Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 2 : Jalan Raya (Item : Road)

#2 Teknik Dasar Map Editor (Membuat Jalan Sederhana) [Item=Road]

Diperbarui pada : Juli 2021
Alasan : Ganti Link

Salam! Disini saya jelaskan bagaimana teknik dasar membuat map/peta yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Setiap orang punya teknik dan gaya pembuatan map yang berbeda. Yang pasti program map editor pada game lain juga berbeda (kecuali ATS yang dirilis oleh perusahaan game yang sama dengan ETS2).

Komponen utama dan WAJIB dari sebuah map(peta) adalah jalan atau Road. Kalau tidak ada jalan, bagaimana truk bisa lewat? 

Disini saya ajarkan sedikit demi sedikit cara dasar membuat jalan baru. Saat ini kalian tidak harus memaksakan diri membuat sebuah kota. Karena khusus item jalan, kalian bisa menambahkannya di tempat apapun. Kalian bisa buat jalan pedesaan yang lapang, jalan berkelok-kelok menembus pegunungan, atau jalan dengan beberapa pemukiman di sisinya.

Hasil jadinya pun untuk saat ini cukup dijalankan lewat mode “Run Map”, tidak lewat profile game pada umumnya karena ada banyak komponen lain yang harus diberikan (kapan-kapan saya jelaskan di lain topik)



Saat ini saya pakai game ETS2 versi 1.35. Bagi kalian yang versinya tidak sama masih bisa mengikuti tutorial ini. Minimal versi 1.23 sampai versi terbaru saat ini (boleh di versi 1.28, 1.30, dsb.). Boleh juga dibuat di game ATS karena secara garis besar caranya sama kok.
Silahkan ikuti berbagai petunjuk di bawah ini.


1. Membuka Map Editor

Silahkan buka game masing-masing untuk sekalian membuka map editor. Untuk kalian yang masih bingung, langsung buka artikel (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Untuk kali ini kita akan coba buat map baru atau New Map (otomatis berjenis stand-alone). Tapi bagi kalian yang mau buat jalan di map orisinil/original/map base yakni europe.mbd, oke silahkan saja asalkan tidak mengganggu sektor map yang sudah ada (dan tentunya cukup berat karena banyak sektor map yang dimuat, jadi saat save map akan memakan waktu cukup lama).

Pastikan kalian sudah belajar dari Tutorial pertama Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan.


Kalau sudah siap, mari lanjut ke petunjuk berikutnya!


2. Menambah Jalan

Untuk membuatnya langsung saja ikuti langkah berikut. Mode tampilan yang aktif saat ini ialah Top Camera atau Helicopter View atau KAMERA ATAS.

>> Pilih Road pada menu Item Type, atau langsung tekan tombol ‘1’ di keyboard. Pilih New Item bergambar plus (+) pada kelompok Edit Mode, atau tekan tombol E di Keyboard.


>> Nanti akan muncul jendela ‘road item default properties’. Pilih jenis dan setting jalan yang ingin digunakan. Untuk memahami lebih lanjut tentang jenis jalan yang akan ditambahkan, berikut saya paparkan di bawah ini.


Road Type : Kalian bisa memilih berbagai jenis jalan yang ingin dipakai. Jenis jalan yang tersedia yaitu jalan biasa (road), jalan perkotaan (cityroad), atau jalan cepat (highway). Adapun jalan dengan satu lajur (1 lane), dua lajur (2 lanes), ataupun lebih. Serta jarak ditengah antara 2 jalan mulai dari 1m, 2m, 5m, sampai 10m

Road Shader : Disini tersedia berbagai jenis tekstur jalan yang bisa kalian pakai. Baik berupa jalan aspal maupun jalan tanah

Central Shader : Jika kalian memilih jalan yang berjenis two-way (bukan one-way atau satu arah) yang memiliki dua arah jalan berjarak tengah 1m, 2m, atau lebih, pilihan ini akan muncul. Terdiri dari bermacam tekstur tanah (terrain) yang bisa dipilih, mulai dari rumput hijau, rumput kering, tanah, pasir, batu, maupun aspal.

