Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 1 : Latihan & Pemanasan

Salam! Disini saya jelaskan bagaimana teknik dasar membuat peta yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Setiap orang punya teknik dan gaya pembuatan map yang berbeda. Yang pasti program map editor pada game lain juga berbeda (kecuali ATS yang dirilis oleh perusahaan game yang sama dengan ETS2).

#1 Teknik Dasar Map Editor (Pemanasan)

Diperbarui pada : Mei 2021 

Alasan : REVISI


Ada orang yang lebih fokus membuat peta lebih detail dan lebih ramai. Adapun orang yang membuat peta se-realistis dan semirip mungkin dengan tempat aslinya. Ada juga orang yang hanya sekedar menambah jalan. Tetapi untuk yang masih bingung bagaimana cara membuat map (peta) di map editor, berikut saya kasih beberapa tips dan trik membuat peta tersebut.

1. Seputar Map Editor

Sebelum memulai, pelajari dulu apa itu map editor ETS2 atau ATS dan mod map yang ada didalamnya. Silahkan baca tentang (Part 1) Pendahuluan.

2. Membuka Map Editor

Langkah pertama sudah pasti membuka map editor. Untuk kalian yang masih bingung, langsung buka artikel ini tentang (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Ketika terbuka, maka secara default kalian hanya akan melihat layar hitam kosong dengan satu titik mobli putih kecil di tengah "Start Place". Itu tandanya kalian berada di titik paling tengah pada editor. 

Seandainya kalian membuka file europe.mbd posisi tengahnya berada di wilayah Jerman (dekat Erfurt). Kalau map usa.mbd saya agak lupa (plak!)


Tampilan Awal Map Editor ETS2 (versi 1.35)

Fungsi mobil putih ada pada tutorial lain di blog ini juga. Baca artikel ini tentang (Part 3) Cara Menyimpan Map Editor.

3. Mengoperasikan Tampilan Map Editor

Pada tampilan kosong map editor tadi, kalian sedang memakai mode tampilan atau sudut pandang Top Camera. Ada tutorial lain yang menyebutnya sebagai Helicopter View. Namun kalau versi saya pribadi lebih suka bilang “KAMERA ATAS”.

Berikut tombol keyboard + teknik dasar mengoperasikan tampilan map editor.

Page UP (Pg Up) : Mendekatkan tampilan atau pandangan objek.

Page DOWN (Pg Dn) : Menjauhkan tampilan atau pandangan objek.

Mouse Scroll : Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan.

Klik kanan mouse, ditahan lalu geser posisi mouse : Memindahkan posisi tampilan editor.

Oke, sudah puas? Sekarang coba ganti tampilan atau sudut pandang menjadi Free Camera, atau Free Roam, atau versi pribadi “KAMERA TERBANG”.

Caranya cukup tekan tombol ‘C’ di keyboard. Maka mode tampilan sudut pandang akan berubah secara otomatis.

Geser Mouse saja : Digerakan untuk melihat tampilan atau pandangan ke segala arah pada satu titik.

Tombol W, A, S, D, E, Q : Memindahkan posisi tampilan atau pandangan, secara urut mulai dari maju (W), kiri (A), mundur (S), kanan (D), bawah (E), atas (Q).

Kombinasi tombol WASDEQ dan geser mouse : Terbanglah burungku… kepakkan sayapmu… menembus angkasa yang luas… Eeh, yang ngetik mulai melantur! (-_-)

Mouse Scroll : Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan (sama).

Untuk mengunci tampilan supaya tidak lari kemana-mana dan bisa melihat kursor mouse kembali, cukup tekan tombol spasi (Space) di keyboard. Nantinya kalian juga bisa milih obyek dan membuka item properties.

Dan untuk kembali seperti sebelumnya, tekan lagi tombol spasi tersebut.

Sudah bisa memakai map editor? Nah, sekarang kembalikan ke mode sebelumnya dengan tombol yang sama, ‘C’ di keyboard. Kalau mau balik lagi, ya… sama juga caranya.


4. Belajar Memilih (Select) dan Menggeser Obyek atau Item.

Sekarang coba buka map yang sudah jadi, terserah mau map original dari game ETS2 atau ATS maupun mod map yang kalian punya.

Cara membukanya tinggal pilih menu File -> Open, atau tombol keyboard Ctrl+O. Untuk map original, buka lewat console yang dimunculkan dengan tombol tilde (~) di keyboard, lalu ketik edit europe (ETS2) atau edit usa (ATS).

Cari suatu daratan, terserah dimanapun tempatnya. Manfaatkan tutorial sebelumnya untuk memindahkan tampilan.

Jika sudah, mari mencoba mengutak-atik bintik-bintik kecil bermacam bentuk yang banyak dan ribet yang disebut Node item, versi pribadinya sih… “titik”.

Pertama, pilih Move Item dengan ikon Panah Biru di toolbar atau langsung tekan tombol ‘M’ di keyboard. Lalu lakukan kegiatan berikut.

Klik kiri mouse pada satu Node : Memilih satu obyek atau item node apapun.

Klik kiri mouse pada Node (baik satu, dua, atau lebih) ditahan lalu geser posisi mouse : Memindahkan obyek atau item node.


Cara memblok atau memilih dua Node item atau lebih :  

>> Klik kiri mouse pada Node satu per satu sambil tekan Ctrl di keyboard (Ctrl+Klik kiri)

>> Klik kiri mouse sembarang tempat, ditahan lalu geser posisi mouse sampai muncul sebuah kotak putih. Arahkan ke beberapa Node yang ingin dipilih sampai memasuki kotak tersebut.

>> Tekan Ctrl+A (select all), maka semua Node yang ada di Map Editor akan terpilih secara masif.

Kalau Node item sudah diblok atau di-Select, maka kalian bisa melakukan Copy-Paste, Cut-Paste, atau Delete, layaknya program aplikasi PC kebanyakan.

Nah, untuk teknik lainnya menyusul di tutorial selanjutnya saja. Soalnya ada buanyak sekali yang harus dibahas.


