Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Variasi Model Map Indo

Diperbarui : 13 Agustus 2024
Alasan : Update Model Baru (lagi)


Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Kumpulan Variasi Model Map Indo

Kini dalam rangka menyambut hari jadi Pejindo Project yang ke-9 pada 16 Agustus 2024, ada hadiah khusus berupa satu update khusus aset model map Indonesia tipe Curve, Model (static), Railing, dan Mover Bendera

Peringatan : Sekarang pack aset map dipisah sesuai peruntukan dan tipe objek map (Item Type) yang dibuat. Tidak jadi satu seperti dulu, karena file pack lama sudah sepenuhnya usang dan tidak akan bisa dipakai lagi (berpotensi kena CTD) semenjak map JRR (Java Road Revolution) v0.8 dan seterusnya. Dengan kata lain, kalau masih pakai aset map versi lama maka tidak akan bisa kompatible maupun digabung sama map JRR Indonesia dengan cara apapun!


Model Item Type: Bangunan Logistik & Fasilitas Umum

Berikut ada perombakan isi model map baru hasil “Modifikasi” dari model bawaan game ETS2 (+ map DLC). Saat ini yang disediakan adalah model tempat logistik atau warehouse dari prefab company/job di ETS2, dan model statik SPBU khas Indonesia.

Link Download [Diperbarui pada 12/08/2024] :

Versi 4 - untuk ETS 1.50 (Terbaru)

DLC Indo (v4.0) - Logistic Building Model (ETS2 1.50)

Versi 4 - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48, 1.49

DLC Indo (v4.0) - Logistic Building Model


Mover Item Type: Kumpulan Bendera Indonesia + Asia-Pasifik

Mungkin selama ini banyak mapper yang cukup mengubah tekstur dari mover flag yang sudah ada di game dan dibuat menjadi merah-putih. Lebih singkatnya lagi hanya dengan membalikkan bendera Polandia yang sebelumnya putih-merah. Tetapi ketika ditambahkan di add-on map, bendera yang sebenarnya juga ada di tempat yang tidak diharapkan malah turut berubah. Untuk itulah ada item mover bendera baru dengan harapan bisa dipakai untuk jenis map apapun.

Selain itu, jarang sekali ada map Indonesia lain yang mempunyai bendera panjang seperti gambar di bawah. Kalaupun ada, hanya berupa model biasa dan bendera tersebut terlihat statis dan tidak bergerak selayaknya bendera pada umumnya (anggap saja patung). Iya kan?

Dan sekang tidak hanya membuat bendera Indonesia, melainkan juga berbagai negara di Asia-Pasifik. Wah bisa dimanfaatkan nih.

Link Download [Diperbarui pada 12/08/2024] :

Versi 4 - untuk ETS 1.50 (Terbaru)

DLC Indo (v4.0) - Asia-Pacific Flag Mover (ETS2 1.50)

Versi 4 - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, dan 1.47

DLC Indo (v4.0) - Asia-Pacific Flag Mover (ETS2 1.44 s.d 1.47)

Versi 4 - untuk ETS 1.48 & 1.49

DLC Indo (v4.0) - Asia-Pacific Flag Mover (ETS2 1.48 & 1.49)


Curve + Railing Item Type: Marka & Pembatas Jalan Indonesia

Banyak macam pelengkap jalan di Indonesia. Seperti trotoar, pembatas jalan, maupun garis atau marka jalan itu sendiri. Trotoar sendiri juga bermacam-macam, ada strip hitam-putih, biru-putih, kuning-hitam, dan lain-lain. Adapun model garis marka jalan warna putih dan kuning, model pembatas jalan baik dari logam maupun beton warna-warni mulai dari merah-putih, kuning-hitam, biru-putih, hitam-putih, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa model dijadikan sebagai “Railing” untuk tipe jalan/road, dengan begitu para modder dan mapper dapat menambahkannya pada “Road item properties” di menu “Railing”. Mungkin kalian pasti juga merasa kurang puas dengan item "Building" yang tersedia di bawaan atau base game. Selebihnya dibuat berupa tipe "Curve", mulai dari marka jalan sampai trotoar berbagai bentuk dan tekstur (btw ada varian semacam lekukan seperti di DLC Black Sea). Jadi makin kustom bukan? Apalagi kalau item curve itu bisa diperbesar dan dibolak-balik seperti Model (static), yang jelas tidak bisa dialami oleh item Building biasa.

