Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 1 : Latihan & Pemanasan

Salam! Disini saya jelaskan bagaimana teknik dasar membuat peta yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Setiap orang punya teknik dan gaya pembuatan map yang berbeda. Yang pasti program map editor pada game lain juga berbeda (kecuali ATS yang dirilis oleh perusahaan game yang sama dengan ETS2).

#1 Teknik Dasar Map Editor (Pemanasan)

Diperbarui pada : Mei 2021 

Alasan : REVISI


Ada orang yang lebih fokus membuat peta lebih detail dan lebih ramai. Adapun orang yang membuat peta se-realistis dan semirip mungkin dengan tempat aslinya. Ada juga orang yang hanya sekedar menambah jalan. Tetapi untuk yang masih bingung bagaimana cara membuat map (peta) di map editor, berikut saya kasih beberapa tips dan trik membuat peta tersebut.

1. Seputar Map Editor

Sebelum memulai, pelajari dulu apa itu map editor ETS2 atau ATS dan mod map yang ada didalamnya. Silahkan baca tentang (Part 1) Pendahuluan.

2. Membuka Map Editor

Langkah pertama sudah pasti membuka map editor. Untuk kalian yang masih bingung, langsung buka artikel ini tentang (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Ketika terbuka, maka secara default kalian hanya akan melihat layar hitam kosong dengan satu titik mobli putih kecil di tengah "Start Place". Itu tandanya kalian berada di titik paling tengah pada editor. 

Seandainya kalian membuka file europe.mbd posisi tengahnya berada di wilayah Jerman (dekat Erfurt). Kalau map usa.mbd saya agak lupa (plak!)


Tampilan Awal Map Editor ETS2 (versi 1.35)

Fungsi mobil putih ada pada tutorial lain di blog ini juga. Baca artikel ini tentang (Part 3) Cara Menyimpan Map Editor.

3. Mengoperasikan Tampilan Map Editor

Pada tampilan kosong map editor tadi, kalian sedang memakai mode tampilan atau sudut pandang Top Camera. Ada tutorial lain yang menyebutnya sebagai Helicopter View. Namun kalau versi saya pribadi lebih suka bilang “KAMERA ATAS”.

Berikut tombol keyboard + teknik dasar mengoperasikan tampilan map editor.

Page UP (Pg Up) : Mendekatkan tampilan atau pandangan objek.

Page DOWN (Pg Dn) : Menjauhkan tampilan atau pandangan objek.

Mouse Scroll : Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan.

Klik kanan mouse, ditahan lalu geser posisi mouse : Memindahkan posisi tampilan editor.

Oke, sudah puas? Sekarang coba ganti tampilan atau sudut pandang menjadi Free Camera, atau Free Roam, atau versi pribadi “KAMERA TERBANG”.

Caranya cukup tekan tombol ‘C’ di keyboard. Maka mode tampilan sudut pandang akan berubah secara otomatis.

Geser Mouse saja : Digerakan untuk melihat tampilan atau pandangan ke segala arah pada satu titik.

Tombol W, A, S, D, E, Q : Memindahkan posisi tampilan atau pandangan, secara urut mulai dari maju (W), kiri (A), mundur (S), kanan (D), bawah (E), atas (Q).

Kombinasi tombol WASDEQ dan geser mouse : Terbanglah burungku… kepakkan sayapmu… menembus angkasa yang luas… Eeh, yang ngetik mulai melantur! (-_-)

Mouse Scroll : Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan (sama).

Untuk mengunci tampilan supaya tidak lari kemana-mana dan bisa melihat kursor mouse kembali, cukup tekan tombol spasi (Space) di keyboard. Nantinya kalian juga bisa milih obyek dan membuka item properties.

Dan untuk kembali seperti sebelumnya, tekan lagi tombol spasi tersebut.

Sudah bisa memakai map editor? Nah, sekarang kembalikan ke mode sebelumnya dengan tombol yang sama, ‘C’ di keyboard. Kalau mau balik lagi, ya… sama juga caranya.


