Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Prefab + Road Template Jalan dan Tol Indonesia

Diperbarui : 12 Agustus 2024
Alasan : Update Prefab Baru

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Versi Baru Model/Aset Jalan dan Prefab (Lalu-lintas Lajur Kiri)

Kini dalam rangka menyambut hari jadi Pejindo Project yang ke-9 tahun pada 16 Agustus 2024 mendatang, menciptakan karya baru yang cukup diminati kalangan modder/mapper khususnya komunitas asal Indonesia. Salah satunya aset map jalan & persimpangan khusus lalu lintas (traffic) kiri jalan, yang mana bisa dibilang ini satu-satunya aset map khusus "versi spek SCS-DLC" untuk lalu-lintas kiri jalan yang sudah dibagikan (share) secara terbuka/publik sejak tahun lalu. 

Maksudnya bukan seperti aset map buatan FLD karena bentunya beda sendiri sama versi SCS-DLC spec. Selain itu... ada sih map besar (Eropa populer) yang juga punya aset map serupa tapi itu untuk kalangan mereka sendiri & tidak boleh di-share secara bebas...

Penjelasan Model/Aset Map "Template"

Mulai sekarang, di game versi baru (baik ETS2 maupun ATS) sudah memkai aset map jalan dan persimpangan bertipe "Template". Sejak rilisnya map DLC Scandinavia di ETS2 yang mulai pertama kali memakai tipe template ini, maka di update selanjutnya termasuk di rilisan map DLC terbaru, hampir semua model atau aset map yang dibuat juga memakai template. Bahkan project rework base map yang lama seperti Jerman dan Austria juga sudah pakai tipe template, jadi ada kemungkinan bahwa aset road dan prefab yang lama bakal dihapus untuk selamanya suatu saat nanti.

Lantas, apa bedanya memakai tipe "template" dibanding tipe lama?

Pertama, kita bebas memilih tepi jalan atau trotoar yang lebih beragam, bisa dari dua sisi maupun hanya satu sisi. Mulai dari bentuk shoulder, curb, sidewalk, dan masih banyak macamnya.

Kedua, setiap jenis template pada item jalan (roadbisa memilih berbagai macam marka/garis jalan, untuk situasi di Indonesia saat ini ada marka garus kuning di tengah jalan, dan ada marka kuning di sisi tepi jalan, misalnya. 

Ketiga, kita bisa memakai template ini untuk membuat persimpangan yang lebih kustom. Terlebih lagi model prefab saat ini ada opsi model khusus bernama 'corner' yang bisa pilih macam-macam tepi jalan secara kustom. 

Berikut ini contoh aset map yang berupa tipe "Template". Terlihat cakep nggak nih?


Prefab Map Item: Persimpangan (Cross) & Exit Road (Fork)

Sudah banyak bentuk prefab yang dibuat oleh Pejindo Project, mulai dari simpang pertigaan, perempatan, bundaran, exit jalan tol, percabangan jalur, penyempitan jalan, dan lain sebagainya. Kini koleksi yang terkumpul sudah mencapai 70 buah tipe cross ditambah 126 buah tipe fork. dengan sejumlah model baru yang bisa saja... tidak dimiliki SCS sampai sekarang. Misal persimpangan dengan tiga lajur berbagai bentuk, atau persimpangan yang punya jarak median (pembatas tengah jalan) khusus 2m, atau exit road berukuran minimalis yang sudah 3 lajur (beda sih ama FLD yang... gimana menjelaskannya)





Road Map Item: Jalan Raya & Jalan Tol

Tidak hanya itu, Pejindo Project juga mempersiapkan aset map lainnya untuk tipe (road) atau jalan yang kini mengalami perombakan massal. Meskipun tidak ada model baru (berarti jumlah bentuk yang tersedia kurang lebih 38 buah), tapi tampilan-nya jadi makin berkilau berkat hadirnya tekstur aspal terbaru. Bahkan dari yang mulanya menyediakan 3 macam tekstur aspal, sekarang sudah bertambah jadi 5 tekstur. Tentu saja ada yang berupa aspal, beton, dan yang pasti ada efek retak-retaknya. 

Adapun salah satu bentuk road/jalan yang sengaja dikasi efek retak-retak khusus yang tidak satu tekstur dengan kelima diatas tadi, melainkan itu memakai efek model khusus bernama "overlay". Contohnya seperti berikut ini.

Untuk jumlah aset item road/jalan yang disediakan sekitar 38 buah. Sementara variasi tepi jalan khusus template masih sama seperti biasa, ada bentuk shoulder, curb, maupun sidewalk. Jumlahnya kurang hanya belasan buah. Kalau mungkin masih kurang cocok, bisa ditimpa pakai aset model map lain (misal yang tipe Building atau Curve).

Prefab Map Item: Gerbang Tol versi Traffic Kiri Jalan (Custom)

Inilah satu keistimewaan yang dimiliki Pejindo Project yakni aset prefab gerbang tol (tollgate) khusus lalu-lintas (traffic) kiri jalan. Meski bukan jadi yang pertama, namun yang satu ini menjadi aset map yang dibagikan secara terbuka atau free. Dengan begitu siapapun yang mau bikin mod map yang wilayahnya berlalu-lintas kiri jalan (bukan cuma Indonesia tapi buat negara-negara lain juga) bisa memakai aset map satu ini. Percaya atau tidak, SCS belum punya satupun prefab tollgate khusus traffic kiri jalan seperti UK (Inggris) atau Irlandia, apalagi si FLD juga tidak punya hehehe.

Tapi map populer seperti “PM” juga punya prefab tol kiri jalan? Nah maaf ya, soalnya prefab versi Pejindo ini sudah rilis lebih dulu sebelum map mereka tepatnya ketika map JRR rilis pertama kali tahun 2021 sedangkan di map PM baru muncul sekitar satu tahun setelahnya berkat update konten map baru mereka di Irlandia... (loh kok tau? iyalah owner project ini sendiri jadi 'mantan' tim sono)

Tetapi kalau di mod map Jepang atau map Cina (khususnya Hongkong atau Macau) yang juga berlalu-lintas kiri jalan di kehidupan nyata ada juga atau tidak? Nah itu... kurang tau sih.

