Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.40 + 1.41 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.40 & 1.41

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.40

VISUAL

Tampilan Lighting System (perubahan besar-besaran) !!

MAP

  1. Lanjutan rework map kawasan Jerman
  2. Kota baru di Prancis Selatan + Persiapan koneksi ke DLC Iberia (Vive La France ! DLC)
  3. Map Iberia DLC (Spanyol dan Portugal)

VEHICLE

Dua paint jobs baru (daru Super Stripes Paint Jobs Pack) untuk owned trailers

UI

  1. Tampilan search full-text city/company dalam screen job selection
  2. Pengembangan menu vehicle adjustment (F4)

MOD

Buanyak yang tidak disebut dari SCS Modding Wiki. Tampilan Map Editor, perubahan setting Climate, perubahan Sound Ambient, dll.

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Light

Intinya ada banyak fitur baru: material, shader, map, vehicle, lampu logic, rendering, data cuaca, bla… bla… bla…

Sekadar informasi : Sistem pencahayaan saat ini berbasis albedo dengan beberapa trik khusus. (ampun… masih dirahasiakan sama pembuat game :/ )

Ini sampel material range dan batas-batas absolut nya di versi 1.40 (kalau penasaran aja) :

http://download.eurotrucksimulator2.com/140_material_reference.zip (data mentah)

http://download.eurotrucksimulator2.com/140_material_reference_converted.zip  (dikonversi, siap dipasang sebagai mod)

Weather

Sistem cuaca diubah menjadi pola lebih umum. Rentang ketinggian profil matahari mungkin memiliki nilai nyata saat ini (bukan hanya kisi 5 derajat), transisi di langit pun dapat tercampur hingga 4 tekstur sekaligus dan dapat terjadi kapan saja - jadi tidak ada lagi cuaca yang seolah terkunci karena tekstur langit yang itu-itu saja pada waktu tertentu. Selain itu, berkat transisi tak terbatas, berbagai iklim dan cuaca tidak perlu bertemu di titik elevasi mana pun.

Climate Profile

Profil climate/iklim kini dapat menentukan penggunaan skybox dengan iklim yang berbeda (salinan/copy) dengan sedikit penyesuaian (array weight/bobot, temperature - define). Iklim yang disalin nantinya ditampilkan dan dapat diedit di weather editor, tetapi tidak akan di save.

Untuk salinan atribut, tentukan saja nama (token) dari source climate.

Sun Profile

Profil Matahari memiliki sedikit atribut baru. 

Atribut stability : menentukan peluang mengunci indeks langit untuk mengikuti profil matahari (0,0 = full acak, 1,0 = tetap jika memungkinkan).

Beberapa atribut warna telah diubah dari array float menjadi nilai float3. Itu semua memiliki _hdr_coef postfix pada nama tersebut.

Daftar nama baru : 

ambient, diffuse , specular , sky_color , sun_color , fog_color , fog_color2 

Juga sunshaft_strength yang diubah untuk sunshaft_color dengan cara yang sama. Atribut baru tersebut memiliki arti yang sama dengan atribut sebelumnya.

Atribut min_scale dan max_scale tidak lagi mengandung target_gray , itu hanya semacam dibuat dobel. Selain itu, atribut baru scale_override mendefinisikan rasio yang diizinkan untuk melewati batas (0 = tanpa penggantian, 1 = batas diabaikan).

Atribut eye_adaptation_speed dibagi menjadi dark_adaptation_speed dan bright_adaptation_speed untuk kecepatan adaptasi interpolasi berdasarkan kondisi.

Settingg Bloom telah dibuat ulang. Sebelum ditangani setelah tone-maping, dengan minimal_color dipetakan ke 0 dan half_intesity_color diproses menuju 0,5. Sekarang ditekan di bawah bloom_treshold dan diterapkan sebelum tone-mapping. Beberapa nilai lama dengan demikian sudah tak dipakai lagi (radius, resizing_steps, minimal_color, half_intensity, multipliers, target_white).

Game sendiri nantinya dapat mengkonversi sebagian besar atribut di sisinya setelah memuat format sun_profile lama untuk saat ini, tetapi dukungan ini dipastikan akan dihapus di versi selanjutnya.

Sound

Ada layer/mode baru untuk mengedit sound berbasis map. Ini bisa diakses oleh parameter khsus "-edit -sound" seperti saat membuka map editor namun dalam mode edit sound, sehingga item map lainnya seperti road, prefab, model, dll. tidak dapat diakses (item sound sendiri juga tidak dapat diakses dalam mode editor biasa). 