5. Menu Help atau Documentation.

Supaya kalian lebih kenal sama Map Editor, ada penjelasan lebih rinci tentang tombol fungsi dan tampilan lain yang tidak kalah penting. Caranya langsung tekan tombol F1 di keyboard, atau pilih menu Help -> Brief Documentation.




Ada empat sub-menu, yaitu Global, Tools, Content Browser, dan Debug. Silahkan dipelajari sendiri satu per satu. Manfaatkan tutorial diatas tadi untuk menunjang eksperimen kalian. Kalaupun ada yang belum disebut atau diajari disini, tenang… saya bakal sampaikan di tutorial selanjutnya.


6. Mengenal Background dan Sektor Map.

Oh iya, ada satu lagi yang harus kalian tahu. Dalam map editor ternyata sudah dibagi kedalam berbagai sektor yang biasa disingkat sec. (sector, bukan second).

Kalian bisa mengetahuinya dari isi folder map yang terdiri dari file .aux, .base, .data, dan .desc (ada file .snd di ETS2 1.40).

Kalau bingung silahkan cek folder map europe (map original/bawaan game)



Hayo, masih nggak tahu dimana filenya? Itu adalah folder hasil ekstrak file base.scs dari game itu sendiri. Baca lagi tutorial (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Contoh sektor map misalnya sec+0000+0000 atau sec-0000-0000. Gambaran umumnya sih seperti ini.



Kembali ke map editor, kita bisa mengetahui posisi terakhir kita membangun map dengan melihat sektor map tersebut. Caranya tekan ‘A’ di keyboard. 

Cara ini serupa dengan cara menampilkan background. Baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS  

Maka kalian akan melihat tampilan berwarna merah di layar, maknanya memang tidak ada background yang muncul disana.


Kecuali kalau kalian buka map europe.mbd, maka background bawaan game bisa muncul.

Terus dimana tulisan sektor mapnya? Nah, kita perkecil (jauhkan) dengan zoom out (pakai PageUp atau scroll mouse) sampai kelihatan tulisan sektor map.

Lah, kok ketutupan gitu. Nggak bisa lihat nih?

Tekan ‘A’ sekali saja, dan yang tampil hanyalah background-nya saja. tenang, mapnya cuma disembunyikan karena tertutup background tadi.

Kalau mau hilangkan background itu, tinggal tekan ‘A’ lagi. Dan seterusnya. Kurang lebih sama seperti kita menggunakan mode tampilan kamera dengan tombol ‘C’.

Oh iya, apa bisa kita hilangkan kotak putih yang ada tulisan sec+00xx+00xx itu? Soalnya agak tidak enak dipandang.

Bisa saja kok. Kalian harus edit dulu file def untuk map bakground. Silakan baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS 


Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Masih banyak hal yang akan dibahas tentang Trik Dasar Map Editor di blog ini. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, mungkin sebaiknya kalian bisa menyimak video yang satu ini (untuk ETS2 1.40)


Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!




Lihat Tutorial Sebelumnya :

## --- ##

Lihat Tutorial Selanjutnya :

##  Trik Dasar Mapping ETS2 : Menambah Jalan Sederhana ##

Kembali ke Tutorial Utama :

## (Part 1) Pendahuluan ##

## Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan ##

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.39 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.39

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.39

MAP

  1. Rework (garap ulang) kawasan pelabuhan Calais, Prancis (lihat gambar diatas !)

UI (User Interface) 

  1. Pembaruan tampilan Launchpad (Menu Utama)

VEHICLES

  1. Lowbed and low-loader trailers (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri)
  2. Schwarzmuller low-loader (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri) untuk item Schwarzmuller DLC
  3. DAF XF 2017 Facelift masuk kedalam tipe kendaraan AI
  4. MAN TGX Euro 6 masuk kedalam tipe kendaraan AI (termasuk varian 6x2/4)

FITUR LAIN

  1. Perbaikan Sound (turbo slider, sound position-ing, cabin spatial mixing, sound distribution to accessories)
  2. Trailer browser & lister menampilan semua varian kargo yang valid
  3. Adanya eksperimen “transmission input shaft emulation” and “clutch brake support” (g_clutch_brake)

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Sound

Ada perubahan di bagian suara interior kabin (kemudi) dan menghapus beberapa fitur default (?)

Informasi dari situs aslinya masih belum lengkap. Ditunggu saja, nggih…

Sound Accessories

Semua aksesori pada kendaraan utama sudah muncul atribut suara baru dengan script tipe string array, dan setiap item memiliki format "sound_name | sound_path".

Jalur/path nya dapat ditentukan dengan salah satu dari tiga cara berikut:

String empty atau "-" (strip) berarti tidak ada sound yang dimainkan. Juga jika item hilang dalam baris sama sekali tidak ada sampel yang akan diputar untuk suara yang diberikan.

Path to event in bank ("bank_path # event_name") yang secara langsung menentukan contoh event. Keuntungannya ada pada kesederhanaan dan keterbacaan.

Path to sound reference file ("* .soundref") dimana jalur ke bank dan sound event ditulis. Trik ini mendukung modding yang lebih mudah jika hanya perlu menghubungkan(link) suara lain tanpa benar-benar menyentuh sound bank.

Sebagian besar sound event adalah atribut bekas aksesori sound lama.

Gambarannya adalah aksesori dari file "sound.sui" membagikan tipe tertentu yang berisi sound array yang telah disebut. Dalam array tersebut merupakan link kepada shared soundref atau unique soundref, dan di dalamnya terdapat bank (disini maksudnya kumpulan/koleksi) dan event tertentu. Ini dapat dimodifikasi dengan banyak cara dan pada banyak tingkatan.

Pertama dapat langsung mengubah file aksesori (mis. Menyetel suara sendiri untuk aksesori yang diberikan). Atau dapat mengubah konten shared "sound.sui" (misalnya untuk mengubah semua suara pada grup aksesori tertentu tanpa benar-benar menyentuh aksesori itu sendiri yang akan membuat mod lebih kustom dan kompatibel dengan versi selanjutnya). Atau bisa juga memodifikasi satu suara hanya dengan memodifikasi soundref-nya (baik yang shared atau unique). Atau satu lagi, dapat mengubah sampel di bank (koleksi suara).