Link Download [Diperbarui pada 12/08/2024] :

Versi 4 - untuk ETS 1.50 (Terbaru)

DLC Indo (v4.0) - Indonesia Road Barriers & Marking (ETS2 1.50)

Versi 4 - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48, 1.49

DLC Indo (v4.0) - Indonesia Road Barrier & Marking


Model Item Type: Papan Iklan Berbagai Bentuk

Berikut ada perombakan model “Modifikasi” dari model bawaan game ETS2 (+ map DLC) lainnya, yakni papan iklan (advert atau billboard). Sudah banyak macam dan bentuk dengan tekstur yang... baru. Begitulah intinya.

Link Download [Diperbarui pada 13/08/2024] :

Versi 4 - untuk ETS 1.44, ..., 1.47, ...., 1.50, dst.

DLC Indo (v4.0) - Indonesia Advertisement Models


Model Item Type: Model Jadul Map TSM

Mungkin bagi yang pernah bikin map dan sering memakai model seperti ini, disini juga tersedia mulai dari kios-kios kecil, jembatan ekstrim, sampai papan reklame nya "scania_competition" itu.

Link Download [Diperbarui pada 13/08/2024] :

Versi 4 - untuk ETS 1.44, ..., 1.47, ...., 1.50, dst.

DLC Indo (v4.0) - Old TSM Models


Syarat dan Ketentuan (untuk semua aset map diatas)

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Bisa dipakai pada berbagai versi ETS2 (dari 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48, 1.49, 1.50, dst.)
  3. Mohon cantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' pada mod Anda apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  4. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file game.log.txt atau editor.log.txt
  5. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

[Backup] Cadangan File Usang - Segera Dihapus Selamanya

Ini adalah pack file aset model map lama yang sebelumnya diambil secara asal dari BASE Map JRR (Java Road Revolution) versi lama (0.6). Dan sekarang semua ini sudah tak bisa dipakai dan dipastikan tidak akan kompatibel dengan map JRR v0.8 hingga seterusnya. Jadi selagi sempat silakan ganti dan hapus semua model yang dipakai dari file pack lama ini.

DLC Indo (Lama) - Paket Variasi Model Indo - Part1

DLC Indo (Lama) - Paket Variasi Model Indo - Part2


Jangan lupa BAGIKAN (SHARE) postingan ini ke berbagai media, dengan begitu akan menjangkau lebih banyak grup modder atau mapper dari seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Sign Traffic + Papan Navigation Template

Diperbarui : 12 Agustus 2024
Alasan : Update Model Baru


Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Traffic, Navigation (Templated) Signs & Lamp Models

Kini dalam rangka menyambut hari jadi Pejindo Project yang ke-9 pada 16 Agustus 2024, ada hadiah khusus berupa satu update khusus aset model map Indonesia tipe Traffic & Navigation Sign. Total sudah ada lebih dari 300 buah model lengkap dengan versi tanpa tiang (pole) sekaligus. Selain itu, disediakan pula beberapa model lampu jalan yang bentuknya paling sering dipakai di Indonesia (dunia nyata).

Tak hanya itu, ada pula sejumlah model papan petunjuk arah yang baru dengan ukuran yang lebih presisi ditambah varian tiang "stand" yang jauh lebih lengkap dan sesuai model aslinya di Indonesia. Diantaranya juga ada format baru yang support untuk bikin sign_template dengan inovasi terbaru. Semua macam model baru yang disediakan bisa dilihat pada tool "Content Browser" langsung di map editor.

Sign Item Map: Model Lampu Jalan

Mulai sekarang Pejindo Project sudah menyediakan model lampu jalan yang biasa terlihat di jalan tol di Indonesia. Tentu saja ada satu sisi dan dua sisi. Pun salah satu diantaranya ada tambahan panel surya yang cukup lazim di sejumlah tempat baik jalan tol maupun jalan pedesaan.

Sign Item Map: Papan Tarif SPBU "Totem" Sign_Template

Semenjak tanggal 31 Maret 2023, ada satu tipikal model "istimewa" yang sepertinya belum pernah ada yang dibikin orang lain. Pasti sudah tahu dengan papan harga bensin di SPBU, sekarang tulisannya sudah bisa diedit! Loh... heh, kok bisa?


Meskipun tulisan nya bukan yang tipe bisa gerak (ada animasi teks nya), ini saja sudah menjadi satu terobosan baru yang dapat memudahkan para mapper agar tidak selalu gonta-ganti tekstur DDS cuma demi ganti angka. Bahkan dari penampilannya aja, kualitasnya udah setingkat model DLC orian game ETS2. Patut dicoba.

Sayangnya model ini baru bisa pakai dari ETS2 1.40 keatas. Pengguna ETS2 1.36... maaf tidak bisa lagi.

