Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Map Editor Tutorial ETS2 Part04 : Tampilan, Menu & Tool di Map Editor

Salam! Di awal kalian sudah tau apa itu map editor pada game Euro Truck Simulator 2 (ETS2). Terus mengetahui cara membuka map editor, dan mencoba save map lewat editor tersebut, hingga tes game hasil percobaan bikin mod map di map editor.

Sekarang saatnya untuk mengenal sedikit demi sedikit menu dan fungsi tool yang disediakan di map editor.

Tampilan Kosong Map Editor ETS2 - 1.46

Tampilan Kosong Map Editor ETS2 - 1.46

#4 Berbagai Tampilan, Menu, Tool, dan Setiap Fungsinya di Map Editor

Diubah pada : Februari 2023
Alasan : REVISI

1. Toolbar

Bagian pertama yang penulis jelaskan lebih dulu adalah fungsi dari banyak tool bergambar (icon) satu-satu dari paling kiri ke kanan :

Toolbar

[Paling Kiri] Grup "Map"

  • New Map (icon bintang kuning) : Buat Map baru kosongan.
  • Load Map (icon folder terbuka + panah hijau) : Buka Map yang sudah diedit (sebenarnya yang dimaksud adalah 'Open Map')
  • Save Map (icon disket biru) : Simpan Map yang sedang diedit (dalam format .mbd)
  • Export Map (icon alas kotak + panah hijau) : Meng-ekspor map yang diedit menjadi format yang lain (.sbd, .obj, dan lainnya)
  • Import Map (icon alas kotak + panah merah) : Meng-impor file format lain (cuma bisa yang .sbd) dari luar kedalam map editor
  • Run Map (icon segitiga hijau seperti tombol 'Play') : Tes map yang sedang diedit langsung dalam mode game - bukan via save profil

Grup "Edit Mode"

  • New Item (icon 'Plus' hijau) : Menambah objek baru di map editor
  • Move Item (icon panah biru) : Memindahkan/geser objek di map editor
  • Scale Item (icon dua panah kiri-kanan hitam) : Membesar-kecilkan objek model di map editor
  • Delete Item (icon tanda silang) : Menghapus objek di map editor
  • Item Properties (icon kotak biru + tanda tanya) : Tool mengatur bentuk dan tampilan objek di map editor
  • Node Properties (icon kotak ungu + tanda tanya) : Tool mengatur posisi dan rotasi objek di map editor (+ menentukan titik khusus pada fitur tertentu)
  • Place Start (icon bendera merah) : Menempatkan titik awal muncul si player untuk tes map yang dibuat
  • Height (icon kota merah diangkat oleh dua panah hitam) : Mengatur posisi tinggi objek (vertikal) di map editor.
  • Rotate X (icon panah merah melingkar) : Memutar posisi sudut objek map sesuai sumbu X
  • Rotate Y (icon panah hijau melingkar) : Memutar posisi sudut objek map sesuai sumbu Y
  • Rotate Z (icon panah biru melingkar) : Memutar posisi sudut objek map sesuai sumbu Z
  • Brush (icon kuas cat) : Tool menambah variasi tekstur terrain di map (seperti sedang mewarnai)
  • Ruler (icon penggaris kuning) : Tool mengukur jarak antar titik di map editor
  • Terrain picker (icon pipet hijau) : Tool mengambil bentuk/varian yang disamakan pada terrain dan vegetation di map.
  • Scene Preview (icon kamera film) : Tool edit dan melihat preview fungsi Random Events dan sejenisnya
  • Traffic Tool (icon mobil merah) : Tool testing kemunculan traffic AI di objek jalan di map
  • Vertex Tool (icon dua segitiga hijau terangkat) : Tool mengatur bentuk lekukan permukaan terrain secara custom
  • Mute all sound (icon speaker tapi disilang) : Menyalakan atau mematikan efek suara ambient/lingkungan di map

Grup "Snap Mode" (semua ada icon magnet tapi ada objek yang membedakan)

  • Snap to Nodes : Menempatkan (istilahnya nge-pas-in) kursor agar nempel pada ujung titik node objek map
  • Snap to Vertices : Menempatkan (istilahnya nge-pas-in) kursor agar nempel pada tepian bidang objek map
  • Snap to Grid : Menempatkan (istilahnya nge-pas-in) kursor agar nempel pada bagian area grid di map editor
  • Snap to Ground : Menempatkan (istilahnya nge-pas-in) kursor agar nempel pada permukaan bidang objek map (terrain, road, prefab, bezier)
  • Snap to all static collision : Menempatkan (istilahnya nge-pas-in) kursor agar nempel pada permukaan bidang collision setiap objek map (model, building, curve, sign, dll.)

Grup "Selection"

  • Box selection : Mengambil seleksi (nge-blok) objek map berupa area kotak/persegi.
  • Lasso selection : Mengambil seleksi (nge-blok) objek map berupa area bentuk bebas (seperti di Photoshop).

Grup "Camera"

  • Top Camera (icon globe) : Menampilkan map editor dari sisi pandang atas (satu arah saja)
  • Free Camera (icon burung) : Menampilkan map editor dari berbagai sisi (seperti burung yang sedang terbang)
  • Freeze Camera View (icon tombol 'Pause') : *... ini penulis masih bingung, apa yang yang dibikin kamera nya gak gerak? Ada yang tau?...*

Grup "Tools"

  • Content Browser (icon empat kolase gambar) : Tool menampilkan objek map yang disediakan dari game maupun dari mod yang dipakai.
  • Weather Editor (icon matahari) : Tool mengatur penampakan langit di map editor (waktu siang-malam, atau cerah-hujan)
  • Setting (ikon gerigi) : Tool pengaturan map editor secara umum (skala map, posisi sektor map, dan laju waktu)
  • Find (ikon kaca pembesar) : Tool mencari lokasi kota, titik Place Start, dan kode UID objek map

Grup "Item Type" (list tipe objek map yang disediakan)

  • Bezier Patch
  • Building
  • Camera Path
  • Camera Point
  • City
  • Curve
  • Cut plane
  • Cutscene
  • Far Model
  • Ferry
  • Hinge
  • Hookup
  • Map Area
  • Map Overlay
  • Model
  • Mover
  • No weather area
  • Prefab
  • Road
  • Sign
  • Terrain
  • Traffic area
  • Trajectory
  • Trigger
  • Visibility area

Grup "Grid"

Merupakan list besar-kecil bidang pembatas bidang map editor (seperti buku matematika). Jadi ketika geser/pindah objek map pakai tombol keyboard (panah atau PgUp - PgDn) maka pas sesuai grid yang ditentukan

Grup "Rotation"

Daftar ukuran besar-kecil sudut putaran objek map editor. Jadi ketika mau putar objek map pakai tombol keyboard (Home atau End) maka pas sesuai sudut yang ditentukan.

Grup "Gizmo"

Daftar bentuk arah proyeksi panah "Gizmo", bisa sesuai pandangan kamera atau sudut putar objek map.

