Map Editor Tutorial ETS2 Part14 : Mencoba Bezier Patch

Salam! Kalian semua sudah coba objek map item satu ini? Ataukah kalian masih belum pernah dengar? Baiklah, disini saya akan memperkenalkan item yang satu ini, namanya Bezier Patch.

#14 Mencoba Bezier Patch, Apa Itu dan Bagaimana Caranya?

Diperbarui pada : April 2023
Alasan : REVISI


Apa itu Bezier Patch? 

Ini adalah salah satu objek item di map editor yang strukturnya berbentuk jaring persegi dengan memiliki 16 titik node tambahan (ada 4 baris & tiap 1 baris ada 4 titik). Ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Terrain. Namun item ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan yang lain. Item bezier patch ini dirancang untuk memudahkan kalian membuat variasi Terrain (permukaan tanah) dengan lebih fleksibel dan efektif. 

Pada item terrain sendiri, kita harus menentukan bentuk kontur terrain yang tersedia (contoh : hill, plain, down, steep, dll.). Tetapi pada item Bezier patch, kalian tidak perlu memilih macam-macam kontur terrain tersebut (karena memang tidak ada). 

Sebagai gantinya ada struktur 16 titik tambahan tersebut, dari situlah kalian bisa atur sendiri posisi dan ketinggian titik masing-masing sehingga bisa membuat variasi perbukitan atau pegunungan yang bisa disesuaikan dengan lokasi aslinya. Jika misalnya ingin membuat satu bukit, kalian bisa membuat dua atau lebih Bezier patch, lalu dibentuk seperti bukit. 

Bukan hanya itu saja, bezier patch ini juga sangat membantu dalam menutupi lubang terrain (hole/gap) di mod map kalian. Jadi tidak harus ditutupi dengan model grass_rock (batu rumput) atau rerumputan yang justru terlihat aneh dipandang. 

Item ini juga bisa diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan, jadi terhindar dari namanya error ‘items too small’, tetapi juga diingat batasan maksimal ketika di-scale atau memperbesar ukurannya.

Jadi sebagai rangkuman dari Apa karakteristik dari Bezier Patch?

  • Strukturnya berbentuk jaring persegi dengan memiliki 16 titik node kecil.
  • Dari 16 titik/node kecil, terlihat ada 4 baris & tiap 1 baris ada 4 titik
  • Titik/node kecil yang dimaksud (bulat garis menyilang di tepinya) adalah titik "anakan"
  • Sedangkan 1 titik tengah (bulat ada titik hitam di tengah) adalah titik "indukan" (buat masuk item properties)
  • Kegunaan hampir sama dengan objek Item "Terrain". Namun punya cara pemakaian yang beda (terlihat dari struktur tadi)

Sekarang, bagaimana caranya?

Cara Menambahkan Bezier Patch :

1) Arahkan ke Tool bar lalu pada menu "Item Type" pilih "Bezier Patches". Atau bisa langsung tekan tombol 6 di keyboard.

2)  Pilih New Item bergambar plus (+) pada kelompok 'Edit Mode', atau tekan E di Keyboard.

3) Tanpa menunggu munculnya dialog menu. Tinggal klik saja di map editor, langsung muncul objek bezier patch.

Ketika membuka Bezier Patch Properties :

Karena ada titik/node 'anakan' sama 'induk'. Maka ketika masuk mode Item Properties, dialog menu nya juga tidak sama. Perhatikan.

1) Silahkan pilih tool 'Item Properties' (ikon kotak biru dengan tanda tanya), atau langsung tekan P di keyboard.

2) Ketika yang di-klik adalah titik anakan maka yang muncul sebagai berikut.

Menu yang disediakan :

  • Position : Mengatur posisi koordinat si titik anakan itu (sumbu x, y, dan z)
  • [Sphere] Radius : Mengatur besar radius jaring bola tambahan pada Bezier (khususnya saat di Properties utama pilih tombol "Add veg. sphere"
  • [Sphere] Type : Memilih opsi si Add veg. sphere diatas (No Vegetation, Low Poly Vegetation & High Poly Vegetation)
  • Show Parent Properties : Membuka dialog menu Item Properties Bezier Utama

3) Ketika masih buka Properties yang titik anakan, coba pilih tombol Show Parent Properties. Atau kalau pun telanjur di-close, langsung pilih titik indukan (biasanya yang paling tengah). Hasilnya seperti ini.

Untuk memahami lebih lanjut buka Tutorial khusus Mengenal Map Item Properties : Bezier Patches.

Cara Menggunakan Bezier Patch :

Kalau misalnya ingin dibuat seperti bukit, tinggal klik 4 node di tengah lalu naikkan langsung dengan mode height (H) atau atur menggunakan Gizmo (arah panah).

Dengan 2 atau lebih bezier patches juga bisa, caranya sama seperti diatas. Bedanya, untuk menghubungkan kedua bezier ini dengan menghubungkan 4 node pada satu sisi rusuknya antara masing-masing bezier. Daripada bingung ikuti seperti gambar.

Tinggal atur ketinggian nya sama seperti tadi dan hasilnya seperti gambar ini.

Sekarang coba buat Bezier Patch baru lalu buka item properties. 

Kalian coba memperbesar atau memperkecil ukuran bezier dengan menggeser slide/bar panjang sesuai skala sumbu X atau Y. Dengan diberikan cek box Local Scaling, maka bezier ini akan diperbesar atau diperkecil mengikuti arah sudut titik indukan. Jika tidak, maka akan berubah sembarang arah tak keruan. Hasilnya seperti gambar.

Kalian juga bisa bereksperimen dengan memanfaatkan opsi Inner vegetation sphere space. Syaratnya kita harus menambahkan vegetation sphere dengan memilih Add veg. Sphere

Hasilnya akan seperti gambar. (keterangan: kiri untuk item yang tidak mengaktifkan Inner veg. sphere, kanan untuk item yang mengaktifkan Inner veg. sphere)

Masih bingung? Tidak usah khawatir, coba saja dengan satu objek bezier patch. Kalau sudah bisa, perlahan-lahan coba dengan dua item atau lebih. Dan terus-menerus sampai akhirnya paham sendiri.


Mungkin bagi beberapa orang item ini sulit dipakai, karena harus menghubungkan masing-masing node anakan antara satu item bezier patches dengan yang lain. Selain itu juga harus atur ketinggian node anakan tersebut secara manual untuk bisa membuat satu bukit/gundukan. Tapi bagaimanapun, item ini sebenarnya jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan Terrain biasa. Dan saat ini dari SCS sudah banyak dan sering menggunakan item bezier patches saat bikin map base orian maupun map DLC, dan beberapa mod map populer dunia pun mulai banyak menggunakan objek ini.

Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. 

Sekian dari saya, Wassalam!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 13) Tool Istimewa Map Editor ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 15Metode Free Rotation di Map Editor ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

2 comments: