Map Editor Tutorial ETS2 Part7 : Traffic Tool + Trajectory (Bagian 1)

Salam! Setiap kali update pergantian versi ETS2 atau ATS, pasti selalu kehadiran berbagai aset dan model map (ori) baru, termasuk juga jenis objek item dan tool baru di map editor. Tentu saja di versi yang lama tidak ada. Jadi penulis sarankan, biasakan update versi mod nya sesuai versi ETS2 yang terbaru. Jangan terus terjebak di versi lama itu-itu aja kalaupun semata-mata demi memenuhi harapan terakhir dari user setia kalian.

Alkisah, banyak mod yang sudah kompatibel di versi 1.23, ketika versi 1.30 muncul banyak keluhan dari user yang enggan menerima mod yang hanya bisa dipakai pada versi itu. Namun pada akhirnya kalah sama keadaan dan memilih update game ke 1.30.... Alkisah lagi, banyak mod yang sudah kompatibel di versi 1.30, ketika versi 1.35-1.36 muncul banyak keluhan dari user yang enggan menerima mod yang hanya bisa dipakai pada versi itu. Namun pada akhirnya kalah sama keadaan dan memilih update game ke 1.36.... Alkisah lagi, banyak mod yang sudah kompatibel di versi 1.36, ketika versi 1.40 muncul banyak keluhan dari user yang enggan menerima mod yang hanya bisa dipakai pada versi itu. Namun pada akhirnya kalah sama keadaan dan memilih update game ke 1.40.... Alkisah lagi, udah-udah... nanti pada ngamuk disini.

Versi OS Windows terhadap game aja juga begitu. Mulanya banyak game yang bisa buat Windows XP atau Vista, semenjak update support dihentikan dari OS-nya, pembuat game pun juga ogah mempertahankan programnya buat versi OS lama itu. Jadi akhirnya game di-update dan tidak bisa pakai buat OS Windows XP & Vista lagi. Lanjut lagi ketika banyak game yang bisa buat Windows 7, semenjak update support dihentikan dari OS-nya, pembuat game pun juga ogah mempertahankan programnya buat versi OS lama itu. Jadi akhirnya game di-update dan tidak bisa pakai buat OS Windows 7 lagi. Lanjut lagi ketika banyak game yang bisa buat Windows 8, semenjak update support dihentikan dari OS-nya, pembuat game pun juga ogah mempertahankan programnya buat versi OS lama itu. Jadi akhirnya game di-update dan tidak bisa pakai buat OS Windows 8 lagi. Dan seterusnya...

#7 Traffic Tool dan Item Baru ‘Trajectory’ pada ETS2/ATS (Bagian 1)

Diperbarui pada : Maret 2023
Alasan : REVISI


Map Item : Trajectory

Trajectory merupakan salah satu jenis "Map item" yang pertama kali muncul di game sejak ETS2/ATS versi 1.30. Item satu ini bentuknya menyerupai garis, mirip seperti item 'Mover' yang sudah ada sebelumnya, tetapi ini berfungsi sebagai jalur kendaraan. Kemunculan-nya difungsikan terutama pada fitur DLC baru “Special Transport”.

Sebenarnya item ini tergolong menguntungkan bagi para mapper. Mengapa? Karena dengan item ini bisa menjadi alternatif untuk membuat jalan kustom dan jalur persimpangan yang lebih beragam dan tak biasa, tanpa harus mengedit jalur di 3D-model editor atau membutuhkan sambungan prefab persimpangan (cross atau fork). Jadi, lumayan cocok sekali bagi kalian yang tidak punya kemampuan (skill) bikin model map, atau memang malas bikin prefab lewat program Blender.

Bagaimanpun, program 3D-model editor tetap dibutuhkan sih, khususnya untuk mengatur jalur navigasi/GPS dan mengedit tekstur aspal dan marka jalan. Karena item Trajectory ini tidak menghitung rute navigasi GPS jadi pengaruhnya cuma pada traffic AI nya.

Contoh Item "Trajectory" - ETS2 1.40

Untuk membahas lebih lanjut tentang "Trajectory", kita tahan sejenak ya. Sekarang penulis ingin ajarin satu hal lain di bawah ini.