Type : Disini ada dua jenis jalan yang bisa dipilih. Ada yang bertipe road (hanya jalanan biasa), dan bertipe city road (jalan disertai trotoar).

Catatan : Pada versi 1.23 kebawah sempat tersedia pilihan ‘terrain’ dimana hanya ditambah terrain (tanah) saja tanpa jalan. Namun setelahnya, opsi tersebut terpisah dari item road dan sudah berdiri sendiri (memiliki item properties tersendiri).

Ada kelompok ‘Left’ dan kelompok ‘Right’. Masing-masing bagian memiliki pilihan yang sama sebagai berikut.

Terrain shader : Kalian bisa memilih tekstur tanah (terrain) yang bisa dipilih, mulai dari rumput hijau, rumput kering, tanah, pasir, batu, maupun aspal.

Sidewalk : Jika kalian mengaktikan ‘City road’ pada kelompok Type, maka pilihan ini akan muncul. Terdiri dari berbagai macam tekstur trotoar yang bisa dipilih.

Pada jenis jalan tertentu dalam menu ‘Road Type’ ada yang berjenis road template yang terdapat lebih banyak pilihan yang bisa diatur. Biasanya jalan jenis ini digunakan pada peta DLC, tapi aset tersebut sudah tersedia dari base game itu sendiri. Kalian bisa memilih jalan yang diawali tanda (*) atau yang berawalan fr, ger, it, balt, serta blke.

Jika memilih jalan berjenis road-template tersebut, maka akan muncul pilihan baru pada bagian bawah, namun otomatis pilihan Type (yang ada ceklis road dan city road) dan pillihan Sidewalk langsung menghilang.

Berikut pilihan tambahan yang tersedia untuk jenis road-template.



Road Look : Kalian bisa memilih tekstur aspal yang tersedia, sama halnya dengan Road Shader.

Road Variant : Yang berbeda disini, kalian bisa menentukan variasi bentuk garis putih/kuning pada jalan, seperti garis putus-putus (broken), garis lurus (single), garis lurus ganda (double), tanpa garis (no line) dan lain-lain.

Left Edge dan Right Edge : Disini kalian bisa memilih jenis/item pinggiran jalan yang akan dipakai, baik berupa trotoar (sidewalk) maupun sebatas tanah saja (shoulder).


>> Setelah memilih jenis jalan yang ingin digunakan, langsung klik kiri mouse di map editor. Lalu geser atau tarik garis ke arah yang diinginkan, dan klik kiri mouse lagi. Maka item jalan sudah muncul di situ.



>> Kalau jalan baru-nya tidak muncul, itu berarti jaraknya terlalu pendek. Silahkan buat lagi dengan jarak lebih panjang sampaai muncul. Kalau masih tidak muncul juga, maka harus di zoom (perbesar atau perkecil) sampai jalannya muncul.

>> Untuk melanjutkan atau menambahkan lagi, klik lagi dan geser kembali ke arah lain secara terus menerus hingga membentuk satu jalur jalan yang diinginkan.



>> Jika sudah selesai, silahkan pilih Move Item dengan ikon Panah Biru di toolbar atau langsung tekan tombol ‘M’ di keyboard. Lalu tata kembali item jalan tersebut sesuai keinginan.

Sudah jadi, kan? Tapi masih terlihat polos.

>> Silahkan pilih Item Properties dengan ikon Kotak Biru dan Tanda Tanya, atau langsung tekan tombol ‘P’ di keyboard.

>> Lalu pilih salah satu titik atau node dengan klik kiri mouse, atau blok saja semua titik/node yang ada seperti yang saya sampaikan di Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan.


>> Langsung muncul dialog/jendela road item properties. Untuk memahami lebih lanjut tentang pilihan dan pengaturannya bisa membuka artikel ini berjudul Mengenal Item Properties (Road/Jalan).

