Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Map Editor Tutorial ETS2 Part3 : Save Map & Test Game

Salam! Di tutorial PART 2 sebelumnya, saya sudah tunjukkan cara membuka map editor. Sebelum mengikuti tutorial PART 3 ini, kalian harus mencoba menambah sesuatu di map editor, baik membuat jalan, kota kecil, hutan, dan lain-lain. Kalau masih belum sebaiknya baca dulu tutorial yang satu ini :

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana ##

Lantas bagaimana cara menyimpan atau save map yang sudah dibuat? Apakah hanya satu cara atau beberapa cara? Apakah map tipe add-on atau standalone mempunyai cara yang sama atau malah berbeda ketika save map tersebut?

Tampilan Map Editor ETS2 - 1.46


#3 Cara Save Map (Simpan Map) dan Run Game (Tes Map) Lewat Map Editor

Diubah pada : Februari 2023
Alasan : REVISI

Save Map - Standalone

Seperti yang sudah dijelaskan di Tutorial PART 1, Standalone map adalah tipe map/peta yang terpisah atau berdiri sendiri, tidak menjadi satu dengan peta base/bawaan/ori game. Bila ingin memainkan mod map (peta) dengan jenis ini, maka harus membuat profil baru dengan Playing/Map module yang berbeda sesuai nama file .mbd yang tertera di direktori mod. Sebagian besar map Indonesia saat ini termasuk kedalam jenis ini.

Ketika baru mulai membuat mod map tipe standalone, maka saat membuka map editor harus dalam kondisi kosong/hampa. Cukup dengan mengetik “edit” di parameter (lihat lagi di Tutorial PART 2)

Berikut cara Save Map untuk Tipe Standalone :

1) Buka map editor dengan menuliskan parameter -edit seperti yang dijelaskan di tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor.

2) Map editor sudah terbuka. Silahkan membuat map yang Anda inginkan seperti di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana 

3) Sebelum menyimpan atau save map, WAJIB tempatkan titik “Place Start” yang menjadi spot awal untuk tes map. Kalau tidak dikasih titik itu, maka waktu testing (Run Game) map kalian tidak akan muncul dan malah terjun bebas kek jatuh dari langit.

  • Cara menambahkan nya: pilih tool Place Start (icon bendera merah), lalu tempatkan dengan klik kiri mouse di tengah jalan yang kalian buat. Nanti yang muncul di editor adalah sebuah tanda (pin) mobil (seperti saat tampilan awal map editor).
  • Supaya titik Place Start itu bisa diputar, tekan tombol (Num +) atau (Num -) di keyboard

Menambah Place Start di Map Editor ETS2 - 1.46

4) Lalu simpan map dengan klik Save Map (Ctrl+S) atau Save Map As (Ctrl+Alt+S) kalau mau bikin yang baru.

Klik "Save" atau "Save As" ETS2 - 1.46

5) Tulis nama map yang disimpan sesuai keinginan (misal: Indonesia), gunakan format mbd. Lalu klik OK. Di gambar saya ketik testing padahal sebenarnya enggak begitu (cuma kasih contoh)

Catatan : Apabila map tidak bisa disimpan, biasanya ada masalah pada mode security game tersebut (terutama pada game cr*ck). Silahkan buka kembali game ETS2 dengan klik kanan ikon ETS2 dan pilih ‘Run As Administrator’.

Save Map Standalone ETS2 - 1.46

6) Tunggu proses save map. Setelah map sudah dipastikan tersimpan, langsung keluar dari map editor.

7) Langsung lihat hasil akhir dari Save Map tadi untuk memastikan folder dan file .mbd telah muncul.

  • Kalau pakai ETS2 1.36 & 1.37. Cari nya di folder instalan ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base/map
  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39. Cari nya di folder instalan ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base_map/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base_map/map
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.41, 1.42, 1.43, 1.44 dan seterusnya. Cari nya di folder Homedir ETS2 = <This_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2/mod/user_map/map

8) Mulai packing file map atau buat archive baru format .zip atau .scs dengan memakai WinRAR atau 7-Zip. Misalnya saya gunakan 7-Zip. Pertama harus arahkan ke folder "map" yang dalamnya berisi file map .mbd buatan kalian. Kemudian klik kanan folder "map" dan pilih "Add new archive" atau buat arsip baru 

Buat archive baru - pakai 7zip

  • Kalau dijadikan format ZIP = di menu "Format Archive" pilih yang .zip. Selebihnya boleh ikut setting 'default' seperti gambar di bawah. Sudah, setelah itu klik OK. 
  • Kalau dijadikan format SCS = di menu "Format Archive" tetap pilih yang .zip. Bedanya untuk menu "Compression Methode" harus pilih yang "store" (Level : Simpan). Selain itu tulisan belakang .zip di kolom/kotak paling atas HARUS diganti jadi .scs

Setting buat archive format SCS - 7zip

Setting buat archive format ZIP - 7zip

10) Selesai. Sekarang pindahkan (Cut) ke dalam folder "Documents\Euro Truck Simulator 2\mod" seperti kalian pasang mod.

