Bingung Memulai Bikin Mod Map Baru? Disini Tempatnya

Pejindo Project menyediakan segudang tutorial pembuatan mod map paling lengkap - terutama untuk warga Indonesia dan negara tetangga.

image host

Nggak punya aset map atau nggak bisa bikin model? Disini sudah tersedia kok

Pejindo Project punya banyak koleksi aset dan model map. Mulai dari model jalan (road), persimpangan (prefab), rambu lalu-lintas (sign), dan masih banyak lagi.

image host

Masih kurang paham cara pakai tool dan menu di map editor?

Pejindo Project sudah siapkan kamus segala macam tool dan menu beserta fungsinya. Baik itu dari Item Properties maupun Toolbar yang disediakan di program Map Editor.

image host

Tutorial dari SCS Modding Wiki, juga tersedia disini loh!

Pejindo Project menyiapkan pembahasan versi -bahasa bayi- agar lebih mudah menangkap maksud perubahan fitur dan tool yang disediakan SCS. Link official : "https://modding.scssoft.com/"

image host

Sudah banyak belajar bikin mod map? Bagaimana kalau coba mainkan map satu ini?

Pejindo Project memiliki satu project utama yang dirilis sejak Januari 2021 sampai sekarang ini. Namanya map JRR (Java Road Revolution), berupa map add-on yang berfokus pada kawasan di pulau Jawa dan sekitarnya

Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 2 : Jalan Raya (Item : Road)

#2 Teknik Dasar Map Editor (Membuat Jalan Sederhana) [Item=Road]

Diperbarui pada : Juli 2021
Alasan : Ganti Link

Salam! Disini saya jelaskan bagaimana teknik dasar membuat map/peta yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Setiap orang punya teknik dan gaya pembuatan map yang berbeda. Yang pasti program map editor pada game lain juga berbeda (kecuali ATS yang dirilis oleh perusahaan game yang sama dengan ETS2).

Komponen utama dan WAJIB dari sebuah map(peta) adalah jalan atau Road. Kalau tidak ada jalan, bagaimana truk bisa lewat? 

Disini saya ajarkan sedikit demi sedikit cara dasar membuat jalan baru. Saat ini kalian tidak harus memaksakan diri membuat sebuah kota. Karena khusus item jalan, kalian bisa menambahkannya di tempat apapun. Kalian bisa buat jalan pedesaan yang lapang, jalan berkelok-kelok menembus pegunungan, atau jalan dengan beberapa pemukiman di sisinya.

Hasil jadinya pun untuk saat ini cukup dijalankan lewat mode “Run Map”, tidak lewat profile game pada umumnya karena ada banyak komponen lain yang harus diberikan (kapan-kapan saya jelaskan di lain topik)



Saat ini saya pakai game ETS2 versi 1.35. Bagi kalian yang versinya tidak sama masih bisa mengikuti tutorial ini. Minimal versi 1.23 sampai versi terbaru saat ini (boleh di versi 1.28, 1.30, dsb.). Boleh juga dibuat di game ATS karena secara garis besar caranya sama kok.
Silahkan ikuti berbagai petunjuk di bawah ini.


1. Membuka Map Editor

Silahkan buka game masing-masing untuk sekalian membuka map editor. Untuk kalian yang masih bingung, langsung buka artikel (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Untuk kali ini kita akan coba buat map baru atau New Map (otomatis berjenis stand-alone). Tapi bagi kalian yang mau buat jalan di map orisinil/original/map base yakni europe.mbd, oke silahkan saja asalkan tidak mengganggu sektor map yang sudah ada (dan tentunya cukup berat karena banyak sektor map yang dimuat, jadi saat save map akan memakan waktu cukup lama).

Pastikan kalian sudah belajar dari Tutorial pertama Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan.


Kalau sudah siap, mari lanjut ke petunjuk berikutnya!


2. Menambah Jalan

Untuk membuatnya langsung saja ikuti langkah berikut. Mode tampilan yang aktif saat ini ialah Top Camera atau Helicopter View atau KAMERA ATAS.

>> Pilih Road pada menu Item Type, atau langsung tekan tombol ‘1’ di keyboard. Pilih New Item bergambar plus (+) pada kelompok Edit Mode, atau tekan tombol E di Keyboard.


>> Nanti akan muncul jendela ‘road item default properties’. Pilih jenis dan setting jalan yang ingin digunakan. Untuk memahami lebih lanjut tentang jenis jalan yang akan ditambahkan, berikut saya paparkan di bawah ini.


Road Type : Kalian bisa memilih berbagai jenis jalan yang ingin dipakai. Jenis jalan yang tersedia yaitu jalan biasa (road), jalan perkotaan (cityroad), atau jalan cepat (highway). Adapun jalan dengan satu lajur (1 lane), dua lajur (2 lanes), ataupun lebih. Serta jarak ditengah antara 2 jalan mulai dari 1m, 2m, 5m, sampai 10m

Road Shader : Disini tersedia berbagai jenis tekstur jalan yang bisa kalian pakai. Baik berupa jalan aspal maupun jalan tanah

Central Shader : Jika kalian memilih jalan yang berjenis two-way (bukan one-way atau satu arah) yang memiliki dua arah jalan berjarak tengah 1m, 2m, atau lebih, pilihan ini akan muncul. Terdiri dari bermacam tekstur tanah (terrain) yang bisa dipilih, mulai dari rumput hijau, rumput kering, tanah, pasir, batu, maupun aspal.

Type : Disini ada dua jenis jalan yang bisa dipilih. Ada yang bertipe road (hanya jalanan biasa), dan bertipe city road (jalan disertai trotoar).

Catatan : Pada versi 1.23 kebawah sempat tersedia pilihan ‘terrain’ dimana hanya ditambah terrain (tanah) saja tanpa jalan. Namun setelahnya, opsi tersebut terpisah dari item road dan sudah berdiri sendiri (memiliki item properties tersendiri).

Ada kelompok ‘Left’ dan kelompok ‘Right’. Masing-masing bagian memiliki pilihan yang sama sebagai berikut.

Terrain shader : Kalian bisa memilih tekstur tanah (terrain) yang bisa dipilih, mulai dari rumput hijau, rumput kering, tanah, pasir, batu, maupun aspal.

Sidewalk : Jika kalian mengaktikan ‘City road’ pada kelompok Type, maka pilihan ini akan muncul. Terdiri dari berbagai macam tekstur trotoar yang bisa dipilih.

Pada jenis jalan tertentu dalam menu ‘Road Type’ ada yang berjenis road template yang terdapat lebih banyak pilihan yang bisa diatur. Biasanya jalan jenis ini digunakan pada peta DLC, tapi aset tersebut sudah tersedia dari base game itu sendiri. Kalian bisa memilih jalan yang diawali tanda (*) atau yang berawalan fr, ger, it, balt, serta blke.

Jika memilih jalan berjenis road-template tersebut, maka akan muncul pilihan baru pada bagian bawah, namun otomatis pilihan Type (yang ada ceklis road dan city road) dan pillihan Sidewalk langsung menghilang.

Berikut pilihan tambahan yang tersedia untuk jenis road-template.