2. Tab Menu

Berikutnya penulis tunjukkan bagian atas dari program map editor, terdiri dari berbagai pilihan menu : File, Edit, View, Map, Tools, Debug, Help yang akan dijelaskan satu-satu di bawah.

a. Menu "File"

  • New (ctrl + N) : (...sama dengan yang di Toolbar...)
  • Open (ctrl + O) : (...sama dengan yang di Toolbar...)
  • Save (ctrl + S) : (...sama dengan yang di Toolbar...)
  • Save As (ctrl + shift + S) : Save map dengan nama baru (terutama ketika sudah buka map tapi ingin save lagi dalam file .mbd nama baru)
  • Import (i) : (...sama dengan yang di Toolbar...)
  • Import sub map : *...ini penulis kurang paham maksudnya buat apa...*
  • Export (ctrl + E) : (...sama dengan yang di Toolbar...)
  • Daftar "recent save" atau jejak map yang sudah di-save sebelumnya. Misal (sesuai gambar diatas) map bikinan penulis yang bernama /recompute.mbd
  • Exit (alt + F4) : Keluar atau tutup program map editor.

b. Menu "Edit"

  • Undo (ctrl + Z) : Mengembalikan apa yang sudah diedit sebelumnya (ketika tak sengaja bikin bentuk yang salah)
  • Redo (ctrl + Y) : Mengembalikan (balik) apa yang barusan diedit (balik lagi ke editan terakhir kali)
  • Copy (ctrl + C) : Ya... seperti biasanya salin objek/data map
  • Cut (ctrl + X) : Ya... seperti biasanya pindahkan (potong) objek/data map
  • Paste (ctrl + V) : Ya... seperti biasanya menempelkan objek/data map
  • Compound selection (ctrl + G) : Mengelompokkan (buat grup) berbagai objek map biar enggak pusing ketika dilihat di map editor, untuk membatalkan atau menghapusnya cukup aktifkan tool Properties (P) dan klik titik pusat si-compound - contoh pada gambar di bawah
  • Create selection set : Buat gabungan titik/node yang sudah di-select sebelumnya agar langsung jadi 1 titik, untuk membatalkan atau menghapusnya cukup aktifkan toolbar "Delete" dan klik titik hasil gabungan tadi - contoh pada gambar di bawah

c. Menu "View"

  • Resolution: Mengatur besar resolusi tampilan program map editor (pastinya sesuai spek PC/Laptop masing-masing)
  • Raise Windows: Buat tampilan program map editor lebih terangkat naik
  • Item Visibility: Melihat dan menyembunyikan tampilan item dan obyek map yang ada di map editor (baca tutorial (Part 11) Item Visibility untuk Map Editor)
  • Current Selection: Mengetahui deskripsi/informasi objek map dari item dan kode UID titik/node yang di-select, seperti nama obyek, panjang/besar item, bentuk variasi atau tekstur item, dan jarak pandang item - contoh pada gambar di bawah
  • History: Menampilkan daftar riwayat aktivitas ketika sedang bikin atau edit map - contoh pada gambar di bawah
  • Layers: Menampilkan daftar penempatan layer yang tampil di map (berlaku ketika objek map atau area yang dibuat terpisah sesuai 'layer' - konsep nya mirip dengan layer di photoshop tapi penulis akan jelaskan itu di lain topik)
  • Map markers: Menampilkan daftar lokasi map yang ditandai terutama setelah lapor bug (tombol alt + F11) jadi munculnya sesuai yang masuk dalam file bugs.txt (penulis akan jelaskan itu di lain topik)
  • Map Notes: Menampilkan daftar catatan dari seseorang atau kelompok bagian atau tempat yang harus dilakukan - hanya staf SCS yang tau (penulis akan jelaskan itu di lain topik)
  • QA Bugs: Menampilkan daftar lengkap laporan bug secara advance - hanya staf SCS yang tau (penulis akan jelaskan itu di lain topik)
  • Mileage Target list: Menampilkan daftar lokasi map yang ditandai Mileage Target - maksudnya pos jarak antar-lokasi secara otomatis (penulis akan jelaskan itu di lain topik)
  • Sun shadow: Memunculkan atau menghilangkan efek bayangan oleh sinar matahari, sama seperti pilih "No shadow" di setiap map properties, tapi yang kena efeknya di semua jenis dan bentuk objek map - contoh pada gambar di bawah
  • View distance : Menampilkan sebaran/jangkauan objek map yang terlihat berupa jaring lingkar warna merah (jika tidak terbiasa, maka akan terlihat ruwet dan memusingkan kepala) - contoh pada gambar di bawah
  • Disable cutplanes : Mematikan semua fungsi cut plane - biar terlihat semuanya di map (sampai PC meledak)
  • KDOP bounds : Menampilkan sebaran/jangkauan objek item yang ditambahkan pada map editor, umumnya untuk mengantisipasi jarak yang berdekatan (jika tidak terbiasa, maka akan terlihat ruwet dan memusingkan kepala) - contoh pada gambar di bawah
  • Gizmo : Memunculkan arah sumbu pada item, dan mempermudah dalam geser atau putar objek/item map sehingga posisi bisa lebih pas. Ada 3 jenis Gizmo : Move, Rotate, Scale. Arah pandang sumbu Gizmo bisa diubah dengan memilih Toolbar menu Gizmo (Tab) di sisi kanan atas, yang terdiri dari menu Local, Global, dan View - Baca Tutorial (Part 16) Alat Bantu Gizmo - contoh pada gambar di bawah
  • Grid : Menampilkan garis batas map editor, juga untuk mempermudah dalam mengatur posisi objek map lebih tepat. Untuk memperbesar/memperkecil grid bisa dipilih pada Toolbar menu "Grid" - contoh pada gambar di bawah
  • Drop free camera to ground : Membuat pandangan akan bergerak mengikuti permukaan bidang/item saat dalam mode "free camera". Jadi misalnya saat diarahkan ke gunung, maka layarnya otomatis naik mengikuti permukaan/lereng gunung, jadi tidak akan tembus ke depan. Tapi dengan mengaktifkan ini maka tidak bisa langsung angkat ke atas seperti sedang terbang.
  • Collisions : Menampilkan bagian yang terdapat collision atau tembok transparan (invisible wall). Hal ini dapat diketahui dengan bidang warna hijau atau merah pada item/objek (jika tidak terbiasa, maka akan terlihat ruwet dan memusingkan kepala) - contoh pada gambar di bawah
  • Wireframe : Menampilkan objek/item map dalam bentuk kerangka (seperti kawat). Biasanya dimanfaatkan oleh seorang modeler (pembuat model) untuk mengetahui seberapa banyak kerangka vertices nya (jika tidak terbiasa, maka akan terlihat ruwet dan memusingkan kepala) - contoh pada gambar di bawah
  • Terrain quads : Menampilkan pola/garis vertex suatu bidang (terrain) ketika di-select sehingga dapat mengetahui bentuk gundukan bukit/lembah - contoh pada gambar di bawah
  • Terrain vertex offsets : *...ini penulis kurang paham maksudnya buat apa...*
  • Instanced geometry : Secara garis besar untuk menghilangkan semua detail dan menyembunyikan pepohonan (vegetation) pada item jalan dan tanah seperti road, bezier patches, dan terrain - contoh pada gambar di bawah
  • Marker labels : Menampilkan label/tulisan pelengkap pada 'Map marker' yang dijelaskan di atas sebelumnya
  • Mileage targets : Menampilkan posisi titik khusus 'mileage target' dalam penentu jarak antar lokasi secara otomatis
  • Prefab side highlight : Menampilkan bagian atau sisi terrain prefab yang diedit lewat item properties berupa jaring merah (biar lebih gampang menemukan)
  • Vegetation spheres : Menampilkan pengatur kustom tipe vegetasi/pepohonan berupa jaring lingkaran ungu
  • Lock vertices together with nodes : *...ini penulis kurang paham maksudnya buat apa...*

d. Menu "Map"

