Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 5 : Membuat Persimpangan Jalan (Item : Prefab)

Salam! Sudah bisa membuat dan menambah jalan sendiri di map editor? Kalau masih belum buka dahulu tiga tutorial sebelumnya dibawah (semangat kaka!)

--- Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana

--- Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mempercantik Jalan Part1 

--- Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mempercantik Jalan Part2 

Bagi yang sudah paham, langsung beranjak ke trik dasar berikutnya, yakni menambah PREFAB

Sebenarnya ada banyak tipe atau jenis prefab di editor. Jadi kita mulai dari PERSIMPANGAN JALAN, baik pertigaan, perempatan, perlintasan rel kereta api, maupun bundaran sederhana. Yang lain (company, bus station, dll) akan saya bahas di lain topik.

"Jangan lupa LIKE Halaman Facebook untuk blog PEJINDO"

>> DISINI <<

Untuk persimpangan jalan ini sendiri termasuk kedalam item berjenis ‘Prefab’ dengan node(titik) item berbentuk kotak merah dan hijau. Item jenis ini bisa dihubungkan dengan item jalan atau sesama prefab lain.

Pada pembahasan sebelumnya (Trik Spesial 1) pada tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana saya sempat menyinggung mengapa setiap node untuk item tertentu berwarna hijau dan merah.

Kali ini untuk item berjenis prefab ada sedikit perbedaan. Memang node item tersebut berwarna hijau dan merah, tetapi untuk prefab persimpangan (cross, fork, roundabout, dll.) ada satu node berwarna merah dan yang lainnya berwarna hijau.

Lalu apakah node prefab yang berwarna hijau harus dihubungkan dengan node lain (road/jalan maupun prefab) yang berwarna merah atau sebaliknya?

Jawabannya tidak harus. Node berwarna sesama hijau masih bisa gandeng, tetapi satu node merah pada suatu prefab memang harus dihubungkan dengan warna berbeda, ingat konsep muatan positif (node hijau) dan muatan negatif (node merah).

Langsung saya saya sampaikan cara menambahkan persimpangan sederhana ini di map editor. 

1. Membuat Pertigaan, Perempatan, atau Bundaran (Prefab : Cross)

Kita mulai dari membuat simpang tiga atau simpang empat atau apapun yang berbentuk persimpangan. Oh iya, sebenarnya buat bundaran sederhana juga termasuk sih.

>> Buat dan tambahkan beberapa jalan seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. (Baca lagi Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana)

>> Pilih Prefab pada menu ‘Item Type’ atau langsung tekan tombol 2 di keyboard. Lalu pilih New Item bergambar plus (+) pada kelompok ‘Edit Mode’, atau tekan E di Keyboard. (Cara cepat : tombol keyboard 2 lalu E (2+E))

>> Nanti akan muncul jendela ‘prefab item default properties’. Untuk memahami lebih lanjut tentang prefab yang bisa dipilih, berikut saya paparkan di bawah ini.

Category               

Semua prefab dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Untuk melihat semua jenis prefab cukup pilih –all- saja.

Prefab model

Memilih model dan jenis prefab yang diinginkan. Untuk persimpangan sederhana pilih yang bertuliskan cross.

Prefab look

Pada jenis tertentu terdapat beberapa pilihan tekstur yang bisa dipilih, seperti tekstur aspal dan warna tembok.

Variant

Pada jenis prefab tertentu ada beberapa variasi prefab yang bisa dipilih, seperti garis jalan, pembatas jalan, nama company/perusahaan (pada prefab jenis warehouse atau logistic), bahkan bentuk lain prefab persimpangan.

Origin

Yang beda dari item lainnya, satu node berwarna merah pada prefab bisa dipindah posisinya dengan mengubah angka tersebut.

Rotation Y

Fungsinya memutar prefab pada sumbu Y (datar) mulai 0 sampai 360 derajat.

