Map Editor Tutorial ETS2 Part12 : Mengenal Fitur Item Properties Paling Sering Pakai

Salam! Pada menu Item Properties pasti sering menjumpai banyak menu cek box pada bagian atas. Disitu ada beberapa fitur yang bisa dipakai saat mengedit objek map seprti jalan(road) dan prefab di map editor. Sebenarnya ada pembahasan khusus di tutorial seperti Mengenal Map Item Properties : Road dan Mengenal Map Item Properties : Prefab. Tapi kali ini saya hanya sampaikan fungsi yang paling sering digunakan para mapper.

#12 Fitur Menu Ceklis pada Item Properties yang Sering Digunakan Mapper ETS2/ATS


Diperbarui pada : April 2023
Alasan : REVISI

1) Show UI Map

Pertama fitur "Show UI Map" yang kerap dipakai saat menambahkan rute jalan atau prefab di map editor. Ini berfungsi untuk menambahkan atau mengaktifkan rute navigasi (GPS) yang mana jalan (road) tersebut menjadi jalur utama yang dilewati si Player. Secara default item ini sudah di-centang pada cek box secara otomatis ketika pertama kali menambahkan item road/jalan. Namun apabila sejumlah ruas jalan ada yang tidak ingin digunakan atau dilewati, hapus centang pada cek box tersebut.

Misalnya ingin membuat sebuah simpang pertigaan, lalu ditambahkan jalan di tiga sisi tersebut, dan yang dipakai  hanya dua sisi jalan sementara yang satunya tidak. Maka satu jalan yang tidak dipakai tersebut harus disembunyikan dari tampilan UI Map (yang akan terlihat di Route Advisor atau GPS atau di menu World Map) dengan menghilangkan ceklis "Show UI Map" tersebut. Untuk melihat tampilan Route Advisor atau GPS atau UI Map pada map editor, bisa tekan tombol F5 keyboard.

Dengan menghapus centang "Show UI Map" dapat mengurangi banyaknya jalan yang harus dijelajahi (discovered) saat map itu dimainkan pada game, sekaligus terlihat lebih rapi di UI Map pada peta GPS atau World Map. Apabila semua jalan yang ada malah diaktifkan cekbox 'Show UI Map', maka si player akan merasa kewalahan menjelajahi semua rute bahkan jika ada beberapa diantaranya yang tidak seharusnya dijelajahi atau dilewati oleh pemain.

2) No Boundary

Yang ini sering sekali diabaikan oleh para mapper pemula (atau yang baru belajar bikin map). Mungkin ketika pernah mencoba mengetes mod map atau memainkan salah satu mod peta (map) bikinan orang, kalian sebagai player sempat merasa ditabrak sesuatu, tapi ternyata tidak terlihat apa benda yang sedang ditabrak. 

Hal seperti itu namanya ‘Invisible Wall’ atau saya sebut ‘Tembok Gaib' atau 'Dinding Tak Terlihat/Transparan’. Maksudnya ada semacam penghalang seperti tembok tapi tidak terlihat di game. Jadi ketika kalian (si player) santai menyetir truk atau bus, tiba-tiba di tengah jalan kalian tertabrak sesuatu tapi tidak ada apapun di depannya, lalu mencoba memajukan kendaraan tapi tidak bisa jalan. Maka bisa dipastikan ada invisible wall di tempat tersebut.

Cara mengatasinya cukup dengan memilih cekbox ‘No Boundary’ pada Item Properties di map editor. Tetapi sebelum itu kalian lihat dulu dimana tersangka si invisible wall berada. 

Untuk melihatnya pilih menu View -> Collision atau ketik g_collision_1 di console. Nanti akan terlihat garis-garis merah di map editor. Cari saja garis tersebut yang terlihat melintang di tengah jalan atau prefab seperti gambar di bawah ini.

Kemudian pilih node item yang sekiranya arahnya memotong terhadap sumber invisible wall. Setelah itu baru pilih cekbox ‘No Boundary’ pada item properties.

3) Left-hand Traffic

Jika kalian membuat mod map Indonesia, fitur ini harus aktif di map editor. Karena ini berfungsi membuat traffic yang melintasi suatu jalan menjadi lajur kiri jalan atau setir kanan, seperti di Inggris (UK). Pilihan ini harus aktif pada item Road/Jalan dan Prefab. Ada juga pilihan fitur cekbox 'Left-hand traffic' pada Model Item Properties, tapi itu hanya berfungsi ketika kalian menambahkan model khusus hookup tipe dymanic buat kendaraan traffic parkir (apapun jenisnya, mobil, truk, bis, dll.), yang mana setelah di-centang kabin dalamnya berubah bentuk jadi setir kanan.