  • Validate items: Membuat validasi (atau mengecek) semua objek map yang dipasang (kadang sering nggak detect entah kenapa...)
  • Validate connection: Membuat validasi (atau mengecek) semua koneksi jalan dan prefab (baik mengecek ada error traffic atau masalah rute GPS maupun ada yang lupa centang "left-side traffic")
  • Validate item duplicity: Membuat validasi (atau mengecek) semua objek yang mungkin dobel (khususnya ketika ada 2 atau lebih objek map yang bentuknya sama tapi letaknya sangat berdekatan)
  • Validate looks and variants: Membuat validasi (atau mengecek) objek map yang mungkin ada tekstur atau komponen kecil yang hilang
  • Validate signs on companies: Membuat validasi (atau mengecek) kelengkapan props maupun objek tipe 'sign' pada prefab company (tempat job di game)
  • Validate country assets: Membuat validasi (atau mengecek) semua objek map berdasarkan penempatan data country/negara (kadang suka ngaco karena dianggap nggak sesuai tempatnya padahal nggak ada masalah sama sekali)
  • Validate road shoulders: Membuat validasi (atau mengecek) penempatan objek map yang terlalu mepet sama tepi jalan (terutama karena akan kena pengaruh di fitur road random events)
  • Validate road collisions: Membuat validasi (atau mengecek) semua jalan yang ada bidang collision (yang jelas nggak mau 'kan kalau waktu nyetir tiba-tiba jatuh tenggelam begitu aja)
  • Validate oversize route diffs: Membuat validasi (atau mengecek) objek map dan pemasangan rute Oversize (atau Special Transport DLC)
  • Validate curve parts: Membuat validasi (atau mengecek) komponen objek map tipe "curve"
  • Validate photo album items: Membuat validasi (atau mengecek) posisi spot lokasi untuk fitur photo album (?)
  • Recompute map: Memproses reset ulang data objek map dan koneksi jalan secara keseluruhan (kadang PC/Laptop suka hang kalau proses loadingnya terlalu besar - nggak tau kenapa...)
  • Recompute prefabs: Memproses reset ulang data koneksi jalan (terutama prefab)
  • Recompute mileages: Memproses reset ulang data komputasi jarak posisi per lokasi atau kota
  • Generate landmark icons: Menambahkan spot lokasi foto untuk tempat populer yang menjadi landmark suatu kota.
  • Run Map: Yang jelas membuka game (tanpa profil) untuk testing map yang dibuat.

e. Menu "Tools"

  • Content browser (tombol F2): Membuka sederet daftar informasi objek map yang disediakan di game (baik dari bawaan/ori game maupun dari mod lain) - Baca Tutorial (Part 18) Mengenal Content Browser- contoh pada gambar di bawah
  • Show current water levels: Menampilkan daftar posisi 'height' dari objek map buat tekstur air (terutama pada Terrain maupun Bezier) sesuai tempat sektor map berada saat edit map.
  • Setting: Buka pengaturan umum map editor (skala map, posisi sektor, lama autosave, dan pergerakan langit di map editor) - contoh pada gambar di bawah
  • Terrain Sculpt (tombol Ctrl + H): Tool khusus Vertex - untuk buat variasi kontur permukaan terrain/tanah secara kostum (tutorial khusus akan dibuat di lain topik) - contoh pada gambar di bawah
  • Quick Edit Mode (tombol Q) : Nah, ini tool baru yang baru bisa berfungsi optimal buat versi 1.47. Tujuan utamanya untuk mempercepat dalam mengatur bentuk terrain di sepanjang jalan. Jadi misal dibikin lereng gunung, maka dengan tool cepat ini kita tidak harus repot klak-klik item properties terus menerus (dengan bantuan gizmo pun bisa mengatur kontur dan bentuk terrain dengan cepat. Tutorial lanjutan akan disampaikan di postingan terpisah di waktu mendatang.
  • UI Map (tombol F8): Ini menu khusus menampilkan map GPS (World Map) lebih besar dan jelas, sekaligus bisa tampilkan sesuai kelompok tertentu (map overlay, rest area, spbu, dll.). Oh ada satu lagi, kalian bisa langsung melakukan semacam "Quick Travel" dengan bantuan tool ini. Caranya? Sederhana, arahkan ke posisi layout map yang diinginkan lalu tinggal... klik di titik tersebut. Beres! - tampilan menunya seperti gambar di bawah
  • View Distance Debug Tool: Menampilkan bagian objek map tertentu sesuai posisi View Distance (short, close, middle, far) - contoh pada gambar di bawah
  • Weather Editor (tombol F9): Tool khusus edit dan mengatur iklim, cuaca, dan pencahayaan langit di game dan map editor (khusus yang suka bikin mod grafik) - contoh pada gambar di bawah

Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Kalau ada masalah terkait pembahasan di atas, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

(Part 3) Cara Save/Menyimpan + Tes Map di Editor

Lihat Tutorial Selanjutnya :

(Part 5) Memodifikasi GUI + Menyembunyikan Map Editor

Kembali ke Tutorial Utama :

(Part 1) Pendahuluan

Map Editor Tutorial ETS2 Part03 : Save Map & Test Game

Salam! Di tutorial PART 2 sebelumnya, saya sudah tunjukkan cara membuka map editor. Sebelum mengikuti tutorial PART 3 ini, kalian harus mencoba menambah sesuatu di map editor, baik membuat jalan, kota kecil, hutan, dan lain-lain. Kalau masih belum sebaiknya baca dulu tutorial yang satu ini:

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana ##

Lantas bagaimana cara menyimpan atau save map yang sudah dibuat? Apakah hanya satu cara atau beberapa cara? Apakah map tipe add-on atau standalone mempunyai cara yang sama atau malah berbeda ketika save map tersebut?

Tampilan Map Editor ETS2 - 1.46

#3 Cara Save Map (Simpan Map) dan Run Game (Tes Map) Lewat Map Editor

Diubah pada: Februari 2023
Alasan: REVISI

Save Map - Standalone

Seperti yang sudah dijelaskan di Tutorial PART 1, Standalone map adalah tipe map/peta yang terpisah atau berdiri sendiri, tidak menjadi satu dengan peta base/bawaan/ori game. Bila ingin memainkan mod map (peta) dengan jenis ini, maka harus membuat profil baru dengan Playing/Map module yang berbeda sesuai nama file .mbd yang tertera di direktori mod. Sebagian besar map Indonesia saat ini termasuk kedalam jenis ini.

Ketika baru mulai membuat mod map tipe standalone, maka saat membuka map editor harus dalam kondisi kosong/hampa. Cukup dengan mengetik “edit” di parameter (lihat lagi di Tutorial PART 2)

Berikut cara Save Map untuk Tipe Standalone:

1) Buka map editor dengan menuliskan parameter -edit seperti yang dijelaskan di tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor .

2) Map editor sudah terbuka. Silahkan membuat map yang Anda inginkan seperti di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana .

3) Sebelum menyimpan atau save map, WAJIB tempatkan titik “Place Start” yang menjadi spot awal untuk tes map. Kalau tidak dikasih titik itu, maka waktu testing (Run Game) map kalian tidak akan muncul dan malah terjun bebas kek jatuh dari langit.

  • Cara menambahkan nya: pilih tool Place Start (icon bendera merah), lalu tempatkan dengan klik kiri mouse di tengah jalan yang kalian buat. Nanti yang muncul di editor adalah sebuah tanda (pin) mobil (seperti saat tampilan awal map editor).
  • Supaya titik Place Start itu bisa diputar, tekan tombol (Num +) atau (Num -) di keyboard.

Menambah Place Start di Map Editor ETS2 - 1.46

4) Lalu simpan map dengan klik Save Map (Ctrl+S) atau Save Map As (Ctrl+Alt+S) kalau mau bikin yang baru.

Simpan Map Editor ETS2 - 1.46

5) Tulis nama map yang disimpan sesuai keinginan (misal: Indonesia), gunakan format mbd. Lalu klik OK. Di gambar saya ketik testing padahal sebenarnya enggak begitu (cuma kasih contoh)

Catatan: Apabila map tidak bisa disimpan, biasanya ada masalah pada mode security game tersebut (terutama pada game cr*ck). Silahkan buka kembali game ETS2 dengan klik kanan ikon ETS2 dan pilih ‘Run As Administrator’.

