Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Sign Traffic + Papan Navigation Template

Diperbarui : 12 Agustus 2024
Alasan : Update Model Baru


Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Traffic, Navigation (Templated) Signs & Lamp Models

Kini dalam rangka menyambut hari jadi Pejindo Project yang ke-9 pada 16 Agustus 2024, ada hadiah khusus berupa satu update khusus aset model map Indonesia tipe Traffic & Navigation Sign. Total sudah ada lebih dari 300 buah model lengkap dengan versi tanpa tiang (pole) sekaligus. Selain itu, disediakan pula beberapa model lampu jalan yang bentuknya paling sering dipakai di Indonesia (dunia nyata).

Tak hanya itu, ada pula sejumlah model papan petunjuk arah yang baru dengan ukuran yang lebih presisi ditambah varian tiang "stand" yang jauh lebih lengkap dan sesuai model aslinya di Indonesia. Diantaranya juga ada format baru yang support untuk bikin sign_template dengan inovasi terbaru. Semua macam model baru yang disediakan bisa dilihat pada tool "Content Browser" langsung di map editor.

Sign Item Map: Model Lampu Jalan

Mulai sekarang Pejindo Project sudah menyediakan model lampu jalan yang biasa terlihat di jalan tol di Indonesia. Tentu saja ada satu sisi dan dua sisi. Pun salah satu diantaranya ada tambahan panel surya yang cukup lazim di sejumlah tempat baik jalan tol maupun jalan pedesaan.

Sign Item Map: Papan Tarif SPBU "Totem" Sign_Template

Semenjak tanggal 31 Maret 2023, ada satu tipikal model "istimewa" yang sepertinya belum pernah ada yang dibikin orang lain. Pasti sudah tahu dengan papan harga bensin di SPBU, sekarang tulisannya sudah bisa diedit! Loh... heh, kok bisa?


Meskipun tulisan nya bukan yang tipe bisa gerak (ada animasi teks nya), ini saja sudah menjadi satu terobosan baru yang dapat memudahkan para mapper agar tidak selalu gonta-ganti tekstur DDS cuma demi ganti angka. Bahkan dari penampilannya aja, kualitasnya udah setingkat model DLC orian game ETS2. Patut dicoba.

Sayangnya model ini baru bisa pakai dari ETS2 1.40 keatas. Pengguna ETS2 1.36... maaf tidak bisa lagi.

Sign Item Map: Navigation Template

Aset map satu ini menjadi pioner yang membuat papan rambu petunjuk arah bertipe “sign template”. Sehingga para mapper bisa bebas mengedit teks, nama tempat/kota, bahkan posisi stiker/gambar langsung di map editor, tanpa harus membuka aplikasi grafis seperti Ms.Paint atau Photoshop sampai membebani file size DDS. Beberapa model papan navigasi tersebut sudah terpisah dengan tiangnya (pilar/gantry) jadi bisa bebas dipasang dimana-mana sesuai kreativitas yang diinginkan. Cukup modal dari model map ini saja, kalian bisa bikin banyak variasi papan baru yang mungkin tidak tersedia dari bawaan pack aset map ini.

Sekarang, ada format dan sistem baru untuk aset map satu ini. Mengikuti cara SCS (pembuat game ETS2) mengimplementasikan format baru ini, maka disini juga sudah tersedia bahannya. Jadi bisa meng-kustom antara papan dan tiangnya jadi satu item/titik node. Selain itu disediakan pula tipe "dynamic board" yang cocok diterapkan pada papan informasi elektronik di jalan tol.

Tentu saja ditambah berbagai macam pilihan template yang sudah jadi daripada pusing mikir cara membuatnya. Jauh lebih banyak pilihan, dan makin... membingungkan (semoga saja tidak sih).

Namun kalau ada yang mau belajar buat papan sign template sendiri seperti diatas. Bisa menyimak tutor blog yang satu ini :


Sign Item Map: Traffic Sign (Static)

Kalau ini jauh lebih gambang dan tidak perlu banyak pikir (ya enggak gitu maksudnya). Pejindo Project sudah punya koleksi lengkap rambu-rambu lalu lintas mulai rambu peringatan, rambu larangan, dan banyak lagi. Model yang satu ini juga ada versi tanpa tiang (no_pole) jadi bisa dipasang pada macam-macam tempat.

Total sekarang sudah tembus 225 model. Loh heh, beneran? Sebanyak itu? Nanti kalau-ah, tenang aja. File-size nya masih tergolong kecil (karena modenya kecil-kecil juga). Tidak usah cemas. Lagipula ini pembuatannya sudah memakai cara mutakhir dari tekstur sampai model 3D, jadi tetap terlihat bagus tapi enteng di game.

Sign Item Map: Indonesian Real-Company Props

Sebenarnya aset map ini termasuk opsional, tapi tidak masalah juga kalau mau pakai. Yang satu ini cocok dipasang pasa setiap tempat job atau depot. Dalam 1 brand perusahaan, ada 6 bentuk model.

