Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Mengenal Map Item Properties : Traffic Area

Kenal Map Item Properties #14 : Traffic Area

Diperbarui pada : April 2024
Alasan : -

Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Masih ada lagi Item Map Editor ETS2 maupun ATS yang belum ter-ekspos segala menu dari item properties di postingan blog ini. Untuk kali ini ialah Traffic Area Item Properties. Ini merupakan salah satu jenis "Map item" berupa garis area berwarna merah muda yang berfungsi mengatur kawasan fitur traffic tertentu di map.

Dengan item ini kalian dapat mengatur suatu kawasan di map (editor) yang hanya boleh dimasuki traffic mobil kecil (misal di perumahan) atau kawasan yang hanya dimasuki untuk kendaraan truk (contoh di kawasan pabrik atau industri). Selain itu juga diperuntukkan untuk menempatkan aturan traffic tetentu di suatu tempat: area dengan batas kecepatan sekian km/jam, area dimana traffic AI hanya boleh belok ke kanan atau kiri, dan masih banyak lagi.

Traffic Area Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Daripada memperpanjang waktu, langsung saja berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Traffic Area.

No. Nama (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi
1 Unit ID Tampil - Hanya menampilkan kode UID dari suatu titik item Traffic Area yang di-select
2 Tags Kotak Isian - Memasukkan tag tertentu agar aturan dari traffic_rule bisa jalan di game
3 Traffic Rule Pilih - Semua jenis traffic_rule yang disediakan pada Traffic Area (dijabarkan satu-satu di bawah)
4 Range Kotak Isian - Mengatur besar jangkauan (sisi vertikal) area yang ditempati Traffic Area-nya
5 Crossroad Area Ceklis - Mengatur agar traffic AI diberlakukan aturan melewati persimpangan, terutama di bundaran (akan berasa efeknya ketika mengaktifkan fitur Voice Navigation)
6 Remove Semaphores Ceklis - Mengatur Traffic Area agar dapat menghilangkan sejumlah objek/model Semaphore (lampu lalu lintas atau palang tol)
7 (Road Event) Mode Pilih (bullet) - Mode kemunculan fitur "road event" dalam kawasan yang ditempati Traffic Area
8 (Road Event) Data Pilih - Data road_event yang tersedia di game untuk dimunculkan atau dimuat/load di map
9 (Road Event) Loaded Data Tampil - Hanya menampilkan status atau objek road_event yang tampil
10 (Road Event) ID Kotak Isian - Memasukkan ID event yang spesifik

Untuk pilihan jenis "Traffic_Rule" tersedia sebagai berikut:

  • Speed limit (angka) = Ini sudah pasti memberi batas kecepatan di suatu area. Misal speed limit 80 berarti ketika traffic AI memasuki jalan atau prefab di dalam traffic area diberi kecepatan 80 km/jam.
  • Cars only (no trailers) = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI mobil (atau apapun kendaraan kecil yang tidak ada trailer-nya).
  • Buses only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI bis.
  • Trucks only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI truk.
  • Truck and buses only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI bis dan truk.
  • Custom vehicles only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI custom (mungkin yang dimaksud traffic khusus area perbatasan, misal mobil polisi atau sejenisnya).
  • No trailers = Dalam suatu area tak boleh dimasuki traffic AI apapun yang pakai/ada trailer.
  • Large city - very high traffic density = Area khusus perkotaan besar - maksudnya dibuat traffic padat tipikal kota besar.
  • City - high traffic density = Area khusus perkotaan biasa - maksudnya dibuat traffic ramai tipikal kota pada umunya.
  • Village - low traffic density = Area khusus pedesaan - maksudnya dibuat traffic sepi seperti lagi jalan ke sawah, ladang, atau hutan.
  • Tourist zone = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan wisata atau tempat hiburan (taman, wisata alam apapun, pantai, dsb.).
  • Residential zone = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan pemukiman/perumahan (dengan kata lain bis & truk tidak boleh masuk).
  • Commercial zone - small = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan pusat bisnis (pasar, pertokoan, sekolah, rumah sakit, kantor, dsb.).
  • Commercial zone - large = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan tempat hiburan ramai (wahana permainan, mal/plaza, stadion, bandara, pusat pemerintahan, dsb.).
  • Industrial zone (logistic) = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan industri (dengan kata lain hanya truk yang boleh masuk).

Oke sampai disini dulu ya. Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.47 + 1.48 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod) - Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.47+ 1.48

Diperbarui pada : April 2024

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.47 & 1.48 & 1.48.5

MAP

  1. Berbagai kota di Jerman (Base Map) terlah dikerjakan ulang atau reworked.
  2. Map DLC Baru - West Balkans

VEHICLE

  1. Trailer tangki BBM atau Gas Cistern yang bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  2. Trailer pengangkut ternak atau Livestock juga bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  3. Fitur Adaptive Cruise Control & Emergency Braking System.
  4. Fitur Electronic Stability Controls (meliputi sistem Anti-Lock Braking & Traction Control).
  5. Pengerjaan ulang bentuk trailer tipe vehicle transport.

GAMEPLAY

  1. Fitur Custom City Intro untuk kawasan DLC Road to the Black Sea.
  2. Tambahan fitur Sound Direction Filter.
  3. Fitur simulasi permukaan tidak rata - jadi player bisa merasakan efek jalan bergelombang.
  4. Perbaikan performa grafis agar tidak semakin berat di game (dari pencahayaan waktu malam hari, cuaca buruk, maupun saat traffic padat)

UI

  1. Desain ulang tampilan menu "Career History"
  2. Permbaruan daftar Log pada game
  3. Fitur Teleportasi sewaktu Economy Reset.
  4. Menu map eksplorasi per negara (dilengkapi bendera & persentase jalan yang dilewati)
  5. Menu daftar kota (di game) dalam fitur Gallery
  6. Perbaikan tampilan Input Wizard Control Selection.

EDITOR/MOD

  1. Sejumlah menu, tool, dan fitur baru (akan dijelaskan di topik terpisah)
  2. Perubahan struktural untuk packing file MOD

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah berkaitan dengan mod sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar Perubahan Khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Format Substansi Game

Unit substansi di game (dalam file khusus /material/material.db) diberi atribut physics float yang baru: bump_granularity, bump_amplitude, dan integer: bump_perlin_order. Itu semua digunakan untuk memunculkan efek "tidak rata" atau "bergelombang" pada suatu bahan subtansi si material (shader).

