Modding Guides (Panduan Buat Mod)
Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.38
Diperbarui pada : Desember 2022
Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain.
SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)
Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.
Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.38
MAP
- Re-work (Garap ulang) kawasan kota Lille, Prancis
- Ada model Prefab TRUCK DEALER baru!
- Rute Special Transport baru di DLC Road to the Black Sea : Reșița > Târgu Mureș ; İstanbul > Edirne ; Pleven > Sofia
VEHICLES
- Automatic transmission dikembangkan lagi (shift-ing points, adaptive modes)
- Tutup(cover) chassis yang bisa dicat banyak warna untuk truk XF Tuning Pack
- Tambahan tuning part baru pada FH Tuning Pack
- Klakson bagian atas “Roof Horns” (standalone mountable accessories)
- Tambahan AI Truk Renault Trucks Range T (tipe 4x2, 6x2)
FEATURES
- Pengembangan Visual/Grafis – Fitur procedural ambient occlusion generation (SSAO)
- Desain ulang tampilan GPS/Route Advisor
- Fitur Navigation ETA menuju titik selanjutnya pada GPS/route adviser dan tampilan world map
- Fitur TOBII eye-tracking presets
- Desain ulang tampilan RGB color
- Tambah kode input RGB, HSV and HEX (warna)
- Pilihan preset warna pilihan player/user
SOUND
- Update dengan fitur FMOD 2.01.01
- Suara klakson/horn individual pada setiap truck
- Perbaikan sound retarder saat mesin mati
- AI - gear-shifts eksklusi untuk tipe kereta api and kendaraan elektrik tertentu
Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)
- -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
- -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
- -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.
Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor
Rekomendasi
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.
- Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
- Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
- Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).
Cara Convert Map di Editor
Cara konvensional untuk upgrade map :
- Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
- Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
- Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
- Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.
Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)
Map Editor
Kini Editor sudah menyimpan file sektor peta ke dalam folder base_map. Semua data lain (misalnya Weather) masih tersimpan di folder base.
Sound
File sound telah diperbarui ke versi 2.01.01 (menurut pembaruan data selama versi open beta), setting default dihapus, dan sound tersebut dibuat terpisah pada setiap truk.
Informasi lengkap untuk sound bisa disimak di Documentation/Engine/Sound.
Grafik - Skybox
Banyak perubahan besar pada cara kerja sistem skybox atau putaran langit/angkasa.
Intinya, kalian sekarang dapat bersanding antara profil sun (gerakan matahari) dan weather/cuaca sekaligus (jadi totalnya ada 4 lapis script). Maka transisi cuaca sekarang dapat diaktifkan secara otomatis setiap waktu, termasuk di tengah transisi profil sun/matahari.
Yang harus disiapkan :
Setiap bagian dari model skybox sekarang ditangani oleh tipe khusus. Akibatnya, efek berikut ini telah dihapus:
eut2.sky.rfx & eut2.sky.over.rfx
Dan diganti dengan:
eut2.sky.rfx - digunakan pada bagian awan (cincin awan untuk resolusi tinggi)
eut2.sky.stars.rfx - digunakan pada bagian efek bintang-bintang
eut2.sky.back.rfx - digunakan di bagian background (awan beresolusi rendah)
Pastinya itu harus diatur dengan benar.
DEF Data
Data Climate (iklim)
Sebelumnya, sebaran bintang dan awan memiliki tekstur yang sama. Sekarang itu bisa dimungkinkan untuk memisahkan keduanya melalui atribut stars_texture sebagai ganti atribut skycloud_part yang sudah tak terpakai lagi.
Jika stars_texture cocok dengan skycloud_texture, maka sistem game memastikan bahwa tekstur tersebut mengandung komponen bintang dan awan, dan semuanya akan tampak seperti yang biasanya.
Jika stars_texture berbeda, maka bintang yang diberikan menggunakan tekstur yang terpisah dan sistem game memperlakukan skycloud_texture seolah-olah itu tidak ada bintang sama sekali.