Traffic Tool

Traffic tool adalah tool khusus di map editor, yang sesuai namanya berfungsi menampilkan dan mengatur lalu lintas kendaraan langsung di map editor

Jadi, kalian bisa lihat pergerakan lalu lintas kendaraan AI baik mobil, bus, truk, bahkan kereta api atau tram langsung di map editor, tanpa harus melakukan ‘Run Map’. Ini sangat membantu untuk modder yang sedang bikin prefab baru atau menambahkan trajectory yang sudah saya ulas diatas.

Di map editor, ikon tool ini pada tool bar bergambar mobil. Di versi 1.30 - 1.35, tool ini masih menggunakan keyboard numeric/numpad [Num] atau [Fn] untuk mengoperasikan-nya.

Namun sejak versi 1.36 sampai 1.40 keatas, traffic tool sudah ada tampilan menu sendiri sehingga tidak usah bingung pencet-pencet keyboard segala.

Contoh pemakaian "Traffic Tool" - ETS2 1.40

Ingat, traffic tool ini hanya ada sejak versi 1.30 keatas. Jadi, kalau ingin mempelajari tool ini harus di-upgrade terlebih dahulu ke versi tersebut!


Cara Menjalankan "Traffic Tool"

Untuk mengaktifkan tool ini cukup pilih icon bergambar 'mobil merah' pada menu tool-bar.

Catatan : Awalnya ada shortcut tombol keyboard 'O' buat menjalankan traffic tool ini. Namun sejak ETS2 1.34 atau 1.35 keatas, tombol O sudah tidak berfungsi lagi.

Setelah diaktifkan, maka semua titik/node objek map apapun tidak bisa diutak-atik. Tapi objek map itu sendiri masih bisa terlihat utuh (kesannya cuma sedang di-lock aja biar gak geser-geser gitu). Kalau toll ini dimatikan atau tidaka aktif, maka objek map balik lagi seperti semula.

Ada beberapa setting dan pilihan mode yang bisa kalian gunakan pada Traffic tool ini.

Menu : Speed Limits

Mode ini tentunya sesuai nama berfungsi mengetahui 'batas kecepatan' kendaraan/traffic AI yang melintas di setiap jalur. Jalur/garis pada mode ini ditampilkan berbagai warna yang terbagi berdasarkan data batas kecepatan yang tersedia di game (versi 1.30 - 1.35 awalnya cuma jalur berwarna merah).

Berikut setiap menu dan fungsi-fungsinya sesuai gambar diatas:

  1. Vehicle Type : Yang pasti untuk mengetahui set batas kecepatan sesuai tipe kendaraan/traffic AI. Ingat, di file "def/country/<nama_negara>/speed_limit.sii" datanya dibedakan batas kecepatan maksimal antara mobil (car), truk (truck), dan bis (bus). Kecuali jika di suatu jalur ketimpa sama objek map Sign khusus 'speed limit' yang otomatis semua tipe kendaraan/traffic AI mengikuti data sesuai rambu yang ditimpa.
  2. Current Speed Limit Position (1) : Menampilkan anggota kelompok tiap besaran batas kecepatan yang dibedakan dengan warna. Misal batas kecepatan 30 (satuan km/jam) dibikin warna jingga/oren jadi pada jalur yang dilewati traffic AI (lihat kotak no.2 di gambar atas) yang garisnya warna oren berarti saat melintas pakai batas kecepatan 30 km/jam.
  3. Current Speed Limit Position (2) : Sama dengan nomor 2. Misal batas kecepatan 50 (satuan km/jam) dibikin warna kuning jadi pada jalur yang garisnya warna kuning berarti menunjukkan saat melintas pakai batas kecepatan 50 km/jam.
  4. Deskripsi data (di pojok kiri bawah) : Ketika kalian arahkan kursor ke jalur warna jingga/oren (lihat lagi kotak no.2 di gambar atas, nampak tanda panah ungu tipis) maka di pojok itu bakal tampil semacam deskripsi data dari jalur yang disentuh kursor mouse. 
  5. Keep custom colors : Mungkin dibuat agar warna tetap muncul seperti di gambar atas (gak tiba-tiba berubah sesuai data pada DEF country)
  6. Help : Hanya berupa penjelasan buat kalian, sama seperti yang penulis jelaskan diatas - Terjemahan : Warna (yang menentukan) batas kecepatan disesuaikan dengan (setiap) nilainya: warna cerah atau hangat (berarti batasnya bernilai rendah) -> warna gelap atau dingin (berarti batas kecepatannya tinggi)... TIP: (kalau mau lihat) Batas kecepatan secara spesifik bisa dipilih baik itu lewat dialog menu tsb. atau langsung klik jalurnya dengan tombol kiri mouse.