Vehicle Models & Data

Accessory models

Model aksesori untuk eksterior dan interior mendapat dukungan untuk suku cadang khusus, yang akan dinyalakan / dimatikan tergantung pada fungsinya. Bagian ini adalah:

  • electrics - bagian akan dihidupkan saat listrik truk menyala, jika tidak maka mati
  • park_light - bagian akan dinyalakan saat lampu parkir menyala, jika tidak maka mati
  • left_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kiri aktif, jika tidak maka mati
  • right_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kanan aktif, jika tidak maka mati

Engine data

Arrays torque_curve and secondary_torque_curve sekarang mendukung semua rentang rpm. Sebelumnya ada hard cap yang tidak disengaja dari 3000 rpm yang sekarang hilang.

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: mesin/engine, knalpot/exhaust, start_bad, and turbo.

Transmission data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: air_gear_noise, retarder, gear_grind, gear_wrong.

Cabin data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: horn, air_horn, aero_noise, rain_noise.

Chassis data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 7 event suara:  air_brake, air_cutoff, reverse, lift_axle, hook_attach, hook_detach, trailer_cables.

Interior data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 21 event suara:

air_warning, blinker_off, blinker_on, noise, stick_blinker, stick_blinker_off, stick_engine_brake, stick_hazard_warning, stick_high_beam, stick_light_horn, stick_lights, stick_park_brake, stick_park_brake_off, stick_retarder, stick_wipers, weigh_green, weigh_red, window_click, window_move, wipers_down, wipers_up.

Trailer body data

Ada atribut baru ‘empty_cargo_model’. Ini digunakan sebagai kargo virtual setiap kali trailer tidak dimuat oleh kargo lain. Tujuannya adalah untuk menangani dengan benar semua switches, handlers dan bagian lain yang biasa digunakan untuk pemasangan kargo.

Cargo data

Ada atribut baru ‘oversize’ (tipe boolean, default : false). ini digunakan oleh economy untuk mencocokkan trailer yang telah ditentukan sebelumnya di menu freight market and quick job. Jika benar, hanya trailer yang diberi tag oversize (yang berisi spanduk yang sesuai dan aksesori flag/penanda) yang cocok. Demikian pula, hanya trailer non-oversize yang digunakan jika attubute false.

Atribut lama ‘overweight’ hanya berfungsi sebagai flag/penanda untuk mengabaikan country weight limits (pemain dipastikan memiliki izin khusus untuk mengambil kargo tersebut).

Salah satu dari atribut tersebut akan memaksa game economy untuk menghasilkan penggunaan berat truk perusahaan untuk mode quick job.

Trailer data

Definisi data trailer dapat memiliki atribut oversize. Ini digunakan untuk mencocokkan kargo dalam pekerjaan yang dihasilkan oleh game ekonomi.

Major Rebuilds is Started! PJ Indo Map v2.7 Beta1

>MAJOR REBUILD IS STARTED! PJ INDO MAP v2.7 BETA-1

English Version

Hello! Apa kabar? Hehehe…

Anyways, how are you today? Do you miss me or not?

First of all, Many many thanks to everyone who is still using this map. Otherwise I would not  continue creating this map since… a year ago. Yes... seriously, it is been more than A YEAR already!

I know some of you are getting bored and not really interested with PJ Indo Map, as it is not a re-presentation from the real Indonesian place (please don't get confused!). It is kind of… a parallel world from Indonesia, placed in the Great Sahara dessert in the Africa (LOL).

Still, PJ Indo have some advantages that nothing other maps have until now. First, this is one of add-on maps which don't require any map DLC. Second, it has high-quality map level, although it is just fictional one. Third, this map can be combined with almost all of other map add-ons, very rare spesifically for Indonesian map mod.

Finally new map update has been arrived, PJ Indo Map v2.7 Beta-1. Why is it called a beta? Because unfortunately this new update is still incomplete. Previously I promised that this map would be MAJOR REBUILD MAP on a large scale, but in the end only partial part has been completed. Ugh, it is dissapointed fo myself.

- Compatible for Euro Truck Simulator 2 patch 1.38 and above (1.39 open beta)

- MAJOR REBUILD over western part of south region/island (Part-1)

- Improved two exsiting cities in north island with new map assets

- Added A LOT of new map assets and models for this map (will be used for my next real Indonesia Map, well… spoiler)

- Fixed some bugs

Sure everyone is able to modify, or use any map asset/models from PJ Indo Map. All .scs files are unlocked so that you can access them for free. But please include the author's name (Septian_MR) in your mod map while modify or using the map assets/models from it.

Notes:

>> PJ Indo map is located in the southern part of Europe (under Italy). So make sure you find a long-dotted white line (ferry line) that is going down.

>> About traffic type of this map.

"Why this map feels like in Europe? The roads are all in the right-side (EU) traffic, completely different in Indonesia?”

Well, PJ Indo Map have two islands/regions with different traffic type.

The north island (from Teluk Muara to Tanjung Banaran) is using the left side of the road, similar as Indonesia. Meanwhile on the south island where is the largest region (from Hajisari to Serayu) is using the right one.

So I would prefer going to the north island (British version) first by ferry, since the north island feels more like Indonesia.

Download PJ Indo Map here

>>>DOWNLOAD MAP<<<


Teks Indonesia

Salam! Apa kabar kalian? Sudah kangen berat atau tidak nih?

Pertama, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada setiap orang yang ingat terus sama mod map/peta ini. Terima kasih buat kalian yang masih sempat-sempatnya memakai map ini. Kalau bukan karena kalian, saya tidak mungkin melanjutkan mapping bahkan sejak setahun lalu.

Iya… serius, sudah setahun lebih tiga bulan map ini terbengkalai!