Sign Item Map: Navigation Template

Aset map satu ini menjadi pioner yang membuat papan rambu petunjuk arah bertipe “sign template”. Sehingga para mapper bisa bebas mengedit teks, nama tempat/kota, bahkan posisi stiker/gambar langsung di map editor, tanpa harus membuka aplikasi grafis seperti Ms.Paint atau Photoshop sampai membebani file size DDS. Beberapa model papan navigasi tersebut sudah terpisah dengan tiangnya (pilar/gantry) jadi bisa bebas dipasang dimana-mana sesuai kreativitas yang diinginkan. Cukup modal dari model map ini saja, kalian bisa bikin banyak variasi papan baru yang mungkin tidak tersedia dari bawaan pack aset map ini.

Sekarang, ada format dan sistem baru untuk aset map satu ini. Mengikuti cara SCS (pembuat game ETS2) mengimplementasikan format baru ini, maka disini juga sudah tersedia bahannya. Jadi bisa meng-kustom antara papan dan tiangnya jadi satu item/titik node. Selain itu disediakan pula tipe "dynamic board" yang cocok diterapkan pada papan informasi elektronik di jalan tol.

Tentu saja ditambah berbagai macam pilihan template yang sudah jadi daripada pusing mikir cara membuatnya. Jauh lebih banyak pilihan, dan makin... membingungkan (semoga saja tidak sih).

Namun kalau ada yang mau belajar buat papan sign template sendiri seperti diatas. Bisa menyimak tutor blog yang satu ini :


Sign Item Map: Traffic Sign (Static)

Kalau ini jauh lebih gambang dan tidak perlu banyak pikir (ya enggak gitu maksudnya). Pejindo Project sudah punya koleksi lengkap rambu-rambu lalu lintas mulai rambu peringatan, rambu larangan, dan banyak lagi. Model yang satu ini juga ada versi tanpa tiang (no_pole) jadi bisa dipasang pada macam-macam tempat.

Total sekarang sudah tembus 225 model. Loh heh, beneran? Sebanyak itu? Nanti kalau-ah, tenang aja. File-size nya masih tergolong kecil (karena modenya kecil-kecil juga). Tidak usah cemas. Lagipula ini pembuatannya sudah memakai cara mutakhir dari tekstur sampai model 3D, jadi tetap terlihat bagus tapi enteng di game.

Sign Item Map: Indonesian Real-Company Props

Sebenarnya aset map ini termasuk opsional, tapi tidak masalah juga kalau mau pakai. Yang satu ini cocok dipasang pasa setiap tempat job atau depot. Dalam 1 brand perusahaan, ada 6 bentuk model.

Saat ini brand perusahaan yang disediakan sebagai berikut: Asdp, Astra, Bulog, Damri, Hypermart, Indah Logistic, IPC Port Container, Japfa, Krakatau Steel, Len Electronic, Perhutani, Pertamina, Pertani, Pos Indonesia, Petrokimia, Siba Surya, Semen Indonesia, Super Indo, Waskita Karya, dan Wika.


Tautan Download

Oke deh, langsung saja ini dia link download yang saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Updated : 12 Agustus 2024 [Baru]

Versi 4 - untuk ETS 1.50 (Terbaru)

DLC Indo (Versi 4) - Sign Traffic & Navigation Template

DLC Indo (Versi 4) - Gas Totem Editable

Versi 4 - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48 & 1.49 

DLC Indo (Versi 4) - Sign Traffic & Navigation Template

DLC Indo (Versi 4) - Gas Totem Editable

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect/hargai perjuangan di pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN TAUTAN BERBEDA !!

[Backup] Download Aset Map Versi Lama

Versi 3 - Sudah rilis dari tahun 2024

DLC Indo (Versi 3) - Sign Traffic & Navigation Template

DLC Indo (Versi 3) - Gas Totem Editable

Versi 2 - Sudah rilis dari tahun 2023

DLC Indo (Versi 2) - Sign Traffic & Navigation Template

Versi 1 - Sudah rilis dari tahun 2020

DLC Indo (Versi 1) - Sign Traffic & Navigation Template

Saya harap untuk BAGIKAN (SHARE) postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

Mengenal Map Item Properties : Traffic Area

Kenal Map Item Properties #14 : Traffic Area

Diperbarui pada : Desember 2024
Alasan : Update buat ETS2 1.50 keatas

Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Masih ada lagi Item Map Editor ETS2 maupun ATS yang belum ter-ekspos segala menu dari item properties di postingan blog ini. Untuk kali ini ialah Traffic Area Item Properties. Ini merupakan salah satu jenis "Map item" berupa garis area berwarna merah muda yang berfungsi mengatur kawasan fitur traffic tertentu di map.

