliputi sisa negara Polandia, Slowakia, dan Hungaria.
  • (2) DLC Scandinavia (1.17) meliputi Denmark, sebagian Norwegia, dan sebagian Swedia. 
  • (3) DLC Vive la France (1.26)  khusus ekspansi negara Prancis secara keseluruhan.
  • (4) DLC Italia (1.30) khusus ekspansi negara Italia secara keseluruhan. 
  • (5) DLC Beyond the Baltic Sea (1.33) meliputi negara sepanjang laut Baltik, seperti Estonia, Latvia, Lithuania, sebagian Finlandia, hingga sebagian Rusia (termasuk wilayah Kaliningrad). 
  • (6) DLC Road to the Black Sea (1.36) meliputi negara sepanjang laut Hitam, meliputi Romania, Bulgaria, dan sebagian kecil Turki (sisi Eropa). 
  • (7) DLC Iberia (1.40) meliputi seluruh wilayah semenanjung Iberia, yakni negara Spanyol dan Portugal. 
  • (8) *Rencana* DLC Heart to Rusia - Ditunda karena kisruh perang Rusia - Ukraina
  • (9) *Rencana* DLC West Balkan - Masih WIP a.k.a belum jadi
  • (10) *Rencana* Northern Scandinavia - Cuma sebatas wacana

Jika bosan jelajah tempat itu-itu saja dan ingin yang map-nya lebih bagus dan real daripada yang sudah ada di game, maka tersedia pula berbagai macam mod yang bisa dipilih, seperti truk, traffic kendaraan, cuaca, trailer/kargo, hingga mod map/peta. Beberapa situs di internet pun menyediakan berbagai macam mod ETS2 yang kita inginkan. Dengan catatan, mod tersebut harus sesuai dengan versi yang dimiliki game ETS2. Selain itu carilah mod yang sekiranya tidak menimbulkan error, bug, atau hal lain yang menyebabkan mod tidak bisa berjalan lancar.

Diingat ya, adick-adick... ini game ETS2 yang resmi hanya dipakai buat PC (Komputer atau Laptop). BUKAN UNTUK GAME ANDROID!

Spesifikasi untuk game Euro Truck Simulator 2 (ETS2) :

Spek Minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10, Mac OS X 10.9 (Mavericks), atau Linux Ubuntu 12.04
  • Processor Dual core CPU 2.4 GHz
  • 2-4 GB RAM/System memory (tergantung versi game)
  • DirectX 11 (mulai versi game 1.36 keatas), kalau versi lama bisa untuk DirectX 9
  • Kapasitas harddisk tersedia antara 1.5 - 4 GB (tergantung versi game)
  • Graphics : GeForce GTS 450-class (Intel HD 4000)

Rekomendasi :

  • OS: Windows 7/8.1/10 64-bit
  • Processor: Quad Core CPU 3.0 GHz
  • Memory: 6 GB RAM
  • Graphics: GeForce GTX 760-class (2 GB)
  • Hard Drive: 3 GB available space

Sekilas Tentang Mod Map (Peta)

Saat ini ada banyak sekali mod map/peta yang bisa dimainkan dengan fitur yang beragam dan menarik. Mulai dari mod map Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, Wilayah Rusia, Amerika Selatan, sampai Indonesia.

Masing-masing map memiliki berbagai ciri khas masing-masing dengan kualitas yang berbeda. Ada map yang besar dan luas dengan menambah banyak kota/desa, adapun yang cukup kecil/sedang tetapi lebih detail dan ramai, ada juga yang terbilang luas namun hanya berupa hutan dan perbukitan. Dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya merupakan representasi dari wilayah sungguhan. Namun ada juga yang hanya sekedar imajinasi/fiksi dengan keunikan tersendiri.

Selain itu tak sedikit mod map yang harus memerlukan setiap map DLC yang keluar saat ini baik salah satu atau bahkan semuanya. Tetapi masih ada beberapa mod yang bahkan tidak memerlukan peta/map DLC sama sekali.

Jenis Mod Map Berdasarkan Penempatan dan Posisi Penyimpanan

Ada dua jenis utama, yaitu add-on dan stand-alone.