Di versi sebelumnya model gerbang tol tersebut dibuat dari hasil perombakan langsung dari map DLC Vive la France dengan hilangkan semua atap dan loketnya, lalu jalur traffic-nya diputar balik (yang garis hijau) jadi dibuat lajur kiri + pindah posisi palang/gate. Begitu saja. Nah, untuk versi baru ini semuanya sudah dirombak lagi. Terima kasih aset map DLC West Balkan dari SCS sehingga dapat dijadikan model tollgate baru khusus traffic kiri jalan. Alasannya model tersebut jauh lebih minimalis, lebih simetris, dan pastinya bisa di-kustom dengan tepi jalan yang dipisah hingga dijadikan bentuk "corner". Inovatif bukan?

Terus mengapa semuanya sengaja dibuat tanpa atap? Karena dengan begitu kalian bisa tempatkan model terpisah untuk macam-macam bentuk gerbang tol (khususnya) di Indonesia, jadi tidak memakan ukuran/size file yang besar untuk satu prefab + gampang kalau ditempatkan secara kustom. Begitulah kiranya.

Saat ini disediakan sekitar 8 bentuk baik dua lajur, tiga lajur, bahkan empat lajur sekalipun. Sudah dikasih tau kok, SCS dan FLD masih belum punya seperti ini.

Prefab Map Item: 'Corner' Tepi Jalan Terpisah

Misalnya di setiap perempatan memiliki empat sisi tepi jalan dengan bentuk berbeda-beda. Sisi ke-1 berupa tanah/shoulder, sisi ke-2 berupa trotoar, dan sebagainya. Perbedaan lebih jelasnya bisa seperti gambar ini

Kadang yang satu ini punya kelemahan, yakni menu "Corner" di Item Properties yang sulit dimunculkan saat dibuka. Itu karena resolusi monitor PC/Laptop yang dipakai masih dianggap kecil, minimal harus punya layar dengan resolusi 1980 px (ingat loh, ini sudah lewat dari tahun 2020... kapan waktunya upgrade PC/Laptop baru nih?). Selain itu, aset prefab yang sebelumnya cuma disediakan 4 sisi tepi jalan (corner) sekarang sudah tambah jadi 6 sisi. Waduh, jadi gak senang kalau begini...

Perlu diakui bahwa jenis satu ini jadi yang paling ngeselin/menyebalkan dalam proses pembuatan aset map. Sudah diharuskan bikin berbagai macam bentuk dengan jumlah banyak, pun prosesnya butuh waktu lama sekali. Lihat saja ini, sekarang jumlah yang disediakan pada versi baru sudah tembus 610 buah. Serius ini!

Tapi mulai game versi 1.47 keatas sampai terbaru, sudah ada jalan tengah mengatasi hal itu dengan fitur baru istimewa yang mana 'corner' nya bisa otomatis menempel sendiri mengikuti bentuk tepi si prefab tanpa harus atur manual satu-satu seperti diatas. Tapi ya... kasihan mapper/modder lain yang versi gamenya masih mentok di 1.44, 1.40 apalagi di... 1.36. Yah.... gimana ya?

Prefab Map Item: "Invisible" Warehouse

Hohoho... apa lagi ini ?

Mungkin masih ingat (mungkin) ketika memakai mod map terdahulu (mapper sepuh seperti ICRF) yang mana memakai prefab betukan seperti ini. Kini Pejindo Project juga sudah menyiapkan prefab "transparan" serupa yang bisa dipakai di ETS2 versi terbaru. Jadi kalau misalnya bosan dengan prefab company (job) yang itu-itu saja, yang satu ini bisa jadi pilihan. Tinggal tambahkan banyak model bangunan di atasnya sesuai keinginan dan selesai. Barangkali... buat mod penumpang dengan prefab ini juga bisa hehehe....


Prefab Map Item: Perlintasan Kereta Api khusus Traffic Kiri Jalan

Loh masih ada lagi ? Astaga...

Entah di mod map lain inisial PM atau bahkan aset map buatan FLD punya atau tidak, Pejindo Project justru sudah menyiapkan prefab "level_crossing" versi Template... dan khusus lalu-lintas (traffic) kiri jalan. Lantas apa bedanya? 

Pertama, karena namanya template pastinya bisa di-kustom mulai dari pilihan tepi jalannya berupa "corner", pilihan marka jalannya, sampai pilihan tekstur aspal-nya. 

Kedua, ini tidak memakai "Mover" seperti di map ori kebanyakan. Jadi saat kereta api (train) melintas itu sudah berupa "AI Traffic" setara mobil, bis, dan truk (di game) yang lewat di jalan seperti biasanya. Perhatikan saja garis dan panah warna hijau di gambar ini.

Tentu saja itu tidak akan lengkap tanpa palang pintunya. Karena itu Pejindo Project sudah menyediakan model palang perlintasan kereta untuk prefab jenis tersebut. Dan sepertinya sudah dimasukkan efek suara ketika palang sedang menutup maupun membuka (semoga aja work beneran...)

Prefab Item Map: Gas Station & Parking

Masih ada lagi ternyata. Di versi sebelumnya sempat dibikin model gas_parking namun tidak bisa dipakai karena hasilnya belum jadi. Karena itu, di versi baru ini semua itu sudah siap dipakai sekarang ini. Bahkan ada varian transparan khusus jalur pengisian BBM seperti di map DLC lainnya (nantinya bisa disambung sama Trajectory).

Terrain Item Map: Tekstur Baru & Tepi Jalan Kustom versi Terrain

Loh, masih belum habis lagi. Untuk pertama kali Pejindo Project  menyiapkan sejumlah tekstur khusus terrain baru yang gunanya untuk menyatukan tekstur aspal baru yang sudah ditunjukkan diatas, dengan begitu baik aspal maupun terlihat benar-benar telihat menyatu sekali. Cocok untuk bikin variasi persimpangan jalan kustom yang mengecoh player jadi tidak perlu bikin prefab manual di program Blender.

Selain itu, kalau bentuk tepi jalan bernama shoulder, curb, atau sidewalk selama ini hanya bisa dipilih lewat objek map item Road/jalan, sekarang juga bisa dipilih lewat Terrain. Nanti menunya ada di bagian bawah yang bertuliskan "Edge" tepat di bawah menu pilihan Vegetation (pepohonan).