Saat ini brand perusahaan yang disediakan sebagai berikut: Asdp, Astra, Bulog, Damri, Hypermart, Indah Logistic, IPC Port Container, Japfa, Krakatau Steel, Len Electronic, Perhutani, Pertamina, Pertani, Pos Indonesia, Petrokimia, Siba Surya, Semen Indonesia, Super Indo, Waskita Karya, dan Wika.


Tautan Download

Oke deh, langsung saja ini dia link download yang saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Updated : 12 Agustus 2024 [Baru]

Versi 4 - untuk ETS 1.50 (Terbaru)

DLC Indo (Versi 4) - Sign Traffic & Navigation Template

DLC Indo (Versi 4) - Gas Totem Editable

Versi 4 - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47, 1.48 & 1.49 

DLC Indo (Versi 4) - Sign Traffic & Navigation Template

DLC Indo (Versi 4) - Gas Totem Editable

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect/hargai perjuangan di pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt !
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN TAUTAN BERBEDA !!

[Backup] Download Aset Map Versi Lama

Versi 3 - Sudah rilis dari tahun 2024

DLC Indo (Versi 3) - Sign Traffic & Navigation Template

DLC Indo (Versi 3) - Gas Totem Editable

Versi 2 - Sudah rilis dari tahun 2023

DLC Indo (Versi 2) - Sign Traffic & Navigation Template

Versi 1 - Sudah rilis dari tahun 2020

DLC Indo (Versi 1) - Sign Traffic & Navigation Template

Saya harap untuk BAGIKAN (SHARE) postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Prefab + Road Template Jalan dan Tol Indonesia

Diperbarui : 12 Agustus 2024
Alasan : Update Prefab Baru

Salam! Disini saya akan bagikan (share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia. Apa saja itu?

Versi Baru Model/Aset Jalan dan Prefab (Lalu-lintas Lajur Kiri)

Kini dalam rangka menyambut hari jadi Pejindo Project yang ke-9 tahun pada 16 Agustus 2024 mendatang, menciptakan karya baru yang cukup diminati kalangan modder/mapper khususnya komunitas asal Indonesia. Salah satunya aset map jalan & persimpangan khusus lalu lintas (traffic) kiri jalan, yang mana bisa dibilang ini satu-satunya aset map khusus "versi spek SCS-DLC" untuk lalu-lintas kiri jalan yang sudah dibagikan (share) secara terbuka/publik sejak tahun lalu. 

Maksudnya bukan seperti aset map buatan FLD karena bentunya beda sendiri sama versi SCS-DLC spec. Selain itu... ada sih map besar (Eropa populer) yang juga punya aset map serupa tapi itu untuk kalangan mereka sendiri & tidak boleh di-share secara bebas...

Penjelasan Model/Aset Map "Template"

Mulai sekarang, di game versi baru (baik ETS2 maupun ATS) sudah memkai aset map jalan dan persimpangan bertipe "Template". Sejak rilisnya map DLC Scandinavia di ETS2 yang mulai pertama kali memakai tipe template ini, maka di update selanjutnya termasuk di rilisan map DLC terbaru, hampir semua model atau aset map yang dibuat juga memakai template. Bahkan project rework base map yang lama seperti Jerman dan Austria juga sudah pakai tipe template, jadi ada kemungkinan bahwa aset road dan prefab yang lama bakal dihapus untuk selamanya suatu saat nanti.

Lantas, apa bedanya memakai tipe "template" dibanding tipe lama?

Pertama, kita bebas memilih tepi jalan atau trotoar yang lebih beragam, bisa dari dua sisi maupun hanya satu sisi. Mulai dari bentuk shoulder, curb, sidewalk, dan masih banyak macamnya.

Kedua, setiap jenis template pada item jalan (roadbisa memilih berbagai macam marka/garis jalan, untuk situasi di Indonesia saat ini ada marka garus kuning di tengah jalan, dan ada marka kuning di sisi tepi jalan, misalnya. 

Ketiga, kita bisa memakai template ini untuk membuat persimpangan yang lebih kustom. Terlebih lagi model prefab saat ini ada opsi model khusus bernama 'corner' yang bisa pilih macam-macam tepi jalan secara kustom. 

Berikut ini contoh aset map yang berupa tipe "Template". Terlihat cakep nggak nih?