Saya menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat pada map ini. Pun ini bukan merupakan re-presentasi dari daerah Indonesia sesungguhnya (tolong jangan sampai bingung ya!). Anggap saja… ini adalah dunia paralel dari Indonesia, terletak di gurun pasir luas Sahara di benua Afrika xD.

Tetapi ada kelebihan tersendiri yang tidak semuanya dimiliki map lain. Pertama, ini menjadi salah satu map add-on yang tidak pakai semua map DLC. Kedua, ini menjadi satu dari sedikit map fiksi Indonesia yang berkualitas tinggi. Ketiga, map ini bisa digabungkan dengan hampir semua map add-on lainnya, jarang sekali ada map Indonesia yang seperti ini (bahkan yang real map sekalipun).

Syukur Alhamdulillah, PJ Indo Map kembali diperbarui ke dalam versi 2.7 Beta-1. Mengapa disebut beta? Karena sebenarnya pembaruan ini masih belum lengkap. Saya mulanya menjanjikan map ini dibangun ulang besar-besaran, namun realisasinya hanya seper-sekian saja.

Maaf saya nggak mau curhat disini, soalnya yang baca ini saja dari seluruh dunia :/

Pada PJ Indo Map v2.7 Beta-1 bisa dipakai pada ETS2 versi 1.38 (termasuk 1.39 open beta). Saya siapkan pula map khusus versi 1.35, 1.36, dan 1,37 di pack terpisah.

Apa yang baru dari PJ Indo Map v2.7 Beta-1? Simak daftar pembaruan berikut ini.

-- Bisa dipakai pada ETS2 versi 1.38 keatas (termasuk 1.39 Beta). Tersedia juga buat versi 1.35 serta 1.36 & 1.37 di satu paket terpisah.

-- GARAP ULANG BESAR-BESARAN di sisi barat pulau selatan (lalu-lintas kanan jalan)

-- Perbaikan dua kota di pulau utara “Telukmuara” dan “Miliharjo”

-- Mencakup paket model map Indonesia untuk project map selanjutnya (maaf masih rahasia xixixi…)

-- Perbaikan sebagian bugs

Tentu saja siapapun boleh menggunakan map aset dan map model dari PJ Indo Map, terutama untuk file yang tidak saya kunci/lock sehingga bisa diakses siapapun. Tetapi saya mohon dengan sangat untuk cantumkan nama penulisnya (Septian_MR) di mod map kalian.

Penting untuk dicatat :

>> Posisi map ini berada di paling selatan Eropa (di bawah negara Italia). Jadi pastikan ada garis panjang putih putus-putus (jalur ferry) yang mengarah ke bawah.

>> Tipe lalu-lintas aka map traffic

“Mengapa map ini masih seperti di Eropa? Jalanannya di lajur kanan semua, padahal di Indonesia kan di kiri jalan?”

PJ Indo Map memang memiliki dua pulau/regional dengan lalu lintas yang berbeda.

Jalanan di pulau utara (Teluk Muara sampai Tanjung Banaran) berlalu-lintas kiri jalan seperti di Indonesia. Sementara di pulau selatan yang paling besar saat ini (LabuhanHajisari sampai DanauSerayu) berlalu lintas kanan jalan.

Jadi, saran saya pergilah ke pulau utara terlebih dahulu, dengan rute ferry menuju Kalisari, karena di pulau utara itulah yang berasa seperti di Indonesia.

>> Permintaan terkait poin diatas

Saya tahu kalian ingin map ini dibuat jadi traffic lajur kiri jalan semua. Namun setelah dipertimbangkan lebih lanjut, saya menyadari “Map fiksi apapun bentuknya tidak begitu dilirik banyak player/pemain, karena mereka menginginkan REAL MAP!”. Dan seolah saya dikasih jalan, akhirnya saya memutuskan membuat map real Indonesia (map Indonesia sungguhan). Tapi map daerah mana? Kapan-kapan saya kasih tahu hehehe...

PJ Indo Map v2.7 Beta-1 bisa diunduh (download) melalui link dibawah.

>>>DISINI<<<

[Post] Pejindo Project : Separuh Dekade Pertama (5 tahun) yang Tak Terduga

INFO : Ini postingan khusus dibuat sebagai rekapan - jejak sejarah perjalanan aktivitas modding dan mapping seumur hidup penulis. Nama "Pj Indo" diputuskan untuk diganti menjadi "Pejindo Project" dimulai sejak 2021.

Diperbarui : Desember 2022


Saya tidak tahu apakah saya harus menangis atau bahagia? Ada kabar baik, namun juga ada kabar buruk. Bagaimanapun, saya berusaha menagih janji dan tekad yang sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu.

PJ Indo Map Memulai Masa Separuh Dekade Pertama!

Ayo tahu tidak apa itu dekade? 1 abad = 100 tahun, 1/10 abad = 1 dekade, maka 1 dekade = 10 tahun.

Duh, mengapa tiba-tiba saya mengajar matematika? (-_-)

Berarti separuh/setengah dekade sama dengan 5 tahun. Yap, Pj Indo Map, mod fiksi dan imajinatif rasa Indonesia buatan pertama saya, sudah bertahan sekian tahun sejak 16 Agustus 2015.

Selama ini, peta/map ini sudah banyak berubah dan terus berkembang. Banyak pula pemain yang telah mencoba dan menikmati mod ini baik dari Indonesia maupun beberapa negara di dunia. Walaupun mod peta ini bukan merupakan representasi dari peta/map Indonesia sesungguhnya seperti pada mod lainnya. Tetapi berkat adanya aset dan model baru yang ditambahkan pada peta (map) ini menjadi terasa seperti sedang berada di Indonesia.

Sudah tahu apa saja keistimewaan dari PJ Indo Map?