Kadang ketika kalian mau coba sentuh jalur warna-warni itu pasti nggak pas jadi kesulitan, kan? Karena itu bisa diatasi dengan aktifkan tool "Snap to Ground" (yang icon Magnet tapi bawahnya garis lurus). Disarankan aktifkan tool tersebut biar lebih leluasa saat nge-klik garis traffic AI nya nanti saat mengaktifkan Traffic Tool.

Saat memilih jalur itu, di pojok kiri bawah map editor tertera "Deskripsi data (no.4)" penjelasan tentang tipe jalan, batas kecepatannya (baik yang sudah diatur dalam data country def secara default, maupun yang terpengaruh/mengikuti rambu/sign yang dipasang), serta jarak masing-masing item jalur.

Berikut keterangan secara umum di bawah ini :

  • [rural local_road] = Jalan raya daerah/pedesaan (jalan kolektor)
  • [rural expressway] = Jalan raya utama atau jalur lintas cepat (jalan arteri)
  • [rural motorway] = Jalan tol biasa.
  • [urban local_road] = Jalan perkotaan biasa di daerah maupun pedesaan.
  • [urban expressway] = Jalan perkotaan utama atau jalur bypass (jalan arteri)
  • [urban motorway] = Jalan tol tapi ketika masuk wilayah perkotaan (contoh tol JORR)
  • [public] = Jalan yang bisa diakses semua kendaraan/traffic AI
  • [private] = Jalan yang tidak bisa diakses semua kendaraan/traffic AI (no AI traffic)
  • Speed limit : kph = Satuan kecepatan kilometer per jam (km/h) - ditampilkan batas kecepatan untuk CAR (mobil) dan TRUCK (truk)
  • Speed limit : mph = Satuan kecepatan mil per jam - ditampilkan batas kecepatan untuk CAR (mobil) dan TRUCK (truk)
  • (nama_negara) = Deskripsi lain bahwa pada jalur tersebut batas kecepatannya mengikuti data DEF Country (negara) yang dimasukkan.
  • (local sign : __m) = Deskripsi lain bahwa pada jalur tersebut batas kecepatannya mengikuti pengaruh dari objek rambu lalu-lintas (Sign) yang dipasang pada jarak sesuai yang ditampilkan (dalam x meter)

Pada beberapa titik juga terlihat angka berwarna kuning lengkap dengan jaring warna biru. Sebenarnya itu adalah batas titik pergantian antar dua batas kecepatan namun dalam keadaan ekstrim atau selisih-nya terlalu besar. Misalnya jika tertera angka “130/50”, maka pada titik tersebut mengalami perubahan batas kecepatan kendaraan AI dari 50 km/jam menjadi 130 km/jam atau sebaliknya - kan ekstrim perubahan-nya. Namun itu pun bisa dihilangkan dengan dipasang objek 'Sign' tipe 'Speed limit di sekitar jalan itu agar perubahan angkanya agak lebih kecil.



Menu : Access/Spawning

Mode tool berikunya adalah access/spawning. Inilah mode yang menarik dari traffic tool, dimana kalian bisa menguji kendaraan/traffic AI melintas langsung di map editor. Pada mode ini, jalur/garis langsung berubah menjadi hijau atau merah.

