Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.44 + 1.45 + 1.46 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod) - Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.44 + 1.45 + 1.46

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.44 & 1.45 & 1.46

MAP

  1. Update map baru Austria secara keseluruhan (base game)
  2. Fitur Jelajah/Temukan “Unmarked Road” (jalan tersembunyi)
  3. Rambu Jarak (Distance) dengan Sistem Pengukuran Mileage yang Akurat (sesuai skala game)
  4. Beberapa revisi atau garap ulang di sejumlah gerbang perbatasan di kawasan  DLC Beyond the Baltic Sea
  5. Pembaruan fitur Gerbang Tol di Italia
  6. Revisi atau Ganti banyak Logo Job Company di game
  7. Tampilan rute jalan UI di wilayah Corsica dan Sardinia
  8. Bug fixes seperti biasa
  9. Kota baru yang digarap ulang di Jerman : Hannover
  10. Penambahan kawasan Krone Production Plant, Werlte (wajib pakai Krone Trailer Pack DLC)
  11. Spot lokasi dan Company baru di kawasan map DLC Iberia
  12. Penambahan rambu khusus batas regional di kawasan map DLC Iberia

GAMEPLAY

  1. Fitur “Mod Refund” atau Pengembalian uang beli Mod
  2. Tampilan Licensed vs Aftermarket UI di browser
  3. Perbaikan/Upgrade Force Feedback
  4. Height Suspension yang bisa Disesuaikan
  5. Interior Camera Horizontal yang di-Lock
  6. Sistem Sequential Shifting yang lebih Cerdas
  7. Dukungan MOD Opsional untuk Konvoi
  8. Kustom tampilan Game Intro (waktu bikin profil baru) untuk semua kota di Austria dan Hanover, Jerman
  9. Opsi Sensor Hujan
  10. Opsi untuk menyembunyikan penanda jalan yang tidak dapat diakses
  11. Fitur Galeri Foto Baru
  12. Menu Company Browser
  13. Banyak lagi Kustom tampilan Game Intro (waktu bikin profil baru) di kota lain
  14. Driveshaft Torque

VEHICLE

  1. Opsi interior baru versi 2022 untuk Renault T
  2. Model Eksterior dari Interior yang diperbaiki untuk Renault T
  3. Ownable Cistern Trailer - Tangki Bahan Kimia
  4. DAF 2021 mendapat implementasi infotainment khusus
  5. Layar infotainment/GPS di semua truk telah dimatikan, terpisah dari map zoom
  6. Ponsel dan perangkat navigasi mendapat implementasi khusus
  7. Ownable Cistern Trailer - Silo dan Tangki Bahan Bakar
  8. Krone Paper Liner, Krone Profi Liner Building, lebih banyak aksesoris Krone (memerlukan Krone Trailer Pack DLC)
  9. Implementasi JOST Roda Kelima Fase 1

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Sistem Generic Wheel (Velg/Roda) Disederhanakan

Kini script logika untuk meng-handle roda telah berubah, tidak ada lagi yang namanya “front and rear wheels” yang di-hardcode, hanya ada wheel berbagai jenis.

Jenis roda ditentukan oleh 1 huruf. Untuk kompatibilitas terdahulu sejauh ini roda yang ada adalah tipe F dan R, dipasang pada locator dengan tag huruf tunggal yang sama dan tersimpan dalam folder dengan nama sama pada nama unit serupa (termasuk bagian roda - ban, cakram, hub ...). Dengan demikian, semua data roda yang lama berfungsi persis seperti sebelumnya.

Tetapi selain itu kalian dapat membuat tipe baru yang ditentukan oleh huruf berbeda yang digunakan dan dikendalikan oleh model chasis dan locatornya, tetapi tetap digunakan bersama di antara kendaraan. Set roda truk dan trailer dipisahkan seperti sebelumnya.

Misalnya, pada trailer dropdeck ATS baru memiliki roda tipe S dan D (S = roda tunggal ; D = ganda ; dengan diameter yang jauh lebih kecil). Aksesoris bagian roda disimpan pada script s_tire, s_disc, d_hub, d_nuts dan folder dan unit serupa diberi nama stire, sdisc, dhub, dnuts dll.

Perubahan ini memengaruhi semua data terkait - misal tiap tipe didefinisikan default di def/vehicle/rim_data.sii yang membutuhkan tempat yang sama sekali berbeda.