Road Look : Kalian bisa memilih tekstur aspal yang tersedia, sama halnya dengan Road Shader.

Road Variant : Yang berbeda disini, kalian bisa menentukan variasi bentuk garis putih/kuning pada jalan, seperti garis putus-putus (broken), garis lurus (single), garis lurus ganda (double), tanpa garis (no line) dan lain-lain.

Left Edge dan Right Edge : Disini kalian bisa memilih jenis/item pinggiran jalan yang akan dipakai, baik berupa trotoar (sidewalk) maupun sebatas tanah saja (shoulder).


>> Setelah memilih jenis jalan yang ingin digunakan, langsung klik kiri mouse di map editor. Lalu geser atau tarik garis ke arah yang diinginkan, dan klik kiri mouse lagi. Maka item jalan sudah muncul di situ.



>> Kalau jalan baru-nya tidak muncul, itu berarti jaraknya terlalu pendek. Silahkan buat lagi dengan jarak lebih panjang sampaai muncul. Kalau masih tidak muncul juga, maka harus di zoom (perbesar atau perkecil) sampai jalannya muncul.

>> Untuk melanjutkan atau menambahkan lagi, klik lagi dan geser kembali ke arah lain secara terus menerus hingga membentuk satu jalur jalan yang diinginkan.



>> Jika sudah selesai, silahkan pilih Move Item dengan ikon Panah Biru di toolbar atau langsung tekan tombol ‘M’ di keyboard. Lalu tata kembali item jalan tersebut sesuai keinginan.

Sudah jadi, kan? Tapi masih terlihat polos.

>> Silahkan pilih Item Properties dengan ikon Kotak Biru dan Tanda Tanya, atau langsung tekan tombol ‘P’ di keyboard.

>> Lalu pilih salah satu titik atau node dengan klik kiri mouse, atau blok saja semua titik/node yang ada seperti yang saya sampaikan di Trik Dasar Mapping ETS2 : Pemanasan.


>> Langsung muncul dialog/jendela road item properties. Untuk memahami lebih lanjut tentang pilihan dan pengaturannya bisa membuka artikel ini berjudul Mengenal Item Properties (Road/Jalan).

>> Perhatikan juga label tulisan “left”, “right”, atau “center” disana. Maknanya itu adalah posisi terrain jalan yang diubah. Left berarti di kiri jalan, Right berarti di kanan jalan, dan Center itu ya… di tengah jalan (khusus jalan dua lajur atau lebih yang dibatasi median atau pembatas di tengah jalan). 

>> Jika sudah tekan OK.


Kalian bisa membuat variasi lain selain contoh diatas dengan kreativitas dan imajinasi kalian. Tentunya sesuai daerah yang ingin kalian bangun. Baik yang ingin membuat daerah datar ataupun berbukit.

Masih polos, sepertinya kita harus mempercantik item itu biar lebih menarik. Akan saya bahas kok di tutorial selanjutnya ;-)

Kalian bisa melihat map Eropa yang sudah ada di game atau dari mod map (peta) lain untuk mencari inspirasi. Sering-seringlah berlatih, dan pada akhirnya kalian akan menjadi mahir dalam membuat peta.

(Trik Spesial #1)

Mungkin kalian sempat bertanya-tanya. Kenapa setiap node (titik) item tersebut berwarna merah dan hijau?

Ini berfungsi ketika kalian ingin menghubungkan node item yang terpisah. Saat dihubungkan, node yang berwarna merah harus dihubungkan dengan node hijau. Dan Item ini tidak bisa terhubung satu sama lain jika berwarna sama (baik merah dengan merah, maupun hijau dengan hijau).

Saya ibaratkan mereka sebagai magnet atau listrik yang bermuatan positif atau negatif. Saya misalkan node (titik) hijau bermuatan positif, dan node (titik) merah bermuatan negatif. Jika positif dihubungkan dengan negatif, pasti akan saling berhubungan/bergandengan. Jika postif atau negatif dihubungkan sesamanya, maka pasti terjadi tolak-menolak (tidak gandeng). Kalau tidak percaya, coba saja sendiri!



(Trik Spesial #2)

Namun jika kalian sudah mencoba menggandengkan/menghubungkan node item merah dan hijau, tetapi masih saja belum bisa gandeng/terhubung. Nah, ini pasti ada masalah lain? Ya, karena ketinggian (height) masing-masing tidak sama. Untuk mengatasinya cukup samakan ketinggiannya. Caranya sebagai berikut.

Cara 1 : Klik kiri dan tekan tombol Alt kiri pada salah satu titik/node yang ingin dihubungkan, lalu geser dan tahan mouse sambil terus tekan tombol Alt itu kemudian hubungkan ke titik/node lain yang dituju. (Syarat : Snap to Nodes Harus Aktif)


Cara 2 : Pilih Snap to Ground (berikon magnet dan garis melengkung) pada kelompok Snap, lalu pilih satu node item yang ingin dipilih untuk selanjutkan dihubungkan dengan node item terpisah lainnya secara langsung. Cara ini dibilang lebih mudah tetapi tool ‘Snap to Ground’ hanya muncul untuk ETS2 versi 1.23 ke atas.


Cara 3 : Pilih atau blok dua node item terpisah yang ingin dihubungkan, lalu gunakan Node Properties (berikon lingkaran warna pink dengan tanda tanya) atau tekan N di keyboard. Lantas pilihlah salah satu titik yang sudah diblok tadi. Setelah muncul dialog, pada baris Position pada kolom/kotak bagian tengah isi angka yang diinginkan lalu pilih OK. Setelah itu hubungkan kedua node tersebut seperti biasa.


Catatan : Untuk cara 3, sebelum mengisi angka pada position di Node properties ataupun membuka Node properties, kalian harus tau (ketinggian) terakhir dari salah satu node yang ingin dihubungkan. Untuk mengatasinya cukup pilih dan sentuh salah satu node tersebut, lalu cek dan lihat deretan angka (koordinat) di pojok kanan bawah yang bagian tengah (sumbu Y), atau lihat angka yang sudah ditunjukkan setelah height di tempat yang sama jika kalian mengaktifkan tool ‘Height’ (tombol H di keyboard) berikon kotak kecil berpanah dua arah dibawahnya). Baru kemudian buka node properties dan isi angka yang sudah ditunjukkan tersebut.


3. Menyimpan Map

Jika sudah selesai, simpan map kalian tersebut. Masih bingung? Silahkan buka artikel ini berjudul (Part 3) Cara Menyimpan Map dan Memainkannya di Map Editor

Masih ada trik dasar map editor lainnya yang ingin saya sampaikan. Jadi, Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!



Lihat Tutorial Sebelumnya :
Lihat Tutorial Selanjutnya :
Kembali ke Tutorial Utama :

Trik Dasar Buat Map ETS2 Part 1 : Latihan & Pemanasan

Salam! Di sini saya jelaskan bagaimana teknik dasar membuat mod map (peta) yang baik di Program Map Editor untuk game ETS2 atau ATS. Setiap orang punya teknik/kemampuan dan gaya pembuatan map yang berbeda. Mari kita simak berabgai tips dan trik untuk membantu kalian semua.

#1 Teknik Dasar Map Editor (Pemanasan)

Diperbarui pada: Desember 2024

Alasan: REVISI ULANG!