>> Perhatikan juga label tulisan “left”, “right”, atau “center” disana. Maknanya itu adalah posisi terrain jalan yang diubah. Left berarti di kiri jalan, Right berarti di kanan jalan, dan Center itu ya… di tengah jalan (khusus jalan dua lajur atau lebih yang dibatasi median atau pembatas di tengah jalan). 

>> Jika sudah tekan OK.


Kalian bisa membuat variasi lain selain contoh diatas dengan kreativitas dan imajinasi kalian. Tentunya sesuai daerah yang ingin kalian bangun. Baik yang ingin membuat daerah datar ataupun berbukit.

Masih polos, sepertinya kita harus mempercantik item itu biar lebih menarik. Akan saya bahas kok di tutorial selanjutnya ;-)

Kalian bisa melihat map Eropa yang sudah ada di game atau dari mod map (peta) lain untuk mencari inspirasi. Sering-seringlah berlatih, dan pada akhirnya kalian akan menjadi mahir dalam membuat peta.

(Trik Spesial #1)

Mungkin kalian sempat bertanya-tanya. Kenapa setiap node (titik) item tersebut berwarna merah dan hijau?

Ini berfungsi ketika kalian ingin menghubungkan node item yang terpisah. Saat dihubungkan, node yang berwarna merah harus dihubungkan dengan node hijau. Dan Item ini tidak bisa terhubung satu sama lain jika berwarna sama (baik merah dengan merah, maupun hijau dengan hijau).

Saya ibaratkan mereka sebagai magnet atau listrik yang bermuatan positif atau negatif. Saya misalkan node (titik) hijau bermuatan positif, dan node (titik) merah bermuatan negatif. Jika positif dihubungkan dengan negatif, pasti akan saling berhubungan/bergandengan. Jika postif atau negatif dihubungkan sesamanya, maka pasti terjadi tolak-menolak (tidak gandeng). Kalau tidak percaya, coba saja sendiri!



(Trik Spesial #2)

Namun jika kalian sudah mencoba menggandengkan/menghubungkan node item merah dan hijau, tetapi masih saja belum bisa gandeng/terhubung. Nah, ini pasti ada masalah lain? Ya, karena ketinggian (height) masing-masing tidak sama. Untuk mengatasinya cukup samakan ketinggiannya. Caranya sebagai berikut.

Cara 1 : Klik kiri dan tekan tombol Alt kiri pada salah satu titik/node yang ingin dihubungkan, lalu geser dan tahan mouse sambil terus tekan tombol Alt itu kemudian hubungkan ke titik/node lain yang dituju. (Syarat : Snap to Nodes Harus Aktif)


Cara 2 : Pilih Snap to Ground (berikon magnet dan garis melengkung) pada kelompok Snap, lalu pilih satu node item yang ingin dipilih untuk selanjutkan dihubungkan dengan node item terpisah lainnya secara langsung. Cara ini dibilang lebih mudah tetapi tool ‘Snap to Ground’ hanya muncul untuk ETS2 versi 1.23 ke atas.


Cara 3 : Pilih atau blok dua node item terpisah yang ingin dihubungkan, lalu gunakan Node Properties (berikon lingkaran warna pink dengan tanda tanya) atau tekan N di keyboard. Lantas pilihlah salah satu titik yang sudah diblok tadi. Setelah muncul dialog, pada baris Position pada kolom/kotak bagian tengah isi angka yang diinginkan lalu pilih OK. Setelah itu hubungkan kedua node tersebut seperti biasa.


Catatan : Untuk cara 3, sebelum mengisi angka pada position di Node properties ataupun membuka Node properties, kalian harus tau (ketinggian) terakhir dari salah satu node yang ingin dihubungkan. Untuk mengatasinya cukup pilih dan sentuh salah satu node tersebut, lalu cek dan lihat deretan angka (koordinat) di pojok kanan bawah yang bagian tengah (sumbu Y), atau lihat angka yang sudah ditunjukkan setelah height di tempat yang sama jika kalian mengaktifkan tool ‘Height’ (tombol H di keyboard) berikon kotak kecil berpanah dua arah dibawahnya). Baru kemudian buka node properties dan isi angka yang sudah ditunjukkan tersebut.


