Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Map Editor Tutorial ETS2 Part20 : Memahami Script DEF File Dasar

Salam! Setelah berurusan dengan tutorial membuat map/peta di map editor, saatnya beralih ke tutorial tulis-menulis. 

Ya, maksudnya bukan menulis cerpen, novel, drama, dan sejenisnya. Tetapi sebagian besar yang akan saya bahas disini adalah file script Definisi atau disingkat DEF. Tentunya segala sesuatu file yang terdapat pada folder 'def' dengan format .sii (atau .sui).

Omong-omong, belajar script DEF ini sama dengan kita belajar pemrograman atau coding.

#20 Memahami Dasar Script DEF (Definition) di ETS2/ATS

Diubah pada : April 2023
Alasan : REVISI


Mengenal File Def & Unit

Sebelum memulai, ada kalanya kalian kenal lebih dulu istilah dan kegunaan dasar nya. Penulis kutip dari situs SCS Modding Wiki

Contoh struktur data DEF - ETS2

DEF (singkatan dari 'Definition') ialah sekumpulan data atau file yang berguna untuk memberi definisi suatu objek map maupun fitur yang dipakai dalam game. Pada game ETS2 & ATS terdapat struktur data baik folder maupun file, yang ditentukan sesuai jenis atau nama yang tepat & juga penempatan folder yang sesuai. Kalau tidak, game tidak bisa jalan bahkan crash.

File DEF sendiri berupa format SII dan SUI dengan penjelasan lain di bawah :

  • SII (Unit serialized file) : File tipe teks atau biner yang berisi berbagai macam script 'unit' yang dibuat serialisasi data - saling bertautan
  • SUI (Serialized unit include) : File tipe teks yang berisi berbagai unit data yang disertakan dari file SII namun tanpa diberikan script awalan khusus 'SiiNUnit'.

Dari dua file diatas, isi utamanya adalah berupa UNIT yang menjadi objek data buat engine game ETS/ATS ini. Unit sendiri terdiri dari komponen :

  • Name - nama dari si unit (tapi bisa dibikin 'nameless'). Terbagi dalam komponen lain dengan batas 12 karakter dan dipisah oleh tanda titik. Contoh : vehicle.dummy.truck atau .my_mod.nameless.units
  • Attributes - set dari data yang bisa tersimpan pada si unit itu sendiri (nomor, huruf, sambungan unit lain, dkk.)

Cara dasar penulisan file SII, SUI, maupun UNIT lainnya, bisa simak di web berikut ini (pakai Google Translate) :

https://modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Engine/Units

File DEF sendiri didapat dari folder 'def' yang bisa di ekstrak dari file def.scs. Cara mengambilnya tolong baca lagi tutorial Part2.

Secara umum, file DEF yang paling sering pakai ialah :

  • Country (definisi negara)
  • City (definisi kota), dan
  • Company (nama perusahaan setiap kota).

Sementara script DEF yang lain atau hanya sebagai penunjang seperti :

  • Ferry (jalur laut) apabila membuat lebih dari satu pulau pada mod map/peta,
  • map_data.sii jika membuat map addon,
  • serta semua definisi yang terdapat di folder ‘World’ jika kalian membuat atau menambah aset dan model map baru.

Ada penjelasan lebih detail termasuk penempatan folder dan file DEF nya pada Web berikut ini (tetap harus pakai Google Translate). Jadi penulis tidak perlu capek-capek tulis ulang di blog ini.

https://modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Engine/Game_data#Definitions


File DEF Data yang Sering Dipakai Mod Map

Dari setiap mod apapun jenisnya, pasti terdapat folder DEF ini. Isi dari folder tersebut berbeda-beda. Ada yang hanya sedikit ada pula yang isinya lebih banyak. Banyak sedikitnya file dan folder di dalam folder def tentunya tergantung kebutuhan yang akan dimasukkan pada game beserta jenis mod tersebut, entah itu mod map, mod truk, mod bus, mod trailer, atau yang lain.

File DEF ini sudah jelas menjadi penentu apakah mod map kalian bisa jalan (work) baik lewat profil game maupun lewat map editor. Maka dari itu, tutorial yang satu ini mohon dibaca serius. Karena saya melihat hampir semua mod map Indonesia (free bahkan $ale) memiliki kesalahan yang bisa dibilang… fatal dalam mengelola script DEF tersebut.

Mungkin menjelaskan semua ini membutuhkan waktu lama jadi penulis bahas garis besarnya saja.


1. Country DEF Data

File DEF pertama yang penulis bahas ialah nama data country (negara). Jenis ini sangat diutamakan karena memiliki pengaruh amat besar, termasuk pada definisi city (kota) dan company (tempat job game). 

Di game ETS2 sendiri sudah terdapat sekitar 26 data country (negara) yang tersedia di folder def.scs. Pun belum termasuk map DLC termasuk yang terbaru kedepan. Kalau ingin melihat mod populer yang sudah membangun banyak negara, jumlahnya bisa lebih dari 40!

Berikut susunan folder untuk DEF Country (secara umum) di bawah ini (maaf agak tidak pas baris nya) :

Pada gambar diatas, folder 'ai' tidak harus persis dijadikan folder seperti itu. Karena itu hanya menggambarkan bagaimana data traffic AI dimunculkan pada suatu area country di mod map.

Dari situ apabila dijadikan versi mod map (ini hanya contoh ya...) maka akan terlihat seperti ini :

Dari folder 'def' luaran, terdiri dari satu folder bernama 'country' dan satu file SII bernama country.<nama_mod>.sii. Untuk bagian <nama_mod> diberi nama sesuai keinginan entah itu nama mod map kalian atau nama kalian sendiri.