Selain itu unit substansi juga mendapat atribut token baru: sound_class. Ini digunakan untuk menentukan jenis suara yang dimainkan saat player menyetir pada suatu bentuk geometri dengan material yang menggunakan substansi khusus yang dimaksud. Ada 6 jenis suara yang dibedakan berikut ini:

  • asphalt
  • rumble
  • gravel
  • dirt
  • grass
  • generic

Game Data

City Data

Mulai versi baru ini, untuk def City diberikan atribut baru: population. Gunanya untuk mengatur tampilan besar-kecilnya font/huruf pin sebuah nama kota atau label tempat ketika membuka menu GPS atau World Map (UI Map).

Untuk perubahannya ialah, dari ukuran font/huruf sebesar 75% jika populasi sebanyak (atau mendekati) 0, lalu ukuran huruf 100% jika populasi sebanyak 40 ribu., hingga ukuran huruf 150% jika populasi sebanyak 4 juta. Untuk populasi sendiri diambil berdasarkan basis wilayah suatu kota, dan dapat merujuk dari data kependudukan "asli" suatu wilayah atau negara (di dunia nyata) - boleh dari Wikipedia atau data BPS Statistik.

Vehicle Data

Accessory Addon Electric Type

Semua jenis unit Accesory Addon mendapat nilai atribut electric_type yang baru: vehicle_interior.

Ketika dipakai, aksesori yang dimaksud akan mengambil sepaket parameter untuk material berbasis luminance (efek luminositas penggunaan material, misalnya eut2.dif.lum) dari array dashboard_color[] dari accessory_interior_data. Jadi setiap bagian objek aksesori yang diterangi dapat menggunakan fungsi pewarnaan lampu latar yang sama seperti model interior.

Cabin Suspension Type

Unit data kabin aksesori mendapat atribut suspension_type baru. Ini token dengan nilai default 4air. Nilai lain yang diterima adalah hinge2air yang memberikan opsi untuk menyiapkan dua tipe dasar suspensi kabin yang digunakan di Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan suspensi tipe AS ini, rendering part suku cadang truk sedikit berubah karena suku cadang (part) yang dipasang di kap (hood) mesin. Dalam tampilan eksterior semuanya ditampilkan seperti sebelumnya, menggunakan exterior_model (dan dimasukkan ke dalam model chassis dan kabin). Dalam tampilan interior, semua aksesori pada interior-mounted locators ditampilkan seperti sebelumnya (dalam posisi tetap pada kamera/interior). 

Juga jika show_chassis_rear diaktifkan, model chassis yang di-baked akan di-render seperti sebelumnya. Namun aksesori tambahan yang dipasang di chassis yang memiliki model_interior yang ditentukan secara eksplisit juga di-render. Hal ini memungkinkan tingkat detail tertentu dari interior (seperti kaca spion) atau menampilkan beberapa bagian tertentu yang dipasang pada chassis alih-alih memaksa permainan untuk menggambar chassis yang di-baked utuh (kap mesin, headache rack, dll). Sedikit peringatan, data DEF model interior tidak termasuk aksesori dari proses "bake", sehingga rendering eksteriornya mungkin sedikit lebih lambat.

Dashboard Colors

Penanganan array dashboard_color[] dalam aksesoris_interior_data telah diubah. Daripada mengatur sekitar 16 slot, player kini hanya dapat mengatur hingga 8 slot. Pun 8 slot lainnya kini dicadangkan sistem dan saat ini digunakan sebagai berikut:

  • slot9-14[uv(0..3, 2..3)] - tidak dipakai, namun akan dikembalikan suatu saat nanti, set menjadi MAGENTA(1.0,0.0,1.0) agar mudah menemukan bagian UV yang tidak rapi.
  • slot15[uv(2,-3)] - diatur permanen,WHITE(1.0,1.0,1.0), berguna untuk permukaan yang menyala secara permanen atau material yang men-simulasi-kan permukaan cermin.
  • slot16[uv(3,-3)] - di-set WHITE(1.0,1.0,1.0) ketika engine electric menyala (ON), sebaliknya jadi BLACK(0.0,0.0,0.0), berguna untuk permukaan terang apa pun yang bergantung pada komponen engine electrics (misal komputer dasbor)

Interior Animations

Unit aksesori interior kendaraan accessory_interior_data diberikan atribut animasi indikator blind-spot yang baru: indicator_blind_spot_[kiri|kanan] agar berfungsi dengan fitur deteksi blind-spot yang baru. Untuk informasi lebih lanjut buka link berikut: 

Documentation/Engine/ Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Dashboard Display IDs

Kini sudah bisa untuk grup ID baru (dari 1620 hingga 1650), yang ditampilkan saat kendaraan menggunakan aksesori cermin/mirror berbasis kamera. 

Selain itu, bisa juga untuk ID indikator blind-spot, yang ditampilkan dengan cara yang sama seperti animasi indikator blind-spot yang diaktifkan. 

Informasi lebih lanjut buka link berikut:

Documentation/Engine/Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Sounds

Ada tiga jenis sound event baru yang ditentukan untuk unit accessory_interior_data:

  • system_warning1 - Suara (generic) system warning, dipakai saat EBS or BSD is disatukan.
  • system_warning2 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.
  • system_warning3 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.


Pastikan kalian pelajari dan baca baik-baik. Kalau bacanya cepat dan sekilas tentu saja semua penjelasan di atas tidak akan bisa dipahami. Pelan-pelan saja...

Bagaimanapun, tetap semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berkarya!

Itu saja yang bisa disampaikan. Jika ada yang kurang jelas harap ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips modding baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Script DEF Data Negara (Country) & Kota (City) Indonesia

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Paket Khusus Data DEF untuk Negara (country) dan Kota (city) di Indonesia

Pernah sih beberapa kali cek isi pack mod map lain berupa file format ZIP atau SCS (yang pasti cuma yang bisa dibuka atau tidak di-lock...). Hingga menyadari mengapa datanya sangat tidak beraturan. Misal data script DEF city ada yang tertukar nama nya, lalu ada data country… ya masih copy-paste dari bawaan ori DEF country Eropa. Padahal script DEF satu ini rentan jadi penyebab awal first job (ketika bikin new profile) selalu crash di game.