Tampilan Map Editor

Seperti yang sudah disebut di atas, setiap orang punya kemampuan tersendiri dalam membuat mod map/peta. Ada orang yang lebih fokus membuat peta lebih detail dan lebih ramai. Adapun orang yang membuat peta se-realistis dan semirip mungkin dengan tempat aslinya. Ada juga orang yang hanya sekedar menambah jalan. Tetapi untuk yang masih bingung bagaimana cara membuat map (peta) di map editor, berikut saya kasih beberapa tips dan trik membuat peta tersebut.

Informasi Tentang Map Editor

Sebelum memulai, pelajari dulu apa itu program map editor untuk ETS2 atau ATS serta kelengkapan di dalamnya. Silahkan baca tentang Part 1: Pendahuluan.

Membuka Map Editor

Langkah pertama adalah sudah pati membuka Map Editor. Untuk panduan lebih lengkap, langsung saja baca Part 2: Cara Membuka Map Editor.

Ketika terbuka, maka secara 'default' kalian hanya akan melihat layar hitam kosong dengan satu titik mobli 'ungu' kecil di tengah yang bernama "Start Place". Itu tandanya kalian berada di titik paling tengah pada area map editor. Seandainya kalian membuka file europe.mbd (map orian ETS2) posisi tengahnya berada di wilayah Jerman (dekat Erfurt). Kalau map usa.mbd (map orian ATS), saya kurang tau (soalnya jarang buka game ATS...)

Fungsi mobil ungu atau "Start Place" juga sudah terangkum pada tutorial lain di blog ini. Untuk panduan lebih lengkap, langsung saja baca Part 3: Cara Simpan/Save Map Editor.

Mengoperasikan Tampilan Map Editor

Pada tampilan kosong map editor tadi, kalian sedang memakai mode tampilan atau sudut pandang Top Camera. Ada tutorial lain yang menyebutnya sebagai Helicopter View. Namun kalau versi saya pribadi lebih suka bilang “KAMERA ATAS”.

Berikut tombol keyboard + teknik dasar mengoperasikan tampilan map editor.

  • Page UP (Pg Up): Mendekatkan tampilan atau pandangan objek.
  • Page DOWN (Pg Dn): Menjauhkan tampilan atau pandangan objek.
  • Mouse Scroll: Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan.
  • Klik kanan mouse, ditahan lalu geser posisi mouse: Memindahkan posisi tampilan editor.

Oke, sudah puas? Sekarang coba ganti tampilan atau sudut pandang map editor menjadi Free Camera, atau Free Roam, atau menurut versi pribadi saya “KAMERA TERBANG”.

Caranya cukup tekan tombol ‘C’ di keyboard. Maka mode tampilan sudut pandang akan berubah secara otomatis.

  • Geser Mouse saja: Digerakan untuk melihat tampilan atau pandangan ke segala arah pada satu titik.
  • Tombol W, A, S, D, E, Q: Memindahkan posisi tampilan atau pandangan, secara urut mulai dari maju (W), kiri (A), mundur (S), kanan (D), bawah (E), atas (Q).
  • Kombinasi tombol WASDEQ dan geser mouse: Terbanglah burungku… kepakkan sayapmu… menembus angkasa yang luas… (-_-‘)
  • Mouse Scroll: Mendekatkan dan menjauhkan tampilan atau pandangan objek secara perlahan-lahan (sama).

Untuk mengunci tampilan supaya tidak lari kemana-mana dan bisa melihat kursor mouse kembali, cukup tekan tombol spasi (Space) di keyboard. Nantinya kalian juga bisa milih obyek dan membuka item properties.

Dan untuk kembali seperti sebelumnya, tekan lagi tombol spasi tersebut.

Sudah bisa memakai map editor? Nah, sekarang kembalikan ke mode sebelumnya dengan tombol yang sama, ‘C’ di keyboard. Kalau mau balik lagi, ya… sama juga caranya.

Belajar Memilih dan Menggeser Objek

Sekarang coba buka map yang sudah jadi, terserah mau map original dari game ETS2 atau ATS maupun mod map yang kalian punya.

Cara membukanya: Tinggal pilih menu File -> Open, atau tekan tombol keyboard Ctrl+O. Untuk map original, buka lewat console yang dimunculkan dengan tombol tilde (~) di keyboard, lalu ketik edit europe (ETS2) atau edit usa (ATS).

Contoh Map Editor

Cari suatu daratan, terserah dimanapun tempatnya. Manfaatkan tutorial sebelumnya untuk memindahkan tampilan. Jika sudah, mari mencoba mengutak-atik bintik-bintik kecil bermacam bentuk yang banyak dan ribet yang disebut Node item, versi pribadinya sih… “titik”.

Langkah pertama: Pilih Move Item dengan ikon Panah Biru di toolbar atau langsung tekan tombol ‘M’ di keyboard. Lalu lakukan kegiatan berikut:

Map Editor
  • Klik kiri mouse pada satu Node: Memilih satu obyek atau item node apapun.
  • Klik kiri mouse pada Node (baik satu, dua, atau lebih), ditahan lalu geser posisi mouse: Memindahkan obyek atau item node.

Cara memblok atau memilih dua Node item atau lebih:

  • Ctrl+Klik kiri: Klik kiri mouse pada Node satu per satu sambil tekan Ctrl di keyboard.
  • Geser mouse: Klik kiri mouse di sembarang tempat, ditahan lalu geser posisi mouse sampai muncul kotak putih. Arahkan ke beberapa Node yang ingin dipilih sampai memasuki kotak tersebut.
  • Ctrl+A: Pilih semua Node yang ada di Map Editor secara masif.

Kalau Node item sudah diblok atau di-Select, maka kalian bisa melakukan Copy-Paste, Cut-Paste, atau Delete, layaknya program aplikasi PC kebanyakan.

Nah, untuk teknik lainnya menyusul di tutorial selanjutnya saja. Soalnya ada buanyak sekali yang harus dibahas.

Menu Help atau Documentation

Supaya kalian lebih kenal sama Map Editor, ada penjelasan lebih rinci tentang tombol fungsi dan tampilan lain yang tidak kalah penting. Caranya langsung tekan tombol F1 di keyboard, atau pilih menu Help -> Brief Documentation.

Map Editor
Map Editor
Map Editor

Ada empat sub-menu, yaitu Global, Tools, Content Browser, dan Debug. Silahkan dipelajari sendiri satu per satu. Manfaatkan tutorial diatas tadi untuk menunjang eksperimen kalian. Kalaupun ada yang belum disebut atau diajari disini, tenang… saya bakal sampaikan di tutorial selanjutnya.

Mengenal Background dan Sektor Map

Oh iya, ada satu lagi yang harus kalian tahu. Dalam map editor ternyata sudah dibagi ke dalam berbagai sektor yang biasa disingkat sec. (sector, bukan second).

Kalian bisa mengetahuinya dari isi folder map yang terdiri dari file .aux, .base, .data, dan .desc (ada file .snd di ETS2 1.40). Kalau bingung, silahkan cek folder map europe (map original/bawaan game).

