Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.
Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.
Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"
Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya
Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.
Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.
Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.
Masih ada lagi Item Map Editor ETS2 maupun ATS yang belum ter-ekspos segala menu dari item properties di postingan blog ini. Untuk kali ini ialah Traffic Area Item Properties. Ini merupakan salah satu jenis "Map item" berupa garis area berwarna merah muda yang berfungsi mengatur kawasan fitur traffic tertentu di map.
Dengan item ini kalian dapat mengatur suatu kawasan di map (editor) yang hanya boleh dimasuki traffic mobil kecil (misal di perumahan) atau kawasan yang hanya dimasuki untuk kendaraan truk (contoh di kawasan pabrik atau industri). Selain itu juga diperuntukkan untuk menempatkan aturan traffic tetentu di suatu tempat: area dengan batas kecepatan sekian km/jam, area dimana traffic AI hanya boleh belok ke kanan atau kiri, dan masih banyak lagi.
Traffic Area Item Properties (ETS2 1.46)
Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.
Daripada memperpanjang waktu, langsung saja berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Traffic Area.
No.
Nama
(Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi
1
Unit ID
Tampil - Hanya menampilkan kode UID dari suatu titik item Traffic Area yang di-select
2
Tags
Kotak Isian - Memasukkan tag tertentu agar aturan dari traffic_rule bisa jalan di game
3
Traffic Rule
Pilih - Semua jenis traffic_rule yang disediakan pada Traffic Area (dijabarkan satu-satu di bawah)
4
Range
Kotak Isian - Mengatur besar jangkauan (sisi vertikal) area yang ditempati Traffic Area-nya
5
Crossroad Area
Ceklis - Mengatur agar traffic AI diberlakukan aturan melewati persimpangan, terutama di bundaran (akan berasa efeknya ketika mengaktifkan fitur Voice Navigation)
6
Remove Semaphores
Ceklis - Mengatur Traffic Area agar dapat menghilangkan sejumlah objek/model Semaphore (lampu lalu lintas atau palang tol)
7
(Road Event) Mode
Pilih (bullet) - Mode kemunculan fitur "road event" dalam kawasan yang ditempati Traffic Area
8
(Road Event) Data
Pilih - Data road_event yang tersedia di game untuk dimunculkan atau dimuat/load di map
9
(Road Event) Loaded Data
Tampil - Hanya menampilkan status atau objek road_event yang tampil
10
(Road Event) ID
Kotak Isian - Memasukkan ID event yang spesifik
Untuk pilihan jenis "Traffic_Rule" tersedia sebagai berikut:
Speed limit (angka) = Ini sudah pasti memberi batas kecepatan di suatu area. Misal speed limit 80 berarti ketika traffic AI memasuki jalan atau prefab di dalam traffic area diberi kecepatan 80 km/jam.
Cars only (no trailers) = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI mobil (atau apapun kendaraan kecil yang tidak ada trailer-nya).
Buses only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI bis.
Trucks only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI truk.
Truck and buses only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI bis dan truk.
Custom vehicles only = Dalam suatu area hanya boleh dimasuki traffic AI custom (mungkin yang dimaksud traffic khusus area perbatasan, misal mobil polisi atau sejenisnya).
No trailers = Dalam suatu area tak boleh dimasuki traffic AI apapun yang pakai/ada trailer.
Large city - very high traffic density = Area khusus perkotaan besar - maksudnya dibuat traffic padat tipikal kota besar.
City - high traffic density = Area khusus perkotaan biasa - maksudnya dibuat traffic ramai tipikal kota pada umunya.
Village - low traffic density = Area khusus pedesaan - maksudnya dibuat traffic sepi seperti lagi jalan ke sawah, ladang, atau hutan.
Tourist zone = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan wisata atau tempat hiburan (taman, wisata alam apapun, pantai, dsb.).
Residential zone = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan pemukiman/perumahan (dengan kata lain bis & truk tidak boleh masuk).
Commercial zone - small = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan pusat bisnis (pasar, pertokoan, sekolah, rumah sakit, kantor, dsb.).
Commercial zone - large = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan tempat hiburan ramai (wahana permainan, mal/plaza, stadion, bandara, pusat pemerintahan, dsb.).
Industrial zone (logistic) = Area khusus traffic AI yang biasa muncul di kawasan industri (dengan kata lain hanya truk yang boleh masuk).
Oke sampai disini dulu ya. Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!
Modding Guides (Panduan Buat Mod) - Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.47+ 1.48
Diperbarui pada : April 2024
Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain.
SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)
Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.
Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.47 & 1.48 & 1.48.5
MAP
Berbagai kota di Jerman (Base Map) terlah dikerjakan ulang atau reworked.
Map DLC Baru - West Balkans
VEHICLE
Trailer tangki BBM atau Gas Cistern yang bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
Trailer pengangkut ternak atau Livestock juga bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
Fitur Adaptive Cruise Control & Emergency Braking System.
Pengerjaan ulang bentuk trailer tipe vehicle transport.
GAMEPLAY
Fitur Custom City Intro untuk kawasan DLC Road to the Black Sea.
Tambahan fitur Sound Direction Filter.
Fitur simulasi permukaan tidak rata - jadi player bisa merasakan efek jalan bergelombang.
Perbaikan performa grafis agar tidak semakin berat di game (dari pencahayaan waktu malam hari, cuaca buruk, maupun saat traffic padat)
UI
Desain ulang tampilan menu "Career History"
Permbaruan daftar Log pada game
Fitur Teleportasi sewaktu Economy Reset.
Menu map eksplorasi per negara (dilengkapi bendera & persentase jalan yang dilewati)
Menu daftar kota (di game) dalam fitur Gallery
Perbaikan tampilan Input Wizard Control Selection.
EDITOR/MOD
Sejumlah menu, tool, dan fitur baru (akan dijelaskan di topik terpisah)
Perubahan struktural untuk packing file MOD
Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)
-unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
-validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
-error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.
Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).
Cara Convert Map di Editor
Cara konvensional untuk upgrade map :
Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
Pastikan masalah-masalah berkaitan dengan mod sudah teratasi.
Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.