  1. Menjadi (satu-satunya?) map add-on fiksi / imajinasi rasa “Indonesia” yang memiliki dua pulau atau daerah dengan tipe lajur jalan yang berbeda (utara untuk kiri jalan seperti di Indonesia, selatan untuk kanan jalan seperti di Eropa)
  2. Menjadi SATU dari sedikit mod map yang tidak membutuhkan segala macam DLC. Faktanya, HAMPIR SEMUA mod map ETS2 baik Indonesia maupun Dunia yang luas sekalipun harus menggunakan salah satu atau semua DLC (khususnya untuk map DLC). Dengan begitu, saya menjadi salah satu author/pembuat map ETS2 yang paling menyimpang dari orang kebanyakan (uhuk…uhuk... uhuk...)
  3. Menjadi SATU dari sedikit mod map lainnya dimana filenya sama sekali tidak pernah dikunci/locked. Dengan begitu, Anda bebas memodifikasi atau mengambil segala file aset atau model berharga dari Pj Indo Map. Dengan kata lain, mod map ini benar-benar free/bebas untuk PUBLIK. Setahu saya ada satu map yang menjiplak dan mengubah isi map buatan saya dengan versi berbeda (map Vanemap misal). Namun saya tidak mempersoalkan hal itu.

Namun sangat disayangkan kalau sampai sekarang peta/map ini masih tidak kunjung update sejak versi terkini (v2.65). Padahal terakhir kali rilis pada bulan Juni 2019 (satu tahun lalu). Ada banyak hal yang menghambat saya dalam melanjutkan pengembangan map ini.

Boleh saya curhat disini?

Pertama, saya mengakui lagi menghadapi masa kritis atau masa jatuh dalam menekuni dunia mapping khusus game ETS2. Ini mempengaruhi motivasi saya untuk kelanjutan pengembangan map. Belum lagi kecampur urusan di dunia nyata saat ini (omong-omong saya mahasiswa semester empat menuju lima). Puncaknya pada pertengahan tahun ini (antara Mei-Juli) mental saya nyaris down, gegara masalah campur-aduk yang tidak saya sampaikan terang-terangan disini.

Tetapi syukur, saya masih bisa sempatkan waktu untuk istirahat. Sesekali saya kembangkan skill lain selain membuat map, salah satunya buat model 3D (main pakai program Blender). Ya, meskipun blog ini maupun map buatan saya seolah mati suri, tetapi saya diam-diam menciptakan sesuatu yang mungkin saja mengejutkan Anda semua.

Eh, tapi kenyataannya itu sudah terbukti di Fanspage Facebook Blog Pejindo beberapa hari ke belakang... Apalagi awal bulan Agustus ini sebagian besar tanggungan saya sudah kelar dengan baik. Jadi, berharap motivasi saya kembali bangkit agar bebas dari masa kelam ini.

Jadi akhirnya, map Pj Indo Map ini dipersiapkan untuk rilis versi berikutnya (v2.71)

Anda sudah bosan menunggu map ini :’( ? Saya juga menyesal membiarkan map ini berdebu tak terawat… :’(

Saya mohon maaf bahwa saat ini tidak ada kemajuan terbaru dari map ini. Terakhir kali saya kembangkan map ini pada Maret lalu. Namun setelah itu map ini seolah mati suri. :’(

Alasannya bukan karena sudah tidak tertarik dengan map pertama saya, melainkan ada prioritas lain yang lebih utama. Dan saat ini juga map ini masih ditinggalkan sementara karena saya sedang mempersiapkan aset dan model baru. :’(

Hei, ini bukan hanya untuk kalian (mapper Indonesia) saja. Map buatan saya sendiri pun juga sangat butuh paket baru itu. :’(

Tentunya saya tidak ingin menyerah. Sudah banyak hal yang saya lalui selama 5 tahun. Kisah itu sudah terangkum dalam postingan di bawah ini:

  1. Pejindo Project - Perjalanan dari 1 Tahun Hingga ke 2 Tahun
  2. Pejindo Project - 3 Tahun Berkarya
  3. Pejindo Project - Masuk 4 Tahun

Saya ingatkan, jangan salah paham dengan istilah singkatan PJ karena pertimbangan di bawah ini.

  1. Huruf P (kapital) dan j (kecil) dipakai pada map Pj Indo Map. Singkatan dari "Penjelajah" atau "Penjelajers" (masih satu kata karena itu huruf dibuat kecil)
  2. Ada map lain yang memakai singkatan yang sama : Project Japan disingkat PJ (juga). Ini map realistic tipe Standalone skala 1:10 dengan konten map kota-kota di negara Jepang. Agar tidak salah sangka dengan map fiksi, maka itu saya mengalah dengan ganti huruf J menjadi lowercase.
  3. Yang jelas ini bukan PJ nya "Pajak Jadian" bagi orang yang baru pacaran -_-

Selamat ya bagi map Indo yang sukses dan bisa dipakai di game versi terbaru (1.37-1.38). Saya juga akan menyusul kalian nanti, sekaligus bisa membantu memberi semangat kepada semua mapper Indonesia. Ayo, semangat ‘45!

Sekian terima kasih

ETS2 Indonesia Map Aset & Model : Model dari ATS

Salam! Disini saya akan bagikan(share) beberapa aset/model map baru khusus untuk para modder atau mapper Indonesia.

Loh, sudah berani mengambil model dari ATS? Nyatanya ada map populer yang juga melakukan hal serupa. Mengapa saya tidak melakukannya sekalian? 

Apa saja yang ada disini? Banyak banget! mulai dari rumah, toko, papan reklame, gedung perkantoran, dan bermacam-macam model detail yang sulit dijelaskan.

Sebenarnya saya sudah siapkan model map ini sebanyak lebih dari 150 buah. Tapi karena khawatir ukuran totalnya terlalu gede (akumulasi sekitar 500 MB), jadi saya bagikan dalam 4-5 paket. Saat ini saya bagi dua paket dulu. Sisanya lanjut di tahap berikutnya.

Oke, langsung saja ini dia link unduhan/download untuk paket kali ini. Saya bagikan secara gratis langsung di bawah ini.

!!...MAAF, Link disembunyikan untuk sementara, update menyusul...!!

Saya mohon untuk di-SHARE postingan ini kepada siapapun. Dengan begitu akan menjangkau lebih banyak modder atau mapper dari seluruh Indonesia yang mengetahui model map baru ini.