Save Map Standalone ETS2 - 1.46

6) Tunggu proses save map selesai. Biasanya butuh waktu beberapa saat, tergantung dari besar kecilnya perubahan yang dilakukan. Kalau yang diedit banyak maka pastinya proses save map jadi agak lama. Nah, Setelah map sudah dipastikan tersimpan, langsung keluar dari map editor.

7) Langsung lihat hasil akhir dari Save Map tadi untuk memastikan folder dan file .mbd telah muncul.

  • Kalau pakai ETS2 1.36 & 1.37. Cari nya di folder instalan ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base/map
  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39. Cari nya di folder instalan ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base_map/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base_map/map
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.41, 1.42, 1.43, 1.44 dan seterusnya. Cari nya di folder Homedir ETS2 = <This_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2/mod/user_map/map

8) Mulai packing file map atau buat archive baru format .zip atau .scs dengan memakai WinRAR atau 7-Zip. Misalnya saya gunakan 7-Zip. Pertama harus arahkan ke folder "map" yang dalamnya berisi file .mbd buatan kalian. Kemudian klik kanan folder "map" dan pilih "Add new archive" atau buat arsip baru.

Buat archive baru - pakai 7zip

  • Kalau dijadikan format ZIP = di menu "Format Archive" pilih yang .zip. Selebihnya boleh ikut setting 'default' seperti gambar di bawah. Sudah, setelah itu klik OK.
  • Kalau dijadikan format SCS = di menu "Format Archive" tetap pilih yang .zip. Bedanya untuk menu "Compression Methode" harus pilih yang store (Level: Simpan). Selain itu tulisan belakang .zip di kolom/kotak paling atas HARUS diganti jadi .scs

Setting buat archive format ZIP - 7zip

10) Selesai. Sekarang pindahkan (Cut) ke dalam folder "Documents\Euro Truck Simulator 2\mod" seperti kalian pasang mod.

11) Buka ETS2 lagi, masuk ke Profile dan aktifkan mod seperti pada umumnya. Sesudah itu New Game dan pilih map mod yang sudah kalian buat tadi.

Sehingga hasilnya bisa dilihat seperti pada screenshot berikut:

Hasil Akhir - New Map Buatan Sendiri - ETS2 1.46

Save Map - Addon (Gabung sama Map Eropa)

Seperti yang sudah dijelaskan di Tutorial PART 1, Add-on map adalah mod map yang digabungkan bersama map base/orian ETS2 (Eropa). Ini juga disebut sebagai map ekspansi. Jika ingin membuat map/peta dengan jenis ini, maka ketika membuka map editor cukup buka peta base degan ketik “edit europe” di parameter. Hampir sebagian besar map/peta ekspansi Eropa populer dunia termasuk kedalam jenis ini (termasuk map buatan saya saat ini xD).

Cara save map addon ini berbeda dengan standalone map diatas tadi. Perhatikan baik-baik berikut ini (dan jangan sampai asal atau seenaknya sendiri, oke!):

1) Buka map editor dengan setting parameter -edit europe. Baca lagi tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor.

2) Pastikan title (judul) di pojok kiri atas tertulis europe.mbd. Setelah itu jangan tambah apa-apa dulu! Langsung mulai Save Map (pertama kali) dengan pilih menu File - Save atau tombol Ctrl + S.

3) Tidak usah bikin nama baru (otomatis nama file-nya jadi europe.mbd). Jadi langsung mulai proses save map (namun lebih lama dari biasanya karena yang jelas map-nya lebih luas dan banyak jalan serta kota).

Contoh proses save map editor ETS2 - 1.46

Contoh proses save map editor ETS2 - 1.46

4) Jika proses sudah selesai, jangan close/tutup map Editor! (kalian gak mau edit map-nya juga?). Kalian cek dulu hasil save map tadi (folder dan file .mbd) sudah keluar apa belum.

  • Kalau pakai ETS2 1.36 & 1.37, cari di folder instalasi ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base/map.
  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39, cari di folder instalasi ETS2 = C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2/base_map/map atau di C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2/base_map/map.
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.43, 1.44, 1.47, 1.50, dan seterusnya, cari di folder Homedir ETS2 = C:/Users/..../Document/Euro Truck Simulator 2/mod/user_map/map.

5) Jika sudah dipastikan aman, baru kalian bisa menambah atau mengedit map Eropa sesuai keinginan. Lihat-lihat lagi di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana. Dan jangan lupa tempatkan "Place Start" seperti yang diterangkan waktu save map standalone.

6) Kalau merasa sudah gak punya ide lagi, silakan save map (ctrl+s) lagi (kedua kali) sama seperti poin 2 & 3 di atas. Habis itu, ya sudah... close map editornya.

7) Dari folder map hasil save di poin 4 tadi. Mulai packing file map atau buat archive baru format .zip atau .scs dengan memakai WinRAR atau 7-Zip. Caranya sama ketika save map standalone sebelumnya.

  • Kalau dijadikan format ZIP = di menu "Format Archive" pilih yang .zip. Selebihnya boleh ikut setting 'default' seperti gambar di bawah. Sudah, setelah itu klik OK.
  • Kalau dijadikan format SCS = di menu "Format Archive" tetap pilih yang .zip. Bedanya, untuk menu "Compression Method" harus pilih yang "store" (Level: Simpan). Selain itu, tulisan belakang .zip di kolom/kotak paling atas HARUS diganti jadi .scs.

8) Setelah itu, pindahkan (Cut) ke dalam folder "Documents\Euro Truck Simulator 2\mod" seperti kalian pasang mod.

9) Buka hasil packing mod tadi (entah yang zip atau scs). Hapus file yang tidak perlu sama seperti yang dijelaskan waktu save map standalone.

Nah, habis itu barulah kalian HARUS perhatikan bagian satu ini:

  • Buka folder "europe" hasil save kalian tadi.
  • Buang banyak file sektor map yang tidak dipakai. Ini mungkin bagian yang sulit karena ada banyak sekali file sektor map (aux, base, data, desc, dll). Triknya adalah: Urutkan (sort) tabel list file map sektor tadi berdasarkan "Date Modified" (lihat gambar). Pastikan kalian ingat kapan save map pertama dan kapan save map kedua dst. Ketika sudah diurutkan (sort), akan kelihatan mana file yang dipakai dan mana yang enggak.
  • Select file sector map yang tidak dipakai (berarti pilih yang Date modified/tanggal waktu Save Map Pertama kali), lalu langsung "Delete" file semua itu. Jadi yang tersisa hanya file yang dipakai yang jumlahnya sangat sedikit.
  • Ketika ingin packing mod, harus pastikan kelengkapan file sektor map. Biasanya 1 sektor map (misal: sec+0000+0000) ada 4 file sektor map utama yang terdiri dari: AUX, BASE, DATA, DESC. Ditambah 2 file tambahan format SND & LAYER (untuk ETS2 versi terbaru). Kalau ada 1 yang gak lengkap, maka map itu tidak akan bisa dibuka di game profil entah bagaimanapun caranya.

Kalau enggak paham, penulis beri contoh. Misal yang dipakai (waktu buka map editor) adalah sec+0002-0010. Cara lihatnya gimana? Munculkan background di map Editor dengan tombol A keyboard (baca lebih lengkap di tutorial Trik Dasar Mapping ETS2: Pemanasan).