3. Menyimpan Map

Jika sudah selesai, simpan map kalian tersebut. Masih bingung? Silahkan buka artikel ini berjudul (Part 3) Cara Menyimpan Map dan Memainkannya di Map Editor

Masih ada trik dasar map editor lainnya yang ingin saya sampaikan. Jadi, Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!



Lihat Tutorial Sebelumnya :
Lihat Tutorial Selanjutnya :
Kembali ke Tutorial Utama :

Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 1 : Latihan & Pemanasan

Salam! Disini saya jelaskan bagaimana teknik dasar membuat peta yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Setiap orang punya teknik dan gaya pembuatan map yang berbeda. Yang pasti program map editor pada game lain juga berbeda (kecuali ATS yang dirilis oleh perusahaan game yang sama dengan ETS2).

#1 Teknik Dasar Map Editor (Pemanasan)

Diperbarui pada : Mei 2021 

Alasan : REVISI


Ada orang yang lebih fokus membuat peta lebih detail dan lebih ramai. Adapun orang yang membuat peta se-realistis dan semirip mungkin dengan tempat aslinya. Ada juga orang yang hanya sekedar menambah jalan. Tetapi untuk yang masih bingung bagaimana cara membuat map (peta) di map editor, berikut saya kasih beberapa tips dan trik membuat peta tersebut.

1. Seputar Map Editor

Sebelum memulai, pelajari dulu apa itu map editor ETS2 atau ATS dan mod map yang ada didalamnya. Silahkan baca tentang (Part 1) Pendahuluan.

2. Membuka Map Editor

Langkah pertama sudah pasti membuka map editor. Untuk kalian yang masih bingung, langsung buka artikel ini tentang (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Ketika terbuka, maka secara default kalian hanya akan melihat layar hitam kosong dengan satu titik mobli putih kecil di tengah "Start Place". Itu tandanya kalian berada di titik paling tengah pada editor. 

Seandainya kalian membuka file europe.mbd posisi tengahnya berada di wilayah Jerman (dekat Erfurt). Kalau map usa.mbd saya agak lupa (plak!)


Tampilan Awal Map Editor ETS2 (versi 1.35)

Fungsi mobil putih ada pada tutorial lain di blog ini juga. Baca artikel ini tentang (Part 3) Cara Menyimpan Map Editor.

3. Mengoperasikan Tampilan Map Editor

Pada tampilan kosong map editor tadi, kalian sedang memakai mode tampilan atau sudut pandang Top Camera. Ada tutorial lain yang menyebutnya sebagai Helicopter View. Namun kalau versi saya pribadi lebih suka bilang “KAMERA ATAS”.

Berikut tombol keyboard + teknik dasar mengoperasikan tampilan map editor.

Page UP (Pg Up) : Mendekatkan tampilan atau pandangan objek.

Page DOWN (Pg Dn) : Menjauhkan tampilan atau pandangan objek.

Mouse Scroll : Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan.

Klik kanan mouse, ditahan lalu geser posisi mouse : Memindahkan posisi tampilan editor.

Oke, sudah puas? Sekarang coba ganti tampilan atau sudut pandang menjadi Free Camera, atau Free Roam, atau versi pribadi “KAMERA TERBANG”.

Caranya cukup tekan tombol ‘C’ di keyboard. Maka mode tampilan sudut pandang akan berubah secara otomatis.

Geser Mouse saja : Digerakan untuk melihat tampilan atau pandangan ke segala arah pada satu titik.

Tombol W, A, S, D, E, Q : Memindahkan posisi tampilan atau pandangan, secara urut mulai dari maju (W), kiri (A), mundur (S), kanan (D), bawah (E), atas (Q).

