Mengenal Script Map Definition (DEF) ETS2 : Company Data

Definisi (DEF) ETS2 #2 : Company Data (Tempat Job Perusahaan di Game)

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : Revisi

Salam! Postingan ini akan menjelaskan khusus bagian, fungsi, dan deskripsi masing-masing teks/script yang tertulis di setiap file yang berformat .sii/.sui pada folder “def”. Sekarang saatnya pengenalan!

Kali ini yang akan saya bahas ialah definisi (disingkat DEF) dari data company atau nama perusahaan di game. Pastinya game ini memiliki misi pengiriman barang dari suatu kota ke kota lain. Untuk itu, di setiap kota ada beberapa perusahaan/company yang menjadi tempat pengiriman, seperti gudang logistik, pabrik, pertambangan, peternakan, bahkan di bandara dan pelabuhan.

Dan untuk mengaktifkan semua tempat pengiriman tersebut diperlukan definisi (def) atau script baru ini. File yang diperlukan dalam menambah perusahaan baru ialah company.sii dan semua file yang terdapat pada folder ‘company’.

File company.sii

Sebagai permulaan, sekarang buka file company.sii yang berada langsung dalam folder ‘def’. Boleh menggunakan NotepadNotepad++, atau WordPad.

Bagian atas selalu diawali dengan tulisan SiiNunit sebagai teks pembuka suatu file. 

Di bawahnya tertera tulisan dalam bahasa Inggris yang selalu diawali dengan karakter # di setiap baris. Intinya hanya memberi penjelasan terkait pemberian imbuhan pada nama file .sii tersebut. Jangan pakai nama yang sama persis dengan yang sudah ada di bawaan (ori) game. 

Misal kalau ingin nambah data company tidak boleh langsung di file company .sii melainkan bikin file baru dengan nama beda (misal : company.map_jowo.sii)

Di bawahnya lagi, tertulis lengkap daftar script negara yang tersedia atau dipakai di game atau mod map/peta. Setiap daftar tersebut tertulis sebagai berikut.

@include “company/<nama_perusahaan atau tempat_job>.sii”

Maksudnya, setiap negara (country) yang akan dimasukan (include) akan memuat definisi lain yang tertulis pada file company/<nama_perusahaan atau tempat_job>.sii

Folder / "company" / <nama_perusahaan atau tempat_job>.sii /

Sekarang masuk ke folder ‘company’ itu sendiri.

Disitu ada banyak sekali folder dan file .sii (atau .sui) berisi berbagai macam nama company. Mulai dari kaarfor, ika_bohag, posped, eurogoodies, tradeaux, dsb. Tapi dari semua itu isi dan susunan script nya sama aja (hanya beda nama company diatas tadi. Jadi saya ambil salah satu file sii/sui sebagai patokan.

company_permanent: company.permanent.<tempat_job>
{
     name: "<tempat_job>"
     sort_name: "<tempat_job>"
     trailer_look: 
<tempat_job>
}

Berikut rincian dan fungsi setiap script diatas.

  • company_permanent: company.permanent.<tempat_job> : Parameter pembuka untuk data setiap tempat job (company) di game.
  • name: <tempat_job> : Nama tempat job (company) secara Default
  • sort_name: <tempat_job> : Nama tempat job (company) dalam huruf kecil
  • trailer_look: <tempat_job> : Nama tekstur skin trailer/kargo yang akan dimunculkan pada tempat job (company) itu.

Setelah itu pilih salah satu dari folder nama company yang ingin di klik, misal folder 'posped' tadi. Lalu akan tampak 3 folder lain : 

  • editor (daftar kota yang terdapat company ‘Posped’ tersebut untuk diaktifkan), 
  • in (barang/kargo yang dapat diterima/dituju oleh company ‘Posped’ tersebut), dan 
  • out (barang/kargo yang disediakan oleh company ‘Posped’ untuk dikirimkan ke tempat lain).

Folder / company / <nama_perusahaan atau tempat_job> / editor / <nama_kota>.sii

Folder "editor" inilah yang paling utama dan sering dipakai para mapper, yang bertujuan hanya untuk mengaktifkan tempat job (company) di suatu kota. Langsung saja buka folder editor.

Isinya memuat daftar kota yang terdapat suatu company (karena yang saya tunjukkan ini ada didalam folder company / posped / editor, maka maksudnya adalah daftar kota yang terdapat company ‘Posped’).

Sekarang coba buka salah satu kota yang ada. Boleh menggunakan Notepad, Notepad++, atau WordPad.

SiiNunit
{
company_def : .<nama_kota> {
 city: <nama_kota>
 prefab: <nomor_id_prefab>
}
}
  • company_def : .<nama_kota> : kode informasi nama kota pada suatu perusahaan(company).
  • city: <nama_kota> : nama kota yang akan diaktifkan dengan nama harus sama sesuai script company_def diatas.
  • prefab: <nomor_id_prefab> : Nomor kode unit ID prefab yang akan dipakai/diaktifkan untuk company tersebut. Untuk yang satu ini mungkin butuh sedikit hapalan, atau buka dan cari di folder def / world / prefab.sii
  • Contoh : prefab.263, prefab.dlc_fr_455, prefab.dlc_no_51, dll. Maka yang diambil yang diberi cetak tebal saja.

Folder / company / <nama_perusahaan atau tempat_job> / in atau out /

Masih di folder ‘posped’ tadi. Karena tadi sudah dilihat isi dalam folder editor, sekarang tinggal folder in dan out. Karena keduanya memiliki script/definisi yang sama di setiap file .sii. jadi saya buka salah satu saja, misalnya folder ‘in’.

Didalamnya terdapat sederet jenis trailer/kargo yang dimasukkan untuk company ‘posped’. Semua ini akan berhubungan langsung dengan foder def/cargo. Misalnya saya buka petrol.sii

SiiNunit
{
 cargo_def : . <nama_trailer/kargo> {
 cargo: "cargo. <nama_trailer/kargo>"
}
}
  • cargo_def : . <nama_trailer/kargo> : parameter informasi nama trailer/kargo.
  • cargo: "cargo.<nama_trailer/kargo>" : nama trailer/kargo yang harus sesuai dengan kode informasi diatas.

Untuk folder ‘out’ tidak jauh berbeda dengan yang satu ini. Hanya jumlah daftarnya saja yang berbeda. Mungkin sengaja dibuat beragam. Bahkan di folder company tertentu hanya ada folder ‘in’ saja, tanpa folder ‘out’.

Kenapa seperti itu?

Sesuai fungsi yang dijelaskan pada daftar poin diatas, folder 'in' berisi daftar muatan/kargo yang dapat diterima/dimasuki oleh company tersebut, sedangkan folder 'out' berisi daftar muatan/kargo yang disediakan oleh si company untuk dikirimkan ke tempat lain. 

Kalau bingung, anggap aja in = barang yang mau dibeli ; out = barang yang mau dijual. Masih bingung juga? anggap in = barang dari import ; out = barang yang mau di-eksport

Untuk suatu company yang hanya ada folder 'in 'tapi tidak ada folder 'out'. Maka company itu hanya bisa menerima pengiriman barang tanpa menyediakan barang yang akan dikirim (keluar). Contohnya Sellplan.


Oke sudah selesai. Itu saja untuk saat ini. Masih banyak hal yang harus dipelajari pada folder def yang ada sekian banyak file .sii. Semoga ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, sehingga dapat memperkecil error yang sering mengganggu saat membuat mod. Tunggu kelanjutannya di Pejindo Blog!

Sekian dari saya, Wassalam!

0 Komentar:

Post a Comment