Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.42 + 1.43 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.42 + 1.43

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.42 + 1.43

GAMEPLAY

Fitur convoy (bisa main multiplayer), juga support dengan mod !!

MAP

  1. Kota Lyon di Perancis (base map/orian) dibangun ulang (rebuilt)
  2. Fitur Viewpoint di berbagai kota
  3. Perbaikan beberapa model Gerbang Tol
  4. Penambahan Rute Baru Special Transport
  5. Penambahan Kawasan dan Jalan Baru di Iberia DLC

VEHICLE

  1. Ownable Trailer Dumper (truk bak besar)
  2. Pembaruan fitur dari DLC Michelin
  3. Truk baru MAN TGX EfficientLine 3

MENU UI

  1. UI modifikasi sesi konvoi/multiplayer ditambahkan untuk kompatibilitas dan unduhan MOD
  2. Fitur Loading Screen (waktu buka profil game) diperbarui
  3. Penambahan Filter pada fitur World Map Legend

LAIN-LAIN

  1. Force Feedback ditingkatkan dan tersedia untuk lebih banyak jenis controller
  2. Pengaturan rentang animasi pada Steering Wheel (roda kemudi)
  3. Pengembangan Controler Support
  4. Penambahan fitur Peredaman Suara
  5. Implementasi sistem Font MSDF di semua tipe (plat nomor, rambu petunjuk arah, dll.)

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute (pilih menu Map > Recompute Map).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Force Feedback pada LUT curve Kustom

Fitur ini memperkenalkan dukungan untuk custom LUT curves yang bisa mengkonfigurasi ulang FFB untuk permintaan pengguna tertentu.

Sejak update 1.42 (ETS2 & ATS) sudah support Tabel Pencarian (Look Up) Feedback kustom, yang dapat mengubah keselarasan gaya keluaran force dari tipe roda (setir). Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna mengatasi ketidakmampuan beberapa output linier komponen setir roda dan mengkalibrasi output sesuai keinginan.

Dibahas lebih lanjut di SINI

Force Feedback Data

Unit data tersebut ditinjau ulang dan beberapa atribut sudah tak dipakai atau diganti namanya.

Berikut atribut baru atau di-rename adalah:

  • engine_min_rpm - RPM engine di mana magnitudo minimum yang ditentukan digunakan
  • engine_min_rpm_magnitude - magnitudo relatif dari 0 hingga 1, untuk resonansi engine pada rpm minimum
  • engine_max_rpm - RPM engine di mana magnitudo maksimum yang ditentukan digunakan
  • engine_max_rpm_magnitude - magnitudo relatif dari 0 hingga 1, untuk resonansi engine pada rpm maksimum
  • engine_load_magnitude - magnitudo relatif dari 0 hingga 1 saat engine berada di bawah beban
  • engine_period_rpm_multiplier - pengganda periode efek resonansi engine
  • surface_period - pada periode berapa efek permukaan medan harus dimainkan
  • atribut awalan dirt_ diganti menjadi awalan surface_
  • collision_exponent - eksponen fungsi daya yang diterapkan pada efek collision/tabrakan
  • bump_exponent - eksponen fungsi daya yang diterapkan pada efek bump
  • atribut awalan bump_vibration_ ditambahkan, untuk memisahkan pengaturan untuk efek vibrasi bumps pada controler.

Vehicle

Accessory Interior Data

Pada update ini memperkenalkan support rentang kustom pada steering animation, animasi roda setir/kemudi telah dihapus dari accessory_interior_data. Jadi atribut wheel_anim sekarang sudah tidak dipakai dan model tidak perlu lagi membuat animasi kerangka dari setir tersebut.

Font

Mulai sekarang game memakai tipe font huruf yang berbeda dari sebelumnya. Pengaruhnya mulai dari plat nomor (LP), rambu papan petunjuk arah (sign navigation), sampai menu UI

Informasi lebih lanjut lihat di bagian SINI

Filter Sound Cabin

Ada kemungkinan pengaturan pemisah suara pada tiap bagian (truk per kabin/tempat setir). Dijelaskan lebih lanjut di bagian SINI

Map_data

Sejak adanya fitur Filter World Map Legend, maka pengaruhnya pada file def / map_data.sii. (diperlukan array baru city_icon_size)

(…masih belum lengkap, tunggu update lanjutan dari sumbernya…)

Wheel Logic

Salah satu perubahan besar di 1.43 adalah penggantian script baru dari beberapa logika dasar cara kerja roda.