Kombinasi tombol WASDEQ dan geser mouse : Terbanglah burungku… kepakkan sayapmu… menembus angkasa yang luas… Eeh, yang ngetik mulai melantur! (-_-)

Mouse Scroll : Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan (sama).

Untuk mengunci tampilan supaya tidak lari kemana-mana dan bisa melihat kursor mouse kembali, cukup tekan tombol spasi (Space) di keyboard. Nantinya kalian juga bisa milih obyek dan membuka item properties.

Dan untuk kembali seperti sebelumnya, tekan lagi tombol spasi tersebut.

Sudah bisa memakai map editor? Nah, sekarang kembalikan ke mode sebelumnya dengan tombol yang sama, ‘C’ di keyboard. Kalau mau balik lagi, ya… sama juga caranya.


4. Belajar Memilih (Select) dan Menggeser Obyek atau Item.

Sekarang coba buka map yang sudah jadi, terserah mau map original dari game ETS2 atau ATS maupun mod map yang kalian punya.

Cara membukanya tinggal pilih menu File -> Open, atau tombol keyboard Ctrl+O. Untuk map original, buka lewat console yang dimunculkan dengan tombol tilde (~) di keyboard, lalu ketik edit europe (ETS2) atau edit usa (ATS).

Cari suatu daratan, terserah dimanapun tempatnya. Manfaatkan tutorial sebelumnya untuk memindahkan tampilan.

Jika sudah, mari mencoba mengutak-atik bintik-bintik kecil bermacam bentuk yang banyak dan ribet yang disebut Node item, versi pribadinya sih… “titik”.

Pertama, pilih Move Item dengan ikon Panah Biru di toolbar atau langsung tekan tombol ‘M’ di keyboard. Lalu lakukan kegiatan berikut.

Klik kiri mouse pada satu Node : Memilih satu obyek atau item node apapun.

Klik kiri mouse pada Node (baik satu, dua, atau lebih) ditahan lalu geser posisi mouse : Memindahkan obyek atau item node.


Cara memblok atau memilih dua Node item atau lebih :  

>> Klik kiri mouse pada Node satu per satu sambil tekan Ctrl di keyboard (Ctrl+Klik kiri)

>> Klik kiri mouse sembarang tempat, ditahan lalu geser posisi mouse sampai muncul sebuah kotak putih. Arahkan ke beberapa Node yang ingin dipilih sampai memasuki kotak tersebut.

>> Tekan Ctrl+A (select all), maka semua Node yang ada di Map Editor akan terpilih secara masif.

Kalau Node item sudah diblok atau di-Select, maka kalian bisa melakukan Copy-Paste, Cut-Paste, atau Delete, layaknya program aplikasi PC kebanyakan.

Nah, untuk teknik lainnya menyusul di tutorial selanjutnya saja. Soalnya ada buanyak sekali yang harus dibahas.


5. Menu Help atau Documentation.

Supaya kalian lebih kenal sama Map Editor, ada penjelasan lebih rinci tentang tombol fungsi dan tampilan lain yang tidak kalah penting. Caranya langsung tekan tombol F1 di keyboard, atau pilih menu Help -> Brief Documentation.




Ada empat sub-menu, yaitu Global, Tools, Content Browser, dan Debug. Silahkan dipelajari sendiri satu per satu. Manfaatkan tutorial diatas tadi untuk menunjang eksperimen kalian. Kalaupun ada yang belum disebut atau diajari disini, tenang… saya bakal sampaikan di tutorial selanjutnya.


6. Mengenal Background dan Sektor Map.

Oh iya, ada satu lagi yang harus kalian tahu. Dalam map editor ternyata sudah dibagi kedalam berbagai sektor yang biasa disingkat sec. (sector, bukan second).

Kalian bisa mengetahuinya dari isi folder map yang terdiri dari file .aux, .base, .data, dan .desc (ada file .snd di ETS2 1.40).