~ JANGAN bahkan DILARANG edit file "country.sii" APAPUN alasan nya! Itu data country/negara buat map orian atau bawaan ETS2/ATS jadi tidak usah utak-atik file itu. Awas kalau tidak patuh ya...! ~

Berikut contoh data awal country hasil custom mod map di gambar ini. Isinya berupa daftar @include yang disediakan dalam folder "country" nantinya. Karena ada tulisan include itu maka file penghubung nya (di dalam folder country) harus menjadi format SUI. Penulis buka file 'country.indo.sii'

Setelah itu masuk dalam folder bernama ‘country’ yang isinya adalah berisi def data beberapa country/negara yang dimasukkan dalam game atau map editor.

Perhatikan lagi gambar yang diatas. Penulis tunjukkan isi dari file indo_barat.sui. Dari script di bawah ini menunjukkan definisi suatu data country/negara sebagai berikut :

  • Nama file data country : indo_barat
  • Kode nomor ID data country : 57
  • Nama data country : Indonesia
  • Pin Lokalisasi - Nama data country : @@indo_barat@@ (akan dijelaskan kemudian...)
  • Kode huruf ID data country : ID
  • Kode ISO data country : idn (browsing di Google ada)
  • Pos : [...koordinat X, Y, Z...] (menunjukkan posisi tampil nya nama country 'Indonesia' di Menu GPS atau Route Advisor
  • Harga Bensin (Rata-rata - Solar) : 0,61 (harus satuan mata uang Euro - Kalau di-Rupiah-kan hitung sendiri)
  • Wajib lampu kendaraan dinyalakan.
  • Tidak pakai satuan imperial (mil)
  • Wajib tipe traffic lajur kiri jalan - setir kanan
  • Ada pemberlakuan denda jika si player mengantuk selama menyetir truk/bis
  • Jarak zona waktu data country : 480 menit (zona GMT sendiri di-set 60 menit, jadi kalau GMT+7 aka WIB ya... hitung sendiri)
  • Nama zona waktu data country : WIB (Waktu Indonesia Barat)

Ingat ini juga ya, tiap versi ETS2/ATS isi dalam script DEF seperti itu tidak sama. File DEF country versi 1.40 sudah beda script dengan DEF versi 1.44 atau 1.46. Jadi bagi yang masih pakai ETS2 versi lama jangan tiru persis dengan gambar diatas yang memakai ETS2 1.44.

Solusi? Ekstrak lagi def.scs sesuai versi ETS2 (yang lama) yang sering pakai. Nanti tinggal cari apa bedanya ketimbang gambar diatas.

Untuk mengenal lebih lengkap dari data DEF Country tersebut silahkan buka tutorial Mengenal Script Def (Country) 

~ Trik Opsional ~

Pada map Indonesia, hampir semuanya menggunakan definisi county UK (United Kingdom) alias Inggris sebagai kode negara. Alasannya karena UK menggunakan traffic sama seperti di Indonesia, kiri jalan atau setir kanan.

Selain itu map Indonesia paling banyak tipe stand-alone map, karena itu file atau folder def country UK (yang seharusnya dari file ori bawaan game) malah diedit dengan mengganti namanya menjadi Indonesia. Sayangnya sih, kalau diterapkan pada tipe map add-on, otomatis game menjadi bug dan kacau jika dimainkan langsung di game profil.

Berikut penulis paparkan beberapa alternatif membuat atau mengedit script DEF country. Pilih saja cara nya sesuai kehendak masing-masing.

1) Cara 1 : Edit script def country/uk.sii

Khusus map stand-alone saja yang tidak mau ribet memikirkan teks koding-an (kalau bisa jangan seperti itu ya...), cara simpel nya hanya dengan memakai script dari bawaan game. 

Kebetulan ada yang cocok dengan Indonesia, yakni def country uk (United Kingdom atau Inggris). Tinggal pakai (sesekali ganti nama jadi “Indonesia”) dan… selesai :v

Kelemahan : 100% Error buat map add-on (udah dibilangin ngeyel...)

2) Cara 2 : Buat DEF baru bikinan sendiri : 'country/indonesia.sii'

Perhatikan baik-baik (baca kalimat di bawah terutama yang huruf tebal), jangan asal bikin...

  • Sebelum mulai, extract file def.scs dengan SCS Extr.... Ayo deh baca lagi tutorial Part2.
  • Bikin folder baru (New Folder) > beri nama 'def' > Buka folder baru itu
  • Masuk folder 'def', bikin folder baru (New Folder) lagi > beri nama 'country'
  • Jangan kemana-mana dulu, Buka aplikasi Notepad (bawaan Windows juga boleh)
  • Bikin script data untuk @include data country yang akan di-bikin. Ikuti contoh di gambar.
  • Kalau sudah Pilih menu File > Save as (Ctrl + Shift + S) > Isi File Name : country.map_aku.sii > Pilih Save as Type (sembarang) > Encoding rekomedasi UTF-8 > Klik OK
  • Setelah itu baru masuk kedalam folder baru 'country' tadi. Lalu bikin folder baru (New Folder) sekali lagi > beri nama 'indonesia'
  • Buka Notepad lagi. Bikin file untuk data country secara spesifik. Ikuti contoh di gambar.
  • Kalau sudah Pilih menu File > Save as (Ctrl + Shift + S) > Isi File Name : indonesia.sui (ingat, beda format file) > Pilih Save as Type (sembarang) > Encoding rekomedasi UTF-8 > Klik OK
  • Kalian butuh 3 file : license_plate.sii, speed_limit.sii & traffic.sii. Cara ambil?
  • Tadi kalian sudah extract def.scs di langkah awal kan? Nah, tinggal ambil aja tiga file tambahan itu dari sana. Beres.
  • Hasil akhirnya seharusnya seperti ini (urut dibuka dari kiri ke kanan)

Tips yang harus diperhatikan juga : 

  • Jika pemberian nama pada script atau waktu bikin file baru ada pemisahan dua atau tiga suku kata, maka tidak boleh dipisah langsung dengan spasi. Jadi harus berupa tanda under score '_'. Contoh : map_aku, indo_barat, buat_map_2, dll.
  • Batas maksimal dalam pemberian nama script atau nama file biasanya hanya sampai 12 karakter (angka dan huruf). Kalau kelebihan maka harus disingkat sembarang. Contoh : permadani210, tlng_agung, dll.