Prefab Map Item: Persimpangan (Cross) & Exit Road (Fork)

Sudah banyak bentuk prefab yang dibuat oleh Pejindo Project, mulai dari simpang pertigaan, perempatan, bundaran, exit jalan tol, percabangan jalur, penyempitan jalan, dan lain sebagainya. Kini koleksi yang terkumpul sudah mencapai 70 buah tipe cross ditambah 126 buah tipe fork. dengan sejumlah model baru yang bisa saja... tidak dimiliki SCS sampai sekarang. Misal persimpangan dengan tiga lajur berbagai bentuk, atau persimpangan yang punya jarak median (pembatas tengah jalan) khusus 2m, atau exit road berukuran minimalis yang sudah 3 lajur (beda sih ama FLD yang... gimana menjelaskannya)





Road Map Item: Jalan Raya & Jalan Tol

Tidak hanya itu, Pejindo Project juga mempersiapkan aset map lainnya untuk tipe (road) atau jalan yang kini mengalami perombakan massal. Meskipun tidak ada model baru (berarti jumlah bentuk yang tersedia kurang lebih 38 buah), tapi tampilan-nya jadi makin berkilau berkat hadirnya tekstur aspal terbaru. Bahkan dari yang mulanya menyediakan 3 macam tekstur aspal, sekarang sudah bertambah jadi 5 tekstur. Tentu saja ada yang berupa aspal, beton, dan yang pasti ada efek retak-retaknya. 

Adapun salah satu bentuk road/jalan yang sengaja dikasi efek retak-retak khusus yang tidak satu tekstur dengan kelima diatas tadi, melainkan itu memakai efek model khusus bernama "overlay". Contohnya seperti berikut ini.

Untuk jumlah aset item road/jalan yang disediakan sekitar 38 buah. Sementara variasi tepi jalan khusus template masih sama seperti biasa, ada bentuk shoulder, curb, maupun sidewalk. Jumlahnya kurang hanya belasan buah. Kalau mungkin masih kurang cocok, bisa ditimpa pakai aset model map lain (misal yang tipe Building atau Curve).

Prefab Map Item: Gerbang Tol versi Traffic Kiri Jalan (Custom)

Inilah satu keistimewaan yang dimiliki Pejindo Project yakni aset prefab gerbang tol (tollgate) khusus lalu-lintas (traffic) kiri jalan. Meski bukan jadi yang pertama, namun yang satu ini menjadi aset map yang dibagikan secara terbuka atau free. Dengan begitu siapapun yang mau bikin mod map yang wilayahnya berlalu-lintas kiri jalan (bukan cuma Indonesia tapi buat negara-negara lain juga) bisa memakai aset map satu ini. Percaya atau tidak, SCS belum punya satupun prefab tollgate khusus traffic kiri jalan seperti UK (Inggris) atau Irlandia, apalagi si FLD juga tidak punya hehehe.

Tapi map populer seperti “PM” juga punya prefab tol kiri jalan? Nah maaf ya, soalnya prefab versi Pejindo ini sudah rilis lebih dulu sebelum map mereka tepatnya ketika map JRR rilis pertama kali tahun 2021 sedangkan di map PM baru muncul sekitar satu tahun setelahnya berkat update konten map baru mereka di Irlandia... (loh kok tau? iyalah owner project ini sendiri jadi 'mantan' tim sono)

Tetapi kalau di mod map Jepang atau map Cina (khususnya Hongkong atau Macau) yang juga berlalu-lintas kiri jalan di kehidupan nyata ada juga atau tidak? Nah itu... kurang tau sih.

Di versi sebelumnya model gerbang tol tersebut dibuat dari hasil perombakan langsung dari map DLC Vive la France dengan hilangkan semua atap dan loketnya, lalu jalur traffic-nya diputar balik (yang garis hijau) jadi dibuat lajur kiri + pindah posisi palang/gate. Begitu saja. Nah, untuk versi baru ini semuanya sudah dirombak lagi. Terima kasih aset map DLC West Balkan dari SCS sehingga dapat dijadikan model tollgate baru khusus traffic kiri jalan. Alasannya model tersebut jauh lebih minimalis, lebih simetris, dan pastinya bisa di-kustom dengan tepi jalan yang dipisah hingga dijadikan bentuk "corner". Inovatif bukan?

Terus mengapa semuanya sengaja dibuat tanpa atap? Karena dengan begitu kalian bisa tempatkan model terpisah untuk macam-macam bentuk gerbang tol (khususnya) di Indonesia, jadi tidak memakan ukuran/size file yang besar untuk satu prefab + gampang kalau ditempatkan secara kustom. Begitulah kiranya.

Saat ini disediakan sekitar 8 bentuk baik dua lajur, tiga lajur, bahkan empat lajur sekalipun. Sudah dikasih tau kok, SCS dan FLD masih belum punya seperti ini.

Prefab Map Item: 'Corner' Tepi Jalan Terpisah

Misalnya di setiap perempatan memiliki empat sisi tepi jalan dengan bentuk berbeda-beda. Sisi ke-1 berupa tanah/shoulder, sisi ke-2 berupa trotoar, dan sebagainya. Perbedaan lebih jelasnya bisa seperti gambar ini

Kadang yang satu ini punya kelemahan, yakni menu "Corner" di Item Properties yang sulit dimunculkan saat dibuka. Itu karena resolusi monitor PC/Laptop yang dipakai masih dianggap kecil, minimal harus punya layar dengan resolusi 1980 px (ingat loh, ini sudah lewat dari tahun 2020... kapan waktunya upgrade PC/Laptop baru nih?). Selain itu, aset prefab yang sebelumnya cuma disediakan 4 sisi tepi jalan (corner) sekarang sudah tambah jadi 6 sisi. Waduh, jadi gak senang kalau begini...