Kalau bingung silahkan cek folder map europe (map original/bawaan game)



Hayo, masih nggak tahu dimana filenya? Itu adalah folder hasil ekstrak file base.scs dari game itu sendiri. Baca lagi tutorial (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Contoh sektor map misalnya sec+0000+0000 atau sec-0000-0000. Gambaran umumnya sih seperti ini.



Kembali ke map editor, kita bisa mengetahui posisi terakhir kita membangun map dengan melihat sektor map tersebut. Caranya tekan ‘A’ di keyboard. 

Cara ini serupa dengan cara menampilkan background. Baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS  

Maka kalian akan melihat tampilan berwarna merah di layar, maknanya memang tidak ada background yang muncul disana.


Kecuali kalau kalian buka map europe.mbd, maka background bawaan game bisa muncul.

Terus dimana tulisan sektor mapnya? Nah, kita perkecil (jauhkan) dengan zoom out (pakai PageUp atau scroll mouse) sampai kelihatan tulisan sektor map.

Lah, kok ketutupan gitu. Nggak bisa lihat nih?

Tekan ‘A’ sekali saja, dan yang tampil hanyalah background-nya saja. tenang, mapnya cuma disembunyikan karena tertutup background tadi.

Kalau mau hilangkan background itu, tinggal tekan ‘A’ lagi. Dan seterusnya. Kurang lebih sama seperti kita menggunakan mode tampilan kamera dengan tombol ‘C’.

Oh iya, apa bisa kita hilangkan kotak putih yang ada tulisan sec+00xx+00xx itu? Soalnya agak tidak enak dipandang.

Bisa saja kok. Kalian harus edit dulu file def untuk map bakground. Silakan baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS 


Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Masih banyak hal yang akan dibahas tentang Trik Dasar Map Editor di blog ini. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, mungkin sebaiknya kalian bisa menyimak video yang satu ini (untuk ETS2 1.40)


Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!




Lihat Tutorial Sebelumnya :

## --- ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

##  Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.39 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.39

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.39

MAP

  1. Rework (garap ulang) kawasan pelabuhan Calais, Prancis (lihat gambar diatas !)

UI (User Interface) 

  1. Pembaruan tampilan Launchpad (Menu Utama)

VEHICLES

  1. Lowbed and low-loader trailers (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri)
  2. Schwarzmuller low-loader (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri) untuk item Schwarzmuller DLC
  3. DAF XF 2017 Facelift masuk kedalam tipe kendaraan AI
  4. MAN TGX Euro 6 masuk kedalam tipe kendaraan AI (termasuk varian 6x2/4)

FITUR LAIN

  1. Perbaikan Sound (turbo slider, sound position-ing, cabin spatial mixing, sound distribution to accessories)
  2. Trailer browser & lister menampilan semua varian kargo yang valid
  3. Adanya eksperimen “transmission input shaft emulation” and “clutch brake support” (g_clutch_brake)

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Sound

Ada perubahan di bagian suara interior kabin (kemudi) dan menghapus beberapa fitur default (?)

Informasi dari situs aslinya masih belum lengkap. Ditunggu saja, nggih…

Sound Accessories

Semua aksesori pada kendaraan utama sudah muncul atribut suara baru dengan script tipe string array, dan setiap item memiliki format "sound_name | sound_path".

Jalur/path nya dapat ditentukan dengan salah satu dari tiga cara berikut:

String empty atau "-" (strip) berarti tidak ada sound yang dimainkan. Juga jika item hilang dalam baris sama sekali tidak ada sampel yang akan diputar untuk suara yang diberikan.

Path to event in bank ("bank_path # event_name") yang secara langsung menentukan contoh event. Keuntungannya ada pada kesederhanaan dan keterbacaan.

Path to sound reference file ("* .soundref") dimana jalur ke bank dan sound event ditulis. Trik ini mendukung modding yang lebih mudah jika hanya perlu menghubungkan(link) suara lain tanpa benar-benar menyentuh sound bank.