Daftar Perubahan Khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)
Format Substansi Game
Unit substansi di game (dalam file khusus /material/material.db) diberi atribut physics float yang baru: bump_granularity, bump_amplitude, dan integer: bump_perlin_order. Itu semua digunakan untuk memunculkan efek "tidak rata" atau "bergelombang" pada suatu bahan subtansi si material (shader).
Selain itu unit substansi juga mendapat atribut token baru: sound_class. Ini digunakan untuk menentukan jenis suara yang dimainkan saat player menyetir pada suatu bentuk geometri dengan material yang menggunakan substansi khusus yang dimaksud. Ada 6 jenis suara yang dibedakan berikut ini:
asphalt
rumble
gravel
dirt
grass
generic
Game Data
City Data
Mulai versi baru ini, untuk def City diberikan atribut baru: population. Gunanya untuk mengatur tampilan besar-kecilnya font/huruf pin sebuah nama kota atau label tempat ketika membuka menu GPS atau World Map (UI Map).
Untuk perubahannya ialah, dari ukuran font/huruf sebesar 75% jika populasi sebanyak (atau mendekati) 0, lalu ukuran huruf 100% jika populasi sebanyak 40 ribu., hingga ukuran huruf 150% jika populasi sebanyak 4 juta. Untuk populasi sendiri diambil berdasarkan basis wilayah suatu kota, dan dapat merujuk dari data kependudukan "asli" suatu wilayah atau negara (di dunia nyata) - boleh dari Wikipedia atau data BPS Statistik.
Vehicle Data
Accessory Addon Electric Type
Semua jenis unit Accesory Addon mendapat nilai atribut electric_type yang baru: vehicle_interior.
Ketika dipakai, aksesori yang dimaksud akan mengambil sepaket parameter untuk material berbasis luminance (efek luminositas penggunaan material, misalnya eut2.dif.lum) dari array dashboard_color[] dari accessory_interior_data. Jadi setiap bagian objek aksesori yang diterangi dapat menggunakan fungsi pewarnaan lampu latar yang sama seperti model interior.
Cabin Suspension Type
Unit data kabin aksesori mendapat atribut suspension_type baru. Ini token dengan nilai default 4air. Nilai lain yang diterima adalah hinge2air yang memberikan opsi untuk menyiapkan dua tipe dasar suspensi kabin yang digunakan di Eropa dan Amerika Serikat.
Dengan suspensi tipe AS ini, rendering part suku cadang truk sedikit berubah karena suku cadang (part) yang dipasang di kap (hood) mesin. Dalam tampilan eksterior semuanya ditampilkan seperti sebelumnya, menggunakan exterior_model (dan dimasukkan ke dalam model chassis dan kabin). Dalam tampilan interior, semua aksesori pada interior-mounted locators ditampilkan seperti sebelumnya (dalam posisi tetap pada kamera/interior).
Juga jika show_chassis_rear diaktifkan, model chassis yang di-baked akan di-render seperti sebelumnya. Namun aksesori tambahan yang dipasang di chassis yang memiliki model_interior yang ditentukan secara eksplisit juga di-render. Hal ini memungkinkan tingkat detail tertentu dari interior (seperti kaca spion) atau menampilkan beberapa bagian tertentu yang dipasang pada chassis alih-alih memaksa permainan untuk menggambar chassis yang di-baked utuh (kap mesin, headache rack, dll). Sedikit peringatan, data DEF model interior tidak termasuk aksesori dari proses "bake", sehingga rendering eksteriornya mungkin sedikit lebih lambat.
Dashboard Colors
Penanganan array dashboard_color[] dalam aksesoris_interior_data telah diubah. Daripada mengatur sekitar 16 slot, player kini hanya dapat mengatur hingga 8 slot. Pun 8 slot lainnya kini dicadangkan sistem dan saat ini digunakan sebagai berikut:
slot9-14[uv(0..3, 2..3)] - tidak dipakai, namun akan dikembalikan suatu saat nanti, set menjadi MAGENTA(1.0,0.0,1.0) agar mudah menemukan bagian UV yang tidak rapi.
slot15[uv(2,-3)] - diatur permanen,WHITE(1.0,1.0,1.0), berguna untuk permukaan yang menyala secara permanen atau material yang men-simulasi-kan permukaan cermin.
slot16[uv(3,-3)] - di-set WHITE(1.0,1.0,1.0) ketika engine electric menyala (ON), sebaliknya jadi BLACK(0.0,0.0,0.0), berguna untuk permukaan terang apa pun yang bergantung pada komponen engine electrics (misal komputer dasbor)
Interior Animations
Unit aksesori interior kendaraan accessory_interior_data diberikan atribut animasi indikator blind-spot yang baru: indicator_blind_spot_[kiri|kanan] agar berfungsi dengan fitur deteksi blind-spot yang baru. Untuk informasi lebih lanjut buka link berikut:
Ada tiga jenis sound event baru yang ditentukan untuk unit accessory_interior_data:
system_warning1 - Suara (generic) system warning, dipakai saat EBS or BSD is disatukan.
system_warning2 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.
system_warning3 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.
Pastikan kalian pelajari dan baca baik-baik. Kalau bacanya cepat dan sekilas tentu saja semua penjelasan di atas tidak akan bisa dipahami. Pelan-pelan saja...
Bagaimanapun, tetap semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berkarya!
Itu saja yang bisa disampaikan. Jika ada yang kurang jelas harap ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips modding baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?
Paket Khusus Data DEF untuk Negara (country) dan Kota (city) di Indonesia
Pernah sih beberapa kali cek isi pack mod map lain berupa file format ZIP atau SCS (yang pasti cuma yang bisa dibuka atau tidak di-lock...). Hingga menyadari mengapa datanya sangat tidak beraturan. Misal data script DEF city ada yang tertukar nama nya, lalu ada data country… ya masih copy-paste dari bawaan ori DEF country Eropa. Padahal script DEF satu ini rentan jadi penyebab awal first job (ketika bikin new profile) selalu
crash di game.
Sejak versi 1.30 data DEF sudah tidak bermasalah lagi seperti dulu. Jadi kita bisa
meng-kustom script sesuai keinginan. Mau buat negara/country baru bahkan
negara imajinasi sekalipun? Bisa.