Semoga bermanfaat. Dan tetap ikuti terus BLOG PEJINDO!


Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.38 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.38

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.38

MAP

  1. Re-work (Garap ulang) kawasan kota Lille, Prancis
  2. Ada model Prefab TRUCK DEALER baru!
  3. Rute Special Transport baru di DLC Road to the Black Sea : Reșița > Târgu Mureș ; İstanbul > Edirne ; Pleven > Sofia

VEHICLES

  1. Automatic transmission dikembangkan lagi (shift-ing points, adaptive modes)
  2. Tutup(cover) chassis yang bisa dicat banyak warna untuk truk XF Tuning Pack
  3. Tambahan tuning part baru pada FH Tuning Pack
  4. Klakson bagian atas “Roof Horns” (standalone mountable accessories)
  5. Tambahan AI Truk Renault Trucks Range T (tipe 4x2, 6x2)

FEATURES

  1. Pengembangan Visual/Grafis – Fitur procedural ambient occlusion generation (SSAO)
  2. Desain ulang tampilan GPS/Route Advisor
  3. Fitur Navigation ETA menuju titik selanjutnya pada GPS/route adviser dan tampilan world map
  4. Fitur TOBII eye-tracking presets
  5. Desain ulang tampilan RGB color
  6. Tambah kode input RGB, HSV and HEX (warna)
  7. Pilihan preset warna pilihan player/user

SOUND

  1. Update dengan fitur FMOD 2.01.01
  2. Suara klakson/horn individual pada setiap truck
  3. Perbaikan sound retarder saat mesin mati
  4. AI - gear-shifts eksklusi untuk tipe kereta api and kendaraan elektrik tertentu

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Map Editor

Kini Editor sudah menyimpan file sektor peta ke dalam folder base_map. Semua data lain (misalnya Weather) masih tersimpan di folder base.

Sound

File sound telah diperbarui ke versi 2.01.01 (menurut pembaruan data selama versi open beta), setting default dihapus, dan sound tersebut dibuat terpisah pada setiap truk.

Informasi lengkap untuk sound bisa disimak di Documentation/Engine/Sound.

Grafik - Skybox

Banyak perubahan besar pada cara kerja sistem skybox atau putaran langit/angkasa.

Intinya, kalian sekarang dapat bersanding antara profil sun (gerakan matahari) dan weather/cuaca sekaligus (jadi totalnya ada 4 lapis script). Maka transisi cuaca sekarang dapat diaktifkan secara otomatis setiap waktu, termasuk di tengah transisi profil sun/matahari.

Yang harus disiapkan :

Setiap bagian dari model skybox sekarang ditangani oleh tipe khusus. Akibatnya, efek berikut ini telah dihapus:

eut2.sky.rfx & eut2.sky.over.rfx

Dan diganti dengan:

eut2.sky.rfx - digunakan pada bagian awan (cincin awan untuk resolusi tinggi)

eut2.sky.stars.rfx - digunakan pada bagian efek bintang-bintang

eut2.sky.back.rfx - digunakan di bagian background (awan beresolusi rendah)

Pastinya itu harus diatur dengan benar.

DEF Data

Data Climate (iklim)

Sebelumnya, sebaran bintang dan awan memiliki tekstur yang sama. Sekarang itu bisa dimungkinkan untuk memisahkan keduanya melalui atribut stars_texture sebagai ganti atribut skycloud_part yang sudah tak terpakai lagi.

Jika stars_texture cocok dengan skycloud_texture, maka sistem game memastikan bahwa tekstur tersebut mengandung komponen bintang dan awan, dan semuanya akan tampak seperti yang biasanya.

Jika stars_texture berbeda, maka bintang yang diberikan menggunakan tekstur yang terpisah dan sistem game memperlakukan skycloud_texture seolah-olah itu tidak ada bintang sama sekali.

Jika stars_texture bernilai "null" (kosong), maka tentu saja tidak muncul/di-render.

Atribut stars_opacity yang baru ditambahkan dapat diakses melalui editor cuaca mengontrol opacity dari bintang-bintang.

Definisi yang sebelumnya harus tetap berfungsi. Jika sistem game menemukan definisi skycloud_part, peringatan akan ditampilkan dan atribut yang tersisa akan menyesuaikan.

Namun, kalian masih harus memperbarui definisi climate ke format terbaru, yang hanya bisa dilakukan dengan memuat semua itu di weather editor (ada di program map editor itu sendiri) dan juga save setting disana.

Game data

Banyak file SII telah diubah format nama filenya menjadi SUI dan sebaliknya. Kok begitu?

Menurut definisi, file SII berisi unit game dan dimulai dengan tanda SiiNUnit, sementara file SUI termasuk dari beberapa unit lain dan tidak memulai dengan tanda SiiNUnit atau apa pun.

Contohnya terdapat pada def city, country, company, ferry, dll. (terutama yang menerapkan sistem @include).

Ini umumnya bisa berlaku untuk seterusnya, tetapi game itu sendiri tidak akan memaksa mengganti jadi .sui secara teknis. Data game dapat menyertakan file apa pun. Dengan demikian mod kalian mungkin tidak berfungsi berdasarkan kondisi tertentu (yakni koneksi file dengan file lain denga sintaks @include).

Dari sananya pula, ini menyatukan penamaan ke format ini agar bisa menguji semua data game secara otomatis, dengan harapan akan mempercepat pengembangan game mereka tentunya.

Disarankan untuk cek dan teliti semua data yang dimodifikasi baik dari file SII ke SUI maupun sebaliknya, agar error bisa dihindari.

Country - License_plate data

Ada perubahan penulisan plat nomor kendaraan atau LP. LP/plat berbasis negara berfungsi sama persis seperti sebelumnya: apabila jenis kendaraan cocok dengan set data yang digunakan, sebaliknya set data pertama yang digunakan (biasanya untuk tipe mobil biasa).