Map Editor
Map Editor
Map Editor

Hayo, masih nggak tahu di mana filenya? Itu adalah folder hasil ekstrak file base.scs dari game itu sendiri. Baca lagi tutorial (Part 2) Cara Membuka Map Editor.

Contoh sektor map misalnya sec+0000+0000 atau sec-0000-0000. Gambaran umumnya sih seperti ini.

Map Editor

Kembali ke map editor, kita bisa mengetahui posisi terakhir kita membangun map dengan melihat sektor map tersebut. Caranya tekan ‘A’ di keyboard.

Cara ini serupa dengan cara menampilkan background. Baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS.

Maka kalian akan melihat tampilan berwarna merah di layar, maknanya memang tidak ada background yang muncul di sana.

Map Editor

Kecuali kalau kalian buka map europe.mbd, maka background bawaan game bisa muncul.

Terus di mana tulisan sektor mapnya? Nah, kita perkecil (jauhkan) dengan zoom out (pakai PageUp atau scroll mouse) sampai kelihatan tulisan sektor map.

Map Editor

Lah, kok ketutupan gitu. Nggak bisa lihat nih?

Tekan ‘A’ sekali saja, dan yang tampil hanyalah background-nya saja. Tenang, mapnya cuma disembunyikan karena tertutup background tadi.

Map Editor

Kalau mau hilangkan background itu, tinggal tekan ‘A’ lagi. Dan seterusnya. Kurang lebih sama seperti kita menggunakan mode tampilan kamera dengan tombol ‘C’.

Oh iya, apa bisa kita hilangkan kotak putih yang ada tulisan sec+00xx+00xx itu? Soalnya agak tidak enak dipandang.

Bisa saja kok. Kalian harus edit dulu file def untuk map background. Silakan baca Tutorial Membuat Background Map ETS2 & ATS.

Sampai di sini dulu pembahasan kali ini. Masih banyak hal yang akan dibahas tentang Trik Dasar Map Editor di blog ini. Tetap ikuti terus perkembangan terbaru hanya di BLOG PEJINDO. Jangan lupa like dan share (berbagi). Semoga bermanfaat!

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.39 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.39

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.39

MAP

  1. Rework (garap ulang) kawasan pelabuhan Calais, Prancis (lihat gambar diatas !)

UI (User Interface) 

  1. Pembaruan tampilan Launchpad (Menu Utama)

VEHICLES

  1. Lowbed and low-loader trailers (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri)
  2. Schwarzmuller low-loader (khusus “ownable” ataudapat dipakai sendiri) untuk item Schwarzmuller DLC
  3. DAF XF 2017 Facelift masuk kedalam tipe kendaraan AI
  4. MAN TGX Euro 6 masuk kedalam tipe kendaraan AI (termasuk varian 6x2/4)

FITUR LAIN

  1. Perbaikan Sound (turbo slider, sound position-ing, cabin spatial mixing, sound distribution to accessories)
  2. Trailer browser & lister menampilan semua varian kargo yang valid
  3. Adanya eksperimen “transmission input shaft emulation” and “clutch brake support” (g_clutch_brake)

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Sound

Ada perubahan di bagian suara interior kabin (kemudi) dan menghapus beberapa fitur default (?)

Informasi dari situs aslinya masih belum lengkap. Ditunggu saja, nggih…

Sound Accessories

Semua aksesori pada kendaraan utama sudah muncul atribut suara baru dengan script tipe string array, dan setiap item memiliki format "sound_name | sound_path".

Jalur/path nya dapat ditentukan dengan salah satu dari tiga cara berikut:

String empty atau "-" (strip) berarti tidak ada sound yang dimainkan. Juga jika item hilang dalam baris sama sekali tidak ada sampel yang akan diputar untuk suara yang diberikan.

Path to event in bank ("bank_path # event_name") yang secara langsung menentukan contoh event. Keuntungannya ada pada kesederhanaan dan keterbacaan.

Path to sound reference file ("* .soundref") dimana jalur ke bank dan sound event ditulis. Trik ini mendukung modding yang lebih mudah jika hanya perlu menghubungkan(link) suara lain tanpa benar-benar menyentuh sound bank.

Sebagian besar sound event adalah atribut bekas aksesori sound lama.

Gambarannya adalah aksesori dari file "sound.sui" membagikan tipe tertentu yang berisi sound array yang telah disebut. Dalam array tersebut merupakan link kepada shared soundref atau unique soundref, dan di dalamnya terdapat bank (disini maksudnya kumpulan/koleksi) dan event tertentu. Ini dapat dimodifikasi dengan banyak cara dan pada banyak tingkatan.

Pertama dapat langsung mengubah file aksesori (mis. Menyetel suara sendiri untuk aksesori yang diberikan). Atau dapat mengubah konten shared "sound.sui" (misalnya untuk mengubah semua suara pada grup aksesori tertentu tanpa benar-benar menyentuh aksesori itu sendiri yang akan membuat mod lebih kustom dan kompatibel dengan versi selanjutnya). Atau bisa juga memodifikasi satu suara hanya dengan memodifikasi soundref-nya (baik yang shared atau unique). Atau satu lagi, dapat mengubah sampel di bank (koleksi suara).

Vehicle Models & Data

Accessory models

Model aksesori untuk eksterior dan interior mendapat dukungan untuk suku cadang khusus, yang akan dinyalakan / dimatikan tergantung pada fungsinya. Bagian ini adalah:

  • electrics - bagian akan dihidupkan saat listrik truk menyala, jika tidak maka mati
  • park_light - bagian akan dinyalakan saat lampu parkir menyala, jika tidak maka mati
  • left_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kiri aktif, jika tidak maka mati
  • right_blink - bagian akan dihidupkan saat blinker kanan aktif, jika tidak maka mati

Engine data

Arrays torque_curve and secondary_torque_curve sekarang mendukung semua rentang rpm. Sebelumnya ada hard cap yang tidak disengaja dari 3000 rpm yang sekarang hilang.

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: mesin/engine, knalpot/exhaust, start_bad, and turbo.

Transmission data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: air_gear_noise, retarder, gear_grind, gear_wrong.

Cabin data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 4 event suara: horn, air_horn, aero_noise, rain_noise.

Chassis data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 7 event suara:  air_brake, air_cutoff, reverse, lift_axle, hook_attach, hook_detach, trailer_cables.

Interior data

Suara atribut baru dalam data ini dapat menangani 21 event suara:

air_warning, blinker_off, blinker_on, noise, stick_blinker, stick_blinker_off, stick_engine_brake, stick_hazard_warning, stick_high_beam, stick_light_horn, stick_lights, stick_park_brake, stick_park_brake_off, stick_retarder, stick_wipers, weigh_green, weigh_red, window_click, window_move, wipers_down, wipers_up.

Trailer body data

Ada atribut baru ‘empty_cargo_model’. Ini digunakan sebagai kargo virtual setiap kali trailer tidak dimuat oleh kargo lain. Tujuannya adalah untuk menangani dengan benar semua switches, handlers dan bagian lain yang biasa digunakan untuk pemasangan kargo.