Dengan item ini kalian dapat mengatur suatu kawasan di map (editor) yang hanya boleh dimasuki traffic mobil kecil (misal di perumahan) atau kawasan yang hanya dimasuki untuk kendaraan truk (contoh di kawasan pabrik atau industri). Selain itu juga diperuntukkan untuk menempatkan aturan traffic tetentu di suatu tempat: area dengan batas kecepatan sekian km/jam, area dimana traffic AI hanya boleh belok ke kanan atau kiri, dan masih banyak lagi.

Traffic Area Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Daripada memperpanjang waktu, langsung saja berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Traffic Area.

No. Nama (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi
1 Unit ID Tampil - Hanya menampilkan kode UID dari suatu titik item Traffic Area yang di-select
2 Tags Kotak Isian - Memasukkan tag tertentu agar aturan dari traffic_rule bisa jalan di game
3 Traffic Rule Pilih - Semua jenis traffic_rule yang disediakan pada Traffic Area (dijabarkan satu-satu di bawah)
4 Range Kotak Isian - Mengatur besar jangkauan (sisi vertikal) area yang ditempati Traffic Area-nya
5 Crossroad Area Ceklis - Mengatur agar traffic AI diberlakukan aturan melewati persimpangan, terutama di bundaran (akan berasa efeknya ketika mengaktifkan fitur Voice Navigation)
6 Remove Semaphores Ceklis - Mengatur Traffic Area agar dapat menghilangkan sejumlah objek/model Semaphore (lampu lalu lintas atau palang tol)
7 (Road Event) Mode Pilih (bullet) - Mode kemunculan fitur "road event" dalam kawasan yang ditempati Traffic Area
8 (Road Event) Data Pilih - Data road_event yang tersedia di game untuk dimunculkan atau dimuat/load di map
9 (Road Event) Loaded Data Tampil - Hanya menampilkan status atau objek road_event yang tampil
10 (Road Event) ID Kotak Isian - Memasukkan ID event yang spesifik

Untuk pilihan jenis "Traffic_Rule" tersedia sebagai berikut:

Nama Menu Fungsi/Kegunaan
[access-exclusive] Cars only (no trailers) Membatasi akses hanya untuk mobil "tanpa trailer" di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Trucks only (semi-trucks) Membatasi akses hanya untuk truk besar (semi-trucks) di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Buses only Membatasi akses hanya untuk bis di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Trucks and buses only Membatasi akses hanya untuk truk dan bis (kendaraan besar) di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Custom road vehicles only Memberi akses 'hanya' untuk kendaraan custom yang disediakan di game (traktor, mobil pembersih, mobil sampah, dll.).
[access-exclusive] Custom trains only MMemberi akses khusus untuk kereta custom pada jalur atau area yang ditentukan.
[context][urban] Large city - very high traffic density Mengatur kawasan dengan tingkat kepadatan lalu lintas sangat tinggi, biasanya di pusat kota besar.
[context][urban] City - high traffic density Mengatur kawasan dengan tingkat lalu lintas tinggi (Wajib ditambahkan pada wilayah perkotaan apapun)
[context][urban] Village - low traffic density Mengatur kawasan dengan tingkat kepadatan lalu lintas rendah, biasanya di pedesaan yang sepi.
[access] Custom vehicles area Memberi akses segala jenis kendaraan custom yang disediakan di game (traktor, mobil pembersih, mobil sampah, dll.).
[context][zone] Tourist zone (parks, small roads with viewpoints, ...) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan wisata, seperti area taman atau jalan tempat spot pemandangan.
[context][zone] Residential zone (housing areas with small roads) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan perumahan atau pemukiman penduduk pada umumnya.
[context][zone] Commercial zone - small (car parks at shops, offices,...) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan pertokoan atau perkantoran pada umumnya.
[context][zone] Commercial zone - large (city center, airport,...) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di pusat kota, kantor pemerintah, atau bandara.
[context][zone] Industrial zone (logistics) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan industri.
[context] Rest area (parking only) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di rest-area yang hanya ada parkir kendaraan.
[context] Gas station area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di rest-area yang punya SPBU (isi bensin)
[context] Truck stop area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di rest-area khusus truk.
[context] Weigh station area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawwasan jembatan timbang (truk).
[context] Tollgate area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan gerbang tol.
[context] Border crossing area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di gerbang perbatasan antar-negara (pemeriksaan paspor, dokumen perjalanan, dkk.)
[navigation] No AI turn Melarang AI melakukan belokan di jalur tertentu.
[navigation] No AI left Mengatur jalur khusus agar traffic AI tidak belok ke kiri.
[navigation] No AI right Mengatur jalur khusus agar traffic AI tidak belok ke kanan.
[navigation] Low probability AI turn MMengatur jalur khusus agar traffic AI jarang berbelok atau ganti lajur.
[various] Speed bump (slowdown + wheel physics) Memberi efek traffic AI melintasi 'polisi tidur' dengan melambatkan kendaraan sekaligus pergerakan pantulan ban (secara ajaib).
[various] Speed bump (speed limit 20 + wheel physics) emberi efek traffic AI melintasi 'polisi tidur' dengan melambatkan kendaraan sampai 20 km/jam, sekaligus pergerakan pantulan ban (secara ajaib).
[access-escort] Front escort vehicles only Memberi akses khusus kendaraan pengawal yang depan di area tertentu (DLC Special Transport).
[access-escort] Back escort vehicles only Memberi akses khusus kendaraan pengawal yang belakang di area tertentu (DLC Special Transport).
[access-escort] Escort vehicles only Memberi akses khusus kendaraan pengawal apa saja (DLC Special Transport).
[various] Train stop very short Memberhentikan kereta untuk waktu yang sangat singkat.
[various] Train stop short Memberhentikan kereta untuk waktu singkat.
[various] Train stop long Memberhentikan kereta untuk waktu yang lama.
[various] Train stop forever Memberhentikan kereta tanpa batas waktu.
[various] Tram stop Memberhentikan trem di area tertentu.
[context] Company area (depot) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di dalam kawwasan perusahaan logistik atau PT.
[context] Truck dealer area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawwasan Truck Dealer (toko dealer truk dan perlengkapannya).

