Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.37 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.37

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.37

MAP

Rework (garap ulang)  kota di Prancis : Metz, Reims, Dijon, dan Strasbourg

VEHICLES

  1. Food tank trailer (tipe ownable)
  2. Food tank (tipe ownable) untuk Schwarzmüller DLC

FEATURES

  1. Konversi Sound besar-besaran ke FMOD -  semua tipe sound dan pengembangannya !!
  2. Jendela Truk & Bis bisa dibuka manual (feat. FMOD)
  3. Pengembangan AI Traffic and Sistem Sound tersebut (feat. FMOD)
  4. Fitur “walking camera” dalam layar konfigurasi truck atau trailer (+ video scene garage)
  5. Tambahan "technical inspection" kendaraan pada weigh_stations yang diutamakan (illegal trailer, damaged vehicle).
  6. Tambahan progressive denda batas kecepatan.
  7. Ada tampilan loading_screen terbaru !!
  8. “Colour feedback support” khusus untuk PC ASUS ROG Strix (ASUS Aura Ready)

TOBII EYE TRACKING

  1. Perbaikan key function dari Eye-tracking pause
  2. Automatic eye-tracking pause saat game pause atau di tampilan UI
  3. Settings hotkey visibility pada tampilan UI

MOD

  1. Semua tipe sound sudah menerapkan fitur FMOD (Peringatan Wajib untuk Mod Sound!)
  2. Engine power range data (ketimbang menggunakan boost value)
  3. Animasi “exhaust gas temp gauge”
  4. AI data tweaking (“engine power” disamping “torque & gearbox”, “vehicle_mass override” untuk trailer) 

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Sound

Sistem FMOD® kini sudah dipakai (mulai versi 1.37 keatas) sebagai sistem sound atau mesin suara UTAMA dalam game ini. Fitur dan penjelasan detailnya telah dijelaskan di Documentation/Engine/Sound di situs SCS Modding Wiki.

Game Data

Police_data

Disini ada atribut khusus untuk pemberian denda dan tindakan baru.

Denda batas kecepatan (speeding fine) sekarang menggunakan fine_overspeed_step (float, default 0.0), fine_overspeed_step_multiplier (float, 1.0), dan fine_overspeed_multiplier_limit (float, 1.0) dengan rumus sebagai berikut:

fine = base fine * multiplier ^ (overspeed / step),

Maksudnya untuk setiap step over fine speed yang diizinkan dikalikan dengan nilai yang ditentukan hingga batas perkalian atau pemangkatan/pangkat. Untuk speeding fine base sendiri telah diturunkan untuk sedikit kompensasi.

Sementara untuk Pelanggaran kendaraan yang rusak (Damage) menggunakan atribut fine_core_damage_treshold (float, 0,1), fine_wheels_damage_treshold (float, 0,6), dan warning_core_damage_treshold (float, 0,05).

Dengan kerusakan pada aksesori utama (tanpa roda) di bawah nilai peringatan, maka tidak ada masalah. Kalau sudah lebih dari peringatan tetapi di bawah nilai denda, hanya peringatan yang dikeluarkan. Namun jika kerusakannya sudah lebih dari nilai denda atau kerusakan roda lebih dari nilai fine_wheel yang ditentukan, maka jelas keluarlah denda.

Vehicle Data

Engine_data

Atribut rpm_range_power_boost sudah tidak digunakan lagi, digantikan dengan rpm_range_power (float2, default (1550.0, 1950.0)). Ini dijadikan sebagai ganti dari bonus aditif relatif, yang menyatakan dengan tepat kisaran di mana mesin harus menghasilkan tenaga paling besar. Gearbox otomatis akan meng-interpolasi rentang pemindahan berdasarkan kebutuhan daya engine.

Cabin_data

Atribut baru windows_model yang mengandung kedua windows, left_window_anim dan right_window_anim adalah suatu animasi untuk model (bones) yang terlihat di luar truk.

Interior_data

Ini adalah dukungan untuk animasi pengukur suhu gas buang. Yakni atribut exhaust_temp_anim, exhaust_temp_anim_min, dan exhaust_temp_anim_max. Semua unit dalam derajat Celcius.

Animasi baru right_window_anim dan left_window_anim juga telah ditambahkan. Jendela pun harus menjadi bagian dari interior mesh dengan bone dan animasi model yang tepat (nilai animasi 0 berarti jendela tertutup, 1 berarti jendela terbuka). Animasi right_window_stick_anim dan left_window_stick_anim digunakan untuk animasi tombol kontrol jendela (0 untuk tutup, 0,5 untuk netral, 1 untuk buka);

Glass_pane_data

Dengan animasi pembukaan jendela baru, atribut baru di dalam unit glass_pane_data ditambahkan untuk mendukung pergerakan tetesan hujan di jendela yang dapat dibuka:

openable_window_bone - nama bone yang menggerakkan pembukaan jendela,

openable_window_mask - path kedalam grayscale gambar format TARGA (.tga) yang terkompresi dengan ekstensi .mask berukuran 128x128px, yang berfungsi untuk menutupi tetesan hujan dengan jaring kaca jendela.


Sudah selesai. Pastikan kalian mempelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.

Selain itu, saya ingatkan… untuk perangkat keras dan sistem operasi kalian harus bisa mendukung DirectX-11(.1) (awas loh, ada embel-embel 1 di belakang).

Yang masih pakai Windows XP dan Vista, silahkan ditanggung sendiri. Bye-bye...

Kalau Windows 7, pastikan update hingga versi terkini karena ada sebagian sistem yang tidak kompatibel.

Sedangkan Windows 8 hingga 10 yah… aman-aman saja, asalkan spek PC-nya oke.

Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

5 comments:

  1. Replies
    1. Mas.. mau tanya.. untuk memperbarui mod grafik ada keterangan seperti ini

      Sun profile 'default.nice.01n' has an old version (0) and will be runtime-converted to the latest (3). Resave setup in editor's Weather editor (F9), the conversion will cease to work in near future.

      itu caranya gimana ya mas? apa harus masuk map editor?

      Delete
    2. Dari keterangan itu, sepertinya iya. Masuk map editor dan buka tool weather editor.

      Saya jarang mengedit mod graphic jadi silahkan dicoba dulu.

      Semoga membantu.

      Delete
    3. Siap. Sudah bisa mas. Trims

      Delete