Sejak versi 1.30 data DEF sudah tidak bermasalah lagi seperti dulu. Jadi kita bisa meng-kustom script sesuai keinginan. Mau buat negara/country baru bahkan negara imajinasi sekalipun? Bisa.

Sepertinya banyak mapper Indonesia yang masih kebingungan (atau malah jenuh) betapa ribetnya membuat script DEF beginian. Baiklah dengan ini saya kasih keringanan khusus untuk membuat paket DEF country & city di Indonesia.


Sebelumnya kalian paham atau belum apa itu DEF? Baiknya baca dulu postingan blog berikut ya : (Part 20) Mengenal Script DEF File 

Kalau begitu, isinya apa saja? Berikut list yang disusun sebagai berikut:

1) Folder def

  • folder city : 252 file sii/sui nama kota di Indonesia mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, hingga Kep. Nusa Tenggara (untuk daerah lain menyusul ya…)
  • folder country : ada 3 file/folder lainnya. indo_b (indo barat : zona WIB), indo_th (indo tengah: zona WITA), & indo_tm (indo timur: zona WIT). Yup, ada tiga negara Indonesia yang sama namun dibagikan berdasarkan zona waktu. (Catatan : sejak 1.32 atau 1.33 sudah muncul fitur timezone untuk tiap negara, adapun fitur 'secondary time zone' namun berlaku untuk 1 negara yang punya 2 zona waktu berbeda. Karena Indonesia ada 3 zona waktu maka dibuatlah tiga data country sekaligus)
  • 3 file khusus @include list untuk setiap data city & country yang disediakan : city.id_jawa, city.id_sumatra, city.id_balinusa & country.indo

2) folder locale 

Berisi berbagai folder berdasarkan regional & bahasa yang support dengan game ETS2/ATS ini, misal de_de (Jerman), en_gb (Inggris ver. Default) en_us (Inggris ver. Amerika), jp_jp (Jepang), ru_ru (Rusia), dll. Total bahasa yang disediakan sebanyak 42.

3) folder font

Berisi data font/huruf khusus plat nomor (lp) yang bakal berpengaruh dengan data country baru ini.

4) folder material

Berisi folder ui / lp untuk tekstur plat nomor kendaraan (license_plate) berformat dds dan tobj yang mendukung 3 data country baru yang dibuat ini. Jadi ada kendaraan dengan plat warna hitam, kuning, maupun merah (jarang kan ada yang merah hehe...).

Cara Pakai 1 : Jika sebelumnya sudah punya data 'city' bikinan sendiri

1. Bagi mod map yang sebelumnya punya script DEF sendiri, hapus dulu atau pindahkan folder city (yang lama) ke direktori/folder terpisah. Untuk country tidak perlu agar saat buka map tidak ada error pertama yang muncul. Tujuannya buat jaga-jaga agar tidak bentrok saat dikasih file DEF yang baru ini.

2. Copas (copy-paste) semua isi paket DEF ini (def, font, locale, dan material) baru ini kedalam pack ZIP atau SCS mod map kalian. Kalau tidak paham, taruh saja file ZIP paket DEF baru ini ke folder "/document/Euro Truck Simulator 2/mod/".

3. Jalankan game dan buka map editor, pastikan log console bersih (kalaupun ada, maka itu problem dari mod kalian sendiri)

4. Kalau muncul tulisan warning (misalnya city not found ‘’) maka masih ada pengaruh/efek dari hilangnya script DEF yang lama. Caranya gampang, ganti setiap kota dengan yang baru dengan cari item “City” secara manual

Kalau merasa kesulitan, klik menu View --> Item Visibility dan cukup matikan semua baris ceklis “Pin” yang ada, kecuali tipe City (hanya ceklis City yang aktif).

5. Aktifkan Item Properties (tombol P di keyboard) dan klik salah satu item 'city' tersebut. Ganti sesuai kota yang kalian buat.

6. Lakukan cara no. 4 dan 5 lagi jika menemukan error city item lainnya.

Cara Pakai 2 : Jika punya data 'city' bikinan sendiri tapi ternyata tidak ada di paket versi Pejindo Project

Mungkin saja ada beberapa kota yang memang tidak disediakan di paket DEF baru ini. Misal di map kalian ada kota "Cikampek" (padahal itu nama kecamatan bjir...) sedangkan di versi Pejindo Project tidak ada data kota tersebut. Apabila kejadian seperti itu maka ikuti cara berikut :

1. Masih simpan script DEF bikinan kalian sendiri (atau yang lama) bukan? Pertama cari kota yang dibutuhkan untuk dimasukkan dalam folder city.

2. Setelah itu masukkan file city.<nama_map>.sui atau buat baru di folder def (luaran). Namun harus edit script didalamnya yang isinya kota yang hilang saja.

Lantas, bagaimana jika misalnya kota (city) tidak ada, baik di mod bikinan sendiri maupun paket DEF versi Pejindo? 

Kalau begitu caranya ya... bikin def city baru. Silahkan baca tutorialnya di link berikut : (Part 20) Mengenal Script DEF File 

Cara Pakai 3 : Jika ingin ganti data country (border) dengan versi Pejindo Project

Bagi kalian yang punya game versi 1.35 keatas, maka sudah bisa tampil ikon titik/node khusus country_border (kotak biru + strip putih) jadi kalau mata kalian jeli seharusnya bisa ketemu dengan mudah. 

Kok di saya nggak ada padahal pakai ETS2 versi 1.43 (misalnya...)? Cara mengatasinya, silakan buka menu View > Item Visibility, lalu cari list yang ada tulisan "Country Border" (biasanya di paling bawah) dan tinggal centang aja beres. Baca tutor berikut : (Part 11) Item Visibility untuk Map Editor

Tetapi kalau memang terlalu sulit dicari saking ribetnya, ada cara gampang nya berikut ini 

1. Buka tampilan console di map editor, lalu ketik kode berikut “g_next_border_node” (tanpa kutip). Otomatis tampilan editor mengarah ke satu titik node terdekat yang ditemukan lebih dulu. 