Sepertinya banyak mapper
Indonesia yang masih kebingungan (atau malah jenuh) betapa ribetnya membuat script
DEF beginian. Baiklah dengan ini saya kasih keringanan khusus untuk membuat paket DEF country & city di Indonesia.
Kalau begitu, isinya apa saja? Berikut list yang disusun sebagai berikut:
1) Folder def
folder city : 252 file sii/sui nama kota di
Indonesia mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, hingga Kep. Nusa Tenggara(untuk
daerah lain menyusul ya…)
folder country : ada 3 file/folder lainnya. indo_b (indo barat : zona WIB), indo_th (indo tengah: zona WITA), & indo_tm (indo timur: zona WIT). Yup, ada tiga negara Indonesia
yang sama namun dibagikan berdasarkan zona waktu.(Catatan : sejak 1.32 atau 1.33
sudah muncul fitur timezone untuk tiap negara, adapun fitur 'secondary time zone' namun berlaku untuk 1 negara yang punya 2 zona waktu berbeda. Karena Indonesia ada 3 zona
waktu maka dibuatlah tiga data country sekaligus)
3 file khusus @include list untuk setiap data city & country yang disediakan : city.id_jawa, city.id_sumatra, city.id_balinusa & country.indo
2) folder locale
Berisi berbagai folder berdasarkan regional & bahasa yang support dengan game ETS2/ATS ini, misal de_de (Jerman), en_gb (Inggris ver.
Default) en_us (Inggris ver. Amerika), jp_jp (Jepang), ru_ru (Rusia), dll. Total bahasa yang disediakan sebanyak 42.
3) folder font
Berisi data font/huruf
khusus plat nomor (lp) yang bakal berpengaruh dengan data country baru ini.
4) folder material
Berisi folder ui / lp untuk tekstur plat nomor kendaraan (license_plate) berformat dds
dan tobj yang mendukung3 data country baru yang dibuat ini. Jadi ada
kendaraan dengan plat warna hitam, kuning, maupun merah(jarang kan ada yang
merah hehe...).
Cara Pakai 1 : Jika sebelumnya sudah punya data 'city' bikinan sendiri
1. Bagi mod map yang sebelumnya punya script DEF sendiri, hapus dulu atau
pindahkan folder city (yang lama) ke
direktori/folder terpisah. Untuk country tidak perlu agar saat buka map
tidak ada error pertama yang muncul. Tujuannya buat jaga-jaga agar tidak
bentrok saat dikasih file DEF yang baru ini.
2. Copas (copy-paste) semua isi paket DEF ini (def, font, locale, dan
material) baru ini kedalam pack ZIP atau SCS mod map kalian. Kalau tidak paham, taruh saja file ZIP paket DEF
baru ini ke folder "/document/Euro Truck Simulator 2/mod/".
3. Jalankan game dan buka
map editor, pastikan log console bersih (kalaupun ada, maka itu problem dari mod kalian sendiri)
4. Kalau muncul tulisan warning (misalnya
city not found ‘’) maka masih ada pengaruh/efek
dari hilangnya script DEF yang lama. Caranya gampang, ganti setiap kota dengan yang baru dengan cari item “City” secara
manual.
Kalau merasa kesulitan, klik
menu View --> Item Visibility dan cukup matikan semua baris ceklis “Pin” yang ada, kecuali tipe City(hanya
ceklis City yang aktif).
5. Aktifkan Item Properties (tombol P di keyboard) dan klik salah satu item 'city' tersebut. Ganti sesuai
kota yang kalian buat.
6. Lakukan cara no. 4 dan
5 lagi jika menemukan error city item lainnya.
Cara Pakai 2 : Jika punya data 'city' bikinan sendiri tapi ternyata tidak ada di paket versi Pejindo Project
Mungkin saja ada
beberapa kota yang memang tidak disediakan di paket DEF baru ini. Misal di map kalian ada kota "Cikampek" (padahal itu nama kecamatan bjir...) sedangkan di versi Pejindo Project tidak ada data kota tersebut. Apabila kejadian seperti itu maka ikuti cara
berikut :
1. Masih simpan
script DEF bikinan kalian sendiri (atau yang lama) bukan? Pertama cari kota yang dibutuhkan untuk
dimasukkan dalam folder city.
2. Setelah itu
masukkan file city.<nama_map>.sui atau buat baru di folder def (luaran). Namun harus edit
script didalamnya yang isinya kota yang hilang saja.
Lantas, bagaimana jika misalnya kota (city) tidak ada, baik di mod bikinan sendiri maupun paket DEF versi Pejindo?
Cara Pakai 3 : Jika ingin ganti data country (border) dengan versi Pejindo Project
Bagi kalian yang punya game versi 1.35 keatas, maka sudah bisa tampil ikon titik/node khusus country_border (kotak biru + strip putih) jadi kalau mata kalian jeli
seharusnya bisa ketemu dengan mudah.
Kok di saya nggak ada padahal pakai ETS2 versi 1.43 (misalnya...)? Cara mengatasinya, silakan buka menu View > Item Visibility, lalu cari list yang ada tulisan "Country Border" (biasanya di paling bawah) dan tinggal centang aja beres. Baca tutor berikut : (Part 11) Item Visibility untuk Map Editor
Tetapi kalau memang terlalu sulit dicari saking ribetnya, ada cara gampang nya berikut ini
1. Buka tampilan console di map editor, lalu ketik
kode berikut “g_next_border_node”(tanpa kutip). Otomatis tampilan editor mengarah ke satu titik node terdekat yang ditemukan lebih dulu.
2. Jangan sampai geser-geser sembarang arah dulu, langsung saja ZOOM atau perbesar layar editornya(tekan tombol PgDn atau Scroll Mouse-nya) sedekat mungkin agar
pas dengan titik/node road yang ditemukan. Contoh seperti gambar
3. Kalau sudah ketemu, aktifkan Node Properties (tombol N di
keyboard) dan klik titik/node yang dipilih. Setelah muncul tampilan dialog, ganti sebagai berikut:
"Indonesia" untuk country indo_b (zona WIB)
_ untuk indo_th (zona WITA)
__ untuk indo_tm (zona WIT)
4. Ulangi cara no. 1 sampai 3 apabila masih menemukan titik country_border lainnya.
5. Kalau dirasa sudah tidak ada lagi,
maka langsung saja SAVE map. Untuk memastikan, tambahkan prefab persimpangan sembarang bentuk lalu buka Item Properties untuk menambah model "semaphore" (lampu lalu lintas).