Perlu diakui bahwa jenis satu ini jadi yang paling ngeselin/menyebalkan dalam proses pembuatan aset map. Sudah diharuskan bikin berbagai macam bentuk dengan jumlah banyak, pun prosesnya butuh waktu lama sekali. Lihat saja ini, sekarang jumlah yang disediakan pada versi baru sudah tembus 610 buah. Serius ini!

Tapi mulai game versi 1.47 keatas sampai terbaru, sudah ada jalan tengah mengatasi hal itu dengan fitur baru istimewa yang mana 'corner' nya bisa otomatis menempel sendiri mengikuti bentuk tepi si prefab tanpa harus atur manual satu-satu seperti diatas. Tapi ya... kasihan mapper/modder lain yang versi gamenya masih mentok di 1.44, 1.40 apalagi di... 1.36. Yah.... gimana ya?

Prefab Map Item: "Invisible" Warehouse

Hohoho... apa lagi ini ?

Mungkin masih ingat (mungkin) ketika memakai mod map terdahulu (mapper sepuh seperti ICRF) yang mana memakai prefab betukan seperti ini. Kini Pejindo Project juga sudah menyiapkan prefab "transparan" serupa yang bisa dipakai di ETS2 versi terbaru. Jadi kalau misalnya bosan dengan prefab company (job) yang itu-itu saja, yang satu ini bisa jadi pilihan. Tinggal tambahkan banyak model bangunan di atasnya sesuai keinginan dan selesai. Barangkali... buat mod penumpang dengan prefab ini juga bisa hehehe....


Prefab Map Item: Perlintasan Kereta Api khusus Traffic Kiri Jalan

Loh masih ada lagi ? Astaga...

Entah di mod map lain inisial PM atau bahkan aset map buatan FLD punya atau tidak, Pejindo Project justru sudah menyiapkan prefab "level_crossing" versi Template... dan khusus lalu-lintas (traffic) kiri jalan. Lantas apa bedanya? 

Pertama, karena namanya template pastinya bisa di-kustom mulai dari pilihan tepi jalannya berupa "corner", pilihan marka jalannya, sampai pilihan tekstur aspal-nya. 

Kedua, ini tidak memakai "Mover" seperti di map ori kebanyakan. Jadi saat kereta api (train) melintas itu sudah berupa "AI Traffic" setara mobil, bis, dan truk (di game) yang lewat di jalan seperti biasanya. Perhatikan saja garis dan panah warna hijau di gambar ini.

Tentu saja itu tidak akan lengkap tanpa palang pintunya. Karena itu Pejindo Project sudah menyediakan model palang perlintasan kereta untuk prefab jenis tersebut. Dan sepertinya sudah dimasukkan efek suara ketika palang sedang menutup maupun membuka (semoga aja work beneran...)

Prefab Item Map: Gas Station & Parking

Masih ada lagi ternyata. Di versi sebelumnya sempat dibikin model gas_parking namun tidak bisa dipakai karena hasilnya belum jadi. Karena itu, di versi baru ini semua itu sudah siap dipakai sekarang ini. Bahkan ada varian transparan khusus jalur pengisian BBM seperti di map DLC lainnya (nantinya bisa disambung sama Trajectory).

Terrain Item Map: Tekstur Baru & Tepi Jalan Kustom versi Terrain

Loh, masih belum habis lagi. Untuk pertama kali Pejindo Project  menyiapkan sejumlah tekstur khusus terrain baru yang gunanya untuk menyatukan tekstur aspal baru yang sudah ditunjukkan diatas, dengan begitu baik aspal maupun terlihat benar-benar telihat menyatu sekali. Cocok untuk bikin variasi persimpangan jalan kustom yang mengecoh player jadi tidak perlu bikin prefab manual di program Blender.

Selain itu, kalau bentuk tepi jalan bernama shoulder, curb, atau sidewalk selama ini hanya bisa dipilih lewat objek map item Road/jalan, sekarang juga bisa dipilih lewat Terrain. Nanti menunya ada di bagian bawah yang bertuliskan "Edge" tepat di bawah menu pilihan Vegetation (pepohonan).



Link Download

Baiklah kalau begitu. Setelah semua penjelasan panjang lebar diatas, waktunya untuk men-download paket aset map "istimewa". Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

Update : 12 Agustus 2024

Versi 4.5A - untuk ETS 1.50 (Terbaru) 

DLC Indo (v4.5) - Prefab & Road Template (ETS2 1.50)

Versi 4.5B - untuk ETS 1.48 & 1.49

DLC Indo (v4.5) - Prefab & Road Template (ETS2 1.48-1.49) 

Versi 4.5C - untuk ETS 1.44, 1.45, 1.46, 1.47

DLC Indo (v4.5) - Prefab & Road Template (ETS2 1.44-1.47)

Versi 4D (Lama) - untuk ETS 1.38, 1.39, 1.40, 1.41, 1.42 & 1.43 (Maaf versi 1.36 kebawah gabisa...)