4. Belajar Memilih (Select) dan Menggeser Obyek atau Item.

Sekarang coba buka map yang sudah jadi, terserah mau map original dari game ETS2 atau ATS maupun mod map yang kalian punya.

Cara membukanya tinggal pilih menu File -> Open, atau tombol keyboard Ctrl+O. Untuk map original, buka lewat console yang dimunculkan dengan tombol tilde (~) di keyboard, lalu ketik edit europe (ETS2) atau edit usa (ATS).

Cari suatu daratan, terserah dimanapun tempatnya. Manfaatkan tutorial sebelumnya untuk memindahkan tampilan.

Jika sudah, mari mencoba mengutak-atik bintik-bintik kecil bermacam bentuk yang banyak dan ribet yang disebut Node item, versi pribadinya sih… “titik”.

Pertama, pilih Move Item dengan ikon Panah Biru di toolbar atau langsung tekan tombol ‘M’ di keyboard. Lalu lakukan kegiatan berikut.

Klik kiri mouse pada satu Node : Memilih satu obyek atau item node apapun.

Klik kiri mouse pada Node (baik satu, dua, atau lebih) ditahan lalu geser posisi mouse : Memindahkan obyek atau item node.


Cara memblok atau memilih dua Node item atau lebih :  

>> Klik kiri mouse pada Node satu per satu sambil tekan Ctrl di keyboard (Ctrl+Klik kiri)

>> Klik kiri mouse sembarang tempat, ditahan lalu geser posisi mouse sampai muncul sebuah kotak putih. Arahkan ke beberapa Node yang ingin dipilih sampai memasuki kotak tersebut.

>> Tekan Ctrl+A (select all), maka semua Node yang ada di Map Editor akan terpilih secara masif.

Kalau Node item sudah diblok atau di-Select, maka kalian bisa melakukan Copy-Paste, Cut-Paste, atau Delete, layaknya program aplikasi PC kebanyakan.

Nah, untuk teknik lainnya menyusul di tutorial selanjutnya saja. Soalnya ada buanyak sekali yang harus dibahas.


5. Menu Help atau Documentation.

Supaya kalian lebih kenal sama Map Editor, ada penjelasan lebih rinci tentang tombol fungsi dan tampilan lain yang tidak kalah penting. Caranya langsung tekan tombol F1 di keyboard, atau pilih menu Help -> Brief Documentation.




Ada empat sub-menu, yaitu Global, Tools, Content Browser, dan Debug. Silahkan dipelajari sendiri satu per satu. Manfaatkan tutorial diatas tadi untuk menunjang eksperimen kalian. Kalaupun ada yang belum disebut atau diajari disini, tenang… saya bakal sampaikan di tutorial selanjutnya.


6. Mengenal Background dan Sektor Map.

Oh iya, ada satu lagi yang harus kalian tahu. Dalam map editor ternyata sudah dibagi kedalam berbagai sektor yang biasa disingkat sec. (sector, bukan second).

Kalian bisa mengetahuinya dari isi folder map yang terdiri dari file .aux, .base, .data, dan .desc (ada file .snd di ETS2 1.40).

Kalau bingung silahkan cek folder map europe (map original/bawaan game)



Hayo, masih nggak tahu dimana filenya? Itu adalah folder hasil ekstrak file base.scs dari game itu sendiri. Baca lagi tutorial (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Contoh sektor map misalnya sec+0000+0000 atau sec-0000-0000. Gambaran umumnya sih seperti ini.



Kembali ke map editor, kita bisa mengetahui posisi terakhir kita membangun map dengan melihat sektor map tersebut. Caranya tekan ‘A’ di keyboard. 

Cara ini serupa dengan cara menampilkan background. Baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS  

Maka kalian akan melihat tampilan berwarna merah di layar, maknanya memang tidak ada background yang muncul disana.


Kecuali kalau kalian buka map europe.mbd, maka background bawaan game bisa muncul.

Terus dimana tulisan sektor mapnya? Nah, kita perkecil (jauhkan) dengan zoom out (pakai PageUp atau scroll mouse) sampai kelihatan tulisan sektor map.

