Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 4 : (Masih) Mempercantik Pemandangan Jalan (Item : Road)

#4 Teknik Dasar Map Editor 

(Mengolah dan Mempercantik Jalan Bag.2) [Item : Road]

Diperbarui pada : Mei 2021

Alasan : REVISI


"Jangan lupa LIKE Halaman Facebook untuk blog PEJINDO"

>> DISINI <<


Salam! Ini merupakan kelanjutan dari teknik dasar membuat map/peta yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Baca tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mepercantik Jalan Part1

Masih membahas soal item road (jalan), dan masih membahas cara mengolah dan mempercantik map supaya hasilnya seperti yang kalian inginkan.

Saat ini kalian tidak harus memaksakan diri membuat sebuah kota. Karena khusus item jalan, kalian bisa menambahkan-nya di tempat apapun. Kalian bisa buat jalan pedesaan yang lapang, jalan berkelok-kelok menembus pegunungan, atau jalan dengan beberapa pemukiman di sisinya.

Hasil jadinya pun untuk saat ini cukup dijalankan lewat mode “Run Map”, tidak lewat profile game pada umumnya karena ada banyak komponen lain yang harus diberikan (kapan-kapan saya jelaskan di lain topik)

Saat ini saya pakai game ETS2 versi 1.35. Bagi kalian yang versinya tidak sama masih bisa mengikuti tutorial ini. Minimal versi 1.23 sampai versi terbaru saat ini (boleh di versi 1.28, 1.30, dsb.). Boleh juga dibuat di game ATS karena secara garis besar caranya sama kok.

Silahkan ikuti berbagai petunjuk di bawah ini.

 

5. Tipe dan Tekstur Jalan

Setelah mengedit vegetation (pepohonan), texture material (jenis tanah/rumput), dan kontur tanah, hal selanjutnya yang bisa kalian ganti adalah tekstur jalan itu sendiri. Bisa berupa jalan aspal, jalan beton, atau jalan tanah. Di samping itu, kalian juga bisa mengganti jenis marka jalan (seperti garis putus-putus atau garis lurus) serta menambahkan trotoar di bahu jalan.

Sekarang Buka lagi item properties (hah… sudah lupa? Ayo baca lagi tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana). Nah, kali ini ada dua cara mengganti tekstur jalan seperti berikut.

a. Non-template (old version)

Ini tersedia untuk jalan yang dipakai pada versi original (base map) di ETS2, seperti Road 1 lane broken/single/double, Highway 2 lanes/3lanes…, dan lain-lain (tanpa embel-embel tmpl di kalimat akhiran). Hanya ada fungsi tertentu yang bisa kita ubah.

>> Di menu item properties pada pilihan Road Type. Pilih salah satu jenis yang TIDAK berakhiran tmpl atau TIDAK berawalan *, fr, ger, it, balt, atau blke. Untuk mempermudah : broken = putus-putus; single = lurus; double = dua garis lurus; no center = nggak ada garis di tengah jalan; no lane/no line = tidak ada marka/garis jalan)

>> Dibawahnya ada pilihan Road Material. Pilih sesuai keinginan.

>> Jika kalian ingin menambah trotoar, maka lihat list berikut. Ada pilihan Road dan Cityroad. Kalau ingin tambah trotoar (sidewalk) jalan, pilih yang Cityroad. Sebaliknya, hanya tanah biasa, pilih Road.

>> Bagi yang ingin tambah trotoar/sidewalk, selanjutnya kita lihat menu beberapa baris ke bawah. Dimulai dari Sidewalk, yang pertama kalian bisa pilih jenis teksturnya. Kedua di sebelahnya ada opsi Size, disana tersedia pilihan 0m, 2m, 4m, dan 8m. Silahkan dipilih sesuka hati.

>> Perhatikan tulisan Left dan Right di sisi pinggir. Maknanya itu di sisi jalan mana yang kalian edit. Left untuk KIRI jalan, right untuk KANAN jalan. 

b. Template (new version)

Ini tersedia untuk jalan yang dipakai di setiap map DLC. Pastinya yang berakhiran tmpl atau berawalan *, fr, ger, it, balt, atau blke pada pilihan Road Type.

>> Balik ke Item properties, kalau pilihan Road Type-nya adalah template, maka menu dibawahnya (Road Material) tidak berfungsi lagi (meski masih bisa diganti, tapi tetap saja tidak ada efeknya). Begitu pula dengan list di sampingnya (road dan cityroad).

>> Langsung ke menu di beberapa baris kebawah. Opsi yang berfungsi adalah sebagai berikut.

--- Road look = memilih tekstur jalan yang akan digunakan. Hampir sama dengan Road Material. Tiap DLC memiliki variasi tekstur yang berbeda.

--- Road Variant = memilih variasi jalan yang akan digunakan, seperti garis jalan putih/kuning, garis putus-putus (broken), garis lurus (single), atau garis double (ganda). Tiap DLC memiliki bentuk yang berbeda.

--- Left/Right Edge = mengubah tepi/bahu jalan yang akan digunakan. Baik berupa trotoar (sidewalk/curb) maupun tanah biasa (shoulder).