Oke sampai disini dulu ya. Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.47 + 1.48 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod) - Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.47+ 1.48

Diperbarui pada : April 2024

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.47 & 1.48 & 1.48.5

MAP

  1. Berbagai kota di Jerman (Base Map) terlah dikerjakan ulang atau reworked.
  2. Map DLC Baru - West Balkans

VEHICLE

  1. Trailer tangki BBM atau Gas Cistern yang bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  2. Trailer pengangkut ternak atau Livestock juga bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  3. Fitur Adaptive Cruise Control & Emergency Braking System.
  4. Fitur Electronic Stability Controls (meliputi sistem Anti-Lock Braking & Traction Control).
  5. Pengerjaan ulang bentuk trailer tipe vehicle transport.

GAMEPLAY

  1. Fitur Custom City Intro untuk kawasan DLC Road to the Black Sea.
  2. Tambahan fitur Sound Direction Filter.
  3. Fitur simulasi permukaan tidak rata - jadi player bisa merasakan efek jalan bergelombang.
  4. Perbaikan performa grafis agar tidak semakin berat di game (dari pencahayaan waktu malam hari, cuaca buruk, maupun saat traffic padat)

UI

  1. Desain ulang tampilan menu "Career History"
  2. Permbaruan daftar Log pada game
  3. Fitur Teleportasi sewaktu Economy Reset.
  4. Menu map eksplorasi per negara (dilengkapi bendera & persentase jalan yang dilewati)
  5. Menu daftar kota (di game) dalam fitur Gallery
  6. Perbaikan tampilan Input Wizard Control Selection.

EDITOR/MOD

  1. Sejumlah menu, tool, dan fitur baru (akan dijelaskan di topik terpisah)
  2. Perubahan struktural untuk packing file MOD

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah berkaitan dengan mod sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar Perubahan Khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Format Substansi Game

Unit substansi di game (dalam file khusus /material/material.db) diberi atribut physics float yang baru: bump_granularity, bump_amplitude, dan integer: bump_perlin_order. Itu semua digunakan untuk memunculkan efek "tidak rata" atau "bergelombang" pada suatu bahan subtansi si material (shader).

Selain itu unit substansi juga mendapat atribut token baru: sound_class. Ini digunakan untuk menentukan jenis suara yang dimainkan saat player menyetir pada suatu bentuk geometri dengan material yang menggunakan substansi khusus yang dimaksud. Ada 6 jenis suara yang dibedakan berikut ini:

  • asphalt
  • rumble
  • gravel
  • dirt
  • grass
  • generic

Game Data

City Data

Mulai versi baru ini, untuk def City diberikan atribut baru: population. Gunanya untuk mengatur tampilan besar-kecilnya font/huruf pin sebuah nama kota atau label tempat ketika membuka menu GPS atau World Map (UI Map).