External interior locators

Karena sekarang ada interior yang sangat berbeda, tidak cukup bahwa locator cabin accessories untuk tampilan eksterior dihubungkan ke kabin secara eksklusif. Bisa jadi ada locator yang dimasukkan ke dalam model interior eksternal secara opsional. Jika tidak ada dalam model interior eksternal, cari kembali ke model cabin (atau chassis) untuk tetap bisa dipakai dari versi sebelumnya.

Accessory data

All accessory data

Ada atribut opsional baru bernama part_type. Ini mendefinisikan ikon dan tooltip yang ditampilkan pada aksesori. Nilai yang tersedia adalah factory, aftermarket, licensed atau unknown (nilai default).

Chassis accessory data

Ada atribut opsional baru steerable_lifted_axles. Tipenya boolean dengan false sebagai default. Ini fungsinya mengontrol apakah poros/axle bereaksi terhadap kemudi saat diangkat. Solusi mekanis biasanya dapat dilakukan, sedangkan as/axle roda kemudi yang digerakkan secara elektronik biasanya tidak begitu.

Interior accessory data

Ada atribut opsional baru show_chassis_rear. Tipenya boolean dengan false sebagai default. Ini harus diatur dengan benar pada interior di mana kalian dapat melihat bagian dari chassis atau aksesori nya (misalnya daycab pada game ATS).

Itu membuat model chassis yang sudah jadi dan semua aksesorinya di interior, jadi kalian mungkin dapat error dengan item yang dipasang di chassis, tetapi masih memiliki tampilan visualisasi sendiri di interior - kalian dapat melihatnya dua kali dan/atau z-fighting (sempat ada masalah dengan body hoods/tudung dan cermin-nya). Agar terlihat dengan jelas baik di dalam maupun di luar, baiknya pencari aksesori HANYA ada dalam model chassis, atau harus dalam model interior AND di kabin cabin keduanya.

Desktop trailer definitions

Trailer yang ditampilkan di menu Trailer browser sekarang memiliki def terpisah dari Dealer, sehingga cara tampilannya persis dengan def truk. Nama foldernya ada di /def/vehicle/trailer_desktop.

Alasan perubahan tersebut adalah karena menginginkan modifikasi atau konfigurasi "terbaik" atau "tipikal" untuk browser, sembari memerlukan setidaknya satu konfigurasi "low-level" atau "murah" untuk suatu dealer.

Perbaikan UI interior

Interior truk kini memiliki penanganan script UI yang dijadikan satu untuk dasbor, infotainment, dan aksesori. Kini sudah mendukung semua ID truk di ketiga jenis diatas. Selain itu script/infotainment/gps dapat menentukan beberapa halaman layar yang sama dengan script dasbor.

Data aksesori tambahan UI interior

Ada jenis aksesori interior baru yang dikhususkan untuk penggunaan tampilan layar khusus melalui script UI (sama seperti dasbor truk). Itu menggunakan mekanisme yang sama seperti yang kami gunakan untuk dasbor dan GPS. Info lebih lanjut tentang unit: SINI

Untuk membuat aksesori UI khusus yang berfungsi (seperti GPS khusus), diperlukan hal berikut:

Aksesori ditentukan dengan tipe unit accessory_addon_int_ui_data baru misalnya:

    
      SiiNunit
      {
      accessory_addon_int_ui_data : my_gps...
      {
        name: "My GPS"
        price: 999
        unlock: 0
        icon: "icon_path"
        part_type: aftermarket
        interior_model: "/path/to/my_gps_model_int.pmd"
        exterior_model: "/path/to/my_gps_model_ext.pmd"
        # path to the UI script, either use custom or any existing e.g.: /ui/gps.sii
        ui_path: "/ui/gps.sii"

        # texture path for UI script to be drawn into,
        # should be unique, if it's not, then multiple scripts 
        # may draw into same texture and last one to be drawn will prevail,
        # consequentially all accessories using same drawable texture path will output same result.
        ui_drawable_texture_path: "/path/to/my_gps_model_ui.tobj"

        # size of the texture UI script will be drawn into
        ui_drawable_size: (512, 256)
      }
      }
    
  

Tekstur statis placeholder dari definisi aksesori, untuk contohnya adalah: "/path/to/my_gps_model_ui.tga" dan "/path/to/my_gps_model_ui.tobj"

Path lokasi material tekstur dari definisi aksesori, misalnya : "/path/to/my_gps_model_ui.tobj"


Pastikan kalian mempelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.

Selain itu, saya ingatkan… untuk perangkat keras dan sistem operasi kalian harus bisa mendukung DirectX-11(.1) (awas loh, ada embel-embel 1 di belakang).

Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

0 Komentar:

Post a Comment