Sebagian besar sound event adalah atribut bekas aksesori sound lama.

Gambarannya adalah aksesori dari file "sound.sui" membagikan tipe tertentu yang berisi sound array yang telah disebut. Dalam array tersebut merupakan link kepada shared soundref atau unique soundref, dan di dalamnya terdapat bank (disini maksudnya kumpulan/koleksi) dan event tertentu. Ini dapat dimodifikasi dengan banyak cara dan pada banyak tingkatan.

Pertama dapat langsung mengubah file aksesori (mis. Menyetel suara sendiri untuk aksesori yang diberikan). Atau dapat mengubah konten shared "sound.sui" (misalnya untuk mengubah semua suara pada grup aksesori tertentu tanpa benar-benar menyentuh aksesori itu sendiri yang akan membuat mod lebih kustom dan kompatibel dengan versi selanjutnya). Atau bisa juga memodifikasi satu suara hanya dengan memodifikasi soundref-nya (baik yang shared atau unique). Atau satu lagi, dapat mengubah sampel di bank (koleksi suara).

Vehicle Models & Data

Accessory models

Model aksesori untuk eksterior dan interior mendapat dukungan untuk suku cadang khusus, yang akan dinyalakan / dimatikan tergantung pada fungsinya. Bagian ini adalah:

  • electrics - bagian akan dihidupkan saat listrik truk menyala, jika tidak maka mati
  • park_light - bagian akan dinyalakan saat lampu parkir menyala, jika tidak maka mati
  • left_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kiri aktif, jika tidak maka mati
  • right_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kanan aktif, jika tidak maka mati

Engine data

Arrays torque_curve and secondary_torque_curve sekarang mendukung semua rentang rpm. Sebelumnya ada hard cap yang tidak disengaja dari 3000 rpm yang sekarang hilang.

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: mesin/engine, knalpot/exhaust, start_bad, and turbo.

Transmission data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: air_gear_noise, retarder, gear_grind, gear_wrong.

Cabin data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: horn, air_horn, aero_noise, rain_noise.

Chassis data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 7 event suara:  air_brake, air_cutoff, reverse, lift_axle, hook_attach, hook_detach, trailer_cables.

Interior data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 21 event suara:

air_warning, blinker_off, blinker_on, noise, stick_blinker, stick_blinker_off, stick_engine_brake, stick_hazard_warning, stick_high_beam, stick_light_horn, stick_lights, stick_park_brake, stick_park_brake_off, stick_retarder, stick_wipers, weigh_green, weigh_red, window_click, window_move, wipers_down, wipers_up.

Trailer body data

Ada atribut baru ‘empty_cargo_model’. Ini digunakan sebagai kargo virtual setiap kali trailer tidak dimuat oleh kargo lain. Tujuannya adalah untuk menangani dengan benar semua switches, handlers dan bagian lain yang biasa digunakan untuk pemasangan kargo.

Cargo data

Ada atribut baru ‘oversize’ (tipe boolean, default : false). ini digunakan oleh economy untuk mencocokkan trailer yang telah ditentukan sebelumnya di menu freight market and quick job. Jika benar, hanya trailer yang diberi tag oversize (yang berisi spanduk yang sesuai dan aksesori flag/penanda) yang cocok. Demikian pula, hanya trailer non-oversize yang digunakan jika attubute false.

Atribut lama ‘overweight’ hanya berfungsi sebagai flag/penanda untuk mengabaikan country weight limits (pemain dipastikan memiliki izin khusus untuk mengambil kargo tersebut).

Salah satu dari atribut tersebut akan memaksa game economy untuk menghasilkan penggunaan berat truk perusahaan untuk mode quick job.

Trailer data

Definisi data trailer dapat memiliki atribut oversize. Ini digunakan untuk mencocokkan kargo dalam pekerjaan yang dihasilkan oleh game ekonomi.