Cargo data

Ada atribut baru ‘oversize’ (tipe boolean, default : false). ini digunakan oleh economy untuk mencocokkan trailer yang telah ditentukan sebelumnya di menu freight market and quick job. Jika benar, hanya trailer yang diberi tag oversize (yang berisi spanduk yang sesuai dan aksesori flag/penanda) yang cocok. Demikian pula, hanya trailer non-oversize yang digunakan jika attubute false.

Atribut lama ‘overweight’ hanya berfungsi sebagai flag/penanda untuk mengabaikan country weight limits (pemain dipastikan memiliki izin khusus untuk mengambil kargo tersebut).

Salah satu dari atribut tersebut akan memaksa game economy untuk menghasilkan penggunaan berat truk perusahaan untuk mode quick job.

Trailer data

Definisi data trailer dapat memiliki atribut oversize. Ini digunakan untuk mencocokkan kargo dalam pekerjaan yang dihasilkan oleh game ekonomi.

PJ Indo Map v2.7 Beta

Greetings! How are you today? Have you missed me?

First of all, thank you so much to everyone still using this map. If it weren't for your continued support, I might not have continued working on it... and yes, it’s been over a year already!

I understand that some of you might be getting bored, or maybe you're not as interested in the Pj Indo Map because it's not a representation of a real Indonesian location (please don’t be confused!). It’s more like a parallel world of Indonesia, situated in the Great Sahara Desert in Africa (lol).

Despite this, the Pj Indo Map offers some unique advantages. First, it is one of the add-on maps that doesn’t require any map DLCs. Second, it has a fairly detailed level of development, even though it’s a fictional map. Third, it can be combined with almost all other map add-ons, which is quite rare, especially for Indonesian map mods.

Finally, the new map update has arrived: Pj Indo Map v2.7 Beta. Why beta? Unfortunately, this update is still incomplete. I had promised that this would be a major overhaul, but only part of it has been completed. It's disappointing, even for me.

Full Changelog:

  • Compatible with Euro Truck Simulator 2 patch 1.38 and above
  • MAJOR REBUILD over the western part of the southern region/island
  • Improved two existing cities on the northern island with new map assets
  • Added a lot of new map assets and models (will be used for my next real Indonesia Map – spoiler!)
  • Fixed some bugs

You are welcome to modify or use any map assets/models from the Pj Indo Map. All .scs files are unlocked so that you can access them for free. However, please make sure to credit the author (Septian_MR) in your mod if you modify or use the assets/models.

The Pj Indo Map is located in the southern part of Europe (below Italy). Look for a long-dotted white line (ferry line) heading south.

Regarding the traffic type on this map: “Why does this map feel like Europe? The roads are all right-hand traffic, completely different from Indonesia?”

Well, the Pj Indo Map features two islands/regions with different traffic types. The northern island (from Teluk Muara to Tanjung Banaran) uses left-hand traffic, similar to Indonesia. Meanwhile, the southern island, the largest region (from Hajisari to Serayu), uses right-hand traffic.

I recommend starting on the northern island (British version) by ferry, as it feels more like Indonesia.

Download the Pj Indo Map Here

Pj Indo Map v2.7 Beta

Disclaimer: This mod is only available on the following websites: ShareMods and Pj Indo Official Blog. If you found it on another site, it might be outdated, reuploaded by someone else without my knowledge, or even contain malware.

For more information, visit the Pj Indo Official Blog.

Enjoy the map, and please don't forget to share it with others!

Best regards, Septian_MR

[Post] Pejindo Project : An Unexpected First-Half Decade (5 Years)

INFO: This post is specially made as a recap - a historical record of the author's lifelong modding and mapping activities. The name "Pj Indo" was decided to be changed to "Pejindo Project" starting from 2021.

INFO: Ini adalah postingan khusus yang dibuat sebagai rekapan - jejak sejarah perjalanan aktivitas modding dan mapping seumur hidup penulis. Nama "Pj Indo" diputuskan untuk diganti menjadi "Pejindo Project" mulai sejak 2021.

Updated: December 2022

English Version

I don't know whether I should cry or be happy? There is good news, but also bad news at once. In any case, I'm trying to keep the promise and determination I made some time ago.

PJ Indo Map Begins Its First Half-Decade!

Do you know what a decade is? 1 century = 100 years, 1/10 century = 1 decade, so 1 decade = 10 years.

Oh no, why am I suddenly teaching math? (-_-)

So half a decade equals 5 years. Yep, Pj Indo Map, my first imaginative and fictional Indonesian-themed mod, has survived for several years since August 16, 2015.

During this time, this map has changed a lot and continued to develop. Many players, both from Indonesia and several countries around the world, have tried and enjoyed this mod. Although this map mod is not a representation of the actual Indonesian map like other mods, the new assets and models added to this map make it feel like being in Indonesia.

Do you know the special features of PJ Indo Map?

  1. Becoming (the only?) fictional/imaginary “Indonesia” themed map add-on that has two islands or regions with different lane types (north for left-hand driving like in Indonesia, south for right-hand driving like in Europe).
  2. Becoming ONE of the few mod maps that do not require any DLC. In fact, ALMOST ALL ETS2 mod maps, whether Indonesian or from around the world, require one or all DLCs (especially map DLCs). Therefore, this is one of the most unusual ETS2 maps compared to others (cough…cough...cough...).
  3. Becoming ONE of the few other mod maps where the files are never locked. Thus, you are free to modify or take any valuable assets or models from Pj Indo Map. In other words, this map mod is truly free/open to the PUBLIC. To my knowledge, there is one map that copied and altered the contents of my map with a different version (e.g., Vanemap map). But I don't mind that.

However, it is very unfortunate that this map has not been updated since the latest version (v2.65). The last release was in June 2019 (one year ago). Many things have hindered me from continuing the development of this map.

May I tell my struggle here?

First, I admit I am facing a critical period or a downfall in pursuing the world of mapping, especially for the ETS2 game. This affects my motivation to continue the development of the map. Not to mention, mixed in with real-world issues at the moment (by the way, I'm a fourth-semester college student heading into the fifth). The peak was in the middle of this year (between May-July) when my mental state almost collapsed due to various issues that I won’t openly discuss here.

But fortunately, I still had time to rest. Occasionally, I develop other skills besides making maps, one of which is creating 3D models (using Blender). Yes, even though this blog and my map seemed to be in a coma, I have quietly been creating something that might surprise you all.

Oh, but it turns out that this has already been proven on the Facebook Page Blog Pejindo a few days ago... Especially at the beginning of August, most of my responsibilities were successfully completed. So, I hope my motivation returns so I can escape this dark period.

So finally, the Pj Indo Map is being prepared for the next release (v2.71)

Are you tired of waiting for this map :’( ? I also regret letting this map gather dust… :’(

I apologize that there has been no recent progress on this map. The last time I worked on it was last March. But after that, the map seemed to be in a coma. :’(

The reason is not that I have lost interest in my first map, but there are other priorities that are more important. And at the moment, the map is still on hold because I am preparing new assets and models. :’(

Hey, this isn't just for you (Indonesian mappers) alone. My map also really needs that new package. :’(

Of course, I don't want to give up. I’ve been through a lot over the past 5 years. The story is summarized in the posts below:

  1. Pejindo Project - Journey from the 1st Year to 2nd Years
  2. Pejindo Project - 3 Years of Creativity
  3. Pejindo Project - Entering the 4th Year

Let me remind you, don’t misunderstand the abbreviation PJ for the following reasons.