>> Kalau kalian sebelumnya pilih jalan berjenis Road2 atau highway yang ada jarak median (2m, 5m, 10m, dsb.) Maka akan muncul opsi menunya di dua sisi (Left dan Right). Samakan saja pilihannya dengan Trik Spesial, bedanya perhatikan di Road Edge berikut.

Sisanya untuk opsi lain dipelajari sendiri dengan bantuan tutorial Mengenal Item Properties (Road/Jalan). Bonusnya kalian bisa ikuti Trik Spesial #3 di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mempercantik Jalan Part1

 

6. Model (opsional)

Setelah itu kita beralih untuk memasang model di setiap sisi jalan. Model yang berfungsi disini ialah lampu jalan(lamp) atau pembatas jalan (barrier atau reflective post). Kalau tidak ingin menambahnya bisa di-SKIP.

>> Di Item properties, perhatikan kotak bertuliskan Vegetation, Model, atau Railing, (ditambah Misc. untuk versi 1.34 keatas). Kalian klik saja kotak Model.

>> Ada pilihan menu Model disana. Pilih sesuka hati. (None = tidak ada atau tidak jadi pilih). Di sebelahnya ada Distance, berarti jarak antar-model. Default = 40. Makin kecil angkanya, maka makin rapat. Sedangkan makin besar, maka makin lebar. Terakhir Offset, berarti posisi model di bahu/tepi jalan. Default = 0 (pas di tengah jalan). Rekomendasi : road1 = 5.5 – 6.5; road2/cityroad = 9 – 10; highway = 13.5 – 15.

>> Opsi lain yang bisa kalian atur ialah Shift (Membuat model pada posisi berbeda dengan sisi yang lain), dan Flip (Memutar-balikkan model)

Bonusnya kalian bisa ikuti Trik Spesial #3 di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mempercantik Jalan Part1

 

7. Railing (opsional)

Kemudian hal selanjutnya yang bisa kalian tambahkan adalah pagar atau pembatas jalan. Misalnya crash barrier, fence, atau wall. Bukan hanya itu, jika kalian ingin membuat jembatan(bridge) atau terowongan(tunnel), maka bisa gunakan opsi menu Railing ini. Ini hanya opsional, kalau tidak ingin menambahnya bisa di-SKIP.

>> Di Item properties, perhatikan kotak bertuliskan Vegetation, Model, atau Railing, (ditambah Misc. untuk versi 1.34 keatas). Kalian klik saja kotak Railing.

>> Ada pilihan menu Railing disana. Pilih sesuka hati. (None = tidak ada atau tidak jadi pilih). Di sebelahnya ada kotak Offset, berarti posisi model di bahu/tepi jalan. Default = 0 (pas di tengah jalan). Rekomendasi : road1 = 5.5 – 6.5; road2/cityroad = 9 – 10; highway = 13.5 – 15.

>> Opsi tambahan yang bisa kalian atur ialah Invert railing (memutar balik railing), Double sides (Menggandakan/salin dengan yang berhadapan langsung dari salah satu item railing (baik yang kiri saja maupun yang kanan saja)), dan Center part only (memunculkan model railing hanya pada bagian tengah/tidak punya ujung)

Bonusnya kalian bisa ikuti Trik Spesial #3 di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mempercantik Jalan Part1

 

8. Misc. (opsional)

Khusus ETS2 versi 1.34 keatas (baru berfungsi di versi 1.36 untuk aset dari DLC BlackSea) ada satu menu baru bernama Misc. Fungsinya menambah komponen/aksesoris tambahan dari jalan itu sendiri. Misalnya garis tepi jalan berbagai bentuk. Untuk memunculkannya tinggal pilih/centang kotak yang diinginkan.

 

9. Lain-lain

Untuk Setting atau Menu lain yang tidak disebutkan spesifik disini, semuanya sudah dijabarkan di tutorial Mengenal Item Properties (Road/Jalan).

Kalian juga harus mempelajari tutorial yang sudah saya berikan sebelumnya karena sangat related (berkaitan) dengan tutorial dasar ini, seperti:

>>> (Part 13) Tool Istimewa Map Editor ETS2 (1.30-1.35 keatas)

>>> (Part 16) Memakai Gizmo di ETS2 

>>> (Part 4) Menu View di Map Editor

>>> (Part 6) Satu Tool Mengubah Segalanya di Map Editor

>>> (Part 10) Cara Meningkatkan Performa Mod Peta (Map) Agar Tidak Sering Nge-Lag (Ngadat)

Berikut saya tampilkan salah satu hasil dari kreativitas saya HANYA mengandalkan satu jenis item (ROAD).

Akan lebih lengkap dan keren lagi kalau sudah dikasih item lain seperti Model, Building/Curve, Sign, dan lain-lain. Namun sebaiknya saya bahas di lain topik.

 "Jangan lupa LIKE Halaman Facebook untuk blog PEJINDO"

>> DISINI <<

Menyimpan Map

Jika sudah selesai, simpan map kalian tersebut. Masih bingung? Silahkan buka artikel ini berjudul (Part 3) Cara Menyimpan Map dan Memainkannya di Map Editor

Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Tetap ikuti terus BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!


Lihat Tutorial Sebelumnya :

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Mengolah dan Mepercantik Jalan Part1 ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Persimpangan Sederhana ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##


0 Komentar:

Post a Comment