DLC Indo (v4.0) - Prefab & Road Template (ETS2 1.38-1.43)

Backup - Gerbang tol lama jika alami game crash setelah memakai prefab baru ini (Catatan: Jangan dipakai lagi karena sudah usang dan dihapus untuk selamanya)

Temporary - Old Tollgate Prefab (For Game-Crash Issue)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Selain itu juga disediakan model lampu merah + palang tol + palang perlintasan kereta pada paket terpisah di bawah ini. Catatan : pilih sesuai versi ETS2 yang dipakai

  • dlc_indo_semaphores_136_140.zip untuk ETS2 1.36, 1.38, s.d. 1.40
  • dlc_indo_semaphores_141_143.zip untuk ETS2 1.41, 1.42, s.d. 1.43
  • dlc_indo_semaphores_144_147.zip untuk ETS2 1.44, 1.46, 1.47, sampai yang terbaru

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.36-1.40)

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.41-1.43)

DLC Indo - Model Semaphore (ETS2 1.44-1.49)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================  

Menu "Corner" pada Prefab Item Properties tidak bisa dibuka? Pakai Mod Item Properties di bawah ini (credits : Muhamad Dyak)

  • Mod Item Properties 1.30 & 1.35 & 1.38 DISINI (Waktu Extract, pilih salah satu sesuai versi ETS2 yang dipakai!)
  • Mod Item Properties 1.36 DISINI
  • Mod Item Properties 1.39, 1.40, 1.41 dan seterusnya (langsung via RoEx forum) DISINI

Syarat dan ketentuan:

  1. GRATIS, tidak dipungut biaya.
  2. Boleh dipakai buat map Free atau $ale (mohon respect hargai perjuangan si pembuat model ini)
  3. Bisa dipakai pada versi ETS2 (sesuai petunjuk diatas)
  4. Mohon mencantumkan nama pembuat aset/model ini [Septian_MR] di daftar ‘credits’ atau 'ucapan terima kasih' apabila ingin menggunakan aset/model ini.
  5. Jika terdapat error atau mengalami CTD, segera lapor ke saya (bisa lewat kolom komentar di paling bawah). Sertakan juga file gamelog.txt dan editorlog.txt
  6. DILARANG RE-UPLOAD DENGAN LINK BERBEDA !!

================ ================ ================ ================ ================ ================ ================ ================

[Backup] Download Aset Map Versi Lama

Versi 3 - sudah rilis pada Februari 2024

DLC Indo (versi 3) - Prefab & Road Template (ETS2 1.44-1.49)

DLC Indo (versi 3) - Prefab & Road Template (ETS2 1.36-1.43)

Versi 2 - sudah rilis pada tahun 2023

DLC Indo (versi 2) - Prefab & Road Template (ETS2 1.35-1.39)

DLC Indo (versi 2) - Prefab & Road Template (ETS2 1.40-1.46)

Download FIX Prefab & Road (versi 2) untuk ETS2 versi 1.43, 1.44, dan terbaru. >> DISINI <<

Versi 1 - sudah rilis pada tahun 2022

DLC Indo (versi 1) - Prefab & Road Template (ETS2 1.35-1.40)

================   ================   ================   ================   ================   ================   ================   ================ 


Harap SHARE postingan ini kepada siapa pun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!

Mengenal Map Item Properties : Traffic Area

Kenal Map Item Properties #14 : Traffic Area

Diperbarui pada : Desember 2024
Alasan : Update buat ETS2 1.50 keatas

Salam! Mungkin masing-masing orang memiliki cara yang berbeda menggunakan map editor. Tapi masih ada beberapa orang yang masih kurang memahami tool, fitur, dan fungsinya, dalam mengatur suatu bentuk dan variasi objek map mulai dari jalan, prefab, building, model, rambu/sign, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita pelajari betul fitur dan fungsi tersebut bisa meningkatkan kualitas mod map yang sedang dibuat.

Kali ini saya bagikan pengetahuan lanjutan tentang map item properties pada map editor game ETS2 maupun ATS. Fungsinya jelas mengatur pilihan bentuk, variasi, maupun fungsi fitur suatu item/objek yang kita tambahkan.

Mungkin menjelaskan ini semua membutuhkan halaman yang lebih banyak jadi saya pecah dalam tiap bagian / postingan.

Masih ada lagi Item Map Editor ETS2 maupun ATS yang belum ter-ekspos segala menu dari item properties di postingan blog ini. Untuk kali ini ialah Traffic Area Item Properties. Ini merupakan salah satu jenis "Map item" berupa garis area berwarna merah muda yang berfungsi mengatur kawasan fitur traffic tertentu di map.