2. Jangan sampai geser-geser sembarang arah dulu,  langsung saja ZOOM atau perbesar layar editornya (tekan tombol PgDn atau Scroll Mouse-nya) sedekat mungkin agar pas dengan titik/node road yang ditemukan. Contoh seperti gambar

3. Kalau sudah ketemu, aktifkan Node Properties (tombol N di keyboard) dan klik titik/node yang dipilih. Setelah muncul tampilan dialog, ganti sebagai berikut:

  • "Indonesia" untuk country indo_b (zona WIB)
  • _ untuk indo_th (zona WITA)
  • __ untuk indo_tm (zona WIT)

4. Ulangi cara no. 1 sampai 3 apabila masih menemukan titik country_border lainnya.

5. Kalau dirasa sudah tidak ada lagi, maka langsung saja SAVE map. Untuk memastikan, tambahkan prefab persimpangan sembarang bentuk lalu buka Item Properties untuk menambah model "semaphore" (lampu lalu lintas).

Loh tapi ini model lampu merah yang muncul jadi kebalik gini + jelek lagi :P 

Oh berarti belum dimasukkan Model Semaphore versi Pejindo Project. Download langsung >> DISINI <<

Tapi jika di mod map kalian punya model semaphore (lampu lalu lintas) bikinan sendiri, boleh juga. Silahkan edit sendiri pada file def/world "semaphore_model.<nama_map>.sii atau semaphore_profile.<nama_map>.sii

Ingat, jangan asal ganti token country ‘ID’ karena efeknya lumayan besar.

Dan satu lagi... kalian juga boleh edit script DEF baru ini (seandainya kalau mau ganti/tambah data dealer truk). Sudah ada petunjuk khusus sesuai hashtag/tagar yang disiapkan di dalam setiap file SII/SUI. Jadi baca yang teliti ya...


Link Download

Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket paket KHUSUS ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 01 Maret 2024 [!!!]

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.35-1.39)

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.40-1.43)

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.44-1.49)

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect hargai perjuangan pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

Saya harap untuk Share postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Model dari Game ATS

Diperbarui : 13 Agustus 2024
Alasan : Update Model Baru


Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Model Tambahan & Pilihan dari Game American Truck Simulator

Sebenarnya ini termasuk opsional, karena pada suatu saat di ETS2 juga akan kebagian model yang juga mengambil (copy/paste atau tiruan) dari game sekuelnya ATS, kecuali kalau kalian mau tambah koleksi aset/model map agar lebih banyak sampai file BASE map-nya berukuran banyak Gigabyte (tapi kalau hasil bikinan mapnya jelek ya ga ada gunanya juga :tengkorak:)

Link Download

Langsung saja ini dia link unduhan/download untuk paket kali ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini. 

Updated : 13 Agustus 2024 [Baru]

DLC Indo (v4.0) - Model Pilihan dari Game ATS


Syarat dan Ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Bisa dipakai pada map Free maupun $ale
  3. Bisa dipakai pada berbagai versi ETS2
  4. Mohon camtumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credit’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Harus sertakan file gamelog.txt dan editorlog.txt
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!


Jangan lupa BAGIKAN/SHARE postingan ini ke berbagai media, dengan begitu akan menjangkau lebih banyak grup modder atau mapper dari seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

Map Editor Tutorial ETS2 Part22 : Mengenal Sign Template & Cara Buatnya (Bagian 2)

Salam! Masih melanjutkan tutorial sebelumnya yakni membuat “Sign template” langsung di map editor, tanpa gonta-ganti tekstur DDS sampai kesekian-kian-kian-kian-kian kalinya. Ehehe....

#22 Mengenal Sign "Template" & Cara Bikin Langsung di Map Editor (Part 2)

Diubah pada : Mei 2023
Alasan : BANYAK REVISI


Daftar Tool & Menu Sign Editor

Sebelum lanjut membuat dan mengedit sign template. Ada baiknya kita pelajari dulu tool, menu, dan fitur-fitur di dalam Sign Editor (interface). Secara default, tampilan/interface dari Sign Editor seperti berikut ini.

Dari tampilan utama terbagi jadi beberapa tab/bagian :

  • Title bar + Tool bar = Pastinya untuk memilih semua menu, tool, dan fitur di Sign Editor tersebut (dijabarkan lagi setelah ini)
  • Quick Text = Pilihan tulisan “Nama tempat atau daerah” yang muncul otomatis sesuai def city (kota) yang tersedia dan data yang sudah di-set pada project sign.                                  
  • Editor Area = Tentu saja layar untuk mengedit papan petunjuk arah yang diinginkan
  • Properties = Kolom dan menu / opsi fitur dan tipe yang dipakai saat mengedit sign template (dijabarkan lagi setelah ini)

Berikut ini adalah tool yang terdapat pada Toolbar di menu Sign Editor (urut dari kiri ke kanan).

  • Save : sudah jelas untuk menyimpan map
  • Restore/Repeat : kembalikan ke tampilan sebelum diedit (kalau sudah frustasi karena sangat berantakan)
  • Undo : sudah jelas mengulang perubahan / editan sebelumnya
  • Redo : sudah jelas mengembalikan perubahan / editan yang sempat dibuat
  • Berbagai menu Align yang dijabarkan sebagai berikut (masih dari kiri ke kanan):
  • ----- Align Left : susunan rata kiri
  • ----- Align Bottom : susunan rata bawah
  • ----- Align Right : susunan rata kanan
  • ----- Align Top : susunan rata atas
  • Dua menu Distribution yang dijabarkan sebagai berikut :
  • ----- Distribute Horizontal : bagi jarak kosong untuk sisi datar (antar baris)
  • ----- Distribute Vertical : bagi jarak kosong untuk sisi melintang (antar kolom)
  • Dua menu Equal Scaling yang dijabarkan sebagai berikut :
  • ----- Equal Horizontal : sama-kan panjang berbagai obyek secara horizontal
  • ----- Equal Vertical : sama-kan panjang berbagai obyek secara vertikal
  • Add Text : menambahkan teks sesuka hati
  • Add Frame : menambahkan obyek/tekstur polos & dinamis (warna background)
  • Add Image : menambahkan obyek/gambar statis seperti tanda panah, atau marka khusus

Sekarang pelajari menu dan data di kolom “Properties”

Kelompok 1 : Tipe umum

  • Coords : menampilkan posisi koordinat tiap obyek. Urutan = l (left), r (right), b (bottom), t (top)
  • Dimention : menampillan panjang dan lebar tiap obyek. Sumbu x = panjang (sisi horizontal), sumbu y = lebar (sisi vertikal)
  • Z-Order : ya… susunan berdasarkan titik Z. (biarkan komputer yang paham)

Kelompok 2 : Menu Frame (Background polos)