Maka file yang harus dimasukkan waktu packing ke dalam ZIP atau SCS adalah:

  • sec+0002-0010.aux
  • sec+0002-0010.base
  • sec+0002-0010.data
  • sec+0002-0010.desc
  • sec+0002-0010.snd (gak wajib)
  • sec+0002-0010.layer (gak wajib)
Contoh perbedaan tanggal 'Date Modified' setelah diurutkan

Contoh perbedaan tanggal "Date Modified" setelah diurutkan (sort by)


Cara mengurutkan file berdasarkan 'Modified' dalam archive 7zip

Cara mengurutkan file berdasarkan "Modified" dalam archive 7zip

Aduh, kok jadi ribet dan membingungkan gini? Ya... gimana ya?

Testing Map - Addon Maupun Standalone

Akhirnya sudah bisa membuat mod map/peta pertama kalian, kan? Sekarang coba tes mod tersebut di game. Eh, tapi bukan yang lewat game profil seperti kalian biasa mainkan (pokoknya jangan kesitu dulu). Caranya ialah langsung lewat Map editor. Caranya gimana?

1) Buka lagi map Editor (awas loh kalau kalian lupa lagi...). Bisa langsung pakai parameter -edit <nama_map> atau lewat menu File > Open ketika program map editor telanjur kebuka.

2) Harusnya map editor sudah bisa dibuka dengan berisi map yang sudah dibuat sebelumnya. Kalau gagal berarti ada yang salah dengan langkah sebelumnya diatas. Cek lagi ya.

3) Setelah itu bisa klik “Run Map” bergambar/icon tanda panah (seperti tombol Play) warna hijau. Tunggu beberapa saat hingga game mulai memuat (loading).

Kalau terlalu lama menunggu, klik layar sembarang dengan mouse, dan bila ternyata tiba-tiba keluar ke desktop, klik lagi icon ETS2 di taskbar (jika ada). Tunggu hingga muncul game loading. Apabila tetap tidak bisa dibuka atau justru crash, berarti ada kesalahan pada langkah sebelumnya.

Selesai sudah! Akhirnya mod peta pertama kalian tersebut sudah siap dimainkan.

Sebenarnya ada alasan penting mengapa kalian harus test map lewat map editor dulu, bukan langsung di game profil (atau bikin new-profil):

  • Kalian harus lengkapi atau bikin dulu tempat khusus yang WAJIB ADA untuk menunjang jalannya game-play si ETS2/ATS ini.
  • Tempat yang WAJIB ADA itu: Garage (prefab), Service (prefab), Truck Dealer (prefab), Recruitment Agency (prefab), dan (minimal) 3 Depot atau Tempat Job/Company (prefab)
  • Misal dalam satu map (mbd) dibikin 1 kota baru, maka dalam 1 kota itu harus ada : 1 Garage, 1 Service, 1 Truck Dealer, 1 Recruitment Agency, dan (minimal) 3 Depot atau Tempat Job/Company
  • Jika dalam satu map (mbd) dibikin 2 kota atau lebih, maka untuk kota ke-1 tetap harus sesuai jumlah penempatan pada point di atas, tetapi untuk sisanya (kota ke-2, ke-3, dst.) boleh hanya menambah tempat job atau 1 service begitu saja.
  • Kalau penulis tidak menjelaskan semuanya sampai panjang-panjang begitu, khawatirnya lainnya banyak yang enggak paham...

Apabila ketika sudah mencoba tes map/peta dengan “Run Map” tetapi malah muncul di tempat kosong (dan sedang terbang melayang) bukan di tempat terakhir kali bikin map, berarti kalian kelupaan sama yang namanya "Start Place" padahal sudah saya terangkan di bagian atas. Baca yang teliti! Jangan permalukan diri karena malas membaca.

[Tambahan] Folder baru "user_map"

Ini sistem baru ketika save map pada game ETS2 atau ATS versi 1.40 keatas sampai sekarang. Ketika sedang save map di editor, otomatis folder "user_map" muncul di folder Document/Euro Truck Simulator 2/mod begitu saja, dan map itu akan tersimpan langsung kedalam folder tersebut.

Keuntungannya adalah kita tidak perlu masukkan hasil file map (mbd dan semua file sektor aux, base, desc, dll.) itu kedalam file pack mod zip/scs. Tapi... itu hanya berfungsi saat buka dan edit map lewat map editor saja.

Kalau buat testing lewat game profil... tidak bisa, jadi kita tetap harus memasukkan lagi file map tadi kedalam file mod zip/scs. Terus folder "user_map" bisa dipindahkan ke folder lain sembarang atau bisa langsung tambahkan tulisan parameter -no_user_map_mount (Cara isi parameter tersebut sama seperti di Tutorial Part 2)

[Tambahan] Video Penunjang

Mungkin kalau terus saja gak paham sama tutorial blog ini, boleh menonton sejumlah video berikut terutama agar membantu kalian mengatasi masalah save map.


Kalau map (peta) buatan kalian mungkin masih kurang bagus, jangan putus asa. Namanya orang belajar, pada awalnya pasti hasilnya jelek. Tapi lama-kelamaan hasilnya juga akan bagus kalau kita tekun dan sering berlatih.

Jadi, membuat mod peta dengan hasil yang memuaskan tentu perlu tenaga (yang pasti butuh tenaga listrik), ide/kreativitas, kesabaran, dan waktu yang tak sedikit (tapi jangan tinggalkan juga waktu belajar, bekerja, maupun ibadah). Tapi kalau hasil map (peta) buatan kalian sekiranya telah bagus dan memuaskan, pastinya banyak orang yang memainkan mod map buatan kalian, bahkan dikenal di mancanegara, kalian pasti merasa bangga dengan hasil karya sendiri.

Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Kalau ada masalah terkait pembahasan di atas, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

(Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Lihat Tutorial Selanjutnya :

(Part 4) Menu View di Map Editor

Kembali ke Tutorial Utama :

(Part 1) Pendahuluan

Map Editor Tutorial ETS2 Part02 : Persiapan & Cara Buka Map Editor

Salam! Pada kesempatan kali ini saya akan ajarkan satu panduan/tutorial paling dasar untuk memakai program khusus yang disebut Map editor, dari cara persiapan memulai bikin mod map hingga membuka map editor (khususnya) untuk game Euro Truck Simulator 2 (ETS2). Sebenarnya bisa juga buat game American Truck Simulator (ATS) karena secara garis besar isi program dan cara pakainya sama. Pastinya bisa dipakai buat game Steam maupun Legacy.

#2 Persiapan + Cara Membuka Map Editor ETS2

Diperbarui pada : Agustus 2024
Alasan : ADA PERUBAHAN

Tampilan kosong (New Map) pada Map Editor ETS2 - 1.46

Tampilan kosong (New Map) pada Map Editor ETS2 - 1.46

Persiapan Membuat Map

Sebelum membuat mod map baru ETS2 tentunya harus ada persiapan. Ada banyak aspek yang harus dipersiapkan untuk membuat map.

Syarat awal buat map di ETS2 :

  1. Berakal sehat, tidak memandang umur maupun status “baligh” (jadi bagi anak kecil pun selama tidak gila boleh bikin mod map)
  2. Cek perangkat hardware / spek PC (Komputer atau Laptop) yang dimiliki. Terserah mau bagaimana spek nya asalkan bisa pakai buat main game ETS2)
  3. Siapkan modal awal bikin mod map (mulai dari aset dan model map, riset lokasi, dan skill membuat map). Blog Pejindo sudah punya aset map sendiri, cari saja DISINI
  4. Kembangkan... (saya bahas di lain topik aja)
  5. Rekomendasi versi game ETS2 yang akan dipakai untuk membuat mod map, karena seiring berjalan waktu pasti fitur dan menu di program makin bagus. Minimal versi 1.44 sampai seterusnya (boleh 1.47, 1.49, atau yang terbaru sekalipun.)