Loh tapi ini model lampu merah yang muncul jadi kebalik gini + jelek lagi :P
Oh berarti belum dimasukkan Model Semaphore versi Pejindo Project. Download langsung >> DISINI <<
Tapi jika di mod map kalian
punya model semaphore (lampu lalu lintas) bikinan sendiri, boleh juga. Silahkan edit sendiri pada file def/world "semaphore_model.<nama_map>.sii atau semaphore_profile.<nama_map>.sii.
Ingat, jangan asal
ganti token country ‘ID’ karena efeknya lumayan besar.
Dan satu lagi... kalian juga boleh edit
script DEF baru ini(seandainya kalau mau ganti/tambah data dealer truk). Sudah ada petunjuk khusus sesuai hashtag/tagar yang disiapkan di dalam setiap file SII/SUI. Jadi baca yang teliti ya...
Link Download
Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket paket KHUSUS ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.
Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect hargai perjuangan pembuat model ini)
Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!
Saya harap untuk Share postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.
Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!
Diperbarui : 13 Agustus 2024 Alasan : Update Model Baru
Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?
Model Tambahan & Pilihan dari Game American Truck Simulator
Sebenarnya ini termasuk opsional, karena pada suatu saat di ETS2 juga akan kebagian model yang juga mengambil (copy/paste atau tiruan) dari game sekuelnya ATS, kecuali kalau kalian mau tambah koleksi aset/model map agar lebih banyak sampai file BASE map-nya berukuran banyak Gigabyte (tapi kalau hasil bikinan mapnya jelek ya ga ada gunanya juga :tengkorak:)
Link Download
Langsung saja ini dia link unduhan/download untuk paket kali ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.
Mohon camtumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credit’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Harus sertakan file gamelog.txt dan editorlog.txt
DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!
Jangan lupa BAGIKAN/SHARE postingan ini ke berbagai media, dengan begitu akan menjangkau lebih banyak grup modder atau mapper dari seluruh Indonesia.
Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!
Salam! Masih melanjutkan tutorial sebelumnya yakni membuat “Sign template” langsung di map editor, tanpa gonta-ganti tekstur DDS sampai kesekian-kian-kian-kian-kian kalinya. Ehehe....
#22 Mengenal Sign "Template" & Cara Bikin Langsung di Map Editor (Part 2)
Diubah pada : Mei 2023
Alasan : BANYAK REVISI
Daftar Tool & Menu Sign Editor
Sebelum lanjut membuat dan mengedit sign template. Ada baiknya kita pelajari dulu tool, menu, dan fitur-fitur di dalam Sign Editor (interface). Secara
default, tampilan/interface dari Sign Editor seperti berikut ini.
Dari
tampilan utama terbagi jadi beberapa tab/bagian :
Title bar + Tool bar = Pastinya
untuk memilih semua menu, tool, dan fitur di Sign Editor tersebut (dijabarkan
lagi setelah ini)
Quick Text = Pilihan tulisan “Nama
tempat atau daerah” yang muncul otomatis sesuai def city (kota) yang tersedia
dan data yang sudah di-set pada project sign.
Editor Area = Tentu saja layar untuk
mengedit papan petunjuk arah yang diinginkan
Properties = Kolom dan menu / opsi
fitur dan tipe yang dipakai saat mengedit sign template (dijabarkan lagi
setelah ini)
Berikut
ini adalah tool yang terdapat pada Toolbar di menu Sign Editor(urut dari kiri ke
kanan).
Save : sudah jelas untuk menyimpan map
Restore/Repeat : kembalikan ke tampilan sebelum diedit (kalau sudah frustasi
karena sangat berantakan)
Undo : sudah jelas mengulang perubahan / editan sebelumnya
Redo : sudah jelas mengembalikan perubahan / editan yang sempat dibuat
Berbagai menu Align yang dijabarkan sebagai berikut (masih dari kiri ke kanan):
----- Align Left : susunan rata kiri
----- Align Bottom : susunan rata bawah
----- Align Right : susunan rata kanan
----- Align Top : susunan rata atas
Dua menu Distribution yang dijabarkan sebagai berikut :
----- Distribute Horizontal : bagi jarak
kosong untuk sisi datar (antar baris)
----- Distribute Vertical : bagi jarak kosong
untuk sisi melintang (antar kolom)
Dua menu Equal Scaling yang dijabarkan sebagai berikut :
----- Equal Horizontal : sama-kan panjang
berbagai obyek secara horizontal
----- Equal Vertical : sama-kan panjang
berbagai obyek secara vertikal
Add Text : menambahkan teks sesuka hati
Add Frame : menambahkan obyek/tekstur polos & dinamis (warna background)
Add Image : menambahkan obyek/gambar statis seperti tanda panah, atau marka
khusus
Sekarang
pelajari menu dan data di kolom “Properties”
Kelompok 1 : Tipe umum
Coords
: menampilkan posisi koordinat tiap obyek. Urutan = l (left), r (right), b
(bottom), t (top)
Dimention
: menampillan panjang dan lebar tiap obyek. Sumbu x = panjang (sisi
horizontal), sumbu y = lebar (sisi vertikal)
Z-Order
: ya… susunan berdasarkan titik Z. (biarkan komputer yang paham)
Kelompok 2 : Menu Frame (Background polos)
Frame
: menampilkan path data nama dan lokasi obyek “Frame” yang dipilih
Frame
color : menampilkan warna “Frame” (harus sesuai isi data di sign_project)
Frame
opacity : menampilkan nilai transparan obyek. Hanya bisa dari 0 sampai 1
Kelompok 3 : Menu Image (Stiker, tanda panah, marka khusus, dll)
Atlas
: menampilkan path data lokasi obyek “Image” yang dipilih
Image
name : menampilkan nama obyek “Image”
yang dipilih
Image