  • Frame : menampilkan path data nama dan lokasi obyek “Frame” yang dipilih
  • Frame color : menampilkan warna “Frame” (harus sesuai isi data di sign_project)
  • Frame opacity : menampilkan nilai transparan obyek. Hanya bisa dari 0 sampai 1

Kelompok 3 : Menu Image (Stiker, tanda panah, marka khusus, dll)

  • Atlas : menampilkan path data lokasi obyek “Image” yang dipilih
  • Image name : menampilkan nama  obyek “Image” yang dipilih
  • Image overridable : mengaktifkan mode “overridedable” yang digunakan untuk mengganti obyek secara bebas di posisi yang sama
  • Horizontal Flip : memutar gambar/obyek secara horizontal
  • Vertical Flip : memutar gambar/obyek secara vertikal
  • Image color : mengganti warna gambar/obyek (harus sesuai data di sign_project)
  • Image Opacity : menampilkan nilai transparan obyek. Hanya bisa diisi dari 0 ke 1

Kelompok 4 : Menu Teks

  • Text : mengisi tulisan yang diinginkan secara bebas (nama tempat, peringatan)
  • Font Face : memilih tipe Font sesuai data di sign_project
  • Font Size : mengatur ukuran besar-kecil teks secara bebas
  • Horizontal Align : menyusun tatanan/rata teks untuk sisi horizontal (ada menu Left(kiri), Center(tengah), dan Right(kanan))
  • Vertical Align : menyusun tatanan/rata teks untuk sisi vertikal (ada menu Top(atas), Center(tengah), dan Bottom(bawah))
  • Font color : mengganti warna teks (harus sesuai data di sign_project)
  • Font Opacity : menampilkan nilai transparan teks. Hanya bisa diisi dari 0 ke 1
  • Line Spacing : mengatur jarak kosong antar baris (antar paragraf)
  • Letter Spacing : mengatur jarak spasi antar huruf (per kata dalam kalimat)

Kelompok 5 : Dynamic Text

Ini akan tampil apabila sign template yang dipakai berupa tipe dinamis (bisa gonta-ganti teks sesuai kondisi). Cara aktifnya klik kanan teks yang diedit, lalu masuk Text Properties dan aktifkan/centang “Make Dynamic”

  • Text list : Daftar isi data teks yang akan ditampilkan (semacam array data)
  • Radar : mengatur jarak jangkauan pemain saat melintasi rambu tersebut
  • Speed limit : menampilkan batas kecepatan (untuk tipe sign tertentu)

Menu Pembantu

Ada fitur menu pembantu (di atas toolbar) yang bisa dipilih saat mengedit sign template.

Kelompok : File

  • Save : jelas untuk menyimpan hasil editan sign
  • Save as : jelas untuk menyimpan hasil editan sign dengan nama baru
  • Revert : Kembalikan lagi hasil editan sign yang dirasa jelek seperti semula
  • Clean up overrides : Kembalikan lagi hasil editan sign tipe “override” seperti semula

Kelompok : Edit

  • Undo : iya tahu, balikkan hasil editan terakhir satu-per-satu
  • Redo : iya tahu, maju lagi hasil editan terbaru satu-per-satu
  • Copy, cut, paste ... skip saja ya…? (kan udah tau fungsinya apa...)
  • Paste (no offset) : Menempatkan hasil copy/salinan tetapi tetap dalam posisi yang sama persis dengan saat di-copy
  • Delete… skip (kan udah tau fungsinya apa...)
  • Select all : menyeleksi / blok semua obyek (tulisan, gambar, background) pada satu papan sign
  • Deselect : menghapus seleksi / blok semua obyek (tulisan, gambar, background) pada satu papan sign
  • Invert Selection : menyeleksi / blok obyek (tulisan, gambar, background) tetapi diambil secara terbalik atau sisa yang sebelumnya tidak terpilih (misal ada 3 kotak dan 1 bola, yang dipilih 1 bola, saat di-“invert” maka tiba-tiba ganti terpilih 3 bola)
  • Move forward : Menempatan urutan obyek yang ketimpa naik satu-per-satu
  • Move to front : Menempatkan obyek langsung di paling depan (tidak akan ketimpa dengan obyek lain)
  • Move backward : Menempatan urutan obyek yang ketimpa ke belakang satu-per-satu
  • Move to back : Menempatkan obyek langsung di paling belakang (ya sudah… ketimpa dengan semua obyek lain)
  • Align Left : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi kiri
  • Align Horizontal : Ratakan (sama baris) semua obyek ke tengah (anggap saja rata tengah)
  • Align Right: Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi kanan
  • Align Tops : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi atas
  • Align Vertical : Ratakan (sama baris) semua obyek ke tengah (tetapi dari sisi menyamping)
  • Align Bottom : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi bawah
  • Insert text : Masukkan teks seperti biasa
  • Insert frame : Masukkan background polos (misal tempat wisata atau akses arah tol dari jalan arteri) atau garis tepi
  • Insert Imange : Masukkan stiker atau gambar lain

Kelompok : View

  • Show borders : tampilkan garis tepi pembantu di setiap obyek (biar tidak kebingungan saat memilih).
  • Show grid : tampilkan garis kotak-kotak pembantu (seperti buku matematika). Bisa diatur lebih lanjut di kotak isian “Grid” di atas workspacenya.
  • Snap to Grid : Menggeser sampai pas (nge-pas-kan) posisi obyek mengikuti garis kotak-kotak pembantu
  • Properties : menampilan menu properties (yang sisi kanan program)
  • Cities : menampilkan daftar kota (yang sisi kiri program)

Barangkali gambar yang satu ini bisa memperjelas lagi (sudah ditunjukkan pada tutorial Part21.


Mengedit "Sign Template" yang Sudah Disediakan/Dibuat

Sekarang dicoba untuk mengedit papan sign yang sudah dibuat (atau dari bawaan game ETS2 juga boleh). Ada dua tipe dari mengedit sign tersebut.

Tipe 1 : “Edit Sign” Cara Biasa

1) Mulai lagi dengan menambah sign baru (Item type = Sign > Add new; atau tombol E > 5). Dan taruh di map editor. 

2) Kemudian aktifkan “Properties” dan pilih lagi titik/node objek yang baru saja ditambahkan. Baru pilih “Edit Sign”

3) Tampilan dialog menu "Sign Editor" pun keluar. Selanjutnya silakan ubah sesuai keinginan. Dengan catatan… hanya bagian ini saja yang diubah!