1. Add-on Map

Ini adalah jenis map yang berupa ekspansi atau penambahan jalur dan tempat baru dari map yang sudah tersedia di game, baik base map maupun DLC. 

Ciri utamanya adalah map yang dibuat hanya disimpan kedalam satu file map utama bertajuk europe.mbd. Dari beberapa sumber, saya jabarkan lagi jenis add-on map di bawah.

a) Extended Road & Road Connection

Map seperti ini hanya menambahkan jalanan buatan sendiri di peta original atau bawaan game itu sendiri (base map atau DLC). Jalanan ini umumnya bersifat shortcut (jalan pintas) atau optional (jalan tambahan), dengan membuat jalur lain menuju suatu kota yang sudah ada.

b) New City and/or Company

Untuk map yang satu ini tidak sekadar menambahkan jalan, melainkan perusahaan (company) dan kota buatan sendiri. Perbedaannya pun berhubungan dengan script pengadaan kota dan perusahaan.

c) Rebuild atau Rework

Berbeda dengan kedua jenis diatas, map yang satu ini lebih fokus pada pengerjaan ulang (rebulid) semua peta original yang sudah ada di game. Misalnya membuat simpang susun yang lebih rumit atau membuat ulang kota yang sudah ada menjadi lebih kompleks dan ramai.

2. Stand-alone Map

Sedangkan yang ini adalah membuat map sendiri dari “Nol” atau dalam bahasa Inggris “Build from Scratch”. Intinya benar-benar terpisah dari peta original atau bawaan game. 

Untuk map dengan jenis tersebut bisa disimpan dengan nama bebas, seperti indonesia.mbd atau fantasy.mbd. Untuk mengetahui map tersebut bisa terlihat dari Playing/Map Module saat memulai Profile baru.

Jenis Mod Map Berdasarkan Desain dan Genre

Ada dua jenis utama juga, yaitu Realistic dan Fictional.

1. Realistic Map

Ini adalah jenis map yang memang dibuat seperti daerah sesungguhnya. Hampir semua map yang ada saat ini lebih menyukai map model tersebut. Namun kata “realistis” ini bergantung dari beberapa aspek yang saya bagikan lagi seperti di bawah ini.

a) Scale

Maksudnya map tersebut dibuat menurut skala tertentu. Jarak yang akan dibandingkan adalah panjang dalam map editor (dalam m) dengan jarak sesungguhnya (dalam km). Untuk map original sendiri atau map add-on dibuat kedalam skala 1:19 untuk countryside (wilayah secara keseluruhan) dan skala 1:3 khusus untuk perkotaan (catatan: area yang dibatasi atau masuk kedalam blok garis item “City”).

Namun ada sebagian map yang menggunakan skala yang lebih luas. Seperti skala 1:8, skala 1:3, bahkan skala 1:1 (sama persis dengan panjang di map editor). Namun sejauh ini tak banyak map semacam itu benar-benar berhasil hingga menjadi populer, bahkan tak jarang proyek map berskala 1:1 berhenti di tengah jalan.

b) Similiarity

Maksudnya map tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga mirip sekali dengan tempat sungguhan. Seperti adanya landmark atau bangunan yang benar-benar nyata di dalam game. Atau membuat jalan yang sesuai dengan jalan sesungguhnya. Jadi bila dibandingkan dengan foto atau Street View akan terlihat sama persis. Pemain akan merasa sedang berada di dunia nyata.

Namun sulit sekali menjumpai map semacam itu karena membutuhkan teknik, aset, model bangunan, dan riset yang mendalam. Cukuplah berterima kasih kepada beberapa aset map DLC yang sudah terlihat sangat keren dan realistis.

c) Level of ground

Maksudnya map tersebut dibuat sesuai ketinggian permukaan tanah aslinya. Bisa jadi suatu tempat dibuat pada height atau ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut (pada map editor) sesuai dengan ketinggian di tempat sesungguhnya. Namun resikonya ialah fungsi tampilan item atau node/titik di map editor tidak bekerja pada batas ketinggian tertentu.

Jarang memang menemukan map yang satu ini, tetapi khusus map buatan Indonesia pasti sudah tak asing dengan salah satu map dengan jenis yang satu ini, kan?

d) Real Situation or Feeling

Maksudnya map tersebut sengaja dibuat dengan suasana tertentu, walaupun sebenarnya jalurnya tidak sesuai dengan tempat sungguhan. Terkadang aspek tersebut cenderung kearah Fictional (imajinasi semata).