overridable : mengaktifkan mode “overridedable” yang digunakan untuk mengganti
obyek secara bebas di posisi yang sama
Horizontal
Flip : memutar gambar/obyek secara horizontal
Vertical
Flip : memutar gambar/obyek secara vertikal
Image
color : mengganti warna gambar/obyek (harus sesuai data di sign_project)
Image
Opacity : menampilkan nilai transparan obyek. Hanya bisa diisi dari 0 ke 1
Kelompok 4 : Menu Teks
Text
: mengisi tulisan yang diinginkan secara bebas (nama tempat, peringatan)
Font
Face : memilih tipe Font sesuai data di sign_project
Font
Size : mengatur ukuran besar-kecil teks secara bebas
Horizontal
Align : menyusun tatanan/rata teks untuk sisi horizontal (ada menu Left(kiri),
Center(tengah), dan Right(kanan))
Vertical
Align : menyusun tatanan/rata teks untuk sisi vertikal (ada menu Top(atas),
Center(tengah), dan Bottom(bawah))
Font
color : mengganti warna teks (harus sesuai data di sign_project)
Font
Opacity : menampilkan nilai transparan teks. Hanya bisa diisi dari 0 ke 1
Line
Spacing : mengatur jarak kosong antar baris (antar paragraf)
Letter
Spacing : mengatur jarak spasi antar huruf (per kata dalam kalimat)
Kelompok 5 : Dynamic Text
Ini
akan tampil apabila sign template yang dipakai berupa tipe dinamis (bisa
gonta-ganti teks sesuai kondisi). Cara aktifnya klik kanan teks yang diedit,
lalu masuk Text Properties dan aktifkan/centang “Make Dynamic”
Text
list : Daftar isi data teks yang akan ditampilkan (semacam array data)
Radar
: mengatur jarak jangkauan pemain saat melintasi rambu tersebut
Speed
limit : menampilkan batas kecepatan (untuk tipe sign tertentu)
Menu Pembantu
Ada
fitur menu pembantu (di atas toolbar) yang bisa dipilih saat mengedit sign
template.
Kelompok : File
Save
: jelas untuk menyimpan hasil editan sign
Save
as : jelas untuk menyimpan hasil editan sign dengan nama baru
Revert
: Kembalikan lagi hasil editan sign yang dirasa jelek seperti semula
Clean
up overrides : Kembalikan lagi hasil editan sign tipe “override” seperti semula
Kelompok : Edit
Undo
: iya tahu, balikkan hasil editan terakhir satu-per-satu
Redo
: iya tahu, maju lagi hasil editan terbaru satu-per-satu
Copy,
cut, paste ... skip saja ya…? (kan udah tau fungsinya apa...)
Paste
(no offset) : Menempatkan hasil copy/salinan tetapi tetap dalam posisi yang sama
persis dengan saat di-copy
Delete…
skip (kan udah tau fungsinya apa...)
Select
all : menyeleksi / blok semua obyek (tulisan, gambar, background) pada satu
papan sign
Deselect
: menghapus seleksi / blok semua obyek (tulisan, gambar, background) pada satu
papan sign
Invert
Selection : menyeleksi / blok obyek (tulisan, gambar, background) tetapi
diambil secara terbalik atau sisa yang sebelumnya tidak terpilih (misal ada 3
kotak dan 1 bola, yang dipilih 1 bola, saat di-“invert” maka tiba-tiba ganti
terpilih 3 bola)
Move
forward : Menempatan urutan obyek yang ketimpa naik satu-per-satu
Move
to front : Menempatkan obyek langsung di paling depan (tidak akan ketimpa
dengan obyek lain)
Move
backward : Menempatan urutan obyek yang ketimpa ke belakang satu-per-satu
Move
to back : Menempatkan obyek langsung di paling belakang (ya sudah… ketimpa
dengan semua obyek lain)
Align
Left : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi kiri
Align
Horizontal : Ratakan (sama baris) semua obyek ke tengah (anggap saja rata
tengah)
Align
Right: Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi kanan
Align
Tops : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi atas
Align
Vertical : Ratakan (sama baris) semua obyek ke tengah (tetapi dari sisi
menyamping)
Align
Bottom : Ratakan (sama baris) semua obyek ke sisi bawah
Insert
text : Masukkan teks seperti biasa
Insert
frame : Masukkan background polos (misal tempat wisata atau akses arah tol dari
jalan arteri) atau garis tepi
Insert
Imange : Masukkan stiker atau gambar lain
Kelompok : View
Show
borders : tampilkan garis tepi pembantu di setiap obyek (biar tidak kebingungan
saat memilih).
Show
grid : tampilkan garis kotak-kotak pembantu (seperti buku matematika). Bisa
diatur lebih lanjut di kotak isian “Grid” di atas workspacenya.
Snap
to Grid : Menggeser sampai pas (nge-pas-kan) posisi obyek mengikuti garis kotak-kotak
pembantu
Properties
: menampilan menu properties (yang sisi kanan program)
Cities
: menampilkan daftar kota (yang sisi kiri program)
Barangkali
gambar yang satu ini bisa memperjelas lagi (sudah ditunjukkan pada tutorial Part21.
Mengedit "Sign Template" yang Sudah Disediakan/Dibuat
Sekarang
dicoba untuk mengedit papan sign yang sudah dibuat (atau dari bawaan game ETS2
juga boleh). Ada dua tipe dari mengedit sign tersebut.
Tipe 1 : “Edit Sign” Cara Biasa
1) Mulai lagi dengan menambah sign baru (Item type = Sign > Add new; atau
tombol E > 5). Dan taruh di map editor.
2) Kemudian aktifkan “Properties” dan pilih lagi titik/node objek yang baru saja ditambahkan. Baru pilih “Edit Sign”
3) Tampilan dialog menu "Sign Editor" pun keluar. Selanjutnya silakan ubah sesuai keinginan.
Dengan catatan… hanya bagian ini saja yang diubah!
4) Sekarang mari coba apa yang bisa di-edit dengan Sing Editor. Pertama, berhubungan dengan Teks & Font
Ganti kata atau kalimat : Paling gampang. Klik obyek tulisan yang ingin diganti (lebih enak
aktifkan menu View -> Show Border) terus di bagian kanan program pilih Text,
ganti saja di situ. Selesai
Ganti warna teks : Sama seperti no.1, cari baris “Font Color” dan ganti warna
dari situ. Selesai.