Bagian yang langsung terlihat adalah semua set axle roda dalam data chassis (berat tepi, residu perjalanan, tenaga, pengangkatan, perputaran) kini memiliki nilai yang diurutkan untuk axle dari depan ke belakang seperti yang diposisikan di dalam kendaraan (sebelumnya depan dulu dan belakang setelah dalam urutan terbalik).

Meskipun mungkin menyebabkan kesulitan bagi para modder untuk memperbaiki mod tipe tersebut, ini adalah persiapan jangka panjang - logika yang lebih mudah dan lebih aman serta persiapan untuk fungsi script baru.

Penomoran locator dalam model chassis kurang relevan karena di game itu sendiri mengurutkan axles berdasarkan posisi, tetapi logika penomoran berurutan kiri-kanan masih digunakan. Semua model lama bisa bekerja tanpa perubahan. Sebagai panduan opsional, kalian dapat menghitung locators dari bagian depan (agar lebih konsisten misalnya).

Vehicle Damage

Mbuh opo sing pengin dibahas coba… (memindahkan atribut wear dari aksesori ke vehicle descendants)

(…masih belum lengkap, tunggu update lanjutan dari sumbernya…)

Traffic

Pemisahan jenis traffic vehicle/trailer dikembangkan untuk memungkinkan kontrol akses yang lebih baik.

Harap perbarui nama dan isi storage yang dimodifikasi sesuai:

semua kendaraan yang dimunculkan hanya di area/tempat tertentu sekarang ada di tipe *_custom

Tipe *_city juga digabungkan menjadi *_custom

Tipe truck_heavy dibuat dari hasil keluaran semua truk non-semi (-> tipe truck sekarang hanya berisi semi-truk)

Semua vehicle/trailer yang bukan termasuk mobil/bus/truk kini dibuat pada storage special

Selain itu, ada beberapa peningkatan terkait akses traffic. Tujuan utamanya adalah membuat pengaturan akses lalu lintas lebih mudah, lebih intuitif/peka, dan memungkinkan pengembangan tambahan di versi selanjutnya.

Distribusi akses dan penanganannya oleh AI telah ditingkatkan : Jika lebih banyak jalur tersedia, kendaraan AI lebih memilih jalur dengan akses khusus (misalnya, "Trucks Only") kecuali jika ditandai 'Low probability'. Misalnya, di gerbang tol, hanya jalur "trucks only" yang harus ditandai. (Jadi item traffic area tipe "no truck area" tidak lagi diperlukan)

Daftar aturan lalu lintas terkait akses disederhanakan : Beberapa aturan (kebanyakan yang jarang dan/atau salah digunakan) akan dihapus – nantinya akan ada beberapa error di log tentang aturan tersebut. Juga deskripsi yang tersisa dibuat konsisten dan, moga aja…, lebih jelas

Mode akses / spawning di traffic tool (map editor) ditingkatkan : visualisasi akses "gabungan" baru telah ditambahkan, yang menunjukkan akses dan memungkinkan pemijahan untuk semua jenis kendaraan sekaligus. Adapun menampilkan akses eksklusif menggunakan warna terpisah (yellow), serta menambahkan visualisasi 'potensi dead-end'


Maaf ya kalau informasi dari SCS Modding Wiki sendiri masih belum lengkap. Mohon protes ya…

Pastikan kalian pelajarinya baik-baik. Kalau baca sekilas tentu saja semua itu tidak akan bisa dipahami. Baca pelan-pelan, nanti dapat hasilnya.

Yah... mulai versi ini game nya sudah makin berat. Bukan berat di cara convert semua mod biar tetap bisa dipakai, tapi berat... ya grafik game nya berat beneran. Jadi usahakan upgrade spek PC/Laptop kalian.

Bagaimanapun, saya akan tetap beri semangat untuk semua modder dan mapper yang sedang berjuang! Semangat!

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. Replies
    1. Tidak tahu.... tunggulah sampai update kawasan Jerman dan Austria, (mungkin juga sampai Swiss, atau Belanda) dituntaskan lebih dulu

      Delete