Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.39 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.39

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.39

MAP

  1. Rework (garap ulang) kawasan pelabuhan Calais, Prancis (lihat gambar diatas !)

UI (User Interface) 

  1. Pembaruan tampilan Launchpad (Menu Utama)

VEHICLES

  1. Lowbed and low-loader trailers (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri)
  2. Schwarzmuller low-loader (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri) untuk item Schwarzmuller DLC
  3. DAF XF 2017 Facelift masuk kedalam tipe kendaraan AI
  4. MAN TGX Euro 6 masuk kedalam tipe kendaraan AI (termasuk varian 6x2/4)

FITUR LAIN

  1. Perbaikan Sound (turbo slider, sound position-ing, cabin spatial mixing, sound distribution to accessories)
  2. Trailer browser & lister menampilan semua varian kargo yang valid
  3. Adanya eksperimen “transmission input shaft emulation” and “clutch brake support” (g_clutch_brake)

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Sound

Ada perubahan di bagian suara interior kabin (kemudi) dan menghapus beberapa fitur default (?)

Informasi dari situs aslinya masih belum lengkap. Ditunggu saja, nggih…

Sound Accessories

Semua aksesori pada kendaraan utama sudah muncul atribut suara baru dengan script tipe string array, dan setiap item memiliki format "sound_name | sound_path".

Jalur/path nya dapat ditentukan dengan salah satu dari tiga cara berikut:

String empty atau "-" (strip) berarti tidak ada sound yang dimainkan. Juga jika item hilang dalam baris sama sekali tidak ada sampel yang akan diputar untuk suara yang diberikan.

Path to event in bank ("bank_path # event_name") yang secara langsung menentukan contoh event. Keuntungannya ada pada kesederhanaan dan keterbacaan.

Path to sound reference file ("* .soundref") dimana jalur ke bank dan sound event ditulis. Trik ini mendukung modding yang lebih mudah jika hanya perlu menghubungkan(link) suara lain tanpa benar-benar menyentuh sound bank.

Sebagian besar sound event adalah atribut bekas aksesori sound lama.

Gambarannya adalah aksesori dari file "sound.sui" membagikan tipe tertentu yang berisi sound array yang telah disebut. Dalam array tersebut merupakan link kepada shared soundref atau unique soundref, dan di dalamnya terdapat bank (disini maksudnya kumpulan/koleksi) dan event tertentu. Ini dapat dimodifikasi dengan banyak cara dan pada banyak tingkatan.

Pertama dapat langsung mengubah file aksesori (mis. Menyetel suara sendiri untuk aksesori yang diberikan). Atau dapat mengubah konten shared "sound.sui" (misalnya untuk mengubah semua suara pada grup aksesori tertentu tanpa benar-benar menyentuh aksesori itu sendiri yang akan membuat mod lebih kustom dan kompatibel dengan versi selanjutnya). Atau bisa juga memodifikasi satu suara hanya dengan memodifikasi soundref-nya (baik yang shared atau unique). Atau satu lagi, dapat mengubah sampel di bank (koleksi suara).

Vehicle Models & Data

Accessory models

Model aksesori untuk eksterior dan interior mendapat dukungan untuk suku cadang khusus, yang akan dinyalakan / dimatikan tergantung pada fungsinya. Bagian ini adalah:

  • electrics - bagian akan dihidupkan saat listrik truk menyala, jika tidak maka mati
  • park_light - bagian akan dinyalakan saat lampu parkir menyala, jika tidak maka mati
  • left_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kiri aktif, jika tidak maka mati
  • right_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kanan aktif, jika tidak maka mati

Engine data

Arrays torque_curve and secondary_torque_curve sekarang mendukung semua rentang rpm. Sebelumnya ada hard cap yang tidak disengaja dari 3000 rpm yang sekarang hilang.

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: mesin/engine, knalpot/exhaust, start_bad, and turbo.

Transmission data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: air_gear_noise, retarder, gear_grind, gear_wrong.

Cabin data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: horn, air_horn, aero_noise, rain_noise.

Chassis data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 7 event suara:  air_brake, air_cutoff, reverse, lift_axle, hook_attach, hook_detach, trailer_cables.

Interior data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 21 event suara:

air_warning, blinker_off, blinker_on, noise, stick_blinker, stick_blinker_off, stick_engine_brake, stick_hazard_warning, stick_high_beam, stick_light_horn, stick_lights, stick_park_brake, stick_park_brake_off, stick_retarder, stick_wipers, weigh_green, weigh_red, window_click, window_move, wipers_down, wipers_up.

Trailer body data

Ada atribut baru ‘empty_cargo_model’. Ini digunakan sebagai kargo virtual setiap kali trailer tidak dimuat oleh kargo lain. Tujuannya adalah untuk menangani dengan benar semua switches, handlers dan bagian lain yang biasa digunakan untuk pemasangan kargo.

Cargo data

Ada atribut baru ‘oversize’ (tipe boolean, default : false). ini digunakan oleh economy untuk mencocokkan trailer yang telah ditentukan sebelumnya di menu freight market and quick job. Jika benar, hanya trailer yang diberi tag oversize (yang berisi spanduk yang sesuai dan aksesori flag/penanda) yang cocok. Demikian pula, hanya trailer non-oversize yang digunakan jika attubute false.

Atribut lama ‘overweight’ hanya berfungsi sebagai flag/penanda untuk mengabaikan country weight limits (pemain dipastikan memiliki izin khusus untuk mengambil kargo tersebut).

Salah satu dari atribut tersebut akan memaksa game economy untuk menghasilkan penggunaan berat truk perusahaan untuk mode quick job.

Trailer data

Definisi data trailer dapat memiliki atribut oversize. Ini digunakan untuk mencocokkan kargo dalam pekerjaan yang dihasilkan oleh game ekonomi.


Sudah selesai. Pastikan kalian mempelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.

Selain itu, saya ingatkan… untuk perangkat keras dan sistem operasi kalian harus bisa mendukung DirectX-11(.1) (awas loh, ada embel-embel 1 di belakang).

Yang masih pakai Windows XP dan Vista, silahkan ditanggung sendiri. Bye-bye...

Kalau Windows 7, pastikan update hingga versi terkini karena ada sebagian sistem yang tidak kompatibel.

Sedangkan Windows 8 hingga 10 yah… aman-aman saja, asalkan spek PC-nya oke.

Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!


0 Komentar:

Post a Comment