4) Sekarang mari coba apa yang bisa di-edit dengan Sing Editor. Pertama, berhubungan dengan Teks & Font

  • Ganti kata atau kalimat : Paling gampang. Klik obyek tulisan yang ingin diganti (lebih enak aktifkan menu View -> Show Border) terus di bagian kanan program pilih Text, ganti saja di situ. Selesai
  • Ganti warna teks : Sama seperti no.1, cari baris “Font Color” dan ganti warna dari situ. Selesai.
  • Sembunyikan/tampilkan teks : Sama seperti nomor 1, Cari bagian “Font Opacity” dan ganti antara 0 dan 1 saja (kode biner, 0 = hilang; 1 = tampil)

5) Ganti ukuran font : Sama seperti no.1, cari baris “Font Size” dan ganti angka dari situ sesuai keinginan.

6) Ganti perataan font : Sama seperti no.1, cari baris “Horizontal Align” untuk sisi kiri-kanan, dan atau “Vertical Align” untuk sisi atas-bawah.

7) Ganti tipe teks : Sama seperti no.1, cari baris “Font face” dan pilih sesuai yang sudah disediakan.

8) Ganti warna frame : Untuk background polos di belakang teks bisa diubah warnanya dengan memilih “Frame Color” sesuai yang sudah disediakan

9) Tampil/hilangkan gambar atau stiker : Cari bagian “Image Opacity” dan ganti antara 0 dan 1 saja (kode biner, 0 = hilang; 1 = tampil)

10) Tukar posisi/hadapan gambar atau stiker : Pilih dua centang khusus “Horizontal flip” dan “Vertical flip”. Silakan atur sesuai keinginan

11) Selesai mengedit, tekan Save. Dan selesai, begitu saja.


Tipe 2 : “Edit Template” Cara Darurat

1) Sekarang balik dan mulai lagi dengan menambah sign baru (Item type = Sign -> Add new; atau tombol E -> 5). Dan taruh di map editor. Kemudian Aktifkan “properties” dan pilih lagi sign baru itu.

2) Selanjutnya pilih “Edit Template”

3) Tampilan sign editor pun keluar. Eits… tunggu sebentar....

Sama seperti waktu membuat sign baru pada topik part-1, kalau tidak bisa meng-klik apa-apa berarti editor itu masuk“MODE TEMPLATE”. 

Terus apa yang bisa diubah? Lihat saja sendiri di bagian Properties (menu sisi kanan program Sign Editor nya)

Kalau mau langsung bisa diedit, klik kanan tampilan papan sign, pilih “Edit Board”

Silakan edit seperti yang dijelaskan di Tipe 1 tadi.

4) Selesai mengedit, tekan Save (langsung) atau Save as (untuk data baru).

Baca lagi tutorial Part21 dan ikuti dengan baik dan cermat. Kalau tidak, khawatirnya  hasil editan kalian tidak akan bisa tersimpan. Aduh…


Bagaimanapun, inilah salah satu keuntungan dari memakai Sign template. Dari satu model papan saja bisa diatur menjadi banyak varian. Salah satunya seperti ini.


Memasukkan Def “Sign Template” Hasil Bikin/Edit kedalam Mod Map.

Setelah membuat sign template, save map, dan tutup game ETS2, tentu saja harus diperbarui file mod masing-masing agar papan rambu/sign editan tadi tetap terjaga. 

Lokasinya bisa ditemukan di folder “shortcut” tadi atau di lokasi instalan ETS2 > mod_indo > base > def

Kurang lebih isinya seperti ini


Video Referensi

Buka lagi tutorial Part21 yang menyediakan berbagai pilihan video referensi yang bisa membantu kalian.



Akhirnya selesai juga tutorial kali ini.

Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya, Wassalam!


Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 21) Mengenal Sign Template & Cara Buatnya (Bagian1) ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 23) Mengenal Traffic Area + Trik Tak Terduga ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

Map Editor Tutorial ETS2 Part21 : Mengenal Sign Template & Cara Buatnya (Bagian 1)

Salam! Ah... Tidak disangka Blog Pejindo ini sudah menyajikan banyak sekali & macam-macam tutorial bikin mod map ETS2 yang sudah penulis hadirkan untuk kalian semua selama ini.

Iya betul, banyak... mulai dari seri tutorial General Map Editor ini, lalu ada tutorial khusus Trik Dasar Mapping, ada juga segmen tutorial Mengenal Item Properties map editor, termasuk pula tutorial dasar Pengenalan isi Script Data DEF, oh jangan lupa dengan segmen khusus Tips Pembaruan Mod (modding guide) versi Bahasa Indonesia.

Tapi... mari kita saling jujur sekarang. Teruntuk kalian semua yang sedang atau pernah membaca semua tutorial map editor versi Blog Pejindo ini, apa sampai sekarang kalian sudah semakin paham atau… malah semakin pusing?

Dan mungkin saja tutorial berikutnya juga akan “sangat semakin pusing sekali”. Kira-kira kalian disini bakal siap atau enggak ya? Atau saya hentikan saja sampai disini saja dan langsung penutupan?

Eh.... penutupan, kenapa?

Jangan bang... 

Nanti kalau disini udah ngga ada, kita cari tutorial dimana lagi...?

Waduh… ok-oke... jangan jadi drama sinetron. Kalau tidak nanti saya sedot ke akun Wattpad buat dijadikan novel… (^_^’)

Sudah-sudah… ayo pada serius semuanya! Balik ke topik utama kali ini.

#21 Mengenal Sign "Template" & Cara Bikin Langsung di Map Editor (Part 1)

Diubah pada : Mei 2023
Alasan : REVISI BANYAK


Tutorial kali ini membahas sesuatu yang jarang dikuasai semua mapper (terutama modder & mapper Indonesia). Inilah dia... Sign Template. Sebelumnya apa itu “template”?


Pendahuluan

Di dunia modding/mapping game ETS2 atau ATS, secara umum isitlah template adalah sesuatu berupa cetakan yang bisa dimodifikasi menjadi berbagai macam rupa dan variasi. 

Maksudnya 1 template bisa menjadi bermacam-macam bentuk, rupa, dan variasi. Contoh tipe model map yang berupa template adalah “road”, “prefab” dan “sign”. Dan yang dibahas khusus disini adalah “Sign”.