Sembunyikan/tampilkan teks : Sama seperti nomor 1, Cari bagian “Font Opacity” dan ganti antara 0 dan 1 saja (kode biner, 0 = hilang; 1 = tampil)
5)
Ganti ukuran font : Sama seperti no.1, cari baris “Font Size” dan ganti angka
dari situ sesuai keinginan.
6)
Ganti perataan font : Sama seperti no.1, cari baris “Horizontal Align” untuk
sisi kiri-kanan, dan atau “Vertical Align” untuk sisi atas-bawah.
7)
Ganti tipe teks : Sama seperti no.1, cari baris “Font face” dan pilih sesuai
yang sudah disediakan.
8)
Ganti warna frame : Untuk background polos di belakang teks bisa diubah
warnanya dengan memilih “Frame Color” sesuai yang sudah disediakan
9)
Tampil/hilangkan gambar atau stiker : Cari bagian “Image Opacity” dan ganti
antara 0 dan 1 saja (kode biner, 0 = hilang; 1 = tampil)
10)
Tukar posisi/hadapan gambar atau stiker : Pilih dua centang khusus “Horizontal
flip” dan “Vertical flip”. Silakan atur sesuai keinginan
11) Selesai mengedit, tekan Save. Dan selesai, begitu saja.
Tipe 2 : “Edit Template” Cara Darurat
1) Sekarang balik dan mulai lagi dengan menambah sign baru (Item type = Sign ->
Add new; atau tombol E -> 5). Dan taruh di map editor. Kemudian Aktifkan
“properties” dan pilih lagi sign baru itu.
2) Selanjutnya pilih “Edit Template”
3) Tampilan sign editor pun keluar. Eits… tunggu sebentar....
Sama
seperti waktu membuat sign baru pada topik part-1, kalau tidak bisa meng-klik
apa-apa berarti editor itu masuk“MODE TEMPLATE”.
Terus apa yang bisa diubah?
Lihat saja sendiri di bagian Properties (menu sisi kanan program Sign Editor nya)
Kalau
mau langsung bisa diedit, klik kanan tampilan papan sign, pilih “Edit Board”
Silakan
edit seperti yang dijelaskan di Tipe 1 tadi.
4) Selesai mengedit, tekan Save (langsung) atau Save as (untuk data baru).
Baca lagi tutorial Part21dan ikuti dengan baik dan cermat. Kalau tidak, khawatirnya hasil editan kalian tidak akan bisa
tersimpan. Aduh…
Bagaimanapun, inilah
salah satu keuntungan dari memakai Sign template. Dari satu model papan saja
bisa diatur menjadi banyak varian. Salah satunya seperti ini.
Memasukkan Def “Sign Template” Hasil Bikin/Edit kedalam Mod Map.
Setelah
membuat sign template, save map, dan tutup game ETS2, tentu saja harus diperbarui
file mod masing-masing agar papan rambu/sign editan tadi tetap terjaga.
Lokasinya
bisa ditemukan di folder “shortcut” tadi atau di lokasi instalan ETS2 > mod_indo
> base > def
Kurang
lebih isinya seperti ini
Video Referensi
Buka lagi tutorial Part21yang menyediakan berbagai pilihan video referensi yang bisa membantu kalian.
Akhirnya
selesai juga tutorial kali ini.
Jika masih ada
masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah.
Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun
posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini
kepada semua orang.
Salam! Ah... Tidak disangka Blog Pejindo ini sudah menyajikan banyak sekali & macam-macam tutorial bikin mod map ETS2 yang sudah penulis hadirkan untuk kalian semua selama ini.
Iya betul, banyak... mulai dari seri tutorial General Map Editor ini, lalu ada tutorial khusus Trik Dasar Mapping, ada juga segmen tutorial Mengenal Item Properties map editor, termasuk pula tutorial dasar Pengenalan isi Script Data DEF, oh jangan lupa dengan segmen khusus Tips Pembaruan Mod (modding guide) versi Bahasa Indonesia.
Tapi... mari kita saling jujur sekarang. Teruntuk kalian semua yang sedang atau pernah membaca semua tutorial map editor versi Blog Pejindo ini, apa sampai sekarang kalian sudah semakin paham atau… malah semakin pusing?
Dan mungkin saja tutorial berikutnya juga akan “sangat semakin pusing sekali”. Kira-kira kalian disini bakal siap atau enggak ya? Atau saya hentikan saja sampai disini saja dan langsung penutupan?
Eh.... penutupan, kenapa?
Jangan bang...
Nanti kalau disini udah ngga ada, kita cari tutorial dimana lagi...?
Waduh… ok-oke... jangan jadi drama sinetron. Kalau tidak nanti saya sedot ke akun Wattpad buat dijadikan novel… (^_^’)
Sudah-sudah… ayo pada serius semuanya! Balik ke topik utama kali ini.
#21 Mengenal Sign "Template" & Cara Bikin Langsung di Map Editor (Part 1)
Diubah pada : Mei 2023 Alasan : REVISI BANYAK
Tutorial kali ini membahas sesuatu yang jarang dikuasai semua mapper (terutama modder & mapper Indonesia). Inilah dia... Sign Template. Sebelumnya apa itu “template”?
Pendahuluan
Di
dunia modding/mapping game ETS2 atau ATS, secara umum isitlah template adalah sesuatu berupa cetakan yang bisa dimodifikasi menjadi berbagai macam rupa dan
variasi.
Maksudnya 1 template bisa menjadi bermacam-macam bentuk, rupa,
dan variasi. Contoh tipe model map yang berupa template adalah “road”, “prefab”
dan “sign”. Dan yang dibahas khusus disini adalah “Sign”.
Sebenarnya
hampir semua tipe sign bisa dibuat “template”. Namun yang paling sering dipakai
berupa papan petunjuk arah (navigation).