Area sound dapat ditentukan baik untuk setting reverb atau ambients dan juga menempatkan sumber suara tertentu dengan beberapa kondisi lingkungan.

Untuk penjelasan rinci, lihat topik DISINI

(ampun dah... Ini nih merepotkan sekali untuk para mapper… suara-suara lingkungan seperti burung berkicau, riuhnya perkotaan, atau melintasi terowongan malah hilang semua, jadi harus ditambah + diedit manual pakai tampilan mode “Sound”)

Nanti dibikinkan tutorial terpisah untuk yang satu ini...

Map

Kini lokasi save map sudah diganti lagi. Dari base_map di instalan game ETS2 sekarang berubah di folder Document/ETS2/mod dengan folder baru “user_map”.

Sejak perubahan fitur sound di penjelasan sebelumnya. Maka sebagai dampaknya ialah ada satu tambahan file sektor baru ber-ekstensi “snd”. Total dalam 1 sektor map ada lima file untuk versi 1.40 : aux, base, data, desc, & snd.

Semua totem SPBU (atau model penunjuk tarif bensin misal yang premium berapa... solar berapa... pertalite...) kini diganti pakai tipe Sign “Dynamic” dengan tarif bensin bisa isi sendiri di Sign Editor yang diambil dari string yang telah ditentukan dari model itu.

Tunggu, berarti apa itu berarti setting fuel_price di def “county” sudah tak dipakai lagi? Oh enggak, data di def country masih dipakai kok, cuma di menu Sign Editor akan tampil otomatis sesuai yang ditulis disana.

Fitur map editor baru lainnya yang siap dinanti di versi 1.40 keatas :

  • Tepi jalan overridde (masih nggak paham apa gunanya, dan demi apa...?)
  • Seleksi obyek tipe “Lasso” : Seleksi objek map di editor bisa dibuat garis bebas (pasti ingat kalau pakai photoshop yang ada tulisan yang sama, fungsinya mirip seperti itu)
  • Snap untuk mode “Collision” : Jadi ketika nambah objek (building, curve) nanti garis model nya mengikuti bagian collision juga (maksudnya yang ada tembok tapi transparan). Mungkin hampir mirip dengan Snap to ground tetapi itemnya akan menempel mengikuti bentuk bangunan/model sekaligus. Hmm…
  • Fitur “Tag” di menu Content Browser (jadi mirip hashtag di media sosial)
  • Camera Snap to Ground option : Tampilan kabin (2,5 m), tinggi reguler (8,5 m), tinggi ekstrem (11,5 m) : Maksudnya ketika dalam Free Camera (kamera bebas) yang mengaktifkan fitur tersebut, berarti tampilan kamera akan mengikuti kontur jalan. Namun itu bisa ditinggikan sedikit sesuai kondisi yang dijelaskan diatas (via kabin, truk atap, dll.)
  • Diperbolehkan memakai koma untuk titik desimal dalam input teks. Oke…

Vehicle

Perilaku lampu depan sekarang dapat ditentukan secara detail dengan banyak opsi baru. Deskriptor default ada di folder  /def/default_vehicle_lamp_setup.sii. 

Dalam accessory_chassis_data, ini dapat diganti per kendaraan dengan definisi lamp_setup

Isi unit vehicle_lamp_setup adalah fitur eksperimental dan kemungkinan besar akan berubah di versi selanjutnya.

Untuk rem mesin dapat mengontrol sistem retarder sekarang. Ada array auxiliary_brakes di unit accessory_engine_data dan bekerja dengan cara yang sama seperti array bernama sama di accessory_transmission_data

Satu-satunya perbedaan adalah urutan - triplet rem bantu engine dalam urutan [engine_brake_strength, downshift, retarder_strength].


Bersambung…

Loh, apa ada part 2?

Tidak. memang informasi dari SCS Modding Wiki masih belum lengkap. Mohon bersabar ya…

Pastikan kalian mempelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.

Selain itu, saya ingatkan… untuk perangkat keras dan sistem operasi kalian harus bisa mendukung DirectX-11(.1) (awas loh, ada embel-embel 1 di belakang).

Yang masih pakai Windows XP dan Vista, silahkan ditanggung sendiri. Bye-bye...

Kalau Windows 7, pastikan update hingga versi terkini karena ada sebagian sistem yang tidak kompatibel.

Sedangkan Windows 8 hingga 10 yah… aman-aman saja, asalkan spek PC-nya oke.

Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

0 Komentar:

Post a Comment