Untuk perubahannya ialah, dari ukuran font/huruf sebesar 75% jika populasi sebanyak (atau mendekati) 0, lalu ukuran huruf 100% jika populasi sebanyak 40 ribu., hingga ukuran huruf 150% jika populasi sebanyak 4 juta. Untuk populasi sendiri diambil berdasarkan basis wilayah suatu kota, dan dapat merujuk dari data kependudukan "asli" suatu wilayah atau negara (di dunia nyata) - boleh dari Wikipedia atau data BPS Statistik.

Vehicle Data

Accessory Addon Electric Type

Semua jenis unit Accesory Addon mendapat nilai atribut electric_type yang baru: vehicle_interior.

Ketika dipakai, aksesori yang dimaksud akan mengambil sepaket parameter untuk material berbasis luminance (efek luminositas penggunaan material, misalnya eut2.dif.lum) dari array dashboard_color[] dari accessory_interior_data. Jadi setiap bagian objek aksesori yang diterangi dapat menggunakan fungsi pewarnaan lampu latar yang sama seperti model interior.

Cabin Suspension Type

Unit data kabin aksesori mendapat atribut suspension_type baru. Ini token dengan nilai default 4air. Nilai lain yang diterima adalah hinge2air yang memberikan opsi untuk menyiapkan dua tipe dasar suspensi kabin yang digunakan di Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan suspensi tipe AS ini, rendering part suku cadang truk sedikit berubah karena suku cadang (part) yang dipasang di kap (hood) mesin. Dalam tampilan eksterior semuanya ditampilkan seperti sebelumnya, menggunakan exterior_model (dan dimasukkan ke dalam model chassis dan kabin). Dalam tampilan interior, semua aksesori pada interior-mounted locators ditampilkan seperti sebelumnya (dalam posisi tetap pada kamera/interior). 

Juga jika show_chassis_rear diaktifkan, model chassis yang di-baked akan di-render seperti sebelumnya. Namun aksesori tambahan yang dipasang di chassis yang memiliki model_interior yang ditentukan secara eksplisit juga di-render. Hal ini memungkinkan tingkat detail tertentu dari interior (seperti kaca spion) atau menampilkan beberapa bagian tertentu yang dipasang pada chassis alih-alih memaksa permainan untuk menggambar chassis yang di-baked utuh (kap mesin, headache rack, dll). Sedikit peringatan, data DEF model interior tidak termasuk aksesori dari proses "bake", sehingga rendering eksteriornya mungkin sedikit lebih lambat.

Dashboard Colors

Penanganan array dashboard_color[] dalam aksesoris_interior_data telah diubah. Daripada mengatur sekitar 16 slot, player kini hanya dapat mengatur hingga 8 slot. Pun 8 slot lainnya kini dicadangkan sistem dan saat ini digunakan sebagai berikut:

  • slot9-14[uv(0..3, 2..3)] - tidak dipakai, namun akan dikembalikan suatu saat nanti, set menjadi MAGENTA(1.0,0.0,1.0) agar mudah menemukan bagian UV yang tidak rapi.
  • slot15[uv(2,-3)] - diatur permanen,WHITE(1.0,1.0,1.0), berguna untuk permukaan yang menyala secara permanen atau material yang men-simulasi-kan permukaan cermin.
  • slot16[uv(3,-3)] - di-set WHITE(1.0,1.0,1.0) ketika engine electric menyala (ON), sebaliknya jadi BLACK(0.0,0.0,0.0), berguna untuk permukaan terang apa pun yang bergantung pada komponen engine electrics (misal komputer dasbor)

Interior Animations

Unit aksesori interior kendaraan accessory_interior_data diberikan atribut animasi indikator blind-spot yang baru: indicator_blind_spot_[kiri|kanan] agar berfungsi dengan fitur deteksi blind-spot yang baru. Untuk informasi lebih lanjut buka link berikut: 

Documentation/Engine/ Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Dashboard Display IDs

Kini sudah bisa untuk grup ID baru (dari 1620 hingga 1650), yang ditampilkan saat kendaraan menggunakan aksesori cermin/mirror berbasis kamera. 

Selain itu, bisa juga untuk ID indikator blind-spot, yang ditampilkan dengan cara yang sama seperti animasi indikator blind-spot yang diaktifkan. 

Informasi lebih lanjut buka link berikut:

Documentation/Engine/Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Sounds

Ada tiga jenis sound event baru yang ditentukan untuk unit accessory_interior_data:

  • system_warning1 - Suara (generic) system warning, dipakai saat EBS or BSD is disatukan.
  • system_warning2 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.
  • system_warning3 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.