Sebenarnya hampir semua tipe sign bisa dibuat “template”. Namun yang paling sering dipakai berupa papan petunjuk arah (navigation).

Apa bedanya dengan model biasa? Kalian bebas mengedit teks, nama tempat/kota, bahkan posisi stiker/gambar, langsung di map editor tanpa harus membuka aplikasi grafis seperti Ms.Paint atau Photoshop. Jadi bisa bebas dibuat sesuai kreativitas yang diinginkan. Karena namanya “template”, dengan modal dari 1 model papan ini saja, bisa membuat puluhan bahkan ratusan varian yang berbeda.

Dengan begini juga kalian bakal hemat ukuran file mod map sampai 15-20%. Daripada harus gonta-ganti tekstur DDS yang justru membuat file mod jadi berukuran ratusan MB bahkan 1 GB lebih.

Beginilah contoh dari navigation sign template.


Sekarang pahami kata kunci dari tutorial yang akan dipelajari disini.

  • Model sign “editable” = File model format .pmd yang bisa diedit di map editor.
  • Sign Area (editable) = Cakupan/luas tampilan papan sign yang terlihat saat meng-editnya.
  • Sign template = Set primer/awal dari setiap model sign yang diedit. Dari 1 model sign editable terbagi jadi beberapa template. Disimpan dalam file .sii.
  • Board template = Set sekunder atau cabang dari template sign. Setiap 1 tempate diisi berupa “board” untuk menambah teks, gambar, dll. . Disimpan dalam file .sii.
  • Sign project = Kumpulan sign tempate dan board beserta setting/pengaturan menurut kategori yang ditentukan secara bebas (negara, nama map, dll).
  • Sign override = Tampilan papan sign yang ingin diset secara default. Jadi ketika hasilnya berantakan bisa kembali ke versi override (?)

Oke, sudah paham ya. Lanjut ke bagian selanjutnya.


Persiapan

Selebum memulai, pastikan dulu kalian punya model map “Sign” yang tipe “editable”. Boleh pakai model yang sudah ada di bawaan ori game ETS2. 

Kalau ada yang merasa belum puas... silakan download versi bikinan penulis DISINI (yang jelas... harus sesuai versi ETS2 yang dipakai ya)

Sekarang ikuti langkah berikut ini :

1) Pertama, buka folder direktori/lokasi instalasi game ETS2. Untuk pengguna Steam pastinya di folder = C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\

Kemudian bikin folder baru dengan nama “mod_<nama map>”. Misalnya nama folder “mod_indo”. Kemudian, bikin folder baru lagi dengan nama “base”

2) Buka folder “mod” C:\Users\...\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod seperti biasanya kita taruh file mod zip/scs pada umumnya. Habis itu biarkan saja dulu.

3) Segera buka Command Promp (CMD) dengan WAJIB pilih “Run as Administrator”

4) Langsung ketik sesuai format >>> mklink /D <folder mod + dir name di dalam mod folder> <project folder>

Contoh penulisan di bawah ini: 

mklink /D "C:\Users\.....\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\tmpl_sign" "C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\base"

Catatan : folder “tmpl_sign” merupakan hasil akhir yang akan muncul di folder mod nanti. Maka sebelum proses ini harap jangan sampai ada folder dengan nama yang sama.

5) Selesai, hasil akhirnya akan jadi begini.

Beginilah cara sederhana membuat “shortcut” berjenis “Symbolic link”. Otomatis data dari file mod_indo/base tadi langsung ter-copy berupa folder baru tadi di folder mod. Jadi tidak perlu repot bikin file zip atau scs. 

Uniknya, setelah save map tidak perlu tutup game untuk replace file & folder segala macam. Otomatis datanya langsung berubah sendiri di map editor.

Namun tetap saja sih... kalau mod nya mau dikasih ke orang lain maka HARUS packing dulu kedalam file zip atau scs seperti dulu.

Satu fakta lagi, sebenarnya cara "symbolic link" ini juga bisa diterapkan buat semua jenis mod. Jadi bukan hanya untuk edit Sign Template pada tutorial ini. Dengan begitu, kalian tidak harus khawatir ketika packing mod kedalam ZIP atau SCS yang terutama file size nya sangat besar.

Sumber tutorial : SCS Modding Wiki


Membuat "Sign Project"

Setelah merasa siap, langsung buka game & map editor. Bisa dilanjutkan ya?

1) Aktifkan menu Sign dengan memilih menu Item Type = Sign dan toolbar “Add New” ber-ikon plus (+) (sama seperti menambah rambu/sign dengan tombol E -> 5)

2) Mungkin setiap versi ETS2/ATS punya tampilan dialog menu yang berbeda, namun nama menu/tombol nya ada yang sama kok. Sekarang perhatikan menu “Editable Sign”. Pilih tombol “Add new project” atau "Create Project"

3) Oke, sekarang ini masih berupa data kosong. Untuk menambah dalam masing-masing daftar kolom caranya pilih drop-down menu (atau ketik langsung untuk menu tertentu), lalu klik “Add”.

Silahkan diisi seperti gambar ini (atau ditambahi yang lain juga boleh)

Keterangan :

  • Colors [RGB] = Tipe satuan warna yang dijadikan base untuk mewarnai teks, frame, dan image. Kalau mau tambah warna baru minimal bisa lihat data di “Brush Tool” untuk mendapat kode warna RGB nya.
  • Fonts = Sudah tahu kalau itu bentuk/tipe huruf atau teks. Pilih sesuai yang sudah tersedia di game bawaan (atau buatan sendiri kalau punya)
  • Atlases = Ini sinonim dengan gambar (image) atau stiker, seperti panah, lambang, tanda, dll. Pilih sesuai yang sudah tersedia di game bawaan (atau buatan sendiri kalau punya)
  • Frames = Layar atau stiker polosan yang bisa diperbesar, biasanya untuk teks background seperti rambu masuk tempat wisata atau jalan khusus. Pilih sesuai yang sudah tersedia di game bawaan (atau buatan sendiri kalau punya)
  • Templates = Ini rambu papan versi “template” yang akan dibuat. Kosongi saja untuk saat ini
  • Quick Texts = Ini anggap saja “templat” teks bantu untuk memudahkan dalam pengisian rambu papan nanti (daripada kecapean ngetik satu-satu). Isi saja kalau mau

4) Oh iya..., jangan lupa ketik project name yang diinginkan. Misal map_jabar (tidak boleh pakai spasi, diganti dengan underscore ‘_’). Selain itu untuk Box Uppercase city (tulisan dibuat huruf kapital) jangan di-centang.