Catatan : Di gambar ini cuma kasih contoh perbedaan format SCS sama format ZIP. Ketika taruh di folder 'mod' pilih salah satu aja yang mau dipakai... bukan disuruh masukkan dua-duanya :v

Hasil akhir ketika dipindah ke folder "mod"

11) Terakhir, buka file yang sudah dibuat "Archive" tadi. Baru hapus folder yang tidak perlu. Seharusnya hasil akhirnya seperti ini.

Hasil Akhir Packing atau Buat Archive

Save Map - Addon (Gabung sama Map Eropa)

Seperti yang sudah dijelaskan di Tutorial PART 1, Add-on map adalah mod map yang digabungkan bersama map base/orian ETS2 (Eropa). Ini juga disebut sebagai map ekspansi. Jika ingin membuat map/peta dengan jenis ini, maka ketika membuka map editor cukup buka peta base degan ketik “edit europe” di parameter. Hampir sebagian besar map/peta ekspansi Eropa populer dunia termasuk kedalam jenis ini (termasuk map buatan saya saat ini xD).

Cara save map addon ini berbeda dengan standalone map diatas tadi. Perhatikan baik-baik berikut ini (dan jangan sampai asal atau seenaknya sendiri, oke!) :

1) Buka map editor dengan setting parameter -edit europe. Baca lagi tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor.

2) Pastikan title(judul) di pojok kiri atas tertulis europe.mbd. Setelah itu jangan tambah apa-apa dulu! Langsung mulai Save Map (pertama kali) dengan pilih menu File - Save atau tombol Ctrl + S

3) Tidak usah bikin nama baru (otomatis nama file nya jadi europe.mbd). Jadi langsung mulai proses save map (namun lebih lama dari biasanya karena yang jelas map nya lebih luas dan banyak jalan dan kota)

Contoh proses save map editor ETS2 - 1.46

4) Jika proses sudah selesai, jangan close/tutup map Editor! (kalian gak mau edit map nya juga?). Kalian cek dulu hasil save map tadi (folder dan file .mbd) sudah keluar apa belum.

  • Kalau pakai ETS2 1.36 & 1.37. Cari nya di folder instalan ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base/map
  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39. Cari nya di folder instalan ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base_map/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base_map/map
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.41, 1.42, 1.43, 1.44 dan seterusnya. Cari nya di folder Homedir ETS2 = <This_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2/mod/user_map/map

5) Jika sudah dipastikan aman, baru kalian bisa nambah-nambah atau edit map Eropa itu sesuai keinginan. Lihat-lihat lagi di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana. Dan jangan lupa tempatkan "Place Start" seperti yang diterangkan waktu save map standalone.

6) Kalau merasa sudah gak punya ide lagi, silakan save map (ctrl+s) lagi (kedua kali) sama seperti poin 2 & 3 diatas. Habis itu, ya sudah... close map editor nya.

7) Dari folder map hasil save di poin 4 tadi. Mulai packing file map atau buat archive baru format .zip atau .scs dengan memakai WinRAR atau 7-Zip. Caranya sama ketika save map standalone sebelumnya.

  • Kalau dijadikan format ZIP = di menu "Format Archive" pilih yang .zip. Selebihnya boleh ikut setting 'default' seperti gambar di bawah. Sudah, setelah itu klik OK. 
  • Kalau dijadikan format SCS = di menu "Format Archive" tetap pilih yang .zip. Bedanya untuk menu "Compression Methode" harus pilih yang "store" (Level : Simpan). Selain itu tulisan belakang .zip di kolom/kotak paling atas HARUS diganti jadi .scs

8) Setelah itu pindahkan (Cut) ke dalam folder "Documents\Euro Truck Simulator 2\mod" seperti kalian pasang mod.

9) Buka hasil packing mod tadi (entah yang zip atau scs). Hapus file yang tidak perlu sama seperti yang dijelaskan waktu save map standalone.

Nah, habis itu barulah kalian HARUS perhatikan bagian satu ini :

  • Buka folder "europe" hasil save kalian tadi.
  • Buang banyak file sektor map yang tidak dipakai. Ini mungkin bagian yang sulit karena ada banyak sekali file sektor map (aux, base, data, desc, dll). Trik nya adalah : Urutkan (sort) tabel list file map sektor tadi berdasarkan "Date Modified" (lihat gambar). Pastikan kalian ingat kapan save map pertama dan kapan save map kedua dst. Ketika sudah diurutkan (sort) akan kelihatan mana file yang dipakai dan mana yang enggak. 
  • Select file sector map yang tidak dipakai (berarti pilih yang Date modified/tanggal waktu Save Map Pertama kali), lalu langsung "Delete" file semua itu. Jadi yang tersisa hanya file yang dipakai yang jumlahnya sangat sedikit.
  • Ketika ingin packing mod, harus pastikan kelengkapan file sektor map. Biasanya 1 sektor map (misal: sec+0000+0000) ada 4 file sektor map utama yang terdiri dari : AUX, BASE, DATA, DESC. Ditambah 2 file tambahan format SND & LAYER (untuk ETS2 versi terbaru). Kalau ada 1 yang gak lengkap maka map itu tidak akan bisa dibuka di game profil entah bagaimanapun caranya.