Link Download

Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket aset map "istimewa". Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 12 Agustus 2024

Versi 4.5A - untuk ETS 1.50 (Terbaru) 

DLC Indo (v4.5) - Prefab & Road Template (ETS2 1.50)

Versi 4.5B - untuk ETS 1.48 & 1.49

DLC Indo (v4.5) - Prefab & Road Template (ETS2 1.48-1.49) 

Versi 4.5C - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47

DLC Indo (v4.5) - Prefab & Road Template (ETS2 1.44-1.47)

Versi 4D (Lama) - untuk ETS 1.38, 1.39, 1.40, 1.41, 1.42 & 1.43 (Maaf versi 1.36 kebawah gabisa...)

DLC Indo (v4.0) - Prefab & Road Template (ETS2 1.38-1.43)

Backup - Gerbang tol lama jika alami game crash setelah memakai prefab baru ini (Catatan: Jangan dipakai lagi karena sudah usang dan dihapus untuk selamanya)

Temporary - Old Tollgate Prefab (For Game-Crash Issue)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Selain itu juga disediakan model lampu merah + palang tol + palang perlintasan kereta pada paket terpisah di bawah ini. Catatan : pilih sesuai versi ETS2 yang dipakai

  • dlc_indo_semaphores_136_140.zip untuk ETS2 1.36, 1.38, s.d. 1.40
  • dlc_indo_semaphores_141_143.zip untuk ETS2 1.41, 1.42, s.d. 1.43
  • dlc_indo_semaphores_144_147.zip untuk ETS2 1.44, 1.46, 1.47, sampai yang terbaru

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.36-1.40)

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.41-1.43)

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.44-1.49)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Menu "Corner" pada Prefab Item Properties tidak bisa dibuka? Pakai Mod Item Properties di bawah ini (credits : Muhamad Dyak)

  • Mod Item Properties 1.30 & 1.35 & 1.38 DISINI (Waktu Extract, pilih salah satu sesuai versi ETS2 yang dipakai!)
  • Mod Item Properties 1.36 DISINI
  • Mod Item Properties 1.39, 1.40, 1.41 dan seterusnya (langsung via RoEx forum) DISINI

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect hargai perjuangan si pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

================ ================ ================ ================ ================ ================ ================ ================

[Backup] Download Aset Map Versi Lama

Versi 3 - sudah rilis pada Februari 2024

DLC Indo (versi 3) - Prefab & Road Template (ETS2 1.44-1.49)

DLC Indo (versi 3) - Prefab & Road Template (ETS2 1.36-1.43)

Versi 2 - sudah rilis pada tahun 2023

DLC Indo (versi 2) - Prefab & Road Template (ETS2 1.35-1.39)

DLC Indo (versi 2) - Prefab & Road Template (ETS2 1.40-1.46)

Download FIX Prefab & Road (versi 2) untuk ETS2 versi 1.43, 1.44, dan terbaru. >> DISINI <<

Versi 1 - sudah rilis pada tahun 2022

DLC Indo (versi 1) - Prefab & Road Template (ETS2 1.35-1.40)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================ 


Harap SHARE postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

Mengenal Map Item Properties : Traffic Area

Kenal Map Item Properties #14 : Traffic Area

Diperbarui pada : April 2024
Alasan : -

Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Masih ada lagi Item Map Editor ETS2 maupun ATS yang belum ter-ekspos segala menu dari item properties di postingan blog ini. Untuk kali ini ialah Traffic Area Item Properties. Ini merupakan salah satu jenis "Map item" berupa garis area berwarna merah muda yang berfungsi mengatur kawasan fitur traffic tertentu di map.

Dengan item ini kalian dapat mengatur suatu kawasan di map (editor) yang hanya boleh dimasuki traffic mobil kecil (misal di perumahan) atau kawasan yang hanya dimasuki untuk kendaraan truk (contoh di kawasan pabrik atau industri). Selain itu juga diperuntukkan untuk menempatkan aturan traffic tetentu di suatu tempat: area dengan batas kecepatan sekian km/jam, area dimana traffic AI hanya boleh belok ke kanan atau kiri, dan masih banyak lagi.

Traffic Area Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Daripada memperpanjang waktu, langsung saja berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Traffic Area.

No. Nama (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi
1 Unit ID Tampil - Hanya menampilkan kode UID dari suatu titik item Traffic Area yang di-select
2 Tags Kotak Isian - Memasukkan tag tertentu agar aturan dari traffic_rule bisa jalan di game
3 Traffic Rule Pilih - Semua jenis traffic_rule yang disediakan pada Traffic Area (dijabarkan satu-satu di bawah)
4 Range Kotak Isian - Mengatur besar jangkauan (sisi vertikal) area yang ditempati Traffic Area-nya
5 Crossroad Area Ceklis - Mengatur agar traffic AI diberlakukan aturan melewati persimpangan, terutama di bundaran (akan berasa efeknya ketika mengaktifkan fitur Voice Navigation)
6 Remove Semaphores Ceklis - Mengatur Traffic Area agar dapat menghilangkan sejumlah objek/model Semaphore (lampu lalu lintas atau palang tol)
7 (Road Event) Mode Pilih (bullet) - Mode kemunculan fitur "road event" dalam kawasan yang ditempati Traffic Area
8 (Road Event) Data Pilih - Data road_event yang tersedia di game untuk dimunculkan atau dimuat/load di map
9 (Road Event) Loaded Data Tampil - Hanya menampilkan status atau objek road_event yang tampil
10 (Road Event) ID Kotak Isian - Memasukkan ID event yang spesifik

Untuk pilihan jenis "Traffic_Rule" tersedia sebagai berikut:

  • Speed limit (angka) = Ini sudah pasti memberi batas kecepatan di suatu area. Misal speed limit 80 berarti ketika traffic AI memasuki jalan atau prefab di dalam traffic area diberi kecepatan 80 km/jam.
  • Cars only (no trailers) = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI mobil (atau apapun kendaraan kecil yang tidak ada trailer-nya).
  • Buses only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI bis.
  • Trucks only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI truk.
  • Truck and buses only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI bis dan truk.
  • Custom vehicles only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI custom (mungkin yang dimaksud traffic khusus area perbatasan, misal mobil polisi atau sejenisnya).
  • No trailers = Dalam suatu area tak boleh dimasuki traffic AI apapun yang pakai/ada trailer.
  • Large city - very high traffic density = Area khusus perkotaan besar - maksudnya dibuat traffic padat tipikal kota besar.
  • City - high traffic density = Area khusus perkotaan biasa - maksudnya dibuat traffic ramai tipikal kota pada umunya.
  • Village - low traffic density = Area khusus pedesaan - maksudnya dibuat traffic sepi seperti lagi jalan ke sawah, ladang, atau hutan.
  • Tourist zone = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan wisata atau tempat hiburan (taman, wisata alam apapun, pantai, dsb.).
  • Residential zone = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan pemukiman/perumahan (dengan kata lain bis & truk tidak boleh masuk).
  • Commercial zone - small = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan pusat bisnis (pasar, pertokoan, sekolah, rumah sakit, kantor, dsb.).
  • Commercial zone - large = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan tempat hiburan ramai (wahana permainan, mal/plaza, stadion, bandara, pusat pemerintahan, dsb.).
  • Industrial zone (logistic) = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan industri (dengan kata lain hanya truk yang boleh masuk).