  • Garis hijau : Jalur tersebut bisa dimunculkan traffic AI nya (semua tipe)
  • Garis hijau muda : Jalur tersebut bisa dimunculkan hanya untuk traffic AI yang gak punya trailer/kargo
  • Garis merah : Jalur tersebut tidak bisa dimunculkan traffic AI nya
  • Garis kuning : Jalur tersebut bisa dimunculkan hanya untuk traffic AI khusus sebanyak satu atau lebih jenis/tipe
  • Garis kuning tua : Jalur tersebut bisa dimunculkan hanya untuk traffic AI khusus sebanyak satu atau lebih jenis/tipe (tapi tanpa trailer/kargo) 

Nah, perubahan garis merah & hijau ini tergantung pada : 1) Tipe Kendaraan (Vehicle Type); 2) Jika objek jalan/road dicentang "No AI Traffic"; 3) Pengaruh dari penempatan "Traffic Area". 


Berikut keterangan dan fungsinya pada menu-menu dialog tersebut :

  1. Show access for : Memilih tipe kendaraan AI (vehicle type) yang ingin dimunculkan pakai traffic tool. Daftar yang disediakan sudah penulis jelaskan terpisah di bawahnya
  2. (Sub modes) Spawn : Hanya difungsikan untuk memunculkan kendaraan/traffic AI pada garis jalurnya
  3. (Sub modes) Manipulate : Hanya difungsikan untuk mengubah posisi atau lajur si kendaraan/traffic AI setelah dimunculkan tadi (misal dibelokkan ke jalur lain)
  4. (Sub modes) Remove : Hanya difungsikan untuk menghapus paksa kendaraan/traffic AI yang sudah dimunculkan sebelumnya
  5. (Settings) Spawn stopped vehicles : Ini mungkin agar dimunculkan juga kendaraan/traffic AI pas lagi berhenti di tengah jalan atau di parkir(?)
  6. (Settings) Spawn random vehicle types : Ini agar kendaraan/traffic AI yang muncul ketika di-klik secara random jadi enggak harus sesuai menu no.1 diatas (misal pertama klik muncul mobil, klik kedua muncul bus, klik ketiga muncul truk, dsb.)
  7. (Settings) Ignore spawn restrictions : Ini dibuat mengabaikan garis merah - jadi mungkin kendaraan/traffic Ai bisa muncul dimana saja biar dibikin semrawut (misalnya...)
  8. Unstop all vehicle : Berarti (mungkin) semua kendaraan/traffic AI yang sudah dimunculkan pada jalurnya terus saja jalan dan gak berhenti (kebalikan dari no.9 dibawah)
  9. Stop all vehicle : Berarti (mungkin) semua kendaraan/traffic AI yang sudah dimunculkan pada jalurnya tiba-tiba berhenti semuanya kek lagi mode 'Pause'
  10. Remove all vehicle : Semua kendaraan/traffic AI yang sudah dimunculkan banyak-banyak langsung dihapus semuanya sekaligus.

Berikut jenis kendaraan/traffic AI yang bisa dimunculkan pakai traffic tool :


  • Car = Mobil secara umum
  • Car_custom = Mobil tipe kustom (biasanya buat di perkotaan atau jalur tanah(?))
  • Truck = Truk secara umum
  • Truck_light = Truk khusus muatan kecil (misal mobil bak atau mobil box(?))
  • Truck_medium = Truk khusus muatan sedang (misal truk bak ala lokal Indonesia(?))
  • Truck_city = Truk khusus model di perkotaan (?)
  • Truck_custom = Truk tipe kustom (biasanya buat di perkotaan atau jalur tanah(?))
  • Bus = Bis secara umum
  • Train = Kereta api secara umum (khusus tipe traffic AI, bukan yang Mover)
  • Train_wire = Kereta cepat atau trem (?) (khusus tipe traffic AI, bukan yang Mover)
  • Police = Mobil polisi secara umum
  • Fire = Mobil pemadam kebakaran secara umum
  • Medical = Mobil ambulan secara umum
  • Custom = Tipe lain yang tidak dimasukkan (contoh traktor atau dokar(?))

Sebagai percobaan, kalian pilih dulu "Vehicle Type", lalu tentukan jalur mana yang mau dimunculkan trafficnya. Jika sudah, silakan klik jalur yang dipilih tersebut. Kadang ketika kalian mau coba sentuh jalur hijau & merah itu sering nggak pas jadi kesulitan, kan? Karena itu bisa diatasi dengan aktifkan tool "Snap to Ground" (yang icon Magnet tapi bawahnya garis lurus).