Dengan item ini kalian dapat mengatur suatu kawasan di map (editor) yang hanya boleh dimasuki traffic mobil kecil (misal di perumahan) atau kawasan yang hanya dimasuki untuk kendaraan truk (contoh di kawasan pabrik atau industri). Selain itu juga diperuntukkan untuk menempatkan aturan traffic tetentu di suatu tempat: area dengan batas kecepatan sekian km/jam, area dimana traffic AI hanya boleh belok ke kanan atau kiri, dan masih banyak lagi.

Traffic Area Item Properties (ETS2 1.46)

Tentu saja, baik pada ETS2/ATS Steam maupun non-steam, atau DLC apapun sama fungsinya.

Daripada memperpanjang waktu, langsung saja berikut penjelasan lebih detail terkait semua menu dan fungsinya untuk item Traffic Area.

No. Nama (Pilih – Input – Ceklis – Tool) Fungsi
1 Unit ID Tampil - Hanya menampilkan kode UID dari suatu titik item Traffic Area yang di-select
2 Tags Kotak Isian - Memasukkan tag tertentu agar aturan dari traffic_rule bisa jalan di game
3 Traffic Rule Pilih - Semua jenis traffic_rule yang disediakan pada Traffic Area (dijabarkan satu-satu di bawah)
4 Range Kotak Isian - Mengatur besar jangkauan (sisi vertikal) area yang ditempati Traffic Area-nya
5 Crossroad Area Ceklis - Mengatur agar traffic AI diberlakukan aturan melewati persimpangan, terutama di bundaran (akan berasa efeknya ketika mengaktifkan fitur Voice Navigation)
6 Remove Semaphores Ceklis - Mengatur Traffic Area agar dapat menghilangkan sejumlah objek/model Semaphore (lampu lalu lintas atau palang tol)
7 (Road Event) Mode Pilih (bullet) - Mode kemunculan fitur "road event" dalam kawasan yang ditempati Traffic Area
8 (Road Event) Data Pilih - Data road_event yang tersedia di game untuk dimunculkan atau dimuat/load di map
9 (Road Event) Loaded Data Tampil - Hanya menampilkan status atau objek road_event yang tampil
10 (Road Event) ID Kotak Isian - Memasukkan ID event yang spesifik

Untuk pilihan jenis "Traffic_Rule" tersedia sebagai berikut:

Nama Menu Fungsi/Kegunaan
[access-exclusive] Cars only (no trailers) Membatasi akses hanya untuk mobil "tanpa trailer" di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Trucks only (semi-trucks) Membatasi akses hanya untuk truk besar (semi-trucks) di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Buses only Membatasi akses hanya untuk bis di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Trucks and buses only Membatasi akses hanya untuk truk dan bis (kendaraan besar) di jalan/area tertentu.
[access-exclusive] Custom road vehicles only Memberi akses 'hanya' untuk kendaraan custom yang disediakan di game (traktor, mobil pembersih, mobil sampah, dll.).
[access-exclusive] Custom trains only MMemberi akses khusus untuk kereta custom pada jalur atau area yang ditentukan.
[context][urban] Large city - very high traffic density Mengatur kawasan dengan tingkat kepadatan lalu lintas sangat tinggi, biasanya di pusat kota besar.
[context][urban] City - high traffic density Mengatur kawasan dengan tingkat lalu lintas tinggi (Wajib ditambahkan pada wilayah perkotaan apapun)
[context][urban] Village - low traffic density Mengatur kawasan dengan tingkat kepadatan lalu lintas rendah, biasanya di pedesaan yang sepi.
[access] Custom vehicles area Memberi akses segala jenis kendaraan custom yang disediakan di game (traktor, mobil pembersih, mobil sampah, dll.).
[context][zone] Tourist zone (parks, small roads with viewpoints, ...) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan wisata, seperti area taman atau jalan tempat spot pemandangan.
[context][zone] Residential zone (housing areas with small roads) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan perumahan atau pemukiman penduduk pada umumnya.
[context][zone] Commercial zone - small (car parks at shops, offices,...) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan pertokoan atau perkantoran pada umumnya.
[context][zone] Commercial zone - large (city center, airport,...) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di pusat kota, kantor pemerintah, atau bandara.
[context][zone] Industrial zone (logistics) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan industri.
[context] Rest area (parking only) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di rest-area yang hanya ada parkir kendaraan.
[context] Gas station area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di rest-area yang punya SPBU (isi bensin)
[context] Truck stop area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di rest-area khusus truk.
[context] Weigh station area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawwasan jembatan timbang (truk).
[context] Tollgate area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawasan gerbang tol.
[context] Border crossing area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di gerbang perbatasan antar-negara (pemeriksaan paspor, dokumen perjalanan, dkk.)
[navigation] No AI turn Melarang AI melakukan belokan di jalur tertentu.
[navigation] No AI left Mengatur jalur khusus agar traffic AI tidak belok ke kiri.
[navigation] No AI right Mengatur jalur khusus agar traffic AI tidak belok ke kanan.
[navigation] Low probability AI turn MMengatur jalur khusus agar traffic AI jarang berbelok atau ganti lajur.
[various] Speed bump (slowdown + wheel physics) Memberi efek traffic AI melintasi 'polisi tidur' dengan melambatkan kendaraan sekaligus pergerakan pantulan ban (secara ajaib).
[various] Speed bump (speed limit 20 + wheel physics) emberi efek traffic AI melintasi 'polisi tidur' dengan melambatkan kendaraan sampai 20 km/jam, sekaligus pergerakan pantulan ban (secara ajaib).
[access-escort] Front escort vehicles only Memberi akses khusus kendaraan pengawal yang depan di area tertentu (DLC Special Transport).
[access-escort] Back escort vehicles only Memberi akses khusus kendaraan pengawal yang belakang di area tertentu (DLC Special Transport).
[access-escort] Escort vehicles only Memberi akses khusus kendaraan pengawal apa saja (DLC Special Transport).
[various] Train stop very short Memberhentikan kereta untuk waktu yang sangat singkat.
[various] Train stop short Memberhentikan kereta untuk waktu singkat.
[various] Train stop long Memberhentikan kereta untuk waktu yang lama.
[various] Train stop forever Memberhentikan kereta tanpa batas waktu.
[various] Tram stop Memberhentikan trem di area tertentu.
[context] Company area (depot) Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di dalam kawwasan perusahaan logistik atau PT.
[context] Truck dealer area Memunculkan jenis kendaraan tertentu yang biasanya muncul di kawwasan Truck Dealer (toko dealer truk dan perlengkapannya).