Oke sampai disini dulu ya. Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.47 + 1.48 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod) - Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.47+ 1.48

Diperbarui pada : April 2024

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.47 & 1.48 & 1.48.5

MAP

  1. Berbagai kota di Jerman (Base Map) terlah dikerjakan ulang atau reworked.
  2. Map DLC Baru - West Balkans

VEHICLE

  1. Trailer tangki BBM atau Gas Cistern yang bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  2. Trailer pengangkut ternak atau Livestock juga bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  3. Fitur Adaptive Cruise Control & Emergency Braking System.
  4. Fitur Electronic Stability Controls (meliputi sistem Anti-Lock Braking & Traction Control).
  5. Pengerjaan ulang bentuk trailer tipe vehicle transport.

GAMEPLAY

  1. Fitur Custom City Intro untuk kawasan DLC Road to the Black Sea.
  2. Tambahan fitur Sound Direction Filter.
  3. Fitur simulasi permukaan tidak rata - jadi player bisa merasakan efek jalan bergelombang.
  4. Perbaikan performa grafis agar tidak semakin berat di game (dari pencahayaan waktu malam hari, cuaca buruk, maupun saat traffic padat)

UI

  1. Desain ulang tampilan menu "Career History"
  2. Permbaruan daftar Log pada game
  3. Fitur Teleportasi sewaktu Economy Reset.
  4. Menu map eksplorasi per negara (dilengkapi bendera & persentase jalan yang dilewati)
  5. Menu daftar kota (di game) dalam fitur Gallery
  6. Perbaikan tampilan Input Wizard Control Selection.

EDITOR/MOD

  1. Sejumlah menu, tool, dan fitur baru (akan dijelaskan di topik terpisah)
  2. Perubahan struktural untuk packing file MOD

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah berkaitan dengan mod sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar Perubahan Khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Format Substansi Game

Unit substansi di game (dalam file khusus /material/material.db) diberi atribut physics float yang baru: bump_granularity, bump_amplitude, dan integer: bump_perlin_order. Itu semua digunakan untuk memunculkan efek "tidak rata" atau "bergelombang" pada suatu bahan subtansi si material (shader).

Selain itu unit substansi juga mendapat atribut token baru: sound_class. Ini digunakan untuk menentukan jenis suara yang dimainkan saat player menyetir pada suatu bentuk geometri dengan material yang menggunakan substansi khusus yang dimaksud. Ada 6 jenis suara yang dibedakan berikut ini:

  • asphalt
  • rumble
  • gravel
  • dirt
  • grass
  • generic

Game Data

City Data

Mulai versi baru ini, untuk def City diberikan atribut baru: population. Gunanya untuk mengatur tampilan besar-kecilnya font/huruf pin sebuah nama kota atau label tempat ketika membuka menu GPS atau World Map (UI Map).

Untuk perubahannya ialah, dari ukuran font/huruf sebesar 75% jika populasi sebanyak (atau mendekati) 0, lalu ukuran huruf 100% jika populasi sebanyak 40 ribu., hingga ukuran huruf 150% jika populasi sebanyak 4 juta. Untuk populasi sendiri diambil berdasarkan basis wilayah suatu kota, dan dapat merujuk dari data kependudukan "asli" suatu wilayah atau negara (di dunia nyata) - boleh dari Wikipedia atau data BPS Statistik.

Vehicle Data

Accessory Addon Electric Type

Semua jenis unit Accesory Addon mendapat nilai atribut electric_type yang baru: vehicle_interior.

Ketika dipakai, aksesori yang dimaksud akan mengambil sepaket parameter untuk material berbasis luminance (efek luminositas penggunaan material, misalnya eut2.dif.lum) dari array dashboard_color[] dari accessory_interior_data. Jadi setiap bagian objek aksesori yang diterangi dapat menggunakan fungsi pewarnaan lampu latar yang sama seperti model interior.

Cabin Suspension Type

Unit data kabin aksesori mendapat atribut suspension_type baru. Ini token dengan nilai default 4air. Nilai lain yang diterima adalah hinge2air yang memberikan opsi untuk menyiapkan dua tipe dasar suspensi kabin yang digunakan di Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan suspensi tipe AS ini, rendering part suku cadang truk sedikit berubah karena suku cadang (part) yang dipasang di kap (hood) mesin. Dalam tampilan eksterior semuanya ditampilkan seperti sebelumnya, menggunakan exterior_model (dan dimasukkan ke dalam model chassis dan kabin). Dalam tampilan interior, semua aksesori pada interior-mounted locators ditampilkan seperti sebelumnya (dalam posisi tetap pada kamera/interior). 

Juga jika show_chassis_rear diaktifkan, model chassis yang di-baked akan di-render seperti sebelumnya. Namun aksesori tambahan yang dipasang di chassis yang memiliki model_interior yang ditentukan secara eksplisit juga di-render. Hal ini memungkinkan tingkat detail tertentu dari interior (seperti kaca spion) atau menampilkan beberapa bagian tertentu yang dipasang pada chassis alih-alih memaksa permainan untuk menggambar chassis yang di-baked utuh (kap mesin, headache rack, dll). Sedikit peringatan, data DEF model interior tidak termasuk aksesori dari proses "bake", sehingga rendering eksteriornya mungkin sedikit lebih lambat.