Lah, kok ketutupan gitu. Nggak bisa lihat nih?

Tekan ‘A’ sekali saja, dan yang tampil hanyalah background-nya saja. tenang, mapnya cuma disembunyikan karena tertutup background tadi.

Kalau mau hilangkan background itu, tinggal tekan ‘A’ lagi. Dan seterusnya. Kurang lebih sama seperti kita menggunakan mode tampilan kamera dengan tombol ‘C’.

Oh iya, apa bisa kita hilangkan kotak putih yang ada tulisan sec+00xx+00xx itu? Soalnya agak tidak enak dipandang.

Bisa saja kok. Kalian harus edit dulu file def untuk map bakground. Silakan baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS 


Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Masih banyak hal yang akan dibahas tentang Trik Dasar Map Editor di blog ini. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, mungkin sebaiknya kalian bisa menyimak video yang satu ini (untuk ETS2 1.40)


Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!




Lihat Tutorial Sebelumnya :

## --- ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

##  Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##

14 comments:

  1. bang mau tanya,pada saat run map kenapa saat memasuki prefab dealer selalu crash ya bang? mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena dealer-nya belum diset lewat script def untuk kota tersebut (folder def/city/nama_kota.sii). Atau memang dealer tidak berfungsi saat Run Map langsung dari editor, jadi harus langsung lewat profile game biasanya.
      Semoga membantu.

      Delete
  2. ditulisan abang yg sebelum sebelum nya belum ada penjelasan soal menambahkan script utk dealer ya bang? seingat sy kalau company atau pun city bang septian sudah jelaskan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, itu masih pengenalan istilah dan fungsi script def saja. Saat ini masih untuk script Country (negara) dan Company.
      Untuk tutorial membuat Script DEF kedepannya akan dibuat di Seri "Trik Dasar Mapping"

      Kalau mau tahu suatu kota ada dealer atau tidak, coba buka folder def/city dan buka file sii (misalnya aberdeen.sii) nanti bisa ketemu tulisan "vehicle_brands[]: "nama_dealer". Nah tinggal di copy-paste saja tulisan itu di script DEF city yang lain dan ganti "nama_dealer" sesuai keinginan (scania, mercedes, dll)

      Nb: Maaf saya tttuuueeelllaaattt balas xD

      Delete
  3. ok bang terima kasih, selalu ditunggu tulisannya selanjutnya. kalau boleh saran bikin konten youtube bang :)

    ReplyDelete
  4. mas cara menambah building atau model pada mode free camera gimana ya?suka lari lari model nya kalau di free camera mas.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup tekan spasi (space) saat mode free camera. Setelah itu sudah nggak bisa lari lagi. Kalau mau gerak lagi tekan space kembali.

      Semoga membantu.

      Delete
  5. sangat membantu mas,terima kasih ternyata sesimpel itu ya tricknya.hehe
    satu lagi mas pertanyaan sy,kalau mau muncul model nya banyak gimana ya mas? soalnya kalau sy tambahkan model mod yg sy dapatkan dari google model bawaannya jadi berkurang. tapi kalau model alfamaretnya sy copot model bawaannya kembali banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal masalah itu tergantung pada script DEF model tersebut (lihat di def/world/model..sii)

      Pastikan tidak ada script yang menimpa model bawaan (base), biasanya paling kelihatan ada tulisa pada model dlc pada def model mod.

      Semoga membantu.

      Delete
  6. waduh saya masih bingung mas. wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Gan Kok Punya Gue Setiap Ganti Kamera Tanah Dan Jalanya Hilang...Mohon Pencerahanya Gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu mode kamera atas (Top Camera) posisikan tampilan obyek map tepat di paling tengah. Lalu tekan tombol Q buat kamera naik keatas

      Delete
  8. Bang, cara ngedit mod map yg udah ada gimana ya, file mdb nya sudah saya ekstrak di folder map tapi knapa ga kebaca ya pas open map editor file nya kosong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas sekarang.
      Silakan baca tutorial ini terlebih dulu

      http://pejindo.blogspot.com/2017/04/map-editor-tutorial-euro-2.html

      Delete