Program yang Diperlukan untuk bikin Mod Map ETS2 :

  1. Yang pasti ya... Game Euro Truck Simulator 2. Lebih bagus lagi jika beli game ori-nya di Steam atau di situs game resmi lainnya.
  2. SCS Extractor, langsung download DISINI.
  3. WinRAR atau 7-Zip (kalau penulis lebih suka pakai 7-Zip), langsung download DISINI.
  4. Notepad++, langsung download DISINI. (sangat direkomendasikan karena jauh lebih baik ketimbang pakai Notepad biasa bawaan Windows, terutama kalau gak mau pusing karena tulisannya hitam-putih atau ribet edit script data DEF)

Setting Ulang ETS2

Bagi yang sudah punya game ETS2 atau ATS, langkah selanjutnya adalah konfigurasi game itu sendiri, tapi tidak secara keseluruhan. Tujuannya supaya map editor bisa dibuka. Caranya sebagai berikut.

Mengganti parameter di file config.cfg ETS2 - 1.46

Ganti parameter di file config.cfg ETS2 - 1.46 (lupa "uset g_developer" tidak digaris di gambar)

1) Cari dan buka folder Homedir (home directory) = <User_PC>/Document/Euro Truck Simulator 2\. Lalu buka file teks bernama config.cfg menggunakan Notepad.

2) Carilah kata dibawah ini kemudian ganti sesuai yang dibawah ini (perhatikan yang digaris warna merah dan kuning pada gambar diatas)

  • uset g_developer “0” menjadi uset g_developer “1”
  • uset g_console “0” menjadi uset g_console “1”

Sebagai penunjang, kalian bisa melihat fps dan deretan log dengan mengubah ini.

  • uset g_fps “0” menjadi uset g_fps “1”
  • uset g_minicon “0” menjadi uset g_minicon “1”

3) Simpan atau save file. Lalu tutup filenya. Sudah begitu saja.

4) Sekarang buka folder path/lokasi instalan game Euro Truck Simulator 2 (ETS2). Pastikan kalian ingat dimana tempatnya.

  • Versi Steam: C:/Program Files (x...)/Steam/steamapps/common/Euro Truck Simulator 2
  • Versi Retail/Legacy: C:/Program Files (x86)/Euro Truck Simulator 2
  • Kalau bukan di tempat itu maka... penulis gak mau tau... para user game cr*ck!

5) Bikin folder baru bernama "base". Habis itu, buka folder baru itu tadi lalu... bikin folder baru lagi bernama "map".

Catatan:

  • Kalau pakai ETS2 1.38 & 1.39. Ganti nama folder baru "base" tadi menjadi "base_map" (beda nama soalnya)
  • Kalau pakai ETS2 1.40, 1.43, 1.44, dan seterusnya, sebenarnya langkah nomor 4 & 5 tidak perlu karena ketika "Save Map" nanti otomatis akan muncul folder baru bernama "user_map" yang ditaruh di folder Homedir ETS2 (folder Document maksudnya). Tapi folder baru "base" ini tetap ada gunanya untuk tutorial bikin "Sign Template" di map editor di tutorial selanjutnya.
Buat folder baru di tempat instalan ETS2 - sumber: SCS Modding Wiki

Buat folder baru di tempat instalan ETS2 - sumber: SCS Modding Wiki

Membuka Program Map Editor ETS2

Sekedar basa-basi, awalnya sebelum membuka map editor harus mematikan mode fullscreen saat membuka game supaya map editor bisa digunakan dengan baik dan optimal (window mode). Namun sejak versi 1.19 map editor sudah bisa dibuka tanpa harus mengatur fullscreennya layaknya aplikasi biasanya.

Dari situ pula sempat beberapa kali mengalami perubahan cara membuka map editor. Tapi mengikuti perkembangan jaman dan sudah banyak versi ETS2 yang diupdate sampai sekarang. Maka penulis harus membatasi tutorial ini hanya khusus pemakai atau yang punya ETS2 1.36 ke atas. Jadi... maaf yang pakai 1.35, 1.30 sudah harus di-drop dan dibuang selama-lama-lama-lama-lama-lama--eh sudah kebanyakan tuh :v

a. Game versi Steam

1) Buka program aplikasi "Steam" masing-masing (jangan langsung buka game-nya dulu). Terserah mau mode online atau offline gak masalah.

2) Pilih game Euro Truck Simulator 2 di menu 'Library' Steam. Klik kanan tulisan Euro Truck Simulator 2 itu lalu pilih "Properties"

3) Pilih menu "General" lalu arahkan ke bagian "Launch Option" dan akhirnya tambahkan parameter baru : -edit

Opsi untuk menambah parameter agar membuka Map Editor ETS2 - 1.46
Opsi untuk menambah parameter agar membuka Map Editor ETS2 - 1.46

4) Oke, kalau sudah langsung tutup menu Properties itu dan langsung buka game ETS2 seperti biasa. Nah, otomatis langsung muncul tampilan map editor alih-alih buka intro logo SCS dan ETS2 seperti yang biasa tampil waktu main ETS2.

5) Oke sudah selesai. Tampilan akhir menjadi seperti ini.

Tampilan pertama saat membuka Map Editor ETS2 - 1.46
Tampilan pertama saat membuka Map Editor ETS2 - 1.46

5) Opsi parameter lain yang bisa dipakai di Launch Option (dari poin 3 sebelumnya diatas)

  • -edit: membuka map editor kosongan (New Map), belum edit apa-apa
  • -edit europe: membuka map eropa (map orian SCS) langsung di map editor
  • -edit <nama_file_mbd>: membuka map yang sudah diedit, (syarat: harus sudah save map lebih dulu sampai muncul file format .mbd)
  • -edit <nama_file_mbd> -force_mods: untuk membuka map yang sudah diedit + mengabaikan fitur mod yang terpengaruh agar tetap jalan di map editor (khusus untuk mengatasi background map editor tidak muncul)
  • -edit <nama_file_mbd> -sound: untuk membuka map yang sudah diedit + masuk mode khusus fitur "Edit Sound" (akan dijelaskan di lain topik)

b. Game versi Retail/Legacy (atau Tani)

1) Pastikan sudah buat "Shortcut" untuk game ETS2. Caranya klik kanan file .EXE dari game itu > Send to > Desktop (create shortcut)

2) Dari shortcut yang sudah dibuat (lihat gambar dibawah), klik kanan shortcut itu > Properties.

3) Di menu properties, isi kotak baris bagian "Target" dengan tambahkan parameter -edit. Sementara tulisan yang lain (path lokasi instalan ETS2) jangan dihapus. Kalau sudah, langsung pilih tombol "Apply" baru pilih "OK"

Menambah parameter via kolom 'Target' di Shortcut ETS2 cr*ck
Menambah parameter via kolom "Target" di Shortcut ETS2 Legacy

4) Ya sudah, setelah itu langsung buka game ETS2 seperti biasa. Dan otomatis langsung muncul tampilan map editor alih-alih buka intro logo SCS dan ETS2 seperti yang biasa tampil waktu main ETS2. (gambar sama dengan yang pakai Steam diatas)

[Tambahan] Mengekstrak file .scs ETS2

Sebenarnya map editor sudah bisa dibuka, tetapi masih tidak bisa menambah kota baru atau negara baru dengan nama sendiri, atau menambah perusahaan yang akan dimiliki di kota barumu itu. Jadi perlu file khusus untuk itu. 

File base.scs dan def.scs di lokasi/direktori instalasi ETS2

Dan semua itu ada di file format .scs di dalam folder ETS2. File tersebut hanya bisa diekstrak dengan program tersendiri namanya SCS Extractor.

Dengan program itu, file .scs nya bisa diekstrak, seperti file base.scs, def.scs, dan berbagai file DLC. 