Pastikan kalian pelajari dan baca baik-baik. Kalau bacanya cepat dan sekilas tentu saja semua penjelasan di atas tidak akan bisa dipahami. Pelan-pelan saja...

Bagaimanapun, tetap semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berkarya!

Itu saja yang bisa disampaikan. Jika ada yang kurang jelas harap ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips modding baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Script DEF Data Negara (Country) & Kota (City) Indonesia

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Paket Khusus Data DEF untuk Negara (country) dan Kota (city) di Indonesia

Pernah sih beberapa kali cek isi pack mod map lain berupa file format ZIP atau SCS (yang pasti cuma yang bisa dibuka atau tidak di-lock...). Hingga menyadari mengapa datanya sangat tidak beraturan. Misal data script DEF city ada yang tertukar nama nya, lalu ada data country… ya masih copy-paste dari bawaan ori DEF country Eropa. Padahal script DEF satu ini rentan jadi penyebab awal first job (ketika bikin new profile) selalu crash di game.

Sejak versi 1.30 data DEF sudah tidak bermasalah lagi seperti dulu. Jadi kita bisa meng-kustom script sesuai keinginan. Mau buat negara/country baru bahkan negara imajinasi sekalipun? Bisa.

Sepertinya banyak mapper Indonesia yang masih kebingungan (atau malah jenuh) betapa ribetnya membuat script DEF beginian. Baiklah dengan ini saya kasih keringanan khusus untuk membuat paket DEF country & city di Indonesia.


Sebelumnya kalian paham atau belum apa itu DEF? Baiknya baca dulu postingan blog berikut ya : (Part 20) Mengenal Script DEF File 

Kalau begitu, isinya apa saja? Berikut list yang disusun sebagai berikut:

1) Folder def

  • folder city : 252 file sii/sui nama kota di Indonesia mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, hingga Kep. Nusa Tenggara (untuk daerah lain menyusul ya…)
  • folder country : ada 3 file/folder lainnya. indo_b (indo barat : zona WIB), indo_th (indo tengah: zona WITA), & indo_tm (indo timur: zona WIT). Yup, ada tiga negara Indonesia yang sama namun dibagikan berdasarkan zona waktu. (Catatan : sejak 1.32 atau 1.33 sudah muncul fitur timezone untuk tiap negara, adapun fitur 'secondary time zone' namun berlaku untuk 1 negara yang punya 2 zona waktu berbeda. Karena Indonesia ada 3 zona waktu maka dibuatlah tiga data country sekaligus)
  • 3 file khusus @include list untuk setiap data city & country yang disediakan : city.id_jawa, city.id_sumatra, city.id_balinusa & country.indo

2) folder locale 

Berisi berbagai folder berdasarkan regional & bahasa yang support dengan game ETS2/ATS ini, misal de_de (Jerman), en_gb (Inggris ver. Default) en_us (Inggris ver. Amerika), jp_jp (Jepang), ru_ru (Rusia), dll. Total bahasa yang disediakan sebanyak 42.

3) folder font

Berisi data font/huruf khusus plat nomor (lp) yang bakal berpengaruh dengan data country baru ini.

4) folder material

Berisi folder ui / lp untuk tekstur plat nomor kendaraan (license_plate) berformat dds dan tobj yang mendukung 3 data country baru yang dibuat ini. Jadi ada kendaraan dengan plat warna hitam, kuning, maupun merah (jarang kan ada yang merah hehe...).

Cara Pakai 1 : Jika sebelumnya sudah punya data 'city' bikinan sendiri

1. Bagi mod map yang sebelumnya punya script DEF sendiri, hapus dulu atau pindahkan folder city (yang lama) ke direktori/folder terpisah. Untuk country tidak perlu agar saat buka map tidak ada error pertama yang muncul. Tujuannya buat jaga-jaga agar tidak bentrok saat dikasih file DEF yang baru ini.

2. Copas (copy-paste) semua isi paket DEF ini (def, font, locale, dan material) baru ini kedalam pack ZIP atau SCS mod map kalian. Kalau tidak paham, taruh saja file ZIP paket DEF baru ini ke folder "/document/Euro Truck Simulator 2/mod/".

3. Jalankan game dan buka map editor, pastikan log console bersih (kalaupun ada, maka itu problem dari mod kalian sendiri)

4. Kalau muncul tulisan warning (misalnya city not found ‘’) maka masih ada pengaruh/efek dari hilangnya script DEF yang lama. Caranya gampang, ganti setiap kota dengan yang baru dengan cari item “City” secara manual

Kalau merasa kesulitan, klik menu View --> Item Visibility dan cukup matikan semua baris ceklis “Pin” yang ada, kecuali tipe City (hanya ceklis City yang aktif).