2. City DEF Data

Berikutnya adalah data DEF city atau nama_kota. Tentunya yang satu ini tidak kalah wajibnya dengan scipt DEF lainnya, karena berhubungan langsung dengan data country (negara) dan company (tempat job). 

Struktur file dan folder nya lebih sederhana ketimbang yang sebelumnya. Lihat gambar di bawah ini (urut dibuka dari kiri ke kanan)

Sepertinya cukup banyak tutorial cara membuat file script DEF City baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Jadi saat ini saya hanya akan menjelaskan secara detail masing-masing bagian dari script/definisi tersebut.

Untuk mengenal masing-masing definisi tersebut silahkan buka tutorial Mengenal Script Def Properties (City)

Sekarang perhatikan baik-baik (baca kalimat di bawah terutama yang huruf tebal), jangan asal bikin...

+ Jangan lupa pastikan versi ETS2/ATS kalian, karena tiap versi isi script DEF nya tidak sama (rekomendasi pakai versi 1.40 karena... ayo lah... nggak usah mengeluh!)

  • Sebelum mulai, extract file def.scs dengan SCS Extr.... Ayo deh baca lagi tutorial Part2.
  • Bikin folder baru (New Folder) > beri nama 'def' > Buka folder baru itu
  • Masuk folder 'def', bikin folder baru (New Folder) lagi > beri nama 'city'
  • Jangan kemana-mana dulu, Buka aplikasi Notepad (bawaan Windows juga boleh)
  • Bikin script data untuk @include data country yang akan di-bikin. Ikuti contoh di gambar.
  • Kalau sudah Pilih menu File > Save as (Ctrl + Shift + S) > Isi File Name : city.map_aku.sii > Pilih Save as Type (sembarang) > Encoding rekomedasi UTF-8 > Klik OK
  • Setelah itu baru masuk kedalam folder baru 'city' tadi.
  • Buka Notepad lagi. Bikin file untuk data country secara spesifik. Ikuti contoh di gambar.
  • EDIT : Khusus script "vehicle_brands [] : "nama_dealer" harusnya diganti jadi nama dealer yang tersedia di game ETS2 atau ATS. Misalnya jadi = "vehicle_brands [] : "volvo"
  • Kalau sudah Pilih menu File > Save as (Ctrl + Shift + S) > Isi File Name : kota_ke_1.sui (ingat, beda format file) > Pilih Save as Type (sembarang) > Encoding rekomedasi UTF-8 > Klik OK
  • Lakukan juga hal yang sama (bikin file Notepad) untuk nama file baru "kota_ke_2.sui" & "kota_ke_3.sui"
  • Hasil akhir seharusnya jadi seperti ini.

Catatan PENTING :

  1. Pastinya nama kota buat data DEF city nya tidak harus persis diatas. Gak mungkin nama kotanya jadi "kota_ke_1" & "kota_ke_2" & "kota_ke_3". Ganti lah dengan nama kota yang lain misal bandung.sui, surabaya.sui, dkk.
  2. Ketika pemberian nama kota, (sama seperti DEF Country sebelumnya) maksimal dalam pemberian nama script atau nama file hanya sampai 12 karakter (angka dan huruf). Kalau kelebihan maka harus disingkat. Contoh : pangkalankerinci.sui (16 huruf) >> pgklnkerinci.sui (12 huruf)
  3. Pemisahan nama jadi 2 atau 3 suku kata, TIDAK BOLEH pakai Spasi melainkan pakai tanda Under Score "_"Contoh : kota_batu, tj_priok, jakarta_2, dll.

Kasus PENTING (1) :

Pastinya mod map Indonesia macam-macam. Pun ada diantaranya bikin map dengan nama kota maupun nama daerah yang sama. Kalau (misal) ada 2 map beda yang punya nama kota yang sama, apa yang akan terjadi? 

Jika kedua map itu beda tipe (satu stand-alone, satu lainnya addon) atau pun kedua map itu sama-sama tipe standalone, maka itu masih tidak masalah (file ketimpa pun tak akan error). Tapi... bagaimana kalau keduanya sama-sama tipe add-on? Bahaya?

Pertama, lihat dulu isi dalam script file DEF per nama kota itu. Misalnya dua map yang punya kota yang sama adalah kudus.sui. Cari yang teliti apa yang membedakan dari 2 file yang namanya sama-sama kudus.sui, entah itu dari jumlah baris/line atau perubahan huruf dan angkanya.