>> Misalnya saya mau buat pertigaan, maka kita cari yang bertuliskan “cross”. Setelah memilih prefab yang diinginkan, klik kiri mouse sekali di layar kerja map editor, dan langsung muncul prefab yang diinginkan.

>> Jika sudah selesai, silahkan tekan M (Move Item) di keyboard. Lalu gabungkan prefab tersebut dengan jalan yang sebelumnya sudah dibuat (sesuai Trik Spesial 1 dan 2 yang sudah sampaikan pada tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana).

Sudah jadi, kan? Tapi masih terlihat kurang.

>> Silahkan pilih Item Properties dengan ikon kotak biru dengan tanda tanya, atau langsung tekan P di keyboard.

>> Lalu klik pada salah satu node (titik) prefab yang dipilih tersebut.

>> Langsung muncul dialog/jendela prefab item properties. Untuk memahami lebih lanjut tentang pilihan dan pengaturannya bisa membuka artikel ini berjudul Mengenal Item Properties (Prefab).

>> Jika sudah tekan OK.

Kalau ingin menambah persimpangan yang lain, seperti perempatan atau bundaran, caranya juga hampir sama. Seperti di gambar berikut.


2. Membuat Pelebaran atau Penyempitan Jalan (Prefab : Fork)

Kalau sudah paham, sekarang coba buat jalur pelebaran atau penyempitan jalan. Tapi disini yang dimaksud adalah “merge+ing” dari 4 lajur jadi 2 lajur atau sebaliknya.

>> Buat dan tambahkan lagi jalan lain tetapi berupa 4 lajur (terserah mau tipe cityroad, highway, dll.) (Baca lagi Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana)

>> Pilih Prefab seperti tadi. Cari yang bertuliskan “fork”

>> Setelah memilih prefab yang diinginkan, klik kiri mouse sekali di layar kerja map editor, dan langsung muncul prefab yang diinginkan.

>> Jika sudah selesai, silahkan tekan M (Move Item) di keyboard. Lalu gabungkan prefab tersebut dengan jalan yang sebelumnya sudah dibuat (sesuai Trik Spesial 1 dan 2 yang sudah sampaikan pada tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana).

Sudah jadi, kan? Tapi masih terlihat kurang.

>> Silahkan pilih Item Properties dengan ikon kotak biru dengan tanda tanya, atau langsung tekan P di keyboard.

>> Lalu klik pada salah satu node (titik) prefab yang dipilih tersebut.

>> Langsung muncul dialog/jendela prefab item properties. Silahkan atur sesuai keinginan

>> Jika sudah tekan OK.


Coba saya tantang kalian membuat sebuah exit tol atau simpang susun. Seperti ini misalnya.


Untuk aset/model prefab berikut bisa di-download DISINI

3. Membuat Perlintasan Kereta Api (Prefab : Level Crossing)

Selanjutnya membuat perlintasan kereta api. Caranya sama seperti diatas tadi.

>> Skip tahap pertama ini jika ingin pakai tipe lama (kereta api-nya dari item mover).

Kalau tidak, buat dan tambahkan lagi jalan lain khusus untuk kereta api “rail” (Baca lagi Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana)

>> Pilih Prefab seperti tadi. Cari yang bertuliskan “level_crossing”

>> Setelah memilih prefab yang diinginkan, klik kiri mouse sekali di layar kerja map editor, dan langsung muncul prefab yang diinginkan.

>> Jika sudah selesai, silahkan tekan M (Move Item) di keyboard. Lalu gabungkan prefab tersebut dengan jalan yang sebelumnya sudah dibuat (sesuai Trik Spesial 1 dan 2 yang sudah sampaikan pada tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana).

Sudah jadi, kan? Tapi masih terlihat kurang.

>> Silahkan pilih Item Properties dengan ikon kotak biru dengan tanda tanya, atau langsung tekan P di keyboard.