Kalau enggak paham, penulis beri contoh. Misal yang dipakai (waktu buka map editor) adalah sec+0002-0010. Cara lihat nya gimana? Munculkan background di map Editor dengan tombol A keyboard (baca lebih lengkap di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan)

Maka file yang harus dimasukkan waktu packing kedalam ZIP atau SCS adalah:

  • sec+0002-0010.aux
  • sec+0002-0010.base
  • sec+0002-0010.data
  • sec+0002-0010.desc
  • sec+0002-0010.snd (gak wajib)
  • sec+0002-0010.layer (gak wajib)

Contoh perbedaan tanggal "Date Modified" setelah diurutkan (sort by)

Cara mengurutkan file berdasaarkan "Modified" dalam archive 7zip

Aduh, kok jadi ribet dan membingungkan gini? Ya... gimana ya?


Testing Map - Addon Maupun Standalone

Akhirnya sudah bisa membuat mod map/peta pertama kalian, kan? Sekarang coba tes mod tersebut di game. Eh, tapi bukan yang lewat game profil seperti kalian biasa mainkan. Tapi langsung lewat Map editor. Caranya?

1) Buka lagi map Editor (awas loh kalau kalian lupa lagi...). Bisa langsung pakai parameter -edit <nama_map> atau lewat menu File > Open ketika program map editor telanjur kebuka.

2) Harusnya map editor sudah bisa dibuka dengan berisi map yang sudah dibuat sebelumnya. Kalau gagal berarti ada yang salah dengan langkah sebelumnya diatas. Cek lagi ya.

3) Setelah itu bisa klik Run Mapbergambar/icon tanda panah (seperti tombol Play) warna hijau. Tunggu beberapa saat hingga game mulai memuat (loading).

Kalau terlalu lama menunggu, klik layar sembarang dengan mouse, dan bila ternyata tiba-tiba keluar ke desktop, klik lagi icon ETS2 di taskbar (jika ada). Tunggu hingga muncul game loading. Apabila tetap tidak bisa dibuka atau justru crash, berarti ada kesalahan pada langkah sebelumnya.

Selesai sudah! Akhirnya mod peta pertama kalian tersebut sudah siap dimainkan. 

Apabila ketika sudah mencoba tes map/peta dengan “Run Map” tetapi malah muncul di tempat kosong (dan sedang terbang melayang) bukan di tempat terakhir kali bikin map, berarti kalian kelupaan sama yang namanya "Start Place" padahal sudah saya terangkan di bagian atas. Baca yang teliti! Jangan permalukan diri karena malas membaca.

(Tambahan) Folder baru "user_map"

Ini sistem baru ketika save map pada game ETS2 atau ATS versi 1.40 keatas sampai sekarang. Ketika sedang save map di editor, otomatis folder "user_map" muncul di folder Document/Euro Truck Simulator 2/mod begitu saja, dan map itu akan tersimpan langsung kedalam folder tersebut. 

Keuntungannya adalah kita tidak perlu masukkan hasil file map (mbd dan semua file sektor aux, base, desc, dll.) itu kedalam file pack mod zip/scs. Tapi... itu hanya berfungsi saat buka dan edit map lewat map editor saja. 

Kalau buat testing lewat game profil... tidak bisa, jadi kita tetap harus memasukkan lagi file map tadi kedalam file mod zip/scs. Terus folder "user_map" bisa dipindahkan ke folder lain sembarang atau bisa langsung tambahkan tulisan parameter -no_user_map_mount (Cara isi parameter tersebut ada di Tutorial Part 2)

(Tambahan) Video Penunjang

Mungkin kalau terus saja gak paham sama tutorial blog ini, boleh menonton sejumlah video berikut terutama agar membantu kalian mengatasi masalah save map. 

Keterangan:

  • Video Atas = 1.30 - 1.35   
  • Video Tengah = 1.36 - 1.39   
  • Video Bawah = 1.40 dan versi terbaru.



Kalau map (peta) buatan kalian mungkin masih kurang bagus, jangan putus asa. Namanya orang belajar, pada awalnya pasti hasilnya jelek. Tapi lama-kelamaan hasilnya juga akan bagus kalau kita tekun dan sering berlatih. 

Jadi, membuat mod peta dengan hasil yang memuaskan tentu perlu tenaga (yang pasti butuh tenaga listrik), ide/kreativitas, kesabaran, dan waktu yang tak sedikit (tapi jangan tinggalkan juga waktu belajar, bekerja, maupun ibadah). Tapi kalau hasil map (peta) buatan kalian sekiranya telah bagus dan memuaskan, pastinya banyak orang yang memainkan mod map buatan kalian, bahkan dikenal di mancanegara, kalian pasti merasa bangga dengan hasil karya sendiri.

Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Kalau ada masalah terkait pembahasan di atas, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor  ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 4) Menu View di Map Editor ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

Map Editor Tutorial ETS2 Part2 : Persiapan & Cara Buka Map Editor

Salam! Pada kesempatan kali ini saya akan ajarkan satu panduan/tutorial paling dasar untuk memakai program khusus yang disebut Map editor, dari cara persiapan memulai bikin mod map hingga membuka map editor (khususnya) untuk game Euro Truck Simulator 2 (ETS2).  Sebenarnya bisa juga buat game American Truck Simulator (ATS) karena secara garis besar isi program dan cara pakainya sama. Pastinya bisa dipakai buat game Steam maupun Legacy atau Cr*ck atau Tani.