Jika sudah, dan ternyata isi script DEF keduanya itu BEDA, maka harus diperiksa file daftar list @include pada folder 'def' (luaran). Cari perbedaannya juga. Setelah itu pertimbangkan berikut ini :

  • Jika isi 2 file data city SUI (misal Kudus tadi) berbeda, namun isi 2 file list @include rupanya tetap SAMA (misal keduanya pakai file city.id_jawa.sii) maka hapus atau timpa file SUI (kudus.sui) dari salah satu map yang dikorbankan & hapus salah satu file data-list @include (yg city.id_jawa.sii tadi). Oke, masalah beres.
  • Jika isi 2 file data city SUI (misal Kudus tadi) berbeda, namun isi 2 file list @include rupanya malah BEDA juga. Nah ini... harus ada pemisahan pada salah satu map, kalau begitu. Caranya di bawah ini :
  • (1) Salah satu file SUI (kudus.sui tadi) harus di-rename atau ganti nama lainnya (misal kudus_2.sui atau jowo_kudus.sui). Pastinya isi script dalamnya menyesuaikan agar persis dengan nama file nya (kecuali pada baris script "city_name" boleh dibuat sama).
  • (2) Begitu juga dengan file list @include tadi, maka harus bikin file baru lagi (misal jadi 'city.jowo_map.sii') yang isinya file @ include yang sempat di-edit di poin (1) tadi

Kasus PENTING (2) :

Data DEF City (dan Country juga sebenarnya) tergolong paling "sensitif". Jika jumlah yang terdaftar dalam list @include tidak sama dengan jumlah file yang ada dalam folder 'city', maka baik di game maupun map editor, data DEF city yang dimasukkan TIDAK akan DETECT bagaimanapun caranya bahkan meskipun tanpa error sekalipun.

Nah loh... karena itu kalian harus benar-benar teliti dan cermat dalam packing mod map sebelum pakai atau tes game.

Perhatikan ilustrasi berikut, tadi di folder 'city' ada 3 file (kota_ke_1/2/3.sui) Maka dalam list @ include (tadi di-misalkan file city.map_aku.sii) HARUS ada 3 baris data juga. Jangan sampai lebih maupun kurang dari 3.

Bahkan sama pula jika ada 2 file list @include. Misal yang satu namanya city.map_aku.sii & yang lain namanya city.map_kamu.sii. Jika isi file SUI tetap ada 3 seperti yang awal. Maka tiap kedua file list tadi juga harus menyesuaikan yang pokoknya ketika di total kan tetap ada 3 baris data, contoh seperti gambar.

~ (TRIK) SCRIPT TAMBAHAN ~

Perlu diketahui, ada script tambahan agar bisa modifikasi “Visual” dari tulisan nama kota (City) yang terlihat di Menu World Map ketika main game (lewat save-profile). 

Gunanya untuk memperbesar-memperkecil tampilan font huruf nama kota pada menu World Map. Jadi ini seolah menunjukkan ada kota utama dan ada kota sekunder (secondary). Sama seperti di wilayah kita ada Kota Madya, Kota Kabupaten, Kota Kecamatan, dll. Fitur ini baru diterapkan di game orian ETS2/ATS sejak 1.36 (koreksi kalau salah)


Bagaimana caranya? Tambahkan script berikut di bawah ini, kedalam file data per 'city' nya. 

1) Untuk kota kecil (setingkat kecamatan)

city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 0.6
city_pin_scale_factor[]: 0.6
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 0.8
city_pin_scale_factor[]: 0.8
city_pin_scale_factor[]: 0.5

2) Untuk kota sedang (setingkat kabupaten)

city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 0.8
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 1.0
city_pin_scale_factor[]: 0.8

3) Untuk kota besar (setingkat kota madya atau ibukota provinsi)

          (Tidak perlu, otomatis pakai versi default bawaan game ETS2/ATS)

Contoh penulisan untuk versi map DLC bisa seperti ini (ga harus sama juga gapapa, ini kan hanya... contoh...)


3. Company DEF Data

Selanjutnya adalah data DEF Company. Ini dipakai ketika dalam suatu kota (City) yang dibangun/dibikin pada mod map kalian memiliki tempat job atau tempat pengiriman kargo/trailer saat main game ETS2/ATS. Ini juga termasuk file wajib karena sesuai FITUR UTAMA game ETS2/ATS - si Player melakukan misi pengiriman barang melalui tempat (job) keluar - masuk antar 2 kota asal-tujuan.

Ada banyak sekali daftar nama Company (tempat job) yang disediakan di game ETS2 maupun ATS ini.

  • List Company pada game ETS2 langsung buka DISINI
  • List Company pada game ATS langsung buka DISINI

Untuk struktur foldernya, tentu saja ada pada folder def > company, yang mana untuk list @include dibuat pada file company.(mod_map).sii 

Saat buka folder ‘company’. ada sekian nama company (yang penulis tunjukkan link diatas itu) yang mana masing-masing nama company ada tiga folder lagi di dalamnya, editor, in, dan out.

Untuk mengenal masing-masing definisi tersebut silahkan buka tutorial Mengenal Script Def Properties (Company) 

Ada tatacara menambah data DEF company baru. Perhatikan baik-baik ya...

A) Memasukkan Data Company pada suatu Kota/City

Ini berlaku jika kalian cuma masukkan data DEF company (tempat job) yang sudah ada di bawaan (misal Tradeaux, Transinet, Euro goodies, Ika Bohag, Kaarfor, dll.) dalam setiap kota yang dibuat.

Dan cara A ini SANGAT dianjurkan buat para mapper pemula (newbie) agar jangan... mempersulit diri... oke?

1) Pada map editor, pilih & tempatkan Prefab khusus "tempat job" yang dibutuhkan pada setiap kota/city yang dibuat. Misal prefab yang ada tulisan "Logistic", "Depot", dllPastikan semua prefab tersebut berada di dalam area kotak merah item “City” - pastikan juga sudah masuk data city/nama kotanya & tampil di UI Map (F5), contoh seperti gambar ini :

2) Kalau sudah, save map seperti biasa lebih dulu. Pasti setelah itu akan mendapat error terkait missing company data (cek pakai console map editor dengan tanda '~'). 