LP berbasis city-area/perkotaan telah bekerja dengan cara yang sama, kecuali ada kemungkinan hardcoded (33%) menggunakan LP berbasis negara sebagai gantinya.

Saat ini pembuatan LP berbasis city-area/perkotaan selalu memeriksa data negara dan kota untuk jenis kendaraan yang ditentukan. Jika jenis kendaraan cocok dengan set data digunakan. Tetapi jika definisi jenis negara dan kota ada, maka akan didasarkan pada bidang probabilitas pada city_data. Karena nilai defaultnya adalah 0,67, cara kerjanya sama seperti sebelumnya.

Perbedaan utamanya adalah apabila kalian tidak menentukan LP kota untuk beberapa jenis kendaraan, keluaran pertama adalah LP negara untuk jenis kendaraan tersebut dan hanya keluaran sekunder yang merupakan jenis kendaraan pertama dalam daftar LP kota. Kalian juga dapat memberlakukan LP wilayah lokal jika diinginkan dengan menetapkan probabilitas sejumlah 1.0 dalam definisi LP berbasis kota.

Sebagai contoh, susunan data/skrip baru ini digunakan di game ATS pada DLC Idaho untuk kendaraan tipe “emergency” (mobil ambulan, pemadam kebakaran dan mobil polisi).

Vehicle Data

Engine Data

Rentang default sedikit dimodifikasi untuk mensimulasikan jalannya engine modern yang lebih baik menggunakan kurva torque/torsi default.

Nilai default rpm_range_power diucah jadi (1400, 1900) dan nilai default rpm_range_high_gear sekarang jadi (1000, 1350). Data non-default dari beberapa mesin telah disesuaikan juga.

Interior Data

Ada animasi engine_brake_stick_anim baru. Hal itu didorong oleh pengaturan pengguna rem engine (input) dari mode mati hingga mode menyala dengan intensitas maksimum (seperti animasi stick retarder).

Accessory Horn Addon Data

Ada tipe unit baru bernama accessory_horn_addon. Sama seperti accessory_addon tetapi juga mengandung atribut sound_path yang dapat menyambungkan link file soundref atau sistem sound-bank (koleksi suara) secara langsung. Ini digunakan untuk aksesori klakson baru pada truk ETS2.

Traffic Data

Vehicle dan Traffic Type

Ada banyak pembersihan dan penggantian nama skala besar di antara jenis kendaraan AI untuk mengatur ke dalam logika pemisahan jenisnya dan konsistensi. Sebagian besar nama tipe didasarkan pada tipe di dunia nyata. Ini pun dibagi lagi untuk memungkinkan penerapan aturan lalu lintas yang benar dan / atau perilaku khusus untuk semua kendaraan.

Ada lebih banyak info di "/def/vehicle/traffic_vehicle_types.sii". Termasuk catatan dengan nama jenis, juga penyimpanan kendaraan lalu lintas dinamai sesuai (/def/vehicle/traffic_storage*.sii). Harap periksa apakah definisi kendaraan yang ditambahkan oleh mod berada dalam penyimpanan tersebut.

Selain itu, juga beberapa jenis trailer yang diganti namanya. Nama itu didasarkan pada jenis kendaraan yang digunakan. Ada lebih banyak info di "/def/vehicle/traffic_trailer_types.sii". Periksa apakah definisi trailer/kargo yang ditambahkan oleh mod sesuai atau tidak.

Referencing multiple vehicle/trailer definitions

Tag atribut baru (array token) telah ditambahkan ke definisi data kendaraan AI dan trailer. Tag berfungsi sebagai 'filter' yang memungkinkan referensi beberapa definisi kendaraan / trailer tanpa perlu menyebutkan nama setiap unit secara eksplisit. Cara rujukan telah disatukan di seluruh definisi lalu lintas. Sekarang, setiap referensi memiliki :

nama unit eksplisit: "traffic.vehicle.unit.name"

kombinasi jenis kendaraan / trailer bersama dengan 1-3 tag penyertaan/pengecualian: "vehicle_type tag1_include1! Tag2_exclude tag3_include"

Sistem terpadu kini dapat digunakan untuk:

  • def traffic (trailer_chains [])
  • def hookup parked_vehicle (allowed_vehicle[] and allowed_trailer[])
  • def hookup parked_trailer (allowed_trailer[])
  • mengatur kepadatan saat spawn-ing AI

CATATAN: perubahan ini membuat atribut hookup allowed_vehicle_type[] sudah tak dipakai lagi.

[Post] Pejindo Project : Masuk 4 Tahun

INFO : Ini postingan khusus dibuat sebagai rekapan - jejak sejarah perjalanan aktivitas modding dan mapping seumur hidup penulis. Nama "Pj Indo" diputuskan untuk diganti menjadi "Pejindo Project" dimulai sejak 2021.

Diperbarui : Desember 2022


Salam! Kira-kira sudah berapa lama kalian memakai dan memainkan mod map fiksi Pj Indo Map? Dua tahun, tiga tahun, atau bahkan sejak awal rilis mod map ini? Ajaib nya, mod map satu ini masih terus konsisten mengalami pembaruan dan perbaikan di setiap versi terbaru game Euro Truck Simulator 2 (ETS2).

Mungkin ada beberapa mod map ETS2 yang sudah eksis sejak lama. Namun jarang sekali ada mod map (terutama map Indonesia) dimana pengembangan nya masih berjalan sampai tiga atau empat tahun keatas. 

Coba pikirkan, mod map Indonesia apa saja yang masih bertahan sejak versi pertama ETS2 sampai pada tahun 2019 ini? Barangkali ada mod map yang sudah dibuat sejak versi lawas ETS2, namun berganti nama di versi lebih baru (meskipun harus loncat dari versi 1.16 sampai 1.30, misalnya). Adapun mod map yang hanya bisa berhenti sampai versi tertentu namun masih banyak dipakai para pemain sampai saat ini. Begitu pula halnya dengan mod map yang ternyata masih terus diperbarui mengikuti versi pembaruan yang tersedia di ETS2.