Oke sampai disini dulu ya. Masih ada item lain yang perlu dijelaskan di sini. Jadi, tetap ikuti terus perkembangan terbaru seputar map editor hanya di BLOG PEJINDO. Lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih baru (selalu update sesuai versi terbaru saat ini). Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.47 + 1.48 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod) - Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.47+ 1.48

Diperbarui pada : April 2024

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.47 & 1.48 & 1.48.5

MAP

  1. Berbagai kota di Jerman (Base Map) terlah dikerjakan ulang atau reworked.
  2. Map DLC Baru - West Balkans

VEHICLE

  1. Trailer tangki BBM atau Gas Cistern yang bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  2. Trailer pengangkut ternak atau Livestock juga bisa dibeli player secara terpisah (ownable).
  3. Fitur Adaptive Cruise Control & Emergency Braking System.
  4. Fitur Electronic Stability Controls (meliputi sistem Anti-Lock Braking & Traction Control).
  5. Pengerjaan ulang bentuk trailer tipe vehicle transport.

GAMEPLAY

  1. Fitur Custom City Intro untuk kawasan DLC Road to the Black Sea.
  2. Tambahan fitur Sound Direction Filter.
  3. Fitur simulasi permukaan tidak rata - jadi player bisa merasakan efek jalan bergelombang.
  4. Perbaikan performa grafis agar tidak semakin berat di game (dari pencahayaan waktu malam hari, cuaca buruk, maupun saat traffic padat)

UI

  1. Desain ulang tampilan menu "Career History"
  2. Permbaruan daftar Log pada game
  3. Fitur Teleportasi sewaktu Economy Reset.
  4. Menu map eksplorasi per negara (dilengkapi bendera & persentase jalan yang dilewati)
  5. Menu daftar kota (di game) dalam fitur Gallery
  6. Perbaikan tampilan Input Wizard Control Selection.

EDITOR/MOD

  1. Sejumlah menu, tool, dan fitur baru (akan dijelaskan di topik terpisah)
  2. Perubahan struktural untuk packing file MOD

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah berkaitan dengan mod sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar Perubahan Khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Format Substansi Game

Unit substansi di game (dalam file khusus /material/material.db) diberi atribut physics float yang baru: bump_granularity, bump_amplitude, dan integer: bump_perlin_order. Itu semua digunakan untuk memunculkan efek "tidak rata" atau "bergelombang" pada suatu bahan subtansi si material (shader).

Selain itu unit substansi juga mendapat atribut token baru: sound_class. Ini digunakan untuk menentukan jenis suara yang dimainkan saat player menyetir pada suatu bentuk geometri dengan material yang menggunakan substansi khusus yang dimaksud. Ada 6 jenis suara yang dibedakan berikut ini:

  • asphalt
  • rumble
  • gravel
  • dirt
  • grass
  • generic

Game Data

City Data

Mulai versi baru ini, untuk def City diberikan atribut baru: population. Gunanya untuk mengatur tampilan besar-kecilnya font/huruf pin sebuah nama kota atau label tempat ketika membuka menu GPS atau World Map (UI Map).