3) Close game / tutup map editor game nya dulu, habis itu buka folder "Document/Euro Truck Simulator 2". Lalu buka file editor.log.txt (karena yang dijalankan adalah map editor saja). Hasilnya akan ketemu error seperti ini.

Biarkan saja dulu (jangan ditutup file itu), kalian langsung ke langkah berikutnya aja...

4) Bikin folder baru sesuai struktur data DEF company (tempat job) di atas. Jadi urut nya dari folder def > company > (nama_company sembarang) > editor

Misal nama_company nya adalah "Kaarfor", jadi nama foldernya jadi Kaarfor juga. Kalau mau pakai nama company lain lihat lagi List Company ETS2/ATS yang sudah ditunjukkan di beberapa baris ke atas.

Catatan : Karena kalian ambil nama company yang sudah disediakan sama bawaan ori game ETS2/ATS, maka folder 'in' sama folder 'out' tidak usah dipakai maupun di-bikin baru (anggap itu ngambil langsung dari data ori game tsb.

5) Di dalam folder “editor” tadi, buat file .sii baru (bisa ambil dari file ekstrak def.scs atau buat sendiri) dengan nama file harus sesuai DEF City (nama kota) yang ditempati prefab logistic pada cara no.1 tadi, lewat program Notepad. ~ Misal penulis masukkan data company "Kaarfor" untuk kota "Jakarta"

6) Isi script seperti gambar di bawah. Boleh diganti sesuai nama city/kota kalian masing-masing. Nah, untuk kode script 'prefab' cukup ambil atau copas (copy-paste) error dari editor.log.txt habis save map tadi - dari langkah no.3 tadi (yang tulisan dlc_it_100, dlc_it_141, 261, dll)

Catatan : melihat error pada file editor.log.txt, nama variant (ditulis dalam kurung) tidak usah di-copy. Jadi cukup kode unit si prefab yang diambil

7) Simpan/save file tersebut kedalam format SII dengan nama kota sesuai script yang dibuat (lihat langkah no.5 tadi).

8) Lakukan lagi dari langkah 4, 5, 6, & 7 untuk data DEF Nama Company yang lain. Perhatikan baik-baik nama city(kota), nama company, dan kode unit si prefab nya, jangan sampai tidak cocok!

9) Jika selesai, langsung pack-ing atau taruh folder/file def > company baru tadi kedalam mod map kalian masing-masing (berupa file zip atau .scs)

Catatan : Awas jangan lupa ya, file map hasil save sebelumnya (langkah no. 1 dan 2) harus diperbarui atau replace / timpa kedalam pack mod map kalian.

10) Oke, sekarang buka lagi game ETS2/ATS dan map editor lagi. Pastikan map yang muncul adalah save map yang terbaru (langkah no. 1 dan 2). Terakhir save map sekai lagi sampai muncul logo job yang dimaksud. Kalau masih ada error yang berkaitan dengan data company, itu berarti ada yang kelewatan atau salah mengikuti langkah yang sudah diterangkan. Jadi harap sangat teliti dalam mengeck data DEF tersebut.

Begini contoh prefab yang sudah masuk data DEF Company (tempat job) yang dimaksud :

B) Bikin Data Company Baru - Nama Perusahaan baru

Kalau kalian bosan atau tidak puas dengan nama company dari bawaan ori game ETS2/ATS, boleh-boleh saja sih bikin nama company baru (misalnya Alfamart, Indomaret, Waskita Karya, Pertamina, dll.) 

Tapi tantangan nya ialah bukan cuma bikin file data DEF begitu aja loh, tapi :

  • Harus bikin juga tekstur DDS +TOBJ logo si company - folder material / ui / company
  • Harus punya tekstur DDS +TOBJ skin trailer tiap company - folder vehicle / trailer_eu / company
  • Harus bikin juga tekstur DDS +TOBJ + model papan logo si company - folder model2 / sign / company_logos

<maaf tutorial nya masih belum jadi... tunggu aja ya>

Dahlah, daripada terlalu ribet bikin data Company (tempat job) sendiri, ini penulis sudah sediakan daftar DEF Company (tempat job) versi lokal Indonesia buat kalian semua. Jadi kalau mau eksperimen sendiri bikin data def company baru, ya monggo...

Informasi + Link Download buka DISINI 


4. Ferry DEF Data

Berikutnya lagi adalah data DEF Ferry (atau jalur pelabuhan). Ini termasuk DEF opsional karena hanya diperlukan apabila kalian membuat map dengan dua pulau atau lebih, misalnya jalur penyeberangan laut dari pulau Sumatera ke Jawa atau dari pulau Jawa ke Bali. 

Untuk struktur folder & file sendiri, terdiri dari folder utama "def / ferry" yang mana daftar @include disediakan dalam file ferry.<nama_map>.sii. Semua file yang memuat data lokasi ferry terdapat pada folder ‘ferry’ pun terdapat satu folder lagi bernama 'connection' untuk data koneksi antar 2 lokasi ferry yang ditentukan.

Untuk mengenal masing-masing definisi tersebut silahkan buka tutorial Mengenal Script DEF Properties (Ferry) 

Kalau ingin bikin data ferry baru, paling mudah cukup meniru atau copy-paste file DEF Ferry yang sudah disediakan di bawaan ori game ETS2/ATS lalu langsung ganti nama kota saja (baik ganti nama file SUI maupun ganti isi script dalamnya). Untuk susunan script yang dimaksud baca lagi tutorial Mengenal Script DEF Properties (Ferry) jadi penulis tidak capek-capek mengetik disini lagi, oke :v


5. World DEF Data

Ada lagi data DEF World, dengan kata lain ialah data definisi buat model map. Secara umum fungsinya ialah untuk memasukkan data bermacam-macam model map kedalam game maupun mod map. Tiap versi ETS2 memiliki jenis, isi, dan jumlah file yang berbeda. 