Misalnya suatu negara memiliki struktur jalan yang buruk, berlubang, dan tidak rata. Maka dibuatlah jalan dengan model tersebut tanpa memikirkan layout jalan atau persimpangan yang dibuat. Atau misalnya di suatu kota ada banyak gedung apartemen. Maka ditambahkan saja model bangunan apartemen sebanyak mungkin tanpa melihat bentuk, posisi, atau sebaran nya sesuai di tempat sungguhan.

Umumnya banyak map yang seperti ini, dengan dalih keterbatasan teknik, aset atau model, maupun skala map. Namun beberapa diantaranya ada yang mengutamakan aspek lain seperti tiga jenis diatas.

2. Fictional Map

Kebalikan dari realistic, adalah jenis map yang dibuat sesuka hati tanpa melihat mirip tidaknya suatu tempat sesungguhnya. Mau buat map dengan jalan seperti roller coaster, kota di atas awan, atau jalan ekstrim berlumpur. 

Pengertian Map Editor

Ada program aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat dan modifikasi peta atau map ETS2/ATS. Namanya Map editor, yang merupakan program tambahan langsung dari game Euro Truck Simulator 2 ini. Program map editor sejatinya dibuat khusus para karyawan SCS selaku pembuat game ETS2/ATS, sehingga sudah mengalami banyak evolusi dari versi pertama sampai versi terbaru mengikuti kebutuhan mereka sekaligus perkembangan teknologi zaman sekarang. Semakin baru versi game ini, semakin berubah pula tampilan interface maupun menu dan fitur yang dimiliki map editor, mulai dari tampilan program sampai tool baru yang masih asing di benak para mapper.


Logo ETS2

Situs SCS Modding Wiki bisa menjadi wadah untuk panduan lengkap tentang membuat mod apapun, termasuk map. Sebenarnya ada beberapa sumber dari situs web atau blog lain yang juga menyajikan beragam tutorial tersebut baik dalam bahasa Inggris, maupun Bahasa Indonesia, salah satunya di Blog Pejindo ini.

Untuk game sekuel-nya (American Truck Simulator) sebenarnya menggunakan program yang sama, baik dari tampilan, game-sistem, maupun tool dan fitur yang sama persis dengan ETS2.

Daftar Tutorial

Sebenarnya banyak tutorial atau panduan map editor untuk ETS2 di pencarian Google, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Mungkin masing-masing orang punya cara dan pemikiran yang berbeda. Tetapi di blog Pejindo ini saya mencoba menyajikan tutorial ini dengan penjelasan yang lebih kritis tetapi lebih enak dipahami, serta memiliki banyak ilmu level “Advance” yang mungkin sama sekali tidak disadari oleh para mapper (pembuat mod map)

Berikut berbagai tutorial yang sudah saya posting di blog Pejindo ini. Ada puluhan macam panduan atau tutorial yang bisa dipelajari di blog ini. Karena sudah terlampau banyak jika dibuat daftar disini. Maka saya kelompokkan jadi beberapa kategori atau label di bawah ini.

Kategori 1 : Map Editor General Tutorial

Kategori 2 : Map Editor Item Properties

Kategori 3 : DEF Script untuk Map Editor

Kategori 4 : Trik Dasar Map Editor

Kategori 5 : Modding Guides + Other Tutorial



4 comments:

  1. Mas kok tiap mau save gagal trus gmn sokusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin baca dulu tutorial satu ini, pasti ada yang dilewatkan (penempatan folder base/map atau karena sistem UAC aktif).

      https://pejindo.blogspot.com/2017/04/map-editor-tutorial-euro-2.html

      Kalau tetap nggak bisa, mungkin saja ada mod lain yang error.
      Semoga membantu.

      Delete
  2. " failed to load map "
    Kok gitu min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan. 1) Nama map di file .mbd salah; 2) Ada sektor map yang hilang (aux, base, atau desc); 3) Versi game tidak kompatibel; 4) Bentrok sama mod lain

      Semoga membantu.

      Delete