Jika stars_texture bernilai "null" (kosong), maka tentu saja tidak muncul/di-render.
Atribut stars_opacity yang baru ditambahkan dapat diakses melalui editor cuaca mengontrol opacity dari bintang-bintang.
Definisi yang sebelumnya harus tetap berfungsi. Jika sistem game menemukan definisi skycloud_part, peringatan akan ditampilkan dan atribut yang tersisa akan menyesuaikan.
Namun, kalian masih harus memperbarui definisi climate ke format terbaru, yang hanya bisa dilakukan dengan memuat semua itu di weather editor (ada di program map editor itu sendiri) dan juga save setting disana.
Game data
Banyak file SII telah diubah format nama filenya menjadi SUI dan sebaliknya. Kok begitu?
Menurut definisi, file SII berisi unit game dan dimulai dengan tanda SiiNUnit, sementara file SUI termasuk dari beberapa unit lain dan tidak memulai dengan tanda SiiNUnit atau apa pun.
Contohnya terdapat pada def city, country, company, ferry, dll. (terutama yang menerapkan sistem @include).
Ini umumnya bisa berlaku untuk seterusnya, tetapi game itu sendiri tidak akan memaksa mengganti jadi .sui secara teknis. Data game dapat menyertakan file apa pun. Dengan demikian mod kalian mungkin tidak berfungsi berdasarkan kondisi tertentu (yakni koneksi file dengan file lain denga sintaks @include).
Dari sananya pula, ini menyatukan penamaan ke format ini agar bisa menguji semua data game secara otomatis, dengan harapan akan mempercepat pengembangan game mereka tentunya.
Disarankan untuk cek dan teliti semua data yang dimodifikasi baik dari file SII ke SUI maupun sebaliknya, agar error bisa dihindari.
Country - License_plate data
Ada perubahan penulisan plat nomor kendaraan atau LP. LP/plat berbasis negara berfungsi sama persis seperti sebelumnya: apabila jenis kendaraan cocok dengan set data yang digunakan, sebaliknya set data pertama yang digunakan (biasanya untuk tipe mobil biasa).
LP berbasis city-area/perkotaan telah bekerja dengan cara yang sama, kecuali ada kemungkinan hardcoded (33%) menggunakan LP berbasis negara sebagai gantinya.
Saat ini pembuatan LP berbasis city-area/perkotaan selalu memeriksa data negara dan kota untuk jenis kendaraan yang ditentukan. Jika jenis kendaraan cocok dengan set data digunakan. Tetapi jika definisi jenis negara dan kota ada, maka akan didasarkan pada bidang probabilitas pada city_data. Karena nilai defaultnya adalah 0,67, cara kerjanya sama seperti sebelumnya.
Perbedaan utamanya adalah apabila kalian tidak menentukan LP kota untuk beberapa jenis kendaraan, keluaran pertama adalah LP negara untuk jenis kendaraan tersebut dan hanya keluaran sekunder yang merupakan jenis kendaraan pertama dalam daftar LP kota. Kalian juga dapat memberlakukan LP wilayah lokal jika diinginkan dengan menetapkan probabilitas sejumlah 1.0 dalam definisi LP berbasis kota.
Sebagai contoh, susunan data/skrip baru ini digunakan di game ATS pada DLC Idaho untuk kendaraan tipe “emergency” (mobil ambulan, pemadam kebakaran dan mobil polisi).
Vehicle Data
Engine Data
Rentang default sedikit dimodifikasi untuk mensimulasikan jalannya engine modern yang lebih baik menggunakan kurva torque/torsi default.
Nilai default rpm_range_power diucah jadi (1400, 1900) dan nilai default rpm_range_high_gear sekarang jadi (1000, 1350). Data non-default dari beberapa mesin telah disesuaikan juga.
Interior Data
Ada animasi engine_brake_stick_anim baru. Hal itu didorong oleh pengaturan pengguna rem engine (input) dari mode mati hingga mode menyala dengan intensitas maksimum (seperti animasi stick retarder).