Apa
bedanya dengan model biasa? Kalian bebas mengedit teks, nama tempat/kota,
bahkan posisi stiker/gambar, langsung di
map editor tanpa harus membuka aplikasi grafis seperti Ms.Paint atau
Photoshop. Jadi bisa bebas dibuat sesuai kreativitas yang diinginkan. Karena
namanya “template”, dengan modal dari 1 model papan ini saja, bisa membuat puluhan
bahkan ratusan varian yang berbeda.
Dengan
begini juga kalian bakal hemat ukuran file mod map sampai 15-20%. Daripada
harus gonta-ganti tekstur DDS yang justru membuat file mod jadi berukuran ratusan
MB bahkan 1 GB lebih.
Beginilah
contoh dari navigation sign template.
Sekarang
pahami kata kunci dari tutorial yang
akan dipelajari disini.
Model
sign “editable” = File model format .pmdyang bisa diedit di map editor.
Sign
Area (editable) = Cakupan/luas tampilan
papan sign yang terlihat saat meng-editnya.
Sign
template = Set primer/awal dari
setiap model sign yang diedit. Dari
1 model sign editable terbagi jadi beberapa template. Disimpan dalam file .sii.
Board
template = Set sekunder atau cabang
dari template sign. Setiap 1 tempate
diisi berupa “board” untuk menambah teks, gambar, dll. . Disimpan dalam file
.sii.
Sign
project = Kumpulan sign tempate dan
board beserta setting/pengaturan menurut
kategori yang ditentukan secara bebas (negara, nama map, dll).
Sign
override = Tampilan papan sign yang ingin diset secara default. Jadi ketika
hasilnya berantakan bisa kembali ke versi override (?)
Oke,
sudah paham ya. Lanjut ke bagian selanjutnya.
Persiapan
Selebum
memulai, pastikan dulu kalian punya model map “Sign” yang tipe “editable”. Boleh pakai model yang sudah ada di bawaan ori game ETS2.
Kalau ada yang merasa belum puas... silakan download versi bikinan penulis DISINI(yang jelas... harus sesuai
versi ETS2 yang dipakai ya)
Sekarang ikuti langkah berikut ini :
1) Pertama, buka folder direktori/lokasi instalasi game ETS2. Untuk pengguna Steam pastinya di folder = C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\
Kemudian bikin folder baru dengan nama “mod_<nama
map>”. Misalnya nama folder “mod_indo”. Kemudian, bikin folder baru lagi dengan nama “base”
2)
Buka folder “mod” C:\Users\...\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod seperti
biasanya kita taruh file mod zip/scs pada umumnya. Habis itu biarkan saja dulu.
3) Segera buka Command Promp (CMD) dengan WAJIB pilih “Run as Administrator”
4) Langsung ketik sesuai format >>> mklink /D <folder
mod + dir name di dalam mod folder> <project folder>
Catatan
: folder “tmpl_sign” merupakan hasil akhir yang akan muncul di folder mod nanti. Maka
sebelum proses ini harap jangan sampai ada folder dengan nama yang sama.
5) Selesai, hasil akhirnya akan jadi begini.
Beginilah
cara sederhana membuat “shortcut” berjenis “Symbolic link”. Otomatis data dari
file mod_indo/base tadi langsung
ter-copy berupa folder baru tadi di folder mod. Jadi tidak perlu repot bikin file zip atau scs.
Uniknya, setelah
save map tidak perlu tutup game untuk replace file & folder segala macam. Otomatis datanya
langsung berubah sendiri di map editor.
Namun tetap saja sih... kalau mod nya mau dikasih ke orang lain maka HARUS packing dulu kedalam file zip atau scs seperti dulu.
Satu fakta lagi, sebenarnya cara "symbolic link" ini juga bisa diterapkan buat semua jenis mod. Jadi bukan hanya untuk edit Sign Template pada tutorial ini. Dengan begitu, kalian tidak harus khawatir ketika packing mod kedalam ZIP atau SCS yang terutama file size nya sangat besar.
Setelah
merasa siap, langsung buka game & map
editor. Bisa dilanjutkan ya?
1) Aktifkan menu Sign dengan memilih menu Item Type = Sign dan toolbar “Add New” ber-ikon plus (+) (sama seperti menambah rambu/sign dengan tombol E -> 5)
2) Mungkin setiap versi ETS2/ATS punya tampilan dialog menu yang berbeda, namun nama menu/tombol nya ada yang sama kok. Sekarang perhatikan menu “Editable Sign”. Pilih tombol “Add new project” atau "Create Project"
3) Oke, sekarang ini masih berupa data kosong. Untuk menambah dalam masing-masing
daftar kolom caranya pilih drop-down menu (atau ketik langsung untuk menu
tertentu), lalu klik “Add”.
Silahkan
diisi seperti gambar ini (atau ditambahi yang lain juga boleh)
Keterangan
:
Colors [RGB] =
Tipe satuan warna yang dijadikan base untuk mewarnai teks, frame, dan image.
Kalau mau tambah warna baru minimal bisa lihat data di “Brush Tool” untuk
mendapat kode warna RGB nya.
Fonts =
Sudah tahu kalau itu bentuk/tipe huruf atau teks. Pilih sesuai yang sudah
tersedia di game bawaan (atau buatan sendiri kalau punya)
Atlases =
Ini sinonim dengan gambar (image) atau stiker, seperti panah, lambang, tanda,
dll. Pilih sesuai yang sudah tersedia di game bawaan (atau buatan sendiri kalau
punya)
Frames =
Layar atau stiker polosan yang bisa diperbesar, biasanya untuk teks background
seperti rambu masuk tempat wisata atau jalan khusus. Pilih sesuai yang sudah
tersedia di game bawaan (atau buatan sendiri kalau punya)
Templates =
Ini rambu papan versi “template” yang akan dibuat. Kosongi saja untuk saat ini
Quick Texts =
Ini anggap saja “templat” teks bantu untuk memudahkan dalam pengisian rambu
papan nanti (daripada kecapean ngetik satu-satu). Isi saja kalau mau
4) Oh iya...,
jangan lupa ketik project name yang
diinginkan. Misal map_jabar (tidak boleh pakai spasi, diganti dengan underscore
‘_’). Selain itu untuk Box Uppercase
city (tulisan dibuat huruf kapital) jangan di-centang.