  • File def.scs berisi banyak folder dan file .sii (atau .sui) yang bisa dipakai untuk mengedit atau menambah kota, negara, ferry (jalur laut), company (tempat job perusahaan), bahkan data aset model map lainnya. 
  • Sementara file base.scs berisi keseluruhan dari model dan aset map termasuk fitur dan material interface yang disediakan di game.

Karena jumlah kapasitas file base lebih besar maka cukup file def yang diekstrak. Alasannya karena saat mengekstrak file .scs banyak sekali file dan folder yang muncul sehingga tampak lebih semrawut, dan sekaligus menghindari ukuran file yang terlalu besar (file base.scs saja sudah lebih dari 2GB). Tapi jika memang ingin memodifikasi/membuat model map atau prefab, file base tentunya bisa diekstrak. 

Langkah mengekstrak def.scs sesuai urutan angka

  1. Download SCS Extractor pada link yang sudah disebut di bagian awal postingan ini.
  2. Misalnya kalian ingin mengekstrak file def.scs. Pertama buat folder baru. Beri nama di folder itu bebas sesuai keinginan.
  3. Salin (copy) file scs_extractor.exe yang sudah diunduh (download) tadi beserta file def.scs ke folder baru tersebut.
  4. Klik file def, tahan dan geser file def.scs tadi ke scs_extractor.exe.
  5. Nantinya akan langsung muncul seperti program cmd (command promp). Biarkan saja sampai ia menghilang sendiri. (jangan ditutup paksa)
  6. Otomatis isi dari file def.scs tadi sudah diekstrak sempurna. Untuk file base juga dilakukan dengan cara yang sama, namun prosesnya jauh lebih lama. Ekstrak file base.scs memakan waktu kurang lebih 15-30 menit.

[Tambahan] Video Referensi

Kalau masih bingung dengan penjelasan penulis diatas. Silakan simak saja video pilihan ini. 

Atau... mungkin ada jawaban permasalahan kalian di tutorial selanjutnya DISINI

Itu saja tutorial cara membuka map editor. Baik pada ETS2 maupun ATS, cara membuka map editor semuanya sama. Kalau ada masalah dan map editor tidak bisa dibuka, bisa tanyakan langsung lewat komentar di bawah. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Semoga bermanfaat!

Lihat Tutorial Sebelumnya :

(Part 1) Pendahuluan

Lihat Tutorial Selanjutnya :

(Part 3) Menyimpan Map + Tes Map di Editor

Kembali ke Tutorial Utama :

(Part 1) Pendahuluan

Map Editor Tutorial ETS2 Part01 : Pendahuluan

Salam! Di blog ini, saya memulai seri tutorial tentang “Panduan Map Editor ETS2”. Seri tutorial ini menjelaskan banyak hal seputar map editor, baik teknik membuat map (peta), penggunaan menu, tool, dan fungsi pada map editor, berbagai pembaruan terakhir dari map editor, dan masih banyak lagi. Bagi para pemula wajib hukumnya untuk membaca post/artikel yang satu ini.

Tampilan Map Editor ETS2 - versi 1.46

Karena namanya Euro Truck Simulator maka permainan ini pastinya merupakan game simulasi truk di beberapa negara di Eropa. Ada banyak lokasi yang bisa dijelajahi.

  • Pertama saya sebut BASE map (bisa disebut map vanilla atau map bawaan atau map orian game) dimana menjadi wilayah start-game atau lokasi awal game. Sebarannya meliputi Inggris (UK), Belanda, Jerman, Belgia, Luksemburg, Swiss, Rep. Ceko, Austria, serta sebagian Prancis, Italia, Polandia, dan Slowakia.
  • Lalu ada berbagai peta/map DLC yang dijabarkan sebagai berikut:
    • DLC Going East (1.14) meliputi sisa negara Polandia, Slowakia, dan Hungaria.
    • DLC Scandinavia (1.17) meliputi Denmark, sebagian Norwegia, dan sebagian Swedia.
    • DLC Vive la France (1.26) khusus ekspansi negara Prancis secara keseluruhan.
    • DLC Italia (1.30) khusus ekspansi negara Italia secara keseluruhan.
    • DLC Beyond the Baltic Sea (1.33) meliputi negara sepanjang laut Baltik, seperti Estonia, Latvia, Lithuania, sebagian Finlandia, hingga sebagian Rusia (termasuk wilayah Kaliningrad).
    • DLC Road to the Black Sea (1.36) meliputi negara sepanjang laut Hitam, meliputi Romania, Bulgaria, dan sebagian kecil Turki (sisi Eropa).
    • DLC Iberia (1.40) meliputi seluruh wilayah semenanjung Iberia, yakni negara Spanyol dan Portugal.
    • *Dibatalkan* DLC Heart to Rusia - Karena perang Rusia - Ukraina (dasar SCS ini memang pro-Barat sampai ketika menyangkut konflik...[redacted])
    • DLC West Balkan (1.48.5) meliputi kumpulan negara di semenanjung Balkan sisi Barat: Slovenia, Kroasia, Serbia, Bosnia-Herzegovina, Makedonia Utara, Montenegro, Albania, dan Kosovo (duh lagi-lagi SCS ini memang pro-Barat sampai ketika menyangkut konflik...[redacted])
    • *Rencana* Greece - Masih dikerjakan (WIP)
    • *Rencana* Northern Scandinavia - Masih dikerjakan (WIP)
    • Tebak habis ini pasti Turki, dan lepas itu... entahlah.

Jika bosan jelajah tempat itu-itu saja dan ingin yang map-nya lebih bagus dan real daripada yang sudah ada di game, maka tersedia pula berbagai macam mod yang bisa dipilih, seperti truk, traffic kendaraan, cuaca, trailer/kargo, hingga mod map/peta. Beberapa situs di internet pun menyediakan berbagai macam mod ETS2 yang kita inginkan. Dengan catatan, mod tersebut harus sesuai dengan versi yang dimiliki game ETS2. Selain itu carilah mod yang sekiranya tidak menimbulkan error, bug, atau hal lain yang menyebabkan mod tidak bisa berjalan lancar.

Diingat ya, ini game ETS2 yang resmi hanya dipakai buat PC (Komputer atau Laptop). BUKAN game Anroid!

Spesifikasi untuk game Euro Truck Simulator 2 (ETS2)

Update: sekarang spek PC/Laptop-nya sudah naik lagi sejak September 2023 lalu. Jadi jangan ngeluh kalau ternyata masih punya yang dibawah minimum (sebenarnya masih bisa dipakai main cuma resiko makin nge-lag gitu aja). Berikut sudah dipaparkan dalam bentuk gambar berikut ini.

Sekilas Tentang Mod Map (Peta)

Saat ini ada banyak sekali mod map/peta yang bisa dimainkan dengan fitur yang beragam dan menarik. Mulai dari mod map Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, Wilayah Rusia, Amerika Selatan, sampai Indonesia.

Masing-masing map memiliki berbagai ciri khas masing-masing dengan kualitas yang berbeda. Ada map yang besar dan luas dengan menambah banyak kota/desa, adapun yang cukup kecil/sedang tetapi lebih detail dan ramai, ada juga yang terbilang luas namun hanya berupa hutan dan perbukitan. Dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya merupakan representasi dari wilayah sungguhan. Namun ada juga yang hanya sekedar imajinasi/fiksi dengan keunikan tersendiri.

Selain itu tak sedikit mod map yang harus memerlukan setiap map DLC yang keluar saat ini baik salah satu atau bahkan semuanya. Tetapi masih ada beberapa mod yang bahkan tidak memerlukan peta/map DLC sama sekali.

Jenis Mod Map Berdasarkan Penempatan dan Posisi Penyimpanan

Ada dua jenis utama, yaitu add-on dan stand-alone.