Kalau mau nambah banyak, tinggal klik lagi jalurnya berkali-kali, tapi harus dengan jarak agak jauh dari kendaraan lain. 


Mode Sign Range

Mode tool terakhir adalah sign range. Secara umum ini berfungsi mengetahui suatu titik maupun panjang jangkauan jalur yang terpengaruh oleh traffic_rule pada rambu (sign) di setiap jalur. Seperti rambu batas kecepatan, rambu berhenti atau beri jalan, rambu masuk-keluar tol, dan lain-lain.

Iya sih, tidak ada menu fitur yang bisa diatur dalam mode ini. Cuma ada penjelasan cara pakainya yang diterjemahkan menjadi berikut ini :

Menyediakan informasi (yang menjelaskan) tentang penempatan posisi rambu (item 'Sign'). 

(Caranya) geser dan sentuh kursor mouse-nya terhadap pin (titik/node) item Sign (perhatikan gambar diatas). (garis) Item warna merah (menunjukkan) bagian item yang terpengaruh oleh si rambu/sign (tadi) dan lingkaran (jaring) biru menandai titik/posisi (awal) yang mulai (kena efeknya).

PENTING: Tool ini hanya (untuk) menampilkan dimana posisinya (yang kena efeknya) bermula, dan tidak semua kawasan (di sekitarnya) terpengaruh oleh si rambu/sign (tadi).

Ya... seperti itulah kiranya. Tanda kurung menunjukkan kalimat tambahan yang sengaja dari penulis untuk memperjelas pemahaman kalian.


Video Ilustrasi

Oke, kalau kalian masih bingung sama penjelasan dar penulis, kalian juga bisa menyimak video "cara memakai traffic tool" yang satu ini : 

ETS2 Versi lama (1.31)

ETS2 Versi Baru


Itulah cerita lengkapnya dari penggunaan Traffic Tool pada map editor ETS2 (juga ATS). Untuk membuat Trajectory dan mengujinya langsung dengan Traffic tool ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya. Jadi tetap ikuti terus Pejindo Blog.

Bersambung ke BAGIAN 2

Sumber tambahan : https://modding.scssoft.com/wiki/New_Editor_Features_info_-_old_%2B_1.47


Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 6) Mengenal Replacement Tool (F3) di Map Editor ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 8) Traffic Tool & Item Baru Trajectory (Bagian2) ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##


22 comments:

  1. Kami menunggu bagian 8 tutorial TRAJECTORY.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang dalam proses. Tutorialnya akan rilis dalam waktu dekat.

      Delete
    2. Sudah rilis tutorial baru trajectory. Bisa dicek sekarang.

      Delete
  2. Gan kl buat map ada lalulintas kereta.tetapi kl di lewati kendaraan TRUCK atau ai palang pintu tdk menutup.bagamanana caranya agar tertutup.trinm ets2 v1.30 full dlc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus ada kereta yang lewat supaya bisa tertutup. Tinggal tambahkan item mover di rel lalu pilih yang bertuliskan train. Contohnya bisa dilihat pada peta base Ets2.
      Semoga membantu.

      Delete
  3. kalo mau ngubah batas kecepatan dijalan dimap yang udah jadi dimana ya gan foldernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau foldernya ada di def/country//speedlimit.sii, tapi itu untuk batas kecepatan secara keseluruhan dalam satu negara. Sedangkan untuk jalan tertentu cukup tambahkan item sign (rambu) di samping jalan.
      Semoga membantu.

      Delete
  4. Misi gan. Mo nanya cara benerin sein traffic yg harus di edit apanya ya? Ane udah liat di map icrf sama map sumatra. Tp ttp ga work di map ane. Mohon pencerahan mastah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalahnya pada item Trajectory, solusinya buka item properties lalu ubah pilihan Blinker (mau yang kanan/right atau kiri/left).
      Selengkapnya buka di sini:
      http://pejindo.blogspot.com/2018/04/map-editor-tutorial-9.html

      Sedangkan kalau masalahnya pada prefab, maka harus diedit secara manual lewat program modeling (Blender atau Zmodeler)

      Semoga membantu.