Tutorial bagaimana cara membuka map editor ETS2? 

Alah… banyak kok di luar sana yang punya tutorial kek gini. Terus apa bedanya kalau disini?

Sotoy lu! Di blog Pejindo ini jauh lebih lengkap, tutorial paling update ikut game versi baru, terus pakai game ori juga. Napa? Ga seneng?

Dahlah…gak usah bacot...

Awas kau ya... dasar penulis/author sombong!

Udah-udah, ntar nambah drama jadinya...

#2 Persiapan + Cara Membuka Map Editor ETS2

Diperbarui pada : Januari 2023
Alasan : REVISI

Tampilan kosong (New Map) pada Map Editor ETS2 - 1.46

Persiapan Membuat Map

Sebelum membuat mod map baru ETS2 tentunya harus ada persiapan. Ada banyak aspek yang harus dipersiapkan untuk membuat map.

Syarat awal buat map di ETS2 :

  1. Berakal sehat, tidak memandang umur maupun status “baligh” (jadi bagi anak kecil pun selama tidak gila boleh bikin mod map)
  2. Cek perangkat hardware / spek PC (Komputer atau Laptop) yang dimiliki. Terserah mau bagaimana spek nya asalkan bisa pakai buat main game ETS2)
  3. Siapkan modal awal bikin mod map (mulai dari aset dan model map, riset lokasi, dan skill membuat map). Blog Pejindo sudah punya aset map sendiri, cari saja DISINI
  4. Kembangkan... (saya bahas di lain topik aja)
  5. Rekomendasi versi game ETS2 yang akan dipakai untuk membuat mod map, karena seiring berjalan waktu pasti fitur dan menu di program makin bagus. Minimal versi 1.36 sampai seterusnya (boleh 1.40, 1.44, atau yang terbaru sekalipun.

Program yang Diperlukan untuk bikin Mod Map ETS2 :

  1. Yang pasti ya... Game Euro Truck Simulator 2Lebih bagus lagi jika beli game ori-nya di Steam atau di situs game resmi lainnya.
  2. SCS Extractor, langsung download DISINI.
  3. WinRAR atau 7-Zip (kalau penulis lebih suka pakai 7-Zip), langsung download DISINI.
  4. Notepad++, langsung download DISINI. (sangat direkomendasikan karena jauh lebih baik ketimbang pakai Notepad biasa bawaan Windows, terutama kalau gak mau pusing karena tulisannya hitam-putih atau ribet edit script data DEF)

Setting Ulang ETS2

Bagi yang sudah punya game ETS2 atau ATS, langkah selanjutnya adalah konfigurasi game itu sendiri, tapi tidak secara keseluruhan. Tujuannya supaya map editor bisa dibuka. Caranya sebagai berikut.

Mengganti paramater di file config.cfg ETS2 -  1.46

1) Cari dan buka folder Homedir (home directory) = <User_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2\. Lalu buka file teks bernama config.cfg menggunakan Notepad.

2) Carilah kata dibawah ini kemudian ganti sesuai yang dibawah ini (perhatikan yang digaris warna merah dan kuning pada gambar diatas)

  • uset g_developer “0”  menjadi  uset g_developer “1”
  • uset g_console “0”  menjadi  uset g_console “1”
Sebagai penunjang, kalian bisa melihat fps dan deretan log dengan mengubah ini.
  • uset g_fps “0” menjadi uset g_fps “1”
  • uset g_minicon “0”  menjadi  uset g_minicon “1”

3) Simpan atau save file. Lalu tutup filenya. Sudah begitu saja.

4) Sekarang buka folder path/lokasi instalan game Euro Truck Simulator 2 (ETS2). Pastikan kalian ingat dimana tempatnya

  • Versi Steam : C:/Program Files (x...)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2
  • Versi Retail/Legacy :  C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2
  • Kalau bukan di tempat itu maka... penulis gak mau tau... para user game cr*ck!

5) Bikin folder baru bernama "base". Habis itu, buka folder baru itu tadi lalu... bikin folder baru lagi bernama "map"

Catatan : 

  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39. Ganti nama folder baru "base" tadi menjadi "base_map" (beda nama soalnya)
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.43, 1.44, dan seterusnya, sebenarnya langkah nomor 4 & 5 tidak perlu karena ketika "Save Map" nanti otomatis akan muncul folder baru bernama "user_map" yang ditaruh di folder Homedir ETS2 (folder Document maksudnya). Tapi folder baru "base" ini tetap ada gunanya untuk tutorial bikin "Sign Template" di map editor di tutorial selanjutnya.

Buat folder baru di tempat instalan ETS2 - sumber : SCS Modding Wiki


Membuka Program Map Editor ETS2

Sekedar basa-basi, awalnya sebelum membuka map editor harus mematikan mode fullscreen saat membuka game supaya map editor bisa digunakan dengan baik dan optimal (window mode). Namun sejak versi 1.19 map editor sudah bisa dibuka tanpa harus mengatur fullscreennya layaknya aplikasi biasanya.