Berikut ini isi file def / world khusus ETS2 versi 1.46 ini (ini hanya diperuntukkan buat map bawaan ori game ETS2, DILARANG EDIT MAUPUN UTAK-ATIK SEMUA FILE DIBAWAH INI !!)


Keterangan :

  • animated_model : objek model map, gerbang yang bisa buka-tutup otomatis (ada anim-nya)
  • building_model : objek model map yang bisa memanjang dan melengkung
  • building_scheme : data skema dari tiap building_model yang sudah dimasukkan
  • curve_model : objek model map yang bisa memanjang sekaligus membesar (jauh lebih unggul daripada tipe builidng_model
  • detail_vegetation : objek model map rerumputan pada terrain apapun
  • far_model : objek model map yang bisa ditempatkan pada jarak jauh tanpa dibatasi oleh "distance_setting"
  • find_non_visual_data : ???
  • hinge : sudah tidak dipakai lagi & tidak berguna
  • journey_xxxxx : ? berhubungan dengan fitur random_events, tapi penulis masih tidak paham ?
  • model : objek model map 'statik' paling universal
  • mover : objek model map bergerak (ada anim-nya)
  • overlay : memasukkan objek tipis tertentu (nama kota & rute jalan) - dipakai pada model navigation_sign tipe lama (non-template)
  • prefab : objek model map buat diakses oleh si player - persimpangan jalan, exit tol, gerbang tol, SPBU, tempat job (company)
  • railing : objek model map memanjang khusus aksesoris/elemen tambahan buat jalanan - pembatas jalan, papan anti_noise, barrier, dll.
  • road : hanya data marka jalan secara general
  • road_look : objek model map berbagai bentuk dan ruas jalan-an (tipe lama)
  • road_look.template : objek model map berbagai bentuk dan ruas jalan-an (tipe baru - template)
  • road_edge : objek model map berbagai bentuk tepi jalan (tanah biasa atau trotoar)
  • semaphore_model : objek model map, lampu lalu lintas berbagai bentuk
  • semaphore_profile : memasukkan data alur/cara kerja lampu lalu lintas sesuai model yang diambil dari semaphore_model
  • sign : objek model map berupa rambu lalu lintas berbagai bentuk
  • sign_board_model : objek model map khusus papan petunjuk arah - versi beda (baru diterapkan pada DLC Iberia/ETS2 1.40)
  • sign_stand : objek model map khusus tiang papan petunjuk arah - versi beda (baru diterapkan pada DLC Black Sea/ETS2 1.36)
  • sound_item_xxxx : Hanya khusus data sound berbagai jenis (harus terintegrasi dengan FMOD)
  • stamp : sudah tidak dipakai lagi & tidak berguna
  • terrain_color : memasukkan data warna per tekstur .mat terrain (akan kelihatan pada Brush Tool)
  • terrain_edge : objek model map berbagai bentuk tepi terrain - mirip seperti road_edge (baru diterapkan pada DLC Black Sea/ETS2 1.36)
  • terrain_material : variasi tekstur .mat terrain dari rumput, tanah, batu, sampai sawah-ladang
  • terrain_profile : variasi kontur dan bentuk lapisan/jaring profil permukaan terrain
  • traffic_lane : memasukkan data tipe akses traffic AI yang dilewati - tersambung dengan data road_look
  • traffic_rule : memasukkan data tipe aturan atau perlakukan traffic AI berbagai macam - difungsikan pada objek map item "Traffic Area"
  • trajectory_rule : memasukkan data tipe akses traffic AI khusus ketika dilewati suatu jalur/garis Trajectory
  • trigger_action : memasukkan data berbagai aturan maupun perintah untuk si player sesuai fitur yang disediakan game (misal tempat si player mau tidur, bayar tol, kena denda, masuk jembatan timbang, dll.)
  • vegetation : variasi profil vegetasi/pepohonan termasuk bentuk sebaran & jenis pohon - tersambung dengan vegetation_model
  • vegetation_model : objek model map berbagai bentuk pohon dan tetumbuhan lainnya

Tapi bagaimanapun, kalian harus SANGAT TAU, apabila ingin menambah atau bikin model map baru :

  1. Jangan bahkan dilarang bikin file SII data DEF Model Map pakai nama file yang sama persis dengan file DEF bawaan ori game ETS2/ATS (^ ya semua file yang mirip pada gambar di atas itu ^) !!
  2. Pastikan jangan sampai nama kode unit tiap model map sama persis dengan yang dari DEF bawaan ori game ETS2/ATS.

Solusinya bagaimana?

  1. Tambahkan nama belakang bebas sesuai keinginan. Contoh nama file yang benar : model.map_jrne.sii, sign.dlc_indo.sii, building_model.hsm.sii, dll.
  2. Beri kombinasi huruf atau angka lain pada nama kode unit si model map. Maksimal tidak boleh lebih dari 10 karakter. Contoh : dl_indo_2, jrne_001, n_jowo210, dll.

Sekarang penulis hanya kasih contoh penulisan dari sejumlah data DEF World (Model Map) yang sering dipakai oleh para mapper ETS2/ATS :

1) Model Definition

2) Sign Definition

3) Prefab Definition

4) Road_Look.Template Definition


~ Referensi Video (untuk Versi ETS2 Tertentu)

Disamping semua yang sudah penulis tuturkan diatas, ada sejumlah referensi "bantuan" lain yang barangkali bisa disimak berupa video. terutama karena setiap versi ETS2/ATS isi file DEF tidak ada yang sama persis.