Untuk perubahannya ialah, dari ukuran font/huruf sebesar 75% jika populasi sebanyak (atau mendekati) 0, lalu ukuran huruf 100% jika populasi sebanyak 40 ribu., hingga ukuran huruf 150% jika populasi sebanyak 4 juta. Untuk populasi sendiri diambil berdasarkan basis wilayah suatu kota, dan dapat merujuk dari data kependudukan "asli" suatu wilayah atau negara (di dunia nyata) - boleh dari Wikipedia atau data BPS Statistik.

Vehicle Data

Accessory Addon Electric Type

Semua jenis unit Accesory Addon mendapat nilai atribut electric_type yang baru: vehicle_interior.

Ketika dipakai, aksesori yang dimaksud akan mengambil sepaket parameter untuk material berbasis luminance (efek luminositas penggunaan material, misalnya eut2.dif.lum) dari array dashboard_color[] dari accessory_interior_data. Jadi setiap bagian objek aksesori yang diterangi dapat menggunakan fungsi pewarnaan lampu latar yang sama seperti model interior.

Cabin Suspension Type

Unit data kabin aksesori mendapat atribut suspension_type baru. Ini token dengan nilai default 4air. Nilai lain yang diterima adalah hinge2air yang memberikan opsi untuk menyiapkan dua tipe dasar suspensi kabin yang digunakan di Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan suspensi tipe AS ini, rendering part suku cadang truk sedikit berubah karena suku cadang (part) yang dipasang di kap (hood) mesin. Dalam tampilan eksterior semuanya ditampilkan seperti sebelumnya, menggunakan exterior_model (dan dimasukkan ke dalam model chassis dan kabin). Dalam tampilan interior, semua aksesori pada interior-mounted locators ditampilkan seperti sebelumnya (dalam posisi tetap pada kamera/interior). 

Juga jika show_chassis_rear diaktifkan, model chassis yang di-baked akan di-render seperti sebelumnya. Namun aksesori tambahan yang dipasang di chassis yang memiliki model_interior yang ditentukan secara eksplisit juga di-render. Hal ini memungkinkan tingkat detail tertentu dari interior (seperti kaca spion) atau menampilkan beberapa bagian tertentu yang dipasang pada chassis alih-alih memaksa permainan untuk menggambar chassis yang di-baked utuh (kap mesin, headache rack, dll). Sedikit peringatan, data DEF model interior tidak termasuk aksesori dari proses "bake", sehingga rendering eksteriornya mungkin sedikit lebih lambat.

Dashboard Colors

Penanganan array dashboard_color[] dalam aksesoris_interior_data telah diubah. Daripada mengatur sekitar 16 slot, player kini hanya dapat mengatur hingga 8 slot. Pun 8 slot lainnya kini dicadangkan sistem dan saat ini digunakan sebagai berikut:

  • slot9-14[uv(0..3, 2..3)] - tidak dipakai, namun akan dikembalikan suatu saat nanti, set menjadi MAGENTA(1.0,0.0,1.0) agar mudah menemukan bagian UV yang tidak rapi.
  • slot15[uv(2,-3)] - diatur permanen,WHITE(1.0,1.0,1.0), berguna untuk permukaan yang menyala secara permanen atau material yang men-simulasi-kan permukaan cermin.
  • slot16[uv(3,-3)] - di-set WHITE(1.0,1.0,1.0) ketika engine electric menyala (ON), sebaliknya jadi BLACK(0.0,0.0,0.0), berguna untuk permukaan terang apa pun yang bergantung pada komponen engine electrics (misal komputer dasbor)

Interior Animations

Unit aksesori interior kendaraan accessory_interior_data diberikan atribut animasi indikator blind-spot yang baru: indicator_blind_spot_[kiri|kanan] agar berfungsi dengan fitur deteksi blind-spot yang baru. Untuk informasi lebih lanjut buka link berikut: 

Documentation/Engine/ Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Dashboard Display IDs

Kini sudah bisa untuk grup ID baru (dari 1620 hingga 1650), yang ditampilkan saat kendaraan menggunakan aksesori cermin/mirror berbasis kamera. 

Selain itu, bisa juga untuk ID indikator blind-spot, yang ditampilkan dengan cara yang sama seperti animasi indikator blind-spot yang diaktifkan. 

Informasi lebih lanjut buka link berikut:

Documentation/Engine/Truck_Interior_Animations_and_IDs.

Sounds

Ada tiga jenis sound event baru yang ditentukan untuk unit accessory_interior_data:

  • system_warning1 - Suara (generic) system warning, dipakai saat EBS or BSD is disatukan.
  • system_warning2 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.
  • system_warning3 - Suara (generic) system warning, masih tidak dipakai di game.


Pastikan kalian pelajari dan baca baik-baik. Kalau bacanya cepat dan sekilas tentu saja semua penjelasan di atas tidak akan bisa dipahami. Pelan-pelan saja...

Bagaimanapun, tetap semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berkarya!

Itu saja yang bisa disampaikan. Jika ada yang kurang jelas harap ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips modding baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!