Dari situ pula sempat beberapa kali mengalami perubahan cara membuka map editor. Tapi mengikuti perkembangan jaman dan sudah banyak versi ETS2 yang diupdate sampai sekarang. Maka penulis harus membatasi tutorial ini hanya khusus pemakai atau yang punya ETS2 1.36 ke atas. Jadi... maaf yang pakai 1.35, 1.30 sudah harus di-drop dan dibuang selama-lama-lama-lama-lama-lama--eh sudah kebanyakan tuh :v

a. Game versi Steam

1) Buka program aplikasi "Steam" masing-masing (jangan langsung buka game-nya dulu). Terserah mau mode online atau offline gak masalah.

2) Pilih game Euro Truck Simulator 2 di menu 'Library' Steam. Klik kanan tulisan Euro Truck Simulator 2 itu lalu pilih "Properties"

3) Pilih menu "General" lalu arahkan ke bagian “Launch Option” dan akhirnya tambahkan parameter baru : -edit

Opsi untuk menambah parameter agar membuka Map Editor ETS2 - 1.46

4) Oke, kalau sudah langsung tutup menu Properties itu dan langsung buka game ETS2 seperti biasa. Nah, otomatis langsung muncul tampilan map editor alih-alih buka intro logo SCS dan ETS2 seperti yang biasa tampil waktu main ETS2.

5) Oke sudah selesai. Tampilan akhir menjadi seperti ini.

Tampilan pertama saat membuka Map Editor ETS2 -  1.46

5) Opsi parameter lain yang bisa dipakai di Launch Option (dari poin 3 sebelumnya diatas)

  • -edit : membuka map editor kosongan (New Map), belum edit apa-apa
  • -edit europe : membuka map eropa (map orian SCS) langsung di map editor 
  • -edit <nama_file_mbd> : membuka map yang sudah diedit, (syarat : harus sudah save map lebih dulu sampai muncul file format .mbd)
  • -edit <nama_file_mbd> -force_mods : untuk membuka map yang sudah diedit + mengabaikan fitur mod yang terpengaruh agar tetap jalan di map editor (khusus untuk mengatasi background map editor tidak muncul)
  • -edit <nama_file_mbd> -sound : untuk membuka map yang sudah diedit + masuk mode khusus fitur "Edit Sound" (akan dijelaskan di lain topik)

b. Game versi Retail/Legacy (atau cr*ck)

1) Pastikan sudah buat "Shortcut" untuk game ETS2. Caranya klik kanan file .EXE dari game itu > Send to > Desktop (create shortcut)

2) Dari shortcut yang sudah dibuat (lihat gambar dibawah), klik kanan shortcut itu > Properties.

3) Di menu properties, isi kotak baris bagian "Target" dengan tambahkan parameter -edit. Sementara tulisan yang lain (path lokasi instalan ETS2) jangan dihapus. Kalau sudah, langsung pilih tombol "Apply" baru pilih "OK"

Menambah parameter via kolom "Target" di Sortcut ETS2 cr*ck

4) Ya sudah, setelah itu langsung buka game ETS2 seperti biasa. Dan otomatis langsung muncul tampilan map editor alih-alih buka intro logo SCS dan ETS2 seperti yang biasa tampil waktu main ETS2. (gambar sama dengan yang pakai Steam diatas)


(Tambahan) Mengekstrak file .scs ETS2

Sebenarnya map editor sudah bisa dibuka, tetapi masih tidak bisa menambah kota baru atau negara baru dengan nama sendiri, atau menambah perusahaan yang akan dimiliki di kota barumu itu. Jadi perlu file khusus untuk itu. 

File base.scs dan def.scs di lokasi/direktori instalasi ETS2

Dan semua itu ada di file format .scs di dalam folder ETS2. File tersebut hanya bisa diekstrak dengan program tersendiri namanya SCS Extractor.

Dengan program itu, file .scs nya bisa diekstrak, seperti file base.scs ,def.scs, dan berbagai file DLC. 

  • File def.scs berisi banyak folder dan file .sii (atau .sui) yang bisa dipakai untuk mengedit atau menambah kota, negara, ferry (jalur laut), company (tempat job perusahaan), bahkan data aset model map lainnya. 
  • Sementara file base.scs berisi keseluruhan dari model dan aset map termasuk fitur dan material interface yang disediakan di game.

Karena jumlah kapasitas file base lebih besar maka cukup file def yang diekstrak. Alasannya karena saat mengekstrak file .scs banyak sekali file dan folder yang muncul sehingga tampak lebih semrawut, dan sekaligus menghindari ukuran file yang terlalu besar (file base.scs saja sudah lebih dari 2GB). Tapi jika memang ingin memodifikasi/membuat model map atau prefab, file base tentunya bisa diekstrak. 

Langkah mengekstrak def.scs sesuai urutan angka

  1. Download SCS Extractor pada link yang sudah disebut di bagian awal postingan ini.
  2. Misalnya kalian ingin mengekstrak file def.scs. Pertama buat folder baru. Beri nama di folder itu bebas sesuai keinginan.
  3. Salin (copy) file scs_extractor.exe yang sudah diunduh (download) tadi beserta file def.scs ke folder baru tersebut.
  4. Klik file def, tahan dan geser file def.scs tadi ke scs_extractor.exe.
  5. Nantinya akan langsung muncul seperti program cmd (command promp). Biarkan saja sampai ia menghilang sendiri. (jangan ditutup paksa)
  6. Otomatis isi dari file def.scs tadi sudah diekstrak sempurna. Untuk file base juga dilakukan dengan cara yang sama, namun prosesnya jauh lebih lama. Ekstrak file base.scs memakan waktu kurang lebih 15-30 menit.