Baiklah, itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang.

Sekian dari saya, Wassalam!



Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 19) Mengenal Content Browser (Bagian2) ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 21) Tutorial Sign Template Map Editor (Bagian1)  ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##





Map Editor Tutorial ETS2 Part19 : Mengenal Content Browser (Bagian 2)

Salam! Disini penulis akan melanjutkan pembahasan tentang salah satu tool yang tersedia di Map Editor, namanya Content Browser. Pembahasan sebelumnya (PART 1) bisa dilihat DISINI.

#19 Content Browser, Teknik dan Kegunaannya (Part2)

Diubah pada : April 2023
Alasan : REVISI

Baiklah, sebelumnya sudah penulis jabarkan apa saja menu yang disediakan oleh Content Browser dan cara pertama untuk memakainya. Masih ada cara lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

2. Mengganti (Replace) Model Map Jumlah Banyak Hanya Dengan Satu Klik

Apakah kalian semua tidak tahu? Hanya dengan Content browser ternyata bisa mengganti satu jenis item yang telah ditambahkan di peta dengan jumlah yang sangat banyak dan tersebar dimana-mana. Loh, kalian tidak percaya? Ini saya tunjukkan rahasianya!

~ Misal kalian mau replace model rambu (Sign) "Speed limit 80" menjadi rambu "Speed limit 40". Tapi jelas tidak mungkin kalian harus ganti satu-satu manual lewat Item Properties - klik - Item Properties - klik - Item Properties - klik - Item Properties - udah-udah ga kuat...

1) Pertama seperti biasa buka Content Browser. Bisa dengan cara arahkan kursor ke toolbar utama dan pilih tombol icon "4 kotak berwarna" atau langsung tekan keyboard F2.

2) Kedua pilih jenis objek map ‘Sign’ pada kotak grup Type. Langsung arahkan ke menu paling bawah si Content Browser, di kotak 'Search', ketik saja "speed limit"

3) Yang pasti pada kotak grup (Tab) Assets hanya muncul sederet gambar model map berjenis Sign dan bernama speed limit dari semua bentuk dan tekstur yang berbeda (sesuai negara). Kalian bisa sortir atau tampil yang adanya khusus satu negara tertentu dengan masuk ke kotak grup Categories dan pilih sesuai kode negara (at, de, cz, hu, dkk.)

Tapi karena penulis pakai model map rambu lalu lintas khas Indonesia (Download aja sendiri di ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Sign Traffic + Papan Navigation Template) maka di Category tadi, pilih yang indonesia > trf-sign.

4) Setelah itu, Klik kanan model speed limit yang dipilih (tadi kan yang dipilih awal sebelum replace yang speed limit 80) dan pilih menu ‘Find All References’.

5) Ada beberapa opsi lain sesuai kemauan kalian.

  • Jika hanya ingin replace dalam satu map sektor(sectors) saja : Urutkan (Sort) semua data terlebih dahulu dengan klik kolom ‘Sector’ agar otomatis semua daftar diurutkan berdasarkan nama sektor. Barulah pilih/select saja yang nama map sektor nya sama.
  • Jika ingin replace di semua tempat yang ada di map yang dibikin, maka langsung saja select semua datanya yang ada sekaligus (atau bisa dengan tekan Ctrl + A)

6) Jika sudah klik kanan lagi data yang di-select tadi, lalu pilih ‘Show properties’ (mungkin akan lebih aman  jika klik dulu pilihan “Select in Map” sebelum melakukannya)

7) Langsung terbuka menu Sign Item Properties. Tinggal pilih dari Category “indonesia/trf-sign” lalu pilih modelnya ‘Speed limit 40 indo’ Baru klik OK.

8) Sudah selesai, sekarang rambu yang diinginkan sudah ke-replace secara keseluruhan dari speed limit 80 jadi speed limit 40. Singkat dan lebih efektif bukan.

Ini hanya salah satu contoh sederhana, kalau mau me-replace objek map dengan jenis item yang lain, caranya tetap sama seperti diatas. Silakan dicoba.

3. Mencari Model Map Lalu Dihapus Dalam Satu Map (Masih) Dengan Satu Klik

Kalau misalnya kalian sempat menambah satu atau sedikit model kecil di suatu tempat, lalu karena dirasa modelnya jelek atau ada bug / error pada model tersebut sehingga kalian ingin menghapusnya. Tetapi ketika ingin menghapusnya, kalian lupa dimana saja model itu ditaruh. Kalau hanya jalan-jalan berkeliling cari item satu per satu sampai ketemu, Wah… Itu melelahkan, berat sekali. Apalagi kalau map nya luas sekali, satu hari tidak akan cukup.

Tapi dengan Content Browser, kalian bisa mencari objek model map yang diinginkan bahkan bisa menghapusnya kurang dari satu hari, tidak... hanya dalam sekejap mata. Masih tidak percaya? Ini saya tunjukkan rahasia berikutnya.

~ Misalnya penulis coba hapus semua model pohon kelapa dari mod ATS (karena ada model serupa dari SCS yang lebih lebih bagus :P)

1) Pertama seperti biasa buka Content Browser. Bisa dengan cara arahkan kursor ke toolbar utama dan pilih tombol icon "4 kotak berwarna" atau langsung tekan keyboard F2.