  1. The letters P (capital) and j (lowercase) are used in the map Pj Indo Map. It stands for "Penjelajah" or "Penjelajers" (still one word because the letter j is made lowercase).
  2. There is another map that uses the same abbreviation: Project Japan, abbreviated as PJ (also). This is a realistic Standalone map with a 1:10 scale, featuring city maps in Japan. To avoid confusion with the fictional map, I decided to change the letter J to lowercase.
  3. Clearly, this isn’t PJ as in "Pajak Jadian" for those who just started dating -_-

Congratulations to some Indo map mods that have succeeded and can be used in the latest game versions (1.37-1.38). I will also catch up with you later, while also helping to encourage all Indonesian mappers. Come on, spirit of ‘45!

Thank you

Versi Bahasa Indonesia

Saya tidak tahu apakah saya harus menangis atau bahagia? Ada kabar baik, namun juga ada kabar buruk. Bagaimanapun, saya berusaha menagih janji dan tekad yang sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu.

PJ Indo Map Memulai Masa Separuh Dekade Pertama!

Ayo tahu tidak apa itu dekade? 1 abad = 100 tahun, 1/10 abad = 1 dekade, maka 1 dekade = 10 tahun.

Duh, mengapa tiba-tiba saya mengajar matematika? (-_-)

Berarti separuh/setengah dekade sama dengan 5 tahun. Yap, Pj Indo Map, mod fiksi dan imajinatif rasa Indonesia buatan pertama saya, sudah bertahan sekian tahun sejak 16 Agustus 2015.

Selama ini, peta/map ini sudah banyak berubah dan terus berkembang. Banyak pula pemain yang telah mencoba dan menikmati mod ini baik dari Indonesia maupun beberapa negara di dunia. Walaupun mod peta ini bukan merupakan representasi dari peta/map Indonesia sesungguhnya seperti pada mod lainnya. Tetapi berkat adanya aset dan model baru yang ditambahkan pada peta (map) ini, menjadi terasa seperti sedang berada di Indonesia.

Sudah tahu apa saja keistimewaan dari PJ Indo Map?

  1. Menjadi (satu-satunya?) map add-on fiksi/imajinasi rasa “Indonesia” yang memiliki dua pulau atau daerah dengan tipe lajur jalan yang berbeda (utara untuk kiri jalan seperti di Indonesia, selatan untuk kanan jalan seperti di Eropa).
  2. Menjadi SATU dari sedikit mod map yang tidak membutuhkan segala macam DLC. Faktanya, HAMPIR SEMUA mod map ETS2 baik Indonesia maupun Dunia yang luas sekalipun harus menggunakan salah satu atau semua DLC (khususnya untuk map DLC). Dengan begitu, ini menjadi salah satu map ETS2 yang paling menyimpang dari orang kebanyakan (uhuk…uhuk...uhuk...).
  3. Menjadi SATU dari sedikit mod map lainnya dimana filenya sama sekali tidak pernah dikunci. Dengan begitu, Anda bebas memodifikasi atau mengambil segala file aset atau model berharga dari Pj Indo Map. Dengan kata lain, mod map ini benar-benar free/bebas untuk PUBLIK. Setahu saya ada satu map yang menjiplak dan mengubah isi map buatan saya dengan versi berbeda (map Vanemap misal). Namun saya tidak mempersoalkan hal itu.

Namun sangat disayangkan kalau sampai sekarang peta/map ini masih tidak kunjung update sejak versi terkini (v2.65). Padahal terakhir kali rilis pada bulan Juni 2019 (satu tahun lalu). Ada banyak hal yang menghambat saya dalam melanjutkan pengembangan map ini.

Boleh saya curhat disini?

Pertama, saya mengakui sedang menghadapi masa kritis atau masa jatuh dalam menekuni dunia mapping khusus game ETS2. Ini mempengaruhi motivasi saya untuk kelanjutan pengembangan map. Belum lagi kecampur urusan di dunia nyata saat ini (omong-omong saya mahasiswa semester empat menuju lima). Puncaknya pada pertengahan tahun ini (antara Mei-Juli) mental saya nyaris down, gegara masalah campur-aduk yang tidak saya sampaikan terang-terangan disini.

Tetapi syukur, saya masih bisa sempatkan waktu untuk istirahat. Sesekali saya kembangkan skill lain selain membuat map, salah satunya membuat model 3D (main pakai program Blender). Ya, meskipun blog ini maupun map buatan saya seolah mati suri, tetapi saya diam-diam menciptakan sesuatu yang mungkin saja mengejutkan Anda semua.

Eh, tapi kenyataannya itu sudah terbukti di Facebook Page Blog Pejindo beberapa hari ke belakang... Apalagi awal bulan Agustus ini sebagian besar tanggungan saya sudah kelar dengan baik. Jadi, berharap motivasi saya kembali bangkit agar bebas dari masa kelam ini.

Jadi akhirnya, map Pj Indo Map ini dipersiapkan untuk rilis versi berikutnya (v2.71)

Anda sudah bosan menunggu map ini :’( ? Saya juga menyesal membiarkan map ini berdebu tak terawat… :’(

Saya mohon maaf bahwa saat ini tidak ada kemajuan terbaru dari map ini. Terakhir kali saya kembangkan map ini pada Maret lalu. Namun setelah itu map ini seolah mati suri. :’(

Alasannya bukan karena sudah tidak tertarik dengan map pertama saya, melainkan ada prioritas lain yang lebih utama. Dan saat ini juga map ini masih ditinggalkan sementara karena saya sedang mempersiapkan aset dan model baru. :’(

Hei, ini bukan hanya untuk kalian (mapper Indonesia) saja. Map buatan saya sendiri pun juga sangat butuh paket baru itu. :’(

Tentunya saya tidak ingin menyerah. Sudah banyak hal yang saya lalui selama 5 tahun. Kisah itu sudah terangkum dalam postingan di bawah ini:

  1. Pejindo Project - Perjalanan dari 1 Tahun Hingga ke 2 Tahun
  2. Pejindo Project - 3 Tahun Berkarya
  3. Pejindo Project - Masuk Tahun ke-4

Saya ingatkan, jangan salah paham dengan istilah singkatan PJ karena pertimbangan di bawah ini.

  1. Huruf P (kapital) dan j (kecil) dipakai pada map Pj Indo Map. Singkatan dari "Penjelajah" atau "Penjelajers" (masih satu kata karena itu huruf j dibuat kecil).
  2. Ada map lain yang memakai singkatan yang sama: Project Japan disingkat PJ (juga). Ini map realistic tipe Standalone skala 1:10 dengan konten map kota-kota di negara Jepang. Agar tidak salah sangka dengan map fiksi, maka itu saya mengalah dengan ganti huruf J menjadi lowercase.
  3. Yang jelas ini bukan PJ-nya "Pajak Jadian" bagi orang yang baru pacaran -_-

Selamat ya bagi map Indo yang sukses dan bisa dipakai di game versi terbaru (1.37-1.38). Saya juga akan menyusul kalian nanti, sekaligus bisa membantu memberi semangat kepada semua mapper Indonesia. Ayo, semangat ‘45!