(Tambahan) Video Referensi

Kalau masih bingung dengan penjelasan penulis diatas. Silakan simak saja video pilihan ini. Atau... mungkin ada jawaban permasalahan kalian di tutorial selanjutnya DISINI


Itu saja tutorial cara membuka map editor. Baik pada ETS2 maupun ATS, cara membuka map editor semuanya sama. Kalau ada masalah dan map editor tidak bisa dibuka, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 1) Pendahuluan ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 3) Menyimpan Map + Tes Map di Editor ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

Map Editor Tutorial ETS2 Part1 : Pendahuluan

Salam! Di blog ini, saya memulai seri tutorial tentang “Panduan Map Editor ETS2”. Seri tutorial ini menjelaskan banyak hal seputar map editor, baik teknik membuat map (peta), penggunaan menu, tool, dan fungsi pada map editor, berbagai pembaruan terakhir dari map editor, dan masih banyak lagi. Bagi para pemula wajib hukumnya untuk membaca post/artikel yang satu ini.

#1 Pendahuluan & Daftar Panduan Map Editor ETS2

Update pada :  Januari 2023
Alasan : REVISI

Pengertian Singkat ETS2

Sekedar pendahuluan, Euro Truck Simulator 2 atau disingkat ETS2 merupakan salah satu game atau permainan simulasi truk yang dibuat oleh tim SCS asal Republik Ceko. Permainan ini terbawa ke dunia kerja dalam jasa pengiriman barang. Pemainnya adalah seorang supir truk yang memulai usaha jasa pengiriman barang dengan modal awal € 2.000 (Dua ribu Euro) dan satu garasi kecilnya, bekerja mengangkut barang ke berbagai kota lalu mendapatkan uang dan kemampuan (skill) meningkat. Hal itu terus berulang hingga menjadi kaya dan mempunyai banyak garasi dan truk.

Banyaknya pendapatan dari hasil pengiriman barang tersebut tergantung pada jenis barang yang diangkut, jauh dekatnya kota tujuan yang akan dikirim, kemampuan yang dimiliki dan cara mengendarai truk. Bila barang yang diangkut (trailer atau kargo) ada yang mengalami kerusakan atau datang terlambat pendapatan akan berkurang (membayar denda). Begitu pula dengan menabrak kendaraan lain, atau melewati batas kecepatan yang ditentukan. Supaya bisa menjadi supir yang kaya raya dan terampil harus bisa mengatur strategi atau perencanaan yang baik, dan tentunya tertib berlalu lintas dan berkonsentrasi menjaga barang yang diangkut agar tidak rusak.

Tampilan Map Editor ETS2 - versi 1.46

Karena namanya Euro Truck Simulator maka permainan ini pastinya merupakan game simulasi truk di beberapa negara di Eropa. Ada banyak lokasi yang bisa dijelajahi. 

  • Pertama saya sebut BASE map (bisa disebut map vanilla atau map bawaan atau map orian game) dimana menjadi wilayah start-game atau lokasi awal game. Sebarannya meliputi Inggris (UK), Belanda, Jerman, Belgia, Luksemburg, Swiss, Rep. Ceko, Austria, serta sebagian Prancis, Italia, Polandia, dan Slowakia.
  • Lalu ada berbagai peta/map DLC yang dijabarkan sebagai berikut:
  • (1) DLC Going East (1.14) meliputi sisa negara Polandia, Slowakia, dan Hungaria.
  • (2) DLC Scandinavia (1.17) meliputi Denmark, sebagian Norwegia, dan sebagian Swedia. 
  • (3) DLC Vive la France (1.26)  khusus ekspansi negara Prancis secara keseluruhan.
  • (4) DLC Italia (1.30) khusus ekspansi negara Italia secara keseluruhan. 
  • (5) DLC Beyond the Baltic Sea (1.33) meliputi negara sepanjang laut Baltik, seperti Estonia, Latvia, Lithuania, sebagian Finlandia, hingga sebagian Rusia (termasuk wilayah Kaliningrad). 
  • (6) DLC Road to the Black Sea (1.36) meliputi negara sepanjang laut Hitam, meliputi Romania, Bulgaria, dan sebagian kecil Turki (sisi Eropa). 
  • (7) DLC Iberia (1.40) meliputi seluruh wilayah semenanjung Iberia, yakni negara Spanyol dan Portugal. 
  • (8) *Rencana* DLC Heart to Rusia - Ditunda karena kisruh perang Rusia - Ukraina
  • (9) *Rencana* DLC West Balkan - Masih WIP a.k.a belum jadi
  • (10) *Rencana* Northern Scandinavia - Cuma sebatas wacana

Jika bosan jelajah tempat itu-itu saja dan ingin yang map-nya lebih bagus dan real daripada yang sudah ada di game, maka tersedia pula berbagai macam mod yang bisa dipilih, seperti truk, traffic kendaraan, cuaca, trailer/kargo, hingga mod map/peta. Beberapa situs di internet pun menyediakan berbagai macam mod ETS2 yang kita inginkan. Dengan catatan, mod tersebut harus sesuai dengan versi yang dimiliki game ETS2. Selain itu carilah mod yang sekiranya tidak menimbulkan error, bug, atau hal lain yang menyebabkan mod tidak bisa berjalan lancar.