Dashboard Colors

Penanganan array dashboard_color[] dalam aksesoris_interior_data telah diubah. Daripada mengatur sekitar 16 slot, player kini hanya dapat mengatur hingga 8 slot. Pun 8 slot lainnya kini dicadangkan sistem dan saat ini digunakan sebagai berikut:

  • slot9-14[uv(0..3, 2..3)] - tidak dipakai, namun akan dikembalikan suatu saat nanti, set menjadi MAGENTA(1.0,0.0,1.0) agar mudah menemukan bagian UV yang tidak rapi.
  • slot15[uv(2,-3)] - diatur permanen,WHITE(1.0,1.0,1.0), berguna untuk permukaan yang menyala secara permanen atau material yang men-simulasi-kan permukaan cermin.
  • slot16[uv(3,-3)] - di-set WHITE(1.0,1.0,1.0) ketika engine electric menyala (ON), sebaliknya jadi BLACK(0.0,0.0,0.0), berguna untuk permukaan terang apa pun yang bergantung pada komponen engine electrics (misal komputer dasbor)

Interior Animations

Unit aksesori interior kendaraan accessory_interior_data diberikan atribut animasi indikator blind-spot yang baru: indicator_blind_spot_[kiri|kanan] agar berfungsi dengan fitur deteksi blind-spot yang baru. Untuk informasi lebih lanjut buka link berikut: 

Documentation/Engine/ Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Dashboard Display IDs

Kini sudah bisa untuk grup ID baru (dari 1620 hingga 1650), yang ditampilkan saat kendaraan menggunakan aksesori cermin/mirror berbasis kamera. 

Selain itu, bisa juga untuk ID indikator blind-spot, yang ditampilkan dengan cara yang sama seperti animasi indikator blind-spot yang diaktifkan. 

Informasi lebih lanjut buka link berikut:

Documentation/Engine/Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Sounds

Ada tiga jenis sound event baru yang ditentukan untuk unit accessory_interior_data:

  • system_warning1 - Suara (generic) system warning, dipakai saat EBS or BSD is disatukan.
  • system_warning2 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.
  • system_warning3 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.


Pastikan kalian pelajari dan baca baik-baik. Kalau bacanya cepat dan sekilas tentu saja semua penjelasan di atas tidak akan bisa dipahami. Pelan-pelan saja...

Bagaimanapun, tetap semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berkarya!

Itu saja yang bisa disampaikan. Jika ada yang kurang jelas harap ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips modding baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Script DEF Data Negara (Country) & Kota (City) Indonesia

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Paket Khusus Data DEF untuk Negara (country) dan Kota (city) di Indonesia

Pernah sih beberapa kali cek isi pack mod map lain berupa file format ZIP atau SCS (yang pasti cuma yang bisa dibuka atau tidak di-lock...). Hingga menyadari mengapa datanya sangat tidak beraturan. Misal data script DEF city ada yang tertukar nama nya, lalu ada data country… ya masih copy-paste dari bawaan ori DEF country Eropa. Padahal script DEF satu ini rentan jadi penyebab awal first job (ketika bikin new profile) selalu crash di game.

Sejak versi 1.30 data DEF sudah tidak bermasalah lagi seperti dulu. Jadi kita bisa meng-kustom script sesuai keinginan. Mau buat negara/country baru bahkan negara imajinasi sekalipun? Bisa.

Sepertinya banyak mapper Indonesia yang masih kebingungan (atau malah jenuh) betapa ribetnya membuat script DEF beginian. Baiklah dengan ini saya kasih keringanan khusus untuk membuat paket DEF country & city di Indonesia.


Sebelumnya kalian paham atau belum apa itu DEF? Baiknya baca dulu postingan blog berikut ya : (Part 20) Mengenal Script DEF File 

Kalau begitu, isinya apa saja? Berikut list yang disusun sebagai berikut:

1) Folder def

  • folder city : 252 file sii/sui nama kota di Indonesia mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, hingga Kep. Nusa Tenggara (untuk daerah lain menyusul ya…)
  • folder country : ada 3 file/folder lainnya. indo_b (indo barat : zona WIB), indo_th (indo tengah: zona WITA), & indo_tm (indo timur: zona WIT). Yup, ada tiga negara Indonesia yang sama namun dibagikan berdasarkan zona waktu. (Catatan : sejak 1.32 atau 1.33 sudah muncul fitur timezone untuk tiap negara, adapun fitur 'secondary time zone' namun berlaku untuk 1 negara yang punya 2 zona waktu berbeda. Karena Indonesia ada 3 zona waktu maka dibuatlah tiga data country sekaligus)
  • 3 file khusus @include list untuk setiap data city & country yang disediakan : city.id_jawa, city.id_sumatra, city.id_balinusa & country.indo

2) folder locale 

Berisi berbagai folder berdasarkan regional & bahasa yang support dengan game ETS2/ATS ini, misal de_de (Jerman), en_gb (Inggris ver. Default) en_us (Inggris ver. Amerika), jp_jp (Jepang), ru_ru (Rusia), dll. Total bahasa yang disediakan sebanyak 42.

3) folder font

Berisi data font/huruf khusus plat nomor (lp) yang bakal berpengaruh dengan data country baru ini.

4) folder material

Berisi folder ui / lp untuk tekstur plat nomor kendaraan (license_plate) berformat dds dan tobj yang mendukung 3 data country baru yang dibuat ini. Jadi ada kendaraan dengan plat warna hitam, kuning, maupun merah (jarang kan ada yang merah hehe...).

Cara Pakai 1 : Jika sebelumnya sudah punya data 'city' bikinan sendiri

1. Bagi mod map yang sebelumnya punya script DEF sendiri, hapus dulu atau pindahkan folder city (yang lama) ke direktori/folder terpisah. Untuk country tidak perlu agar saat buka map tidak ada error pertama yang muncul. Tujuannya buat jaga-jaga agar tidak bentrok saat dikasih file DEF yang baru ini.

2. Copas (copy-paste) semua isi paket DEF ini (def, font, locale, dan material) baru ini kedalam pack ZIP atau SCS mod map kalian. Kalau tidak paham, taruh saja file ZIP paket DEF baru ini ke folder "/document/Euro Truck Simulator 2/mod/".

3. Jalankan game dan buka map editor, pastikan log console bersih (kalaupun ada, maka itu problem dari mod kalian sendiri)

4. Kalau muncul tulisan warning (misalnya city not found ‘’) maka masih ada pengaruh/efek dari hilangnya script DEF yang lama. Caranya gampang, ganti setiap kota dengan yang baru dengan cari item “City” secara manual

Kalau merasa kesulitan, klik menu View --> Item Visibility dan cukup matikan semua baris ceklis “Pin” yang ada, kecuali tipe City (hanya ceklis City yang aktif).

5. Aktifkan Item Properties (tombol P di keyboard) dan klik salah satu item 'city' tersebut. Ganti sesuai kota yang kalian buat.