2) Cari model pohon kelapa tadi, dengan pilih ‘Model’ pada kotak grup Type. Gunakan kolom Search untuk memudahkan pencarian, misal ketik "palm"

3) Yang pasti pada kotak grup (Tab) Assets hanya muncul sederet objek map berjenis Model dan bernama 'palm'. Karena bingung modelnya yang mana, sortir atau tampil yang adanya khusus satu negara tertentu dengan masuk ke kotak grup Categories

4) Klik kanan mouse dan pilih ‘Find All References’

5) Nah, jika kalian ingin tahu keberadaan / posisi objek model yang dicari, klik salah satu rician daftar (All Reference - Found ... items) yang diinginkan. Otomatis posisi map editor langsung diarahkan ke posisi objek yang dipilih tadi.

Sebenarnya dengan begini kalian bisa menemukan tempat rahasia (easter egg) yang sengaja dibuat oleh mapper pada mod mapnya. Tinggal bagaimana cara kalian menemukannya, hihihi… ~

6) Ada beberapa opsi lain sesuai kemauan kalian.

  • Jika hanya ingin replace dalam satu map sektor(sectors) saja : Urutkan (Sort) semua data terlebih dahulu dengan klik kolom ‘Sector’ agar otomatis semua daftar diurutkan berdasarkan nama sektor. Barulah pilih/select saja yang nama map sektor nya sama.
  • Jika ingin replace di semua tempat yang ada di map yang dibikin, maka langsung saja select semua datanya yang ada sekaligus (atau bisa dengan tekan Ctrl + A)

7) Jika sudah klik kanan lagi data yang di-select tadi, lalu pilih ‘Delete from map’. Musnah sudah modelnya yang tadi sempat dicari.

8) Kalau ada cara lain, Select rincian data yang ditemukan sama pada langkah no. 6 tadi. Lalu tanpa klik kanan langsung arahkan mouse ke tombol “Select in Map” sampai di map editor nya tampak ada titik/node objek map yang di-select. Kalau sudah, langsung saja hapus semua item yang dipilih dengan tekan ‘Delete (Del)’ di keyboard. Dan…. Tamat sudah riwayat mereka.

3. Mencari Lokasi Penempatan (Path) File DEF, Model, Automat, & Tesktur Tiap Model Map

Content Browser juga sangat membantu para pembuat model map, yang suka mengedit model jalan, prefab, gedung, rambu lalu lintas, rumah, toko, atau model statis apapun yang hanya ditambahkan di map editor (asalkan bukan model traffic kendaraan AI). 

Biasanya masing-masing aset atau model map terdiri dari beberapa file format tertentu, mulai dari pmd, pmg, pmc, pma, mat, tobj, dds, atau sii. Kalau sudah membuat banyak model dan ditumpuk atau packing jadi satu file arsip, (file zip atau .scs) justru akan tampak sulit khususnya dalam mencari file yang mungkin tertinggal atau dobel saat mencoba FIX aset/model yang kena bug atau error. Apalagi file .mat yang tersedia pada folder automat, yang jumlahnya sekian banyak. Tiap satu model saja ada yang sampai lebih dari 10 file .mat, bayangkan bagaimana kalau ada satu file .mat yang error coba? 

Maka dari itu, kalian bisa menggunakan bantuan Content Browser untuk mencari sumber file tersebut.

Semua informasi setiap aset dan model sudah tertera secara otomatis di kotak Information. Letaknya di pojok kanan bawah tepat di bawah Preview. Tentunya masing-masing jenis item memiliki informasi yang berbeda-beda. Mulai dari lokasi folder dan file, lokasi file mat (automat), hingga seluruh deskripsi yang tertera pada file .sii.

Berikut ini sejumlah data yang masuk dalam informasi objek map yang dicari (sudah disinggung pada PART1 sebelumnya)

  • Type
  • Asset (nama model map)
  • Unit name (kode unit si model map)
  • Source sii (data DEF yang dimasukkan)
  • Dimensions (ukuran objek model map)
  • Instanced
  • File (path lokasi file PMD ditempatkannya si model map)
  • Looks (sumber file automat / MAT, TOBJ maupun DDS yang dipakai)
  • Variant (jumlah variasi bentuk atau rangka objek model map)
  • Static LOD (informasi model versi low-poly keseluruhan)

4. Tambahan Lain

Kalau misalnya ada salah satu aset/model yang error, entah itu dari tekstur nya atau rangka objek model itu sendiri, biasanya secara otomatis sudah terdeteksi di Content Browser dengan pemberitahuan langsung di log console, yang pasti dengan munculnya error (tulisan merah) dan warning (tulisan kuning). 

Apabila ada model map yang error, maka saat kalian cari aset/model error tersebut di Content Browser, aset/model tersebut bisa langsung terlihat pada kotak grup Preview. Entah itu tekturnya jadi hilang, atau hanya berupa kotak kosong aja.

Secara tidak langsung ini menjadi upaya paling awal untuk mengetahui penyebab awal game crashed atau CTD (crash to dekstop), khusunya yang kemungkinan disebabkan oleh aset/model yang error bahkan tanpa deskripsi yang jelas pada game.log.txt. Jadi, ketika terjadi game crash atau CTD, cek dulu apa yang salah dengan membuka map editor lalu buka Content Browser (jika memang tidak dijelaskan pada game.log.txt).


Cepat juga, kan? Ternyata Content Browser sangat membantu para mapper. Bahkan orang yang membuat ETS2/ATS pun juga sering menggunakannya. Jadi mau pakai cara yang mana? Tergantung kalian.

Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada masalah atau ada yang kurang di atas tolong sampaikan lewat komentar di bawah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang baik, mungkin tidak ada satupun posting/artikel seperti ini di blog lain. Jangan lupa share (berbagi) post ini kepada semua orang. Sekian dari saya, Wassalam!




Lihat Tutorial Sebelumnya :

## (Part 18) Mengenal Content Browser (Bagian1) ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

## (Part 20) Mengenal Script DEF ETS2##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##