Accessory Horn Addon Data
Ada tipe unit baru bernama accessory_horn_addon. Sama seperti accessory_addon tetapi juga mengandung atribut sound_path yang dapat menyambungkan link file soundref atau sistem sound-bank (koleksi suara) secara langsung. Ini digunakan untuk aksesori klakson baru pada truk ETS2.
Traffic Data
Vehicle dan Traffic Type
Ada banyak pembersihan dan penggantian nama skala besar di antara jenis kendaraan AI untuk mengatur ke dalam logika pemisahan jenisnya dan konsistensi. Sebagian besar nama tipe didasarkan pada tipe di dunia nyata. Ini pun dibagi lagi untuk memungkinkan penerapan aturan lalu lintas yang benar dan / atau perilaku khusus untuk semua kendaraan.
Ada lebih banyak info di "/def/vehicle/traffic_vehicle_types.sii". Termasuk catatan dengan nama jenis, juga penyimpanan kendaraan lalu lintas dinamai sesuai (/def/vehicle/traffic_storage*.sii). Harap periksa apakah definisi kendaraan yang ditambahkan oleh mod berada dalam penyimpanan tersebut.
Selain itu, juga beberapa jenis trailer yang diganti namanya. Nama itu didasarkan pada jenis kendaraan yang digunakan. Ada lebih banyak info di "/def/vehicle/traffic_trailer_types.sii". Periksa apakah definisi trailer/kargo yang ditambahkan oleh mod sesuai atau tidak.
Referencing multiple vehicle/trailer definitions
Tag atribut baru (array token) telah ditambahkan ke definisi data kendaraan AI dan trailer. Tag berfungsi sebagai 'filter' yang memungkinkan referensi beberapa definisi kendaraan / trailer tanpa perlu menyebutkan nama setiap unit secara eksplisit. Cara rujukan telah disatukan di seluruh definisi lalu lintas. Sekarang, setiap referensi memiliki :
nama unit eksplisit: "traffic.vehicle.unit.name"
kombinasi jenis kendaraan / trailer bersama dengan 1-3 tag penyertaan/pengecualian: "vehicle_type tag1_include1! Tag2_exclude tag3_include"
Sistem terpadu kini dapat digunakan untuk:
- def traffic (trailer_chains [])
- def hookup parked_vehicle (allowed_vehicle[] and allowed_trailer[])
- def hookup parked_trailer (allowed_trailer[])
- mengatur kepadatan saat spawn-ing AI
CATATAN: perubahan ini membuat atribut hookup allowed_vehicle_type[] sudah tak dipakai lagi.
Sudah selesai. Pastikan kalian mempelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.
Selain itu, saya ingatkan… untuk perangkat keras dan sistem operasi kalian harus bisa mendukung DirectX-11(.1) (awas loh, ada embel-embel 1 di belakang).
Yang masih pakai Windows XP dan Vista, silahkan ditanggung sendiri. Bye-bye...
Kalau Windows 7, pastikan update hingga versi terkini karena ada sebagian sistem yang tidak kompatibel.
Sedangkan Windows 8 hingga 10 yah… aman-aman saja, asalkan spek PC-nya oke.
Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!
Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
Maafbaru bisa balas sekarang (ToT)
ReplyDeleteKalau menurut versi Inggrisnya sepertinya di-copas ke folder instalasi game ETS2/ATS, terus di-klik file .batnya. Setelah itu buka map editor.
Itu hanya dilakukan seandainya ada prefab yang kena masalah di terrain (terutama pakai prefab dari map dlc). Biasanya setelah buka map editor bakal muncul peringatan daftar prefab yang bermasalah. Sebenarnya ada cara alternatifnya dengan hapus lalu ganti prefab bermasalah itu satu-satu.
Oh iya, tutor di atas masih di-revisi lagi karena ada kalimat yang rancu. Saat ini baru fix benar di 1.39
Terima kasih