>> Lalu klik pada salah satu node (titik) prefab yang dipilih tersebut.

>> Langsung muncul dialog/jendela prefab item properties. Silahkan atur sesuai keinginan

>> Jika sudah tekan OK.

Kalau pakai tipe lama, kalian harus tambahkan item building untuk tipe “rail” lalu pasangkan di prefab tadi. (Tapi saya belum membahas cara menambah item Building di tutorial ini)

Lihat saja perbandingannya antara tipe lama dengan tipe baru (hehehe….)


4. Menambah Trotoar/Sidewalk Template dan Non-Template (Prefab : Cross, Fork)

Nah sekarang mari sedikit serius dengan pembahasan yang satu ini, yakni menambah trotoar aka sidewalk pada item prefab. Ingat ya, trotoar hanya bisa ditambahkan pada item “Cross” dan “Fork”. Selain itu tidak ada (kecuali yang pintar modeling sengaja tambahin yang aneh-aneh xD)

Sama dengan item Jalan/Road, di Prefab juga punya dua tipe, Template dan Non-Template. Masing-masing punya cara berbeda untuk menambahkan trotoar/sidewalk.



Non-Template ver.

>> Pilih prefab cross yang tidak dikelompokan dalam kategori (category) apapun, terutama yang tertulis “prefab/cross/…” atau “prefab/fork/…”. Cari yang ada tortoar/sidewalknya.

>> Masuk item properties. Nah, untuk ini kita hanya bisa edit pilihan “Look”. Terserah mau yang mana.

>> Sudah, itu saja. Yah…

Template ver.

>> Pilih prefab cross yang dikelompokan dalam kategori (category) seperti dlc_north, dlc_fr, dlc_it, dlc_balt, dlc_blke, atau mod_ger. Atau yang tertulis “prefab/cross_temp/…”; “prefab/fork_temp/…”; “prefab2/cross_temp/…”; “prefab2/fork_temp/…”.

>> Sebentar, ada sedikit perbedaan nih. Dari prefab tersebut ada dua tipe lagi untuk memilih trotoar/sidewalk. Yakni tipe all_edge (langsung) dan tipe corner (kustom). Tipe langsung sebagian besar ada di dlc_north (Scandinavia) dan dlc_fr (France). Sisanya berupa tipe kustom yaitu menggunakan prefab corner.

>> Masuk ke Item Properties. Nah inilah bedanya cara kerja prefab tipe langsung dengan tipe kustom.

>> Tipe langsung atau all_edge = Pilih “Variant” yang tersedia. Bisa berupa shoulder (tanah), curb (batu balok), atau sidewalk (trotoar) berbagai tekstur. Kalau di menu “Look” isinya cukup tekstur rumput atau tembok.

>> Tipe kustom atau corner = Disini pilihan “Variant” tidak berfungsi karena hanya ada satu jenis saja, yaitu clean. Untuk itu beralihlah ke opsi pilihan “Corner” yang tersedia di setiap sisi node prefab (jadi ada 4 pilihan dari 4 sisi berbeda). Keuntungannya kita bisa memilih varian trotoar dengan bentuk yang berbeda. Misalnya dua sisi warna putih, dan dua lainnya warna merah.

Catatan : Sayang sekali kalau opsi menu “Corner” tidak muncul bagi PC/Laptop kalian yang resolusi dekstop atau monitor-nya hanya sampai 1366px bahkan di bawahnya (1366x768) karena sejatinya map editor ini hanya difasilitasi untuk PC dengan spek bagus. Huh jahat sekali mereka huhuhu… :( 

Bicara soal template, model semacam itu memiliki berbagai opsi dan variasi yang jauh lebih kustom dan beragam. Aset yang berjenis template saat ini ditemukan pada item “Road” (jalan), “Prefab” (khusus persimpangan/cross atau fork/jalur keluar tol), dan “Navigation Sign” (rambu petunjuk arah). Oh iya, item Building sekarang juga punya versi template yakni “Curve”.