Seperti Pj Indo Map, yang terus berkarya sejak rilis versi pertamanya pada 16 Agustus 2015 dan rajin melakukan update hingga versi terbaru ETS2 saat ini (1.35). Sejak EMPAT Tahun, mod peta (map) ini sudah banyak berubah dan terus berkembang. Banyak pula pemain yang telah mencoba dan menikmati mod ini baik dari Indonesia maupun beberapa negara di dunia. Walaupun mod peta ini bukan merupakan representasi dari peta Indonesia sesungguhnya seperti pada mod lainnya. Tetapi berkat adanya aset dan model baru yang ditambahkan pada peta (map) ini menjadi terasa seperti sedang berada di Indonesia.

Banyak cerita yang sudah terjadi selama ini, tahun-tahun sebelumnya. Kalian bisa membaca kisah : Pejindo Project - Perjalanan dari 1 Tahun Hingga ke 2 Tahun dan Pejindo Project - 3 Tahun Berkarya

Map ini konsisten menyajikan lokasi dengan pemandangan yang indah dan membuat rileks. Kualitasnya pun terus menjadi lebih baik, bersamaan dengan peningkatan optimalisasi dari map/peta ini di beberapa tempat, dengan harapan grafik game tidak terasa berat (lag) saat dimainkan. Sampai saat ini ada beberapa aset dan model baru yang membuat mod map/peta ini menjadi semakin luar biasa. Faktanya jarang sekali ada map mod lain yang memiliki model map yang serupa.

Kira-kira apa saja keistimewaan dari Pj Indo Map?

Selain menjadi map add-on imajinasi rasa “Indonesia” yang memiliki dua pulau atau daerah dengan tipe lajur jalan yang berbeda (utara untuk kiri jalan seperti di Indonesia, selatan untuk kanan jalan seperti di Eropa), map ini juga menjadi satu dari sedikit mod map yang tidak membutuhkan segala macam DLC. Fakta nya, HAMPIR SEMUA mod map ETS2 baik Indonesia maupun Dunia yang luas sekalipun harus menggunakan salah satu atau semua DLC (khususnya untuk map DLC) agar dapat dimainkan. Dengan begitu, saya menjadi salah satu author/pembuat map ETS2 yang paling menyimpang dari orang kebanyakan (uhuuk...uhuuk...)

Selain itu, map ini menjadi satu dari sedikit mod map lainnya dimana filenya sama sekali tidak pernah dikunci/locked. Dengan begitu, kalian bebas me-modifikasi atau mengambil segala file aset atau model berharga dari PJ Indo Map. Dengan kata lain, mod map ini benar-benar free/bebas untuk PUBLIK. Setahu saya ada satu map yang menjiplak dan mengubah isi map buatan saya dengan versi berbeda (misal Vanemap). Namun saya tidak mempersoalkan hal itu, karena... namanya map fiksi.

Buat apa sih file map nya diberi password? Takut ada file atau model map yang dicuri atau dipakai orang? Belum tentu juga map nya bagus dan aman dipakai di game, iya kan?

Lagi pula Pj Indo Map ini kan hanya map imajinasi, enggak realistis. Orang-orang pasti menertawai dan mengejek map ini. Masa’ map Indonesia kayak begini? (uhuuk...uhuuk...uhuuk...uhuuk...)

Duh penulis ini benar-benar jahat (-_-) Dahlah ayo kembali ke topik :v

Setiap versi terbaru ETS2 maupun DLC baru yang turut dirilis, selalu ada fitur, tools/alat, item, setting/pengaturan, maupun fungsi baru. Bukan hanya membuat semua mapper bingung, tetapi semakin rumit dalam mempelajari semua perubahan tersebut, bagaikan materi pelajaran di sekolah yang semakin lama semakin sulit untuk dipelajari. 

Bisa dilihat bahwa jarang sekali mod map/peta Indonesia saat ini yang kompatibel dengan versi terbaru ETS2. Menurut perkembangan di lapangan virtual (eh…), kini sudah mulai banyak mod map Indonesia yang beradaptasi untuk bisa dipakai pada ETS2 versi 1.30 keatas. Namun, tak banyak pula yang sanggup meluncur hingga ET2 versi 1.34. Apalagi ETS2 versi 1.35, yang sudah melakukan serangkaian MEGA UPDATES FOREVER! 

Namun saya bersyukur bahwa Pj Indo Map bisa digunakan hingga ETS2 versi 1.35, melampaui hampir semua map Indonesia yang masih berjuang di 1.30 dan 1.34 (saya yakin ada salah satu map lain yang juga bisa dipakai di versi 1.35 namun luput dari perhatian saya).

Saya tidak berani menyebut kalau ada wacana untuk Pj Indo Map v2.7 akan menjadi “MEGA REBUILDS” pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi setidaknya saya sedang mencicil pengerjaan tersebut.

Satu lagi, jangan salah paham dengan istilah singkatan PJ karena pertimbangan di bawah ini.

  1. Huruf P (kapital) dan j (kecil) dipakai pada map Pj Indo Map. Singkatan dari "Penjelajah" atau "Penjelajers" (masih satu kata karena itu huruf j dibuat kecil)
  2. Ada map lain yang memakai singkatan yang sama : Project Japan disingkat PJ (juga). Ini map realistic tipe Standalone skala 1:10 dengan konten map kota-kota di negara Jepang. Agar tidak salah sangkat dengan map fiksi, maka itu saya mengalah dengan ganti huruf J menjadi lowercase.
  3. Yang jelas ini bukan PJ nya "Pajak Jadian" bagi orang yang baru pacaran -_-

Sudah banyak map Indonesia yang berhasil hijrah di versi 1.30 keatas. Sementara sisanya masih berjuang untuk beradaptasi dengan versi ETS2 tersebut. Namun saat ini hanya segelintir map Indonesia yang berhasil lolos ke 1.35, versi terbaru ETS2. Saya hanya bisa membantu memberi semangat kepada semua mapper Indonesia. Ayo, semangat!

Tetap ikuti terus BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat! Sekian terima kasih