5) Kalau sudah, save saja file barunya. Amati saja file name harus sama dengan
project name tadi. Terus ubah menu Source dengan memilih “mod_indo/base”. Klik OK.
Hasil
akhirnya bakal terlihat di folder instalasi ETS2 tadi yang ditambahkan folder
baru mod_indo tadi. Silakan cek di folder mod_indo > base > def >
sign > project.
Membuat "Sign Template" Baru
Selamat
melanjutkan ke tahap selanjutnya. Terus ikuti petunjuk dari penulis blog ini, jangan sampai
nyasar kemana-mana. Oke, sekarang mari kita buat papan sign template nya!
1) Balik lagi pada saat menambah sign baru menu Item Type = Sign dan toolbar “Add New” ber-ikon plus (+) (sama seperti menambah rambu/sign dengan tombol E -> 5). Kalau sudah, sekarang pilih “Add new template” atau "Create Sign Template"
2) Muncul menu lagi untuk spesifikasi model papan sign yang ingin dibuat. Misal
buat seperti gambar.
Keterangan
:
Project
= nama sign project yang sudah dibuat tadi (tidak harus sama seperti contoh di gambar)
Use > Sign model = memakai model papan sign biasa (universal)
Use > Sign model + stand = memakai model papan sign versi pilihan tiang secara kustom
Use > Sign model + boards = memakai model kombinasi beberapa papan sign + tiang sekaligus secara kustom
Ketika
memilih “sign model” :
Category dan Model : pilih bentuk papan model yang dibutuhkan
Ketika
memilih “sign model + stand” :
Category dan Model : pilih bentuk papan model yang dibutuhkan
Category dan Stand : pilih kustom tiang/penyangga papan
Ketika memilih “sign model + boards” :
Category dan Model : pilih bentuk papan model yang dibutuhkan (beda versi)
Category dan Stand : pilih kustom tiang/penyangga papan (beda versi)
Jika sudah, klik OK
3) Baiklah. Selamat datang di tampilan/interface "Sign Editor" Sebelum lanjut yuk perkenalan dulu. Perhatikan gambar di bawah ini.
Catatan : Ini masih versi lama, kapan-kapan penulis update lagi gambarnya...
Sekarang perhatikan baik-baik, jangan langsung buru-buru untuk buat yang baru.
Karena saat kalian memulai dengan Sign Editor ada 3 Mode Pengeditan yang patut dipahami.
A)Template Mode
Ini setting mode pertama
sesaat setelah awal bikin atau edit papan Sign Template.
Syaratnya ialah : Ketika kalian tidak bisa klik-geser apa-apa, maka itu tandanya kalian masih dalam "Template Mode" ini.
4) Maka di mode template ini, pada menu Properties di sisi kanan, kalian bisa
pilih atau atur tiga menu di bawah ini :
Traffic rule untuk sign baru kalian (misal batas kecepatan),
Stand model
(jika pilih Use > Sign model + stand), dan
Board 'xxx' (seandainya punya bentuk isian board/papan teks versi sendiri).
5) Oke, karena masih pertama kali muncul sign editor tadi, kalau begitu langsung klik tombol “Save” (atau menu File > Save)
6) Sama seperti saat memilih "Sign Project" baru. Ubah menu Source dengan memilih
“mod_indo” (maaf pada gambar di-contoh-kan pakai folder mod_saya/base). Nah, kemudian isi File name sesuai keinginan. Klik OK.
7) Terkadang setelah di-save pertama masih muncul lagi
menu save yang serupa. Itu tandanya masih disuruh buat file dasar untuk daftar template baru bikin tadi (i.e template.xxxx.sii)
Kalau di kolom isian "File name" sudah muncul tulisan secara otomatis (biasanya mengikuti folder yang dipakai save, jadi misalnya... template.mod_saya.sii). Maka itu biarkan saja, langsung klik OK.
8) Sudah, barulah sekarang pada tengah papan itu klik kanan mouse > pilih Edit Board
9) Nah, silahkan isi papan itu dengan teks atau panah. Tambah teks saja pilih
toolbar ‘T’. dan atur sendiri besaran nya (Untuk mengaktifkan/mematikannya pilih
menu View -> Show Border)
10) Untuk gambar panah-nya klik toolbar bergambar kotak dan segitiga (lihat
gambar). Nanti akan muncul tampilan “Content Browser” yang mengarah langsung ke
menu “Sign Image”. Cari panah yang cocok dan seret gambarnya ke papan yang
diedit.
11) Tata sampai hasilnya bagus dan rapi. Bisa jua pilih menu View >
matikan/hilangkan centang “Show Border” untuk memastikan nya.
12) Sekarang, save lagi sign editan nya (kali ini berupa file board). Sama seperti
tadi, ubah menu Source dengan memilih “mod_indo” (maaf pada gambar di-contoh-kan pakai folder mod_saya/base). Kemudian isi File name
sesuai keinginan. Klik OK.
13) Lagi-lagi... Terkadang setelah di-save yang kedua pun masih muncul lagi menu save yang serupa. Itu tandanya masih disuruh buat file dasar untuk daftar "board" baru bikin tadi (i.e board.xxxx.sii)
Kalau di kolom isian "File name" sudah muncul tulisan secara otomatis (biasanya mengikuti folder yang dipakai save, jadi misalnya... board.mod_saya.sii). Maka itu biarkan saja, langsung klik OK
>>
Tutup sign editor. Dan lihat hasilnya. Jeng...jeng…jeng.
Apabila kalian pilih Use > Sign model + boards, maka tampilan Template Mode berubah jadi begini :
(hmm... penulis masih kurang paham sama bentukan ini karena baru diterapkan pada ETS2 1.44 keatas, kedepan tutorial ini akan diperbarui lagi...)
Video Referensi
Maaf kalau penjelasan penulis blog ini agak... membingungkan. Tapi penulis juga sediakan referensi "bantuan" dari luar berupa video yang bisa disimak berikut ini :
Hadeh,
saya mulai capek nih. Kalau begitu saya sambung tutorial ini di PART 2 nya.
Jika masih ada
masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah.
Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun
posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini
kepada semua orang.