Sekian terima kasih

Tips Pembaruan Mod ETS2 versi 1.38 Lengkap (Bahasa Indonesia)

Modding Guides (Panduan Buat Mod)

Euro Truck Simulator 2 (ETS2) Versi 1.38

Diperbarui pada : Desember 2022

Salam! Ini adalah sejumlah panduan khusus tentang pembaruan game ETS2. Meliputi cara update / upgrade mod apapun yang sedang dikembangkan. Ini berlaku untuk semua tipe mod, termasuk mod map, truk/bis, trailer/kargo, traffic, acc/aksesoris, dan lain-lain. 

SCS Modding Wiki sudah memberikan sedikit kemudahan, supaya mod yang sudah kalian buat dengan susah payah masih bisa bertahan dan terus bisa dimainkan dalam berbagai versi dan sepanjang waktu. Seperti biasa, di blog Pejindo sudah mempersiapkan itu dalam bahasa Indonesia (jelas sudah diperbaiki kosakata nya, bukan versi mentah langsung dari Terjemahan)

Seperti biasa pula, pastikan jaringan internet stabil dan/atau siapkan kuota internet yang banyak. Karena biasanya tiap update game memakan data sekitar 1-2 GB.

Fitur dan Konten Baru di ETS2 1.38

MAP

  1. Re-work (Garap ulang) kawasan kota Lille, Prancis
  2. Ada model Prefab TRUCK DEALER baru!
  3. Rute Special Transport baru di DLC Road to the Black Sea : Reșița > Târgu Mureș ; İstanbul > Edirne ; Pleven > Sofia

VEHICLES

  1. Automatic transmission dikembangkan lagi (shift-ing points, adaptive modes)
  2. Tutup(cover) chassis yang bisa dicat banyak warna untuk truk XF Tuning Pack
  3. Tambahan tuning part baru pada FH Tuning Pack
  4. Klakson bagian atas “Roof Horns” (standalone mountable accessories)
  5. Tambahan AI Truk Renault Trucks Range T (tipe 4x2, 6x2)

FEATURES

  1. Pengembangan Visual/Grafis – Fitur procedural ambient occlusion generation (SSAO)
  2. Desain ulang tampilan GPS/Route Advisor
  3. Fitur Navigation ETA menuju titik selanjutnya pada GPS/route adviser dan tampilan world map
  4. Fitur TOBII eye-tracking presets
  5. Desain ulang tampilan RGB color
  6. Tambah kode input RGB, HSV and HEX (warna)
  7. Pilihan preset warna pilihan player/user

SOUND

  1. Update dengan fitur FMOD 2.01.01
  2. Suara klakson/horn individual pada setiap truck
  3. Perbaikan sound retarder saat mesin mati
  4. AI - gear-shifts eksklusi untuk tipe kereta api and kendaraan elektrik tertentu

Command/Parameter Pembantu (Sebelum Up Versi Mod)

  1. -unlimitedlog : mematikan batas ukuran file game.log.txt atau editor.log.txt (tidak ada lagi tulisan yang berakhiran “log file size is… truncated”). Jadi jika saat di tes pada versi baru ada banyak sekali error yang tak terhitung, maka parameter itu wajib ditambahkan.
  2. -validate : menjalankan perintah validasi, mode game khusus yang akan memuat semua data model, prefab, kendaraan, dan objek lain yang ditentukan untuk mendeteksi error seperti tekstur merah dan sejenisnya.
  3. -error_overlay : menampilkan bentuk “overlay” dengan jumlah pesan error dan warning yang ditampilkan ke game.log/editor.log setelah (setidaknya) satu laporan muncul.

Cara menambahkan parameter diatas silakan buka tutorial (Part 2) Persiapan + Cara Membuka Map Editor

Rekomendasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini. Simak baik-baik sebelum menjajal up-date versi mod.

  1. Ketika mengedit model dari yang aslinya (bawaan/ori), menambah model/part buatan sendiri termasuk file lain seperti “original/automat/” yang dibutuhkan… Nama-nama file yang dihasilkan berupa tipe CityHash64 dari file tersebut. Sehingga setiap kali mengubah data atau material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya sementara yang file asli mungkin sebaliknya apabila tidak ada model lain yang menggunakan data yang sama.
  2. Ketika mengedit bentuk model aslinya (dari bawaan/original), sertakan SEMUA komponen lain dari model itu (file berformat PMG + PMD) bukan hanya 1 file yang diedit. Jika tidak, mod tersebut pasti berisiko alami crash atau CTD.
  3. Saat menambahkan objek/model baru kedalam data/script tipe multi-file (misalnya road_look.sii, model.sii, sign.sii) maka HARUS menambahkan akhiran atau awalan nama bebas untuk menghindari data bentrok/konflik dengan objek/model baru saat ditambahkan di game (contoh : model.mapindo.sii). Kalau tidak, terpaksa menggunakan fungsi khusus atau program batch renaming (replace.sii) untuk memperbaikinya seandainya pada patch/versi game ori terbaru tetiba muncul data/script baru (misal nameless_xxxx).

Cara Convert Map di Editor

Cara konvensional untuk upgrade map :

  1. Buka (open file) peta/map dan muat (load map) di map editor.
  2. Pastikan masalah-masalah sebelumnya (yang saya jabarkan semuanya di atas) sudah teratasi.
  3. Save map, lanjut Rebuild/Recompute Map (tombol F8 di keyboard).
  4. Tunggu sampai selesai. Setelah itu Save map lagi. Dan beres sudah.

Daftar perubahan khusus (per fitur, item/objek, atau jenis mod)

Map Editor

Kini Editor sudah menyimpan file sektor peta ke dalam folder base_map. Semua data lain (misalnya Weather) masih tersimpan di folder base.

Sound

File sound telah diperbarui ke versi 2.01.01 (menurut pembaruan data selama versi open beta), setting default dihapus, dan sound tersebut dibuat terpisah pada setiap truk.

Informasi lengkap untuk sound bisa disimak di Documentation/Engine/Sound.

Grafik - Skybox

Banyak perubahan besar pada cara kerja sistem skybox atau putaran langit/angkasa.

Intinya, kalian sekarang dapat bersanding antara profil sun (gerakan matahari) dan weather/cuaca sekaligus (jadi totalnya ada 4 lapis script). Maka transisi cuaca sekarang dapat diaktifkan secara otomatis setiap waktu, termasuk di tengah transisi profil sun/matahari.

Yang harus disiapkan :

Setiap bagian dari model skybox sekarang ditangani oleh tipe khusus. Akibatnya, efek berikut ini telah dihapus:

eut2.sky.rfx & eut2.sky.over.rfx

Dan diganti dengan:

eut2.sky.rfx - digunakan pada bagian awan (cincin awan untuk resolusi tinggi)

eut2.sky.stars.rfx - digunakan pada bagian efek bintang-bintang

eut2.sky.back.rfx - digunakan di bagian background (awan beresolusi rendah)

Pastinya itu harus diatur dengan benar.