Sebagai contoh lihat saja peta Inggris (UK) di game. Amati saja tanda panah hijau pada gambar di bawah ini.

Lalu apa gunanya menambah script ‘left-side traffic : true’ pada data def "country"? Ini fungsinya membuat semua kabin dalam model traffic AI  akan berubah bentuk menjadi setir kananKalau tidak, bug aneh bisa saja muncul, yakin traffic AI itu sudah benar lajur kiri (karena cekbox 'Left-hand traffic' sudah di-centang) tapi waktu menyalip lampu sein (reteng) malah kebalik, pun kalau lihat dengan cermat, dalam mobil si traffic masih setir kiri (kebalik juga).

Sebagai contoh buka folder def/country/ lalu buka file uk.sui (atau lihat country def untuk negara yang serupa dengan UK seperti Irlandia atau Indonesia).

4) Low poly veg.

Menyadari mod map bikinan kalian yang terasa berat atau nge-lag saat dimainkan, Fitur "Low-poly veg." (low poly vegetation) bisa menjadi solusi. Tentu saja karena model vegetasi (pepohonan) yang terlalu banyak dan rapat ditambah bentuknya yang detail. Padahal pepohonan detail yang terletak jauh dari jalan/pandangan mata pun tidak selalu bisa terlihat oleh pemain.

Apakah kalian (si player) harus selalu lihat semua pohon dengan detail di semua sisi jalan bahkan yang jaraknya jauh dari pandangan? Tidak juga kan?

Untuk objek map khusus road/jalan, prefab, terrain, atau bezier patch yang jaraknya jauh dari pandangan, bisa menggunakan pilihan cek box 'Low-poly veg.' di Item Properties. Atau bisa dengan mengatur angka input Hi-poly models mulai 20-50 m di Item Properties juga. Baca tutorial serupa di Part10 sebelumnya.

5) No AI Vehicles

Fungsi dari fitur 'No Ai Vehicle' agar tidak ada traffic AI yang melintas pada ruas jalan atau prefab yang dipilih. Tetapi kadang kala jika ruas jalan yang dipilih pada posisi titik/node yang salah, maka bisa muncul bug aneh dimana traffic AI kendaraan tiba-tiba hilang dari pandangan mata layaknya sihir. Jadi aktifkan fitur cekbox satu ini pada posisi yang tepat.

Tanda panah hijau yang menjadi jalur si traffic AI akan berubah lebih gelap setelah mengaaktifkan cekbok tersebut. Bukitnya silakan lihat pad gambar di bawah.

6) Water Reflection

Fungsi dari fitur 'Water Reflection' agar memunculkan efek refleksi air pada suatu objek map atau item tertentu. Kalau tidak ditambahkan sebenarnya tidak masalah sih, tapi akan terlihat tidak realistis. Di dunia nyata air yang biru dan jernih pasti akan menampakkan bayangan refleksi air terhadap benda atau pohon di sekitarnya. Harusnya di dunia game juga seperti itu agar terlihat real seperti aslinya.

Dan pilihan ini jelas tidak berfungsi pada objek terrain berjenis air (water). Masa’ air minum air, eh…. Pin titik/node akan berubah jika mengaktifkan fitur cek box tersebut.

7) Ignore Cut planes

Saat kalian menambahkan sebuah item Cut plane (perhatikan gambar di bawah), mungkin ada beberapa objek map yang ingin tetap terlihat tanpa terhalang si Cut plane itu. Karena itulah bisa memilih fitur 'Ignore cut planes' di menu Item Properties.

Pembahasan selengkapnya baca di tutorial Part17.

8) No Collison

Fitur 'No Collison' ini fungsinya agar menghilangkan semacam fisik atau padatan pada suatu obyek map. Anggap saja sebuah tembok yang bisa ditembus makhluk seperti hantu. Untuk mengetahui bagian objek mana yang ada collision maupun tidak, bisa pilih menu View -> Collision atau ketik g_collision_1 di console, sama seperti kalian cari Invisible wall pada poin no. 2 di awal.

Namun hati-hati jika mengaktifkan cekbox satu ini. Jika diklik pada objek atau bagian yang tidak tepat (misal di jalan atau prefab) maka ketika si player melewatinya akan langsung jatuh sendiri ke dunia bawah yang gelap. Lah kan jadi nya tidak lucu.


Itu saja pembahasan yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya, Wassalam!




Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 11) Item Visibility untuk Map Editor ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 13) Tool Istimewa Map Editor ETS2 (1.30-1.35 keatas) ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

0 Komentar:

Post a Comment