6. Lakukan cara no. 4 dan 5 lagi jika menemukan error city item lainnya.

Cara Pakai 2 : Jika punya data 'city' bikinan sendiri tapi ternyata tidak ada di paket versi Pejindo Project

Mungkin saja ada beberapa kota yang memang tidak disediakan di paket DEF baru ini. Misal di map kalian ada kota "Cikampek" (padahal itu nama kecamatan bjir...) sedangkan di versi Pejindo Project tidak ada data kota tersebut. Apabila kejadian seperti itu maka ikuti cara berikut :

1. Masih simpan script DEF bikinan kalian sendiri (atau yang lama) bukan? Pertama cari kota yang dibutuhkan untuk dimasukkan dalam folder city.

2. Setelah itu masukkan file city.<nama_map>.sui atau buat baru di folder def (luaran). Namun harus edit script didalamnya yang isinya kota yang hilang saja.

Lantas, bagaimana jika misalnya kota (city) tidak ada, baik di mod bikinan sendiri maupun paket DEF versi Pejindo? 

Kalau begitu caranya ya... bikin def city baru. Silahkan baca tutorialnya di link berikut : (Part 20) Mengenal Script DEF File 

Cara Pakai 3 : Jika ingin ganti data country (border) dengan versi Pejindo Project

Bagi kalian yang punya game versi 1.35 keatas, maka sudah bisa tampil ikon titik/node khusus country_border (kotak biru + strip putih) jadi kalau mata kalian jeli seharusnya bisa ketemu dengan mudah. 

Kok di saya nggak ada padahal pakai ETS2 versi 1.43 (misalnya...)? Cara mengatasinya, silakan buka menu View > Item Visibility, lalu cari list yang ada tulisan "Country Border" (biasanya di paling bawah) dan tinggal centang aja beres. Baca tutor berikut : (Part 11) Item Visibility untuk Map Editor

Tetapi kalau memang terlalu sulit dicari saking ribetnya, ada cara gampang nya berikut ini 

1. Buka tampilan console di map editor, lalu ketik kode berikut “g_next_border_node” (tanpa kutip). Otomatis tampilan editor mengarah ke satu titik node terdekat yang ditemukan lebih dulu. 

2. Jangan sampai geser-geser sembarang arah dulu,  langsung saja ZOOM atau perbesar layar editornya (tekan tombol PgDn atau Scroll Mouse-nya) sedekat mungkin agar pas dengan titik/node road yang ditemukan. Contoh seperti gambar

3. Kalau sudah ketemu, aktifkan Node Properties (tombol N di keyboard) dan klik titik/node yang dipilih. Setelah muncul tampilan dialog, ganti sebagai berikut:

  • "Indonesia" untuk country indo_b (zona WIB)
  • _ untuk indo_th (zona WITA)
  • __ untuk indo_tm (zona WIT)

4. Ulangi cara no. 1 sampai 3 apabila masih menemukan titik country_border lainnya.

5. Kalau dirasa sudah tidak ada lagi, maka langsung saja SAVE map. Untuk memastikan, tambahkan prefab persimpangan sembarang bentuk lalu buka Item Properties untuk menambah model "semaphore" (lampu lalu lintas).

Loh tapi ini model lampu merah yang muncul jadi kebalik gini + jelek lagi :P 

Oh berarti belum dimasukkan Model Semaphore versi Pejindo Project. Download langsung >> DISINI <<

Tapi jika di mod map kalian punya model semaphore (lampu lalu lintas) bikinan sendiri, boleh juga. Silahkan edit sendiri pada file def/world "semaphore_model.<nama_map>.sii atau semaphore_profile.<nama_map>.sii

Ingat, jangan asal ganti token country ‘ID’ karena efeknya lumayan besar.

Dan satu lagi... kalian juga boleh edit script DEF baru ini (seandainya kalau mau ganti/tambah data dealer truk). Sudah ada petunjuk khusus sesuai hashtag/tagar yang disiapkan di dalam setiap file SII/SUI. Jadi baca yang teliti ya...


Link Download

Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket paket KHUSUS ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 01 Maret 2024 [!!!]

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.35-1.39)

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.40-1.43)

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.44-1.49)

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect hargai perjuangan pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

Saya harap untuk Share postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Model dari Game ATS

Diperbarui : 13 Agustus 2024
Alasan : Update Model Baru


Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Model Tambahan & Pilihan dari Game American Truck Simulator

Sebenarnya ini termasuk opsional, karena pada suatu saat di ETS2 juga akan kebagian model yang juga mengambil (copy/paste atau tiruan) dari game sekuelnya ATS, kecuali kalau kalian mau tambah koleksi aset/model map agar lebih banyak sampai file BASE map-nya berukuran banyak Gigabyte (tapi kalau hasil bikinan mapnya jelek ya ga ada gunanya juga :tengkorak:)

Link Download

Langsung saja ini dia link unduhan/download untuk paket kali ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini. 

Updated : 13 Agustus 2024 [Baru]

DLC Indo (v4.0) - Model Pilihan dari Game ATS


Syarat dan Ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Bisa dipakai pada map Free maupun $ale
  3. Bisa dipakai pada berbagai versi ETS2
  4. Mohon camtumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credit’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Harus sertakan file gamelog.txt dan editorlog.txt
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!


Jangan lupa BAGIKAN/SHARE postingan ini ke berbagai media, dengan begitu akan menjangkau lebih banyak grup modder atau mapper dari seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

Map Editor Tutorial ETS2 Part22 : Mengenal Sign Template & Cara Buatnya (Bagian 2)

Salam! Masih melanjutkan tutorial sebelumnya yakni membuat “Sign template” langsung di map editor, tanpa gonta-ganti tekstur DDS sampai kesekian-kian-kian-kian-kian kalinya. Ehehe....

#22 Mengenal Sign "Template" & Cara Bikin Langsung di Map Editor (Part 2)

Diubah pada : Mei 2023
Alasan : BANYAK REVISI


Daftar Tool & Menu Sign Editor

Sebelum lanjut membuat dan mengedit sign template. Ada baiknya kita pelajari dulu tool, menu, dan fitur-fitur di dalam Sign Editor (interface). Secara default, tampilan/interface dari Sign Editor seperti berikut ini.