DEF Data

Data Climate (iklim)

Sebelumnya, sebaran bintang dan awan memiliki tekstur yang sama. Sekarang itu bisa dimungkinkan untuk memisahkan keduanya melalui atribut stars_texture sebagai ganti atribut skycloud_part yang sudah tak terpakai lagi.

Jika stars_texture cocok dengan skycloud_texture, maka sistem game memastikan bahwa tekstur tersebut mengandung komponen bintang dan awan, dan semuanya akan tampak seperti yang biasanya.

Jika stars_texture berbeda, maka bintang yang diberikan menggunakan tekstur yang terpisah dan sistem game memperlakukan skycloud_texture seolah-olah itu tidak ada bintang sama sekali.

Jika stars_texture bernilai "null" (kosong), maka tentu saja tidak muncul/di-render.

Atribut stars_opacity yang baru ditambahkan dapat diakses melalui editor cuaca mengontrol opacity dari bintang-bintang.

Definisi yang sebelumnya harus tetap berfungsi. Jika sistem game menemukan definisi skycloud_part, peringatan akan ditampilkan dan atribut yang tersisa akan menyesuaikan.

Namun, kalian masih harus memperbarui definisi climate ke format terbaru, yang hanya bisa dilakukan dengan memuat semua itu di weather editor (ada di program map editor itu sendiri) dan juga save setting disana.

Game data

Banyak file SII telah diubah format nama filenya menjadi SUI dan sebaliknya. Kok begitu?

Menurut definisi, file SII berisi unit game dan dimulai dengan tanda SiiNUnit, sementara file SUI termasuk dari beberapa unit lain dan tidak memulai dengan tanda SiiNUnit atau apa pun.

Contohnya terdapat pada def city, country, company, ferry, dll. (terutama yang menerapkan sistem @include).

Ini umumnya bisa berlaku untuk seterusnya, tetapi game itu sendiri tidak akan memaksa mengganti jadi .sui secara teknis. Data game dapat menyertakan file apa pun. Dengan demikian mod kalian mungkin tidak berfungsi berdasarkan kondisi tertentu (yakni koneksi file dengan file lain denga sintaks @include).

Dari sananya pula, ini menyatukan penamaan ke format ini agar bisa menguji semua data game secara otomatis, dengan harapan akan mempercepat pengembangan game mereka tentunya.

Disarankan untuk cek dan teliti semua data yang dimodifikasi baik dari file SII ke SUI maupun sebaliknya, agar error bisa dihindari.

Country - License_plate data

Ada perubahan penulisan plat nomor kendaraan atau LP. LP/plat berbasis negara berfungsi sama persis seperti sebelumnya: apabila jenis kendaraan cocok dengan set data yang digunakan, sebaliknya set data pertama yang digunakan (biasanya untuk tipe mobil biasa).

LP berbasis city-area/perkotaan telah bekerja dengan cara yang sama, kecuali ada kemungkinan hardcoded (33%) menggunakan LP berbasis negara sebagai gantinya.

Saat ini pembuatan LP berbasis city-area/perkotaan selalu memeriksa data negara dan kota untuk jenis kendaraan yang ditentukan. Jika jenis kendaraan cocok dengan set data digunakan. Tetapi jika definisi jenis negara dan kota ada, maka akan didasarkan pada bidang probabilitas pada city_data. Karena nilai defaultnya adalah 0,67, cara kerjanya sama seperti sebelumnya.

Perbedaan utamanya adalah apabila kalian tidak menentukan LP kota untuk beberapa jenis kendaraan, keluaran pertama adalah LP negara untuk jenis kendaraan tersebut dan hanya keluaran sekunder yang merupakan jenis kendaraan pertama dalam daftar LP kota. Kalian juga dapat memberlakukan LP wilayah lokal jika diinginkan dengan menetapkan probabilitas sejumlah 1.0 dalam definisi LP berbasis kota.

Sebagai contoh, susunan data/skrip baru ini digunakan di game ATS pada DLC Idaho untuk kendaraan tipe “emergency” (mobil ambulan, pemadam kebakaran dan mobil polisi).

Vehicle Data

Engine Data

Rentang default sedikit dimodifikasi untuk mensimulasikan jalannya engine modern yang lebih baik menggunakan kurva torque/torsi default.

Nilai default rpm_range_power diucah jadi (1400, 1900) dan nilai default rpm_range_high_gear sekarang jadi (1000, 1350). Data non-default dari beberapa mesin telah disesuaikan juga.

Interior Data

Ada animasi engine_brake_stick_anim baru. Hal itu didorong oleh pengaturan pengguna rem engine (input) dari mode mati hingga mode menyala dengan intensitas maksimum (seperti animasi stick retarder).

Accessory Horn Addon Data

Ada tipe unit baru bernama accessory_horn_addon. Sama seperti accessory_addon tetapi juga mengandung atribut sound_path yang dapat menyambungkan link file soundref atau sistem sound-bank (koleksi suara) secara langsung. Ini digunakan untuk aksesori klakson baru pada truk ETS2.

Traffic Data

Vehicle dan Traffic Type

Ada banyak pembersihan dan penggantian nama skala besar di antara jenis kendaraan AI untuk mengatur ke dalam logika pemisahan jenisnya dan konsistensi. Sebagian besar nama tipe didasarkan pada tipe di dunia nyata. Ini pun dibagi lagi untuk memungkinkan penerapan aturan lalu lintas yang benar dan / atau perilaku khusus untuk semua kendaraan.

Ada lebih banyak info di "/def/vehicle/traffic_vehicle_types.sii". Termasuk catatan dengan nama jenis, juga penyimpanan kendaraan lalu lintas dinamai sesuai (/def/vehicle/traffic_storage*.sii). Harap periksa apakah definisi kendaraan yang ditambahkan oleh mod berada dalam penyimpanan tersebut.

Selain itu, juga beberapa jenis trailer yang diganti namanya. Nama itu didasarkan pada jenis kendaraan yang digunakan. Ada lebih banyak info di "/def/vehicle/traffic_trailer_types.sii". Periksa apakah definisi trailer/kargo yang ditambahkan oleh mod sesuai atau tidak.

Referencing multiple vehicle/trailer definitions

Tag atribut baru (array token) telah ditambahkan ke definisi data kendaraan AI dan trailer. Tag berfungsi sebagai 'filter' yang memungkinkan referensi beberapa definisi kendaraan / trailer tanpa perlu menyebutkan nama setiap unit secara eksplisit. Cara rujukan telah disatukan di seluruh definisi lalu lintas. Sekarang, setiap referensi memiliki :

nama unit eksplisit: "traffic.vehicle.unit.name"

kombinasi jenis kendaraan / trailer bersama dengan 1-3 tag penyertaan/pengecualian: "vehicle_type tag1_include1! Tag2_exclude tag3_include"

Sistem terpadu kini dapat digunakan untuk:

  • def traffic (trailer_chains [])
  • def hookup parked_vehicle (allowed_vehicle[] and allowed_trailer[])
  • def hookup parked_trailer (allowed_trailer[])
  • mengatur kepadatan saat spawn-ing AI

CATATAN: perubahan ini membuat atribut hookup allowed_vehicle_type[] sudah tak dipakai lagi.