Apa bedanya jika pakai template atau tidak? Dari pilihan tambahannya sudah terlihat, jauh lebih banyak dibanding yang biasa. Satu contoh saja, Sidewalk atau trotoar jalan yang saya jelaskan barusan diatas. Kalau pakai yang lama, maka kita hanya bisa memilih tekstur dan ukuran sidewalk langsung dari dua sisi keseluruhan, tidak bisa pilih salah satunya. Sedangkan yang template bisa memilih tekstur bahkan ketebalan dan tinggi yang beragam, boleh dari satu sisi maupun dua sisi berbeda.

(Trik Spesial #5)

Sudah kenyang belum sama materi kali ini? Sekarang saya kasih bonus buat kalian.

Terkadang kalian merasa kesulitan saat ingin mengganti tekstur prefab di setiap sisi. Kadang kalian bingung mana sisi node-1, sisi node-2, dan seterusnya (maksimal ada 4) karena posisi setiap model/tipe acak dan selalu tidak sama.

Sebagai cara membantu agar masalah ini teratasi, ikuti cara berikut.

>> Pada menu utama Map Editor, pilih View --> Prefab highlight view

Sekarang coba dipraktekan pada salah satu prefab tipe cross atau fork. Kalau belum tambahin dulu prefabnya.

>> Buka item properties, lalu geser tampilan/window item properties tersebut sampai terlihat prefab yang kalian pilih. Akhirnya tinggal geser kursor (mouse) ke blok/kolom node yang diinginkan. Hasilnya seperti berikut.

Lakukan juga untuk sisi lainya. Bagaimana? Sudah paham ‘kan?

(Trik Spesial #6)                                  

Kalian sempat melihat ceklis ‘Ferry Entrance’ pada prefab item properties. Itu fungsinya sebagai pintu masuk jalur penghubung laut/ferry. Untuk membuat jalur ferry tambahkan item ferry (sebelumnya harus membuat definisi def baru untuk jalur ferry, yang akan saya jelaskan kemudian di artikel berikutnya).

>> Untuk jalan masuknya tambahkan prefab jenis persimpangan (cross) di dekat item ferry.

>> Masuk ke prefab item properties, pilih ceklis “Ferry Entrance”, setelah itu klik OK. Jangan lupa, di lokasi terpisah tambahkan juga item ferry dan prefab persimpangan baru sebagai penghubung, pada prefab item properties pilih lagi ceklis ‘Ferry Entrance’ dan klik OK.

Setelah itu simpan peta/map (kalau belum work, pilih rebuild/recompute dengan tombol F8). Ingat ya! Hanya prefab jenis persimpangan yang bisa digunakan untuk membuat koneksi jalur ferry, walaupun item ferry sendiri bisa diletakkan dimana saja disekitar prefab tersebut. Jika tidak maka jalur ferry tidak bisa tersambung bahkan di UI Map serta muncul banyak error ‘Map is discontinuous?’

Untuk contoh konkretnya bisa melihat tempat pelabuhan di base game ETS2, atau bisa lihat mod peta (map) lain yang terdapat jalur ferry.

Kalian bisa membuat variasi lain selain contoh diatas dengan kreativitas dan imajinasi kalian. Tentunya sesuai daerah yang ingin kalian bangun. Kalian bisa melihat map Eropa yang sudah ada di game atau dari mod map (peta) lain sebagai percontohan. Sering-sering berlatih dan akhirnya menjadi mahir dalam membuat peta.

"Jangan lupa LIKE Halaman Facebook untuk blog PEJINDO"

>> DISINI <<

Masih ada trik dasar map editor lainnya yang ingin saya sampaikan. Jadi, Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!


Lihat Tutorial Sebelumnya :

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah & Mempercantik Jalan Part2 ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Prefab Tempat Penunjang (SOON) ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##


0 Komentar:

Post a Comment