Diingat ya, adick-adick... ini game ETS2 yang resmi hanya dipakai buat PC (Komputer atau Laptop). BUKAN UNTUK GAME ANDROID!

Spesifikasi untuk game Euro Truck Simulator 2 (ETS2) :

Spek Minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10, Mac OS X 10.9 (Mavericks), atau Linux Ubuntu 12.04
  • Processor Dual core CPU 2.4 GHz
  • 2-4 GB RAM/System memory (tergantung versi game)
  • DirectX 11 (mulai versi game 1.36 keatas), kalau versi lama bisa untuk DirectX 9
  • Kapasitas harddisk tersedia antara 1.5 - 4 GB (tergantung versi game)
  • Graphics : GeForce GTS 450-class (Intel HD 4000)

Rekomendasi :

  • OS: Windows 7/8.1/10 64-bit
  • Processor: Quad Core CPU 3.0 GHz
  • Memory: 6 GB RAM
  • Graphics: GeForce GTX 760-class (2 GB)
  • Hard Drive: 3 GB available space

Sekilas Tentang Mod Map (Peta)

Saat ini ada banyak sekali mod map/peta yang bisa dimainkan dengan fitur yang beragam dan menarik. Mulai dari mod map Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, Wilayah Rusia, Amerika Selatan, sampai Indonesia.

Masing-masing map memiliki berbagai ciri khas masing-masing dengan kualitas yang berbeda. Ada map yang besar dan luas dengan menambah banyak kota/desa, adapun yang cukup kecil/sedang tetapi lebih detail dan ramai, ada juga yang terbilang luas namun hanya berupa hutan dan perbukitan. Dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya merupakan representasi dari wilayah sungguhan. Namun ada juga yang hanya sekedar imajinasi/fiksi dengan keunikan tersendiri.

Selain itu tak sedikit mod map yang harus memerlukan setiap map DLC yang keluar saat ini baik salah satu atau bahkan semuanya. Tetapi masih ada beberapa mod yang bahkan tidak memerlukan peta/map DLC sama sekali.

Jenis Mod Map Berdasarkan Penempatan dan Posisi Penyimpanan

Ada dua jenis utama, yaitu add-on dan stand-alone.

1. Add-on Map

Ini adalah jenis map yang berupa ekspansi atau penambahan jalur dan tempat baru dari map yang sudah tersedia di game, baik base map maupun DLC. 

Ciri utamanya adalah map yang dibuat hanya disimpan kedalam satu file map utama bertajuk europe.mbd. Dari beberapa sumber, saya jabarkan lagi jenis add-on map di bawah.

a) Extended Road & Road Connection

Map seperti ini hanya menambahkan jalanan buatan sendiri di peta original atau bawaan game itu sendiri (base map atau DLC). Jalanan ini umumnya bersifat shortcut (jalan pintas) atau optional (jalan tambahan), dengan membuat jalur lain menuju suatu kota yang sudah ada.

b) New City and/or Company

Untuk map yang satu ini tidak sekadar menambahkan jalan, melainkan perusahaan (company) dan kota buatan sendiri. Perbedaannya pun berhubungan dengan script pengadaan kota dan perusahaan.

c) Rebuild atau Rework

Berbeda dengan kedua jenis diatas, map yang satu ini lebih fokus pada pengerjaan ulang (rebulid) semua peta original yang sudah ada di game. Misalnya membuat simpang susun yang lebih rumit atau membuat ulang kota yang sudah ada menjadi lebih kompleks dan ramai.

2. Stand-alone Map

Sedangkan yang ini adalah membuat map sendiri dari “Nol” atau dalam bahasa Inggris “Build from Scratch”. Intinya benar-benar terpisah dari peta original atau bawaan game. 

Untuk map dengan jenis tersebut bisa disimpan dengan nama bebas, seperti indonesia.mbd atau fantasy.mbd. Untuk mengetahui map tersebut bisa terlihat dari Playing/Map Module saat memulai Profile baru.

Jenis Mod Map Berdasarkan Desain dan Genre

Ada dua jenis utama juga, yaitu Realistic dan Fictional.

1. Realistic Map

Ini adalah jenis map yang memang dibuat seperti daerah sesungguhnya. Hampir semua map yang ada saat ini lebih menyukai map model tersebut. Namun kata “realistis” ini bergantung dari beberapa aspek yang saya bagikan lagi seperti di bawah ini.

a) Scale

Maksudnya map tersebut dibuat menurut skala tertentu. Jarak yang akan dibandingkan adalah panjang dalam map editor (dalam m) dengan jarak sesungguhnya (dalam km). Untuk map original sendiri atau map add-on dibuat kedalam skala 1:19 untuk countryside (wilayah secara keseluruhan) dan skala 1:3 khusus untuk perkotaan (catatan: area yang dibatasi atau masuk kedalam blok garis item “City”).