Dari tampilan utama terbagi jadi beberapa tab/bagian :

  • Title bar + Tool bar = Pastinya untuk memilih semua menu, tool, dan fitur di Sign Editor tersebut (dijabarkan lagi setelah ini)
  • Quick Text = Pilihan tulisan “Nama tempat atau daerah” yang muncul otomatis sesuai def city (kota) yang tersedia dan data yang sudah di-set pada project sign.                                  
  • Editor Area = Tentu saja layar untuk mengedit papan petunjuk arah yang diinginkan
  • Properties = Kolom dan menu / opsi fitur dan tipe yang dipakai saat mengedit sign template (dijabarkan lagi setelah ini)

Berikut ini adalah tool yang terdapat pada Toolbar di menu Sign Editor (urut dari kiri ke kanan).

  • Save : sudah jelas untuk menyimpan map
  • Restore/Repeat : kembalikan ke tampilan sebelum diedit (kalau sudah frustasi karena sangat berantakan)
  • Undo : sudah jelas mengulang perubahan / editan sebelumnya
  • Redo : sudah jelas mengembalikan perubahan / editan yang sempat dibuat
  • Berbagai menu Align yang dijabarkan sebagai berikut (masih dari kiri ke kanan):
  • ----- Align Left : susunan rata kiri
  • ----- Align Bottom : susunan rata bawah
  • ----- Align Right : susunan rata kanan
  • ----- Align Top : susunan rata atas
  • Dua menu Distribution yang dijabarkan sebagai berikut :
  • ----- Distribute Horizontal : bagi jarak kosong untuk sisi datar (antar baris)
  • ----- Distribute Vertical : bagi jarak kosong untuk sisi melintang (antar kolom)
  • Dua menu Equal Scaling yang dijabarkan sebagai berikut :
  • ----- Equal Horizontal : sama-kan panjang berbagai obyek secara horizontal
  • ----- Equal Vertical : sama-kan panjang berbagai obyek secara vertikal
  • Add Text : menambahkan teks sesuka hati
  • Add Frame : menambahkan obyek/tekstur polos & dinamis (warna background)
  • Add Image : menambahkan obyek/gambar statis seperti tanda panah, atau marka khusus

Sekarang pelajari menu dan data di kolom “Properties”

Kelompok 1 : Tipe umum

  • Coords : menampilkan posisi koordinat tiap obyek. Urutan = l (left), r (right), b (bottom), t (top)
  • Dimention : menampillan panjang dan lebar tiap obyek. Sumbu x = panjang (sisi horizontal), sumbu y = lebar (sisi vertikal)
  • Z-Order : ya… susunan berdasarkan titik Z. (biarkan komputer yang paham)

Kelompok 2 : Menu Frame (Background polos)

  • Frame : menampilkan path data nama dan lokasi obyek “Frame” yang dipilih
  • Frame color : menampilkan warna “Frame” (harus sesuai isi data di sign_project)
  • Frame opacity : menampilkan nilai transparan obyek. Hanya bisa dari 0 sampai 1

Kelompok 3 : Menu Image (Stiker, tanda panah, marka khusus, dll)

  • Atlas : menampilkan path data lokasi obyek “Image” yang dipilih
  • Image name : menampilkan nama  obyek “Image” yang dipilih
  • Image overridable : mengaktifkan mode “overridedable” yang digunakan untuk mengganti obyek secara bebas di posisi yang sama
  • Horizontal Flip : memutar gambar/obyek secara horizontal
  • Vertical Flip : memutar gambar/obyek secara vertikal
  • Image color : mengganti warna gambar/obyek (harus sesuai data di sign_project)
  • Image Opacity : menampilkan nilai transparan obyek. Hanya bisa diisi dari 0 ke 1

Kelompok 4 : Menu Teks

  • Text : mengisi tulisan yang diinginkan secara bebas (nama tempat, peringatan)
  • Font Face : memilih tipe Font sesuai data di sign_project
  • Font Size : mengatur ukuran besar-kecil teks secara bebas
  • Horizontal Align : menyusun tatanan/rata teks untuk sisi horizontal (ada menu Left(kiri), Center(tengah), dan Right(kanan))
  • Vertical Align : menyusun tatanan/rata teks untuk sisi vertikal (ada menu Top(atas), Center(tengah), dan Bottom(bawah))
  • Font color : mengganti warna teks (harus sesuai data di sign_project)
  • Font Opacity : menampilkan nilai transparan teks. Hanya bisa diisi dari 0 ke 1
  • Line Spacing : mengatur jarak kosong antar baris (antar paragraf)
  • Letter Spacing : mengatur jarak spasi antar huruf (per kata dalam kalimat)

Kelompok 5 : Dynamic Text

Ini akan tampil apabila sign template yang dipakai berupa tipe dinamis (bisa gonta-ganti teks sesuai kondisi). Cara aktifnya klik kanan teks yang diedit, lalu masuk Text Properties dan aktifkan/centang “Make Dynamic”

  • Text list : Daftar isi data teks yang akan ditampilkan (semacam array data)
  • Radar : mengatur jarak jangkauan pemain saat melintasi rambu tersebut
  • Speed limit : menampilkan batas kecepatan (untuk tipe sign tertentu)

Menu Pembantu

Ada fitur menu pembantu (di atas toolbar) yang bisa dipilih saat mengedit sign template.

Kelompok : File

  • Save : jelas untuk menyimpan hasil editan sign
  • Save as : jelas untuk menyimpan hasil editan sign dengan nama baru
  • Revert : Kembalikan lagi hasil editan sign yang dirasa jelek seperti semula
  • Clean up overrides : Kembalikan lagi hasil editan sign tipe “override” seperti semula