1. Add-on Map

Ini adalah jenis map yang berupa ekspansi atau penambahan jalur dan tempat baru dari map yang sudah tersedia di game, baik base map maupun DLC.

Ciri utamanya adalah map yang dibuat hanya disimpan kedalam satu file map utama bertajuk europe.mbd. Dari beberapa sumber, saya jabarkan lagi jenis add-on map di bawah.

a) Extended Road & Road Connection

Map seperti ini hanya menambahkan jalanan buatan sendiri di peta original atau bawaan game itu sendiri (base map atau DLC). Jalanan ini umumnya bersifat shortcut (jalan pintas) atau optional (jalan tambahan), dengan membuat jalur lain menuju suatu kota yang sudah ada.

b) New City and/or Company

Untuk map yang satu ini tidak sekadar menambahkan jalan, melainkan perusahaan (company) dan kota buatan sendiri. Perbedaannya pun berhubungan dengan script pengadaan kota dan perusahaan.

c) Rebuild atau Rework

Berbeda dengan kedua jenis diatas, map yang satu ini lebih fokus pada pengerjaan ulang (rebuild) semua peta original yang sudah ada di game. Misalnya membuat simpang susun yang lebih rumit atau membuat ulang kota yang sudah ada menjadi lebih kompleks dan ramai.

2. Stand-alone Map

Sedangkan yang ini adalah membuat map sendiri dari “Nol” atau dalam bahasa Inggris “Build from Scratch”. Intinya benar-benar terpisah dari peta original atau bawaan game.

Untuk map dengan jenis tersebut bisa disimpan dengan nama bebas, seperti indonesia.mbd atau fantasy.mbd. Untuk mengetahui map tersebut bisa terlihat dari Playing/Map Module saat memulai Profile baru.

Jenis Mod Map Berdasarkan Desain dan Genre

Ada dua jenis utama juga, yaitu Realistic dan Fictional.

1. Realistic Map

Ini adalah jenis map yang memang dibuat seperti daerah sesungguhnya. Hampir semua map yang ada saat ini lebih menyukai map model tersebut. Namun kata “realistis” ini bergantung dari beberapa aspek yang saya bagikan lagi seperti di bawah ini.

a) Scale

Maksudnya map tersebut dibuat menurut skala tertentu. Jarak yang akan dibandingkan adalah panjang dalam map editor (dalam m) dengan jarak sesungguhnya (dalam km). Untuk map original sendiri atau map add-on dibuat kedalam skala 1:19 untuk countryside (wilayah secara keseluruhan) dan skala 1:3 khusus untuk perkotaan (catatan: area yang dibatasi atau masuk kedalam blok garis item “City”).

Namun ada sebagian map yang menggunakan skala yang lebih luas. Seperti skala 1:8, skala 1:3, bahkan skala 1:1 (sama persis dengan panjang di map editor). Namun sejauh ini tak banyak map semacam itu benar-benar berhasil hingga menjadi populer, bahkan tak jarang proyek map berskala 1:1 berhenti di tengah jalan.

b) Similiarity

Maksudnya map tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga mirip sekali dengan tempat sungguhan. Seperti adanya landmark atau bangunan yang benar-benar nyata di dalam game. Atau membuat jalan yang sesuai dengan jalan sesungguhnya. Jadi bila dibandingkan dengan foto atau Street View akan terlihat sama persis. Pemain akan merasa sedang berada di dunia nyata.

Namun sulit sekali menjumpai map semacam itu karena membutuhkan teknik, aset, model bangunan, dan riset yang mendalam. Cukuplah berterima kasih kepada beberapa aset map DLC yang sudah terlihat sangat keren dan realistis.

c) Level of ground

Maksudnya map tersebut dibuat sesuai ketinggian permukaan tanah aslinya. Bisa jadi suatu tempat dibuat pada height atau ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut (pada map editor) sesuai dengan ketinggian di tempat sesungguhnya. Namun resikonya ialah fungsi tampilan item atau node/titik di map editor tidak bekerja pada batas ketinggian tertentu.

Jarang memang menemukan map yang satu ini, tetapi khusus map buatan Indonesia pasti sudah tak asing dengan salah satu map dengan jenis yang satu ini, kan?

d) Real Situation or Feeling

Maksudnya map tersebut sengaja dibuat dengan suasana tertentu, walaupun sebenarnya jalurnya tidak sesuai dengan tempat sungguhan. Terkadang aspek tersebut cenderung kearah Fictional (imajinasi semata).

Misalnya suatu negara memiliki struktur jalan yang buruk, berlubang, dan tidak rata. Maka dibuatlah jalan dengan model tersebut tanpa memikirkan layout jalan atau persimpangan yang dibuat. Atau misalnya di suatu kota ada banyak gedung apartemen. Maka ditambahkan saja model bangunan apartemen sebanyak mungkin tanpa melihat bentuk, posisi, atau sebaran nya sesuai di tempat sungguhan.

Umumnya banyak map yang seperti ini, dengan dalih keterbatasan teknik, aset atau model, maupun skala map. Namun beberapa diantaranya ada yang mengutamakan aspek lain seperti tiga jenis diatas.

2. Fictional Map

Kebalikan dari realistic, adalah jenis map yang dibuat sesuka hati tanpa melihat mirip tidaknya suatu tempat sesungguhnya. Mau buat map dengan jalan seperti roller coaster, kota di atas awan, atau jalan ekstrim berlumpur.

Pengertian Map Editor

Ada program aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat dan modifikasi peta atau map ETS2/ATS. Namanya Map editor, yang merupakan program tambahan langsung dari game Euro Truck Simulator 2 ini. Program map editor sejatinya dibuat khusus para karyawan SCS selaku pembuat game ETS2/ATS, sehingga sudah mengalami banyak evolusi dari versi pertama sampai versi terbaru mengikuti kebutuhan mereka sekaligus perkembangan teknologi zaman sekarang. Semakin baru versi game ini, semakin berubah pula tampilan interface maupun menu dan fitur yang dimiliki map editor, mulai dari tampilan program sampai tool baru yang masih asing di benak para mapper.

Logo ETS2

Situs SCS Modding Wiki bisa menjadi wadah untuk panduan lengkap tentang membuat mod apapun, termasuk map. Sebenarnya ada beberapa sumber dari situs web atau blog lain yang juga menyajikan beragam tutorial tersebut baik dalam bahasa Inggris, maupun Bahasa Indonesia, salah satunya di Blog Pejindo ini.

Untuk game sekuel-nya (American Truck Simulator) sebenarnya menggunakan program yang sama, baik dari tampilan, game-sistem, maupun tool dan fitur yang sama persis dengan ETS2.

Daftar Tutorial

Sebenarnya banyak tutorial atau panduan map editor untuk ETS2 di pencarian Google, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Mungkin masing-masing orang punya cara dan pemikiran yang berbeda. Tetapi di blog Pejindo ini saya mencoba menyajikan tutorial ini dengan penjelasan yang lebih kritis tetapi lebih enak dipahami, serta memiliki banyak ilmu level “Advance” yang mungkin sama sekali tidak disadari oleh para mapper (pembuat mod map).

Berikut berbagai tutorial yang sudah saya posting di blog Pejindo ini. Ada puluhan macam panduan atau tutorial yang bisa dipelajari di blog ini. Karena sudah terlampau banyak jika dibuat daftar disini. Maka saya kelompokkan jadi beberapa kategori atau label di bawah ini.

Kategori 1 : Map Editor General Tutorial

Kategori 2 : Map Editor Item Properties

Kategori 3 : DEF Script untuk Map Editor

Kategori 4 : Trik Dasar Map Editor

Kategori 5 : Modding Guides + Other Tutorial