Namun ada sebagian map yang menggunakan skala yang lebih luas. Seperti skala 1:8, skala 1:3, bahkan skala 1:1 (sama persis dengan panjang di map editor). Namun sejauh ini tak banyak map semacam itu benar-benar berhasil hingga menjadi populer, bahkan tak jarang proyek map berskala 1:1 berhenti di tengah jalan.

b) Similiarity

Maksudnya map tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga mirip sekali dengan tempat sungguhan. Seperti adanya landmark atau bangunan yang benar-benar nyata di dalam game. Atau membuat jalan yang sesuai dengan jalan sesungguhnya. Jadi bila dibandingkan dengan foto atau Street View akan terlihat sama persis. Pemain akan merasa sedang berada di dunia nyata.

Namun sulit sekali menjumpai map semacam itu karena membutuhkan teknik, aset, model bangunan, dan riset yang mendalam. Cukuplah berterima kasih kepada beberapa aset map DLC yang sudah terlihat sangat keren dan realistis.

c) Level of ground

Maksudnya map tersebut dibuat sesuai ketinggian permukaan tanah aslinya. Bisa jadi suatu tempat dibuat pada height atau ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut (pada map editor) sesuai dengan ketinggian di tempat sesungguhnya. Namun resikonya ialah fungsi tampilan item atau node/titik di map editor tidak bekerja pada batas ketinggian tertentu.

Jarang memang menemukan map yang satu ini, tetapi khusus map buatan Indonesia pasti sudah tak asing dengan salah satu map dengan jenis yang satu ini, kan?

d) Real Situation or Feeling

Maksudnya map tersebut sengaja dibuat dengan suasana tertentu, walaupun sebenarnya jalurnya tidak sesuai dengan tempat sungguhan. Terkadang aspek tersebut cenderung kearah Fictional (imajinasi semata).

Misalnya suatu negara memiliki struktur jalan yang buruk, berlubang, dan tidak rata. Maka dibuatlah jalan dengan model tersebut tanpa memikirkan layout jalan atau persimpangan yang dibuat. Atau misalnya di suatu kota ada banyak gedung apartemen. Maka ditambahkan saja model bangunan apartemen sebanyak mungkin tanpa melihat bentuk, posisi, atau sebaran nya sesuai di tempat sungguhan.

Umumnya banyak map yang seperti ini, dengan dalih keterbatasan teknik, aset atau model, maupun skala map. Namun beberapa diantaranya ada yang mengutamakan aspek lain seperti tiga jenis diatas.

2. Fictional Map

Kebalikan dari realistic, adalah jenis map yang dibuat sesuka hati tanpa melihat mirip tidaknya suatu tempat sesungguhnya. Mau buat map dengan jalan seperti roller coaster, kota di atas awan, atau jalan ekstrim berlumpur. 

Pengertian Map Editor

Ada program aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat dan modifikasi peta atau map ETS2/ATS. Namanya Map editor, yang merupakan program tambahan langsung dari game Euro Truck Simulator 2 ini. Program map editor sejatinya dibuat khusus para karyawan SCS selaku pembuat game ETS2/ATS, sehingga sudah mengalami banyak evolusi dari versi pertama sampai versi terbaru mengikuti kebutuhan mereka sekaligus perkembangan teknologi zaman sekarang. Semakin baru versi game ini, semakin berubah pula tampilan interface maupun menu dan fitur yang dimiliki map editor, mulai dari tampilan program sampai tool baru yang masih asing di benak para mapper.


Logo ETS2

Situs SCS Modding Wiki bisa menjadi wadah untuk panduan lengkap tentang membuat mod apapun, termasuk map. Sebenarnya ada beberapa sumber dari situs web atau blog lain yang juga menyajikan beragam tutorial tersebut baik dalam bahasa Inggris, maupun Bahasa Indonesia, salah satunya di Blog Pejindo ini.

Untuk game sekuel-nya (American Truck Simulator) sebenarnya menggunakan program yang sama, baik dari tampilan, game-sistem, maupun tool dan fitur yang sama persis dengan ETS2.

Daftar Tutorial

Sebenarnya banyak tutorial atau panduan map editor untuk ETS2 di pencarian Google, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Mungkin masing-masing orang punya cara dan pemikiran yang berbeda. Tetapi di blog Pejindo ini saya mencoba menyajikan tutorial ini dengan penjelasan yang lebih kritis tetapi lebih enak dipahami, serta memiliki banyak ilmu level “Advance” yang mungkin sama sekali tidak disadari oleh para mapper (pembuat mod map)

Berikut berbagai tutorial yang sudah saya posting di blog Pejindo ini. Ada puluhan macam panduan atau tutorial yang bisa dipelajari di blog ini. Karena sudah terlampau banyak jika dibuat daftar disini. Maka saya kelompokkan jadi beberapa kategori atau label di bawah ini.

Kategori 1 : Map Editor General Tutorial

Kategori 2 : Map Editor Item Properties

Kategori 3 : DEF Script untuk Map Editor

Kategori 4 : Trik Dasar Map Editor

Kategori 5 : Modding Guides + Other Tutorial