      Delete
  5. Mas apakah edit gerbang tol biar left hand traffic pake trajectory itu bisa?
    Soalnya aku pernah coba dan ternyata gagal, soalnya tollgate yg tersedia semua right hand traffic (ets2 versi 1.30)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah utamanya memang pada posisi palang/gerbang dan trigger dari tol itu sendiri, dimana hanya tersedia buat trafik kanan. Cara paling efektif harus edit manual di program model editor (blender). Kalau pakai trajectory saja mungkin bisa membuat percabangan jalur saja, tapi tidak tersambung atau respon langsung dengan trigger tol.
      Semoga membantu

      Delete
  6. Tentang traffic, saat mencoba map editor di v1.30, saya tekan traffic tool kok g ada efeknya ya mas? Apa ada confignya untuk Test traffic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada, biasanya setelah diaktifkan traffic toolnya masih masuk mode Speedlimit, jadi nggak ada efek.

      Tekan Num+[-] (tombol [Num]atau[Fn] dan [-] ditekan bersamaan) buat pindah mode ke Accesibility/Spawning (pastikan path atau garis di jalam berubah jadi hijau). Terus kau mau dimunculkan kendaraan klik dulu satu titik/node jalan (traffic tool masih aktif) baru klik path garis hijaunya.

      Semoga membantu

      Delete
    2. Terimakasih mas.

      Ohya.. untuk menambah random road event, apakah bisa mas untuk map standalone? Saya coba kok yg keluar cuman event yg umum ya? Apa ada item khusus untuk menambah random road event ini?

      Delete
    3. Seharusnya bisa, tergantung negara/country apa yang mau dibuat. Kalau ternyata selain negara Prancis, Jerman, dan Inggris, berarti harus buat road event sendiri, buat model baru lagi, ngutak ngatik cutscene/camera point, buat map terpisah format .sbd, tambah script def lagi yang agak sulit dijelaskan.

      Delete
    4. Kalo di data road_event, kan ada country2 tertentu mas yang tersedia. Semisal saya cari dengan map editor, kok gak nemu ya lokasi dan nama dari kota-kota itu? Apakah memang kota DLC tidak bisa diedit?

      Delete
    5. Kalau mau lihat hasil road event di map editor nya ada caranya sendiri. Pakai Movie tool (ikon kamera film di toolbar). Setelah diaktifkan toolnya klik salah satu item jalan, terserah mau di map europe atau lainnya. Nanti akan terbuka dialog menu dan coba pilih satu satu sampai hasil road event nya muncul.

      Biasanya item road event disimpan lewat map terpisah, semuanya ada di folder map/scenes dan isinya file format .sbd.

      Delete
    6. Alhamdulillah,.. sudah bisa mas.. cuman pas saya tes pake traffic tool, kok nggak ngaruh ya?

      Trus, kalo misal road eventnya dibikin file standalone, cuman isinya tetep pake bawaan kok "not allowed ya mas? Trus ternyata kalo traffic tool diaktifkan, g ngaruh apa2 sama trafficnya. Apa karena road dan prefab yg saya pake cuman 2 lajur ya? 🤔

      Delete
    7. Traffic tool hanya terbatas untuk kendaraan tertentu (mungkin) atau road event nya harus dimunculka dulu baru diaktifkan traffic tool.

      Kadang saya bingung cara membuat yang baru. Harus pintar pintar edit script def untuk road event tersebut. Mungkin bisa dipelajari disini

      https://modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Engine/Random_Road_Events

      Nb. Maaf saya salah sebut, harusnya Cutscene tool bukan Movie tool. Karena ikonnya mirip kamera film jadi nyebut movie xD

      Delete
  7. Mas ko saya, di taffic toolnya yg ad traffic mobil aj, ga ad trucknya atu kendaraan lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong baca lagi yang saya sampaikan diatas. Harusnya caranya begini.

      Untuk menguji dengan jenis kendaraan lain, tekan Num+[/] (tombol [Num]atau[Fn] dan [/] ditekan bersamaan) di keyboard.

      Delete
  8. mas, supaya traffic abis nyalip (ngambil jalur kanan) dia gabalik lagi ke jalur asal (jalur kiri) gimana ya? supaya saya bisa ada kesan zigzag ngeblong nya, gacuma nunggu traffic depan balik lagi ke jalur kiri

    ReplyDelete