Kelompok : Edit

  • Undo : iya tahu, balikkan hasil editan terakhir satu-per-satu
  • Redo : iya tahu, maju lagi hasil editan terbaru satu-per-satu
  • Copy, cut, paste ... skip saja ya…? (kan udah tau fungsinya apa...)
  • Paste (no offset) : Menempatkan hasil copy/salinan tetapi tetap dalam posisi yang sama persis dengan saat di-copy
  • Delete… skip (kan udah tau fungsinya apa...)
  • Select all : menyeleksi / blok semua obyek (tulisan, gambar, background) pada satu papan sign
  • Deselect : menghapus seleksi / blok semua obyek (tulisan, gambar, background) pada satu papan sign
  • Invert Selection : menyeleksi / blok obyek (tulisan, gambar, background) tetapi diambil secara terbalik atau sisa yang sebelumnya tidak terpilih (misal ada 3 kotak dan 1 bola, yang dipilih 1 bola, saat di-“invert” maka tiba-tiba ganti terpilih 3 bola)
  • Move forward : Menempatan urutan obyek yang ketimpa naik satu-per-satu
  • Move to front : Menempatkan obyek langsung di paling depan (tidak akan ketimpa dengan obyek lain)
  • Move backward : Menempatan urutan obyek yang ketimpa ke belakang satu-per-satu
  • Move to back : Menempatkan obyek langsung di paling belakang (ya sudah… ketimpa dengan semua obyek lain)
  • Align Left : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi kiri
  • Align Horizontal : Ratakan (sama baris) semua obyek ke tengah (anggap saja rata tengah)
  • Align Right: Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi kanan
  • Align Tops : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi atas
  • Align Vertical : Ratakan (sama baris) semua obyek ke tengah (tetapi dari sisi menyamping)
  • Align Bottom : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi bawah
  • Insert text : Masukkan teks seperti biasa
  • Insert frame : Masukkan background polos (misal tempat wisata atau akses arah tol dari jalan arteri) atau garis tepi
  • Insert Imange : Masukkan stiker atau gambar lain

Kelompok : View

  • Show borders : tampilkan garis tepi pembantu di setiap obyek (biar tidak kebingungan saat memilih).
  • Show grid : tampilkan garis kotak-kotak pembantu (seperti buku matematika). Bisa diatur lebih lanjut di kotak isian “Grid” di atas workspacenya.
  • Snap to Grid : Menggeser sampai pas (nge-pas-kan) posisi obyek mengikuti garis kotak-kotak pembantu
  • Properties : menampilan menu properties (yang sisi kanan program)
  • Cities : menampilkan daftar kota (yang sisi kiri program)

Barangkali gambar yang satu ini bisa memperjelas lagi (sudah ditunjukkan pada tutorial Part21.


Mengedit "Sign Template" yang Sudah Disediakan/Dibuat

Sekarang dicoba untuk mengedit papan sign yang sudah dibuat (atau dari bawaan game ETS2 juga boleh). Ada dua tipe dari mengedit sign tersebut.

Tipe 1 : “Edit Sign” Cara Biasa

1) Mulai lagi dengan menambah sign baru (Item type = Sign > Add new; atau tombol E > 5). Dan taruh di map editor. 

2) Kemudian aktifkan “Properties” dan pilih lagi titik/node objek yang baru saja ditambahkan. Baru pilih “Edit Sign”

3) Tampilan dialog menu "Sign Editor" pun keluar. Selanjutnya silakan ubah sesuai keinginan. Dengan catatan… hanya bagian ini saja yang diubah!

4) Sekarang mari coba apa yang bisa di-edit dengan Sing Editor. Pertama, berhubungan dengan Teks & Font

  • Ganti kata atau kalimat : Paling gampang. Klik obyek tulisan yang ingin diganti (lebih enak aktifkan menu View -> Show Border) terus di bagian kanan program pilih Text, ganti saja di situ. Selesai
  • Ganti warna teks : Sama seperti no.1, cari baris “Font Color” dan ganti warna dari situ. Selesai.
  • Sembunyikan/tampilkan teks : Sama seperti nomor 1, Cari bagian “Font Opacity” dan ganti antara 0 dan 1 saja (kode biner, 0 = hilang; 1 = tampil)

5) Ganti ukuran font : Sama seperti no.1, cari baris “Font Size” dan ganti angka dari situ sesuai keinginan.

6) Ganti perataan font : Sama seperti no.1, cari baris “Horizontal Align” untuk sisi kiri-kanan, dan atau “Vertical Align” untuk sisi atas-bawah.

7) Ganti tipe teks : Sama seperti no.1, cari baris “Font face” dan pilih sesuai yang sudah disediakan.

8) Ganti warna frame : Untuk background polos di belakang teks bisa diubah warnanya dengan memilih “Frame Color” sesuai yang sudah disediakan

9) Tampil/hilangkan gambar atau stiker : Cari bagian “Image Opacity” dan ganti antara 0 dan 1 saja (kode biner, 0 = hilang; 1 = tampil)

10) Tukar posisi/hadapan gambar atau stiker : Pilih dua centang khusus “Horizontal flip” dan “Vertical flip”. Silakan atur sesuai keinginan

11) Selesai mengedit, tekan Save. Dan selesai, begitu saja.


Tipe 2 : “Edit Template” Cara Darurat

1) Sekarang balik dan mulai lagi dengan menambah sign baru (Item type = Sign -> Add new; atau tombol E -> 5). Dan taruh di map editor. Kemudian Aktifkan “properties” dan pilih lagi sign baru itu.

2) Selanjutnya pilih “Edit Template”

3) Tampilan sign editor pun keluar. Eits… tunggu sebentar....

Sama seperti waktu membuat sign baru pada topik part-1, kalau tidak bisa meng-klik apa-apa berarti editor itu masuk“MODE TEMPLATE”. 

Terus apa yang bisa diubah? Lihat saja sendiri di bagian Properties (menu sisi kanan program Sign Editor nya)

Kalau mau langsung bisa diedit, klik kanan tampilan papan sign, pilih “Edit Board”

Silakan edit seperti yang dijelaskan di Tipe 1 tadi.

4) Selesai mengedit, tekan Save (langsung) atau Save as (untuk data baru).

Baca lagi tutorial Part21 dan ikuti dengan baik dan cermat. Kalau tidak, khawatirnya  hasil editan kalian tidak akan bisa tersimpan. Aduh…


Bagaimanapun, inilah salah satu keuntungan dari memakai Sign template. Dari satu model papan saja bisa diatur menjadi banyak varian. Salah satunya seperti ini.


Memasukkan Def “Sign Template” Hasil Bikin/Edit kedalam Mod Map.

Setelah membuat sign template, save map, dan tutup game ETS2, tentu saja harus diperbarui file mod masing-masing agar papan rambu/sign editan tadi tetap terjaga. 

Lokasinya bisa ditemukan di folder “shortcut” tadi atau di lokasi instalan ETS2 > mod_indo > base > def

Kurang lebih isinya seperti ini


Video Referensi

Buka lagi tutorial Part21 yang menyediakan berbagai pilihan video referensi yang bisa membantu kalian.



Akhirnya selesai juga tutorial kali ini.

Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya, Wassalam!


Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 21) Mengenal Sign Template & Cara Buatnya (Bagian1) ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 23) Mengenal Traffic Area + Trik Tak Terduga ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##