5) Kalau sudah, save saja file barunya. Amati saja file name harus sama dengan project name tadi. Terus ubah menu Source dengan memilih “mod_indo/base”. Klik OK.

Hasil akhirnya bakal terlihat di folder instalasi ETS2 tadi yang ditambahkan folder baru mod_indo tadi. Silakan cek di folder mod_indo > base > def > sign > project.


Membuat "Sign Template" Baru

Selamat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Terus ikuti petunjuk dari penulis blog ini, jangan sampai nyasar kemana-mana. Oke, sekarang mari kita buat papan sign template nya!

1) Balik lagi pada saat menambah sign baru menu Item Type = Sign dan toolbar “Add New” ber-ikon plus (+) (sama seperti menambah rambu/sign dengan tombol E -> 5). Kalau sudah, sekarang pilih “Add new template” atau "Create Sign Template"

2) Muncul menu lagi untuk spesifikasi model papan sign yang ingin dibuat. Misal buat seperti gambar.

Keterangan :

  • Project = nama sign project yang sudah dibuat tadi (tidak harus sama seperti contoh di gambar)
  • Use > Sign model = memakai model papan sign biasa (universal)
  • Use > Sign model + stand = memakai model papan sign versi pilihan tiang secara kustom
  • Use > Sign model + boards = memakai model kombinasi beberapa papan sign + tiang sekaligus secara kustom

Ketika memilih “sign model” :

  • Category dan Model : pilih bentuk papan model yang dibutuhkan

Ketika memilih “sign model + stand” :

  • Category dan Model : pilih bentuk papan model yang dibutuhkan
  • Category dan Stand : pilih kustom tiang/penyangga papan

Ketika memilih “sign model + boards” :

  • Category dan Model : pilih bentuk papan model yang dibutuhkan (beda versi)
  • Category dan Stand : pilih kustom tiang/penyangga papan (beda versi)

Jika sudah, klik OK

3) Baiklah. Selamat datang di tampilan/interface "Sign Editor" Sebelum lanjut yuk perkenalan dulu. Perhatikan gambar di bawah ini.

Catatan : Ini masih versi lama, kapan-kapan penulis update lagi gambarnya...

Sekarang perhatikan baik-baik, jangan langsung buru-buru untuk buat yang baru. Karena saat kalian memulai dengan Sign Editor ada 3 Mode Pengeditan yang patut dipahami.

A) Template Mode 

Ini setting mode pertama sesaat setelah awal bikin atau edit papan Sign Template

Syaratnya ialah : Ketika kalian tidak bisa klik-geser apa-apa, maka itu tandanya kalian masih dalam "Template Mode" ini.

4) Maka di mode template ini, pada menu Properties di sisi kanan, kalian bisa pilih atau atur tiga menu di bawah ini :

  • Traffic rule untuk sign baru kalian (misal batas kecepatan), 
  • Stand model (jika pilih Use > Sign model + stand), dan 
  • Board 'xxx' (seandainya punya bentuk isian board/papan teks versi sendiri).

5) Oke, karena masih pertama kali muncul sign editor tadi, kalau begitu langsung klik tombol “Save” (atau menu File > Save)

6) Sama seperti saat memilih "Sign Project" baru. Ubah menu Source dengan memilih “mod_indo” (maaf pada gambar di-contoh-kan pakai folder mod_saya/base). Nah, kemudian isi File name sesuai keinginan. Klik OK.

7) Terkadang setelah di-save pertama masih muncul lagi menu save yang serupa. Itu tandanya masih disuruh buat file dasar untuk daftar template baru bikin tadi (i.e template.xxxx.sii)

Kalau di kolom isian "File name" sudah muncul tulisan secara otomatis (biasanya mengikuti folder yang dipakai save, jadi misalnya... template.mod_saya.sii). Maka itu biarkan saja, langsung klik OK.

8) Sudah, barulah sekarang pada tengah papan itu klik kanan mouse > pilih Edit Board

9) Nah, silahkan isi papan itu dengan teks atau panah. Tambah teks saja pilih toolbar ‘T’. dan atur sendiri besaran nya (Untuk mengaktifkan/mematikannya pilih menu View -> Show Border)

10) Untuk gambar panah-nya klik toolbar bergambar kotak dan segitiga (lihat gambar). Nanti akan muncul tampilan “Content Browser” yang mengarah langsung ke menu “Sign Image”. Cari panah yang cocok dan seret gambarnya ke papan yang diedit.

11) Tata sampai hasilnya bagus dan rapi. Bisa jua pilih menu View > matikan/hilangkan centang “Show Border” untuk memastikan nya.

12) Sekarang, save lagi sign editan nya (kali ini berupa file board). Sama seperti tadi, ubah menu Source dengan memilih “mod_indo” (maaf pada gambar di-contoh-kan pakai folder mod_saya/base). Kemudian isi File name sesuai keinginan. Klik OK.

13) Lagi-lagi... Terkadang setelah di-save yang kedua pun masih muncul lagi menu save yang serupa. Itu tandanya masih disuruh buat file dasar untuk daftar "board" baru bikin tadi (i.e board.xxxx.sii)

Kalau di kolom isian "File name" sudah muncul tulisan secara otomatis (biasanya mengikuti folder yang dipakai save, jadi misalnya... board.mod_saya.sii). Maka itu biarkan saja, langsung klik OK

>> Tutup sign editor. Dan lihat hasilnya. Jeng...jeng…jeng.

Apabila kalian pilih Use > Sign model + boards, maka tampilan Template Mode berubah jadi begini :

(hmm... penulis masih kurang paham sama bentukan ini karena baru diterapkan pada ETS2 1.44 keatas, kedepan tutorial ini akan diperbarui lagi...)


Video Referensi

Maaf kalau penjelasan penulis blog ini agak... membingungkan. Tapi penulis juga sediakan referensi "bantuan" dari luar berupa video yang bisa disimak berikut ini :


Hadeh, saya mulai capek nih. Kalau begitu saya sambung tutorial ini di PART 2 nya.

Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya, Wassalam!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 20) Mengenal Script DEF File ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 22) Mengenal Sign Template & Cara Buatnya (Bagian2) ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##