5. Aktifkan Item Properties (tombol P di keyboard) dan klik salah satu item 'city' tersebut. Ganti sesuai kota yang kalian buat.

6. Lakukan cara no. 4 dan 5 lagi jika menemukan error city item lainnya.

Cara Pakai 2 : Jika punya data 'city' bikinan sendiri tapi ternyata tidak ada di paket versi Pejindo Project

Mungkin saja ada beberapa kota yang memang tidak disediakan di paket DEF baru ini. Misal di map kalian ada kota "Cikampek" (padahal itu nama kecamatan bjir...) sedangkan di versi Pejindo Project tidak ada data kota tersebut. Apabila kejadian seperti itu maka ikuti cara berikut :

1. Masih simpan script DEF bikinan kalian sendiri (atau yang lama) bukan? Pertama cari kota yang dibutuhkan untuk dimasukkan dalam folder city.

2. Setelah itu masukkan file city.<nama_map>.sui atau buat baru di folder def (luaran). Namun harus edit script didalamnya yang isinya kota yang hilang saja.

Lantas, bagaimana jika misalnya kota (city) tidak ada, baik di mod bikinan sendiri maupun paket DEF versi Pejindo? 

Kalau begitu caranya ya... bikin def city baru. Silahkan baca tutorialnya di link berikut : (Part 20) Mengenal Script DEF File 

Cara Pakai 3 : Jika ingin ganti data country (border) dengan versi Pejindo Project

Bagi kalian yang punya game versi 1.35 keatas, maka sudah bisa tampil ikon titik/node khusus country_border (kotak biru + strip putih) jadi kalau mata kalian jeli seharusnya bisa ketemu dengan mudah. 

Kok di saya nggak ada padahal pakai ETS2 versi 1.43 (misalnya...)? Cara mengatasinya, silakan buka menu View > Item Visibility, lalu cari list yang ada tulisan "Country Border" (biasanya di paling bawah) dan tinggal centang aja beres. Baca tutor berikut : (Part 11) Item Visibility untuk Map Editor

Tetapi kalau memang terlalu sulit dicari saking ribetnya, ada cara gampang nya berikut ini 

1. Buka tampilan console di map editor, lalu ketik kode berikut “g_next_border_node” (tanpa kutip). Otomatis tampilan editor mengarah ke satu titik node terdekat yang ditemukan lebih dulu. 

2. Jangan sampai geser-geser sembarang arah dulu,  langsung saja ZOOM atau perbesar layar editornya (tekan tombol PgDn atau Scroll Mouse-nya) sedekat mungkin agar pas dengan titik/node road yang ditemukan. Contoh seperti gambar

3. Kalau sudah ketemu, aktifkan Node Properties (tombol N di keyboard) dan klik titik/node yang dipilih. Setelah muncul tampilan dialog, ganti sebagai berikut:

  • "Indonesia" untuk country indo_b (zona WIB)
  • _ untuk indo_th (zona WITA)
  • __ untuk indo_tm (zona WIT)

4. Ulangi cara no. 1 sampai 3 apabila masih menemukan titik country_border lainnya.

5. Kalau dirasa sudah tidak ada lagi, maka langsung saja SAVE map. Untuk memastikan, tambahkan prefab persimpangan sembarang bentuk lalu buka Item Properties untuk menambah model "semaphore" (lampu lalu lintas).

Loh tapi ini model lampu merah yang muncul jadi kebalik gini + jelek lagi :P 

Oh berarti belum dimasukkan Model Semaphore versi Pejindo Project. Download langsung >> DISINI <<

Tapi jika di mod map kalian punya model semaphore (lampu lalu lintas) bikinan sendiri, boleh juga. Silahkan edit sendiri pada file def/world "semaphore_model.<nama_map>.sii atau semaphore_profile.<nama_map>.sii

Ingat, jangan asal ganti token country ‘ID’ karena efeknya lumayan besar.

Dan satu lagi... kalian juga boleh edit script DEF baru ini (seandainya kalau mau ganti/tambah data dealer truk). Sudah ada petunjuk khusus sesuai hashtag/tagar yang disiapkan di dalam setiap file SII/SUI. Jadi baca yang teliti ya...


Link Download

Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket paket KHUSUS ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 01 Maret 2024 [!!!]

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.35-1.39)

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.40-1.43)

DLC Indo - Paket Country & City (ETS2 1.44-1.49)

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect hargai perjuangan pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

Saya harap untuk Share postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!